• 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pemutih Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Gigi kekuningan berpotensi mengurangi kepercayaan diri Anda. Untungnya, sekarang ada banyak cara untuk memutihkan gigi kuning. Apabila pemutih gigi alami masih kurang ampuh untuk menghapus noda kekuningan, Anda bisa mencoba obat pemutih gigi.

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi pemutih gigi terbaik yang mudah ditemukan, baik online maupun di apotik. Produk yang direkomendasikan juga datang dari berbagai merk, mulai dari Nu Skin sampai Crest. Baca juga tips memilih pemutih gigi yang bagus dari dokter gigi, drg. Joseph Gunawan. Di akhir artikel, kami juga akan memberitahukan cara alami memutihkan gigi. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drg. Joseph Gunawan
  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2021
  • 118.239 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter gigi drg. Joseph Gunawan

Berkolaborasi dengan dokter gigi drg. Joseph Gunawan

Joseph Gunawan adalah seorang dokter gigi yang memiliki passion di bidang estetika. Ia lulus dengan gelar summa cum laude dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran pada 2019.


Saat ini, dokter gigi yang juga merupakan seorang content creator dan entrepreneur ini sedang bekerja di klinik swasta di kota Bandung. Sehari-hari, pria yang akrab dipanggil Joseph ini sering membagikan konten mengenai kesehatan gigi melalui akun media sosialnya.

Cara memilih pemutih gigi

Produk pemutih gigi dapat dengan mudah ditemukan di apotek, toko obat, bahkan toko online. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih pemutih gigi agar mendapatkan produk yang tepat.

Tentukan tipe berdasarkan fungsi dan kemudahan pemakaian

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui tipe-tipe pemutih gigi. Masing-masing tipe memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pilihlah tipe favorit yang harganya masuk dalam bujet Anda!

Tipe pasta, mudah digunakan sembari menyikat gigi

Tipe pasta, mudah digunakan sembari menyikat gigi

Pemutih tipe pasta dapat digunakan layaknya pasta gigi biasa sehingga tipe ini adalah yang paling mudah digunakan. Senyawa yang bersifat abrasif dalam pemutih gigi tipe pasta ini akan menghilangkan plak. Alhasil, gigi pun terlihat makin putih. Agar gigi bersih hingga ke bagian sudutnya, pilihlah produk pemutih gigi tipe pasta yang memiliki sedikit busa.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sebenarnya, hampir seluruh pasta gigi yang ada di pasaran saat ini memiliki bahan abrasif berupa sodium lauryl sulfate. Bahan inilah yang akan membantu mengangkat plak gigi dan membuat gigi lebih cerah. 


Namun, ada beberapa pasta gigi dengan kandungan pemutih yang mengandung tambahan kandungan bahan lain. Bahan ini biasanya lebih abrasif atau bersifat agak asam dan sedikit membantu membuka pori-pori gigi.

Tipe cair, bisa sekaligus menghilangkan bau mulut

Tipe cair, bisa sekaligus menghilangkan bau mulut
Pemutih gigi tipe cair bisa digunakan dengan cara dikumur atau diaplikasikan ke gigi menggunakan sikat gigi. Senyawa pemutih di dalamnya akan bereaksi terhadap kotoran dan menghilangkan noda sehingga gigi menjadi lebih cerah. Namun, ketahuilah bahwa tipe ini tidak terlalu efektif untuk memutihkan gigi. Tipe ini juga berisiko dapat merusak permukaan gigi dan pipi.


Tipe ini relatif lebih terjangkau dan mudah ditemukan di online shop, toko obat, dan apotek. Tersedia banyak produk keluaran produsen besar yang bisa dipilih. Produk seperti ini biasanya lebih efektif berfungsi sebagai penghilang bau mulut. Tipe ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang peduli dengan kesegaran aroma mulut.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Tipe cair sangatlah jarang untuk bisa memutihkan gigi. Hal ini karena untuk memberikan efek, bahan abrasif harus diaplikasikan dengan tekanan pada gigi. Selain itu, bahan asam yang digunakan pada bleaching dapat merusak permukaan gusi dan pipi apabila dilakukan dengan cara berkumur.

Tipe pen, praktis dibawa dan mudah dipakai langsung pada gigi

Tipe pen, praktis dibawa dan mudah dipakai langsung pada gigi
Produk tipe pen berisi cairan dengan kandungan komponen yang efektif membersihkan gigi. Produk ini mudah diaplikasikan ke gigi, tetapi beberapa merek membutuhkan waktu untuk dapat bekerja dengan optimal. Bila Anda menyukai produk dengan proses yang cepat, Anda dapat memeriksa keterangan tersebut pada kemasan produk.

Karakteristik berikutnya dari tipe pen adalah memiliki bentuk yang ramping dan compact. Bentuk seperti ini tentu tidak akan menyita banyak tempat di dalam tas Anda saat dibawa bepergian.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Tipe pen merupakan tipe pemutih gigi yang sedang marak di pasaran. Tipe ini sejenis dengan tipe gel. Namun, tipe pen lebih mudah diaplikasikan karena dilengkapi dengan bulu-bulu di bagian ujungnya. Karena itu, produk ini dapat digunakan kapan pun dan di mana pun saat dibutuhkan sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Tipe seal, memutihkan gigi secara menyeluruh

Tipe seal, memutihkan gigi secara menyeluruh
Produk tipe seal bekerja memutihkan dengan cara membungkus gigi dan membiarkan komponen pemutih terserap ke dalam gigi. Tipe ini tidak banyak jumlahnya dan agak sulit ditemukan di pasaran. Meski begitu, produk ini banyak diminati karena memberikan hasil yang signifikan.

Namun, jika susunan gigi tidak beraturan, produk akan sulit diaplikasikan secara merata dan hasilnya pun tidak maksimal. Selain itu, produk ini memiliki harga yang cukup tinggi sehingga dari sisi biaya terasa kurang menguntungkan.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Tipe seal juga sering dikenal dengan istilah white strip. Bentuknya seperti bahan plastik yang ditempelkan ke gigi dan nantinya akan larut oleh air ludah. Produk ini bekerja menjadi bahan asam yang akan membuka pori-pori gigi.

Tipe penghapus, membersihkan kotoran dengan tepat

Tipe penghapus, membersihkan kotoran dengan tepat

Layaknya penghapus, Anda bisa menggosokkan tipe ini ke permukaan gigi agar kotoran terangkat. Harganya relatif terjangkau dan dapat digunakan untuk memutihkan gigi tepat di area yang Anda inginkan.


Pemutih gigi tipe penghapus sebagian besar terbuat dari silikon yang mengandung senyawa abrasif. Tipe ini dapat mengikis email gigi bila digosok terlalu keras dan tidak direkomendasikan untuk digunakan terlalu sering. Akan tetapi, produk ini cocok untuk membersihkan gigi secara cepat dan menghilangkan noda yang membandel.

Tipe bubuk, efektif memutihkan dengan interval penggunaan tertentu

Tipe bubuk, efektif memutihkan dengan interval penggunaan tertentu

Pemutih gigi bertipe bubuk atau powder cukup mudah digunakan. Anda hanya perlu menyelupkan sikat gigi pada bubuk, lalu menggosokkannya ke gigi dalam jangka waktu yang dianjurkan. Beberapa produk dianjurkan untuk dipakai bersamaan dengan pasta gigi atau cukup digosok dengan menggunakan jari. Saat memakai pemutih gigi tipe bubuk, Anda harus berhati-hati agar serbuk tidak bertebaran.


Pemutih gigi tipe bubuk biasanya digunakan untuk produk-produk yang mengandung activated charcoal atau baking soda. Pemutih dengan bahan utama activated charcoal tidak dianjurkan untuk dipakai tiap hari karena berisiko mengikis permukaan enamel gigi. Jadi, jika Anda ingin menambahkan pemutih gigi dengan bahan activated charcoal, pakailah dengan jeda waktu atau interval yang dianjurkan.

Kenali bahan aktif dalam produk pemutih gigi

Kenali bahan aktif dalam produk pemutih gigi

Activated charcoal barangkali populer sebagai bahan aktif dalam produk pemutih gigi. Padahal masih ada beberapa bahan lain yang tak jarang digunakan sebagai bahan aktif produk teeth whitening. Di antaranya adalah carbamide peroxide, hydrogen peroxide, dan sodium hydroxide. Ketiga senyawa kimia ini cenderung aman untuk pemakaian oral bila digunakan sesuai aturan.


Carbamide peroxide bekerja dengan melunakan kotoran atau kerak pada gigi. Kemudian, hydrogen peroxide atau hidrogen peroksida merupakan senyawa yang berperan sebagai bleaching agent. Sementara itu, sodium hydroxide atau natrium hidroksida merupakan senyawa yang bermanfaat sebagai pembersih. 

Pilih yang harganya terjangkau untuk pemakaian jangka panjang

Pilih yang harganya terjangkau untuk pemakaian jangka panjang

Anda perlu mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli pemutih gigi. Alasannya, meski gigi sudah bersih setelah menggunakan pemutih gigi, minuman seperti kopi dan teh akan membuat noda datang kembali. Untuk itulah Anda perlu menggunakan pemutih gigi secara berkelanjutan agar gigi tetap bersih dan putih. 


Perawatan untuk memutihkan gigi sebaiknya rutin dilakukan. Karena itu, pilihlah produk dengan harga yang dapat dijangkau untuk pembelian jangka panjang. Hal ini akan lebih efektif dibanding memilih produk mahal yang hanya dipakai satu kali. Terlebih lagi, pemutih gigi akan memberikan hasil terbaik bila digunakan secara berulang. Jadi, pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan anggaran Anda.

10 Rekomendasi pemutih gigi terbaik

Di bawah ini, kami tampilkan sepuluh rekomendasi pemutih gigi terbaik dalam berbagai tipe. Produk di bawah ini merupakan pilihan kami dan bukan rekomendasi dari drg. Joseph Gunawan. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat memilih!

10
TipeCair
Komposisi utamaCarbamide peroxide, hydrogen peroxide, dan sodium hydroxide
Isi20 ml pemutih gigi dan 20 ml penyegar mulut
9

SYB InternationalCharcoal Teeth Whitening

Mulai dari Rp 35.000,00

TipeBubuk
Komposisi utamaSorbitol, glycerin, sodium phosphate, sodium bicarbonate, charcoal powder, Aloe vera leaf extract, flavor, triclosan
Isi50 gram
8
TipeCair
Komposisi utamaSodium bicarbonate, phytic acid, dan propolis extract
Isi600 ml
7
TipePenghapus
Komposisi utamaTPR + ABS + rubber
Isi120 gr
6
TipeBubuk
Komposisi utamaBaking soda, bentonite clay, unrefined seasalt, xylitol, spearmint essential oil
Isi80 gram
5
TipeCair
Komposisi utamaWater, magnolia, asarum, Angelica dahurica, Gleditsiae sinensis fructus, thyme, borax, menthol
Isi10 ml
4

Dazzling WhiteProfessional Strength Whitening Pen

Mulai dari Rp 56.500,00

TipePen
Komposisi utamaPurified water, SDA 38B, polyvinyl pyrrolidone, polyethylene glycol, hydrogen peroxide.
Isi2 gr
3
TipePasta
Komposisi utamaEkstrak tea tree oil, ekstrak Melaleuva altemifolia, ekstrak Chrysanthemum morifolium
Isi135 gr
2

Nu Skin EnterprisesAP 24® Whitening Fluoride Toothpaste

Mulai dari Rp 51.400,00

TipePasta
Komposisi utamaSodium monofluorophosphate .76% (0.15% w/v fluoride ion)
Isi110 gr
1

Crest3D Whitestrips Professional Effects Teeth Whitening Strips

Mulai dari Rp 905.000,00

TipeSeal
Komposisi utamaPVP, water, PEG-8, acrylates copolymer, hydrogen peroxide, sodium hydroxide, sodium saccharin
Isi40 strip (20 kali pemakaian)

Tabel perbandingan produk pemutih gigi terbaik

Gambar produk
1
Crest 3D Whitestrips Professional Effects Teeth Whitening Strips 1

Crest

2
Nu Skin Enterprises AP 24® Whitening Fluoride Toothpaste 1

Nu Skin Enterprises

3
Tiens Herbal Super Whitening Teeth 1

Tiens Herbal

4
Dazzling White Professional Strength Whitening Pen 1

Dazzling White

5
Lanbena Teeth Whitening Essence 1

Lanbena

6
Oraluv Shine Whitening Tooth Powder 1

Oraluv Shine

7
Spark Innovators Luma Smile 1

Spark Innovators

8
Propolinse Dental Whitening 1

Propolinse

9
SYB International Charcoal Teeth Whitening 1

SYB International

10
Clean and Natural Cleanness Pemutih Gigi 1

Clean and Natural

Nama produk

3D Whitestrips Professional Effects Teeth Whitening Strips

AP 24® Whitening Fluoride Toothpaste

Super Whitening Teeth

Professional Strength Whitening Pen

Teeth Whitening Essence

Whitening Tooth Powder

Luma Smile

Dental Whitening

Charcoal Teeth Whitening

Cleanness Pemutih Gigi

Keunggulan

Ingin memutihkan gigi sambil beraktivitas? Pilihlah produk ini!

Pemutih gigi all-in-one atasi segala masalah gigi Anda

Satu pasta gigi untuk memutihkan dan mencegah infeksi gigi

Berukuran compact, praktis dibawa bepergian

Bersihkan tuntas plak bekas rokok, teh, dan kopi

Memutihkan sekaligus membantu membersihkan karang gigi

Noda pada gigi hilang, gigi sensitif pun aman

Gigi putih dengan duet baking soda dan phytic acid

Memutihkan tanpa mengikis lapisan pelindung gigi

Putihkan gigi sekaligus segarkan napas Anda

Harga mulai dariRp 905.000,00Rp 51.400,00Rp 75.500,00Rp 56.500,00Rp 45.820,00Rp 95.000,00Rp 32.000,00Rp 260.000,00Rp 35.000,00Rp 78.000,00
TipeSealPastaPastaPenCairBubukPenghapusCairBubukCair
Komposisi utamaPVP, water, PEG-8, acrylates copolymer, hydrogen peroxide, sodium hydroxide, sodium saccharinSodium monofluorophosphate .76% (0.15% w/v fluoride ion)Ekstrak tea tree oil, ekstrak Melaleuva altemifolia, ekstrak Chrysanthemum morifoliumPurified water, SDA 38B, polyvinyl pyrrolidone, polyethylene glycol, hydrogen peroxide.Water, magnolia, asarum, Angelica dahurica, Gleditsiae sinensis fructus, thyme, borax, mentholBaking soda, bentonite clay, unrefined seasalt, xylitol, spearmint essential oilTPR + ABS + rubberSodium bicarbonate, phytic acid, dan propolis extractSorbitol, glycerin, sodium phosphate, sodium bicarbonate, charcoal powder, Aloe vera leaf extract, flavor, triclosanCarbamide peroxide, hydrogen peroxide, dan sodium hydroxide
Isi40 strip (20 kali pemakaian)110 gr135 gr2 gr10 ml80 gram120 gr600 ml50 gram20 ml pemutih gigi dan 20 ml penyegar mulut
Tautan produk

Sesuaikan cara dengan hasil yang diinginkan

Kami telah memberikan rekomendasi berbagai produk pemutih gigi. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan poin-poin berikut sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Hasil dari produk pemutih gigi di pasaran

Hasil dari produk pemutih gigi di pasaran

Produk-produk di atas adalah pemutih gigi yang tersedia di pasaran. Jika pergi ke dokter gigi, dokter akan menggunakan bahan kimia dan alat kedokteran untuk memutihkan gigi secara instan. Perlu diingat bahwa membandingkan hasil pemutihan gigi di dokter gigi dengan pemutih gigi di pasaran tidaklah tepat. Pemutih gigi mungkin akan terasa kurang efektif dan hanya sedikit lebih baik dari pasta gigi.


Sebetulnya, jika Anda memilih produk sesuai panduan yang telah diberikan, Anda akan merasakan efek dari pemutih gigi. Tentu saja hasil bisa didapat dengan pemakaian teratur dan berkelanjutan. Pahami bahwa fungsi utama pemutih gigi adalah mengembalikan gigi ke warna asli sebelum tertutup oleh noda dan kotoran.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Hasil yang Anda dapatkan dari produk yang ada di pasaran mungkin saja memuaskan. Namun, perlu diperhatikan sampai batas manakah gigi Anda dapat menerima bahan pemutih sebelum terjadi kerusakan. Berhati-hatilah karena pemutih gigi bisa menyebabkan hipersensitivitas. 

Konsultasikan ke dokter gigi jika ingin gigi lebih putih

Konsultasikan ke dokter gigi jika ingin gigi lebih putih
Banyak produk pemutih gigi berkualitas yang beredar di pasaran. Namun, sisi gigi yang mengarah ke dalam biasanya sulit dijangkau oleh pemutih gigi. Untuk hal ini, ada baiknya Anda melakukan perawatan ke dokter gigi untuk membersihkan semua plak dan karang gigi.

Setelah dokter gigi membersihkan gigi secara menyeluruh, lanjutkan perawatan di rumah dengan produk pemutih gigi pilihan Anda. Dengan demikian, proses perawatan gigi akan jadi lebih mudah dan membutuhkan waktu yang lebih singkat.


Selain itu, jika menginginkan gigi lebih putih dari warna asli, lakukanlah dengan bantuan dokter gigi. Proses memutihkan gigi ini dikenal dengan istilah bleaching. Meski biayanya tidaklah murah, warna gigi bisa menjadi lebih putih satu atau dua tingkat dibanding sebelumnya.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Produk-produk dengan komposisi mirip yang ada di pasaran sering kali dianjurkan juga oleh dokter gigi. Hal ini merupakan usaha maintenance dari perawatan bleaching atau pemutihan gigi oleh dokter gigi. Namun, perlu diperhatikan bahwa proses awal dari pemutihan gigi sebaiknya dilakukan di dokter gigi. Poin ini penting agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal, tetapi dengan efek samping seminimal mungkin.

Tidak nyaman dengan penggunaan bahan kimia? Pakailah pemutih gigi alami!

Tidak nyaman dengan penggunaan bahan kimia? Pakailah pemutih gigi alami!

Apabila Anda merasa kurang nyaman pergi ke dokter gigi atau menggunakan pemutih yang kami rekomendasikan, cobalah pemutih gigi alami. Buah-buahan sering diandalkan menjadi pemutih gigi alami karena zat baik yang terkandung di dalamnya. 


Cobalah hancurkan buah stroberi, lalu oleskan pada gigi Anda. Biarkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan cara menggosok gigi. Selain rasanya menyegarkan, buah stroberi juga mengandung asam malat untuk membersihkan gigi. 


Kulit pisang juga sering disebut-sebut sebagai salah satu pemutih gigi alami. Cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam ke gigi Anda selama dua menit. Setelah itu, berkumurlah untuk membersihkannya dari mulut Anda. 


Terakhir, sari buah lemon juga patut Anda coba. Campurkan sari buah lemon dengan garam atau baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi, lalu diamkan selama dua menit. Lanjutkan dengan berkumur dan menggosok gigi Anda. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Tips dari dokter gigi kami, drg. Joseph Gunawan

Tips dari dokter gigi kami, drg. Joseph Gunawan

Selain beberapa tipe di atas, ada juga tipe pemutih gigi dengan tipe gel. Tipe gel yang dimaksud sering kali disebut dengan bleaching. Bleaching adalah proses pemutihan gigi oleh senyawa asam atau biasanya hidrogen peroksida. 


Bahan ini digunakan untuk membuka pori-pori gigi sementara agar pewarnaan gigi dapat menyeluruh dan gigi berubah warna menjadi putih. Proses pembukaan pori-pori gigi ini hanya berlangsung sementara. Hal ini karena struktur gigi akan melakukan regenerasi secepatnya setelah proses bleaching oleh asam dihentikan.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Selain pemutih gigi, Anda juga dapat pertimbangkan produk perawatan gigi lainnya. Tenang saja, kami sudah siapkan beberapa artikel yang merekomendasikan produk-produk terbaik. Semoga semua artikel yang kami sajikan membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Selamat menyimak melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Gigi putih cemerlang sudah pasti akan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, tidak perlu khawatir jika saat ini Anda memiliki masalah dengan warna gigi. Berbagai tipe pemutih gigi banyak dijual di pasaran dan mudah digunakan.


Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya! Jadikan artikel ini sebagai referensi dan segera dapatkan produk pemutih gigi terbaik yang Anda perlukan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Lebih Sehat (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi menggunakan pasta gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar gigi terhindar dari kerusakan. Kebanyakan orang masih bingung pasta gigi mana yang tepat karena berbagai produk hadir dengan kandungan dan manfaat yang berbeda. Di pasaran ada berbagai merek pasta gigi yang bisa Anda temukan, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Formula. Kali ini kami akan menginformasikan cara memilih pasta gigi, baik yang mengandung fluoride atau tanpa deterjen. Cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, dan temukan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk gigi lebih sehat. 
    Perawatan gigi & mulut
    130.589 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Mempunyai gigi putih merupakan impian bagi banyak orang. Bila Anda hendak membeli pasta gigi pemutih, ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kandungan atau daya abrasifnya. Namun, banyaknya produk pasta gigi pemutih yang dijual di pasaran bisa membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih pasta gigi untuk memutihkan gigi. Setelah itu, kami juga akan mengulas rekomendasi beberapa produk keluaran Pepsodent, Sensodyne, dan produk lainnya. Mari simak dan dapatkan produk yang tepat agar Anda mempunyai gigi putih yang memesona!
    Perawatan gigi & mulut
    131.545 Views
  • 10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Kumur Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Obat kumur atau mouthwash adalah produk perawatan gigi yang dapat mengatasi berbagai masalah mulut. Sakit gigi, sariawan, sampai bau mulut bisa Anda atasi jika rutin menggunakannya. Berbagai merk obat kumur yang bagus, seperti Minosep, Sensodyne, dan Listerine juga mudah Anda temukan di pasaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mouthwash terbaik. Tidak ketinggalan, kami juga akan membagikan rekomendasi obat kumur yang tepat untuk Anda. Jangan lupa, cek komentar dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza, agar Anda makin yakin memilihnya. Langsung saja, mari disimak!
    Perawatan gigi & mulut
    108.225 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Masalah Gusi (Terbaru Tahun 2021)
    Munculnya masalah gusi, seperti gusi yang turun, berdarah, bengkak, hingga abses, ternyata bukan hal sepele, lho. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi untuk sakit gigi saja, tetapi harus memakai produk khusus. Pasta gigi khusus untuk mengatasi gusi yang sering bengkak biasanya mengandung bahan antibakteri atau antiinflamasi.Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pasta gigi untuk masalah gusi. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sepuluh produk yang bagus dari berbagai merk. Pepsodent, Sensodyne, hingga Enzim merupakan beberapa contohnya. Jadi, ikuti terus artikel ini, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    51.065 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah gigi Anda terasa ngilu saat terkena makanan panas atau minuman dingin? Bisa saja Anda memiliki gigi yang sensitif. Rasa ngilu akibat gigi berlubang atau sensitif tentunya terasa sangat menyiksa, ya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.Kali ini, kami bekerja sama dengan drg. Joseph Gunawan untuk memberikan tips memilih pasta gigi terbaik untuk gigi sensitif. Temukan juga merk pasta gigi sensitif yang bagus, seperti Pepsodent, Sensodyne, dan Colgate. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih pasta gigi khusus gigi sensitif, ya!
    Perawatan gigi & mulut
    50.542 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa bahan herbal memang sudah terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Tidak heran bila kemudian beberapa merek pasta gigi mulai menambahkan bahan herbal di dalamnya. Penambahan herbal tersebut tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan gigi para konsumen.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih pasta gigi herbal yang aman dan bermanfaat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk pasta gigi herbal terbaik, seperti Pepsodent, Sasha, Formula, dan lainnya. Simak terus artikel ini dan temukan produk yang sesuai kebutuhan Anda!
    Perawatan gigi & mulut
    4.358 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori