• 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pulpen menjadi salah satu alat tulis yang wajib dimiliki oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Ada banyak jenis pulpen dengan beragam variasi tinta, model, dan juga keunggulan. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen terbaik untuk berbagai kebutuhan.


Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi merek pulpen yang bagus untuk Anda. Anda dapat menemukan produk dari ZEBRA, Faber-Castell, juga Parker dalam rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukan pulpen terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

ewafebri | evva
Binta Zahira
Yudhi Vernando
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih pulpen

Jenis tinta, ketebalan mata pena, mekanisme, juga adanya fungsi tambahan harus Anda perhatikan ketika memilih pulpen. Ini semua tak hanya untuk menghasilkan tulisan tangan yang bagus, tetapi juga kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selengkapnya, simaklah penjelasan berikut ini!

Kenali jenis tinta dan penggunaannya

Ada beragam jenis tinta yang digunakan pada pulpen. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri.

Tinta berbasis air: Untuk menulis indah

Tinta berbasis air: Untuk menulis indah

Tinta berbasis air (aqueous ink) memiliki warna yang jelas dengan goresan yang halus. Goresan tinta berbasis air juga tidak meninggalkan bekas dan dapat digunakan sampai habis tanpa menimbulkan goresan yang kabur. Dengan keunggulannya ini, pulpen dengan tinta berbasis air paling cocok untuk menulis indah atau kaligrafi.

Meski demikian, Anda perlu juga memperhatikan kualitas kertas yang Anda pakai. Hal ini karena kualitas goresan tinta berbasis air tergantung pula pada kualitas kertas. Saat selesai menggunakan pulpen dengan tinta berbasis air, Anda juga perlu menutupnya rapat-rapat agar tinta tidak mengering.

Tinta berbasis minyak: Cocok untuk menulis dokumen penting

Tinta berbasis minyak: Cocok untuk menulis dokumen penting

Tinta berbasis minyak memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis tinta berbasis air. Tak hanya tahan air, tinta berbasis minyak tak mudah merembes pada kertas. Hasilnya, tulisan tidak mudah luntur. Kertas dan buku Anda juga akan tetap bersih jika menggunakan pulpen dengan tinta berbasis minyak.

Selain itu, tinta berbasis minyak juga bersifat light resistance. Kemampuan inilah yang membuat goresannya tahan lama dan tak cepat pudar. Inilah sebabnya tinta berbasis minyak cocok digunakan untuk menulis ataupun menandatangani dokumen penting.

Tinta gel: Serbaguna dan memiliki banyak pilihan warna

Tinta gel: Serbaguna dan memiliki banyak pilihan warna

Dengan menggunakan pulpen bertinta gel, Anda akan mendapatkan hasil tulisan yang halus dan rapi. Tintanya pun tahan lama dan tak cepat pudar. Tak hanya itu, Anda juga dapat membuat kreasi tulisan yang berwarna-warni karena jenis tinta ini memiliki pilihan warna yang berlimpah. Oleh karena inilah pulpen dengan tinta gel banyak dipilih untuk menulis juga menggambar.

Meski demikian, jenis tinta ini juga memiliki kelemahan. Tinta gel lebih cepat habis dibandingkan jenis tinta lainnya. Jadi, jika Anda menggunakan pulpen bertinta gel, sediakanlah isi ulangnya juga. Jika Anda tertarik memiliki pulpen gel, kami telah menyiapkan artikel khusus dalam tautan di bawah ini. 

Tinta berkinerja tinggi: Lebih nyaman dan mudah digunakan

Tinta berkinerja tinggi: Lebih nyaman dan mudah digunakan

Tinta berkinerja tinggi merupakan tinta dengan teknologi terbaru. Teknologinya memanfaatkan keunggulan tinta berbasis minyak dan tinta berbasis berair, seperti emulsion ink (ZEBRA) dan acro-ink (PILOT). Emulsion ink juga disebut tinta tipe oil in water. Tinta modern ini adalah hasil perpaduan antara tinta berbasis minyak dan air yang dianggap mustahil tercampur.

Tekstur tintanya digambarkan seperti tinta berbasis air yang mengambang di dalam tinta berbasis minyak. Perpaduan tersebut membuat tinta jenis ini begitu nyaman digunakan untuk menulis. Selain itu, tinta jenis ini tidak merembes di belakang kertas. Tinta berkinerja tinggi seperti ini sering digunakan pada pulpen yang relatif mahal.

Perhatikan ketebalannya

Perhatikan ketebalannya

Ketebalan mata pena pulpen bermacam-macam. Pulpen ekstra halus/ ketebalannya kecil seperti 0,3 mm atau 0,38 mm cocok untuk Anda gunakan menulis di buku catatan. Ukuran tersebut sesuai untuk menulis dengan tekanan lemah untuk menghasilkan goresan yang tipis.

Jika Anda lebih sering menulis dengan tekanan yang kuat, pilihlah pulpen dengan ujung pena yang tebal. Ukuran ketebalan yang cocok misalnya 0,7 mm atau 1,0 mm. Ukuran ketebalan ini akan menghasilkan goresan tebal dan jelas yang sesuai juga untuk menggambar ataupun tanda tangan. 

Periksa cara mengeluarkan mata penanya

Periksa cara mengeluarkan mata penanya
Model pulpen tidak hanya yang berpenutup untuk melindungi mata pena. Ada juga jenis pulpen yang perlu dipencet ataupun diputar untuk mengeluarkan mata pena. Berikut kami jelaskan jenis pulpen berdasarkan mekanisme dikeluarkannya mata penanya. 

  • Pertama, pulpen yang perlu ditekan untuk mengeluarkan mata penanya. Pulpen jenis ini disebut juga pulpen retractable. Anda hanya perlu menekan ujung atas pena untuk mengeluarkan mata penanya. Jenis ini cocok untuk Anda yang harus mencatat atau menggunakan pulpen dengan cepat

  • Kedua, jenis pulpen yang mata penanya dikeluarkan dengan memutar bagian bodi pulpen. Mekanisme ini disebut juga twist atau putar. Jenis ini juga praktis dan cocok untuk Anda yang sering menggunakan beberapa alat tulis secara bergantian

  • Terakhir, pulpen berpenutup yang banyak ditemukan di pasaran. Dengan penutup, tinta pulpen tak akan bocor dan mengotori saku atau tempat pensil. Tak hanya pulpen murah, banyak juga pulpen mewah dengan desain seperti ini. Pulpen mewah seperti ini menambah kesan elegan dan profesional saat Anda menggunakannya.

Pertimbangkan fungsi tambahan agar makin mudah digunakan

Zaman sekarang ini, pulpen tidak hanya berfungsi untuk menulis. Banyak juga pulpen yang dilengkapi dengan fungsi tambahan. Fungsi apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

Pulpen dengan stylus, dapat digunakan juga pada smartphone dan tablet

Pulpen dengan stylus, dapat digunakan juga pada smartphone dan tablet
Pulpen jenis ini sangat bermanfaat bagi Anda yang aktif bekerja menggunakan smartphone atau tablet. Karet silikon pada bagian kepala pulpen ini dapat Anda gunakan sebagai stylus ketika bekerja menggunakan smartphone ataupun tablet.

Sebagian pulpen dengan fungsi ini bahkan bisa Anda atur panjang pendeknya sehingga makin praktis digunakan. Ada pula yang dilengkapi dengan beberapa warna tinta berbeda atau laser pointer yang dapat digunakan saat rapat.

Pulpen yang dapat dihapus, agar kertas tetap bersih

Pulpen yang dapat dihapus, agar kertas tetap bersih

Jenis pulpen yang dilengkapi penghapus bekerja dengan memanfaatkan gesekan dan panas. Karet penghapus pada pulpen yang digosokkan pada kertas akan menimbulkan panas. Panas inilah yang membuat goresan tinta memudar. Sebuah pilihan praktis bagi Anda yang tak mau repot membawa correction pen

Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan pulpen jenis ini untuk dokumen resmi. Hal ini karena tinta pulpen ini dapat berubah warna jika suhu di sekitarnya berubah. Bila hasil tulisannya terpapar suhu setinggi 60º C, goresan tintanya akan menghilang. Sebaliknya, bila hasil tulisan pulpen ini terpapar suhu -10º C, goresannya akan muncul kembali.

Custom pen, desain sendiri pulpen Anda

Custom pen, desain sendiri pulpen Anda
Custom pen adalah jenis pulpen yang membebaskan Anda untuk membuat pulpen sesuai selera. Anda dapat mendesain sendiri bodi pulpen juga warnanya. Tak hanya satu warna, Anda bahkan dapat membuat pulpen dengan empat jenis warna. Dengan ragam warna dalam satu pulpen, Anda dapat menggunakannya dalam beragam keperluan baik pekerjaan maupun pribadi.
Sistem pemesanan custom pen banyak dijumpai di luar negeri dan sayangnya, jarang ada di Indonesia. Namun, jika Anda ingin memiliki pulpen yang eksklusif, Anda masih dapat memesan cetak nama pada bodi pulpen. Layanan pemesanan cetak nama seperti ini juga dapat diterapkan pada pulpen mewah seperti pulpen bermerek Parker. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Pulpen Mekanik Unicorn Head 6 Warna

Mulai dari Rp 10.296,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pulpen terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan produk pulpen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan tingkat popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TintaTinta berkinerja tinggi
Ketebalan0,7 mm
MekanismeRetractable
Fungsi tambahanTidak ada
9
TintaBerbasis minyak
Ketebalan0,7 mm
MekanismeRetractable
Fungsi tambahanTidak ada
8

Faber-CastellPen Vernate 0.7 Black Barrel

#547099

Mulai dari Rp 46.000,00

TintaTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm
MekanismeTwist
Fungsi tambahanStylus smartphone
7
TintaTidak tercantum
KetebalanTidak tercantum
MekanismeRetractable
Fungsi tambahanCustom nama
6

Penco Mega Abadi Nevada Ballpoint Pen

923 ST

Mulai dari Rp 5.600,00

TintaTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada
5
TintaBerbasis air
Ketebalan1,0; 2,0; dan 3,0 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada
4

Atali Makmur Joyko Pena Jel (Shokyo 3)

GP-321

Mulai dari Rp 3.400,00

TintaGel
Ketebalan0,5 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanPenghapus pada kepala pulpen
3

DeliCombo Set 4 - Color Gel Pen 0.5mm

A119

Mulai dari Rp 2.890,00

TintaGel
Ketebalan0,5 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada
2

Atali MakmurJoyko Pen Stand (Ball Pen)

PSBP-177

Mulai dari Rp 4.800,00

TintaTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanPen stand, kabel
1
TintaBerbasis air
Ketebalan0,05; 0,1; 0,2; 0,3; 0,4; 0,5; 0,6; 0,7; 0,8 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada

Tabel perbandingan produk pulpen terbaik

Gambar produk
1
Snowman Drawing Pen 1

Snowman

2
Atali Makmur Joyko Pen Stand (Ball Pen) 1

Atali Makmur

3
Deli Combo Set 4 - Color Gel Pen 0.5mm 1

Deli

4
Atali Makmur  Joyko Pena Jel (Shokyo 3) 1

Atali Makmur

5
Snowman  Calligraphy Pen 1

Snowman

6
Penco Mega Abadi  Nevada Ballpoint Pen  1

Penco Mega Abadi

7
Parker Pen Jotter Special 1

Parker Pen

8
Faber-Castell Pen Vernate 0.7 Black Barrel 1

Faber-Castell

9
ZEBRA Ballpoint Pen Oil Based Ink 1

ZEBRA

10
ZEBRA bLen Emulsion Ink  1

ZEBRA

Nama produk

Drawing Pen

Joyko Pen Stand (Ball Pen)

Combo Set 4 - Color Gel Pen 0.5mm

Joyko Pena Jel (Shokyo 3)

Calligraphy Pen

Nevada Ballpoint Pen

Jotter Special

Pen Vernate 0.7 Black Barrel

Ballpoint Pen Oil Based Ink

bLen Emulsion Ink

Keunggulan

Dari tipis hingga tebal, gambarlah garis sesuai keinginan Anda

Tidak mudah hilang dengan kabel yang terhubung pada pulpen

Warna-warninya bikin buku catatan makin colorful

Dilengkapi penghapus, tak perlu lagi takut salah tulis rapor

Pilihan tepat untuk menulis sertifikat juga ijazah

Beli selusin tak akan bikin kantong jebol

Berdesain klasik dan mewah, pilihan tepat untuk hadiah

Multitasking menjadi lebih mudah

Makin tahan banting dengan bodi stainless steel

Membuat tulisan stabil dan rapi, cocok untuk menulis surat lamaran kerja

Harga mulai dariRp 8.000,00Rp 4.800,00Rp 2.890,00Rp 3.400,00Rp 7.100,00Rp 5.600,00Rp 125.000,00Rp 46.000,00Rp 29.000,00Rp 36.000,00
TintaBerbasis airTidak tercantumGelGelBerbasis airTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumBerbasis minyakTinta berkinerja tinggi
Ketebalan0,05; 0,1; 0,2; 0,3; 0,4; 0,5; 0,6; 0,7; 0,8 mm0,7 mm0,5 mm0,5 mm1,0; 2,0; dan 3,0 mm0,7 mmTidak tercantum0,7 mm0,7 mm0,7 mm
MekanismeBuka-tutupBuka-tutupBuka-tutupBuka-tutupBuka-tutupBuka-tutupRetractableTwistRetractableRetractable
Fungsi tambahanTidak adaPen stand, kabelTidak adaPenghapus pada kepala pulpenTidak adaTidak adaCustom namaStylus smartphoneTidak adaTidak ada
Tautan produk

Cara mengatasi pulpen yang macet

Cara mengatasi pulpen yang macet

Pulpen macet dapat terjadi kepada siapa saja dan di mana saja. Ada kalanya, pulpen mendadak macet di saat yang tak terduga. Berikut kami paparkan beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi pulpen yang macet.


  • Cara pertama, ketuk-ketukkan dan goreskan ujung mata pena pada benda berpermukaan keras. Anda dapat mengetukkan dan menggoreskannya di meja atau kaca. Jangan lupa alasi permukaan benda tersebut dengan selembar kertas agar goresan pulpen tidak mengotorinya.


  • Cara kedua adalah dengan mengoreskan mata pena pada penghapus atau permukaan karet. Dengan menggoreskannya, pergerakan bola pada mata pena pulpen dapat kembali lancar. Tinta pun dapat kembali mengalir. Gores-goreskan mata pena sampai tinta keluar.

  • Cara ketiga menggunakan spidol permanen. Goreskan mata pena pulpen pada ujung spidol permanen. Spidol permanen memiliki bahan pelarut yang cukup kuat. Dengan digoreskan, tinta pulpen yang kering di mata penanya akan larut dan tinta dapat keluar lagi. 


  • Cara terakhir, panaskan mata pena pulpen. Pertama, keluarkan dulu tabung tinta pulpen. Lalu, dekatkan ujung mata pena ke api kecil. Jangan terlalu dekat dan lama memanaskannya agar bagian tabung yang terbuat dari plastik tidak terbakar. Setelah itu, goreskan mata pena pada selembar kertas sampai tintanya keluar. 

Baca juga rekomendasi pulpen lainnya di sini

Tidak ada salahnya memiliki lebih dari satu macam pulpen di rumah untuk digunakan bergantian tergantung pada tujuan penggunaan. Selain pulpen-pulpen di atas, ada pulpen lainnya yang barangkali akan Anda perlukan. Selengkapnya, cek artikel pilihan dari kami berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda paham bahwa setiap pulpen memiliki jenis tinta dan cara penggunaan yang beragam. Mekanisme dan desainnya pun bermacam-macam sesuai dengan fungsi dan penggunaannya. Jadi, pilihlah dengan cermat sesuai kebutuhan Anda.

Selain mempertimbangkan karakter tinta dan cara penggunaan, memeriksa keberadaan fungsi tambahan juga akan menguntungkan Anda. Kami berharap salah satu pulpen yang kami rekomendasikan di atas dapat menjadi pilihan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel adalah alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2022)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Drawing pen adalah jenis pulpen yang digunakan untuk membuat garis utama pada sebuah gambar. Dengan karakteristik tintanya yang pekat, drawing pen mampu menghasilkan garis yang rapi dan konsisten. Dengan keunggulannya, drawing pen biasa digunakan oleh para insinyur, arsitek, sampai seniman komik. Ada beragam merek drawing pen yang bagus di pasaran. Agar tak salah pilih, kami akan memaparkan cara memilih drawing pen terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti SNOWMAN, Joyko, Faber-Castell, dan lainnya. Simak, terus!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda adalah orang yang rapi dan terorganisasi, tempat pensil adalah barang yang wajib dimiliki. Tempat pensil dapat mengorganisasi alat tulis Anda supaya tidak berceceran di tas atau di atas meja. Saat ini ada banyak model dan desain tempat pensil, baik yang berbentuk klasik maupun tempat pensil aesthetic.Kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan merek tempat pensil yang bagus. Joyko, Harvest, Scoop adalah salah satu merek yang bisa Anda lirik. Anda juga bisa memilih tempat pensil terbaik berdasarkan bahannya atau desainnya. Penasaran? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai alat tulis, fungsi spidol tidak sekadar untuk menulis. Spidol dapat juga dimanfaatkan untuk mewarnai hingga memberi marker atau tanda. Berdasarkan fungsinya, muncullah berbagai jenis spidol di pasaran. Ada spidol permanen, spidol yang tidak tembus kertas, hingga spidol warna dengan tinta yang aman untuk anak. Macam-macam jenis spidol mengharuskan Anda jeli ketika memilih. Maka dari itu, simak pembahasan tips memilih spidol terbaik di artikel ini. Tidak lupa kami memberikan rekomendasi spidol yang bagus. Anda bisa memilih merek spidol dari Faber-Castell, JOYKO, Artlineworld, Snowman, dan lainnya. Selamat membaca! 
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik Ukuran 0.3 mm (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik Ukuran 0.3 mm (Terbaru Tahun 2022)
    Pensil mekanik yang beredar di pasaran memiliki berbagai ukuran, salah satunya adalah ukuran 0.3 mm. Pensil 0.3 mm ini memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki ujung lebih runcing serta mudah dipakai untuk menulis. Anda bisa memakainya untuk menulis ukuran kecil, membuat sketsa, atau desain teknik.  Namun, banyaknya pilihan produk mungkin jadi membingungkan. Karena itu, di artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih pensil mekanik 0.3 mm terbaik untuk Anda. Tidak lupa terdapat pula rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Pilot, Rotring, dan Zebra. Yuk, simak penjelasan kami selengkapnya!
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori