10 Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik Tipe Spin Mop (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik Tipe Spin Mop (Terbaru Tahun 2018)

Mengepel lantai memang kerap melelahkan. Apalagi jika harus mengepel dengan menggunakan metode konvensional yang mengharuskan air pel, yang sudah tercampur cairan pembersih lantai berbahan kimia, diperas dengan tangan. Beruntunglah karena saat ini sudah ada alat pel lantai inovasi terbaru bernama spin mop.

Jika Anda belum tahu, simaklah artikel ini untuk cara memilih spin mop yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Produk-produk alat pel terbaik, seperti Homme, Vileda, dan Bolde sudah kami himpun agar dapat dijadikan sebagai referensi saat membeli. Buat pekerjaan Anda lebih mudah dengan beralih menggunakan spin mop!

Daftar isi

Apa itu spin mop?

Apa itu spin mop?

Spin mop adalah alat pel lantai inovasi terbaru yang dilengkapi dengan bucket. Bucket yang merupakan pengganti ember biasa ini bisa diisi dengan air yang berfungsi untuk membilas dan mengeringkan kain pel dengan cara diputar-putar di dalamnya. Alat pel tipe ini semakin populer dan sangat bermanfaat karena Anda dapat membilas kain pel kotor yang perlu dibilas berkali-kali dengan tetap berdiri. Dengan demikian, tangan Anda pun tidak akan kotor dan tidak perlu sering berjongkok. Pekerjaan rumah mengepel lantai juga semakin menyenangkan karena Anda dapat membagi tugas dengan anak Anda. Misalnya, putri Anda bertugas untuk memutar kain pel di dalam bucket, sedangkan Anda dapat melanjutkan untuk mengepel lantainya.

Selama ini, banyak orang yang menggunakan kain lap biasa untuk mengepel lantai dengan cara membungkuk. Jadi, alat pel tipe spin mop ini sangat direkomendasikan terutama bagi para lansia atau mereka yang menderita sakit punggung.

Cara memilih alat pel lantai tipe spin mop

Berikutnya, kami akan membagi tips kepada Anda bagaimana cara memilih spin mop. Kami merasa banyak orang yang belum tahu dan belum pernah menggunakan alat pel tipe ini. Jadi, kami akan membagikan dari poin-poin paling dasar terlebih dahulu!

Pilih sistem putar menggunakan kaki atau tangan

Terdapat dua sistem yang digunakan untuk memutar alat pel di dalam bucket. Keduanya tidak memiliki perbedaan jika dilihat dari tingkat efisiensinya. Namun, sebaiknya Anda memilih sistem yang paling mudah digunakan menurut Anda. Berikut ini perbedaan fitur keduanya!

Sistem putar menggunakan kaki: hanya perlu menginjak pedal

Sistem putar menggunakan kaki: hanya perlu menginjak pedal

Sistem putar menggunakan kaki adalah dengan cara menginjak pedal yang terdapat di samping bucket. Setelah pedal diinjak, kain pel akan berputar secara otomatis. Sistem putar jenis ini mungkin kurang cocok digunakan bagi mereka yang menderita nyeri kaki. Karena saat mengoperasikannya, berat badan Anda akan bertopang pada satu kaki, sedangkan kaki yang lain menginjak pedal. Selain itu, bagi Anda yang menginginkan satu produk yang awet yang dapat digunakan dalam waktu lama, sebaiknya jangan memilih sistem putar menggunakan kaki. Banyak yang mengatakan bahwa sistem ini mudah rusak.

Sistem putar menggunakan tangan: bagus untuk olahraga tangan

Sistem putar menggunakan tangan: bagus untuk olahraga tangan

Sistem putar menggunakan tangan adalah jenis spin mop yang cara pengoperasiannya dengan menegakkan dan menekan alat pel di dalam bucket sehingga kain pel akan berputar 360 derajat. Karena harus menekan kain pel, kekuatan tangan merupakan sumber utamanya. Beberapa orang mengatakan bahwa hal tersebut bagus karena bisa dianggap sebagai olahraga untuk tangan. Jadi, bagi Anda yang merasa lemah atau kurang bertenaga, sebaiknya memilih spin mop yang mudah dibilas dan diperas tanpa perlu menekan alat pel dengan tangan.

Pilih yang memiliki satu bucket atau dua bucket?

Pilih yang memiliki satu bucket atau dua bucket?

Bucket atau ember dari spin mop memiliki dua tipe. Untuk tipe dengan dua bucket, bagian membilas dan mengeringkan dilakukan di dalam bucket yang terpisah. Untuk tipe dengan satu bucket, membilas dan mengeringkan kain pel dapat dilakukan dalam satu bucket. Kekurangan produk dengan dua bucket adalah terlalu memakan banyak tempat karena ukurannya yang besar. Selain itu, ada kemungkinan air mudah tercecer di lantai saat berpindah dari membilas ke proses mengeringkan kain pel. Namun, akhir-akhir ini mulai dijual produk dengan satu bucket berukuran compact yang tidak memakan tempat. Jadi, bagi Anda yang tinggal di rumah yang tidak terlalu besar, produk dengan satu bucket ini sangat cocok untuk Anda.

Di sisi lain, untuk tipe dua bucket memang harus berpindah ember saat membilas dan mengeringkan kain pel, tetapi pekerjaan ini juga tidak terlalu berat. Jadi, Anda bisa mengajak anak Anda untuk membantu. Karena harga spin mop dengan dua bucket cukup terjangkau, kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda yang ingin menggunakannya di kantor atau tempat kerja.

Perhatikan juga performa dari alat pelnya

Saat akan membeli spin mop, hal yang harus diperhatikan bukan hanya soal bucket-nya, tetapi alat pelnya pun harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah performa alat pel jenis spin mop yang kami ulas khusus untuk Anda.

Pilih yang memudahkan proses Anda mengepel lantai

Pilih yang memudahkan proses Anda mengepel lantai

Sebagian produk menggunakan microfiber sebagai bahan kain pel. Dari banyaknya alat pel yang menggunakan bahan microfiber, ternyata terdapat perbedaan pada panjang kain pel di bagian luar dan dalamnya. Hal ini memengaruhi efektivitas alat pel. Selain itu, apabila panjang dari gagang pel bisa dipanjangkan atau dipendekkan, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih produk yang memudahkan proses pembersihan di kolong-kolong di bawah sofa, lemari, tempat tidur, atau tempat-tempat dengan celah yang rendah lainnya.

Lebih praktis jika memilih produk yang dapat diganti kain pelnya

Lebih praktis jika memilih produk yang dapat diganti kain pelnya

Biasanya produk spin mop yang dijual di pasaran dilengkapi dengan kain pel tambahan sebagai cadangan. Jadi, saat kain pel sudah waktunya untuk diganti, Anda sudah memiliki penggantinya. Sebaiknya Anda memisahkan antara kain pel yang digunakan untuk membersihkan lantai biasa dengan kain pel yang digunakan untuk lantai kotor dengan noda yang membandel. Kain pel yang Anda gunakan tidaklah sama untuk setiap jenis kotoran lantai.

Pilihlah produk yang awet dan berdaya tahan tinggi

Pilihlah produk yang awet dan berdaya tahan tinggi

Bagi Anda yang sering mengepel lantai, tentulah Anda ingin produk yang awet dan tidak mudah rusak. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa spin mop dengan sistem putar menggunakan kaki lebih mudah rusak di bagian pedalnya. Jadi, sebaiknya Anda membeli produk yang awet dengan membaca ulasan dari pembeli terlebih dahulu. Selain itu, kami menyarankan Anda untuk membeli spin mop dengan bucket yang terbuat dari stainless steel daripada yang terbuat dari plastik. Hal ini dikarenakan bahan stainless steel berdaya tahan lebih tinggi daripada plastik.

10 Rekomendasi alat pel lantai terbaik tipe spin mop

Jika Anda sudah membaca ulasan kami mengenai cara memilih spin mop di atas. Saatnya Anda memilih produk-produk rekomendasi dari kami berikut ini dengan berpedoman pada ulasan di atas. Simak selengkapnya.

10. Homme Moptech Kitty MT-S01 Spin Mop – White

10. Homme Moptech Kitty MT-S01 Spin Mop - White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 225.000

Si Kitty manis yang akan selalu awet di hati Anda

Setiap orang yang punya barang kesayangan pastinya ingin selama mungkin memiliki barang tersebut, bukan? Termasuk jika Anda memiliki alat pel imut dan manis yang satu ini. Meskipun bucket produk ini terbuat dari bahan plastik, daya tahannya tidak bisa diremehkan. Bucket alat pel ini bukan dibuat dari plastik daur ulang, melainkan dari plastik PP baru yang berkualitas.

Apabila anak Anda bermain-main dan berdiri di atasnya, niscaya bucket tidak akan pecah karena mampu menahan beban hingga 100 kg. Selain itu, karena didesain berwarna pink imut dengan corak Hello Kitty, produk ini sangat pas digunakan untuk mengepel lantai bersama anak sembari mengajarinya membersihkan rumah.

9. Kloken Cleaning Turbo Spin Mop

9. Kloken Cleaning Turbo Spin Mop

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 210.000

Lebih praktis! Membilas dan mengeringkan pel dalam satu ember!

Apabila Anda merasa bucket dari produk lain terlalu besar dan berat bagi badan Anda yang kecil, kami memiliki produk yang cocok untuk Anda. Produk yang satu ini dirancang dengan bucket yang menyerupai ember biasa, tetapi memiliki fungsi yang tidak biasa. Anda dapat membilas dan mengeringkan kain pel dalam satu wadah.

Pertama, masukkan kain pel ke bagian terdalam bucket untuk membilasnya. Setelah itu, angkatlah sedikit alat pel hingga ke level pengering untuk mengeringkannya. Tidak hanya satu paket kain pel, dengan membeli produk ini Anda juga akan mendapatkan free kain pel sebanyak tiga buah yang dapat digunakan sebagai cadangan. Sangat praktis, bukan?

8. Vitara VTR-601 Spin Mop

8. Vitara VTR-601 Spin Mop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 145.000

Gagang teleskopik! Atur panjangnya sesuai kebutuhan

Apakah kolong di bawah tempat tidur Anda yang besar sulit dijangkau oleh alat pel? Mungkin alat pel yang Anda miliki terlalu pendek sehingga tidak dapat menjangkaunya. Kami berharap produk ini dapat membantu Anda karena gagang pel yang dimilikinya berjenis teleskopik atau gagang pel yang dapat dipanjangkan dan dipendekkan.

Jadi, saat Anda merasa alat pel sulit menjangkau area yang kotor, Anda hanya perlu memanjangkan gagangnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi jika badan Anda pendek, akan lebih nyaman mengepel lantai dengan alat pel yang juga pendek, bukan? Soal harganya tentu tidak masalah. Produk ini dinilai cukup terjangkau dibandingkan produk lainnya, cocok untuk Anda yang mencari barang ekonomis.

7. JYSK Spin Mop Set

7. JYSK Spin Mop Set

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 180.000

Gagang tebal, kokoh, tidak gampang lepas

Bukan hanya bucket, tetapi kenyamanan saat proses mengepel lantai juga penting. Anda pasti kesal jika saat mengepel lantai gagang mudah terlepas dari tangan dikarenakan sangat tidak nyaman. Jika begitu problem yang Anda alami, pilihlah produk dengan gagang yang tebal dan kokoh ini. Genggaman yang kuat pada gagang akan membuat Anda nyaman.

Pada gagang pel produk ini dilengkapi dengan lubang yang dapat digunakan untuk menggantungkannya ke dinding. Jadi, rumah Anda tetap akan terlihat rapi tanpa alat pel yang tergeletak sembarangan. Selain itu, warna hijau pada desain bucket dan gagangnya yang cerah sangat menyegarkan mata, membuat semangat mengepel lantai.

6. Nagata Spin Mop

6. Nagata Spin Mop

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 261.500

Dua embernya terpisah! Air kotor dan air bersihnya tidak tercampur

Saat sedang mengepel lantai yang sangat kotor, Anda harus sering-sering membilas kain pel, bukan? Jika terlalu sering membilas, air bersih akan tercampur dengan bekas air pengeringan kain pel kotor tersebut. Solusi dari kami adalah pisahkan air bekas perasan dan air bersih untuk membilas dengan menggunakan bucket dari spin mop ini.

Berbeda dengan bucket produk lain, bucket dari spin mop ini memiliki sekat. Jadi, air yang dari hasil proses pengeringan pada keranjang pengering tidak akan mengotori air bersih untuk membilas. Ukuran bucket yang cukup besar mampu menampung hingga 8,5 liter air, pas untuk yang suka berkali-kali membilas.

5. Vileda Easy Wring & Clean Spin Mop

5. Vileda Easy Wring & Clean Spin Mop

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 199.000

Buat Anda yang tangannya tidak ingin capek menekan gagang pel. Tinggal injak pedalnya!

Sudah capek mengepel seluruh rumah yang luas, masih ditambah menekan gagang pel. Bagi Anda yang tidak ingin tangan tambah pegal, silakan memilih spin mop tipe dengan sistem injak dengan kaki. Anda tidak perlu khawatir pedal yang mudah rusak karena pedal dari produk ini diklaim awet untuk digunakan.

Produk yang sudah digunakan lebih dari lima puluh negara ini dapat dipakai untuk mengepel seluruh jenis permukaan lantai yang kasar termasuk lantai kayu. Selain itu, kepala pelnya didesain segitiga untuk memudahkan Anda membersihkan sudut-sudut rumah yang sulit dijangkau. Jadi, selagi kaki menginjak pedal, tangan Anda yang lain bermain handphone pun oke!

4. Proclean YF-001-3 Spin Dry Mop

4. Proclean YF-001-3 Spin Dry Mop

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 384.000

Wow, kapasitas air 31 liter! Enggak perlu sering ganti air bersih lagi

Agar hasil mengepel maksimal, tentulah air yang digunakan untuk membilas harus bersih. Namun, jika Anda tidak ingin capek karena sering mengganti air bilasan yang kotor, isilah bucket Anda dengan air sebanyak mungkin menggunakan produk ini. Tidak tanggung-tanggung, kapasitas air untuk bucket produk ini hingga 31 liter!

Ketika air di bucket sudah penuh, air bilasan dapat bertahan untuk tetap bersih lebih lama. Alat pel ini sama-sama menggunakan sistem pedal seperti produk sebelumnya, tetapi perbedaannya adalah produk ini memiliki gagang pel yang bisa dipanjangkan sampai 143 cm untuk membersihkan area-area yang sulit. Proclean YF-001-3 Spin Dry Mop sangat pas untuk Anda yang mempunyai rumah yang luas.

3. Homme HM-M1 Spin Dry Mop – Purple

3. Homme HM-M1 Spin Dry Mop - Purple

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 385.000

Bucket bisa dilipat, tidak makan tempat

Bagi Anda yang hidup sendiri di tempat yang serbaminimalis, jangan membuat tempat tinggal Anda semakin sempit dengan memilih alat pel yang besar dan memakan banyak tempat. Mungkin produk dengan desain yang sangat unik ini bisa menjadi solusi bagi Anda. Tidak seperti produk lain, bagian pengering di bagian bucket produk ini dapat dilipat.

Setelah selesai menggunakan produk ini, Anda hanya perlu melipatnya dan ukurannya menjadi lebih kecil dari ukuran semula. Taruhlah di sudut ruangan Anda, niscaya hemat tempat. Anda pun tidak perlu kesulitan saat membawanya untuk disimpan. Setelah dilipat, bagian atas bucket tersebut dilengkapi dengan handle sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

2. BOLDe Super MOP SOLITAIRE

2. BOLDe Super MOP SOLITAIRE

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 369.000

Sering kesulitan mengangkat ember berat? Yang ini sudah ada rodanya!

Saat mengepel lantai menggunakan alat pel konvensional, Anda pasti harus mengangkat ember air untuk berpindah ke sisi yang lain. Daripada otot lengan Anda kram karena mengangkat beban berat, pilihlah produk yang satu ini. Didesain dengan roda menyerupai keranjang belanja di supermarket, Anda hanya perlu menarik handle-nya dan bucket akan menggelinding ke mana pun Anda pergi.

Jika Anda merasa cukup kuat menarik bucket, Anda dapat mengisinya dengan air hingga 11 liter sesuai kebutuhan Anda saat mengepel lantai. Dengan kapasitas air yang cukup banyak ini, Anda tidak perlu bolak-balik mengisi air yang bersih. Namun, karena harganya cukup mahal, produk ini cocok bagi Anda yang tidak masalah dengan harga dan memiliki budget yang besar.

1. Homme New Fashion Mop HM-L2

1. Homme New Fashion Mop HM-L2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 398.000

Air bilasan tetap bersih dalam waktu lama berkat lubang air

Lubang air di tiap bucket dari spin mop memang dimaksudkan agar Anda dapat dengan mudah membuang air yang kotor. Namun, lubang pembuangan air pada produk ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai perangkap kotoran dari air bekas bilasan. Tidak seperti produk lain, desain lubang pembuangan air produk ini sangat unik.

Didesain menjorok keluar menyerupai keran air, lubang pembuangannya mampu membuat kotoran berkumpul di sana. Jadi, air bilasan kain pel bisa tetap bersih untuk waktu yang sedikit lebih lama supaya Anda bisa berhemat air. Kain pelnya yang terbuat dari bahan microfiber berukuran cukup lebar yaitu 12 cm dengan tebal 3,2 cm sehingga memiliki daya serap yang tinggi.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh ulasan kami di atas, Anda sudah tahu bukan apa itu spin mop? Alat pel inovasi terbaru ini didesain untuk memudahkan proses mengepel lantai. Anda tidak perlu membungkuk untuk memeras kain pel, cukup putar gagang dengan sikap berdiri dan kain pel akan berputar otomatis.

Spin mop memang identik dengan bucket-nya, tetapi Anda juga harus memperhatikan poin-poin lain yang sudah kami jelaskan. Lantai rumah akan selalu bersih, pekerjaan pun menjadi lebih mudah. Selamat memilih!