10 Rekomendasi Ketel Enamel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teko Enamel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketel enamel populer karena desain serta motifnya yang modis, unik, dan lucu. Permukaannya yang mengilap dan tersedia dalam beragam warna, menjadikannya berbeda dengan ketel biasa berbahan stainless steel atau aluminium. Selain itu, ketel enamel juga umumnya antikarat, tahan lama, dan memiliki konduktivitas panas yang tinggi.

Banyaknya jenis ketel enamel yang dijual di pasaran, mulai dari produk keluaran merek terkenal hingga yang menjalani proses pembuatan yang rumit, tentu membuat Anda kebingungan menentukan pilihan. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih ketel enamel yang tepat sesuai kebutuhan dan selera Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih ketel enamel

Ketel enamel yang kuat dan antikarat merupakan produk yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Memilih produk yang mudah dipakai dengan desain yang Anda sukai tentu akan menjadikannya ketel favorit untuk waktu lama. Untuk itu, berikut ini kami akan membahas beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih ketel enamel.

Pilih ukuran sesuai kebutuhan pemakaian dan jumlah orang

Pilih ukuran sesuai kebutuhan pemakaian dan jumlah orang

Dalam berbagai pembahasan tentang cara memilih teko atau ketel, sering disebutkan agar Anda memilih produk yang memiliki kapasitas air yang besar agar dapat menampung banyak air. Di satu sisi, ketel dengan kapasitas besar memang bisa tumpang tindih pemakaiannya dengan ketel ukuran kecil. Akan tetapi, tergantung pada kebutuhan pemakaian dan jumlah orangnya, ketel dengan kapasitas kecil bisa jadi akan lebih praktis. Jadi, penting untuk memilih ketel dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian air panas dan jumlah anggota keluarga.

Bagi Anda yang sering merebus air dan menyimpannya dalam termos, ketel dengan kapasitas besar akan lebih praktis karena Anda dapat memindahkan air panas dalam waktu singkat. Sebaliknya, jika Anda tidak perlu menyimpan air yang selalu hangat, atau jika Anda hanya merebus air saat ingin minum kopi atau teh, ketel dengan kapasitas yang lebih kecil akan sangat membantu dalam mempersingkat waktu perebusan air.

Jumlah air panas yang digunakan juga tergantung pada jumlah anggota keluarga. Jika jumlah anggota keluarga Anda banyak, sebaiknya pilihlah ketel dengan kapasitas yang besar. Jika anggota keluarga Anda sedikit, merebus air sekaligus dalam jumlah banyak pada akhirnya akan terbuang karena tidak semuanya terpakai. Kapasitas yang diperlukan akan berubah tergantung pada penggunaan air panas dan jumlah orang yang membutuhkan. Jadi, silakan pilih ketel dengan kapasitas yang sesuai dengan pemakaian Anda!

Pilih yang bibir ketelnya cukup besar agar mudah dicuci

Pilih yang bibir ketelnya cukup besar agar mudah dicuci

Air panas sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk menyeduh kopi, teh, cangkir, mi instan cup, dan lainnya. Untuk itu, memilih ketel yang mudah dicuci menjadi salah satu poin yang sangat penting karena produk ini akan digunakan setiap hari. Biasanya, ketidakpuasan dalam penggunaan ketel muncul karena sempitnya bagian bibir ketel sehingga sulit dicuci karena tidak muat dimasukkan tangan.

Jika Anda menggunakan ketel stainless steel dengan bagian bibir yang kecil, bagian dalam ketel akan sangat sulit untuk dicuci dan ada kemungkinan tangan Anda akan terluka saat membasuhnya secara paksa. Hal yang sama juga berlaku pada ketel enamel. Sebaiknya Anda memilih produk dengan bagian bibir yang besar agar lebih mudah dicuci.

Pilih berdasarkan bentuk corongnya, yang standar atau kecil

Pilih berdasarkan bentuk corongnya, yang standar atau kecil

Ada banyak orang yang tidak begitu peduli dengan bentuk corong ini. Akan tetapi, jenis corong sebenarnya merupakan poin penting dalam memilih ketel. Ada jenis corong standar dan corong kecil yang dapat Anda pilih sesuai dengan penggunaan.

Jika Anda menggunakan ketel kebanyakan dengan langsung memindahkan air panas yang didihkan ke wadah lain, ketel dengan jenis corong standar akan lebih praktis untuk menuangkan air sekaligus dalam jumlah banyak. Namun, Anda harus berhati-hati karena ketika air panas dituangkan sekaligus, ada risiko airnya tumpah mengenai Anda dan mengakibatkan luka bakar.

Sedangkan jika Anda sering menuangkan air panas dari ketel enamel langsung ke dalam cangkir, ketel dengan jenis corong yang kecil akan lebih mudah digunakan karena air yang keluar dapat dikontrol dengan lebih baik. Jika Anda menggunakan ketel untuk menyajikan kopi dari dalam ketel sekaligus, jenis corong kecil juga merupakan pilihan yang tepat.

Pilih yang dapat digunakan juga sebagai hiasan interior

Pilih yang dapat digunakan juga sebagai hiasan interior

Tidak seperti ketel stainless steel pada umumnya, ketel enamel memiliki ciri penuh warna indah dan mengilap. Hal ini disebabkan proses pembuatan ketel enamel yang menggunakan metode penyemprotan material kaca pada logam. Mengingat banyaknya produk ketel enamel yang memiliki desain berkualitas tinggi, ada baiknya untuk memanfaatkannya juga sebagai hiasan interior. Agar tidak hanya digunakan untuk merebus air di dapur, Anda dapat memilih produk yang modis dan dapat diletakkan di ruang makan atau bahkan ruangan keluarga sebagai bagian dari interior.

10 Rekomendasi ketel enamel terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh produk ketel enamel terbaik yang dipilih berdasarkan kriteria cara memilih di atas. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Reston Lloyd 2 Qt Whistling Teakettle Lime Marble

10. Reston Lloyd 2 Qt Whistling Teakettle Lime Marble

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.430.065

Memberikan kesan vintage pada meja makan Anda

Bagi para pencinta gaya vintage, ketel enamel dengan motif marble yang klasik ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda! Perpaduan warna hijau dan putih pada motifnya yang sangat khas seperti teko blirik membuat produk ini sangat pas untuk membangkitkan nostalgia di masa lalu.

Meski tampak bewarna pada bagian luarnya, ketel enamel berkapasitas 1,8 liter ini menggunakan lapisan enamel bewarna hitam pada bagian dalam. Selain dapat mempercantik dapur dan meja makan Anda, ketel yang dapat digunakan untuk semua jenis kompor ini juga dilengkapi dengan peluit pada bagian mulutnya sehingga dapat memberi tanda saat air telah mendidih.

9. Kalita Enamel Thin-Spout Pot

9. Kalita Enamel Thin-Spout Pot

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 725.000

Produk yang sempurna untuk menyajikan teh atau kopi

Bagi Anda yang senang menuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam cangkir teh atau kopi, maka pemilihan Kalita Enamel Thin-Spout Pot adalah langkah yang tepat! Ketel enamel ini memiliki corong yang sempit sehingga mempermudah Anda mengatur penuangan air panas ke dalam cangkir.

Produk buatan Jepang ini memiliki kapasitas 1 liter yang cukup memadai untuk menyajikan minuman panas di meja makan. Selain itu, ukurannya yang cukup kecil membuatnya ringan diangkat sehingga tidak terlalu membebani saat menuangkan air. Selain warna putih, ketel ini juga tersedia dalam pilihan warna merah dan biru yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

8. Kitchen Aid 2.0-Quart Stove Top Kettle with C Handle

8. Kitchen Aid 2.0-Quart Stove Top Kettle with C Handle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.150.000

Handle unik berbentuk huruf C yang nyaman digenggam dan tahan panas

Produk buatan Kitchen Aid ini merupakan ketel berbahan stainless steel yang dilapisi dengan enamel sehingga awet dan memiliki warna yang indah. Produk ini memiliki desain handle yang unik berbentuk huruf C yang lembut, nyaman digenggam, serta tahan panas agar tangan Anda terhindar dari risiko melepuh saat mengangkat ketel.

Corong ketel ini berukuran standar dan dilengkapi dengan penutup yang berfungsi sebagai peluit ketika air rebusan telah mendidih. Selain sebagai peluit, penutup corong ketel ini juga bermanfaat untuk menjaga suhu air rebusan agar tetap panas lebih lama sehingga cocok untuk Anda ingin menikmati air panas tanpa perlu repot memindahkannya ke termos.

7. Ketel Enamel Ayam Jago

7. Ketel Enamel Ayam Jago

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 179.500

Lengkapi set peralatan makan motif ayam jago Anda!

Ketel enamel dengan warna dasar putih dan motif khas ayam jago ini dilengkapi handle berbahan kayu yang dipelitur sehingga menambah kesan antik untuk menghiasi meja makan Anda. Selain itu, produk ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menambah koleksi set peralatan makan dengan motif yang sama.

Diameter bibir ketel ini adalah 10 cm sehingga cukup lebar dan mudah saat dicuci. Dengan kapasitas 2 liter, produk ini sangat pas untuk Anda yang biasa menyajikan teh atau kopi untuk keluarga besar. Corongnya sendiri dirancang dengan bentuk dan ukuran standar untuk memudahkan Anda menuangkan air dengan cepat dan lebih banyak.

6. Noda Horo Enamel Pottle

6. Noda Horo Enamel Pottle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.393.000

Gabungan pot dan kettle, praktis untuk merebus air sekaligus menyeduh minuman!

Bagi Anda yang mencari ketel yang unik, mungkin Noda Horo Enamel Pottle ini bisa menjadi pilihan! Pottle merupakan penggabungan dari pot dan kettle sehingga Anda dapat menggunakan produk ini untuk merebus air sekaligus menyeduh teh atau kopi langsung di dalam teko tanpa perlu memindahkan airnya. Sangat praktis, bukan?

Meski desainnya simpel, ketel ini menawarkan varian warna yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera Anda untuk memberikan aksen tersendiri di dapur atau di ruang makan. Selain itu, produk ini memiliki bibir ketel berukuran cukup besar sehingga akan memudahkan saat memasukkan air ke dalamnya maupun mencucinya setelah digunakan.

5. Paula Deen 2-Quart Enamel on Steel Teakettle – Garden Rooster

5. Paula Deen 2-Quart Enamel on Steel Teakettle - Garden Rooster

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.539.850

Corong ketel berpenutup untuk menjaga air panas lebih lama

Bagi Anda yang gemar mengumpulkan ketel-ketel cantik, produk ini layak menjadi salah satu koleksi Anda! Ketel enamel berkapasitas 1,8 liter dari Paula Deen ini memiliki motif vintage ayam jago yang sangat cantik bila diletakkan sebagai hiasan di sudut rumah Anda.

Enamel yang melapisi ketel ini membuatnya mudah dibersihkan sehingga kilaunya bisa tahan lebih lama. Produk ini memiliki handle yang mampu memberikan cengkeraman yang lembut sehingga nyaman saat digunakan. Selain itu, corong ketelnya yang lebar juga dilengkapi dengan penutup untuk mempertahankan suhu air panas di dalamnya.

4. Copco Camden Tea Kettle

4. Copco Camden Tea Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.178.975

Handle ergonomis untuk kenyamanan saat menuangkan air panas

Kapasitas 1,4 liter dari ketel enamel ini memungkinkan Anda mendidihkan air panas untuk konsumsi hingga enam orang anggota keluarga. Sangat pas untuk Anda yang memiliki keluarga besar, bukan? Produk ini juga mudah digunakan karena cocok pada semua jenis kompor mulai dari induksi, elektrik, hingga gas.

Corong ketel enamel ini dilengkapi dengan peluit sebagai penanda air mendidih sehingga tepat bagi Anda yang harus melakukan banyak hal sambil merebus air. Tutup peluit yang tahan ini juga bisa dilepas total sehingga tidak akan mengganggu ketika Anda ingin menuangkan air. Selain itu, handle-nya juga didesain ergonomis agar pegangan Anda bisa terasa lebih nyaman.

3. Ketel Enamel HNE10766-KI-20R

3. Ketel Enamel HNE10766-KI-20R

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 145.000

Penggunaan handle kayu untuk mencegah hantaran panas

Bagi Anda yang menyukai desain ketel yang simple dan klasik, produk yang satu ini layak dijadikan pilihan! Penggunaan bahan kayu pada handle dan penutup bibir ketel, selain efektif untuk mencegah hantaran panas, juga menambah kesan klasik pada tampilan produk ini.

Ketel yang satu ini memiliki diameter bibir yang cukup besar, yaitu 12 cm, untuk memudahkan pencucian dan mempercepat pengisian air. Produk ini juga aman untuk dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring sehingga sangat pas untuk Anda yang sibuk! Selain itu, ketel enamel ini juga dapat menampung 1,5 liter air, kapasitas yang pas untuk menyajikan minum sekeluarga.

2. CB JAPAN Nordica Flat Kettle

2. CB JAPAN Nordica Flat Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.301.200

Ingin menyeduh teh langsung dari ketel? Produk ini jawabannya!

Bagi Anda yang bosan dengan bentuk ketel biasa, produk yang satu ini bisa menjadi jawabannya! Ketel enamel ini memiliki desain datar dan tergolong unik dengan beberapa warna pilihan khas gaya nordic sehingga sangat pas untuk Anda yang menginginkan ketel sebagai bagian dari interior di meja makan atau untuk menghiasi sudut dapur.

Bentuknya yang tidak biasa memungkinkan produk ini memiliki bagian tutup yang cukup lebar sehingga memudahkan Anda membersihkan bagian dalam ketel secara menyeluruh. Ketel enamel dengan kapasitas 2,3 liter ini juga dilengkapi saringan teh terpisah yang ukurannya pas dengan bibir ketel sehingga sangat cocok digunakan untuk menyeduh teh secara langsung setelah mendidihkan air.

1. Aidea Porcelain Enameled Tea Kettle

1. Aidea Porcelain Enameled Tea Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.485.800

Grip yang memudahkan penuangan air panas dengan satu tangan

Ketel produksi Aidea ini terbuat dari perpaduan baja yang kokoh dengan lapisan enamel yang mengilap sehingga menghasilkan produk yang awet dengan warna yang cantik. Desain handle yang ergonomis dan anti-slip akan memudahkan Anda saat mengangkat ketel tanpa perlu khawatir tangan tergilincir.

Dilengkapi dengan peluit sebagai penanda jika air telah mendidih, ketel enamel ini sangat pas untuk Anda yang harus melakukan berbagai pekerjaan sekaligus di rumah. Selain itu, penutup corongnya juga bisa langsung terbuka cukup dengan menekan bagian grip pada genggaman sehingga memudahkan Anda untuk menuangkan air panas dengan satu tangan. Sangat praktis, bukan?

Kesimpulan

Penggunaan ketel enamel dalam kehidupan sehari-hari memang terasa sangat menyenangkan karena produk ini tersedia dalam beragam warna dan motif yang indah. Namun, selain segi estetika, Anda juga harus mempertimbangkan fungsinya dengan saksama agar produk ini dapat lebih bermanfaat di dapur Anda.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel pemilihan ketel enamel kami kali ini? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih produk yang sesuai selera dan kebutuhan!