• 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pemutih Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)

Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik secara online maupun di apotek. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merek, mulai dari Lanbena sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Joseph Gunawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dentist, drg. Joseph Gunawan

Profil pakar: Dentist, drg. Joseph Gunawan

Joseph Gunawan adalah seorang dokter gigi yang memiliki passion di bidang estetika. Ia lulus dengan gelar summa cum laude dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran pada 2019.


Saat ini, dokter gigi yang juga merupakan seorang content creator dan entrepreneur ini sedang bekerja di klinik swasta di kota Bandung. Sehari-hari, pria yang akrab dipanggil Joseph ini sering membagikan konten mengenai kesehatan gigi melalui akun media sosialnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pemutih gigi

Produk pemutih gigi dapat dengan mudah ditemukan di apotek, toko obat, bahkan toko online. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih pemutih gigi agar mendapatkan produk yang tepat.

Tentukan tipe berdasarkan fungsi dan kemudahan pemakaian

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui tipe-tipe pemutih gigi. Setiap tipe tentunya memiliki karakteristik tersendiri.

Tipe pasta, mudah digunakan sembari menyikat gigi

Tipe pasta, mudah digunakan sembari menyikat gigi

Pemutih tipe pasta dapat digunakan layaknya pasta gigi biasa sehingga tipe ini adalah yang paling mudah digunakan. Senyawa yang bersifat abrasif dalam pemutih gigi tipe pasta ini akan menghilangkan plak. Alhasil, gigi pun terlihat makin putih. Agar gigi bersih hingga ke bagian sudutnya, pilihlah produk pemutih gigi tipe pasta yang memiliki sedikit busa.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sebenarnya, hampir seluruh pasta gigi yang ada di pasaran saat ini memiliki bahan abrasif berupa sodium lauryl sulfate. Bahan inilah yang akan membantu mengangkat plak gigi dan membuat gigi lebih cerah.


Namun, ada beberapa pasta gigi dengan kandungan pemutih yang mengandung tambahan kandungan bahan lain. Bahan ini biasanya lebih abrasif atau bersifat agak asam dan sedikit membantu membuka pori-pori gigi.

Tipe cair, bisa sekaligus menghilangkan bau mulut

Tipe cair, bisa sekaligus menghilangkan bau mulut
Pemutih gigi tipe cair bisa digunakan dengan cara dikumur atau diaplikasikan ke gigi menggunakan sikat gigi. Senyawa pemutih di dalamnya akan bereaksi terhadap kotoran dan menghilangkan noda sehingga gigi menjadi lebih cerah. Namun, ketahuilah bahwa tipe ini tidak terlalu efektif untuk memutihkan gigi. Tipe ini juga berisiko dapat merusak permukaan gigi dan pipi.


Tipe ini relatif lebih terjangkau dan mudah ditemukan. Tersedia banyak produk keluaran produsen besar yang bisa dipilih. Produk seperti ini biasanya lebih efektif berfungsi sebagai penghilang bau mulut. Tipe ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang peduli dengan kesegaran aroma mulut.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Tipe cair sangatlah jarang untuk bisa memutihkan gigi. Hal ini karena untuk memberikan efek, bahan abrasif harus diaplikasikan dengan tekanan pada gigi. Selain itu, bahan asam yang digunakan pada bleaching dapat merusak permukaan gusi dan pipi apabila dilakukan dengan cara berkumur.

Tipe pen, praktis dibawa dan mudah dipakai langsung pada gigi

Tipe pen, praktis dibawa dan mudah dipakai langsung pada gigi
Produk tipe pen berisi cairan dengan kandungan komponen yang efektif membersihkan gigi. Produk ini mudah diaplikasikan ke gigi, tetapi beberapa merek membutuhkan waktu untuk dapat bekerja dengan optimal. Bila Anda menyukai produk dengan proses yang cepat, Anda dapat memeriksa keterangan tersebut pada kemasan produk.

Karakteristik berikutnya dari tipe pen adalah memiliki bentuk yang ramping dan compact. Bentuk seperti ini tentu tidak akan menyita banyak tempat di dalam tas Anda saat dibawa bepergian.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Tipe pen merupakan tipe pemutih gigi yang sedang marak di pasaran. Tipe ini sejenis dengan tipe gel. Namun, tipe pen lebih mudah diaplikasikan karena dilengkapi dengan bulu-bulu di bagian ujungnya. Karena itu, produk ini dapat digunakan kapan pun dan di mana pun saat dibutuhkan sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Tipe seal, memutihkan gigi secara menyeluruh

Tipe seal, memutihkan gigi secara menyeluruh
Produk tipe seal bekerja memutihkan dengan cara membungkus gigi dan membiarkan komponen pemutih terserap ke dalam gigi. Tipe ini tidak banyak jumlahnya dan agak sulit ditemukan di pasaran. Meski begitu, produk ini banyak diminati karena memberikan hasil yang signifikan.

Namun, jika susunan gigi tidak beraturan, produk akan sulit diaplikasikan secara merata dan hasilnya pun tidak maksimal. Selain itu, produk ini memiliki harga yang cukup tinggi sehingga dari sisi biaya terasa kurang menguntungkan.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Tipe seal juga sering dikenal dengan istilah white strip. Bentuknya seperti bahan plastik yang ditempelkan ke gigi dan nantinya akan larut oleh air ludah. Produk ini bekerja menjadi bahan asam yang akan membuka pori-pori gigi.

Tipe penghapus, membersihkan kotoran dengan tepat

Tipe penghapus, membersihkan kotoran dengan tepat

Layaknya penghapus, Anda bisa menggosokkan tipe ini ke permukaan gigi agar kotoran terangkat. Harganya relatif terjangkau dan dapat digunakan untuk memutihkan gigi tepat di area yang Anda inginkan.


Pemutih gigi tipe penghapus sebagian besar terbuat dari silikon yang mengandung senyawa abrasif. Tipe ini dapat mengikis email gigi bila digosok terlalu keras dan tidak direkomendasikan untuk digunakan terlalu sering. Akan tetapi, produk ini cocok untuk membersihkan gigi secara cepat dan menghilangkan noda yang membandel.

Tipe bubuk, efektif memutihkan dengan interval penggunaan tertentu

Tipe bubuk, efektif memutihkan dengan interval penggunaan tertentu

Pemutih gigi bertipe bubuk atau powder cukup mudah digunakan. Anda hanya perlu menyelupkan sikat gigi pada bubuk, lalu menggosokkannya ke gigi sesuai jangka waktu yang dianjurkan. Beberapa produk dianjurkan untuk dipakai bersamaan dengan pasta gigi atau cukup digosok dengan menggunakan jari. Saat memakai pemutih gigi tipe bubuk, Anda harus berhati-hati agar serbuk tidak bertebaran.


Pemutih gigi tipe bubuk biasanya digunakan untuk produk-produk yang mengandung activated charcoal atau baking soda. Pemutih dengan bahan utama activated charcoal tidak dianjurkan untuk dipakai tiap hari karena berisiko mengikis permukaan enamel gigi. Jadi, jika Anda ingin menambahkan pemutih gigi dengan bahan activated charcoal, pakailah dengan jeda waktu atau interval yang dianjurkan.

Tipe gel, mudah menyerap ke dalam gigi

Tipe gel, mudah menyerap ke dalam gigi

Sama dengan tipe pasta, produk tipe gel juga dapat digunakan sebagaimana pasta gigi biasa. Namun, tipe gel cepat menyerap sehingga dapat membuat gigi tampak lebih putih dalam waktu relatif singkat. Anda dapat menggunakannya setelah menyikat gigi atau sebagai pengganti pasta gigi yang biasa Anda pakai.

Sebagai informasi, beberapa produk tipe gel, ada yang menggunakan bahan abrasif, ada pula yang tidak. Frekuensi pemakaiannya pun bervariasi, mulai dari setiap hari hingga seminggu sekali. Jadi, silakan baca informasi dan petunjuk penggunaannya terlebih dahulu sebelum mulai mengaplikasikannya, ya.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Selain beberapa tipe di atas, ada juga tipe pemutih gigi dengan tipe gel. Tipe gel yang dimaksud sering kali disebut dengan bleaching. Bleaching adalah proses pemutihan gigi oleh senyawa asam atau biasanya hidrogen peroksida.


Bahan ini digunakan untuk membuka pori-pori gigi sementara agar pewarnaan gigi dapat menyeluruh dan gigi berubah warna menjadi putih. Proses pembukaan pori-pori gigi ini hanya berlangsung sementara. Hal ini karena struktur gigi akan melakukan regenerasi secepatnya setelah proses bleaching oleh asam dihentikan.

Kenali bahan aktif dalam produk pemutih gigi

Kenali bahan aktif dalam produk pemutih gigi

Activated charcoal barangkali populer sebagai bahan aktif dalam produk pemutih gigi. Padahal, masih ada beberapa bahan lain yang tak jarang digunakan sebagai bahan aktif produk teeth whitening. Beberapa di antaranya adalah carbamide peroxide, hydrogen peroxide, dan sodium hydroxide. Ketiga senyawa kimia ini cenderung aman untuk pemakaian oral bila digunakan sesuai aturan.


Carbamide peroxide bekerja dengan melunakkan kotoran atau kerak pada gigi. Kemudian, hydrogen peroxide atau hidrogen peroksida merupakan senyawa yang berperan sebagai bleaching agent. Sementara itu, sodium hydroxide atau natrium hidroksida merupakan senyawa yang bermanfaat sebagai pembersih.

10 Rekomendasi pemutih gigi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pemutih gigi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Crest 3D Whitestrips Professional Effects Teeth Whitening Strips menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Unilever Closeup White Attraction Mineral Clay & Acai Berry memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Joseph Gunawan.

Gambar produk
1
Unilever Closeup White Attraction Mineral Clay & Acai Berry 1

Unilever

2
BREYLEE  Teeth Whitening Pen 1

BREYLEE

3
Click Natural Toothpaste Whitening + All Out Protection 1

Click

4
ORALUV  Toothpowder Whitening 1

ORALUV

5
Spark Innovators Luma Smile 1

Spark Innovators

6
SYB Teeth Whitening Charcoal  1

SYB

7
Beaudelab  Professional Teeth Whitening Pen 1

Beaudelab

8
Lanbena Teeth Whitening Essence 1

Lanbena

9
Procter & Gamble Oral-B 3D White Luxe Advance Seal Whitestrips  1

Procter & Gamble

10
Crest 3D Whitestrips 1 Hour Express 1

Crest

Nama produk

Closeup White Attraction Mineral Clay & Acai Berry

Teeth Whitening Pen

Natural Toothpaste Whitening + All Out Protection

Toothpowder Whitening

Luma Smile

Teeth Whitening Charcoal

Professional Teeth Whitening Pen

Teeth Whitening Essence

Oral-B 3D White Luxe Advance Seal Whitestrips

3D Whitestrips 1 Hour Express

Keunggulan

Hindarkan gigi dari masalah gigi berlubang

Putihkan gigi sekaligus segarkan napas Anda

Rasa peach mint-nya unik dan menyegarkan

Teeth whitening yang dapat membantu membersihkan karang gigi

Bebaskan gigi dari kotoran yang membuatnya tampak kuning

Memutihkan tanpa mengikis lapisan pelindung gigi

Berukuran compact, praktis dibawa bepergian

Bersihkan tuntas plak bekas rokok, teh, dan kopi

Minimalkan timbulnya rasa ngilu dengan produk ini

Putihkan gigi Anda dalam 1 jam saja!

Harga mulai dariRp 19.000,00Rp 120.000,00Rp 39.900,00Rp 85.000,00Rp 23.000,00Rp 45.000,00Rp 49.000,00Rp 22.500,00Rp 32.900,00Rp 55.000,00
TipePastaPenGelBubukPenghapusBubukPenCairSealSeal
Komposisi utamaMineral clay, acai berryGlycerin, carbamide peroxide, peppermint oilHimalayan pink saltBaking soda, bentonite clay, kaolin, spearmint extractTPR, ABS, rubberSorbitol, glycerin, sodium phosphate, sodium bicarbonate, charcoal powder, Aloe vera leaf extract, flavor, triclosanAquadestillata, PAP, phenoxyethanolMagnolia, asarum, Angelica dahurica, Gleditsiae sinensis fructus, thymeAcrylates copolymer, hydrogen peroxide, sodium hydroxidePVP, PEG-8, acrylates copolymer, hydrogen peroxide, sodium hydroxide, sodium saccharin
Isi100 g3 ml100 g30 g, 80 g1 buah mesin dan 4 penghapus cadangan50 gramTidak disebutkan10 ml1 strip1 strip
Tautan produk
10
TipeSeal
Komposisi utamaPVP, PEG-8, acrylates copolymer, hydrogen peroxide, sodium hydroxide, sodium saccharin
Isi1 strip
9

Procter & GambleOral-B 3D White Luxe Advance Seal Whitestrips

Mulai dari Rp 32.900,00

TipeSeal
Komposisi utamaAcrylates copolymer, hydrogen peroxide, sodium hydroxide
Isi1 strip
8
TipeCair
Komposisi utamaMagnolia, asarum, Angelica dahurica, Gleditsiae sinensis fructus, thyme
Isi10 ml
7

Beaudelab Professional Teeth Whitening Pen

Mulai dari Rp 49.000,00

TipePen
Komposisi utamaAquadestillata, PAP, phenoxyethanol
IsiTidak disebutkan
6
TipeBubuk
Komposisi utamaSorbitol, glycerin, sodium phosphate, sodium bicarbonate, charcoal powder, Aloe vera leaf extract, flavor, triclosan
Isi50 gram
5
TipePenghapus
Komposisi utamaTPR, ABS, rubber
Isi1 buah mesin dan 4 penghapus cadangan
4
TipeBubuk
Komposisi utamaBaking soda, bentonite clay, kaolin, spearmint extract
Isi30 g, 80 g
3

ClickNatural Toothpaste Whitening + All Out Protection

Mulai dari Rp 39.900,00

TipeGel
Komposisi utamaHimalayan pink salt
Isi100 g
2
TipePen
Komposisi utamaGlycerin, carbamide peroxide, peppermint oil
Isi3 ml
1

UnileverCloseup White Attraction Mineral Clay & Acai Berry

Mulai dari Rp 19.000,00

TipePasta
Komposisi utamaMineral clay, acai berry
Isi100 g

Sesuaikan cara dengan hasil yang diinginkan

Kami telah memberikan rekomendasi berbagai produk pemutih gigi. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan poin-poin berikut sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Hasil dari produk pemutih gigi di pasaran

Hasil dari produk pemutih gigi di pasaran

Produk-produk di atas adalah pemutih gigi yang tersedia di pasaran. Jika pergi ke dokter gigi, dokter akan menggunakan bahan kimia dan alat kedokteran untuk memutihkan gigi secara instan. Perlu diingat bahwa membandingkan hasil pemutihan gigi di dokter gigi dengan pemutih gigi di pasaran tidaklah tepat. Pemutih gigi mungkin akan terasa kurang efektif dan hanya sedikit lebih baik dari pasta gigi.


Sebetulnya, jika Anda memilih produk sesuai panduan yang telah diberikan, Anda akan merasakan efek dari pemutih gigi. Tentu saja hasilnya bisa terlihat dengan pemakaian teratur dan berkelanjutan. Namun, pahamilah bahwa fungsi utama pemutih gigi adalah mengembalikan gigi ke warna asli sebelum tertutup oleh noda dan kotoran.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Hasil yang Anda dapatkan dari produk yang ada di pasaran mungkin saja memuaskan. Namun, perlu diperhatikan sampai batas manakah gigi Anda dapat menerima bahan pemutih sebelum terjadi kerusakan. Berhati-hatilah karena pemutih gigi bisa menyebabkan hipersensitivitas.

Konsultasikan ke dokter gigi jika ingin gigi lebih putih

Konsultasikan ke dokter gigi jika ingin gigi lebih putih
Banyak produk pemutih gigi berkualitas yang beredar di pasaran. Namun, sisi gigi yang mengarah ke dalam biasanya sulit dijangkau oleh pemutih gigi. Untuk hal ini, ada baiknya Anda melakukan perawatan ke dokter gigi untuk membersihkan semua plak dan karang gigi.

Setelah dokter gigi membersihkan gigi secara menyeluruh, lanjutkan perawatan di rumah dengan produk pemutih gigi pilihan Anda. Dengan demikian, proses perawatan gigi akan jadi lebih mudah dan membutuhkan waktu yang lebih singkat.


Selain itu, jika menginginkan gigi lebih putih dari warna asli, lakukanlah dengan bantuan dokter gigi. Proses memutihkan gigi ini dikenal dengan istilah bleaching. Meski biayanya tidaklah murah, warna gigi bisa menjadi lebih putih satu atau dua tingkat dibandingkan sebelumnya.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Produk-produk dengan komposisi mirip yang ada di pasaran sering kali dianjurkan juga oleh dokter gigi. Hal ini merupakan usaha maintenance dari perawatan bleaching atau pemutihan gigi oleh dokter gigi. Namun, perlu diperhatikan bahwa proses awal dari pemutihan gigi sebaiknya dilakukan di dokter gigi. Poin ini penting agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal, tetapi dengan efek samping seminimal mungkin.

Tidak nyaman dengan penggunaan bahan kimia? Pakailah pemutih gigi alami!

Tidak nyaman dengan penggunaan bahan kimia? Pakailah pemutih gigi alami!

Apabila Anda merasa kurang nyaman pergi ke dokter gigi atau menggunakan pemutih yang kami rekomendasikan, cobalah pemutih gigi alami. Buah-buahan sering diandalkan menjadi pemutih gigi alami karena zat baik yang terkandung di dalamnya.


Cobalah hancurkan buah stroberi, lalu oleskan pada gigi Anda. Biarkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan cara menggosok gigi. Selain rasanya menyegarkan, buah stroberi juga mengandung asam malat untuk membersihkan gigi.


Kulit pisang juga sering disebut-sebut sebagai salah satu pemutih gigi alami. Cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam ke gigi Anda selama 2 menit. Setelah itu, berkumurlah seperti biasa.


Terakhir, sari buah lemon juga patut Anda coba. Campurkan sari buah lemon dengan garam atau baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi, lalu diamkan selama 2 menit. Lanjutkan dengan berkumur dan menggosok gigi Anda. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Baca juga rekomendasi perawatan gigi lainnya di sini

Selain pemutih gigi, Anda juga dapat mempertimbangkan produk perawatan gigi lainnya. Tenang saja, kami sudah menyiapkan beberapa artikel yang mungkin menarik untuk Anda. Selamat menyimak melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Gigi putih cemerlang sudah pasti akan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, tidak perlu khawatir jika saat ini Anda memiliki masalah dengan warna gigi. Berbagai tipe pemutih gigi banyak dijual di pasaran dan mudah digunakan.


Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya! Jadikan artikel ini sebagai referensi dan segera dapatkan produk pemutih gigi terbaik yang Anda perlukan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat. Anda bisa memilih pasta gigi dengan fluoride, untuk gigi sensitif, mengatasi bau mulut, dan lainnya.Ada berbagai merek pasta gigi yang bagus di pasaran, seperti Pepsodent, Sensodyne, Click, dan Enzim. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride maupun tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memasuki usia 1 tahun, gigi si kecil akan makin lengkap. Makanan yang dikonsumsi si kecil tentunya juga makin beragam. Untuk itu, para orang tua sudah mulai harus menyikat gigi si kecil dengan odol untuk anak 1 tahun.Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan pasta gigi yang bagus untuk si kecil. Untuk itu, silakan simak cara memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun beserta sepuluh rekomendasi produknya. Merek pasta gigi 1 tahun seperti Jack and Jill, dan Pigeon akan kami ulas di sini. Selamat membaca!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Di pasaran tersedia berbagai pilihan produk, mulai dari pasta gigi anak yang mengandung fluoride, xylitol, dan sebagainya. Saat ini Anda bahkan bisa menemukan pasta gigi untuk anak 6 bulan yang aman jika tertelan. Pemilihan pasta gigi anak yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, kami sudah menyiapkan tips memilih pasta gigi anak yang bagus sekaligus rekomendasi produknya. Ada beragam merek, seperti Pigeon, Kodomo, hingga Pepsodent. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan zat abrasifnya. Namun, banyaknya produk odol pemutih gigi di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilihnya.Kali ini kami akan membahas cara memilih pasta gigi yang bagus untuk memutihkan gigi. Kami juga akan mengulas rekomendasi pasta gigi pemutih gigi terbaik, seperti merek Pepsodent, Sensodyne, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat untuk gigi tampak putih memesona!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah menyikat gigi, sebaiknya Anda menggunakan obat kumur atau mouthwash untuk memaksimalkan perawatan gigi dan mulut. Obat kumur dapat mengatasi berbagai masalah mulut dan gigi, seperti bau mulut, seriawan, dan sakit gigi. Anda bisa memilih obat kumur terbaik dari merek Listerine, Betadine, Pepsodent, atau lainnya.Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas cara memilih obat kumur yang bagus. Tidak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi obat kumur untuk Anda. Cek juga komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin dalam memilih. Silakan baca artikel ini sampai selesai!
    Perawatan gigi & mulut
  • 10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasta Gigi Charcoal Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini pasta gigi berbahan charcoal atau arang aktif memang sedang naik daun. Pasta gigi charcoal terkenal karena dipercaya memiliki banyak manfaat seperti memutihkan gigi dan menjaga kebersihan rongga mulut. Berbagai merk ternama, seperti Pepsodent, Darlie, dan Colgate juga telah mengeluarkan produk pasta gigi charcoal.Di artikel ini kami akan membagikan review pasta gigi charcoal beserta komentar tambahan dari dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Agar memudahkan Anda, kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi charcoal yang bagus. Yuk, baca sampai habis!
    Perawatan gigi & mulut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori