• 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.

Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

ewafebri | evva
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 84.813 Views
Daftar isi

Cara memilih pulpen

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pulpen, seperti jenis tinta, ketebalan, dan kenyamanan pulpen saat digunakan untuk menulis. Selengkapnya, simaklah penjelasan berikut ini!

Pilihlah jenis tinta yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Setiap pulpen memiliki ciri khas tersendiri, tergantung dari jenis tintanya. Dengan memanfaatkan karakteristik masing-masing jenis tinta sesuai kebutuhan, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang optimal. Kali ini kami akan memaparkan berbagai jenis dan karakteristik tinta yang umum digunakan dalam pulpen yang beredar di pasaran.

Tinta berbasis air (aqueous ink) yang ideal untuk menulis indah

Tinta berbasis air (aqueous ink) yang ideal untuk menulis indah
Keunggulan tinta berbasis air ini adalah warna yang jelas dan goresan yang halus meski tekanan penulisan lemah. Karena goresannya tidak meninggalkan noda seperti tinta berbasis minyak, tinta berbasis air ini cocok digunakan untuk menulis indah. Selain itu, jenis cairannya dapat digunakan sampai habis tanpa memunculkan goresan yang kabur.
Namun, perlu dicatat bahwa kualitas goresan tinta berbasis air ini bergantung pada kualitas kertas. Agar pulpen selalu berfungsi dengan baik, pastikan Anda menutup pulpen ini dengan rapat. Hal ini bertujuan untuk mencegah tinta kering.

Tinta berbasis minyak untuk menulis dokumen yang dapat disimpan dalam jangka panjang

Tinta berbasis minyak untuk menulis dokumen yang dapat disimpan dalam jangka panjang
Tinta berbasis minyak ini bersifat tahan air sehingga tidak mudah merembes dan dapat langsung kering. Jenis tintanya yang tidak mudah tembus ke belakang kertas membuat Anda jauh dari kekhawatiran kertas akan kotor.
Akan tetapi, dibandingkan dengan tinta berbasis air, tinta berbasis minyak ini memiliki warna yang kurang jernih. Meskipun demikian, tinta berbasis minyak ini sangat cocok digunakan untuk menulis dokumen dengan durasi penyimpanan yang lama karena bersifat light resistance.

Tinta gel yang beragam pilihan warnanya, serta memiliki keunggulan tinta berbasis air dan minyak

Tinta gel yang beragam pilihan warnanya, serta memiliki keunggulan tinta berbasis air dan minyak
Tinta gel memiliki goresan yang sehalus tinta berbasis air sekaligus ketahanan yang sama dengan tinta berbasis minyak. Selain memiliki warna yang jernih, variasi warnanya pun berlimpah.
Kelemahan tinta gel ini terletak pada tintanya yang cepat habis. Jika Anda sering menggunakan pulpen dengan tinta gel, sebaiknya Anda menyediakan isi ulangnya. Meskipun demikian, tinta gel ini merupakan tipe pulpen yang mudah digunakan untuk semua kebutuhan, baik untuk menulis surat hingga menggambar ilustrasi.

Tinta berkinerja tinggi yang lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan tinta gel

Tinta berkinerja tinggi yang lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan tinta gel
Tinta berkinerja tinggi merupakan tinta dengan teknologi terbaru. Teknologinya memanfaatkan keunggulan tinta berbasis minyak dan tinta berbasis berair, seperti emulsion ink (ZEBRA) dan acro-ink (PILOT). Emulsion ink juga disebut tinta tipe oil in water, yaitu tinta modern hasil perpaduan antara tinta berbasis minyak dan tinta berbasis air yang dianggap mustahil bisa tercampur.
Tekstur tintanya digambarkan seperti tinta berbasis air yang mengambang di dalam tinta berbasis minyak. Perpaduan tersebut membuat tinta jenis ini begitu nyaman digunakan untuk menulis. Selain itu, tinta jenis ini tidak merembes di belakang kertas. Tinta berkinerja tinggi seperti ini sering digunakan pada pulpen yang relatif mahal.

Pilihlah ketebalan pulpen sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah ketebalan pulpen sesuai dengan kebutuhan
Ada beberapa macam ketebalan pulpen, seperti 0,3 mm atau 1,0 mm, yang dapat dipilih sesuai dengan aplikasi dan tekanan goresan yang Anda butuhkan. Pilihlah jenis pulpen ekstra halus dengan ketebalan 0,3 mm atau 0,38 mm untuk Anda yang sering menulis di buku catatan maupun menulis huruf kecil. Ukuran tersebut cocok untuk menulis dengan tekanan lemah dan menghasilkan goresan yang tipis. Akan tetapi, jika Anda lebih sering menulis dengan tekanan yang kuat, gunakanlah pulpen dengan ketebalan 0,7 mm atau 1,0 mm.
Terlepas dari ketebalan pulpen, pilihlah pulpen dengan bantalan grip yang memberi kenyamanan pada saat menulis. Bantalan grip ini akan mengurangi kelelahan jari saat Anda harus menulis dalam waktu yang lama, seperti saat belajar atau menulis banyak dokumen.

Perhatikan cara mengeluarkan mata pena berdasarkan tujuan dan frekuensi penggunaan

Perhatikan cara mengeluarkan mata pena berdasarkan tujuan dan frekuensi penggunaan
Terdapat perbedaan cara mengeluarkan mata pena pada tiap produk. Karenanya, pilihlah pulpen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertama, jenis knock-down sering ditemukan pada pulpen berharga murah. Karena dapat mengeluarkan mata pena dengan cepat, jenis ini ideal bagi Anda yang harus mencatat dengan cepat atau sering menggunakan pulpen.
Kedua, jenis twist, di mana mata pena dapat dikeluarkan dengan cara memutar sumbu pulpen. Mekanisme seperti ini banyak digunakan pada pensil sekaligus pulpen mekanik, serta pulpen multi-warna. Jenis ini nyaman digunakan untuk membuat perbedaan warna tulisan pada dokumen. Praktis pula bagi Anda yang sering berganti alat tulis dari pulpen ke pensil atau sebaliknya.
Kemudian, ada pula jenis pulpen yang berpenutup. Ini adalah salah satu jenis pulpen yang aman bila Anda terbiasa menyimpan pulpen di dalam saku pakaian. Adanya penutup pada bagian ujung pulpen dapat melindungi kebocoran tinta yang berisiko mengotori saku pakaian Anda. Selain itu, banyak jenis pulpen mahal dengan desain penutup yang mewah sehingga dapat menambah nilai performa Anda ketika berhadapan dengan klien.

Pilihlah pulpen dengan fungsi tambahan yang mudah digunakan

Zaman sekarang ini, puplen tidak hanya berfungsi untuk menulis. Banyak juga pulpen yang dilengkapi dengan fungsi tambahan. Fungsi apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

Pulpen dengan touch pen untuk smartphone atau tablet yang praktis digunakan untuk bekerja

Pulpen dengan touch pen untuk smartphone atau tablet yang praktis digunakan untuk bekerja
Pulpen jenis ini sangat bermanfaat bagi Anda yang aktif bekerja menggunakan smartphone atau tablet. Karet silikon yang terdapat pada salah satu bagian kepala pulpen ini dapat Anda gunakan sebagai pena sentuh ketika bekerja menggunakan perangkat tersebut.
Sebagian pulpen dengan fungsi ini bahkan memiliki desain yang bisa Anda atur panjang-pendeknya sehingga semakin praktis digunakan. Selain itu, ada pula yang dilengkapi dengan beberapa warna tinta berbeda.

Pulpen dengan goresan yang dapat dihapus untuk mempertahankan kebersihan kertas Anda

Pulpen dengan goresan yang dapat dihapus untuk mempertahankan kebersihan kertas Anda
Jenis pulpen ini dapat membantu Anda meminimalisir penggunaan corrector pen karena sudah dilengkapi dengan karet penghapus. Tinta yang ada pada pulpen ini, tentu saja tinta yang dapat dihapus dengan memanfaatkan gesekan. Gesekan antara karet penghapus dan goresan tinta akan menghasilkan panas. Nah, panas inilah yang membuat goresan tinta kehilangan warnanya. Biasanya jenis tinta ini memiliki catridge pengganti sehingga tinta dapat Anda isi ulang bila habis.
Meskipun dapat meminimalisir penggunaan corrector pen, pulpen dengan tinta yang dapat dihapus ini tidak cocok digunakan untuk menulis dokumen formal. Alasannya, tinta pada pulpen ini dapat berubah warna sesuai dengan suhu penyimpanan. Bila hasil tulisan dengan pulpen ini terpapar suhu setinggi 60º C, goresan tintanya akan menghilang. Sebaliknya, bila hasil tulis pulpen ini terpapar suhu -10º, goresannya akan muncul kembali.

Custom pen yang memungkinkan Anda mengustomisasi tinta sesuai dengan preferensi Anda sendiri

Custom pen adalah jenis pulpen yang membebaskan Anda untuk membuat pulpen sesuai selera. Tidak hanya tinta, ukuran pen case-nya pun dapat dipilih sesuai kebutuhan. Untuk holder-nya, ada pula yang terdiri dari empat bagian agar dapat diisi dengan empat jenis warna tinta. Anda pun dapat menambahkan fungsi pensil mekanik bila suka.
Selain pengisian ulang tinta yang mudah, memiliki berbagai warna dalam satu buah pulpen tentu akan menyenangkan. Dengan warna yang berbeda-beda, Anda dapat membagi kegunaannya untuk urusan pekerjaan maupun urusan pribadi. Meski begitu, sistem pemesanan custom pen masih jarang dijumpai di Indonesia. Selain itu, jenis custom umumnya terbatas pada custom cetak nama atau cetak tulisan pada bodi pulpen saja.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pulpen terbaik

Mulai dari sini, kami akan mengulas produk-produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah pulpen favorit Anda berdasarkan tips-tips yang telah kami berikan di atas dan fungsi-fungsi yang Anda butuhkan.
10

Pilot Stainless Tip Ball Point Pen BPT-P

Mulai dari Rp 20.000,00

TintaTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada
9
TintaTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanPen stand
8
TintaGel berbasis minyak
Ketebalan0,5 mm
MekanismeClick pen
Fungsi tambahanAuto retract
7
TintaTidak tercantum
Ketebalan0,05; 0,1; 0,2; 0,3; 0,4; 0,5; 0,6; 0,7; 0,8 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada
6

Parker UrbanStainless Steel Chrome Trim Rollerball

Mulai dari Rp 328,00

TintaTidak tercantum
KetebalanTidak tercantum
MekanismeTwist
Fungsi tambahanTidak ada
5
TintaTidak tercantum
Ketebalan1,0 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanFitur kontrol tinta
4
TintaGel
Ketebalan0,55 mm
MekanismeTwist
Fungsi tambahanTidak ada
3
TintaGel
Ketebalan0,5 mm
MekanismeClick pen
Fungsi tambahanPenghapus pada kepala pulpen
2

Mitsubishi Uniball Signo Noble Metal Metallic

UM-120 NM

Mulai dari Rp 23.000,00

TintaGel
Ketebalan1 mm
MekanismeBuka-tutup
Fungsi tambahanTidak ada
1
TintaTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm
MekanismeTwist
Fungsi tambahanStylus smartphone

Tabel perbandingan produk pulpen terbaik

Gambar produk
1
Faber-Castell Stylus Pen  1

Faber-Castell

2
Mitsubishi  Uniball Signo Noble Metal Metallic  1

Mitsubishi

3
Pilot Frixion Ball Clicker  1

Pilot

4
Xiaomi Mi Home (Mijia) Pen 1

Xiaomi

5
Pipo GP  Ball Liner (1 lusin) 1

Pipo GP

6
Parker Urban Stainless Steel Chrome Trim Rollerball 1

Parker Urban

7
Snowman Drawing Pen 1

Snowman

8
Standard  Retractable Ballpoint Pen  1

Standard

9
Joyko  Pen Stand  1

Joyko

10
Pilot  Stainless Tip Ball Point Pen BPT-P 1

Pilot

Nama produk

Stylus Pen

Uniball Signo Noble Metal Metallic

Frixion Ball Clicker

Mi Home (Mijia) Pen

Ball Liner (1 lusin)

Stainless Steel Chrome Trim Rollerball

Drawing Pen

Retractable Ballpoint Pen

Pen Stand

Stainless Tip Ball Point Pen BPT-P

Keunggulan

Multitasking menjadi lebih mudah dengan fungsi ganda yang praktis

Tulisan di atas kertas hitam menjadi lebih cantik dengan tinta metalik

Perindah catatan Anda dengan warna-warna unik tintanya!

Performa smooth, tetap tangguh karena tahan banting dan suhu ekstrem

Fitur kontrol tintanya membantu Anda untuk mengatur ketebalan tulisan

Terlihat elegan dan kuat dengan body stainless steel

Dari tipis hingga tebal, pilihlah ketebalan garis yang Anda inginkan!

Kantong aman dari noda dengan fitur auto retract

Tidak mudah hilang dengan kabel yang terhubung pada pulpen

Dijual di berbagai tempat dan terjangkau harganya

Harga mulai dariRp 41.500,00Rp 23.000,00Rp 21.500,00Rp 35.000,00Rp 74.000,00Rp 328,00Rp 7.000,00Rp 3.350,00Rp 4.500,00Rp 20.000,00
TintaTidak tercantumGelGelGelTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumGel berbasis minyakTidak tercantumTidak tercantum
Ketebalan0,7 mm1 mm0,5 mm0,55 mm1,0 mmTidak tercantum0,05; 0,1; 0,2; 0,3; 0,4; 0,5; 0,6; 0,7; 0,8 mm0,5 mm0,7 mm0,7 mm
MekanismeTwistBuka-tutupClick penTwistBuka-tutupTwistBuka-tutupClick penBuka-tutupBuka-tutup
Fungsi tambahanStylus smartphoneTidak adaPenghapus pada kepala pulpenTidak adaFitur kontrol tintaTidak adaTidak adaAuto retractPen standTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis pulpen lain yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda!

Tidak ada salahnya memiliki lebih dari satu macam pulpen di rumah untuk digunakan bergantian tergantung pada tujuan penggunaan. Selain pulpen-pulpen di atas, yuk, cari pulpen lainnya yang barangkali akan Anda perlukan. Selengkapnya, cek artikel-artikel menarik berikut ini!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda semakin paham bahwa setiap pulpen memiliki jenis tinta dan cara penggunaan yang beragam. Jadi, pilihlah dengan cermat sesuai dengan kebutuhan Anda.
Selain mempertimbangkan karakter tinta dan cara penggunaan, memeriksa keberadaan fungsi tambahan juga akan menguntungkan Anda. Kami berharap salah satu pulpen yang kami rekomendasikan di atas dapat menjadi pilihan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Merk pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca, ya!
    Alat tulis
    97.330 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan semakin banyaknya pilihan, Anda bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain merek UHU dan Fox, apakah Anda tertarik untuk mencoba merek lain? Temukan keunggulan dari masing-masing produk dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas terbaik dari kami.
    Alat tulis
    63.636 Views
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen gel merupakan alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Saat ini, terdapat banyak pilihan merek pulpen gel yang mungkin membuat Anda bingung ketika memilih.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas tips dan cara memilih pulpen gel terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda beli secara online. Ada beberapa merek yang dapat Anda pilih, seperti Pilot, Zebra, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
    48.366 Views
  • 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dari sekian banyak jenis alat tulis, penghapus termasuk alat tulis yang wajib dimiliki. Jika dahulu penghapus hanya digunakan untuk pensil, saat ini bermunculan penghapus yang bahkan mampu menghapus pena dan tinta bolpoin. Banyaknya produk yang beragam tentu membuat Anda bingung.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih penghapus yang bagus. Produk-produk terbaik dari merk ternama, seperti Faber-Castell, Swordfish, Joyko, dan Staedtler juga akan kami ulas di bawah ini. Kami juga berkolaborasi dengan illustrator kami, Karina Doniho. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Alat tulis
    21.623 Views
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah melihat guru atau dosen menerangkan di depan kelas sambil membawa spidol? Spidol memang biasa digunakan untuk menulis di papan tulis atau whiteboard. Namun, ternyata spidol memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda.Agar Anda tidak salah membeli, kali ini kami akan memberikan tips memilih spidol yang tepat sesuai kebutuhan. Ulasan mengenai produk-produk terbaik juga akan kami bagikan. Anda dapat memilih spidol dari merek Snowman, Joyko, atau Faber-Castell. Jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Alat tulis
    4.562 Views
  • 10 Rekomendasi Stempel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stempel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan stempel sangatlah penting sebagai tanda keabsahan perjanjian, pengesahan surat resmi, atau sebagai legalitas dokumen. Seiring perkembangan zaman, jenis stempel terus bertambah. Fungsi dan fitur-fitur stempel pun makin beragam. Nah, bagi Anda yang sedang mencari stempel, artikel ini akan membantu Anda.Kami akan mengulas desain stempel, tinta, ukuran, hingga jenis-jenis stempel, seperti stempel flash, runaflex, emboss, dan stempel lilin. Kami juga akan memberikan tips memilih stempel yang bagus berikut rekomendasi produknya. Anda akan menemukan beragam stempel dari merk ternama, seperti Joyko, Kenko, Shiny, dan Todrat. Selamat membaca!
    Alat tulis
    1.023 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori