1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Cat & perlengkapan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih merek kabel roll yang bagus?

Kali ini kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merek Kenmaster, Kaiser, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
Diperbaharui 10-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Mengenal kabel roll

Kabel roll menjadi salah satu alat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Di pasaran terdapat banyak jenis dan ukuran kabel roll yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum kami menjelaskan cara memilihnya, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal apa itu kabel roll.

Apa itu kabel roll?

Apa itu kabel roll?
Kabel roll atau biasa disebut kabel olor atau kabel gulung merupakan gulungan kabel ekstensi yang terlilit pada wadah menyerupai drum. Alat ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan aliran listrik meskipun catu daya (power supply) berada jauh dari jangkauan.

Karakteristik kabel roll

Karakteristik dari kabel roll ialah memiliki jangkauan aliran listrik yang lebih jauh. Anda juga dapat merapikannya dengan mudah dengan cara menggulung kabelnya. Selain itu, terdapat juga kabel roll yang dapat digunakan di medan berat, lho!

Jangkauan lebih jauh dan kabel mudah dirapikan

Jangkauan lebih jauh dan kabel mudah dirapikan
Kabel sambungan beserta steker digulung dalam wadah berbentuk drum. Kabel roll menyimpan kabel sambungan dengan panjang yang bervariasi, mulai dari 4 meter, 10 meter, 25 meter, hingga 50 meter. Anda dapat menarik dan mengulur kabel seperti menggunakan gulungan pancing. Dengan demikian, kabel tidak akan kusut dan dapat dirapikan dengan mudah.

Memungkinkan untuk digunakan di medan berat

Memungkinkan untuk digunakan di medan berat
Jika dibandingkan kabel sambung rumahan, kabel roll memiliki lapisan yang lebih tebal. Kabel roll juga lebih panjang, serta memiliki ketahanan yang lebih kuat. Alat ini memang dirancang tidak mudah rusak meskipun diseret. Anda pun jadi dapat menggunakannya di aspal, beton, ataupun tanah.

Selain itu, kabel roll memudahkan Anda saat sedang melakukan pekerjaan di halaman rumah ataupun di kebun. Anda tetap bisa mendapatkan aliran listrik meskipun jaraknya puluhan meter dari catu daya.

Cara memilih kabel roll

Kabel roll dapat digunakan di berbagai area, mulai dari penggunaan di rumah hingga di pabrik. Strukturnya pun dibedakan antara penggunaan indoor dan outdoor. Berhubung kabel roll juga terdiri dari beberapa jenis, simak penjelasan kami selengkapnya!

① Tentukan kabel roll untuk indoor atau outdoor

Baik kabel roll indoor maupun outdoor memiliki karakter masing-masing. Untuk itu, mari simak penjelasannya berikut ini.

Kabel roll indoor, memiliki pelindung antidebu

Kabel roll indoor, memiliki pelindung antidebu
Ada beberapa variasi dari kabel roll tipe ini. Salah satunya tipe ringkas dengan kabel berukuran pendek. Ada pula tipe yang panjang dengan kabel mencapai 50 meter. Kabel roll ini ditujukan khusus untuk kegiatan indoor sehingga umumnya jenis ini tidak antiair. Namun, kebanyakan tipe ini dilengkapi dengan penutup yang antidebu.

Kabel outdoor, memiliki ketahanan terhadap cuaca buruk

Kabel outdoor, memiliki ketahanan terhadap cuaca buruk
Ketika digunakan di luar ruangan, kabel roll bisa terdampak cuaca misalnya terkena terkena air hujan. Untuk mencegah kecelakaan akibat sengatan listrik, kabel roll dirancang memiliki ketahanan terhadap cuaca dan hujan. Tipe ini biasanya memiliki penutup antiair untuk melindungi kabel dari hujan, debu, maupun udara lembap. Kabel di bagian dalam juga dibuat dari material dan struktur yang tertutup rapat.

Kebanyakan produk yang beredar juga dilengkapi dengan earth leakage circuit breaker (ELCB). Sebelum digunakan, periksalah apakah pemutus sirkuit listrik tersebut bekerja dengan baik dengan menekan tombol yang tersedia.

② Periksa apakah kabel roll terdiri atas dua kawat inti atau tiga kawat inti

Periksa apakah kabel roll terdiri atas dua kawat inti atau tiga kawat inti
Jika Anda menggunakan kabel roll pada medan berat seperti area konstruksi, pilihlah tipe tiga kawat inti. Hal ini karena tipe dua kawat inti lebih berisiko mengalami kebocoran listrik sehingga kabel rentan rusak.

Kabel roll dua kawat inti yang tidak terinsulasi dengan baik tidak diperbolehkan untuk digunakan di lokasi konstruksi. Hal tersebut resmi tercantum pada Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 31/M-IND/PER/8/2017. Jadi, gunakanlah kabel roll yang aman dengan memilih tipe yang tepat dan sesuai kebutuhan pekerjaan.

③ Pilih kabel roll berdasarkan tujuan penggunaannya

Kabel roll diklasifikasikan menjadi beberapa jenis menurut pengaplikasiannya, yaitu untuk umum, semiprofesional, dan profesional. Tiap-tiap jenis tersebut memiliki produk untuk indoor ataupun outdoor. Untuk itu, kami akan menjelaskan perbedaan penggunaan ketiganya. 

Kabel roll umum, ringan dan mudah diatur

Kabel roll umum, ringan dan mudah diatur
Kabel roll umum dapat digunakan untuk proyek DIY Anda. Tipe ini memiliki penutup antidebu untuk mencegah masuknya kotoran. Untuk penggunaan outdoor, tersedia produk yang dilengkapi dengan penutup antiair agar terlindung dari hujan.

Diameter kabel pada tipe ini ialah sekitar 1,25–2 mm sehingga ringan dan mudah diatur. Panjang kabelnya berkisar antara 20–50 meter, serta memiliki sensor suhu untuk mencegah kabel meleleh.

Kabel roll semiprofesional, memiliki fitur antiair dan antilumpur

Kabel roll semiprofesional, memiliki fitur antiair dan antilumpur
Selain fitur yang ada pada kabel roll umum, tipe semiprofesional menambahkan fitur yang berfungsi menginterupsi kebocoran listrik. Beberapa produk menggunakan kabel berukuran sangat tebal, yaitu berdiameter 3,5 mm untuk menghindari penurunan tegangan listrik. 

Untuk penggunaan outdoor, tipe ini dilengkapi dengan fungsi antiair dan memiliki penutup antilumpur. Tipe ini terbilang mudah digunakan karena hanya membutuhkan obeng tunggal untuk memperbaiki bagian yang rusak.

Kabel roll profesional, memiliki kabel yang kuat dan tebal

Kabel roll profesional, memiliki kabel yang kuat dan tebal
Tipe profesional memiliki fitur yang hampir sama dengan tipe umum dan tipe semiprofesional. Hal yang membedakan tipe ini dengan tipe lainnya ialah material dan ketebalan kabelnya. Kabel roll profesional terbuat dari material khusus. Sebut saja kabel VCT Softon yang kuat dan lentur. Selain itu, diameter dari kabel ini bisa mencapai 3,5 mm.

④ Pahami pengaruh tebal dan panjang kabel terhadap voltase

Pahami pengaruh tebal dan panjang kabel terhadap voltase
Ketika kabel teraliri listrik, voltase yang diambil dari kabel roll menjadi lebih rendah daripada catu daya utama. Tak hanya konsumsi daya, ketebalan dan panjang kabel roll juga dapat memengaruhi penurunan voltase. Jika alat yang Anda gunakan membutuhkan konsumsi daya listrik rendah, penurunan voltase tidak terlalu berpengaruh. Jadi, Anda tidak perlu mempersoalkan masalah ketebalan kabel. 

Namun, jika Anda menggunakan mesin yang butuh daya listrik besar, pilihlah produk dengan kabel tebal. Ingatlah bahwa makin tebal kabelnya, makin tinggi pula harganya. Untuk itu, ketika memilih kabel roll, Anda harus mempertimbangkan efek yang ditimbulkan dari penurunan voltase tadi. 

10 Rekomendasi kabel roll terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kabel roll terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Uticon Electrical Accessories

Kabel roll 4 meter

Uticon Electrical Accessories Kabel roll 4 meter 1枚目

Desain ergonomis dan praktis yang nyaman digunakan

2

Loyal Electrical Accessories

Kabel Roll Travel

Loyal Electrical Accessories Kabel Roll Travel 1枚目

Kabel roll mini yang cocok untuk travelling

3

Visicom

Kabel Roll 10 meter 15 meter

Visicom Kabel Roll 10 meter 15 meter 1枚目

Dilengkapi oversteker dapat digunakan untuk segala jenis sambungan

4

Viva Tehnik Mandiri

Kenmaster Kebel Roll 5/12 Meter

Viva Tehnik Mandiri Kenmaster Kebel Roll 5/12 Meter 1枚目

Dilengkapi child safety shutter, aman bagi keluarga Anda

5

Uticon Electrical Accessories

Kabel Roll 6 Meter

Uticon Electrical Accessories Kabel Roll 6 Meter 1枚目

Peralatan elektronik tidak mudah rusak dengan perlindungan dari kawat arde

6

Loyal Electrical Accessories

Kabel Roll Heavy Duty

Loyal Electrical Accessories Kabel Roll Heavy Duty 1枚目

Kabel antikaku, lebih nyaman digunakan

7

Kaiser

Kabel Roll 25 Meter

Kaiser Kabel Roll 25 Meter 1枚目

Tetap aman saat tidak digunakan dengan tutup pada soket listriknya

8

Viva Tehnik Mandiri

Kenmaster Kabel Roll 50 Meter

Viva Tehnik Mandiri Kenmaster Kabel Roll 50 Meter 1枚目

Sumber listrik terlalu jauh? Produk ini dapat diandalkan!

9

Vetto Indonesia

Kabel Roll 5 Meter

Vetto Indonesia Kabel Roll 5 Meter 1枚目

Dilengkapi dua slot USB untuk mengisi daya baterai gadget

10

Hugo Brennenstuhl

Kabel Roll Garant CEE 2 IP44

Hugo Brennenstuhl  Kabel Roll Garant CEE 2 IP44 1枚目

Kabel inti tebal yang cocok untuk pekerjaan konstruksi

Perincian produk
Close
No.1

Uticon Electrical AccessoriesKabel roll 4 meterST-148CR

Mulai dari Rp84.100,00

Desain ergonomis dan praktis yang nyaman digunakan

Kelebihan:

  • Casing yang tahan panas dan memiliki daya tahan tinggi
  • Dilengkapi dengan lampu indikator

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bahwa colokan cukup keras 

Apakah Anda mencari kabel roll yang nyaman digunakan dan dapat disesuaikan warnanya dengan interior rumah Anda? Produk ini mungkin akan menjadi jawabannya. Memiliki desain ergonomis dan praktis, alat ini dirancang agar dapat digunakan secara nyaman. Anda juga dapat menyesuaikan produk ini dengan warna interior rumah Anda karena produk ini hadir dalam empat pilihan warna.

No.2

Loyal Electrical AccessoriesKabel Roll TravelLY-150

Mulai dari Rp46.000,00

Kabel roll mini yang cocok untuk travelling

Kelebihan:

  • Terdapat slide penutup soket serta gantungan
  • Menggunakan bahan plastik tahan api

Kekurangan:

  • Letak soket berdekatan sehingga hanya dapat menggunakan dua soket secara bersamaan apabila ukuran steker besar

Travelling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, akan jadi masalah jika semua alat elektronik Anda membutuhkan sumber listrik secara bersamaan. Dalam situasi tersebut Anda akan sangat membutuhkan produk yang satu ini. Memiliki diameter sebesar 10 cm, produk ini cocok dibawa ke mana saja.


Selain itu, slide penutup soket pada produk ini juga dapat digunakan sebagai gantungan. Meskipun memiliki bentuk yang mini, alat ini menggunakan bahan berkualitas dan kabel dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Anda dapat merasa aman dan nyaman menggunakannya.

No.3

VisicomKabel Roll 10 meter 15 meter

Mulai dari Rp65.000,00

Dilengkapi oversteker dapat digunakan untuk segala jenis sambungan

Kelebihan:

  • Terdapat handle untuk menggulung kabel
  • Memiliki fuse breaker sehingga aman digunakan

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan bahwa sedikit sulit memasukkan sambungan ke dalam lubang steker

Produk ini dilengkapi dengan oversteker yang cocok untuk steker dari mancanegara. Bagi Anda pemilik alat elektronik dengan pin gepeng, gunakan alat ini sehingga Anda tidak perlu mencari sambungan tambahan. Selain itu,kabel roll ini juga dilengkapi fuse breaker yang akan memutus arus listrik yang berlebihan.

No.4

Viva Tehnik MandiriKenmaster Kebel Roll 5/12 Meter

Mulai dari Rp203.375,00

Dilengkapi child safety shutter, aman bagi keluarga Anda

Kelebihan:

  • Dilengkapi sakelar otomatis pemutus arus
  • Body berbahan isolator yang tidak dapat menghantarkan panas dan listrik

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan agak sedikit sulit untuk menancapkan dan melepaskan colokan listrik

Ingin mencari kabel roll yang aman untuk Anda dan anak-anak Anda? Produk Kenmaster ini dapat menjadi solusinya. Fitur child safety pada setiap soket menjaga anak-anak Anda dari bahaya terkena aliran listrik apabila tidak sengaja memainkannya.


Overheat protection yang ada pada alat ini dapat memutus aliran listrik secara otomatis jika terjadi kelebihan beban pemakaian. Selain itu, produk ini dilengkapi juga dengan master switch dan individual switch yang memudahkan Anda dalam mengaturnya.

No.5

Uticon Electrical AccessoriesKabel Roll 6 MeterMCR-2806

Mulai dari Rp115.000,00

Peralatan elektronik tidak mudah rusak dengan perlindungan dari kawat arde

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan lampu indikator
  • Menggunakan box kabel yang tahan panas dan berdaya tahan tinggi

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan sakelar on-off

Selain perawatan dari luar, frekuensi penggunaan alat elektronik juga mempengaruhi ketahanan dan keawetan alat tersebut. Intensitas penggunaan yang tinggi terutama bagi ibu rumah tangga dapat menyebabkan alat elektronik mudah rusak. Dengan kabel roll dari Uticon ini, Anda dapat menghindari kerusakan pada peralatan elektronik di rumah Anda.


Kawat pada kabel roll ini mampu melindungi peralatan elektronik tidak rusak akibat arus pendek. Selain itu, produk ini aman digunakan karena menggunakan bahan yang tahan panas dan memiliki daya tahan tinggi. 

No.6

Loyal Electrical AccessoriesKabel Roll Heavy DutyLY-120SK

Mulai dari Rp156.000,00

Kabel antikaku, lebih nyaman digunakan

Kelebihan:

  • Terdapat lampu indikator pada sakelar
  • Sakelar dan lampu indikator dirancang masuk ke dalam sehingga lebih terlindungi

Kekurangan:

  • Warna yang mencolok kurang cocok bagi yang menyukai warna netral

Kabel roll dengan panjang 10 meter ini telah lolos uji kelayakan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kabel ekstensinya yang hanya setebal 0,75 mm menjadikan kabel roll ini tidak kaku dan mudah untuk digulung. 


Meskipun memiliki kabel ekstensi yang lebih tipis, produk ini cukup pas untuk pemakaian alat elektronik arus rendah. Bagi Anda yang membutuhkan kabel roll hanya untuk kebutuhan rumah, gunakan saja produk yang satu ini.

No.7

KaiserKabel Roll 25 Meter

Mulai dari Rp455.000,00

Tetap aman saat tidak digunakan dengan tutup pada soket listriknya

Kelebihan:

  • Pegangan yang terbuat dari besi yang kokoh
  • Box kabel yang terbuat dari plastik yang tebal

Kekurangan:

  • Tidak terdapat sakelar dan lampu indikator pada produk ini

Memiliki empat buah steker lengkap dengan penutup berstandar IP44, kabel roll dari Kaiser ini aman apabila terkena hujan. Cocok untuk Anda yang mencari kabel dengan perlindungan antiair. Penutup dengan standar IP44 ini dapat melindungi steker dari semprotan air segala arah. Selain itu, dengan kabel sepanjang 25 meter, Anda dapat menggunakannya di wilayah indoor atau outdoor.

No.8

Viva Tehnik MandiriKenmaster Kabel Roll 50 MeterKBRL034

Mulai dari Rp1.625.875,00

Sumber listrik terlalu jauh? Produk ini dapat diandalkan!

Kelebihan:

  • Tidak mudah penyok atau patah
  • Kaki penyangga terbuat dari besi yang tebal

Kekurangan:

  • Produk cukup berat sehingga akan sedikit sulit dipindahkan

Apabila Anda mencari kabel roll untuk digunakan pada kegiatan outdoor, produk ini bisa menjadi solusinya. Memiliki kabel dengan panjang 50 meter, kabel roll ini dapat membantu Anda saat lokasi sumber listrik cukup jauh. 


Selain itu, produk ini dapat ditempatkan dengan mudah di area outdoor karena terdapat kaki penyangga dari besi yang tebal. Semua soket pada kabel roll ini juga dilengkapi dengan penutup sehingga aman dari debu atau hujan saat tidak digunakan.

No.9

Vetto IndonesiaKabel Roll 5 Meter V8685 SW

Mulai dari Rp352.899,00

Dilengkapi dua slot USB untuk mengisi daya baterai gadget

Kelebihan:

  • Plat yang terbuat dari kuningan antikarat untuk mencegah kebakaran
  • Menggunakan material yang antiapi dan berkualitas tinggi

Kekurangan:

  • Memiliki harga yang lebih mahal dari kabel roll 5 meter yang lain

Kabel roll dari vetto ini dilengkapi dengan dua slot USB yang dapat Anda gunakan untuk mengisi daya pada gadget. Cocok bagi Anda yang menggunakan cukup banyak gadget untuk bekerja. Sakelar yang terdapat pada produk ini juga memudahkan penggunaannya. Alat ini aman digunakan karena dilengkapi dengan plat yang terbuat dari kuningan antikarat yang dapat mencegah kebakaran.

No.10

Hugo Brennenstuhl Kabel Roll Garant CEE 2 IP441182760

Mulai dari Rp5.312.500,00

Kabel inti tebal yang cocok untuk pekerjaan konstruksi

Kelebihan:

  • Terlindungi dari air dan debu
  • Kabel yang tebal cocok untuk penggunaan daya listrik yang besar

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat sehingga sedikit menyulitkan untuk dibawa berpindah-pindah

Pada umumnya pekerjaan konstruksi membutuhkan banyak mesin berdaya listrik tinggi. Saat melakukan pembangunan di area outdoor, alat ini akan sangat membantu pekerjaan Anda. Dengan kabel inti setebal 3 x 2,5 mm, kabel roll ini dapat digunakan untuk mesin yang membutuhkan daya listrik besar.


Selain itu, perlindungan terhadap air dan debu pada kabel roll ini membuatnya aman saat dipakai pada area konstruksi. Adanya gagang cable pilot yang inovatif memungkinkan Anda membawa dan menggantung kabel ini dengan nyaman.

Pertanyaan umum seputar kabel roll

Pertanyaan umum seputar kabel roll

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar kabel roll. Jika Anda masih penasaran dengan kabel roll, simak jawabannya di bawah ini!

Kenapa kabel roll panas?

Kabel roll memiliki nilai arus maksimal atau arus batas tertentu. Jadi, nilai arus yang mengalir tidak boleh melebihi nilai arus maksimal. Kabel roll akan panas apabila digunakan untuk menyambungkan peralatan listrik yang melebihi kapasitasnya

Kenapa kabel roll mati?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kabel roll mati. Faktor yang sering ditemui adalah terdapat plat yang longgar pada kabel roll Anda. Selain itu, adanya karat yang menempel pada pelat juga dapat menyebabkan kabel roll tidak berfungsi.

Apakah kabel roll aman?

Kabel roll listrik yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) biasanya sudah terjamin keamanannya. Namun, apabila Anda masih ragu, Anda dapat memastikan keamanannya dengan memilih produk yang berkualitas dan menjaga penggunaannya. Hindari penggunaan kabel roll yang melebihi nilai arus maksimalnya dan hindari menancapkan stopkontak model T dalam kabel roll.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kabel roll

Kabel roll memang dapat digunakan di banyak tempat, misalnya area konstruksi, proyek DIY, camping, dan lain-lain. Namun, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat menggunakan kabel roll. Untuk itu, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah pencegahan berikut ini.

Jangan digunakan saat kabel masih tergulung!

Jangan digunakan saat kabel masih tergulung!

Mengaliri listrik saat masih ada sisa kabel yang tergulung dapat menyebabkan kabel panas dan meleleh. Untuk itu, pastikan Anda telah mengulur kabel sebelum menggunakannya. Namun, beberapa produk yang dilengkapi sensor suhu akan mati secara otomatis ketika ada peningkatan panas.

Periksa apakah terdapat fitur antiair dari alat elektronik Anda

Periksa apakah terdapat fitur antiair dari alat elektronik Anda
Jika alat elektronik yang tertancap di terminal kabel roll tidak menggunakan steker antiair, air dapat masuk ke bagian soket. Dengan begitu, sistem antiair dari kabel roll tidak dapat bekerja dan mungkin akan terjadi sengatan listrik. Jadi, periksalah ketahanan alat elektronik yang Anda gunakan untuk bekerja terhadap cipratan air hujan. 

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan
Poin-poin di bawah ini merupakan hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kabel roll. Namun, pastikan untuk menyesuaikannya dengan kondisi area pekerjaan Anda.
  • Periksa voltase yang Anda perlukan, apakah 100 V atau 200 V?
  • Di mana Anda akan menggunakan kabel roll, indoor atau outdoor?
  • Apakah kabel roll memiliki earth leakage breaker (pemutus aliran listrik)? Berapa jumlah soketnya?
  • Periksa arus pengenal (A). Arus pengenal adalah nilai terkini ketika menggunakan kabel dalam kondisi masih terlilit pada tempatnya.
  • Periksa arus batas (A). Arus batas adalah tanda posisi kabel sudah tidak bisa diulur lagi.

Baca juga rekomendasi kabel lainnya di sini

Selain menggunakan kabel roll, terminal listrik atau power strip dapat Anda gunakan untuk memperbanyak soket listrik di rumah Anda. Kabel-kabel jenis lain juga dapat berfungsi menyambungkan peralatan listrik dengan sumber listrik. Di bawah ini kami telah menyiapkan artikel mengenai produk kabel terbaik lainnya. 

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi produk kabel roll terbaik. Kabel roll tidak hanya dapat digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Anda juga dapat menggunakannya untuk pekerjaan indoor maupun outdoor, dari penggunaan umum hingga profesional.


Meskipun nyaman untuk berbagai macam pekerjaan, penggunaan kabel roll juga memiliki risiko kecelakaan. Untuk itu, ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan kabel roll, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer