10 Rekomendasi Tongkat Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tongkat Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu alat penting dalam olahraga baseball adalah bat atau tongkat pemukul. Tongkat baseball yang tersedia di pasaran ada yang terbuat dari kayu atau logam dengan daya pukul mumpuni. Untuk  mendapatkan tongkat baseball terbaik, Anda harus menyesuaikan berat, panjang, dan tinggi tongkat dengan kondisi fisik Anda.

Anda akan menemukan tongkat baseball dengan merek Rawlings, Louisville, Easton, dan sebagainya beredar di pasaran. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi tongkat baseball terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih tongkat baseball

Tongkat pemukul yang mengenai bola akan mempengaruhi batting average serta kesempatan pemukul untuk berlari. Lalu, bagaimana cara memilih tongkat baseball yang sesuai? Mari simak tulisan di bawah ini untuk membantu Anda memilih tongkat baseball yang dapat meningkatkan kemampuan batting Anda.

Pilih yang sesuai dengan kondisi fisik Anda

Pilih yang sesuai dengan kondisi fisik Anda

Setiap pemain memiliki kondisi fisik seperti tinggi badan dan kekuatan yang berbeda. Seperti halnya pakaian dan sepatu yang mengikuti ukuran pemakainya, tongkat baseball juga dipilih sesuai dengan postur tubuh, tinggi badan, dan kekuatan pemainnya. Poin ini penting untuk diperhatikan terutama pada permainan baseball remaja karena penggunanya masih akan terus mengalami pertumbuhan dan perubahan fisik.

Umumnya, pemain dengan tubuh dan kekuatan besar menggunakan tongkat yang panjang dan berat, sedangkan pemain dengan tubuh kecil dan kekuatan lebih kecil menggunakan tongkat pendek dan ringan. Meskipun tidak selalu bisa dijadikan patokan karena adanya perbedaan antar individu, biasanya pemain seumuran SD menggunakan tongkat dengan panjang 74–75 cm dan pemain SMP–SMA menggunakan tongkat dengan panjang 78–80 cm.

Terlepas dari usia, bobot, dan kekuatan fisik, tongkat baseball dengan berat sekitar 560–590 gram sudah cukup ideal. Gunakan ukuran berat ini hanya sebagai acuan saja karena berat tongkat yang diperlukan tergantung dari tujuan penggunaan.

Pilih bahan yang sesuai, logam lebih baik daripada kayu

Pilih bahan yang sesuai, logam lebih baik daripada kayu

Ada dua jenis tongkat pemukul, yaitu yang terbuat dari kayu dan dari logam. Baru-baru ini bahkan ada tongkat pemukul yang menggunakan bahan dengan daya tolak tinggi sehingga mampu meningkatkan jarak bola yang terpukul secara dramatis.

Pemilihan tongkat merupakan pilihan pribadi, tetapi tongkat baseball yang terbuat dari kayu akan lebih mudah patah dan tidak ekonomis karena harus membeli tongkat lagi. Apalagi, kegiatan baseball mulai dari level pelajar kebanyakan menggunakan tongkat berbahan logam sehingga Anda bisa terus menggunakannya dan semakin terbiasa.

Untuk diperhatikan, ada liga baseball yang melarang penggunaan tongkat pemukul yang terbuat dari bahan dengan gaya lenting yang tinggi. Pastikan juga tongkat pilihan Anda tidak dilarang digunakan di tim Anda.

Pilih yang nyaman digunakan

Pilih yang nyaman digunakan

Sensasi ketika melakukan batting bersifat sangat subyektif. Saat Anda menggunakan tongkat baseball, Anda tidak bisa menyampingkan perasaan atau intuisi Anda akan kecocokan tongkat tersebut dengan Anda. Terasa pas ketika digunakan, enak diayunkan, atau terasa tidak nyaman di tangan, hal-hal ini akan memengaruhi batting Anda.

Seperti yang telah Anda baca di atas, pada umumnya tongkat yang besar digunakan oleh pemain berbadan besar dan dianggap sebagai pilihan yang baik. Selain itu, ada kecenderungan pemahaman populer bahwa tongkat pemukul panjang dengan pusat gravitasi di tengah baiknya digunakan oleh pemain yang ingin memukul jauh, lebih baik memukul di ujung tongkat, atau pemain berkemampuan rata-rata memukul di tengah tongkat.

Namun, ada juga pemain profesional yang tidak menggunakan tongkat pemukul seperti anggapan umum. Misalnya, tongkat berat untuk pemain kecil dan tongkat ringan untuk pemain besar. Selain standar umum tongkat baseball, hal terpenting dalam memilih tongkat adalah preferensi penggunanya. Anda bisa mencari informasi serta review dari orang-orang yang berperawakan mirip dengan Anda ketika hendak membeli tongkat baseball secara online.

10 Rekomendasi tongkat baseball terbaik

Berikut adalah rekomendasi kami untuk tongkat baseball terbaik. Silakan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

10. Stedman Tongkat Baseball

10. Stedman Tongkat Baseball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk di Tokopedia

Lihat produk di Blibli

Harga : Rp 197.500

Harganya sangat terjangkau, para pemula pun makin suka

Tongkat baseball ini memiliki harga yang terjangkau sehingga sangat tepat dimiliki oleh Anda yang baru mencoba olahraga baseball dan tidak ingin mengeluarkan banyak dana untuk membeli tongkat baseball. Tongkat ini terbuat dari logam aluminium dan menjadikannya ringan saat diayunkan serta bisa memantulkan bola dengan kencang.

Bobotnya yang ringan membuat tongkat pemukul ini mudah diayunkan, bahkan oleh pemain junior. Ayunannya pun mudah dikendalikan karena tidak perlu kekuatan lebih untuk mengaturnya. Kemudian, tongkat yang tersedia dalam warna merah, biru, dan silver ini memiliki dua jenis ukuran panjang untuk Anda pilih, yaitu 28 inci dan 32 inci.

9. Cold Steel Brooklyn Basher Bat

9. Cold Steel Brooklyn Basher Baseball Bat

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 800.000

Tongkat polipropilena yang tahan banting!

Tongkat ini memiliki bentuk yang relatif pendek, yaitu 24 inci atau sekitar 60 cm. Sering digunakan dalam liga sekolah, baik dalam pertandingan dan pemanasan, tongkat ini terbuat dari polipropilena yang ringan. Tongkat ini memiliki kekuatan dan tahan lebih lama dibanding tongkat kayu atau pun aluminium.

Bahan plastik atau polipropilena pada tongkat ini membuat tongkat tidak mudah patah dan bisa memukul dengan sangat kuat. Jika Anda mencari tongkat baseball yang bisa digunakan berlatih batting setiap hari, tongkat ini sesuai untuk Anda. Bentuk pendek pada tongkat baseball ini memberikan tenaga lebih saat diayunkan untuk memukul bola.

8. Tongkat Baseball Aluminium

8. Tongkat Baseball Aluminium

Lihat produk di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 104.999

Nyaman menggenggam tongkat tanpa terganggu keringat

Tongkat dari logam aluminium ini kuat, ringan, dan mudah diarahkan untuk memukul bola target. Alat ini nyaman digunakan, pegangannya dilapisi kulit sintetis dan karet antilicin sehingga mantap digenggam. Tentunya tongkat baseball ini akan pas untuk Anda yang memiliki tangan mudah berkeringat.

Selain itu, harga tongkat ini juga sangat terjangkau. Selain itu, alat ini juga tahan lama, kuat untuk digunakan berlatih memukul setiap hari. Tongkat logam ini dibuat sedemikian rupa sehingga tidak memiliki sambungan, hal ini mencegah tongkat mudah penyok saat digunakan berlatih atau tanding.

7. Win.Max Baseball Bat Aluminium Alloy Outdoor Sports Softball

7. Win.Max Training Aluminium Alloy Bat

Lihat produk di Lazada 

Harga : Rp 203.000

Mencari tongkat panjang dengan harga terjangkau? Coba produk satu ini

Tongkat baseball ini terbuat dari campuran logam aluminium 100%. Ini membuat tongkat memiliki sifat kuat dan tahan lama. Panjang tongkat ini mencapai 81 cm, jika Anda mencari tongkat logam yang cukup panjang dengan harga cukup terjangkau tongkat ini bisa jadi pilihan.

Kombinasi kekuatan dan performa tongkat ini sangat baik. Anda tidak akan kesulitan berlatih dengan tongkat ini karena bahan logamnya yang ringan, serta perbandingan panjang dan diameter yang pas. Dengan diameter barrel sebesar 5,7 cm, Anda akan merasakan kecepatan ayunan yang tinggi saat menggunakannya.

6. Rawlings Adirondack Adult Wood Bat

6. Rawlings Adirondack Adult Wood Bat

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 1.197.000

Tampil berbeda dengan tongkat yang dikustomisasi

Ujung tongkat ini dibentuk menangkup menggunakan laser sehingga menyeimbangkan tongkat. Pegangannya memiliki ketebalan 31/32″dan membuatnya nyaman digenggam, cocok bagi para pemain dewasa. Barrel pada tongkat ini termasuk besar sehingga interaksi pantulan dengan bola lempar akan lebih besar.

Anda akan menyukai tongkat yang terlihat sederhana ini sebab kerasnya kayu pohon ash akan membuat pemukul ini memiliki durabilitas tinggi dan tahan lama. Selain itu, tongkat ini memiliki desain seperti kayu aslinya, tanpa ornamen. Alat ini sesuai dengan Anda yang ingin tampil berbeda dengan tongkat yang dikustomisasi sendiri.

5. DeMarini 2018 CF (-13) Tee Ball USA Baseball Bat

5. DeMarini 2018 CF (-13) Tee Ball USA Baseball Bat

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 1.389.000

Dapatkan home run dengan pemukul tee ball ini!

Jika anak Anda suka bermain baseball dan mulai bermain dalam tim tee ball, tongkat ini mungkin akan sesuai dengan yang Anda cari. Tongkat baseball ini hanya bisa digunakan dalam permainan tee ball. Tongkat ini didesain sedemikian rupa agar mudah dikendalikan oleh para pemain cilik.

Handle pada tongkat pemukul ini terbuat dari bahan serat komposit yang kuat untuk memberikan kelenturan dan performa yang baik. Tongkat ini memiliki diameter barrel 2,25 inci sehingga bersifat aerodinamis, mudah bagi anak untuk memukul home run dengan tongkat ini. Kecepatan ayunnya cukup tinggi dengan bat drop sebesar -13.

4. Rawlings 5150 Alloy Youth Bat 

4. Rawlings 5150 Alloy Youth Bat

Lihat produk di Lazada 

Harga : Rp 1.528.000

Tongkat logam berbahan istimewa, 5150 alloy

Tongkat baseball ini terbuat dari logam 5150 alloy, yaitu logam campuran berbahan baja kromium yang ringan, tetapi kuat. Alat ini sangat responsif saat dipakai batting karena ringan, cepat diayunkan, serta bisa memantulkan bola dengan baik. Distribusi berat tongkat ini memberikan keseimbangan yang optimal dan juga kenyamanan saat digunakan.

Pemukul ini dibuat untuk digunakan anak-anak dan remaja yang suka olahraga baseball dan tertarik pada baseball pro. Tongkat ini banyak digunakan tim baseball untuk para pemainnya. Bahan 5150 alloy-nya tangguh menahan benturan bola dan dibuat tanpa sambungan sehingga sangat seimbang saat diayunkan.

3. Mizuno MZM 110 Maple Elite Wood Baseball Bat

3. Mizuno Maple Elite Baseball Bat

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 3.537.000

Tongkat premium dengan glossy finishing, tidak kusam meski digunakan setiap hari

Tongkat baseball ini terbuat dari kayu maple yang keras, membuatnya memiliki performa sangat baik dan kualitas tinggi. Alat pemukul ini berkualitas premium dan tampak mewah berkat glossy finishing-nya, tidak akan tampak kusam meskipun sudah lama dipakai. Barrel-nya pun cukup besar untuk meningkatkan banyaknya titik pukul.

Jika Anda mencari tongkat yang memiliki bobot ayun ringan dan mengutamakan tampilan ekslusif, tongkat ini cocok untuk Anda. Bagian pangkal tongkat ini berbentuk cup sehingga ringan saat diayunkan. Dengan ayunan yang ringan, Anda akan mudah mengontrol pukulan saat bola mendekat sehingga pantulannya jauh.

2. Slugger Louisville 2018 Vapor (-3) BBCOR Baseball Bat

2. Louisville Slugger Vapor (-3) BBCOR Baseball Bat

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 3.995.000

Mengayun dengan cepat membuat bola terlempar jauh

Tongkat pemukul ini terbuat dari satu lembar logam 7-series alloy dengan daya tahan yang sangat tinggi serta memiliki daya pukul yang sangat baik, kuat, dan awet. Alat ini relatif berat, yakni mencapai 839 gram, dengan drop weight -3. Tongkat ini akan mengayun dengan cepat dan memberikan bola jauh.

Dengan diameter barrel yang besar yaitu 2 5/8 inci, membuat tongkat pemukul ini memiliki sweet spot yang cukup besar. Cocok bagi Anda yang mencari kesempatan memukul bola lebih banyak. Gagangnya yang dilapisi kulit sintetis juga akan membuatnya terlihat mewah dan mantap saat digenggam.

1. Rawlings Velo Senior League Bat

1. Rawlings Velo Senior League Bat

Lihat produk di Lazada

Harga : Rp 3.989.000

Tongkat hybrid yang ringan untuk liga dewasa

Produk ini adalah salah satu tongkat yang terbuat dari perpaduan dua bahan. Barrel pada tongkat ini terbuat dari komposit dan handle-nya terbuat dari alloy. Tongkat ini mantap saat digenggam, mudah diarahkan, dan ringan saat diayunkan, sangat tepat untuk digunakan pada liga dewasa.

Tongkat pemukul ini bisa meningkatkan rasa percaya diri pemakainya. Genggaman pada tongkat ini akan terasa konsisten dan Anda akan mudah menambahkan tenaga saat mengayunkannya. Barrel pada tongkat ini juga panjang, memiliki drop weight -10 yang memberikan sweet spot yang besar pada tongkat.

Kesimpulan

Tongkat baseball, baik untuk liga anak atau liga dewasa harus memiliki performa yang baik seperti jangkauan yang tepat, ayunan yang ringan dan mudah, dan pukulan yang mantap. Dengan alat yang tepat dan tentu saja latihan, Anda bisa menjadi pemain baseball yang handal. Pastikan tongkat baseball pilihan Anda sesuai dengan kondisi fisik dan kekuatan Anda sehingga Anda bisa menunjukkan yang terbaik saat permainan. Selamat berolahraga!