• 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kabel roll dapat menjadi perpanjangan dari stopkontak jika Anda membutuhkan daya di tempat yang tidak terjangkau listrik. Tidak seperti terminal listrik biasa, jangkauan dari kabel roll lebih jauh. Penggunaannya pun tidak melulu di dalam ruangan, tetapi ada beberapa kabel roll yang memang diciptakan untuk keperluan outdoor demi menunjang keperluan, seperti di tempat konstruksi, konser musik, dan lain-lain.

Pada artikel ini, kami akan membeberkan bagaimana cara memilih kabel roll yang dapat menunjang keperluan Anda. Seperti biasa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk kabel roll, seperti Brennenstuhl, Krisbrow, dan Kenmaster kepada Anda di bagian selanjutnya. Pilihlah produk yang sesuai kebutuhan Anda masing-masing sebelum membeli.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 2.758 Views
Daftar isi

Apa itu kabel roll?

Apa itu kabel roll?
Kabel roll merupakan terminal listrik berbentuk teromol yang di bagian tengahnya terlilit kabel ekstensi dengan ujung berupa steker. Alat ini diciptakan untuk meneruskan aliran listrik jika stopkontak tidak berada dalam jangkauan.

Karakteristik kabel roll

Sebagai perpanjangan stopkontak, ada beberapa karakteristik yang membedakan kabel roll dengan terminal listrik biasa. Jangkauannya lebih jauh, kabel ekstensi yang lebih rapi, serta dapat digunakan di medan berat adalah beberapa di antaranya.

Jangkauan lebih jauh dan kabel mudah untuk dirapikan

Jangkauan lebih jauh dan kabel mudah untuk dirapikan
Kabel roll adalah sebuah alat berbentuk teromol sebagai hosting dari beberapa soket listrik serta kabel ekstensi dengan panjang tertentu (20 meter, 50 meter, dan lain-lain) yang berujungkan steker. Bentuknya yang mirip dengan gulungan pancing memungkinkan penggunanya untuk mengulur atau mengencangkan kabel. Dengan kelebihan ini, kemungkinan kabel kusut akan semakin kecil sehingga Anda dapat bekerja dengan baik dan mudah menggulung kabel menjadi rapi kembali.

Memungkinkan untuk digunakan di medan berat

Memungkinkan untuk digunakan di medan berat
Bukan hanya panjang, kabel roll juga memiliki ketahanan yang juga tinggi. Lapisan kabel yang diaplikasikan lebih tebal dibandingkan kabel dari terminal listrik yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Alat ini dapat digunakan di aspal, beton, juga tanah dengan desain yang tidak mudah hancur walaupun diseret.
Anda juga dapat menggunakan kabel roll untuk keperluan Do-it-Yourself (DIY) atau kebiasaan yang dilakukan seseorang untuk membuat segala hal sendiri, misalnya membuat sesuatu sendiri di halaman rumah. Kabel roll akan sangat bermanfaat karena aktivitas yang Anda lakukan dapat berada 10 meter jauhnya dari stopkontak terdekat.

Cara memilih kabel roll

Jangkauannya yang lebih luas membuat kabel roll dapat digunakan secara aktif untuk pekerjaan konstruksi, pabrik, hingga proyek DIY Anda. Struktur pembentuk antara kabel roll untuk indoor dan outdoor juga berbeda.
Dengan mengetahui informasi mendasar dari penjelasan tersebut, Anda dapat menentukan mana produk yang mewakili kebutuhan Anda. Jadi, kemungkinan untuk memilih produk yang tidak sesuai dapat dihindari.

Pilih kabel roll untuk indoor atau outdoor

Pilih kabel roll untuk indoor atau outdoor
Terdapat spesifikasi yang berbeda antara kabel roll untuk keperluan indoor dan outdoor. Keduanya akan kami jelaskan di bawah ini.

Karakteristik kabel roll indoor: tidak rainproof

Ada beberapa variasi dari kabel roll tipe ini, dari yang ringkas dengan kabel berukuran 2 meter hingga yang panjang sekali dengan kabel berukuran 100 meter. Karena penggunaannya khusus untuk kegiatan indoor, kabel roll ini tidak rainproof atau tahan terhadap air hujan. Akan tetapi, ada juga beberapa produk yang memberikan penutup dust-proof atau yang dapat melindungi bagian soket listriknya dari debu.

Karakteristik kabel roll outdoor: tahan terhadap segala cuaca

Jika Anda menggunakan kabel roll di luar ruangan, tentu kinerja kabel akan terpengaruh oleh hujan ataupun kondisi cuaca yang lain. Oleh karena itu, untuk mencegah kecelakaan karena sengatan listrik atau semacamnya, produk yang baik dilengkapi dengan elemen-elemen yang membuatnya tahan terhadap cuaca dan hujan. Kabel roll untuk outdoor biasanya dilengkapi dengan penutup soket agar terlindung dari air, debu, atau embun. Kabel di dalamnya juga dibuat khusus dari material dan struktur yang tertutup rapat.
Kebanyakan produk yang beredar dilengkapi dengan earth leakage circuit breaker (ELCB) yaitu alat yang digunakan untuk memutus arus listrik ketika terjadi kontak dengan arus positif atau arus negatif. Sebelum digunakan, periksalah apakah pemutus sirkuit listrik tersebut bekerja dengan baik dengan menekan tombol yang tersedia.

