mybest
Vitamin & suplemen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024)

Bagi wanita, perubahan kondisi fisik yang terjadi selama masa pramenstruasi dan saat menstruasi sangatlah mengganggu. Ada berbagai cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen saat haid.


Kali ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai merek suplemen saat haid yang bisa Anda pilih. Anda akan menemukan suplemen saat haid yang bagus seperti Blackmores, Nutrimax, dan yang lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Yuk, baca artikelnya!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Andri Welly
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Redakan rasa tidak nyaman saat menstruasi dengan suplemen

Redakan rasa tidak nyaman saat menstruasi dengan suplemen
Sebagian besar wanita pasti merasakan nyeri, payudara bengkak, jerawat, kulit kasar, dan sembelit saat waktu pramenstruasi dan menstruasi tiba. Selain itu, Anda juga mungkin mengalami gejala psikologis, seperti cepat marah, depresi, dan ketidakstabilan emosi. Gejala yang disebut premenstrual syndrome (PMS) ini bisa berlangsung selama seminggu atau lebih, tergantung kondisi setiap orang. 

Ketika gejalanya parah, Anda mungkin akan meminum obat untuk menghilangkan rasa nyeri dan sebagian lainnya mungkin memilih obat analgesik. Ada juga obat khusus yang dijual untuk mengatasi hal tersebut, tetapi Anda tidak boleh meminumnya untuk jangka waktu lama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pil kontrasepsi yang efektif untuk menyesuaikan siklus menstruasi dan gejala PMS. Namun, harganya tidak murah.


Di sisi lain, ada banyak suplemen yang mampu mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Namun, suplemen hanya membantu menjaga kesehatan. Anda tidak bisa mengharapkan efek pengobatan secara pasti. Jadi, jika memiliki gejala yang terus berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi

Ada banyak suplemen yang bisa membantu mengatasi gejala PMS. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen untuk meredakan rasa tidak nyaman pada saat menstruasi. Silakan disimak!

1

Pastikan jenis bahannya

Ada tiga jenis bahan suplemen yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Di bawah ini, akan kami bahas secara singkat mengenai ketiga jenis bahan tersebut. 

Polifenol, hanya menimbulkan sedikit efek samping

Polifenol, hanya menimbulkan sedikit efek samping

Polifenol dikenal sebagai antioksidan dari tumbuhan yang berguna untuk membantu mengatasi gejala PMS. Berikut ini beberapa senyawa lain yang dibutuhkan saat menstruasi.


  • Isoflavon kedelai

Isoflavon kedelai ini bekerja seperti hormon wanita. Gejala-gejala PMS seperti moody, jerawat, kulit kasar, sakit perut, dan sakit pinggang dapat terbantu dengan senyawa ini. Selain itu, senyawa ini juga berkhasiat untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama masa menstruasi dan gangguan menopause. 


  • Equol

Equol adalah senyawa isoflavon yang diproduksi atau dibentuk oleh bakteri usus. Meski begitu, tidak semua orang memiliki pencernaan yang mampu mengekstrak equol dari isoflavon. Apabila Anda tidak merasakan dampak apa pun ketika mengonsumsi isoflavon, Anda bisa mencoba suplemen yang mengandung equol.


  • Pycnogenol

Zat yang didapat dari ekstrak French maritime pine trees ini juga dapat membantu meredakan gejala PMS. Banyak orang yang membeli suplemen ini untuk kecantikan dan gangguan menopause. Namun, pycnogenol juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri pinggul akibat menstruasi.

Bahan herbal, kaya akan manfaat

Bahan herbal, kaya akan manfaat
Herbal juga cukup populer dalam pengobatan tradisional Barat. Sampai saat ini pun herbal sering diresepkan oleh rumah sakit di berbagai negara. Berikut ini beberapa bahan herbal yang dapat Anda temukan dalam suplemen haid.

  • Evening primrose

Tanaman asal Amerika Utara ini dikenal dapat membantu mengatasi beberapa penyakit, termasuk meredakan gejala PMS dan menopause. Asam gamma linolenat pada evening primrose inilah yang berfungsi mengatur keseimbangan hormon untuk meredakan gejala PMS.


  • Chaste tree dan white willow

Chaste tree diklaim dapat mengatasi berbagai gejala PMS, seperti sakit kepala, nyeri payudara, perubahan mood, dan kram perut. Selain itu, ada pula white willow, yang dikenal sebagai analgesik atau anti-inflamasi. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai pengganti obat berbasis aspirin dan meredakan rasa nyeri menstruasi.


  • Kunyit

Selanjutnya, bahan herbal yang mudah ditemui di sekitar Anda ini ternyata berkhasiat pula untuk menstruasi. Selain dapat membantu meredakan kram perut dan PMS, kunyit juga dapat membantu Anda mengatur emosi saat haid. Ini karena zat kurkumin dalam kunyit dapat menyeimbangkan zat kimia dalam otak dan bersifat antidepresi alami. 


  • St. John’s wort

Selanjutnya, untuk membantu mengatasi depresi atau mood swing saat sedang menstruasi, bahan herbal St. John's wort bisa dipertimbangkan. Tanaman yang terkenal di Eropa ini dikenal berkhasiat untuk atasi gejala depresi. 

Kandungan asam amino dan vitamin B complex, sebagai nutrisi penting

Kandungan asam amino dan vitamin B complex, sebagai nutrisi penting
Rasa tidak nyaman saat menstruasi dapat terbantu dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung asam amino dan vitamin B kompleks. Mengonsumsi zat-zat tersebut baik untuk tubuh dan minim efek samping.

  • Asam amino

Salah satu jenis asam amino yang dapat Anda konsumsi adalah tryptophan. Zat ini dapat membantu mengatasi perubahaan mood, insomnia, dan memiliki efek analgesik. Selain itu, asam amino jenis theanine yang terkandung dalam teh juga bermanfaat meredakan ketegangan, depresi, dan emosi.


  • Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks yang terdiri dari beberapa jenis vitamin B merupakan vitamin yang baik dikonsumsi saat haid. Salah satu vitamin B yang berperan untuk mengatasi rasa tak nyaman saat menstruasi adalah vitamin B6. Vitamin B6 terlibat dalam metabolisme hormon estrogen. Untuk itu, vitamin B6 berkhasiat meredakan gejala PMS yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormon sebelum menstruasi


Vitamin B6 juga terlibat dalam sintesis neurotransmitter (serotonin, dopamin, dan adrenalin). Hal ini berguna untuk menyesuaikan saraf otonom serta menstabilkan emosi dan mental. Selain mengonsumsi vitamin B6, mengonsumsinya bersamaan dengan vitamin B lainnya juga dapat meningkatkan efek yang dihasilkan.


Jika Anda memerlukan vitamin B kompleks untuk dijadikan vitamin saat haid, bukalah tautan di bawah ini. Di dalam cara memilihnya sudah ada komentar nutritionist, lho!

2

Temukan suplemen dengan ukuran tablet dan dosis yang mudah dikonsumsi

Temukan suplemen dengan ukuran tablet dan dosis yang mudah dikonsumsi

Saat memilih suplemen, pastikan bahwa Anda bisa mengonsumsinya dengan mudah. Jika Anda memilih suplemen berbentuk tablet atau kapsul, pilihlah produk yang dosisnya hanya memerlukan sedikit tablet saja.


Selain itu, kapsul dan tablet yang diproduksi di luar negeri biasanya memiliki ukuran yang lebih besar sehingga sulit ditelan. Karena itu, pilihlah produk yang mudah ditelan. Suplemen ini mungkin akan Anda konsumsi dalam beberapa waktu sehingga poin ini sangatlah penting untuk Anda pastikan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen terbaik untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Natural Organics

NaturesPlus Ultra EPO 1500

Natural Organics NaturesPlus Ultra EPO 1500 1

Rp790.000

Lebih Mahal

Kandungan asam gamma linoleat untuk keseimbangan hormon wanita

Nature’s Way

Vitex Fruit

Nature’s Way Vitex Fruit  1

Rp130.000

Menengah

Menutrisi tubuh dengan kebaikan ekstrak chaste tree

Herbana

balanceMadia Menstrual Comfort

Herbana balanceMadia Menstrual Comfort 1

Rp30.000

Agak Murah

Ramuan herbal untuk bantu atasi berbagai masalah saat menstruasi

Vitabiotics

Wellwoman

Vitabiotics Wellwoman 1

Rp263.373

Menengah

Perbaiki mood swing Anda saat menstruasi

Blackmores

Vitex Agnus-Castus

Blackmores Vitex Agnus-Castus 1

Rp209.000

Menengah

Kandungannya bantu menormalkan siklus menstruasi Anda

Nutrimax

Hers

Nutrimax Hers 1

Rp165.750

Menengah

Kombinasi herbal yang kaya akan isoflavon, asam amino, dan vitamin

Merck

Sangobion Femine MenstruPain

Merck Sangobion Femine MenstruPain 1

Rp12.000

Lebih Murah

Suplemen penambah darah, jaga kebugaran Anda saat menstruasi

PipingRock

L-Theanine 200 mg

PipingRock L-Theanine 200 mg 1

Rp143.333

Menengah

Bantu Anda tidur dan istirahat lebih baik saat hari-hari menstruasi

Now

Pycnogenol 100 mg

Now Pycnogenol 100 mg  1

Rp675.000

Agak Mahal

Lawan nyeri dan radikal bebas dengan pycnogenol

Konimex

Nutracare Evening Primrose Oil 500

Konimex Nutracare Evening Primrose Oil 500 1

Rp176.600

Menengah

Produk lokal dengan kualitas yang luar biasa

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Natural OrganicsNaturesPlus Ultra EPO 1500

NaturesPlus Ultra EPO 1500 1
Sumber: naturesplus.com
Harga referensi
Rp790.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp790.000
Lebih Mahal

Kandungan asam gamma linoleat untuk keseimbangan hormon wanita

Bunga evening primrose kaya akan kandungan asam gamma linoleat. Zat ini merupakan asam lemak yang berfungsi untuk menyeimbangkan hormon kewanitaan Anda pada saat menstruasi. Suplemen ini bisa menjadi alternatif bila Anda ingin menyeimbangkan hormon secara keseluruhan ketika menstruasi.

Selain itu, suplemen ini juga bermanfaat meredakan gejala hot flashes pada wanita menopause. Anda cukup mengonsumsi satu softgel sehari dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Nature’s WayVitex Fruit

Harga referensi
Rp130.000
Menengah

Menutrisi tubuh dengan kebaikan ekstrak chaste tree

Tanaman Vitex agnus-castus atau chaste tree bermanfaat untuk mengatasi gejala menopause, gangguan infertilitas, dan siklus menstruasi tidak lancar. Jika Anda mengalami salah satu gangguan tersebut, cobalah suplemen ini sebagai salah satu suplemen harian Anda.

Nature’s Way Vitex adalah suplemen yang mengandung 400 mg chaste tree dalam satu kapsulnya. Kandungan tersebut membuat produk ini bisa membantu mengatasi gangguan hormon kewanitaan Anda meski dikonsumsi dalam dosis rendah.

HerbanabalanceMadia Menstrual Comfort

Harga referensi
Rp30.000
Agak Murah

Ramuan herbal untuk bantu atasi berbagai masalah saat menstruasi

Bila Anda mengutamakan bahan-bahan herbal untuk suplemen pada saat menstruasi, produk yang satu ini patut dipertimbangkan. Herbana meramu beberapa bahan herbal yang menyimpan khasiat untuk wanita. 


Misalnya, rimpang kunyit dan daun sembung yang memiliki sifat antiiflamasi untuk membantu meredakan nyeri haid. Daun seribu dan jinten hitam yang berkhasiat melancarkan haid. Sementara itu, rimpang jahe berfungsi untuk menghangatkan badan.

VitabioticsWellwoman

Harga referensi
Rp263.373
Menengah

Perbaiki mood swing Anda saat menstruasi

Jangan sampai menstruasi menghalangi aktivitas Anda dan membuyarkan mood Anda seharian. Nah, suplemen ini bisa membantu meredakan mood swing Anda pada saat menstruasi. Tidak hanya itu, kandungan multivitamin dan mineral berkhasiat menaikkan imun tubuh dan membantu mengurangi keram perut saat haid. Sekarang, sekalipun aktivitas sedang padat-padatnya, datang bulan tidak lagi jadi kendala.

BlackmoresVitex Agnus-Castus

Harga referensi
Rp209.000
Menengah

Kandungannya bantu menormalkan siklus menstruasi Anda

Blackmores kembali menghadirkan suplemen yang bisa mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Vitex Agnus-Castus, nama produknya diambil dari nama latin chaste berry. Sesuai khasiatnya, tanaman yang sudah ada sejak zaman Romawi kuno ini sering digunakan untuk keseimbangan hormon reproduksi.


Dengan mengonsumsinya sesuai anjuran, suplemen ini dapat membantu menormalkan siklus menstruasi Anda dan membantu mengatasi gejala PMS. Jadi, bagi Anda dengan siklus menstruasi yang tidak beraturan, bisa mencoba suplemen ini.

NutrimaxHers

Harga referensi
Rp165.750
Menengah
Harga referensi
Rp165.750
Menengah

Kombinasi herbal yang kaya akan isoflavon, asam amino, dan vitamin

Sesuai namanya, produk ini memang dikhususkan untuk para wanita, mulai dari remaja hingga wanita pada masa menopause. Suplemen ini mengombinasikan berbagai jenis herbal yang kaya akan isoflavon, vitamin, serta asam amino. Suplemen ini juga baik untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi dan kesuburan.


Di sisi lain, kandungan kalsiumnya juga membantu mencegah dan mengatasi osteoporosis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsumsi suplemen ini mulai sekarang. Namun, hentikan penggunaan ketika Anda sedang hamil dan menyusui, ya!

MerckSangobion Femine MenstruPain

Harga referensi
Rp12.000
Lebih Murah

Suplemen penambah darah, jaga kebugaran Anda saat menstruasi

Perempuan dapat kehilangan 10–80 ml darah setiap periode menstruasi. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia dan mengakibatkan Anda pusing serta cepat lelah. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa coba mengonsumsi suplemen ini. 

Sangobion dikenal sebagai suplemen penambah darah, begitu pula dengan produk ini. Di pihak lain, MenstruPain mengandung bahan-bahan herbal, seperti daun tapak liman, kunyit, asam Jawa, daun jambu biji, dan vitex. Khasiat dari bahan-bahan tersebut adalah membantu melancarkan haid sehingga mendukung gerak aktif Anda saat datang bulan.

PipingRockL-Theanine 200 mg

Harga referensi
Rp143.333
Menengah

Bantu Anda tidur dan istirahat lebih baik saat hari-hari menstruasi

Sering kali momen-momen menstruasi membuat nyeri perut dan akhirnya membuat tidur serta istirahat Anda terasa tidak maksimal. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, kami merekomendasikan suplemen yang terbuat dari ekstrak teh hijau ini. Suplemen ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Kandungan L-theanine sebesar 200 mg pada setiap kapsulnya berkhasiat untuk membuat Anda merasa lebih rileks saat menstruasi. Tentunya, Anda yang sedang lelah karena menjalani aktivitas padat saat sedang datang bulan cocok untuk meminumnya.

NowPycnogenol 100 mg

Harga referensi
Rp675.000
Agak Mahal

Lawan nyeri dan radikal bebas dengan pycnogenol

Pycnogenol yang berasal dari ekstrak kulit pinus terkenal akan khasiatnya untuk meredakan nyeri haid. Tidak hanya itu, pycnogenol juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Bila Anda mencari suplemen yang mampu mengatasi nyeri akibat haid sekaligus menjaga kualitas kulit, produk ini jawabannya.


Suplemen ini juga mengandung bahan alami bernama amla yang baik untuk jantung dan kaya akan antioksidan. Kedua bahan tersebut memang tidak mudah ditemukan di Indonesia. Namun, khasiat untuk meredakan nyeri haid tentu saja tak perlu diragukan.

KonimexNutracare Evening Primrose Oil 500

Harga referensi
Rp176.600
Menengah

Produk lokal dengan kualitas yang luar biasa

Evening primrose telah lama digunakan sejak zaman India kuno karena banyak manfaatnya. Salah satu khasiatnya adalah meredakan masalah PMS, seperti nyeri perut, pegal-pegal, jerawat, nyeri payudara saat menstruasi, dan lain sebagainya. 


Di samping itu, evening primrose juga bisa melancarkan metabolisme tubuh, mengatasi atopic eczema, dan kegelisahan berlebih. Anda mencari produk suplemen dalam negeri yang bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat haid? Produk keluaran Konimex ini bisa jadi pilihan.

Tips mengatasi rasa sakit di bagian bawah perut saat mens

Tips mengatasi rasa sakit di bagian bawah perut saat mens

Nyeri haid disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kontraksi otot pada rahim hingga meningkatnya zat prostaglandin di dalam tubuh seorang wanita. Pada keadaan tertentu, seringkali wanita dengan nyeri haid berlebih (dismenorea) menderita penyakit seperti radang panggul atau kista coklat (endometriosis).


Lebih lanjut, dismenorea juga dapat menyebabkan adenomiosis atau mioma uteri meskipun jarang ditemukan. Untuk meringan kan nyeri haid, Anda bisa melakukan tips berikut:


  • Kompres hangat pada perut
  • Pemberian obat analgetika atau bahkan obat hormonal tertentu
  • Pemijatan lembut
  • Hindari makanan/minuman tertentu
  • Lakukan teknik relaksasi/hipnoterapi
  • Olahraga rutin

Baca juga rekomendasi suplemen yang baik untuk kesehatan lainnya di sini

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, ada beberapa zat yang dapat mengurasi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Beberapa di antaranya adalah theanine dan juga tryptophan. Selain mengurangi rasa tidak nyaman, ternyata zat-zat tersebut memiliki khasiat lain. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan suplemen yang sesuai dengan gejala PMS Anda? Jika Anda masih memilih, perhatikan kandungan bahan dari suplemen yang akan akan dipilih. Selain itu, perhatikan juga dosis harian dan ada tidaknya efek samping dari suplemen tersebut. 


Akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Terakhir, bandingkan harga dan kandungan suplemen yang Anda pilih agar mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang pantas. Selamat memilih dan berbelanja.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Suplemen Terbaik untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.