• 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sarung tangan motor menjadi barang penting saat berkendaraan karena dapat melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. Banyak produk berbahan kulit dan neoprene yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada juga tipe pendek, panjang, balap, dan off-road yang bisa Anda pilih.

Anda tidak perlu bingung dengan ragam sarung tangan yang ada di pasaran. Kami akan membantu Anda menentukan pilihan dengan merekomendasikan produk terbaik, seperti Eiger, Fox, Respiro, Madbike, dan Scoyco. Simak tips cara memilih untuk mengetahui tipe yang cocok untuk Anda. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan sarung tangan terbaik Anda!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Anna Fardiana
Susie Ncuss
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 22.812 Views
Daftar isi

Gunakan sarung tangan motor agar berkendaraan menjadi lebih aman

Gunakan sarung tangan motor agar berkendaraan menjadi lebih aman

Berkendaraan menggunakan sepeda motor membuat Anda bisa menikmati keindahan pemandangan secara langsung. Cuaca dan keamanan perjalanan pun menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, sangat penting mengenakan sarung tangan dan helm saat mengendarai sepeda motor.

Sayangnya, beberapa orang hanya menggunakan sarung tangan biasa saat berkendaraan. Sarung tangan semacam ini memiliki daya tahan rendah dan kurang menjamin keselamatan. Anda membutuhkan sarung tangan khusus untuk melindungi dan memberikan kenyamanan selama perjalanan.  

Sarung tangan tidak hanya berfungsi melindungi tangan dari gesekan. Penggunaannya dapat mencegah tangan licin yang ditimbulkan oleh keringat di musim panas. Di musim penghujan, sarung tangan bisa melindungi Anda dari udara dingin dan air. Setiap produk memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Simak cara memilihnya untuk mendapatkan produk yang cocok untuk Anda. 

Cara memilih sarung tangan motor

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih sarung tangan terbaik. Baca setiap poin di bawah ini dengan detail agar Anda mendapatkan sarung tangan sesuai kebutuhan, ya.

Pilih sarung tangan berdaya tahan tinggi dan melindungi ujung jari

Pilih sarung tangan berdaya tahan tinggi dan melindungi ujung jari

Tanpa sarung tangan, tangan Anda akan terbentur saat terjatuh. Hal ini bisa menimbulkan luka, trauma, bahkan patah tulang. Untuk itu, pilihlah sarung tangan yang dapat melindungi tangan dan jari-jari sehingga mengurangi risiko luka saat jatuh.


Demi keselamatan Anda, kami merekomendasikan produk yang dilengkapi pelindung. Anda bisa memilih pelindung berbahan PVC atau karet untuk melindungi punggung tangan dan buku-buku jari. Namun, pelindung berbahan PVC lebih kasar bila dibandingkan dengan kain atau kulit. Anda juga harus memastikan kinerja tangan dalam mengoperasikan motor (grip) tidak terganggu.

Cari sarung tangan dengan bahan yang breathable dan melindungi saat dingin

Cari sarung tangan dengan bahan yang breathable dan melindungi saat dingin

Anda tentu menginginkan sarung tangan yang tidak hanya aman, tetapi juga nyaman. Memilih sarung tangan yang membuat kulit bisa bernapas dan melindungi saat dingin adalah jawabannya. Pilihlah produk yang cocok untuk setiap musim. Saat musim panas, Anda bisa memilih sarung tangan dengan bahan mesh (jala). Lubang-lubang pada sarung tangan motor berbahan jala berfungsi sebagai ventilasi udara. Kulit Anda pun bisa bernapas sehingga tidak mudah lembap.

Sarung tangan berbahan neoprene sangat cocok untuk cuaca dingin karena mampu melindungi dari angin dan dingin. Bahan ini biasa digunakan untuk setelan baju musim dingin atau hujan. Sementara itu, sarung tangan berbahan Gore-Tex menjadi pilihan terbaik untuk melindungi dari angin dan air. Bahkan, kulit Anda pun tetap bisa bernapas. Gore-Tex juga bisa mencegah dingin yang disebabkan oleh keringat Anda.


Ada juga sarung tangan berbahan kulit yang bisa Anda pilih. Anda tidak akan terganggu saat menyetir dan perlindungan yang ditawarkan cukup tinggi. Namun, bahan ini tidak memungkinkan kulit bisa bernapas sehingga akan mudah pengap. Jadi, pastikan Anda memilih sarung tangan dengan bahan yang nyaman untuk Anda.

Sesuaikan dengan gaya sepeda motor

 Sesuaikan dengan gaya sepeda motor

Pilihlah sarung tangan berdasarkan tipe kendaraan dan cara Anda mengemudi agar kegunaannya lebih efektif. Kami merekomendasikan sarung tangan balap bagi Anda yang memiliki hobi balapan. Dengan adanya pelindung, tangan Anda akan terlindungi dan tetap bisa mengoperasikan grip dengan baik. 


Jika Anda mengendarai sepeda motor off-road di medan menantang, pilihlah sarung tangan jenis off-road. Mengendarai sepeda motor di medan menantang lebih sulit karena memerlukan kemampuan mengoperasikan grip lebih kuat. Sarung tangan tipe off-road adalah pilihan tepat karena selain ringan, kemampuan mengoperasikan grip juga tidak berkurang. Sarung tangan tipe off-road dengan bahan jala akan menjadikan tangan Anda tidak mudah lembap.

Jika ingin mengendarai sepeda motor antarkota atau touring, Anda bisa memilih tipe pendek atau panjang. Tipe pendek harganya terjangkau dan mudah dilepas atau dipakai kembali. Sementara itu, tipe panjang akan menutupi hingga pergelangan tangan sehingga lebih hangat. Beberapa produk memiliki nuansa retro sehingga cocok jika Anda memiliki sepeda motor balap keluaran lama.

Pilih sarung tangan yang kompatibel dengan layar sentuh agar bisa mengoperasikan smartphone

Pilih sarung tangan yang kompatibel dengan layar sentuh agar bisa mengoperasikan smartphone

Saat ini, mengecek smartphone menjadi kegiatan yang tak terelakkan, bahkan saat berkendaraan atau touring. Untuk itu, Anda membutuhkan sarung tangan yang kompatibel dengan layar sentuh. 


Dengan sarung tangan ini, Anda tidak perlu lagi ribet melepas dan memasangnya untuk mengoperasikan smartphone. Saat menjumpai pemandangan indah, Anda bisa berhenti di pinggir jalan dan langsung mengambil gambar. Bahkan, Anda pun tidak perlu repot saat mengecek Google Maps. Anda pun lebih mudah menghubungi teman jika tertinggal rombongan saat touring. Tentu saja perjalanan Anda menjadi jauh lebih aman dan menyenangkan.

Namun, tergantung produknya, bagian jari yang bisa digunakan untuk mengoperasikan layar sentuh bisa berbeda-beda. Sebelum membeli, pastikan bagian jari yang kompatibel dengan layar sentuh sesuai dengan jari yang sering Anda pakai.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sarung tangan motor terbaik

Inilah bagian yang paling Anda tunggu! Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sarung tangan terbaik untuk Anda sesuai dengan poin cara memilih. Selamat berselancar untuk menemukan produk yang paling menjawab kebutuhan Anda.
10
PelindungTidak disebutkan
BahanSpandex
TipePanjang
Touchscreen compatibleYa
9
PelindungBuku jari, punggung tangan
BahanPolyester mesh
TipePanjang
Touchscreen compatibleTidak
8
PelindungBuku jari, punggung tangan
BahanKulit sapi (70%), kain bulu tricot (10%), busa (10%), microfiber suede (5%), pelindung serat karbon (4%), karet PVC (1%)
TipePanjang, off-road
Touchscreen compatibleYa
7
PelindungBuku jari, punggung tangan
BahanKulit sapi, karbon, vented leather, keramide, suede microfiber
TipePanjang, balap
Touchscreen compatibleTidak
6
PelindungBuku jari, punggung tangan, telapak tangan
BahanKulit, serat karbon
TipePendek
Touchscreen compatibleYa
5
PelindungPunggung tangan
BahanPolyester, nilon, batok besi stainless
TipePendek
Touchscreen compatibleYa
4
PelindungBuku jari, punggung tangan
BahanKulit, spandex, onyx
TipePendek
Touchscreen compatibleYa
3
PelindungBuku jari
BahanPolyamide nylon (39%), polyurethane (22%), neoprene (15%), polyvinyl chloride (12%), polyester (12%)
TipeOff-road, pendek
Touchscreen compatibleYa
2
PelindungBuku jari, punggung tangan
BahanMesh
TipePendek
Touchscreen compatibleYa
1

MadbikeMAD-03 Capacitive Touchscreen Glove

Rp 220.000,00

PelindungPunggung tangan
BahanSerat palem, serat karbon
TipeOff-road, pendek
Touchscreen compatibleYa

Tabel perbandingan produk sarung tangan motor terbaik

Gambar produk
1
Madbike MAD-03 Capacitive Touchscreen Glove 1

Madbike

2
Scoyco MC44 Full Finger 1

Scoyco

3
Fox Dirtpaw Glove 1

Fox

4
Eiger Riding Corvette 1.1  1

Eiger

5
Axio AX-01 1

Axio

6
Scoyco MC57 Waterproof 1

Scoyco

7
Spidi  Carbo 3 Leather  1

Spidi

8
TDR RG-Revo Touring Gloves 1

TDR

9
Respiro MEZO EP 1

Respiro

10
Sarung Tangan Motor Resleting Windstopper 1

Nama produk

MAD-03 Capacitive Touchscreen Glove

MC44 Full Finger

Dirtpaw Glove

Riding Corvette 1.1

AX-01

MC57 Waterproof

Carbo 3 Leather

RG-Revo Touring Gloves

MEZO EP

Sarung Tangan Motor Resleting Windstopper

Keunggulan

Paling cocok untuk penggunaan harian dengan bahan yang breathable

Ada velcro di bagian pergelangan tangan, bisa menyesuaikan ukuran tangan

Tidak hanya cocok untuk segala musim, tetapi juga isi dompet

Ada reflektor, tetap terlihat walaupun saat gelap

Tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga kenyamanan

Tetap hangat saat berkendaraan di cuaca dingin

Mantap melindungi Anda yang suka balap

Awet dan memberi proteksi ganda

Berkendaraan aman dengan tampilan stylish

Tetap dapat mengoperasikan smartphone saat perjalanan

HargaRp 220.000,00Rp 200.000,00Rp 499.000,00Rp 265.000,00Rp 85.000,00Rp 500.000,00Rp 2.999.000,00Rp 647.000,00Rp 181.500,00Rp 146.200,00
PelindungPunggung tanganBuku jari, punggung tanganBuku jariBuku jari, punggung tanganPunggung tanganBuku jari, punggung tangan, telapak tanganBuku jari, punggung tanganBuku jari, punggung tanganBuku jari, punggung tanganTidak disebutkan
BahanSerat palem, serat karbonMeshPolyamide nylon (39%), polyurethane (22%), neoprene (15%), polyvinyl chloride (12%), polyester (12%)Kulit, spandex, onyxPolyester, nilon, batok besi stainless Kulit, serat karbonKulit sapi, karbon, vented leather, keramide, suede microfiberKulit sapi (70%), kain bulu tricot (10%), busa (10%), microfiber suede (5%), pelindung serat karbon (4%), karet PVC (1%)Polyester meshSpandex
TipeOff-road, pendekPendekOff-road, pendekPendekPendekPendekPanjang, balapPanjang, off-roadPanjangPanjang
Touchscreen compatibleYaYaYaYaYaYaTidakYaTidakYa
Tautan produk

Cuci sarung tangan motor secara teratur agar bisa digunakan dalam waktu lama

Cuci sarung tangan motor secara teratur agar bisa digunakan dalam waktu lama

Mencuci sarung tangan secara teratur akan menjadikannya awet dan tahan lama. Sarung tangan biasanya akan kotor karena hujan, gas yang keluar dari knalpot kendaraan, dan keringat tangan Anda. Perawatan yang cermat akan mencegah kerusakan sehingga bisa Anda gunakan untuk waktu yang lama.

Anda bisa mencucinya menggunakan air hangat di wastafel atau ember. Tuangkan detergen netral sesuai takaran untuk produk kulit. Berhati-hatilah saat mengucek dan mengangkatnya. Cara mencuci yang tepat adalah memijatnya dengan lembut. Kemudian, bilas menggunakan air hangat-hangat kuku dan pijat lagi dengan lembut sampai detergen bersih.

Setelah mencuci, bungkus dengan handuk lalu keringkan di tempat sejuk. Waktu yang baik untuk mencuci sarung tangan adalah sebulan sekali. Namun, berhati-hatilah saat mencuci sarung tipe penghangat dan berbahan kulit asli. Kehangatan sarung tangan ini bisa berkurang jika dicuci dengan air. Sebelum mencuci, bacalah petunjuk pencucian produk dengan saksama agar Anda bisa mencucinya dengan tepat.

Baca juga rekomendasi perangkat pelindung untuk berkendaraan lainnya di sini

Saat berkendaraan, sarung tangan motor bukan satu-satunya perangkat yang bisa melindungi. Anda juga bisa melengkapi perlindungan lainnya seperti helm dan jas hujan. Anda bisa membaca rekomendasi produk pelindung berkendaraan lainnya di sini untuk memberikan perlindungan maksimal pada perjalanan.

Kesimpulan

Sarung tangan motor berfungsi melindungi dan meminimalisir cedera jika terjadi kecelakaan. Beberapa sarung tangan tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga kenyamanan. Manfaat dari penggunaan sarung tangan akan didapatkan secara maksimal jika produk yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dari sepuluh rekomendasi produk terbaik di atas, semoga ada salah satu yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
    Aksesori motor
    79.764 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor. Salah satu jenis helm yang cukup digemari banyak pengguna sepeda motor adalah jenis full face. Merek seperti KYT, INK, dan MDS adalah beberapa contoh yang sering dijumpai di pasaran. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
    9.702 Views
  • 10 Rekomendasi Box Motor Terbaik dengan Instalasi Mudah (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Box Motor Terbaik dengan Instalasi Mudah (Terbaru Tahun 2020)
    Ukuran bagasi motor umumnya terbatas dan tidak terlalu besar. Box motor, rear box, atau top case merupakan aksesori motor yang bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan Anda. Di pasaran, terdapat berbagai merek box motor berkualitas dengan beragam ukuran dan model, seperti Givi, KMI, SHAD, dan sebagainya.Banyaknya produk yang beredar di pasaran bisa jadi membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi box motor terbaik dengan instalasi yang mudah. Pilihlah produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dan mudah untuk dipasang, ya!
    Aksesori motor
    13.926 Views
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang pergi bekerja atau sekolah menggunakan motor, sudah tentu jas hujan menjadi barang yang wajib dimiliki. Produk ini dijual dengan model, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Selain itu, ketahanan bahan terhadap tekanan air dan daya tembus kelembapan saat dipakai pun berbeda. Mungkin Anda bingung harus memilih produk seperti apa.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Beberapa merek di antaranya Axio, Plevia, dan Naturehike. Silakan simak penjelasan berikut ini.
    Aksesori motor
    9.565 Views
  • 10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kunci Pengaman Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kunci pengaman merupakan benda penting yang harus digunakan ketika Anda memarkir motor. Dengan menggunakan kunci pengaman motor berkualitas, Anda bisa dengan tenang meninggalkan motor di tempat parkir. Xena, Kryptonite, Schone, dan berbagai produsen lainnya menyediakan beragam jenis kunci pengaman motor.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih kunci pengaman motor. Kami juga akan memberikan rekomendasi kunci pengaman motor terbaik yang sangat layak Anda miliki. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan cegah motor kesayangan Anda dicuri orang!
    Aksesori motor
    23.666 Views
  • 10 Rekomendasi Cover Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cover Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cover motor merupakan benda yang wajib dimiliki untuk melindungi kendaraan berharga Anda. Bukan hanya untuk melindungi motor dari hujan, tetapi juga melindungi dari kejahatan terutama bagi Anda yang tidak memiliki garasi. Berbagai tipe cover motor ditawarkan dengan keunggulan yang beragam di pasaran.Jika Anda bingung saat memilih, kami akan memberikan tips cara memilih cover motor terbaik untuk Anda di artikel ini. Selain itu, produk-produk rekomendasi terbaik dari merek Urban dan Fusion akan kami ulas untuk Anda. Pastikan Anda tidak melewatkan satu pun penjelasan dari artikel kami ini, ya!
    Aksesori motor
    2.071 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori