10 Rekomendasi Rumah dan Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rumah dan Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi kucing yang gemar tidur sepanjang hari, penting untuk memiliki rumah dan tempat tidur yang nyaman. Jika kucing Anda bisa tidur dengan nyenyak, tentu Anda pun juga senang. Akan tetapi, terdapat berbagai tipe tempat tidur kucing, seperti tipe tempat tidur yang body fit, tipe tanpa atap, tipe rumah, dan tipe hammock yang bisa Anda pilih sesuai karakter kucing Anda.

Banyaknya pilihan mungkin akan membuat Anda bingung. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih rumah dan tempat tidur untuk kucing sekaligus memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Simak terus informasinya agar tak salah pilih!

Daftar isi

Cara memilih rumah dan tempat tidur kucing

Sebelum berbelanja kebutuhan untuk sahabat feline Anda, mari mulai dengan mengetahui poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih rumah dan tempat tidur untuknya. Dengan rumah atau tempat tidur yang sesuai dengan karakternya, si kucing pasti akan semakin betah di rumah.

Pilihlah tipe yang bisa membuat kucing nyaman bersantai

Kucing lebih menyukai area sempit daripada area yang luas karena membuatnya tenang dan nyaman. Dengan berpedoman pada hal tersebut, pilihlah rumah dan tempat tidur kucing yang bisa membuat mereka merasa rileks.

Tipe tempat tidur yang body fit untuk kenyamanan kucing Anda

Tipe tempat tidur yang body fit untuk kenyamanan kucing Anda

Kucing menyukai tempat yang sempit, karena itu, kami merekomendasikan tipe tempat tidur yang pas di badan atau body fit bagi kucing Anda. Kucing Anda juga akan merasa lebih tenang bila berada dalam rumah atau tempat tidur yang memungkinkannya bersembunyi saat tidur.

Bila kucing Anda menyukai tempat gelap, Anda dapat memilih tempat tidur atau rumah kucing yang agak tertutup. Dengan begitu, si kucing tak akan terterpa banyak cahaya saat tidur di dalamnya. Desain tertutup seperti itu ideal untuk kucing, apalagi bagi kucing juga menyukai tempat-tempat sempit, seperti sela-sela rak buku atau kardus kosong. Selain sebagai tempat tidur, produk yang Anda beli juga dapat digunakan sebagai tempat bermain.

Tipe tempat tidur tanpa atap bagi kucing yang gemar berjemur

Tipe tempat tidur tanpa atap bagi kucing yang gemar berjemur

Bagi kucing yang gemar tidur sambil menikmati hangatnya sinar matahari, tempat tidur tanpa atap dapat menjadi pilihan. Anda bisa memilih tempat tidur dengan bentuk agak membulat atau tanpa sudut untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh kucing yang umumnya meringkuk saat tidur.

Anda juga perlu memilih tempat tidur yang memiliki ukuran tidak jauh berbeda dengan tubuh kucing Anda agar dia merasa nyaman. Tempat tidur yang terlalu kecil bisa membuatnya kurang leluasa saat tidur, tetapi bila terlalu besar dia pun akan merasa kurang nyaman karena kucing menyukai tempat yang sempit.

Jadi, sesuaikanlah tempat tidur dengan kebutuhan dan kesukaan kucing Anda agar dia bisa tidur dengan lebih rileks. Selanjutnya, Anda tinggal meletakkan tempat tidur tanpa atap di tempat yang terkena sinar matahari agar dia semakin menikmati tidurnya.

Pilihlah produk dengan bahan tempat tidur yang lembut dan empuk

Pilihlah produk dengan bahan tempat tidur yang lembut dan empuk

Selera kucing akan tempat tidur juga tak jauh berbeda dengan manusia. Untuk itu, mari pilih rumah dan tempat tidur kucing dengan bahan atau bantalan yang lembut layaknya tempat tidur manusia. Apakah si kucing kerap tidur bersama Anda di tempat tidur Anda? Barangkali dia akan tertarik tidur sendiri bila memiliki tempat tidur yang nyaman seperti milik Anda.

Meskipun Anda menyukai tidur bersama-sama dengan kucing, sebaiknya Anda menjaga jarak darinya saat tidur untuk mencegah terjadinya infeksi zoonosis. Jadi, buatlah kondisi ruangan yang cukup nyaman untuk meletakkan tempat tidur kucing Anda sehingga dia tak lagi tidur dengan Anda.

Pilihlah tipe hammock bila Anda ingin hemat tempat

Pilihlah tipe hammock bila Anda ingin hemat tempat

Jika Anda memilih tempat tidur kucing tipe hammock yang dilengkapi tali pengikat pada setiap sudutnya, Anda bisa memasangnya dengan mudah di bawah meja atau di bawah kursi. Dengan demikian, Anda dapat menghemat tempat di ruangan Anda. Kucing juga menyukai tempat yang tinggi dan akan lebih senang lagi bila tempat tidurnya terasa sangat pas di tubuhnya.

Bila Anda memilih tipe hammock yang dapat diletakkan di sisi jendela, kucing Anda bisa menikmati tidur di bawah sinar matahari sambil melihat beragam pemandangan di luar jendela.

Pilihlah bahan yang mudah dibersihkan untuk kemudahan perawatan

Pilihlah bahan yang mudah dibersihkan untuk kemudahan perawatan

Selanjutnya, pilihlah rumah atau tempat tidur kucing yang mudah dibersihkan untuk memudahkan perawatan. Misalnya, tempat tidur dengan bahan atau bantalan yang bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci, serta tempat tidur berbahan plastik atau rotan yang bisa dibersihkan dengan lap atau kemoceng. Bulu-bulu kucing yang rontok juga bisa mengotori tempat tidurnya sehingga akan lebih menguntungkan bila Anda memilih produk dengan bahan yang tidak mudah dilekati oleh bulu kucing.

Lalu, akan lebih baik bila Anda memilih produk yang juga cepat kering sehingga kucing merasa lebih nyaman. Selain itu, kebersihan tempat tidur kucing kesayangan Anda pun lebih terjaga.

10 Rekomendasi rumah dan tempat tidur kucing terbaik

Sekarang saatnya kami memperkenalkan sepuluh rekomendasi rumah dan tempat tidur kucing terbaik untuk binatang kesayangan Anda. Silakan mengacu pada cara memilih di atas dan temukanlah produk yang sekiranya akan disukai oleh kucing Anda.

10. Tempat Tidur Ayun Multifungsi

10. Tempat Tidur Ayun Multifungsi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 277.000

Kucing tak lagi merasa kesepian meski ditinggal sendirian

Kucing yang merasa bosan dapat mencari kesibukan dengan mencakar dan menjatuhkan barang-barang di rumah Anda! Untuk mencegahnya, pilih saja produk ini. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat tidur, produk ini pun mampu memberikan kesibukan baru bagi si kucing. Dia pun tidak akan merasa bosan ketika Anda tinggal sendirian di rumah.

Produk yang bertipe hammock ini bisa mengayunkan kucing Anda sembari mereka memainkan bola gantung di bagian tengahnya. Alas tidurnya terbuat dari serat sisal yang juga dapat berfungsi sebagai scratch pad untuk memuaskan nalurinya mengasah kuku. Produk ini juga termasuk mudah dibersihkan dengan cara dilap karena rangkanya terbuat dari plastik.

9. Two Tier Wicker Cat Bed

9. Two Tier Wicker Cat Bed

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 327.000

Tempat tidur tingkat yang bisa digunakan dua kucing sekaligus

Bila Anda memelihara satu atau bahkan dua kucing, Anda perlu menyediakan lebih dari satu tempat tidur bagi kucing-kucing Anda. Agar tidak menghabiskan banyak biaya dan tempat di ruangan Anda, produk berikut bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk bertipe kombinasi ini terdiri atas dua tempat tidur susun dengan bantalan empuk yang dapat dilepas.

Dengan begitu, kedua kucing Anda bisa memiliki tempatnya sendiri dan tidak akan merasa kesempitan. Produk ini juga terbuat dari rotan yang berongga sehingga bisa memberikan sirkulasi udara yang baik pada kucing ketika berada di dalamnya. Bantalnya bisa dilepas memudahkan pencucian, sedangkan rumah rotannya bisa dibersihkan dengan lap atau kemoceng.

8. Cat Hammock Heart Shape

8. Cat Hammock Heart Shape

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 180.000

Hadirkan suasana ceria dalam ruangan Anda dengan warnanya yang colorful

Menggunakan barang yang warna-warni tentu bisa membuat ruangan lebih berkesan penuh semangat. Begitu pula jika Anda menggunakan tempat tidur kucing bertipe hammock berikut. Warna yang colorful membuatnya cocok sekali bagi Anda yang ingin menghadirkan atau menambah suasana ceria pada ruangan Anda.

Selain itu, produk ini terbuat dari bahan serat kasmir dan kanvas yang terasa nyaman dan halus untuk ditiduri oleh kucing Anda. Anda bisa menggantung produk ini di bawah kursi, di dalam kandang kucing, atau di tempat lain yang Anda inginkan. Untuk menjaga kebersihannya, Anda cukup mencucinya dengan tangan agar seratnya tidak rusak.

7. Louis Will Cat Hammock Hanging Window

7. Louis Will Cat Hammock Hanging Window

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 388.000

Buat kucing Anda tertidur nyenyak dan hangat di bawah sinar mentari

Bukan hanya Anda yang gemar menikmati pemandangan melalui jendela, tetapi kucing Anda pun bisa saja menyukainya. Karena itu, tempat tidur kucing bertipe hammock yang digunakan dengan ditempelkan ke jendela berikut pasti akan jadi singgasana spesialnya. Kucing Anda pun dapat merasakan kehangatan matahari dan kenyamanan tidur di siang hari.

Produk ini juga tidak akan memakan banyak tempat di ruangan Anda karena posisinya yang menggantung pada jendela. Terbuat dari bahan nilon dan kain lycra yang fleksibel, tempat tidur ini akan terasa nyaman bagi kucing Anda. Terbuat dari bahan yang cenderung tipis, produk ini lebih mudah dicuci dan kering sehingga dapat cepat digunakan lagi.

6. Pet World Tempat Tidur Kucing Lipat Bentuk Ikan Paus

6. Pet World Tempat Tidur Kucing Lipat Bentuk Ikan Paus

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 96.000

Desain lucu dengan bola gantungnya siap memanjakan kucing Anda

Tempat tidur kucing bertipe rumah berikut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menambah kesan menggemaskan pada kucing Anda. Dilihat dari tampilannya saja produk berbentuk ikan paus dengan gantungan bola ini sudah tampak menarik. Tingkat kelucuan kucing Anda akan bertambah saat dia tertidur atau bermain bola gantung di dalamnya.

Produk ini menggunakan bahan kain non woven yang tahan lama, mudah didaur ulang, memiliki daya serap air yang tinggi, lembut, dan terasa hangat. Kucing pun tetap merasa nyaman meringkuk di dalamnya meskipun udara di ruangan Anda terasa dingin. Bila sudah lama digunakan atau sudah kotor, Anda cukup mencucinya dengan tangan saja.

5. Folding Sleeping Bag for Cat

5. Folding Sleeping Bag for Cat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 198.000

Praktis, bisa dijadikan sleeping bag yang body fit sekaligus alas bermain

Produk berikut bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari tempat tidur dengan fungsi ganda untuk kucing Anda. Pertama, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai sleeping bag yang memberi kehangatan pada kucing Anda. Kedua, Anda bisa membuka ritsletingnya dan menjadikan produk tipe kombinasi ini sebagai alas bermain yang nyaman baginya.

Produk yang terbuat dari bahan kain ini juga bisa Anda cuci baik dengan tangan maupun mesin cuci. Produk bertipe body fit ini pun bisa dilipat dan mendukung mobilitas sehingga kucing Anda tetap dapat merasa nyaman di mana pun ia berada. Bagi Anda yang sering meluangkan waktu bermain bersama kucing kesayangan, produk ini juga wajib Anda miliki.

4. Rumah Kucing Bentuk Hamburger

4. Rumah Kucing Bentuk Hamburger

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 259.900

Dengan atap atau tanpa atap? Mana saja tetap nyaman!

Bila Anda ingin memastikan kucing Anda tetap hangat saat ia tidur, produk tipe kombinasi berikut ini layak jadi pilihan. Produk dengan desain unik yang menyerupai hamburger ini mampu menjaga serta memberi kehangatan lebih pada kucing Anda. Dia pun akan tetap aman dan tidur dengan nyenyak meski suhu udara di ruangan Anda terasa dingin.

Bila suhu udara sedang tinggi, Anda bisa membuka bagian atasnya agar kucing Anda tetap nyaman tidur di atasnya dan mendapat sirkulasi udara yang baik. Tidak hanya itu saja, produk yang terbuat dari bahan kain lembut ini juga memiliki alas yang antiselip dan tahan air. Untuk menjaga kebersihannya, produk ini cukup dicuci dengan tangan saja.

3. Cocotina Luxury Tempat Tidur Kucing Motif Dots

3. Cocotina Luxury Tempat Tidur Kucing Motif Dots

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 284.300

Desainnya imut dan sekarang kucing Anda pun memiliki rumah sendiri!

Hewan peliharaan yang memiliki rumah sendiri di halaman rumah kadang menjadi khayalan orang yang memelihara hewan kesayangan. Namun sayangnya, kucing bukanlah hewan outdoor sehingga bila Anda tetap menginginkan rumah sendiri untuknya, produk inilah solusinya. Berbentuk rumah mini, tempat tidur tipe rumah ini akan memberikan kenyamanan baginya.

Produk berwarna cokelat dengan atap dan alas tidur bercorak dots ala anjing dalmatian ini juga bernuansa netral dan tak akan terasa salah tempat di ruangan Anda. Rumah kucing ini terbuat dari bahan flanel dan kapas PP (polypropylene) yang nyaman dan empuk digunakan. Produk ini juga dapat dibersihkan dengan dicuci menggunakan tangan.

2. Cat Bed Cushion Soft

2. Cat Bed Cushion Soft

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 147.000

Tersedia dalam berbagai ukuran, mudah disesuaikan dengan ukuran kucing

Produk berikut ini tersedia dalam 5 pilihan ukuran berbeda, yakni ukuran S, M, L, XL, dan XXL sehingga Anda dapat memilihnya berdasarkan ukuran atau ras kucing Anda. Tempat tidur ini juga berbentuk seperti bantalan yang empuk dan halus sehingga cocok bagi Anda yang ingin memberikan kenyamanan lebih pada kucing kesayangan Anda.

Produk ini juga menjaga kucing Anda tetap hangat meski cuaca sedang dingin. Dengan begitu, kucing Anda pun akan betah meringkuk di sana sepanjang hari. Tempat tidur ini terbuat dari bahan kain woven, lambs wool, dan kapas PP yang lembut serta mudah dicuci dengan mesin cuci. Tersedia dalam berbagai warna menarik, pilih saja sesuai selera Anda!

1. Louis Will Multifunctional Folding Portable Pet House

1. Louis Will Multifunctional Folding Portable Pet House

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 226.000

Mengajak si meong bepergian tak perlu repot lagi dengan produk ini!

Rumah kucing berikut ini layak Anda jadikan pertimbangan bagi Anda yang gemar membawa kucing Anda bepergian bersama Anda. Produk ini memiliki pegangan yang memudahkan Anda untuk membawa serta si kucing traveling bersama Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengambil risiko dengan meninggalkan kucing Anda sendirian di rumah.

Bila tidak sedang bepergian, Anda bisa membuka bagian atas produk ini dan menjadikannya sebagai kotak tempat tidur bagi kucing Anda. Produk yang terbuat dari wol alami dan PU (polyurethane) leather ini pun bisa dilipat saat tidak digunakan agar hemat tempat. Bagian luarnya mudah dibersihkan dengan lap kain dan bagian dalamnya cukup dicuci dengan tangan.

Belilah rumah atau tempat tidur sesuai jumlah kucing peliharaan Anda

Belilah rumah atau tempat tidur sesuai jumlah kucing peliharaan Anda

Bila Anda memiliki lebih dari satu ekor kucing, sebaiknya Anda juga mempersiapkan rumah atau tempat tidur kucing yang sesuai dengan jumlah kucing Anda. Kucing yang akrab satu sama lain memang seringkali tidur bersama, tetapi bagaimana dengan kucing berkarakter kuat yang sulit berbaur dengan sesamanya? Ya, mereka akan butuh tempat tidur yang cukup nyaman untuk tidur sendiri.

Selain membelikan tempat tidur sendiri untuk masing-masing kucing, Anda juga dapat memisahkan letak masing-masing rumah atau tempat tidur kucing di ruangan yang berbeda. Bila terdapat jarak antara tempat tidur satu dengan yang lain, kucing berkarakter penyendiri pun dapat tidur dengan nyaman.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan rumah dan tempat tidur kucing yang sesuai untuk kucing Anda? Meski kucing bisa tidur di mana saja di ruangan Anda, tentu mereka akan merasa lebih nyaman bila memiliki tempat tidur khusus yang empuk dan lembut.

Anda juga perlu memerhatikan tipe, bahan, dan kemudahan dalam menjaga kebersihannya bila hendak memilih rumah dan tempat tidur bagi kucing Anda. Lalu, alangkah baiknya bila Anda memiliki tempat tidur kucing sejumlah kucing peliharaan Anda. Jadikan artikel kami sebagai referensi agar Anda dapat memilih produk terbaik!