• 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sejak dahulu, cuka buah umum digunakan sebagai bumbu. Bahkan, sebagian jenis cuka buah, seperti cuka apel, dimanfaatkan juga untuk kesehatan dan skincare. Rasanya yang enak dan tidak mengandung alkohol membuat cuka buah sering digunakan dalam berbagai makanan atau diminum langsung.

Apakah Anda juga sedang mencari cuka buah? Banyaknya pilihan merek cuka buah yang bagus, seperti Dehealth Supplies, Bragg, dan Ausbarrel, mungkin membuat Anda bingung memilih. Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih cuka buah terbaik serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 02 Juni 2022
Daftar isi

Manfaat cuka buah untuk kesehatan

Manfaat cuka buah untuk kesehatan
Secara umum, cuka buah adalah cuka yang mengandung 300 ml atau lebih sari buah dalam tiap liternya. Cuka buah memiliki rasa yang asam dengan sedikit rasa manis. Cuka ini juga memiliki rasa dan aroma khas dari buah yang dipakai untuk membuatnya. Dari sisi kesehatan, cuka buah atau fruit vinegar kaya akan asam asetat yang baik untuk tubuh

Selain itu, cuka buah juga banyak mengandung asam organik, seperti sodium, potasium, dan berbagai jenis vitamin. Berikut ini adalah beberapa manfaat cuka buah untuk kesehatan:


  • Mengurangi konstipasi. Asam asetat dan asam sitrat yang terkandung di dalam cuka buah berfungsi untuk mengurangi bakteri jahat dalam usus. Kandungan karbondioksidanya juga akan menstimulasi gerakan peristaltik pada usus dan membantu meredakan konstipasi.
  • Memulihkan tenaga. Asam sitrat yang dikandung dalam cuka mengandung adenosine yang berfungsi memperlancar peredaran darah. Kandungan ini juga mampu meningkatkan metabolisme, mengurangi asam laktat penyebab kelelahan, dan membuat tubuh terasa lebih segar.
  • Mengurangi pembengkakan. Cuka memiliki sifat asam sehingga akan berubah menjadi alkali dan netral setelah dikonsumsi. Reaksi yang ditimbulkan serupa diuretik, sehingga cairan tubuh yang berlebih dapat dibuang dan pembengkakan makin berkurang.
  • Mempercantik kulit. Buah sebagai bahan dasar cuka buah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan asam folat yang mampu mempercantik kulit. Kandungan asam sitratnya juga dapat memperlambat kerja enzim aktif penyebab penuaan dan hilangnya vitamin C.

Cara memilih cuka buah

Cuka buah memiliki rasa rasa dan aroma yang berbeda, tergantung dari buah apa yang digunakan sebagai bahan pembuatnya. Selain itu, manfaat cuka buah juga berbeda tergantung jenisnya. Berikut ini tips memilih cuku buah yang bisa Anda cermati.

Pastikan produk yang dipilih benar-benar cuka buah

Pastikan produk yang dipilih benar-benar cuka buah
Jika Anda berniat mengonsumsi cuka buah untuk memperoleh manfaat kesehatannya, pastikanlah produk yang dipilih benar-benar cuka buah. Pasalnya, terdapat beberapa produk soft drink atau jus buah yang bentuk dan kemasannya mirip dengan cuka buah. Meski rasanya enak dan mudah dikonsumsi, kandungan asam asetat pada minuman tersebut jauh lebih rendah dibanding cuka buah. 

Hal tersebut membuat manfaat kesehatannya tidak sebaik saat Anda mengonsumsi cuka buah murni. Soft drink juga memiliki kandungan gula tinggi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada beberapa orang. Di samping itu, harap berhati-hati juga terhadap produk cuka beras yang diberi rasa buah-buahan. Itu bukanlah cuka buah, melainkan cuka beras rasa buah.

Pilih berdasarkan tipe cuka buah

Di pasaran, tersedia berbagai jenis cuka buah, misalnya cuka apel, anggur, nanas, delima, kurma, hingga buah tin. Masing-masing dari cuka tersebut memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh Anda. Oleh karena itu, pilihlah tipe cuka buah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cuka apel, untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah

Cuka apel, untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah

Cuka apel adalah salah satu tipe cuka buah yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Di dalam cuka apel terdapat senyawa pektin yang dapat mencegah naiknya tekanan darah dan mengontrol kolesterol jahat. 


Cuka apel disebut-sebut mampu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Cuka apel juga mengandung malic acid yang berfungsi mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Jenis cuka buah ini ideal untuk Anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Cuka anggur, mengandung antosianin yang baik untuk mata

Cuka anggur, mengandung antosianin yang baik untuk mata

Senyawa antosianin yang terkandung di dalam anggur memiliki manfaat yang baik, yakni menjaga kesehatan mata. Efek antioksidannya yang kuat juga mampu menghilangkan oksigen aktif penyebab penuaan dan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, cuka anggur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan.


Ada dua tipe cuka anggur yang dijual di pasaran, yaitu cuka anggur merah dan anggur putih. Berikut adalah perbandingan dari keduanya.


  • Cuka anggur merah: Red wine vinegar memiliki rasa yang halus dengan banyak variasi. Tipe cuka ini biasa digunakan untuk mengolah masakan berbahan dasar daging, misalnya daging sapi atau babi.
  • Cuka anggur putih: Rasa white wine vinegar lebih halus dan variasinya sedikit. Cuka buah ini bisa digunakan untuk memasak ayam, ikan, serta sayuran.

Cuka delima, kaya akan flavonoid untuk meningkatkan memori

Cuka delima, kaya akan flavonoid untuk meningkatkan memori

Buah delima kaya akan flavonoid yang memiliki peran khusus dalam melindungi memori pada otak. Senyawa ini dapat mengontrol radikal bebas yang menyebabkan kepikunan dan gangguan mood, seperti depresi. Cuka buah ini juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dan mencegah peradangan.

Cuka buah lainnya, memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh

Cuka buah lainnya, memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh

Selain tipe-tipe di atas, masih banyak cuka buah lain yang bisa Anda beli, seperti cuka nanas, kurma, hingga tin. Masing-masing cuka buah tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh Anda. Untuk lebih jelasnya, simak uraian singkat berikut ini.


  • Cuka nanas: Meningkatkan sistem imun, memperlancar pencernaan, mengurangi risiko kanker, dan kaya antioksidan.
  • Cuka kurma: Mencegah penyebaran sel kanker, menjaga kesehatan jantung, melancarkan haid, merangsang produksi ASI, dan mengatasi gejala anemia.
  • Cuka kelapa: Meningkatkan fokus dan mood, menurunkan berat badan, meremajakan kulit, serta meningkatkan energi dan kekebalan tubuh.
  • Cuka salak: Menurunkan kadar gula darah, kaya antioksidan, dan baik bagi penderita diabetes.
  • Cuka tin: Menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Utamakan yang tidak mengandung tambahan zat aditif

Utamakan yang tidak mengandung tambahan zat aditif
Beberapa produk cuka buah yang beredar di pasaran ditambahkan bahan aditif. Penambahan zat aditif biasanya ditujukan agar tampilan cuka buah terlihat lebih bagus dan rasanya mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, penambahan zat aditif dapat membuat umur simpan cuka buah menjadi lebih lama. 

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari cuka buah, pilihlah produk yang tidak mengandung tambahan zat aditif. Terkait hal ini, periksalah komposisi dari cuka buah pilihan Anda sebelum membelinya. Adapun bahan-bahan aditif yang biasa terkandung dalam cuka buah adalah sebagai berikut:


  • Pemanis buatan
  • Pewarna
  • Asam sitrat
  • Pengatur keasaman
  • Pengawet

10 Rekomendasi cuka buah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cuka buah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

AusbarrelSticky Balsamic Vinegar - Premium Fig

Mulai dari Rp 233.000,00

JenisCuka tin
Zat aditifTidak disebutkan
Isi250 ml
9
JenisCuka salak
Zat aditifTidak disebutkan
Isi250 ml
8

Tamba Sanjiwani Bali (TSB)Cuka Air Kelapa / Coconut Vinegar

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisCuka kelapa
Zat aditifTidak disebutkan
Isi250 ml
7
JenisCuka anggur merah
Zat aditifTidak ada
Isi500 ml
6
JenisCuka apel
Zat aditifTidak ada
Isi250 ml, 650 ml, 1.000 ml
5

CrudolioOrganic White Wine Vinegar

Mulai dari Rp 61.900,00

JenisCuka anggur putih
Zat aditifTidak disebutkan
Isi500 ml
4
JenisCuka delima
Zat aditifPemanis, pengatur keasaman
Isi500 ml, 900 ml
3
JenisCuka kurma
Zat aditifTidak disebutkan
Isi310 ml
2
JenisCuka nanas
Zat aditifTidak ada
Isi100 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
1
JenisCuka apel
Zat aditifTidak disebutkan
Isi473 ml, 946 ml

Tabel perbandingan produk cuka buah terbaik

Gambar produk
1
Bragg Organic Apple Cider Vinegar 1

Bragg

2
Dehealth Supplies Vinega Nanas 1

Dehealth Supplies

3
Bin Afif Cuka Kurma 1

Bin Afif

4
Daesang Chung Jung One Pomegranate Vinegar 1

Daesang

5
Crudolio Organic White Wine Vinegar 1

Crudolio

6
Pure & Simple Apple Cider Vinegar 1

Pure & Simple

7
Filippo Berio  Red Wine Vinegar 1

Filippo Berio

8
Tamba Sanjiwani Bali (TSB) Cuka Air Kelapa / Coconut Vinegar 1

Tamba Sanjiwani Bali (TSB)

9
Talasi Watu Salak Concentrate 1

Talasi

10
Ausbarrel Sticky Balsamic Vinegar - Premium Fig 1

Ausbarrel

Nama produk

Organic Apple Cider Vinegar

Vinega Nanas

Cuka Kurma

Chung Jung One Pomegranate Vinegar

Organic White Wine Vinegar

Apple Cider Vinegar

Red Wine Vinegar

Cuka Air Kelapa / Coconut Vinegar

Watu Salak Concentrate

Sticky Balsamic Vinegar - Premium Fig

Keunggulan

Lebih kaya nutrisi karena mengandung mother

Cuka nanas tanpa bau menyengat yang nikmat dikonsumsi

Mengandung potasium untuk meremajakan kulit dan menjaga kesehatan tubuh

Bisa dikonsumsi langsung sebagai minuman

Diresapi rempah-rempah untuk ciptakan rasa yang unik

Kesegaran rasa apel Malang yang sangat kentara

Dibuat dari anggur merah pilihan dengan tingkat keasaman 7 persen

Kaya manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan

Cuka asal Bali yang dibuat dari 100 persen jus buah salak

Perpaduan balsamic vinegar dan buah tin yang kental serta pekat

Harga mulai dariRp 125.800,00Rp 30.000,00Rp 33.000,00Rp 67.150,00Rp 61.900,00Rp 34.900,00Rp 68.900,00Rp 65.000,00Rp 78.000,00Rp 233.000,00
JenisCuka apelCuka nanasCuka kurmaCuka delimaCuka anggur putihCuka apelCuka anggur merahCuka kelapaCuka salakCuka tin
Zat aditifTidak disebutkanTidak adaTidak disebutkanPemanis, pengatur keasamanTidak disebutkanTidak adaTidak adaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Isi473 ml, 946 ml100 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml310 ml500 ml, 900 ml500 ml250 ml, 650 ml, 1.000 ml500 ml250 ml250 ml250 ml
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar cuka buah

Pertanyaan umum seputar cuka buah

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar cuka buah untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya!

Apakah cuka buah halal?

Saat difermentasi, cuka buah dapat mengandung alkohol. Namun, alkohol tersebut nantinya akan berubah menjadi asam asetat sehingga tetap aman. Jika ingin lebih yakin, pilihlah produk cuka buah yang telah memiliki label halal MUI (Majelis Ulama Indonesia). Cuka buah tersebut memiliki kandungan etanol kurang dari 0,5 persen dan halal untuk dikonsumsi.

Apa perbedaan antara cuka buah dan cuka biasa?

Perbedaan antara kedua cuka ini terletak pada bahan utamanya. Cuka buah terbuat dari sari atau jus buah yang difermentasi. Sementara itu, cuka biasa atau cuka putih terbuat dari fermentasi alkohol biji-bijian, serta terdiri dari air dan asam asetat.

Tips mengonsumsi cuka buah

Tips mengonsumsi cuka buah

Cuka buah memang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan efeknya. Tips berikut ini juga dapat membantu Anda agar bisa mengonsumsi cuka buah dengan lebih nyaman.


  1. Cara yang paling direkomendasikan untuk mengonsumsi cuka buah adalah mencampurkannya dengan susu. Selain membuat rasanya jadi lebih ringan, cuka juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Anda juga bisa mencampurkannya dengan jus buah, teh, dan minuman lainnya.
  2. Jika Anda khawatir dengan keasamannya, tambahkanlah madu atau gula merah ke cuka buah. Cara ini dianjurkan bagi Anda yang tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi asam. Meski begitu, harap diperhatikan untuk menambahkan gula atau madu dalam jumlah yang tidak berlebihan.
  3. Karena memiliki rasa asam yang kuat, hindari mengonsumsi cuka buah dalam kondisi perut kosong. Anda dapat mengonsumsinya setelah makan atau saat sedang makan apabila menjalankan program diet.
  4. Sikat gigi Anda setelah mengonsumsi cuka buah. Dengan tingkat keasaman yang cukup kuat, ada kemungkinan cuka buah dapat melarutkan enamel gigi. Karena itu, jangan terlalu lama membiarkan sisa cuka buah tertinggal di dalam mulut.

Baca juga rekomendasi cuka lainnya di sini

Varian cuka tak sebatas cuka buah saja. Terdapat berbagai macam jenis cuka yang memiliki kegunaan tersendiri. Untuk mengetahui tips memilih dan rekomendasi cuka terbaik lainnya, silakan kunjungi tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai cuka buah dan rekomendasi produknya. Ada banyak manfaat ketika Anda mengonsumsi cuka buah, seperti menghilangkan konstipasi, mengembalikan stamina, mengurangi bengkak, hingga mempercantik kulit Anda. 

Cuka buah mana yang akan Anda beli? Cuka dari apel, anggur, buah delima, nanas, hingga buah tin, memiliki manfaat tersendiri. Semoga artikel kali ini membantu Anda untuk memilih cuka buah yang sesuai. Eat healthy, live healthy!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saus tomat merupakan salah satu bumbu penting dalam memasak. Kandungan lycopene di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan produsen saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz yang memiliki rasa khas dan keunggulan masing-masing.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum. Kemudian, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Mari maksimalkan penggunaan saus tomat di dapur dan meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Pesta barbeque kerap menjadi pilihan saat kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar sajian barbeque Anda makin enak adalah saus barbeque.Berbagai merek saus barbeque, misalnya Kraft, Remia, dan Del Monte memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Kali ini, kami akan memberikan cara memilih dan merekomendasikan saus barbeque. Beragam saus barbeque terenak akan kami ulas, pilih saja sesuai selera Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makaroni merupakan jenis pasta yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik agar Anda mudah menemukan makaroni yang tepat. Temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan lain-lain dalam rekomendasi kami. Yuk, langsung simak informasinya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang suka makan kue, donat, dan cookies? Rasa manis yang dihasilkan pada beberapa makanan tersebut salah satunya berasal dari gula halus. Wajar saja, banyak orang menjadikan gula halus sebagai bahan dasar adonan kue hingga topping pada donat. Ada banyak produsen yang menawarkan gula halus dengan kualitas jempolan. Ada merek gula halus BOLA Deli, Rose Brand, Claris, hingga produk asal Australia, CSR. Kami akan memberikan rekomendasi gula halus yang bagus beserta tips memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Simak sampai akhir, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Bumbu Ayam Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bumbu Ayam Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta ayam goreng? Sekarang ini memasak ayam goreng makin mudah dengan adanya bumbu instan. Anda tidak perlu meracik dan menghaluskan bumbu lagi. Aneka bumbu olahan ayam goreng, seperti ayam goreng lengkuas, ayam goreng Kalasan, dan ayam goreng bumbu kuning sudah banyak dijual.Sajiku, Indofood, dan Bamboe merupakan beberapa merek bumbu ayam goreng yang populer di pasaran. Supaya Anda tidak bingung menentukan pilihan, pada kesempatan ini akan kami sampaikan cara memilih bumbu ayam goreng yang tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Simak terus artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gula Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gula batu adalah pemanis berbentuk seperti bongkahan kristal yang biasanya berwarna kuning atau putih. Pemanis ini terbuat dari larutan gula yang mengalami proses kristalisasi. Banyak orang beranggapan gula batu ampuh untuk meringankan batuk, serta mengatasi asam lambung. Namun, benarkah gula batu lebih sehat dan aman dibandingkan gula pasir, termasuk untuk penderita diabetes?Khusus untuk Anda, kami akan membahas tentang manfaat gula batu, serta memberi tips memilih gula batu yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk terbaik dari beragam merek, seperti Lingkar Organik, Javara, dan Mama Kamu, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pala Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam memasak, pala adalah rempah-rempah yang jarang terlewatkan. Pala berfungsi sebagai penyedap masakan yang memberi aroma harum dan rasa yang hangat. Selain untuk bumbu masakan, pala juga bisa dipakai untuk minuman dan kue. Sebelum digunakan, biasanya pala dihaluskan terlebih dahulu.Cukup gunakan pala bubuk, maka aromanya akan menguar dan membuat masakan Anda begitu menggoda. Kami akan mengulas beberapa merek pala bubuk yang bagus, seperti Koepoe Koepoe, Cap Pohon Mangga, dan Rasa. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Keju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Keju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Keju adalah makanan yang terbuat dari susu mamalia yang digumpalkan melalui proses peragian. Banyaknya penggemar keju memunculkan beragam pilihan produk turunan keju. Salah satu produk turunan keju yang paling populer adalah saus keju yang biasa digunakan sebagai imbuhan makanan tertentu.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih saus keju. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi merek saus keju yang bagus, seperti Knorr, Kewpie, Euro Gourmet, dan lainnya. Supaya Anda tidak salah pilih, ikuti terus artikel ini hingga usai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beras atau nasi merupakan makanan pokok bagi kebanyakan orang Asia, termasuk Korea. Beras Korea memiliki tekstur yang lengket, pulen, dan bentuknya lebih pendek dibanding beras Indonesia. Beras Korea terdiri dari banyak jenis, di antaranya adalah white rice (baekmi), brown rice (hyunmi), dan multigrain rice (japgok).Jika Anda berencana membeli beras Korea secara online, bacalah tips yang akan kami berikan pada artikel ini. Kami juga menyediakan rekomendasi merek beras Korea yang bagus, seperti Taeyangssal, Yonggi, dan Kongbap. Silakan baca artikelnya sampai tuntas untuk mendapatkan informasi yang lengkap.
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Spageti Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Spageti adalah salah satu jenis pasta yang banyak digemari di Indonesia. Menghidangkan spageti tentu tak lengkap tanpa kehadiran saus sebagai pasangannya. Di pasaran kini dijual beragam merek saus spageti yang bagus sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kami akan memberikan tips memilih saus spageti kemasan yang enak dan praktis. Ada pula ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti saus spageti Del Monte, La Fonte, dan Pronas. Plus, kami telah menyiapkan resep saus spageti rumahan sederhana untuk Anda coba. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori