• 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Penggiling/Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Halo, coffee addict! Anda sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Biji kopi yang digiling dan langsung diseduh memang terasa sangat nikmat. Itu karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder sangat banyak variasinya. Anda bisa menemukan berbagai desain, fungsi, dan tipe.

Kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai grinder kopi, baik grinder kopi manual maupun elektrik. Kami juga akan mengenalkan berbagai merek yang bagus seperti Porlex, Hario, dan De'Longhi. Anda juga akan mendapatkan tips memilih gilingan kopi dari coffee consultant, Deni Dermanto. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Deni Dermanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Coffee consultant, Deni Dermanto

Profil pakar: Coffee consultant, Deni Dermanto

Deni Dermanto atau yang dikenal sebagai @tukangkopisobek memulai kariernya sebagai barista yang kini mengembangkan bisnis di industri kopi. Aktif sebagai konsultan kopi, Deni telah membantu 21 kedai kopi di Jakarta dan Timur Tengah. Ia juga aktif menjalankan bisnis kopi di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Saudi Arabia. Kini Deni memfokuskan waktunya menjadi mentor di kelas privat untuk barista.

Apa fungsi penggiling/grinder kopi?

Apa fungsi penggiling/grinder kopi?

Seperti namanya, grinder kopi berfungsi untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi. Tingkat kehalusan bubuk kopi tergantung grinder kopi yang Anda gunakan. Ada grinder kopi yang bisa menggiling kopi hingga halus, ada pula yang hanya bisa menggiling kasar saja. Selain itu, ada juga penggiling kopi yang memiliki pengaturan tingkat kehalusan kopi yang diinginkan. 


Perlu Anda ketahui, tiap metode seduhan kopi membutuhkan tingkat kehalusan kopi yang berbeda. Sebagai contoh, untuk membuat seduhan V60, Anda membutuhkan partikel kopi ukuran sedang. Sementara itu, untuk membuat espreso Anda harus menggunakan bubuk kopi yang halus. Dengan memiliki penggiling kopi, Anda bisa membuat bubuk kopi sesuai tingkat kehalusan yang Anda inginkan.


Keuntungan menggunakan grinder lainnya, Anda bisa menikmati seduhan kopi yang fresh kapan pun Anda mau. Ditambah lagi, saat digiling, biji kopi akan teroksidasi dan membuat tingkat keasamannya makin kuat. Di samping itu, bubuk kopi yang disimpan terlalu lama juga akan membuat aromanya makin melemah. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyeduh kopi yang baru saja digiling.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih penggiling/grinder kopi

Pertama-tama, kami akan memberi tahu Anda cara memilih grinder kopi, khususnya yang mudah digunakan. Mari simak penjelasan selengkapnya!

Pilih tipe grinder yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang harus Anda tentukan saat memilih grinder kopi adalah tipenya, apakah manual atau elektrik. Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Grinder manual, untuk Anda yang menginginkan sensasi menggiling kopi

Grinder manual, untuk Anda yang menginginkan sensasi menggiling kopi

Grinder kopi manual memberikan sensasi khas suara dan aroma biji kopi yang sedang digiling. Jika Anda adalah pencinta kopi dan ingin lebih menghayati proses penggilingan kopi, grinder manual bisa Anda pilih.


Jenis manual banyak diminati karena variasi desainnya menarik, misalnya grinder model antik ataupun stylish dari bahan stainless steelGrinder manual juga lebih ramah lingkungan, mudah dibawa-bawa, serta bobotnya ringan. Anda bisa membawanya saat camping di alam terbuka.


Sayangnya, untuk grinder manual berukuran kecil, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra saat menggiling biji kopi. Oleh karena itu, Anda harus sabar dan gigih saat menggunakannya. Jumlah biji kopi yang bisa digiling dalam satu waktu juga tidak sebanyak grinder elektrik. Jadi, tipe ini lebih cocok untuk Anda yang ingin meluangkan waktu dan tenaga untuk menikmati sensasi menggiling kopi.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Grinder adalah item yang paling penting dalam metode brewing. Dengan adanya pilihan grind size yang halus, sedang, dan kasar, Anda bisa membuat berbagai brewing variable. Berkat hal ini, Anda pun bisa mendapatkan dan mencoba berbagai cita rasa baru.


Karena bentuknya yang mungil dan simpel, grinder manual sangat cocok untuk Anda yang suka bepergian. Dengan produk ini, Anda akan selalu mendapatkan fresh coffee di mana pun dan kapan pun.


Untuk menikmati kopi yang fresh setiap saat, Anda memang butuh tenaga ekstra untuk bisa mengoperasikan manual grinder ini. Meskipun begitu, aroma yang nikmat ketika kopi digiling dapat menambah semangat Anda untuk menikmati setiap prosesnya.


Ketika memilih manual grinder, pilihlah yang memiliki mata pisau atau burr yang baik. Hal ini karena mata pisau akan memengaruhi konsistensi hasil gilingannya. Untuk manual grinder, masukkanlah maksimal 2–3 cup biji kopi sekali giling. Karena itu, Anda mungkin harus sabar saat menggunakannya. 

Grinder elektrik, untuk Anda yang rutin minum kopi setiap hari

Grinder elektrik, untuk Anda yang rutin minum kopi setiap hari
Jika Anda minum kopi setiap hari, pilihlah grinder kopi elektrik untuk membuat kopi yang lebih cepat dan mudah. Agar tidak repot menggiling kopi secara manual dalam jumlah banyak, grinder elektrik selalu menjadi pilihan tepat.

Kelemahannya adalah grinder elektrik membutuhkan listrik dan suara mesinnya cukup berisik. Terkadang ukurannya cukup besar sehingga membutuhkan space khusus untuk meletakkannya.


Sebagian orang juga khawatir bahwa gesekan panas antara pisau grinder dan biji kopi akan mengubah rasa kopi. Namun, asalkan Anda tidak menggiling biji kopi dalam jumlah banyak, proses penggilingan bisa selesai dalam waktu singkat. Jadi, hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Grinder elektrik bisa menjadi solusi untuk Anda yang menginginkan kopi fresh setiap hari tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Konsistensi hasil gilingannya jauh lebih baik dibandingkan dengan manual grinder. Anda pun bisa menggiling kopi dalam jumlah banyak dalam sekali giling. 


Perlu Anda ketahui, produk grinder elektrik terbagi menjadi dua, grinder dengan kipas atau tanpa kipas. Hal ini penting untuk diperhatikan karena perbedaan ini sangat berpengaruh pada hasil gilingannya. Kopi mudah sekali memuai ketika terkena hawa panas. Hal ini bisa memengaruhi aroma dan rasa kopi yang digiling. 


Dengan adanya kipas di dalam grinder, masalah hawa panas ini bisa diselesaikan. Bila Anda membeli mesin yang tidak memiliki kipas di dalamnya, sebaiknya Anda tidak menggiling kopi secara berlebihan.

Tentukan penggiling kopi manual berdasarkan desain dan kemudahan penggunaannya

Sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan grinder manual dengan elektrik. Berikutnya, kami akan membahas cara memilih untuk kedua tipe ini, dimulai dari grinder manual yang sangat variatif.

Gagang yang panjang, untuk penggunaan yang mudah

Gagang yang panjang, untuk penggunaan yang mudah

Jika Anda mencari grinder yang mudah digunakan, pilihlah yang kukuh dan stabil. Pilihlah juga yang penggunaannya tidak terlalu membutuhkan tenaga. Di antara grinder tipe manual, produk dengan ukuran gagang yang panjang paling mudah digunakan, baik oleh pria maupun wanita. Makin panjang gagangnya, makin mudah dan nyaman penggunaannya.


Grinder kopi dengan gagang panjang cukup bervariasi, bahkan ada yang arah putarannya vertikal. Jadi, pilihlah tipe yang Anda rasa paling mudah digunakan dan desainnya Anda sukai.


Sebagian orang mungkin lebih menyukai grinder manual yang berukuran kecil karena lebih praktis. Meskipun demikian, usahakan untuk memilih produk berukuran cukup besar dengan gagang yang panjang. Grinder seperti ini biasanya lebih kuat dan stabil sehingga akan sangat membantu ketika Anda rutin menggiling biji kopi.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Saat membeli manual grinder, sebaiknya pilihlah produk yang modelnya ergonomis. Usahakanlah untuk memilih produk yang gagangnya panjang. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengontrol kecepatan saat menggiling. 


Selain itu, gagang yang lebih panjang juga membantu Anda menggiling kopi dengan lebih ringan. Namun, grinder dengan gagang panjang biasanya memiliki ukuran yang besar, begitu pula sebaliknya. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Ukurannya kecil, agar mudah dibawa-bawa

Ukurannya kecil, agar mudah dibawa-bawa

Grinder manual dengan ukuran kecil dan berbobot ringan memang ideal untuk dibawa saat travelling. Selain karena lebih mudah dibawa, grinder manual juga tidak membutuhkan listrik. Meskipun Anda akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menggiling biji kopinya, ukuran kecil akan lebih mudah digunakan.


Bayangkan Anda berada di tengah alam yang indah bersama orang-orang terdekat. Suasananya pasti makin lengkap dengan kopi yang diseduh sendiri, bukan? Aroma dan kenikmatannya tidak ada yang menandingi.

Dilengkapi penutup, jika Anda menyukai nuansa antik

Dilengkapi penutup, jika Anda menyukai nuansa antik
Mungkin ada di antara Anda yang lebih memilih grinder manual karena faktor desain yang lebih artistik. Untuk pemanis interior, grinder manual dengan desain modern, antik, atau bernuansa retro sangat cocok Anda pilih.

Bagi Anda yang jarang menggunakan grinder manual, pilihlah grinder yang dilengkapi dengan tutup untuk mencegah debu masuk. Pilihlah biji kopi favorit Anda, lalu giling menggunakan produk ini. Rasakan aroma dan suara yang dikeluarkan. Pastinya sangat menenangkan!

Grinder manual tanpa tutup, untuk Anda yang ingin menikmati aromanya

Grinder manual tanpa tutup, untuk Anda yang ingin menikmati aromanya

Untuk Anda yang sangat menikmati momen-momen menggiling biji kopi karena aromanya, kami merekomendasikan grinder manual tanpa tutup. Dibandingkan grinder yang tertutup, biji kopi lebih mudah dimasukkan pada grinder jenis ini. Bagi Anda yang sering menggiling biji kopi sendiri, pilihlah jenis tanpa tutup ini.


Selain itu, grinder tanpa tutup juga lebih mudah dibersihkan dan dirawat. Namun, Anda perlu lebih berhati-hati jika menggiling dalam jumlah banyak karena biji kopi bisa saja terlempar ke luar.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Saat menggiling biji kopi, mencium aroma fresh ground coffee yang baru digiling sangatlah menyenangkan. Karena itu, pilihlah grinder manual tanpa tutup supaya Anda bisa menikmati aromanya. 


Selain itu, dengan grinder ini, Anda bisa melihat jumlah biji kopi yang digiling. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui sudah sejauh mana hasil gilingannya. Meskipun begitu, Anda tidak bisa terlalu banyak menggiling biji kopi karena akan banyak yang terbuang.

Cari penggiling kopi elektrik berdasarkan tipe gilingan dan tempat peletakannya

Selanjutnya, kami akan membahas cara memilih grinder kopi elektrik dan juga tempat untuk meletakkannya. Simak baik-baik, ya!

Tipe cut, untuk hasil gilingan yang sangat presisi

Tipe cut, untuk hasil gilingan yang sangat presisi
Grinder kopi tipe cut banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, misalnya kedai kopi. Mesin ini bisa menghasilkan bubuk kopi halus dalam waktu singkat dengan keakuratan yang sangat baik. Karena waktu penggilingannya singkat, aroma dari tiap biji kopinya tidak hilang. Namun, makin besar alatnya, biasanya suara mesin saat menggiling juga makin keras.

Ada dua jenis grinder tipe cut, yakni flat type dan conical type. Keduanya menghasilkan gilingan biji kopi yang sangat akurat dan sama baiknya, tetapi flat type harganya lebih mahal. Flat type biasanya hanya digunakan di kedai kopi.


Saat menggunakan flat type, Anda tidak perlu mengkalibrasi lagi setelah maintenance rutin. Hal ini menjadikan tipe ini juga jarang mengalami eror. Flat type biasanya memiliki keakuratan hasil gilingan yang terjaga dalam waktu lama sehingga para pemula pun bisa menggunakannya dengan baik.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Jenis mata pisau adalah hal yang perlu diperhatikan saat memilih grinderHal ini akan menentukan hasil gilingannya supaya sesuai dengan keinginan Anda. Tipe cut dibagi menjadi dua jenis yaitu flat burr dan conical burr. Tiap-tiap jenis memiliki keunggulan tersendiri.


Flat burr grinder adalah grinder dengan mata pisau bergerigi. Tipe ini bisa menghasilkan gilingan kopi yang presisi dengan konsistensi yang sangat baik. Grinder kopi ini bisa dibilang adalah tipe grinder yang paling akurat. 


Sementara itu, conical burr memiliki bentuk mata pisau conical atau mengerucut. Tipe ini menghasilkan hasil yang konsisten, tetapi kecepatannya lebih pelan dibandingkan dengan flat burr. Namun, justru dengan hal ini, tipe conical burr tidak terlalu bising saat dioperasikan.

Tipe mortar, mudah digunakan dan mampu menggiling dengan akurat

Grinder tipe mortar bisa dikatakan adalah grinder manual versi elektrik. Alat ini menggiling biji kopi menggunakan roda bergerigi. Hasil gilingannya berupa bubuk kopi bertekstur kasar dengan sebagian kecil berupa bubuk halus. Meskipun suaranya sedikit berisik saat digunakan, waktu penggilingannya tergolong singkat.

Dari segi harga, grinder tipe mortar lebih terjangkau dibandingkan penggiling kopi tipe cut. Tipe mortar cocok untuk Anda yang mencari grinder dengan hasil gilingan berkualitas baik dan penyimpanan yang mudah.


Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cara perawatannya, terutama karena bubuk kopi halus banyak menempel. Itu akibat adanya listrik statis. Menggunakan penggiling manual memang menyenangkan dan autentik. Namun, untuk pemakaian rutin harian, sebaiknya gunakan grinder tipe mortar.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Untuk menghasilkan biji kopi yang agak kasar, Anda bisa melirik grinder tipe mortar. Tipe ini bisa membuat biji kopi menjadi bubuk kopi yang teksturnya medium. Dengan begitu, aroma dan rasa kopi bisa jadi lebih enak. Tipe ini sangat cocok untuk metode French press karena Anda bisa mendapatkan bubuk kopi yang sedikit kasar.

Propeller type atau blender type, harganya terjangkau dan desainnya compact

Propeller type atau blender type, harganya terjangkau dan desainnya compact
Propeller type atau blender type adalah grinder dengan harga ekonomis yang dapat menghasilkan bubuk kopi bertekstur agak kasar. Alat ini menggunakan mata pisau yang berotasi dalam kecepatan tinggi. Cara penggunaannya cukup mudah dipelajari oleh semua orang.

Namun, bisa dibilang keakuratan tipe ini tidak begitu baik. Anda perlu menggiling biji kopi berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Sering kali Anda harus memeriksa teksturnya secara manual. Waktu penggilingan pun otomatis jadi lebih lama dibandingkan tipe lainnya.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Tipe blender adalah salah satu tipe grinder yang bisa dipilih karena harganya yang terjangkau. Tipe ini memiliki jenis pisau seperti baling-baling yang gerakannya sangat cepat. Produk ini juga mudah dibawa ke mana pun karena bentuknya yang compact.

Sayangnya, tipe ini tidak dilengkapi dengan pengaturan tingkat kehalusan yang baik. Karena itu, hasilnya tidak konsisten dan alatnya mudah panas sehingga memengaruhi rasa dan aroma kopi. Jadi, Anda harus sering double check agar hasilnya bisa sesuai keinginan.

Periksa cara penyeduhannya

Menyesuaikan bubuk kopi dengan cara menyeduhnya juga merupakan hal yang penting. Cara penyeduhan mungkin sebelumnya tidak begitu dipertimbangkan, tetapi sebenarnya faktor ini bisa menambah kenikmatan kopi Anda.

Espresso, membutuhkan hasil gilingan biji kopi yang halus

Espresso, membutuhkan hasil gilingan biji kopi yang halus
Bagi Anda yang menyukai rasa hitam pekat dari kopi, pilihlah grinder yang bisa menghasilkan bubuk kopi halus. Dengan begitu, Anda bisa membuat espresso atau cold brew coffee yang mantap. Grinder yang paling cocok adalah tipe cut atau tipe mortar elektrik. Intinya, pilihlah grinder yang dapat menghasilkan bubuk kopi halus dalam waktu singkat agar rasa espresso makin nikmat.
Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Anda memerlukan grinder tipe cut untuk espresso. Hal ini karena untuk menghasilkan hasil ekstraksi espresso yang ideal, Anda memerlukan tingkat kehalusan yang tinggi. Apabila tidak cukup halus, biji kopi akan mengalami under extraction sehingga hasil kopinya akan watery dan bitter.

Untuk teknik drip, gunakan bubuk medium grinding hingga medium fine grinding

Untuk teknik drip, gunakan bubuk medium grinding hingga medium fine grinding
Jika Anda suka menyeduh kopi dengan teknik drip atau syphon, jenis bubuk kopi yang paling cocok adalah medium grinding hingga medium fine grinding. Umumnya, hampir semua grinder bisa menghasilkan bubuk kopi seperti itu. Teknik penyeduhan ini bisa menggunakan jenis bubuk kopi yang lebih bervariasi.

Untuk menghasilkan bubuk kopi medium grinding hingga medium fine grinding, Anda bisa menggunakan grinder tipe cut. Jika hanya sesekali, Anda bisa juga menggunakan grinder tipe manual.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Fine, medium, dan coarse adalah pilihan hasil seduhan kopi dengan metode drip. Setiap alat brewing memiliki karakter yang berbeda untuk setiap tingkat kehalusannya. Untuk metode drip, sebaiknya pilih grinder tipe cut atau manual grinder untuk hasil terbaik dan maksimal.

Untuk teknik French press, gunakanlah bubuk kopi yang agak kasar

Untuk teknik French press, gunakanlah bubuk kopi yang agak kasar
Untuk menyeduh kopi dengan metode French press atau menggunakan percolator, bubuk kopi bertekstur kasar lebih direkomendasikan. Pilihlah penggiling kopi yang mampu menghasilkan bubuk kopi bertekstur kasar dan mudah disaring untuk memisahkan serbuk kopi yang halus. Dilihat dari kemudahan pemakaiannya, grinder tipe mortar atau cut bisa dipilih. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menggunakan blender type.
Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Jika menggunakan metode French press, Anda perlu melakukan immersion atau perendaman kopi selama 3–4 menit. Hal ini penting dilakukan untuk menghasilkan ekstraksi yang sempurna dan cita rasa kopi yang nikmat. Pada dasarnya, semua jenis grinder bisa digunakan untuk teknik French press. Anda tinggal memilih produk yang tepat sesuai budget dan kebutuhan.

Perhatikan juga material mata pisaunya

Perhatikan juga material mata pisaunya
Saat memilih grinder kopi, jangan lupa untuk mengecek material pisau atau blade yang digunakan. Pisau untuk menggiling biji kopi ini umumnya terbuat dari logam, tetapi ada juga yang terbuat dari keramik. Bahan keramik lebih awet dan tidak mudah rusak, apalagi jika digunakan pada grinder manual. Untuk Anda yang ingin mendapatkan rasa terbaik dari biji kopi dan tidak bau logam, pilihlah pisau keramik.

10 Rekomendasi penggiling/grinder kopi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk penggiling/grinder kopi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Deni Dermanto.

10
TipeElektrik
Ukuran55,9 cm x 23,2 cm x 30,4 cm
Jenis bladeFlat hardened steel
9
TipeElektrik
Ukuran28 cm x 19 cm x 42,5 cm
Jenis bladeSteel burr
8
TipeManual
UkuranTidak diketahui
Jenis bladeConical steel burr
7

Hario Hand Coffee Grinder Standard

MCS-1

Mulai dari Rp 830.000,00

TipeManual
Ukuran14,8 cm x 9,8 cm x 21 cm
Jenis bladeCeramic burr
6
TipeManual
Ukuran28 cm x 21 cm x 17,3 cm
Jenis bladeConical steel burr
5
TipeManual
Ukuran4,5 cm x 17 cm x 15 cm
Jenis bladeConical ceramic burrs
4
TipeElektrik
Ukuran16 cm x 12 cm x 35 cm
Jenis bladeConical steel burrs
3
TipeElektrik
Ukuran13 cm x 16 cm x 26 cm
Jenis bladeTidak disebutkan
2
TipeManual
UkuranTidak disebutkan
Jenis bladeCeramic burrs
1

Yang-Chia Machine WorksFeima Coffee Grinder

600N

Mulai dari Rp 1.099.000,00

TipeElektrik
Ukuran20 cm x 12 cm x 36 cm
Jenis bladeTidak diketahui

Tabel perbandingan produk penggiling/grinder kopi terbaik

Gambar produk
1
Yang-Chia Machine Works Feima Coffee Grinder  1

Yang-Chia Machine Works

2
Porlex  Mini Coffee Grinder 1

Porlex

3
De'Longhi  Coffee Grinder  1

De'Longhi

4
Baratza  Encore Coffee Grinder 1

Baratza

5
Rhino Coffee Gear  Compact Hand Grinder 1

Rhino Coffee Gear

6
ROK  GrinderGC  1

ROK

7
Hario  Hand Coffee Grinder Standard  1

Hario

8
Kinu  M47 Phoenix 1

Kinu

9
Mahlkönig  Home Grinder 1

Mahlkönig

10
Eureka  Zenith Club  1

Eureka

Nama produk

Feima Coffee Grinder

Mini Coffee Grinder

Coffee Grinder

Encore Coffee Grinder

Compact Hand Grinder

GrinderGC

Hand Coffee Grinder Standard

M47 Phoenix

Home Grinder

Zenith Club

Keunggulan

Hasilkan bubuk kopi medium to coarse, pas untuk French press!

Suka bepergian? Nikmati kopi freshly grind dengan produk ini

Mesin nonaktif bila penutup atau wadah tidak terpasang

Memenuhi semua selera dengan 40 pengaturan penggilingan

Praktis! Manual grinder ini bisa disambung dengan AeroPress®

Grinder kopi yang kokoh dan tahan lama

Cita rasa kopi tetap terjaga berkat ceramic burr-nya

Hand grinder spesialis kopi specialty!

Motor bertenaga sehingga dapat menggiling sempurna

Proses menggiling lebih cepat dan tidak berisik!

Harga mulai dariRp 1.099.000,00Rp 1.100.000,00Rp 1.050.000,00Rp 2.950.000,00Rp 1.050.000,00Rp 2.999.000,00Rp 830.000,00Rp 4.150.000,00Rp 11.300.000,00Rp 9.100.000,00
TipeElektrikManualElektrikElektrikManualManualManualManualElektrikElektrik
Ukuran20 cm x 12 cm x 36 cmTidak disebutkan13 cm x 16 cm x 26 cm16 cm x 12 cm x 35 cm4,5 cm x 17 cm x 15 cm28 cm x 21 cm x 17,3 cm14,8 cm x 9,8 cm x 21 cmTidak diketahui28 cm x 19 cm x 42,5 cm55,9 cm x 23,2 cm x 30,4 cm
Jenis bladeTidak diketahuiCeramic burrs Tidak disebutkanConical steel burrsConical ceramic burrsConical steel burrCeramic burrConical steel burrSteel burrFlat hardened steel
Tautan produk

Tips perawatan untuk penggunaan jangka panjang

Tips perawatan untuk penggunaan jangka panjang

Perawatan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari grinder agar rasa bubuk kopi terjaga kualitasnya. Jika Anda menggunakan grinder dengan baik, biasanya proses pembersihannya juga tidak sulit.


Anda bisa menggunakan sikat yang ramping dan mampu membersihkan bubuk yang menempel akibat adanya listrik statis. Selain itu, karena biji kopi juga mengandung minyak dan lemak, pisaunya sering kali lengket. Jadi, Anda harus membersihkannya dengan kain.


Beberapa grinder dapat menggiling bahan selain kopi. Namun, untuk menjaga kualitas dan cita rasa kopi, sebaiknya jangan masukkan bahan lain ke dalam grinder. Aroma dari bahan lain tersebut bisa saja tetap tercium dan bercampur dengan kopi, meskipun sudah dibersihkan.

Baca juga rekomendasi produk seputar kopi lainnya di sini

Ada beberapa produk lain seputar kopi yang sudah pernah kami bahas, misalnya coffee maker, sendok kopi, dan sebagainya. Jika Anda tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, langsung saja klik beberapa tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah membahas cukup mendalam mengenai grinder kopi. Apakah Anda sudah mendapatkan cukup informasi untuk memilih produk terbaik versi Anda?

 

Dalam memilih penggiling kopi, Anda harus menyesuaikan kebutuhan, bujet, serta pemakaiannya, baik untuk bisnis maupun pemakaian pribadi. Metode penggilingan biji kopi juga sangat memengaruhi cita rasa dan aroma kopi. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta mi atau pasta? Kalau begitu, sebaiknya Anda menyediakan pasta maker, atau yang juga dikenal dengan sebutan ampia, di rumah. Jika Anda baru pertama kali ingin membeli ampia, Anda mungkin sedikit bingung ketika memilihnya. Terlebih lagi, banyak merek terkenal seperti Shuma, Oxone, dan Philips yang meluncurkan produk pasta maker dengan berbagai keunggulan.Untuk itu, jangan lewatkan pembahasan berikut ini. Kami akan membagikan tips memilih pasta maker yang bagus serta memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya untuk Anda. Yuk, buat pasta yang enak dengan pasta maker terbaik pilihan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sandwich menjadi salah satu menu sarapan yang praktis. Nah, sandwich maker hadir agar Anda dapat memasaknya lebih cepat. Produknya juga dikenal dengan sandwich toaster atau pemanggang roti. Dengan model yang bervariasi, produk manakah yang bagus untuk Anda?Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih sandwich maker terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Philips, Kris, dan lainnya. Dari yang low watt sampai yang multifungsi, semuanya ada. Produknya pun telah kami ulas untuk Anda. Ingin menikmati sandwich yang enak? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis!
    Alat masak khusus
  • 10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wajan Crepes Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tak harus ke kafe, Anda bisa membuat crepes sendiri di rumah! Dengan memanfaatkan wajan crepes, Anda bisa membuat kue crepes kapan saja sebagai teman minum teh. Jika Anda scrolling di internet, banyak sekali wajan crepes yang bisa dipilih. Tak perlu bingung, Anda bisa mencari rekomendasi wajan crepes yang bagus di sini, seperti merek Stoneline, Maxim, dan Neoflam. Selain rekomendasi produk, kami juga akan membahas tips memilih di artikel ini. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak selengkapnya!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Cetakan Takoyaki yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cetakan Takoyaki yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Anda penggemar makanan Jepang pasti tahu camilan bernama takoyaki. Takoyaki adalah street food khas Jepang berbentuk bola dengan potongan gurita di dalamnya. Berbahan utama tepung terigu, jajanan ini memiliki cita rasa asin gurih yang nikmat. Membuat takoyaki tidaklah sulit, asalkan memiliki cetakannya.Selain membuat takoyaki, cetakan takoyaki juga dapat digunakan untuk membuat bolu sus, dan poffertjes. Jika Anda tertarik membeli wajan takoyaki, simak artikel ini sampai tuntas. Kami akan menjabarkan cara memilih cetakan takoyaki terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek cetakan takoyaki yang bagus, seperti Oxone dan Happy Call.
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Toaster Pop Up Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Toaster Pop Up Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Toaster pop up adalah pemanggang roti elektronik yang penampangnya bisa otomatis terangkat ketika proses memanggang sudah selesai. Toaster tipe pop up sangat mudah digunakan dan dapat menghemat waktu. Bahkan beberapa tipe toaster pop up bisa digunakan untuk menghangatkan croissant ataupun bagel.Nah, di artikel ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi toaster pop up terbaik yang bagus. Anda juga akan menemukan toaster low watt untuk kebutuhan rumahan. Beberapa merek toaster terbaik dan menarik dari Philips, Oxone, SHARP dan juga merek lainnya akan direkomendasikan. Yuk! Baca artikelnya dan temukan bread toaster terbaik.
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Oven Toaster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oven Toaster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing lagi dengan toaster yang berfungsi untuk memanggang roti secara instan. Kini tersedia juga toaster oven atau toaster dalam bentuk oven. Produk toaster oven atau oven toaster ini dapat digunakan untuk memanggang roti sampai memanggang pizza kesukaan Anda.Kali ini, kami akan memberikan tips seputar memilih oven toaster yang bagus dan pas untuk digunakan. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek produk oven toaster yang bagus, seperti Mito, SHARP, Electrolux, dan Zojirushi. Yuk, langsung saja simak artikel ini agar Anda bisa menemukan oven toaster yang sesuai kebutuhan!
    Alat masak khusus
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori