1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Shaving foam adalah sabun untuk cukur yang bisa mengurangi iritasi pada kulit saat Anda bercukur. Keunggulan lainnya, shaving foam memiliki busa yang lebih halus dari shaving cream dan shaving gel. Anda bisa menggunakannya untuk mencukur jenggot, kumis, bulu kaki, ataupun bulu ketiak.

 
Saat ini ada banyak merek shaving foam yang bagus di pasaran, seperti Gillette, Garnier, dan Banner. Ada produk untuk pria, ada juga yang untuk wanita. Agar Anda tak salah pilih, kami akan menjelaskan tips memilih shaving foam terbaik dan berbagi rekomendasi produknya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Diperbaharui 08-05-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa manfaat shaving foam/foam cukur?

Apa manfaat shaving foam/foam cukur?

Shaving foam merupakan busa untuk bercukur yang meminimalkan gesekan antara kulit dan pisau cukur. Foam cukur memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis gel atau cream cukur. Pertama, shaving foam dapat melindungi kulit dengan busanya sehingga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh pisau cukur.


Selain itu, busa shaving foam yang lembut membuatnya dapat dibersihkan dengan mudah. Anda cukup membilasnya dengan air, kemudian busa yang tertinggal di wajah akan hilang. Foam yang halus juga membuat pisau cukur mudah dibersihkan. Cukup cuci dengan air keran, pisau cukur akan bersih lagi sehingga lebih awet.

Cara memilih shaving foam / foam cukur

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memilih shaving foam. Mari lihat ulasan berikut!

① Sesuaikan jenis foam dengan kebutuhan penggunaan

Makin lembut tekstur foam, makin nyaman pula rasanya saat terkena kulit. Selain itu, foam makin kuat menempel pada kulit Anda bila makin padat teksturnya. Secara umum shaving foam dibagi menjadi dua jenis, yaitu foam dan foam gel

Foam, tekstur lebih lembut sehingga mudah dibilas

Foam, tekstur lebih lembut sehingga mudah dibilas

Foam adalah produk yang keluar dari botol dalam bentuk buih. Ciri utama jenis ini adalah memiliki busa yang ringan dan halus. Karena itu, foam mudah dibilas meski dioleskan secara tebal ke kulit.


Sisa foam yang menempel di pisau cukur setelah shaving juga mudah dibersihkan. Jenis ini cocok digunakan saat waktu Anda mepet, seperti saat akan berangkat kerja atau sekolah.

Foam gel, mampu menyerap sampai akar jenggot

Foam gel, mampu menyerap sampai akar jenggot

Foam gel adalah gabungan antara jenis gel dan jenis foam. Saat dikeluarkan dari botol, jenis ini memiliki tekstur cair seperti gelFoam gel mudah diaplikasikan pada akar jenggot sehingga mampu mencukur jenggot hingga habis dengan mudah.


Ada juga foam gel yang menghasilkan busa yang lembut saat dicampur dengan air atau digosok-gosok dengan tangan. Karena dicampur dengan air, Anda cukup mengambil sedikit gel dari tube-nya.

② Pilih produk yang mengandung bahan pelembap

Pilih produk yang mengandung bahan pelembap


Tidak peduli seberapa baik busa cukur Anda, pastikan produk yang Anda gunakan memiliki pelembap. Hal ini karena bahan pelembap berfungsi agar kulit Anda tidak akan menjadi kering atau kasar setelah bercukur.


Periksalah ada tidaknya kandungan bahan pelembap pada shaving foam Anda. Berikut adalah bahan yang sering digunakan sebagai pelembap pada shaving foam.

  • Glycerin
  • Hyaluronic acid
  • Dimethicone
  • Palmitic acid
  • Propylene glycol
  • Ekstrak lidah buaya

③ Periksa kandungan lain yang cocok dengan kulit

Shaving foam digunakan beberapa hari sekali tergantung dari kebutuhan. Jadi, penting untuk memperhatikan kandungan yang terdapat dalam shaving foam. Produk yang baik tak hanya bekerja sebagai pelumas saat bercukur, tetapi juga bisa merawat kulit Anda.

Kondisioner, untuk jenis kulit yang rentan tergores

Kondisioner, untuk jenis kulit yang rentan tergores


Jika Anda memiliki kulit yang mudah lecet, kami merekomendasikan produk dengan bahan kondisioner. Kondisioner membantu menekan peradangan dan gatal-gatal setelah shaving. Berikut adalah beberapa bahan kondisioner kulit pada shaving foam.