Periksa apakah kabel roll terdiri atas dua kawat inti atau tiga kawat inti

Periksa apakah kabel roll terdiri atas dua kawat inti atau tiga kawat inti
Kabel roll biasanya digunakan di medan yang rawan terjadi kecelakaan kerja, misalnya lokasi kontruksi. Kami menyarankan untuk memilih produk yang kabel penyambung stekernya terdiri atas tiga kawat. Hal ini dikarenakan produk dengan dua kawat inti lebih rawan kebocoran listrik yang disebabkan oleh kerusakan kabel. Kerusakan ini cukup sulit untuk dilacak sehingga dapat membahayakan orang-orang yang berada di sekitarnya.
Oleh karena itu, kabel roll dua kawat inti yang tidak terinsulasi dengan baik tidak diperbolehkan untuk digunakan di lokasi konstruksi atau industri. Hal tersebut resmi tercantum pada Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Tahun 2017. Jadi, gunakanlah kabel roll yang sesuai dengan peraturan karena wajib kita pahami bahwa keselamatan bekerja adalah hal yang utama.

Pilih kabel roll berdasarkan tujuan penggunaannya

Pilih kabel roll berdasarkan tujuan penggunaannya
Kabel roll diklasifikasikan menjadi beberapa jenis menurut pengaplikasiannya, yaitu untuk umum, semiprofesional, dan profesional. Masing-masing jenis tersebut memiliki produk baik untuk indoor maupun outdoor. Akan tetapi, di sini kami akan menjelaskan perbedaan kabel roll indoor dan outdoor yang masuk dalam kategori umum saja.

Kabel roll umum: bobot ringan dan mudah diatur

Kabel roll jenis ini dapat digunakan untuk memenuhi aliran listrik pada proyek DIY Anda. Khusus untuk kabel roll indoor, ada bagian yang dinamakan tutup soket agar stopkontak listrik terhindar dari debu. Sementara itu, tutup soket di bagian kabel roll outdoor dibuat agar dapat bertahan walaupun terkena hujan.
Diameter kabel roll yang umum berkisar antara 1,25 mm sampai 2 mm dengan ciri-ciri bobotnya yang ringan dan mudah untuk diatur. Umumnya, panjang kabel dari alat ini sekitar 20 meter sampai 50 meter. Kawat yang menjadi elemen dasar dari kabel juga tahan terhadap perubahan temperatur.

Kabel roll semiprofesional: memiliki fitur rainproof dan tutup soket

Selain fitur yang ada pada kabel roll untuk umum di atas, kabel roll semiprofesional menambahkan fitur yang berfungsi menginterupsi kebocoran listrik. Aspek lain yang berbeda adalah kabelnya yang lebih tebal dengan diameter 3,5 mm sehingga cocok untuk mengatasi masalah seperti halnya turunnya voltase.
Saat digunakan di luar ruangan, pengguna akan dimudahkan dengan fitur rainproof serta adanya tutup soket yang mampu melindungi soket listrik dari lumpur. Jika kabel roll ini bermasalah pada fitur waterproof atau fitur stopper-nya, Anda dapat melakukan perbaikan hanya dengan menggunakan obeng tunggal saja. Tipe ini sangat mudah dalam hal penanganan dan perawatan.

Kabel roll profesional: kabel tebal dan durability yang baik

Kabel roll profesional merupakan kabel yang memiliki fitur gabungan dari kabel roll untuk umum dan semi profesional. Jenis ini mempunyai beberapa aspek tambahan yang memang diperuntukkan bagi kaum profesional. Aspek yang paling kentara adalah material serta ketebalan kabel yang digunakan.
Kabel yang digunakan berbahan Soften VCT, konstruksinya kuat, serta memiliki durability yang sangat baik. Tipe ini diperkuat lagi dengan diameter kabel yang memiliki ketebalan hingga 3,5 mm.

Pengaruh tebal dan panjang kabel terhadap voltase

Pengaruh tebal dan panjang kabel terhadap voltase
Ketika arus listrik melewati kabel, kerap kali voltase menjadi turun atau tegangan listrik yang diambil dari soket kabel roll lebih rendah daripada stopkontak utama. Hal ini disebabkan kabel ekstensi yang digunakan tipis dan panjang sehingga berpengaruh pada lebih besarnya konsumsi daya serta turunnya voltase yang diterima.
Jika alat yang Anda gunakan membutuhkan konsumsi daya listrik yang rendah, penurunan voltase tidak terlalu berpengaruh sehingga Anda tidak perlu mempersoalkan masalah ketebalan kabel. Akan tetapi, apabila Anda menggunakan mesin dengan konsumsi daya yang tinggi, kami menyarankan Anda memilih kabel roll yang memiliki ekstensi tebal agar daya listrik tidak jatuh secara tiba-tiba. Permasalahannya adalah semakin tebal kabel ekstensinya, maka semakin mahal kabel roll tersebut.
Jadi, Anda perlu memahami bahwa dalam memilih kabel roll, perlu untuk memperhatikan pengaruh dari penurunan voltase. Sesuaikanlah mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi kabel roll terbaik

Seperti yang telah kami utarakan sebelumnya, pada bagian ini kami akan merekomendasikan beberapa produk kabel roll pilihan. Anda dapat memilih barang mana yang sekiranya pas dengan preferensi Anda.

7. Krisbow Cable Reel 1,5 mm X 25 m

Rp 599.000,00

6. Brennenstuhl Compact Cable Reel White 20 m H05VV-F 3G1,0

Rp 500.000,00

4. Brennenstuhl Garant Cable Reel 50 m H05VV-F 3G1,5 *GB*

Rp 1.575.000,00

3. Brennenstuhl Garant IP44 cable reel for for site & professional 25m H07RN-F 3G2.5

Rp 1.520.000,00

1. Brennenstuhl Garant CEE 1 cable reel 30m H05VV-F 5G1.5

Rp 2.200.000,00

Catatan dalam menggunakan kabel roll

Kabel roll memang dapat digunakan di banyak tempat mulai dari lokasi perkemahan, konstruksi, hingga halaman belakang rumah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakannya. Misalnya, memakai kabel roll berbarengan dengan alat semacam power supply adalah hal yang cukup membahayakan. Pastikan Anda mengetahui tindakan pencegahan di bawah ini agar tetap aman.

Jangan ada kabel yang tergulung di teromol!

Jangan ada kabel yang tergulung di teromol!
Menggunakan kabel roll dengan posisi kabel masih terlilit di teromol dapat menyebabkan kabel memanas. Hasilnya, kabel bisa meleleh dan jelas hal ini sangat berbahaya. Apabila kabel roll yang Anda gunakan memiliki fitur temperature sensor, aliran listrik akan mati secara otomatis jika panas semakin tinggi. Namun, sebaiknya Anda mengulur kabel sampai habis ketika menggunakan alat ini.

Periksa apakah terdapat fitur rainproof dari alat elektronik Anda

Periksa apakah terdapat fitur rainproof dari alat elektronik Anda
Jika alat elektronik Anda tertancap di terminal kabel roll tidak menggunakan steker rainproof, air dapat masuk ke bagian soket. Dengan begini, sistem waterproof dari kabel roll tidak dapat bekerja dan mungkin akan terjadi sengatan listrik. Oleh karena itu, selalu periksalah ketahanan hujan dari alat elektronik yang Anda gunakan untuk bekerja.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan
Poin-poin berikut ini adalah beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan kabel roll. Kami berharap Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan Anda masing-masing.

  • Periksa voltase yang Anda perlukan, apakah 100 V atau 200 V?

  • Akan digunakan di mana kabel roll, indoor atau outdoor?

  • Apakah kabel roll memiliki earth leakage breaker (pemutus aliran listrik)? Berapa jumlah soketnya?

  • Periksa arus pengenal (A) (Arus pengenal adalah nilai saat ini ketika menggunakan kabel masih terlilit di teromol)

  • Periksa arus batas (A) (Arus batas adalah nilai saat ini ketika kabel sudah tidak bisa diulur lagi?

Kesimpulan

Dari produk-produk yang telah kami tunjukkan kepada Anda di atas, sudahkah Anda mendapatkan gambaran produk mana yang sesuai dengan Anda? Atau mungkin Anda sudah membeli satu di antaranya?
Alat elektronik seperti kabel roll adalah alat yang penggunaannya rentan terhadap risiko. Pastikan memilih barang yang sesuai dengan kondisi serta aktivitas di mana kabel roll akan digunakan. Jangan sampai salah memilih karena keselamatan adalah hal yang dipertaruhkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    17.693 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek, seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, Dextone, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Selamat membaca!
    DIY & tools
    13.855 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang cukup tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini.
    DIY & tools
    6.598 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin jahit portabel adalah mesin jahit serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk menjahit baju atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Ukuran mesin jahit portabel yang tidak terlalu besar memudahkan Anda untuk menyimpan dan memindahkannya.Sekarang ini tersedia banyak sekali mesin jahit portabel dari berbagai macam merek, seperti Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Mari kita bandingkan berbagai mesin jahit portabel ini berdasarkan fitur dan fungsinya agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
    DIY & tools
    6.560 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    4.721 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    4.546 Views
  • 10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hammer drill adalah alat untuk mengebor benda keras. Terdapat banyak tipe dan merek hammer drill, bahkan ada juga hammer drill yang dapat digunakan untuk mengencangkan sekrup.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih hammer drill. Tentu produk-produk dalam daftar rekomendasi ini dapat Anda beli di toko maupun online shop. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi hammer drill terbaik dengan spesifikasi dan harga yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, ya!
    DIY & tools
    1.421 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori