10 Rekomendasi Penggiling Kopi / Grinder Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Penggiling Kopi / Grinder Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Halo coffee addict, kalian sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Kopi yang langsung digiling dari biji lalu diseduh memang paling enak untuk dinikmati karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder kopi juga ada banyak variasinya, mulai dari desain, fungsi, sampai tipenya.

Kali ini, kami akan mengeksplorasi lebih jauh lagi mengenai mesin penggiling kopi ini dan kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik dari merek terkenal seperti Eureka, Hario, dan Delonghi. Kami akan menjelaskan tipe-tipe mesin penggiling kopi, baik tipe manual maupun tipe eletrik, serta cara merawatnya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih penggiling kopi / grinder kopi

Pertama-tama kami akan memberitahu Anda cara memilih mesin penggiling biji kopi, khususnya yang mudah Anda gunakan. Mari simak selengkapnya dan temukan produk produk yang paling cocok untuk Anda.

Pilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah memilih tipenya, baik grinder manual maupun elektrik. Simak kelebihan dan kekurangannya, lalu pilihlah yang lebih sesuai dengan gaya Anda. Jangan sampai salah pilih, ya!

Grinder manual, untuk Anda yang suka meluangkan waktu dan tenaga untuk menggiling kopi

Grinder manual, untuk Anda yang suka meluangkan waktu dan tenaga untuk menggiling kopi

Mesin penggiling kopi manual boleh Anda pilih jika Anda memiliki komitmen penuh dan kecintaan terhadap kopi. Anda akan menikmati sensasi bunyi gilingannya dan aroma dari biji kopi yang mulai pecah. Desainnya pun bervariasi, mulai dari yang berdesain antik hingga yang berdesain stylish sehingga akan terlihat semakin menarik. Anda bisa memilihnya berdasarkan preferensi Anda, misalnya untuk dijadikan hiasan interior, memilih karena ukurannya yang compact, dan berbagai alasan lainnya.

Jenis ini termasuk produk ramah lingkungan karena tidak menggunakan listrik, bobotnya ringan, dan mudah dibawa-bawa. Produk ini juga bisa digunakan di luar ruangan. Namun, saat Anda memakai produk berukuran kecil, Anda akan membutuhkan tenaga ekstra dan waktu lebih lama saat menggiling kopi hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika dibandingkan dengan mesin penggiling kopi elektrik, tentu kapasitas penggilingan biji kopinya lebih terbatas. Jenis ini cocok untuk Anda yang menikmati momen-momen menggiling biji kopi dengan santai dan tidak masalah dengan kekurangan yang dimilikinya ini.

Grinder elektrik, untuk Anda yang rutin minum kopi setiap hari

Grinder elektrik, untuk Anda yang rutin minum kopi setiap hari

Bila Anda rutin minum kopi setiap hari dan ingin menggiling biji kopi lebih cepat, pilihlah mesin penggiling kopi elektrik. Anda bisa menggiling biji kopi dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu yang singkat. Tipe ini sangat cocok jika anggota keluarga Anda yang lain juga penikmat kopi. Tentunya sangat merepotkan jika harus menggiling biji kopi secara manual dalam jumlah banyak.

Di sisi lain, kelemahan mesin penggiling kopi elektrik adalah membutuhkan listrik untuk bisa digunakan dan terkadang menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Selain itu, ada pula produk grinder elektrik berukuran besar yang membuat Anda kesulitan menyediakan space khusus untuk menaruhnya. Mungkin Anda khawatir akan adanya perubahan rasa akibat gesekan panas saat menggunakan grinder elektrik. Namun, sebenarnya hal tersebut bukan masalah karena Anda bisa menggiling kopi dalam waktu singkat, kecuali Anda menggiling dalam jumlah banyak sekaligus.

Pilih penggiling kopi manual berdasarkan desain dan kemudahan penggunaannya

Anda sudah mengetahui perbedaan antara penggiling kopi manual dengan elektrik, bukan? Karena itu, kami akan membahas cara memilih masing-masing tipe, dimulai dari grinder manual yang sangat variatif.

Jika Anda mementingkan kemudahan pemakaiannya, pilih grinder bergagang panjang

Jika Anda mempertimbangkan grinder kopi manual yang mudah dipakai secara keseluruhan, pilihlah yang berukuran besar dan stabil. Terutama untuk wanita atau Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga, grinder kopi manual tipe ini bisa membantu Anda lebih menghemat tenaga. Pegangannya lebih mudah diputar dan ukurannya lebih panjang dari grinder kopi manual tipe lainnya. Ada juga produk yang diputar ke arah atas, jadi pilihlah tipe yang Anda rasa paling mudah digunakan dan desainnya Anda sukai.

Sebagian orang berpendapat lebih baik memilih ukuran grinder kopi yang lebih kecil karena jumlah biji kopi yang biasa digiling tidak banyak. Hal ini tidak salah, tetapi sebaiknya Anda memilih ukuran penggiling yang lebih besar lagi. Grinder kopi manual berukuran besar lebih stabil lebih baik sehingga Anda bisa memutar pegangannya dengan stabil tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Setelah membeli grinder kopi manual dengan pegangan yang panjang dan lebih besar, tentu amat disayangkan jika Anda tidak menggunakannya untuk menggiling kopi sesering mungkin.

Pilih yang ukurannya kecil agar mudah dibawa ke mana pun

Pilih yang ukurannya kecil agar mudah dibawa ke mana pun

Untuk Anda yang menginginkan kopi yang nikmat saat tamasya atau camping santai, kami merekomendasikan grinder manual kecil berbobot ringan yang mudah dibawa. Salah satu keuntungan grinder manual adalah bisa digunakan di mana saja karena tidak membutuhkan listrik. Meski Anda akan membutuhkan tenaga ekstra, tetapi grinder berukuran kecil sangat baik bila Anda mengutamakan kemudahan penggunaan.

Bayangkan Anda sedang berada di tengah alam yang indah dan sunyi, hanya ada Anda dan orang-orang terdekat, makin lengkap dengan kopi yang diseduh sendiri, bukan? Aroma dan kenikmatannya tidak ada yang menandingi.

Pilih yang dilengkapi penutup bila Anda menyukai nuansa antik

Pilih yang dilengkapi penutup bila Anda menyukai nuansa antik

Beberapa orang lebih memilih grinder manual karena faktor desain yang lebih artistik. Untuk pemanis desain interior, grinder manual dengan desain mulai dari yang  stylish dan modern hingga antik dan bernuansa retro sangat cocok Anda pilih.

Untuk Anda yang jarang menggunakan grinder manual atau hanya menggunakannya saat libur, pilihlah grinder yang dilengkapi dengan tutup untuk mencegah debu masuk. Bila Anda memiliki biji kopi favorit, gilinglah menggunakan produk ini dan nikmati sensasi suara biji kopi yang digiling dan aroma yang dikeluarkan menyatu dengan suasana hati Anda, terasa begitu menenangkan.

Pilih grinder manual tanpa tutup agar Anda lebih menikmati aromanya

Pilih grinder manual tanpa tutup agar Anda lebih menikmati aromanya

Untuk Anda yang sangat menikmati momen-momen menggiling biji kopi karena sensasi aromanya, kami merekomendasikan grinder manual tanpa tutup. Dibandingkan dengan grinder yang terdapat penutup, grinder jenis ini lebih mudah digunakan karena biji kopi lebih mudah dimasukkan dan diperkirakan jumlahnya. Untuk digunakan terus menerus, grinder jenis ini lebih menguntungkan.

Selain itu, grinder tanpa tutup ini lebih mudah dibersihkan dan dirawat. Namun, Anda perlu lebih berhati-hati karena saat Anda menggiling biji kopi terlalu banyak, biji kopi bisa saja terlempar keluar akibat tidak ada tutupnya. Grinder manual tanpa tutup ini sangat cocok untuk Anda yang suka menggiling kopi dengan santai dan merasakan aroma-aroma biji kopi yang bervariasi.

Pilih penggiling kopi elektrik berdasarkan tipe gilingan dan tempat menaruhnya

Selanjutnya, kami akan membahas cara memilih mesin penggiling kopi elektrik. Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah hasil gilingannya. Perbedaan pada 3 kondisi penggilingan akan memberikan hasil akhir biji kopi yang berbeda juga. Selain itu, karena ukurannya lebih besar dibanding grinder manual, perlu diperhatikan juga tempat untuk menaruhnya.

Tipe cut, untuk hasil gilingan yang sangat presisi

Tipe cut, untuk hasil gilingan yang sangat presisi

Mesin penggiling kopi tipe cut biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis, misalnya kedai kopi. Mesin penggiling tipe cut bisa menghasilkan bubuk kopi halus dalam waktu singkat dengan keakuratan yang sangat baik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang berbeda, misalnya medium grinding atau bubuk kasar, Anda tinggal menyesuaikan alat ini melalui tombol yang tersedia sebelum memulai penggilingan. Dengan begitu, alat ini sangat cocok digunakan menggiling bubuk kopi dalam jumlah banyak. Berhubung waktu penggilingannya singkat, aroma kopi juga tidak akan tercemar atau rusak.

Ada dua jenis mesin penggiling kopi tipe cut, yakni flat type dan conical type. Keduanya sangat akurat dan sama baiknya, tetapi flat type lebih mahal dibandingkan dengan conical type. Jenis ini biasanya hanya digunakan oleh profesional dan keunggulannya tidak perlu disesuaikan lagi setelah maintenance rutin sehingga kemungkinan terjadinya eror pun semakin minim. Tipe cut biasanya memiliki keakuratan hasil gilingan yang terjaga dalam waktu lama sehingga para pemula pun bisa menggunakannya dengan baik.

Namun, sesuai namanya mesin penggiling ini memotong biji kopi dengan pemotong berbentuk piringan sehingga mengeluarkan suara yang berisik. Tidak hanya itu, terkadang ukurannya pun cukup besar sehingga Anda perlu mempertimbangkan lokasi penempatannya juga.

Tipe mortar, mudah digunakan dan mampu menggiling dengan akurat

Tipe mortar, mudah digunakan dan mampu menggiling dengan akurat

Singkatnya, tipe mortar atau kadang disebut juga burr type adalah versi elektrik dari mesin penggiling kopi manual. Bisa dibilang alat ini menggiling biji kopi menggunakan roda bergerigi. Hasil gilingannya berupa bubuk kopi dengan tekstur kasar dengan sebagian kecil berupa bubuk halus dan cara pengoperasiannya pun termasuk mudah. Meskipun menghasilkan suara berisik saat digunakan layaknya produk tipe manual, hal tersebut tak akan menjadi masalah karena waktu penggilingannya singkat.

Baik ukuran maupun harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan mesin penggiling tipe cut. Tipe mortar cocok untuk Anda yang mencari keseimbangan antara hasil gilingan, suhu penggilingan, serta ukuran yang tidak menyulitkan untuk disimpan. Bagaimanapun juga, cara perawatannya perlu diperhatikan, terutama bubuk kopi halus banyak menempel karena adanya listrik statis atau semacamnya. Menggunakan penggiling manual memang menyenangkan dan autentik, tetapi jika digunakan setiap hari lebih mudah jika menggunakan grinder tipe mortar.

Propeller type atau mixer type, harganya terjangkau dan berdesain compact

Propeller type atau mixer type, harganya terjangkau dan berdesain compact

Grinder jenis ini cocok untuk Anda yang suka bubuk kopi dengan tekstur agak kasar dan tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli grinder. Propeller type atau yang sering disebut juga mixer type menggiling kopi dengan baling-baling di dalamnya yang berotasi dalam kecepatan tinggi. Jenis ini banyak dijual dengan harga yang terjangkau dan desain yang compact, serta cara penggunaannya juga mudah.

Namun, bisa dibilang keakuratan grinder tipe ini tidak dapat dikatakan tinggi karena Anda perlu menggilingnya berkali-kali dan Anda perlu mengecek teksturnya secara manual untuk memperoleh tingkat kehalusan kopi yang diinginkan. Berdasarkan kondisi penggilingannya, tipe ini memerlukan waktu lebih lama dibanding kedua tipe lainnya. Meski demikian, sebelum mengganti produk ini dengan yang lain, pertimbangkan juga bahwa grinder tipe ini bisa Anda gunakan untuk hal lain seperti menghaluskan biji wijen atau taburan lainnya.

Pilih berdasarkan cara penyeduhannya

Menyesuaikan bubuk kopi dengan cara menyeduhnya juga merupakan hal yang penting. Berbagai macam alat untuk menyeduh kopi berkualitas tinggi, mulai dari yang bisa dibawa-bawa hingga produk yang tergolong sulit digunakan sudah tersedia di pasaran. Poin penting yang mengejutkan adalah Anda akan sangat menikmati sensasi kopi kesukaan Anda setelah memastikan cara penyeduhannya dilakukan dengan benar.

Espresso, membutuhkan hasil gilingan yang halus

Espresso, membutuhkan hasil gilingan yang halus

Bagi Anda yang menyukai rasa hitam pekat dari kopi, misalnya espresso, serta terbiasa menyeduh kopi dengan air panas secara perlahan, pilihlah jenis mesin penggiling yang bisa menghasilkan bubuk kopi halus. Hal yang cukup penting adalah supaya mesin penggiling tersebut bisa menghasilkan bubuk kopi halus dalam waktu singkat tanpa merusak cita rasa kopi.

Grinder yang paling cocok untuk hasil gilingan halus seperti ini adalah mesin tipe cut. Setelahnya mungkin grinder jenis mortar elektrik. Yuk, nikmati espresso dengan bubuk kopi halus yang dihasilkan dengan akurat dalam waktu singkat.

Untuk teknik drip atau syphon, pilih bubuk medium grinding hingga medium fine grinding

Untuk teknik drip atau syphon, pilih bubuk medium grinding hingga medium fine grinding

Jika Anda suka menyeduh kopi dengan teknik drip atau teknik syphon, jenis bubuk kopi yang paling cocok adalah medium grinding hingga medium fine grinding. Umumnya tiap mesin penggiling biji kopi bisa menghasilkan bubuk kopi seperti itu. Teknik penyeduhan seperti ini tergolong bisa menggunakan jenis bubuk kopi yang lebih bervariasi dan banyak pilihan.

Untuk menghasilkan bubuk kopi medium grinding hingga medium fine grinding, Anda bisa menggunakan grinder tipe cut atau bisa juga menggunakan grinder tipe manual untuk membuat secangkir kopi sesekali. Mari pilih mesin penggiling kopi yang mampu menghasilkan bubuk kopi sesuai dengan teknik dan gaya Anda dalam menyeduh kopi.

Untuk teknik French Press atau sejenisnya, gunakanlah bubuk kopi yang agak kasar

Untuk teknik French Press atau sejenisnya, gunakanlah bubuk kopi yang agak kasar

Bila Anda hendak menyeduh kopi dengan cara french press, perkolasi, atau cara lain yang sama-sama merendam bubuk kopi dalam air panas untuk jangka waktu cukup lama, bubuk kopi yang kasar lebih direkomendasikan. Bila dalam hasil seduhan terdapat serbuk kopi halus, kopinya akan terasa kurang nikmat. Karena itu, kami merekomendasikan penggiling kopi yang mampu menghasilkan serbuk kopi bertekstur kasar dan mudah disaring.

Jika dilihat dari kemudahan cara memakainya, mortar tipe manual atau elektrik bisa Anda gunakan. Mesin penggiling tipe cut juga bisa tentunya. Berhubung bubuk yang agak kasar mudah didapatkan, Anda juga bisa mencoba menggunakan mixer type.

Pilih berdasarkan material mata pisaunya

Pilih berdasarkan material mata pisaunya

Hal umum yang harus dilakukan ketika memilih baik untuk grinder manual maupun elektrik adalah mengecek jenis material pisaunya. Pisau untuk menghancurkan biji kopi ini umumnya terbuat dari bahan logam, tetapi ada juga beberapa produk yang terbuat dari bahan keramik. Bahan keramik ini lebih awet dan tidak mudah rusak, apalagi jika digunakan pada grinder manual.

Jika Anda membeli di toko online, sebaiknya pastikan dulu pada penjualnya mengenai bahan pembuat pisaunya. Untuk Anda yang ingin mendapatkan rasa terbaik dari biji kopi yang Anda giling dan tidak bau logam, pilihlah pisau yang berbahan dasar keramik.

10 Rekomendasi penggiling kopi / grinder kopi terbaik

Berikut ini kami berikan rekomendasi produk-produk penggiling kopi terbaik berdasakan kualitas, performa dan harganya. Jadikan produk-produk ini referensi Anda dalam memilih penggiling kopi.

10. Manual Coffee Grinder Wood Classic Vintage

10. Manual Coffee Grinder Wood Classic Vintage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 325.000

Desain jadoel bisa untuk menambah nilai seni ruangan

Grinder kopi manual ini memiliki desain bernuansa jadoel, terbuat dari kayu, dan bisa juga Anda gunakan sebagai hiasan interior rumah Anda. Bagi Anda penggemar barang-barang retro, Anda pasti akan cocok menggunakan produk ini. Grinder kopi manual ini memiliki pegangan berupa roda yang diputar ke arah atas.

Selain itu, campuran bahan kayu, keramik, dan logam menambah kesan old fashioned pada produk ini. Namun, grinder ini tidak bisa menggiling kopi dalam jumlah banyak karena ukurannya yang kecil. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan mesin penggiling kopi sekaligus hiasan ini untuk rumah Anda.

9. Rhino Coffee Gear Compact Hand Grinder with Adaptor

9. Rhino Coffee Gear Compact Hand Grinder with Adaptor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 643.500

Manual grinder yang bisa disambung dengan aeropress, sangat praktis!

Dua kata yang menggambarkan produk ini adalah praktis dan portable. Produk ini didesain dengan bentuk yang compact dan bisa disambungkan dengan aeropress sehingga Anda bisa menyeduh kopi sekaligus menggunakan teknik French Press atau V60. Bagian pegangannya pun bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan.

Produk ini harus dimiliki traveler sejati, selain kepraktisannya, produk ini dilengkapi juga oleh travel bag sehingga Anda bisa membawanya sekaligus. Ukurannya yang mini membuat produk ini tidak memakan banyak ruang di tas Anda. Dilihat dari segi harga juga sangat terjangkau untuk produk selengkap ini.

8. Hario Hand Coffee Grinder Standard MCS-1

8. Hario Hand Coffee Grinder Standard MCS-1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 747.000

Ukuran mini dan dibuat dari bahan ceramic burr, cita rasa kopi tetap terjaga

Kesan hangat dan artsy akan sangat terasa begitu Anda pertama kali melihat produk satu ini. Dibuat dengan model klasik berukuran mini dan terbuat dari kayu, membuat produk ingin dimiliki oleh hampir semua orang. Dengan kapasitas terbatas hanya 10 gram biji kopi, grinder ini pun terkesan sangat personal.

Fitur menarik dari produk ini adalah menggunakan ceramic burr sehingga rasa dan aroma kopi yang Anda giling tidak tercampur dengan aroma logam. Pegangan grinder kopi ini juga cukup panjang untuk memudahkan Anda saat menggiling biji kopi. Untuk Anda yang mementingkan cita rasa kopi, produk ini cocok untuk Anda.

7. DeLonghi KG40

7. DeLonghi KG40

Liaht produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 715.000

Haluskan biji kopi favorit Anda hanya dengan menekan satu tombol

Grinder kopi dari Delonghi ini sudah cukup dikenal masyarakat pencinta kopi karena kualitasnya yang bagus dan terpercaya. Cara kerjanya sangat sederhana dan mirip seperti mengolah makanan atau buah dengan food processor, yakni dengan sistem push to grind. Hanya dengan sekali tekan, Anda bisa menentukan kehalusan bubuk kopinya!

Untuk Anda yang ingin menggiling kopi dengan praktis dan cepat, produk ini cocok untuk Anda. Sekali menggiling, grinder ini bisa menampung 90 gram biji kopi. Bentuknya cukup portabel dan tidak terlalu besar, yakni 11 x 13 x 25 cm sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyediakan ruangan khusus untuk produk ini.

6. Hario Ceramic Coffee Mill Olive Wood Hand Grinder MCW-2-OV

6. Hario Ceramic Coffee Mill Olive Wood Hand Grinder MCW-2-OV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.000.000

Desain keren bernuansa alami, cocok dengan slogan less is more!

Produk-produk dari Hario sudah banyak dikenal masyarakat dan koleksi-koleksinya memang berkualitas. Salah satunya adalah Hario Ceramic Coffee Mill Olive Wood MCW-2-OW ini yang didesain dengan sederhana, tetapi bisa mencuri perhatian. Perpaduan antara kayu dan keramik memberikan nuansa alami sekaligus solid.

Grinder manual ini sangat mudah digunakan sekaligus mudah dibersihkan. Dengan ukuran yang kecil dan kapasitas yang cukup untuk 30 gram biji kopi, grinder ini cocok untuk dibawa bepergian, misalnya saat camping di gunung atau pantai. Mata pisau dari bahan stainless steel tentu tahan lama dan bisa diandalkan dalam menggiling biji kopi.

5. Yang-Chia Machine Works Feima Italian Coffee Grinder 600N

5. Yang-Chia Machine Works Feima Italian Coffee Grinder 600N

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.990.000

Hasilkan bubuk kopi medium to coarse, pas untuk French Press

Feina Coffee Grinder ini merupakan produk buatan Taiwan dengan bobot produk yang cukup ringan jika dibandingkan dengan coffee grinder elektrik lainnya. Di Indonesia, produk ini dikenal juga dengan nama Latina. Produk ini mempunyai pengatur kehalusan bubuk kopi yang dihasilkan mulai dari kasar hingga halus.

Namun, hasil terbaik didapatkan jika Anda menginginkan bubuk kopi medium to coarse. Funnel-nya mampu menampung 250 gram biji kopi dan bisa menghasilkan 20 kg biji kopi medium to coarse dalam satu jam. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kedai kopi karena performanya baik dan harganya pun tidak terlalu mahal.

4. ROK Coffee Grinder

4. ROK Coffee Grinder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.150.000

Grinder kopi yang kokoh dan tahan lama

ROK Coffee Grinder dibuat dari bahan stainless steel berkualitas dengan ukuran yang cukup besar sehingga memberikan kesan kokoh. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari grinder yang awet dan durable. Grinder manual ini didesain dengan unik dan lebih terbuka bila dibandingkan dengan grinder tipe lainnya.

Berhubung dibuat dari stainless steel berkualitas, Anda tidak perlu khawatir produk ini cepat rusak. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kehalusan bubuk kopi yang Anda inginkan. Selain itu, penggunaan conical burr akan membuat hasil gilingannya cukup presisi, tetapi ukurannya yang besar membuat Anda harus menyiapkan tempat khusus.

3. Kinu Hand Grinder M47

3. Kinu Hand Grinder M47

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.500.000

Hand grinder spesialis kopi specialty!

Bagi pencinta kopi sejati tentunya paham apa itu kopi specialty, maka untuk mendapatkan cita rasa terbaik dari kopi specialty tersebut, jangan sampai Anda salah pilih grinder! Gunakan conical grinder dengan akurasi tinggi seperti pada produk pilihan kami ini. Produk buatan Jerman ini menjamin konsistensi rasa yang dihasilkan.

Meskipun desainnya terlihat sederhana, tetapi justru menimbulkan kesan mewah dan elegan. Selain itu, semua bagian dari grinder ini bisa dibongkar pasang dengan mudah sehingga Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mengolah kopi specialty agar cita rasanya bisa keluar dengan maksimal!

2. KitchenAid Burr Grinder KCG0702OB

2. KitchenAid Burr Grinder KCG0702OB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.039.200

Grinder dengan tingkat akurasi sangat baik, terdapat 15 variasi kehalusan kopi

Grinder dari Kitchen Aid ini memiliki kualitas yang sangat baik dari sisi akurasi penggilingan. Bayangkan, ada 15 tingkat kehalusan yang Anda bisa coba, mulai dari coarse hingga very fine. Dengan begitu Anda bisa mencoba banyak teknik penyeduhan kopi mulai dari Vietnam Drip, French Press, atau espresso.

Selain itu, karena grinder ini menggunakan pisau jenis burr grinder, kopi yang dihasilkan tidak berubah secara rasa dan aroma. Hasilnya juga sangat presisi sesuai dengan yang Anda atur. Jika Anda ingin serius belajar tentang meracik aneka sajian kopi, belilah produk ini sebagai salah satu instrumen pendukung!

1. Eureka Zenith Club

1. Eureka Zenith Club

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.500.000

Kualitas sempurna grinder masa kini, hemat waktu dan tidak berisik

Mesin espresso grinder Eureka Zenith Plus ini memiliki kualitas yang grinder lain belum tentu miliki, yakni bisa menggiling biji kopi hingga menjadi kopi espresso dalam waktu yang cepat tanpa suara berisik sedikit pun. Biasanya grinder elektrik memiliki kekurangan yakni suaranya yang berisik sehingga mengganggu kenyamanan di sekitar.

Meskipun harganya cukup tinggi, tetapi sepadan dengan kualitasnya dan menjadi investasi bagus bagi Anda yang memiliki kedai kopi. Dengan menggunakan produk ini, kedai kopi milik Anda menjadi lebih cozy untuk nongkrong atau rapat. Silent technology yang dimiliki produk ini membuat suara penggilingan kopi hanya sekitar 20 dB.

Tips perawatan untuk penggunaan jangka panjang

Perawatan adalah hal yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas dan stabilitas rasa yang dihasilkan dalam jangka waktu lama, baik untuk grinder manual atau pun elektrik. Mari simak tips-tipsnya, yuk!

Alat yang harus dipersiapkan adalah brush dan blower

Alat yang harus dipersiapkan adalah brush dan blower

Bicara mengenai perawatan mesin penggiling kopi berarti adalah membersihkannya secara rutin. Alat yang perlu Anda siapkan adalah brush dan blower. Brush biasanya tersedia bersama dengan mesin penggiling saat Anda membelinya. Namun, jika Anda harus membelinya sendiri, kami sarankan membeli brush tipe antistatis untuk mengatasi grinder elektrik yang mengandung listrik statis atau untuk membersihkan sudut-sudut sempit. Brush antistatis sangat cocok digunakan untuk membersihkan grinder elektrik.

Blowers adalah alat yang bisa menghembuskan udara untuk membersihkan debu, biasanya digunakan untuk membersihkan kamera. Ada juga yang sekaligus sepaket dengan sikat di dalamnya dan keduanya bisa didapatkan dengan harga yang murah. Jadi, ayo siapkan keduanya untuk merawat grinder Anda!

Bubuk halus yang menempel dan minyak harus dibersihkan segera setelah dipakai

Bubuk halus yang menempel dan minyak harus dibersihkan segera setelah dipakai

Hal utama yang harus diperhatikan adalah bubuk-bubuk hasil gilingan dan minyak yang menempel. Usap noda sisa gilingan kopi, saus, dan minyak yang menempel pada pisau grinder dengan hati-hati. Terutama pada penggiling kopi tipe mortar baik manual maupun elektrik serta tipe cut yang memiliki cekungan atau alur kecil di dalamnya, Anda perlu membersihkan dengan saksama. Bersihkan secara perlahan menggunakan brush berukuran kecil. Jika Anda tidak dapat membersihkan noda-noda yang menempel terutama pada bagian sulit dijangkau seperti sudut, gunakanlah blower yang Anda miliki.

Juga saat membersihkan pisau grinder, kandungan lemak atau minyak dari biji kopi kadang dapat tertinggal. Gunakanlah kain yang lembut dan bersihkan secara perlahan. Anda juga sebaiknya tak membersihkannya dengan air karena justru akan membuat lemak atau minyaknya semakin menumpuk. Akan sangat sulit membersihkan mesin penggiling kopi jika komponennya tetap terpasang semua. Karena itu, Anda perlu membongkarnya sebelum membersihkannya. Bila Anda kesulitan untuk membersihkannya, ikutilah instruksi cara perawatan yang telah diberikan saat Anda membeli produk tersebut dengan baik.

Jangan gunakan untuk menggiling bahan makanan lain

Jangan gunakan untuk menggiling bahan makanan lain

Rasa dan aroma biji kopi sangat khas dan autentik sehingga kualitasnya menjadi sangat berharga bagi penikmat kopi. Tak jarang mesin penggiling kopi juga bisa dipakai untuk menggiling bahan makanan lain, misalnya pada grinder tipe mixer. Namun demikian, sebenarnya jika Anda membeli mesin penggiling kopi, jangan gunakan untuk menggiling bahan makanan lain.

Aroma dari bahan-bahan lain, seperti minyak dan lemak, bisa saja mempengaruhi rasa dan aroma dari kopi Anda. Memang betul Anda bisa menggunakan mesin penggiling kopi sesuka hati Anda. Akan tetapi, bila Anda ingin menikmati kopi dengan rasa dan aroma yang benar-benar murni, hindari menggiling bahan makanan lain menggunakan penggiling kopi.

Baca juga rekomendasi biji kopi dan kopi bubuk di sini!

Setelah menemukan produk penggiling kopi yang tepat, tentu Anda juga harus menemukan biji kopi yang tepat agar momen coffee time Anda semakin spesial. Bila Anda sedang tidak ada waktu, Anda juga bisa membeli produk kopi bubuk dan menyeduhnya langsung. Anda bisa membaca rekomendasi biji kopi dan kopi bubuk pada artikel berikut untuk memenuhi hasrat coffee addict Anda.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan informasi yang cukup mendalam mengenai penggiling kopi. Bagaimana menurut Anda? Apa Anda sudah mendapatkan cukup informasi untuk memilih penggiling kopi versi Anda?

Dalam memilih penggiling kopi, Anda harus menyesuaikan kebutuhan dan budget Anda, serta keperluannya untuk bisnis atau pemakaian pribadi. Metode penggilingan biji kopi sangat mempengaruhi cita rasa dan aroma kopi. Jadi jangan salah pilih, ya!