  • Dipotassium glycyrrhizinate (2K glycyrrhizinate)
  • Ekstrak chamomile
  • Potassium stearate
  • Stearic acid

Mentol, memberikan sensasi menyegarkan setelah bercukur

Mentol, memberikan sensasi menyegarkan setelah bercukur


Ingin merasakan sensasi segar usai bercukur? Pilihlah produk dengan kandungan mentol. Sensasi segar dari mentol tentu memberikan pengalaman berbeda saat dan setelah bercukur. Shaving foam dengan kandungan mentol cocok digunakan saat cuaca sedang panas.


Di sisi lain, produk dengan kandungan mentol kurang disarankan untuk orang berkulit sensitif karena dapat menyebabkan iritasi. Bila Anda memiliki kulit sensitif, hindari produk dengan kandungan mentol. Bahan dengan kandungan terbesar akan ditulis paling awal pada label komposisi. Jadi, perhatikanlah produk yang menuliskan kandungan mentol pada bagian awal.

Fragrance, memengaruhi kenyamanan Anda saat mencukur

Fragrance, memengaruhi kenyamanan Anda saat mencukur

Ada shaving foam yang memiliki aroma tertentu, ada juga yang tidak. Jika Anda tidak suka dengan aroma shaving foam, pilihlah produk tanpa pewangi. Sebaliknya, Anda bisa memilih produk dengan aroma favorit jika tidak keberatan dengan aromanya.


Produk dengan aroma mint, lavender, dan jeruk banyak diminati di pasaran. Keterangan mengenai aroma juga biasanya dicantumkan pada produk. Jadi, pastikan Anda memeriksanya, ya.

④ Pertimbangkan produk yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah

Pertimbangkan produk yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah


Terdapat 2-in-1 shaving foam yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Karena bisa digunakan sebagai pembersih wajah, Anda akan menghemat waktu di pagi hari. Namun, ada beberapa produk yang memiliki busa encer dan kurang cukup dalam melindungi kulit. Untuk produk seperti itu, gunakanlah dengan lebih hati-hati. 


Shaving foam ini memiliki zat yang dapat membasmi minyak atau sebum di wajah. Bila Anda membiarkan bahan seperti itu di kulit Anda untuk waktu yang lama, kelembapan kulit akan terkikis. Selain itu, pastikanlah busa tidak masuk ke mata karena kandungan deterjennya bisa membuat mata Anda pedih.

10 Rekomendasi shaving foam / foam cukur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shaving foam/foam cukur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Gillette

Foamy Lemon Lime

Gillette  Foamy Lemon Lime 1枚目

Busa melimpah dengan sensasi lemon yang menyegarkan

2

Gillette Venus

Satin Care Sensitive Shave Gel

Gillette Venus  Satin Care Sensitive Shave Gel 1枚目

Teksturnya sangat licin, nyaman untuk kulit sensitif

3

Garnier

Men Power White Shaving & Cleansing Brightening Foam

Garnier  Men Power White Shaving & Cleansing Brightening Foam 1枚目

Wajah makin cerah tanpa menguras kantong

4

Banner

Comforting Shave Foam

Banner Comforting Shave Foam 1枚目

Mengandung VCO yang baik untuk kesehatan wajah

5

innisfree

Forest for Men Shaving & Cleansing Foam

innisfree Forest for Men Shaving & Cleansing Foam 1枚目

Membantu mengurangi kelelahan dan stres pada kulit

6

Vi-John

Shaving Foam - Hard Skin

Vi-John  Shaving Foam - Hard Skin 1枚目

Dibuat khusus untuk menangani kulit tebal dan kasar

7

TABAC by Mäurer & Wirtz

Original Shaving Foam

TABAC by Mäurer & Wirtz Original Shaving Foam 1枚目

Aroma maskulinnya menaikkan mood saat mencukur

8

Nature Republic

Africa Bird Homme Shaving Foam Cleanser

Nature Republic Africa Bird Homme Shaving Foam Cleanser 1枚目

Wajah makin sehat, bersinar, dan bebas jerawat

9

Proraso

Shave Foam: Refreshing

Proraso Shave Foam: Refreshing 1枚目

Tanpa kandungan paraben, phthalate, mineral oil, silikon, dan pewarna buatan!

10

Boots

Shave Foam

Boots  Shave Foam 1枚目

Beraroma ringan dan menyegarkan, shaving jadi lebih nyaman

Perincian produk
Close
No.1

Gillette Foamy Lemon Lime

Mulai dari Rp21.100,00

Busa melimpah dengan sensasi lemon yang menyegarkan

Kelebihan:

  • Busanya melimpah sehingga lebih lembut
  • Ada wangi lemon yang memberikan kesegaran di kulit

Kekurangan:

  • Tutup botolnya terlalu kuat sehingga sulit dibuka

Gillette Foamy Lemon Lime memiliki aroma lemon yang menyegarkan. Tidak hanya itu, busa yang dihasilkan dari produk ini lembut dan sangat melimpah. Hal tersebut akan memudahkan Anda saat bercukur. Foam-nya yang lembut juga membantu mencegah iritasi setelah shaving.


Busa dari sabun untuk mencukur kumis ini juga dapat menyebar dengan mudah dan dapat hilang dengan cepat. Cukup bilas dengan air bersih secara merata, busanya akan hilang dalam sekejap. Bila Anda mencari foam cukur yang bisa membuat proses shaving jadi lebih cepat, kami merekomendasikan produk ini.

No.2

Gillette Venus Satin Care Sensitive Shave Gel

Mulai dari Rp62.600,00

Teksturnya sangat licin, nyaman untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap luka
  • Mengandung Aloe vera yang aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Ukurannya terlalu besar sehingga kurang praktis saat dibawa bepergian
  • Mulut pipanya kadang mengeluarkan terlalu banyak busa

Gillette Satin Care Sensitive Shave Gel cocok untuk wanita yang memiliki kulit sensitif. Produk ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap goresan dan luka pada kulit sensitif. Setelah bercukur dengan shaving foam wanita ini, kulit Anda menjadi lebih lembut dan halus. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, gunakanlah dengan pisau cukur Gillette Venus.

No.3

Garnier Men Power White Shaving & Cleansing Brightening Foam

Mulai dari Rp36.600,00

Wajah makin cerah tanpa menguras kantong

Kelebihan:

  • Busanya melimpah dan tanpa scrub, mencukur jadi makin mudah
  • Ada oil control yang mengurangi minyak berlebih pada wajah
  • Telah diuji pada kulit wajah orang Asia

Kekurangan:

  • Mengandung pewarna buatan sehingga kurang cocok untuk kulit sensitif

Shaving foam dengan manfaat ganda dari Garnier ini sangat pas digunakan oleh Anda yang sedang berhemat. Produk yang bisa berfungsi sebagai foam cukur dan pembersih wajah ini harganya terjangkau, lho!


Sebagai pembersih wajah, produk ini efektif untuk mengontrol produksi minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Kandungan aktif brightening-nya juga akan menjadikan wajah Anda lebih cerah. Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus sambil tetap berhemat dengan produk ini.

No.4

BannerComforting Shave Foam

Mulai dari Rp99.000,00

Mengandung VCO yang baik untuk kesehatan wajah

Kelebihan:

  • Lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung aerosol
  • Ampuh melindungi wajah saat bersinggungan dengan silet

Kekurangan:

  • Busanya agak cair dan tipis sehingga terasa tidak biasa saat kali pertama digunakan

Banner Comforting Shave Foam terbuat dari minyak kelapa murni (VCO) yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Beberapa manfaat VCO antara lain adalah untuk melembapkan serta mencegah jerawat dan iritasi. 


Dengan menggunakan sabun untuk cukur kumis ini, kulit wajah Anda lebih sehat dan terhindar dari jerawat. Kandungan minyak kelapanya juga meminimalkan terjadinya luka pada kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif bisa mencoba produk ini.

No.5

innisfreeForest for Men Shaving & Cleansing Foam

Mulai dari Rp152.000,00

Membantu mengurangi kelelahan dan stres pada kulit

Kelebihan:

  • Aromanya ringan dan tidak membuat kulit kering setelah bercukur

Kekurangan:
  • Jika tidak cocok, ada risiko terjadinya alergi pada kulit

Produk Innisfree ini diperkaya phytoncide yang berasal dari pohon pinus, cedar, dan retinispora asli Jeju. Kandungan tersebut bekerja efektif pada kulit untuk melawan tanda kelelahan dan stres akibat lingkungan. Ada sensasi berbeda setelah mencukur yang ditawarkan shaving foam ini.


Tidak hanya sebagai foam cukur, produk ini bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Busa yang dihasilkannya pun dapat mengurangi iritasi kulit saat mencukur dan dapat membantu mencerahkan kulit. Bila Anda mencari foam untuk cukur yang juga bisa merawat kulit, produk ini adalah jawabannya.

No.6

Vi-John Shaving Foam - Hard Skin

Mulai dari Rp91.800,00

Dibuat khusus untuk menangani kulit tebal dan kasar

Kelebihan:

  • Mengandung vitamin E untuk mencegah terjadinya iritasi dan tea tree oil yang menutrisi kulit


Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan kalengnya rawan macet

Secara biologis, kulit pria memiliki karakteristik yang lebih tebal dan kasar. Maka dari itu, dibutuhkan shaving foam dengan pelembap yang membantu proses mencukur jadi lebih lembut. Jika Anda mencari produk yang seperti itu, kami merekomendasikan Vi-John Shaving Foam - Hard Skin.


Foam cukur kumis ini dikhususkan bagi Anda yang memiliki tipe kulit hard sehingga proses shaving jadi lebih nyaman. Busanya mengandung vitamin E yang membantu melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi. Ada juga kandungan tea tree oil yang memberi nutrisi untuk kulit.

No.7

TABAC by Mäurer & WirtzOriginal Shaving Foam

Mulai dari Rp106.000,00

Aroma maskulinnya menaikkan mood saat mencukur

Kelebihan:

  • Memiliki wewangian yang khas sehingga mencukur jadi makin nyaman

Kekurangan:

  • Busanya sedikit sehingga foam di botol cepat habis

Jika Anda mencari shaving foam dengan aroma maskulin, pilih produk ini. Tabac Original memiliki aroma maskulin yang khas dari perpaduan kayu, lada hitam, bunga tembakau, dan sedikit vanila. Wewangian tersebut memberikan mood yang baik saat Anda mencukur. Anda tertarik untuk mencoba sabun cukur jenggot ini?

No.8

Nature RepublicAfrica Bird Homme Shaving Foam Cleanser

Mulai dari Rp188.000,00

Wajah makin sehat, bersinar, dan bebas jerawat

Kelebihan:

  • Ada antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas
  • Mampu menghidrasi kulit sehingga tetap lembap sepanjang hari

Kekurangan:

  • Ada kandungan alkohol sehingga kurang cocok untuk kulit kering dan sensitif
  • Mengandung fragrance dan essential oil yang dapat memicu terjadinya alergi

Shaving dalam kondisi kulit wajah berjerawat tentu tidak nyaman. Untuk Anda yang mempunyai masalah tersebut, inilah produk yang simpel dan efektif untuk digunakan. Busa cukur ini memiliki kandungan rooibos leaf extract yang mampu meredam kemerahan, gatal, dan ruam pada kulit wajah.


Africa Bird Homme Shaving Foam Cleanser juga mengandung baobab seed extract yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan antioksidan ampuh melindungi kulit dari radikal bebas, sedangkan vitamin C mampu mencerahkan wajah.

No.9

ProrasoShave Foam: Refreshing

Mulai dari Rp210.000,00

Tanpa kandungan paraben, phthalate, mineral oil, silikon, dan pewarna buatan!

Kelebihan:

  • Busanya berlimpah sehingga mampu melindungi kulit agar tidak terluka
  • Mengandung mentol yang membantu mendinginkan, menyegarkan, dan merevitalisasi kulit

Kekurangan:

  • Kalengnya mudah berkarat sehingga jangka waktu pemakaian terbatas

Sabun cukur kumis dari Proraso ini tidak mengandung paraben, phthalatemineral oil, silikon, ataupun pewarna buatan. Produk ini hanya menggunakan bahan-bahan alami, seperti avocado oil yang membantu melindungi kulit Anda.


Perpaduan kandungan eucalyptus oil dan mentolnya berfungsi sebagai toner sehingga mampu memberikan efek menyegarkan dan merevitalisasi kulit. Untuk itu, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda mencari shaving foam dengan bahan-bahan alami atau vegan.

No.10

Beraroma ringan dan menyegarkan, shaving jadi lebih nyaman

Kelebihan:

  • Ramah lingkungan karena tidak diuji pada hewan


Kekurangan:

  • Perlu digosok lebih lama agar busa melimpah

Jika Anda tidak nyaman dengan shaving foam yang aromanya tajam, produk ini bisa dipilih. Boots Shave Foam memiliki aroma yang lebih ringan sehingga Anda masih bisa menikmati proses shaving. Berkat foam-nya yang lembut, kulit Anda akan terlindungi dari iritasi dan luka yang diakibatkan oleh pisau cukur. Dengan begitu, proses shaving jadi makin nyaman.

Baca juga rekomendasi produk pembersih bulu lainnya di sini

Selain produk berbentuk foam yang telah kami bahas, di pasaran juga tersedia shaving gel dan shaving cream. Kami pun telah mengulas produk tipe lainnya untuk Anda. Mari kunjungi artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Saat memilih shaving foam, pahamilah karakteristik kulit wajah Anda lebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kandungan yang cocok dan yang tidak. Hal ini akan meminimalkan terjadinya iritasi pada kulit wajah setelah mencukur.


Anda bisa menggunakan ulasan dari kami sebagai panduan dalam memilih shaving foam terbaik. Di sini kami telah mengulas tips memilih serta berbagai rekomendasi shaving foam. Semoga Anda dapat menemukan produk yang cocok!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer