• 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sarung tangan motor menjadi barang penting saat berkendaraan karena dapat melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. Banyak produk berbahan kulit dan polyester yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada juga tipe full cover dan half cover yang bisa Anda pilih.

Anda tidak perlu bingung dengan ragam sarung tangan yang ada di pasaran. Kami akan membantu Anda dengan merekomendasikan produk dari merek sarung tangan motor terbaik, seperti Eiger, Respiro, dan Northy. Simak tips cara memilih untuk mengetahui tipe yang bagus untuk Anda. Bacalah artikel sampai selesai dan temukan sarung tangan terbaik Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Susie Ncuss
  • Pembaharuan terakhir: 12 November 2021
  • 34.563 Views
Daftar isi

Manfaat menggunakan sarung tangan motor

Manfaat menggunakan sarung tangan motor

Berkendaraan menggunakan sepeda motor membuat Anda bisa menikmati keindahan pemandangan secara langsung. Cuaca dan keamanan perjalanan pun menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, sangat penting mengenakan sarung tangan dan helm saat mengendarai sepeda motor.

Sayangnya, beberapa orang hanya menggunakan sarung tangan biasa saat berkendaraan. Sarung tangan semacam ini memiliki daya tahan rendah dan kurang menjamin keselamatan. Anda membutuhkan sarung tangan khusus untuk melindungi dan memberikan kenyamanan selama perjalanan.  

Demi keselamatan Anda, kami merekomendasikan produk yang dilengkapi pelindung. Anda bisa memilih pelindung berbahan PVC atau karet untuk melindungi punggung tangan dan buku-buku jari. Namun, pelindung berbahan PVC lebih kasar bila dibandingkan dengan kain atau kulit. Anda juga harus memastikan kinerja tangan dalam mengoperasikan motor (grip) tidak terganggu.


Sarung tangan tidak hanya berfungsi melindungi tangan dari gesekan. Penggunaannya dapat mencegah tangan licin yang ditimbulkan oleh keringat di musim panas. Di musim penghujan, sarung tangan bisa melindungi Anda dari udara dingin dan air. Beberapa merek sarung tangan motor memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Simak cara memilihnya untuk mendapatkan produk yang cocok untuk Anda.

Cara memilih sarung tangan motor

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih sarung tangan terbaik. Baca setiap poin di bawah ini dengan detail agar Anda mendapatkan sarung tangan sesuai kebutuhan, ya.

Pilih tipe sarung tangan sesuai kebutuhan Anda

Dari segi bentuknya, sarung tangan motor terbagai menjadi dua tipe, yaitu full cover dan half cover. Berikut penjelasan mengenai dua tipe sarung tangan tersebut.

Full cover, memberikan perlindungan tangan sepenuhnya

Full cover, memberikan perlindungan tangan sepenuhnya

Sarung tangan motor tipe full cover memiliki kelebihan dapat melindungi bagian tangan Anda secara sepenuhnya. Tipe full cover menutupi pergelangan hingga jari-jari Anda. Beberapa model sarung tangan full cover juga memiliki perlindungan tambahan di area punggung tangan dan jari tangan


Di sisi lain, kekurangannya adalah saat Anda ingin mengambil barang atau menggunakan handphone tipe ini agak sulit digunakan. Namun, beberapa tipe full cover bahannya ada yang didesain agar responsif terhadap sentuhan handphone.

Half cover, memberikan keleluasaan kepada jari

Tipe sarung tangan motor yang kedua adalah half cover. Sarung tangan motor dengan tipe half cover memiliki keunggulan dari segi fleksibilitasnya. Sarung tangan tipe ini sangat mudah untuk digunakan mengambil barang dan menggunakan handphone. Hal ini didukung dengan bagian jari tangan yang tidak tertutup sepenuhnya. 


Selain itu, sarung tangan tipe ini sangat mudah untuk dilepas dan dipasang kembali oleh penggunanya. Kekurangan dari tipe half cover adalah saat cuaca yang terik atau dingin jari tangan tidak tertutup sepenuhnya. Jadi, jari tangan Anda tetap merasakan teriknya matahari dan dinginnya udara malam.

Cari sarung tangan dengan bahan yang breathable dan melindungi saat dingin

Anda tentu menginginkan sarung tangan yang tidak hanya aman, tetapi juga nyaman. Memilih sarung tangan yang membuat kulit bisa bernapas dan melindungi saat dingin adalah jawabannya. Untuk itu, pilihlah bahan yang pas dengan aktivitas berkendara Anda.

Mesh, sejuk di kulit karena sifatnya breathable

Saat cuaca panas, Anda bisa memilih sarung tangan dengan bahan mesh (jala). Lubang-lubang pada sarung tangan motor berbahan jala berfungsi sebagai ventilasi udara. Kulit Anda pun bisa bernapas sehingga tidak mudah lembap. Sarung tangan ini cocok untuk digunakan saat melakukan perjalanan di cuaca yang terik dan yang memakan waktu cukup lama.

Polyester, dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama

Sarung tangan berbahan polyester memiliki karakteristik tidak mudah berkerut, tahan lama, dan cepat kering. Dengan begitu, sarung tangan dari bahan polyester awet jika digunakan untuk waktu yang lama. Sarung tangan berbahan polyester mudah dicuci dan cepat kering saat dijemur.


Di pasaran, polyester umumnya dicampur dengan bahan lain, seperti katun dan mesh. Ia juga kerap dijadikan sebagai bahan sarung tangan balap. Meskipun begitu, sarung tangan berbahan polyester juga bisa dikenakan sebagai sarung tangan harian ataupun saat touring.

Spandex, elastis dan lekat di tangan

Sarung tangan berbahan spandex memiliki karakteristik yang elastis. Dengan karakteristik yang elastis, sarung tangan dapat mengikuti bentuk tangan. Selain itu, sarung tangan berbahan spandex akan terasa lebih lekat di tangan penggunanya.


Sebaiknya Anda memilih sarung tangan spandex yang di-mix dengan bahan lain yang lebih kuat untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Spandex banyak digunakan sebagai bahan sarung tangan harian untuk wanita. Harganya pun biasanya terjangkau.

Kulit, berkelas dengan tingkat perlindungan yang tinggi

Ada juga sarung tangan berbahan kulit yang bisa Anda pilih. Anda tidak akan terganggu saat menyetir dan perlindungan yang ditawarkan cukup tinggi. Bahan kulit juga dapat melindungi tangan dari udara yang dingin. Sarung tangan kulit menawarkan tampilan yang elegan jika desainnya klasik dan kukuh jika desainnya modern.


Namun, bahan ini tidak memungkinkan kulit bisa bernapas sehingga akan mudah pengap. Oleh karena itu, pilihlah sarung tangan kulit yang memiliki lubang udara agar tangan Anda tetap sejuk. Bahan kulit terbagi menjadi dua, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. Harga untuk sarung tangan motor kulit asli tentu lebih tinggi dibandingkan dengan yang sintetis.

Sesuaikan dengan gaya sepeda motor

Pilihlah sarung tangan berdasarkan tipe kendaraan dan cara Anda mengemudi agar kegunaannya lebih efektif.

Sarung tangan balap, dilengkapi dengan pelindung tambahan

Kami merekomendasikan sarung tangan balap bagi Anda yang memiliki hobi balapan. Sarung tangan balap biasanya dilengkapi dengan pelindung tambahan di bagian jari dan punggung tangan. Dengan adanya pelindung, tangan Anda akan terlindungi dan tetap bisa mengoperasikan grip dengan baik. 

Sarung tangan touring, nyaman digunakan di berbagai cuaca

Jika ingin mengendarai sepeda motor antarkota atau touring, Anda bisa memilih tipe panjang. Sarung tangan tipe panjang akan menutupi hingga pergelangan tangan sehingga lebih hangat. Beberapa produk memiliki nuansa retro sehingga cocok jika Anda memiliki sepeda motor balap keluaran lama. Bagi Anda penggemar touring off-road, Anda dapat menggunakan sarung tangan motor anti air atau sarung tangan motor waterproof.

Sarung tangan harian, mudah dilepas dan dipasang kembali

Bagi Anda yang berangkat ke kantor atau kampus menggunakan motor, kami menyarankan Anda untuk memilih sarung tangan pendek. Sarung tangan pendek lebih cocok digunakan di dalam kota untuk harian karena mudah dilepas dan dipasang kembali oleh penggunanya. Selain itu, sarung tangan ini cukup dapat menghalau debu dan terik sinar matahari. Bagi Anda yang sering berkendara di siang hari, Anda dapat memilih sarung tangan motor anti UV.

Pastikan sarung tangan kompatibel dengan layar sentuh agar bisa mengoperasikan handphone

Saat ini, mengecek handphone menjadi kegiatan yang tak terelakkan, bahkan saat berkendaraan atau touring. Untuk itu, Anda membutuhkan sarung tangan yang kompatibel dengan layar sentuh. Dengan sarung tangan ini, Anda tidak perlu lagi ribet melepas dan memasangnya untuk mengoperasikan handphone.


Saat menjumpai pemandangan indah, Anda bisa berhenti di pinggir jalan dan langsung mengambil gambar. Bahkan, Anda pun tidak perlu repot saat mengecek Google Maps. Anda juga lebih mudah menghubungi teman jika tertinggal rombongan saat touring. Tentu saja perjalanan Anda menjadi jauh lebih aman dan menyenangkan.


Namun, tergantung produknya, bagian jari yang bisa digunakan untuk mengoperasikan layar sentuh bisa berbeda-beda. Sebelum membeli, pastikan bagian jari yang kompatibel dengan layar sentuh sesuai dengan jari yang sering Anda pakai.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Eiger Riding Daily Half Glove - Black

Mulai dari Rp 79.200,00

10 Rekomendasi sarung tangan motor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sarung tangan motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

KomineCarbon Protect 3D Mesh Gloves Senna

GK-197

Mulai dari Rp 1.170.000,00

BahanMesh, kulit
TipeFull cover
PelindungKarbon
Touchscreen compatibleYa
9
BahanKulit
TipeFull cover
PelindungPlastik
Touchscreen compatibleTidak disebutkan
8

KomineSuper Fit Titanium Leather Gloves R Spec

GK-200

Mulai dari Rp 1.410.000,00

BahanKulit kambing dan polyester
TipeFull cover
PelindungTitanium, serat karbon
Touchscreen compatibleYa
7
BahanKain
TipeHalf cover
PelindungPolikarbonat
Touchscreen compatible-
6

iGloveSarung Tangan Motor Touch Screen

Mulai dari Rp 32.400,00

BahanTidak disebutkan
TipeFull cover
PelindungTidak disebutkan
Touchscreen compatibleYa
5
BahanKulit
TipeFull cover
PelindungTidak disebutkan
Touchscreen compatibleTidak disebutkan
4
BahanKulit
TipeFull cover
PelindungInner protector
Touchscreen compatibleYa
3

Arei OutdoorgearSarung Tangan Professional Glove B Women Series

Mulai dari Rp 99.000,00

BahanFleece spandex
TipeFull cover
PelindungTidak disebutkan
Touchscreen compatibleYa
2
BahanPolyester
TipeHalf cover
PelindungTidak disebutkan
Touchscreen compatible-
1
BahanMesh, polyester
TipeFull cover
PelindungPVC
Touchscreen compatibleTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sarung tangan motor terbaik

Gambar produk
1
Mobeo  Sarung Tangan Motor Batok 1

Mobeo

2
Respiro X-LITE Glove 1

Respiro

3
Arei Outdoorgear Sarung Tangan Professional Glove B Women Series 1

Arei Outdoorgear

4
Eiger Phaeton 1.1 1

Eiger

5
Northy Nobleman 1

Northy

6
iGlove Sarung Tangan Motor Touch Screen 1

iGlove

7
Kalibre Sarung Tangan 1

Kalibre

8
Komine Super Fit Titanium Leather Gloves R Spec 1

Komine

9
Yamaha Glove R Concept 01 1

Yamaha

10
Komine Carbon Protect 3D Mesh Gloves Senna 1

Komine

Nama produk

Sarung Tangan Motor Batok

X-LITE Glove

Sarung Tangan Professional Glove B Women Series

Phaeton 1.1

Nobleman

Sarung Tangan Motor Touch Screen

Sarung Tangan

Super Fit Titanium Leather Gloves R Spec

Glove R Concept 01

Carbon Protect 3D Mesh Gloves Senna

Keunggulan

Paket lengkap proteksi dan kenyamanan dengan harga terjangkau

Antiselip berkat adanya pad grip

Naik motor lebih aman dan bebas belang

Antigerah, sarung tangan kulit dengan lubang ventilasi

Sarung tangan untuk si pengendara motor klasik

Menjaga tangan Anda tetap hangat saat berkendara

Aman dan nyaman untuk sarung tangan harian

Lebih aman berkendara dengan double protection

Desain racing yang membuat makin keren saat berkendara

Tangan bebas gerah dan terlindungi saat riding offroad

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 99.000,00Rp 99.000,00Rp 425.000,00Rp 270.000,00Rp 32.400,00Rp 165.000,00Rp 1.410.000,00Rp 250.000,00Rp 1.170.000,00
BahanMesh, polyesterPolyesterFleece spandexKulitKulitTidak disebutkanKainKulit kambing dan polyesterKulitMesh, kulit
TipeFull coverHalf coverFull coverFull coverFull coverFull coverHalf coverFull coverFull coverFull cover
PelindungPVCTidak disebutkanTidak disebutkanInner protectorTidak disebutkanTidak disebutkanPolikarbonatTitanium, serat karbonPlastikKarbon
Touchscreen compatibleTidak disebutkan-YaYaTidak disebutkanYa-YaTidak disebutkanYa
Tautan produk

Cuci sarung tangan motor secara teratur agar bisa digunakan dalam waktu lama

Cuci sarung tangan motor secara teratur agar bisa digunakan dalam waktu lama
Mencuci sarung tangan secara teratur akan menjadikannya awet dan tahan lama. Sarung tangan biasanya akan kotor karena hujan, gas yang keluar dari knalpot kendaraan, dan keringat tangan Anda. Perawatan yang cermat akan mencegah kerusakan sehingga bisa Anda gunakan untuk waktu yang lama. Berikut ini tips mencuci sarung tangan agar bersih dan awet.

  • Siapkan air hangat di wastafel atau ember.
  • Tuangkan detergen netral sesuai takaran untuk produk kulit. Berhati-hatilah saat mengucek dan mengangkatnya. Hindari mengucek sarung tangan. Pijatlah dengan lembut sampai semua debu dan kotoran keluar.
  • Kemudian, bilas menggunakan air hangat-hangat kuku dan pijat lagi dengan lembut sampai detergen bersih.
  • Setelah mencuci, bungkus dengan handuk lalu keringkan di tempat sejuk.

Waktu yang baik untuk mencuci sarung tangan adalah sebulan sekali. Namun, berhati-hatilah saat mencuci sarung tangan berbahan kulit asli. Sebelum mencuci, bacalah petunjuk pencucian produk dengan saksama agar Anda bisa mencucinya dengan tepat.

Baca juga rekomendasi perangkat pelindung untuk berkendaraan lainnya di sini

Saat berkendaraan, sarung tangan motor bukan satu-satunya perangkat yang bisa melindungi. Anda juga bisa melengkapi perlindungan lainnya, seperti helm, jaket, dan sepatu. Anda bisa membaca rekomendasi produk pelindung berkendaraan lainnya di sini untuk memberikan perlindungan maksimal pada perjalanan.

Kesimpulan

Sarung tangan motor berfungsi melindungi dan meminimalkan cedera jika terjadi kecelakaan. Beberapa sarung tangan tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga kenyamanan. Manfaat dari penggunaan sarung tangan akan didapatkan secara maksimal jika produk yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dari sepuluh rekomendasi produk terbaik di atas, semoga ada salah satu yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah jenis helm dengan jenis motor yang dikendarai. Hal ini karena banyak varian helm terbaru yang didesain berdasarkan jenis motornya. Ada helm untuk pengguna motor matic, motor sport, motor gede, motor cross, hingga motor trail. Kali ini, kami mengulas mengenai poin-poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli helm motor. Kami juga memberikan sederet rekomendasi merk helm yang bagus, seperti KYT, INK, dan lainnya. Harga helm motor ini bervariasi, tergantung kualitas dari helm itu sendiri. Pahamilah setiap poinnya agar Anda dapat menemukan helm motor yang pas dengan kebutuhan.
    Aksesori motor
    139.492 Views
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra untuk Anda. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Di pasaran, ada begitu banyak pilihan velg tergantung jenis, ukuran, dan materialnya. Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda. Simak juga rekomendasi beragam merk velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Selamat membaca!
    Aksesori motor
    15.838 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor. Salah satu jenis helm yang cukup digemari banyak pengguna sepeda motor adalah jenis full face. Merek seperti KYT, INK, dan MDS adalah beberapa contoh yang sering dijumpai di pasaran. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
    38.773 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face. Di pasaran sendiri, terdapat banyak merk helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukan juga rekomendasi helm half face merk NHK, INK, Zeus, Cargloss, Nolan, dan lainnya dalam artikel ini. 
    Aksesori motor
    7.302 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm retro kerap disebut sebagai helm bogo atau helm klasik. Selain melindungi kepala, helm retro mampu menunjang penampilan Anda saat berkendara. Modelnya yang relatif lebih bulat memberi tampilan jadul yang justru kembali digemari sekarang, termasuk di Indonesia.Beragam produk helm retro bisa Anda temukan di pasaran, seperti merek Bell, Cargloss, Zeus, dan lainnya. Merek-merek tersebut menawarkan helm retro dengan beragam tipe, mulai dari shorty, open face, hingga full face. Supaya Anda tidak bingung saat membeli, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Simaklah dengan saksama agar Anda mendapatkan tampilan klasik yang timeless!
    Aksesori motor
    12.814 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang pergi bekerja atau sekolah menggunakan motor, sudah tentu jas hujan menjadi barang yang wajib dimiliki. Produk ini dijual dengan model, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Selain itu, ketahanan bahan terhadap tekanan air dan daya tembus kelembapan saat dipakai pun berbeda. Mungkin Anda bingung harus memilih produk seperti apa.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Beberapa merek di antaranya Axio, Plevia, dan Naturehike. Silakan simak penjelasan berikut ini.
    Aksesori motor
    17.056 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori