mybest
Laptop

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 1
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 2
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 3
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 4
  • 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 5

10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]

Dewasa ini, laptop tidak hanya sekadar perangkat, tetapi portal menuju produktivitas. Agar tidak menghambat pekerjaan, kemampuan laptop haruslah mumpuni. Video editor, animator, data analyst, atau graphic designer memiliki kebutuhan laptop yang berbeda-beda. Merek laptop yang bagus pun beragam, seperti Apple, ASUS, dan Lenovo.

 
Supaya Anda tidak kebingungan, kami telah menyusun cara memilih laptop untuk kerja bersama software engineer, Yosua Surojo. Di sini, kami membahas secara lengkap mengenai RAM, SSD, jenis layar, kartu grafis, hingga model laptop untuk setiap pekerjaan. Mari simak bersama karena kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya!

Diperbaharui 22/03/2024
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Gabriella Amadeo
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gabriella Amadeo

Gabriella Amadeo, akrab dipanggil Gaby, adalah seorang lulusan Universitas Pelita Harapan program studi Usaha Perjalanan Wisata. Setelah lulus pada tahun 2020, Gaby bekerja sebagai content writer. Hingga saat ini, Gaby telah menulis berbagai topik artikel untuk blog. Tidak hanya itu saja, Gaby juga menjadi content writer freelance untuk sebuah marketing agency di Indonesia. Gaby adalah seorang travel enthusiast yang memiliki interest kuat di bidang travel, kuliner, budaya, dan berbagai aktivitas menyenangkan. Selain itu, Gaby juga memiliki kemampuan yang baik untuk meriset berbagai bidang seperti desain interior, teknologi, kecantikan, dan lain-lain.

Profil Gabriella Amadeo
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Lebih baik menggunakan PC atau laptop untuk bekerja?

Pakar
Pakar

Tergantung dari pekerjaannya. Salah satu pekerjaan yang lebih baik memakai PC daripada laptop adalah live streamer karena membutuhkan konektivitas yang lebih stabil. 

Lebih baik menggunakan PC atau laptop untuk bekerja?
Kebanyakan pekerjaan saat ini bisa diselesaikan dengan laptop. Namun, bagi para live streamer, menggunakan PC lebih disarankan daripada laptop. Hal ini karena live streamer harus menangani dua aspek penting, yakni aktivitas streaming dan konektivitas internet. Selain melakukan live streaming, mereka sering kali juga melakukan kegiatan lain, seperti bermain game


Ketergantungan pada koneksi internet yang stabil sangatlah vital bagi para live streamer. Dengan menggunakan PC, live streamer dapat mengandalkan kabel LAN untuk konektivitasnya sehingga proses live streaming dapat berjalan lebih lancar. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai PC, Anda bisa mengunjungi artikel berikut. 

Cara memilih Laptop untuk Kerja

Meski semua laptop bisa digunakan untuk menyelesaikan beragam pekerjaan, bukan berarti Anda bisa sembarangan dalam memilih produknya. Hal ini karena setiap pekerjaan memiliki kebutuhan akan laptop yang berbeda-beda. Karena itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih laptop untuk kerja. Bacalah dengan saksama agar Anda bisa menemukan laptop yang sesuai kebutuhan pekerjaan Anda.

1

Untuk menjalankan berbagai aplikasi berat, pilih laptop dengan RAM minimal 16 GB dan prosesor generasi terbaru

Untuk menjalankan berbagai aplikasi berat, pilih laptop dengan RAM minimal 16 GB dan prosesor generasi terbaru
Beberapa pekerjaan, seperti video editor, animator, dan analis data, membutuhkan penggunaan software berat. Agar perangkat lunak dapat berjalan efisien, Anda membutuhkan laptop dengan kapasitas RAM tinggi. Oleh sebab itu, laptop minimal perlu memiliki RAM 16 GB. Namun, kami sarankan untuk memilih laptop yang memiliki RAM 32 GB. Alasannya, dengan RAM yang besar, laptop Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara optimal.

 

Selain itu, penting untuk memperhatikan generasi prosesor saat memilih laptop. Makin baru generasinya, prosesor akan lebih efisien dalam melakukan perintah. Saat ini, generasi terbaru dari prosesor Intel adalah generasi ke-14. Meski begitu, prosesor generasi ke-12 dari Intel masih layak dipertimbangkan. Di sisi lain, Ryzen juga telah merilis prosesor terbarunya yakni seri 8000G. Namun, prosesor Ryzen seri 5000 masih mampu menjalankan berbagai tugas dengan baik.

Lebih baik lagi jika dilengkapi penyimpanan SSD sebesar 512 GB

Pakar
Pakar

Storage yang besar akan memudahkan Anda menyimpan banyak file dan aplikasi yang ukurannya besar. Tipe SSD akan membuat aplikasi bisa terbuka dengan cepat.

Lebih baik lagi jika dilengkapi penyimpanan SSD sebesar 512 GB
Penyimpanan tipe solid-state drive (SSD) dianggap efisien untuk pekerjaan laptop yang berat dibanding hard disk drive (HDD) tradisional. Berikut beberapa keunggulan dari SSD:
  • Kecepatan transfer data yang tinggi
  • Waktu akses cepat
  • Latensi yang rendah
  • Konsumsi energi lebih optimal

Penggunaan memori SSD ini membuat laptop menyala lebih cepat. Aplikasi-aplikasi berukuran besar pun akan terbuka dengan lebih cepat jika datanya disimpan di SSD. Terkait kapasitasnya, sebaiknya Anda mencari laptop dengan penyimpanan minimal 512 GB, terutama jika sering menggunakan aplikasi berat untuk bekerja.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Jika Anda merasa masih kurang dengan kapasitas 512 GB, Anda bisa menggunakan external hard drive. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari laptop dengan SSD 1 TB atau 2 TB. 

2

Apabila pekerjaan Anda berhubungan erat dengan visual, utamakan laptop dengan layar OLED

Pakar
Pakar

Layar OLED mampu menampilkan tingkat kontras dan akurasi warna yang lebih tinggi daripada IPS. Artinya, warna pada layar OLED bisa terlihat lebih menyala dan realistis. 

Apabila pekerjaan Anda berhubungan erat dengan visual, utamakan laptop dengan layar OLED
Bagi Anda yang terlibat dalam pekerjaan visual, baik editing, animasi, maupun desain grafis, tentu perlu mempertimbangkan layar laptop. Jika kualitas visual sangat penting dalam pekerjaan Anda, sebaiknya pilih laptop dengan jenis layar OLED. Biasanya, informasi mengenai jenis layar laptop tercantum pada deskripsi produk, seperti OLED, IPS, dan sebagainya.

 

Setiap piksel pada layar OLED dapat menyala sendiri sesuai dengan sinyal yang diterima. Dengan begitu, tingkat kontras dan akurasi warna yang dapat ditampilkan layar OLED lebih tinggi daripada IPS. Layar OLED juga mampu menyalakan dan mematikan piksel secara otomatis sehingga bisa menyajikan background yang lebih gelap. Namun, laptop dengan layar OLED biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

 

Sebagai alternatif yang lebih ekonomis, Anda bisa memilih laptop dengan layar IPS. Meski tidak setajam dan seakurat OLED, layar IPS masih mampu menampilkan warna dengan kualitas yang baik. Selain itu, layar IPS juga memiliki keunggulan dari segi angle-view, yakni mampu menampilkan warna yang sama dari berbagai sisi.

Tertarik untuk menggali informasi lebih dalam terkait laptop yang cocok untuk pekerjaan desain grafis? Anda bisa mengunjungi artikel kami di bawah ini.  

Pertimbangkan membeli MacBook jika Anda memiliki budget lebih

Pakar
Pakar

Banyak yang lebih memilih MacBook untuk desain. Hal ini karena MacBook mampu menampilkan ketajaman warna yang lebih akurat daripada laptop dengan OS Windows. 

Pertimbangkan membeli MacBook jika Anda memiliki budget lebih
Jika Anda memiliki budget lebih, membeli MacBook bisa menjadi pilihan yang bagus, terutama untuk keperluan editing. MacBook memiliki kemampuan dalam menampilkan warna-warna yang lebih akurat. Desainnya pun lebih ringkas dan user-friendly.


Semua program yang ada di macOS juga sudah melalui verifikasi performance sehingga lebih menjamin kinerja yang baik. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan MacBook, Anda bisa menemukan jawabannya pada artikel berikut ini.  

3

Untuk video editor, pastikan laptop dilengkapi graphic card dengan VRAM minimal 2 GB

Pakar
Pakar

Graphic card yang bagus berguna untuk mempercepat proses rendering jika Anda ingin membuat video dengan kualitas 4K. 

Untuk video editor, pastikan laptop dilengkapi graphic card dengan VRAM minimal 2 GB
Bagi seorang video editor, memiliki laptop dengan kartu grafis yang unggul sangatlah penting untuk mempercepat pemrosesan video. Kartu grafis yang andal akan membantu mengoptimalkan rendering, pemutaran, serta pengeditan video dengan resolusi dan frame rate yang tinggi. 


Kartu grafis yang kuat juga mendukung penggunaan perangkat lunak khusus, misalnya akselerasi GPU, pengolahan video paralel, dan rendering hardware. Dalam proses editing video, kemampuan kartu grafis ini memungkinkan penggunaan efek visual yang kompleks dengan lancar dan cepat. Saat mencari kartu grafis untuk editing video, sebaiknya pilih GPU dengan memori (VRAM) minimal 2GB. Makin besar kapasitas VRAM, makin cepat pula proses rendering pada laptop


Seri terbaru, seperti NVIDIA RTX 40 series yang dilengkapi dengan memori 4 GB ke atas, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan editing video. Selain itu, makin baru GPU yang digunakan, proses pendinginannya pun akan lebih baik sehingga konsumsi daya menjadi lebih efisienUntuk informasi lebih lengkap tentang cara memilih laptop yang cocok untuk editing video, Anda dapat melihat artikel berikut ini.

4

Jika pekerjaan Anda banyak menggambar, cek juga tipe dan jumlah port konektivitasnya

Pakar
Pakar

Selain mouse dan keyboard, graphic designer, animator, dan illustrator biasanya memakai drawing pad khusus untuk menunjang pekerjaannya. Untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus, laptop yang menyediakan banyak port tentunya lebih baik. 

Selain RAM dan prosesor, animator juga memerlukan laptop dengan port konektivitas yang banyak. Hal ini karena animator juga perlu menggunakan drawing pad, mouse, dan keyboard untuk bekerja. Keberadaan port yang banyak pada laptop akan meningkatkan efisiensi karena menghilangkan kebutuhan untuk membeli adaptor tambahan. Selain itu, layar laptop animator juga harus bisa menampilkan ketajaman warna yang akurat.

Laptop 2-in-1 juga bisa dipertimbangkan apabila Anda sering bekerja mobile

Pakar
Pakar

Laptop 2-in-1 bisa diubah menjadi tablet dan biasanya sudah dibekali stylus pen. Jadi, apabila Anda perlu bekerja di luar, Anda tak perlu membawa serta drawing pad atau pen tablet.

Laptop 2-in-1 juga bisa dipertimbangkan apabila Anda sering bekerja mobile
Beberapa pekerjaan, seperti desainer grafis dan ilustrator biasanya memerlukan banyak waktu saat menggambar. Untuk memudahkan proses ini, pilihlah laptop convertible atau laptop 2-in-1 yang bisa diubah menjadi tablet. Beberapa model hadir dengan layar dan keyboard yang dapat dipisahkan atau dilipat guna memberikan fleksibilitas tambahan.


Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah beralih antara mode laptop dan mode tablet saat menggambar. Anda pun tak perlu lagi membeli drawing pad dan tablet secara terpisah. Temukan informasi menarik tentang laptop 2-in-1 melalui link artikel di bawah ini. 

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Ketika membeli laptop convertible, pastikan juga untuk cek senstivitas dari stylus pen-nya. Makin mirip dengan gambar saat menggunakan pensil, tentu makin bagus. Selain itu, Anda harus cek juga kemudahan penyimpanannya. Pilih laptop convertible yang dibekali tempat penyimpanan stylus pen di sampingnya supaya tidak bingung mengenai tempat penyimpanan. 

5

Untuk pekerja remote dengan mobilitas yang tinggi, prioritaskan laptop yang ukurannya tak terlalu besar, yakni 14 inci dengan bobot 1 kg

Pakar
Pakar

Supaya tidak merepotkan saat dibawa bepergian, Anda bisa pilih laptop yang ukurannya sekitar 14 inch dengan bobot 1 kg. Laptop dengan ukuran tersebut masih memungkinkan dibawa dengan sling bag, tidak harus memakai backpack

Untuk pekerja remote dengan mobilitas yang tinggi, prioritaskan laptop yang ukurannya tak terlalu besar, yakni 14 inci dengan bobot 1 kg
Bagi pekerja remote atau orang yang memiliki mobilitas tinggi, ukuran dan bobot laptop menjadi pertimbangan penting. Untuk memastikan kenyamanan dan kepraktisan saat dibawa bepergian, sebaiknya pilih laptop yang ukurannya tidak terlalu besar.


Laptop yang ada di pasaran rata-rata berukuran minimal 14 inch. Ukuran tersebut sudah cukup ringan dan nyaman untuk dibawa bepergian. Seiring dengan itu, bobot laptop rata-rata sekitar 1 kg. Nah, Anda bisa memilih produk yang paling ringan dengan memperhatikan deskripsi berat atau bobot di informasi spesifikasi laptop.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Laptop untuk Kerja Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Laptop untuk Kerja terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 13 Januari 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
OS
Processor
Core
GPU
Jenis RAM
Kapasitas RAM
Jenis storage
Kapasitas storage
Ukuran layar
Resolusi layar
Refresh rate
Bobot laptop
Dimensi panjang
Dimensi lebar
Ketebalan
Panel
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
Port
1

Apple

MacBook Air M1 (2020)

Apple MacBook Air M1 (2020) 1

Rp17.199.000

Agak Mahal

Performa tinggi dan hemat energi

macOS

Apple M1

Octa-core

Octa-core

Tidak diketahui

8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

13,3 inci

QHD (2.560 x 1.600)

60 Hz

1,29 kg

30,41 cm

21,24 cm

4-16,1 mm

IPS

USB-A (3.1), audio, Thunderbolt 3

2

Apple

MacBook Air M2 (2023)

Apple MacBook Air M2 (2023) 1

Rp22.999.000

Agak Mahal

Laptop canggih dengan bodi tipis dan bobot ringan

macOS 13 Ventura

Apple M2

Deca-core

Tidak diketahui

LPDDR5

8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

15,3 inci

2.880 x 1.864

60 Hz

1,51 kg

34,04 cm

13,4 cm

1,15 cm

IPS

USB-C, HDMI, audio, Thunderbolt 2

3

MSI

Modern 14

MSI Modern 14 1

Rp9.999.000

Menengah

Permudah pekerjaan Anda dengan laptop ringan dan performa andal

Windows

12th Gen Intel® Core™ i5

Deca-core

Intel UHD Graphics

DDR4

8 GB, 16 GB

SSD

512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

60 Hz

1,4 kg

31,9 cm

22,3 cm

19,35 mm

IPS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

4

ASUS

Vivobook Go 14E1404

ASUS  Vivobook Go 14 1

Rp6.699.000

Agak Murah

Teknologi fast charging, jangan takut lagi kehabisan baterai

Windows

AMD Ryzen 3 7320U

Quad-core

AMD

LPDDR5

8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

60 Hz

1,38 kg

32,45 cm

21,39 cm

17,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

5

Acer

Aspire 5 Slim

Acer Aspire 5 Slim 1

Rp7.299.000

Agak Murah

Laptop kencang serbabisa dengan harga ekonomis

Windows

Intel® Core™ i3

Tidak diketahui

NVIDIA GeForce MX350

DDR4

8 GB

SSD

512 GB

14 inci

HD (1.366 x 768)

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

IPS

USB-A (3.2), HDMI, Audio, Ethernet/LAN

6

HP

Laptop 14s-dq2614TU

HP Laptop 14s-dq2614TU 1

Rp7.399.000

Agak Murah

Laptop andalan untuk pekerja kantoran

Windows

Intel® Core™ i3

Dual-core

Intel® UHD Graphics

DDR4

4 GB

SSD

512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

Tidak diketahui

1,46 kg

32,4 cm

22,5 cm

17,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

7

Lenovo

IdeaPad Slim 3i14ITL6

Lenovo IdeaPad Slim 3i 1

Rp7.199.000

Agak Murah

Menyediakan slot memori tambahan, mudah di-upgrade

Windows 11 Home

Intel Core i3-1115G4

Dual-core

Integrated Intel UHD Graphics

DDR4

8 GB, 16 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

60 Hz

1,41 kg

32,42 cm

21,57 cm

19,99 mm

TN

USB-A (2.0), USB-C, Audio, USB-A (3.2), HDMI, SD card reader

8

Apple

MacBook Pro M2 14 Inci

Apple MacBook Pro M2 14 Inci 1

Rp36.499.000

Lebih Mahal

Performa tinggi, cocok untuk kinerja pemrograman profesional

macOS Ventura

Apple M2 Pro, Apple M2 Max

Deca-core, Dodeca-core

Integrated 16-core, 19-core, 30-core

LPDDR5

16 GB, 32 GB

SSD

512 GB, 1 TB

14,2 inci

3.024 x 1.964

120 Hz

1,6 kg

31,26 cm

22,12 cm

15,5 mm

XDR

USB-C, HDMI, audio, MagSafe 3, Thunderbolt 4

9

HP

Laptop 14SDQ4028TU

HP Laptop 14S 1

Rp12.089.000

Menengah

Keyboard empuk, mengetik berjam-jam tidak membuat jari sakit

Windows

Intel® Core™ i5

Tidak diketahui

Intel Iris Xe Graphics

DDR4

8 GB, 16 GB

SSD

512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

60 Hz

1,46 kg

32,4 cm

22,5 cm

17,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, Audio

10

Lenovo

Ideapad Flex 5

Lenovo Ideapad Flex 5 1

Rp13.220.000

Menengah

Laptop 2-in-1 yang stylish dan super kencang

Windows

AMD Ryzen 7 5700U

Octa-core

AMD Radeon Graphics

DDR4

8 GB

SSD

512 GB

14 inci

WUXGA (1.920 x 1.200)

Tidak diketahui

1,5 kg

32,1 cm

21,7 cm

17,9 mm

IPS

Tidak diketahui

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader, ethernet/LAN

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AppleMacBook Air M1 (2020)

MacBook Air M1 (2020) 1
Sumber: ibox.co.id
MacBook Air M1 (2020) 2
Sumber: ibox.co.id
MacBook Air M1 (2020) 3
Sumber: ibox.co.id
MacBook Air M1 (2020) 4
Sumber: ibox.co.id
MacBook Air M1 (2020) 5
Sumber: ibox.co.id
Harga referensi
Rp17.199.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp17.199.000
Agak Mahal
ProcessorApple M1
GPUOcta-core
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Resolusi layarQHD (2.560 x 1.600)
Jenis RAM
Tidak diketahui
Ukuran layar
13,3 inci
Refresh rate
60 Hz
Bobot laptop
1,29 kg

Performa tinggi dan hemat energi

Walau sudah ada versi yang lebih baru, MacBook Air M1 masih laris manis di pasaran. Produk ini memang berkualitas mumpuni untuk melakukan banyak pekerjaan. Ditenagai oleh chip M1 buatan Apple, laptop ini menawarkan kombinasi luar biasa antara performa dan efisiensi energi. 


Dengan desain yang tipis dan ringan, MacBook Air M1 mudah dibawa ke mana saja. Layar retina yang tajam dan warna yang akurat cocok untuk penggunaan sehari-hari dan pekerjaan kreatif. Baterai yangi tahan lama memungkinkan penggunaan sepanjang hari tanpa perlu sering mengisi daya.

OSmacOS
CoreOcta-core
Dimensi panjang30,41 cm
Dimensi lebar21,24 cm
Ketebalan4-16,1 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.1), audio, Thunderbolt 3
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

AppleMacBook Air M2 (2023)

Harga referensi
Rp22.999.000
Agak Mahal
ProcessorApple M2
GPUTidak diketahui
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Resolusi layar2.880 x 1.864
Jenis RAM
LPDDR5
Ukuran layar
15,3 inci
Refresh rate
60 Hz
Bobot laptop
1,51 kg

Laptop canggih dengan bodi tipis dan bobot ringan

MacBook Air M2 menjadi pilihan andal untuk menyelesaikan berbagai tugas Anda, termasuk bagi Anda yang sedang belajar programming. Sekarang, MacBook Air tidak hanya tersedia dalam ukuran 13 inci, tetapi juga dalam ukuran 15 inci. Laptop ini memiliki desain yang tipis dengan ketebalan hanya 11,5 mm dan bobot ringan sekitar 1,51 kg. Diklaim memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, laptop ini dapat bertahan hingga 18 jam dengan sekali pengisian daya. 

OSmacOS 13 Ventura
CoreDeca-core
Dimensi panjang34,04 cm
Dimensi lebar13,4 cm
Ketebalan1,15 cm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-C, HDMI, audio, Thunderbolt 2
View all
No.3

MSIModern 14

Harga referensi
Rp9.999.000
Menengah
Processor12th Gen Intel® Core™ i5
GPUIntel UHD Graphics
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Jenis RAM
DDR4
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
60 Hz
Bobot laptop
1,4 kg

Permudah pekerjaan Anda dengan laptop ringan dan performa andal

Modern 14 merupakan laptop ringan yang menggabungkan kinerja solid dan portabilitas. Ditenagai prosesor Intel Core i3, laptop ini cocok digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, seperti browsing web, pengolahan dokumen, dan streaming


Dengan desain yang ramping dan bobot yang ringan, laptop ini cocok untuk Anda yang bekerja dari mana saja. Anda bisa membentangkan laptop ini hingga 180 derajat sehingga diskusi dengan klien jadi lebih nyaman. Layar yang tajam dan warna yang akurat juga menjadikannya ideal untuk tugas desain grafis ringan dan hiburan.

OSWindows
CoreDeca-core
Dimensi panjang31,9 cm
Dimensi lebar22,3 cm
Ketebalan19,35 mm
PanelIPS
Upgradeable RAMTidak diketahui
Upgradeable SSDTidak diketahui
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all
No.4

ASUS Vivobook Go 14E1404

Vivobook Go 14 1
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 2
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 3
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 4
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp6.699.000
Agak Murah
ProcessorAMD Ryzen 3 7320U
GPU AMD
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Jenis RAM
LPDDR5
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
60 Hz
Bobot laptop
1,38 kg

Teknologi fast charging, jangan takut lagi kehabisan baterai

Apakah Anda banyak berurusan dengan program komputer besar yang kerap menguras daya? Jika demikian, pertimbangkan laptop dengan fitur fast charging. Salah satu rekomendasi kami adalah Vivobook Go14 dari ASUS. Teknologi fast charging yang dimilikinya memungkinkan Anda mengisi daya sebesar 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Dengan demikian, Anda bisa mengisi daya lebih cepat di tengah load kerjaan yang sedang tinggi-tingginya.

OS Windows
CoreQuad-core
Dimensi panjang32,45 cm
Dimensi lebar21,39 cm
Ketebalan17,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all
No.5

AcerAspire 5 Slim

Harga referensi
Rp7.299.000
Agak Murah
ProcessorIntel® Core™ i3
GPUNVIDIA GeForce MX350
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Resolusi layarHD (1.366 x 768)
Jenis RAM
DDR4
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
Tidak diketahui
Bobot laptop
Tidak diketahui

Laptop kencang serbabisa dengan harga ekonomis

Acer Aspire 5 Slim adalah laptop yang menawarkan kinerja andal dengan prosesor i3 dan storage SSD 512 GB. Desain ramping dan elegan membuatnya mudah dibawa dan cocok untuk berbagai keperluan. Layar 14 inci dengan resolusi tinggi memberikan pengalaman visual yang tajam. Dengan spesifikasi tersebut, laptop ini sanggup membantu Anda menyelesaikan segala macam pekerjaan, termasuk bermain game ringan untuk hiburan sejenak.

OSWindows
CoreTidak diketahui
Dimensi panjangTidak diketahui
Dimensi lebarTidak diketahui
KetebalanTidak diketahui
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), HDMI, Audio, Ethernet/LAN
View all
No.6

HPLaptop 14s-dq2614TU

Laptop 14s-dq2614TU 1
Sumber: hp.com
Laptop 14s-dq2614TU 2
Sumber: hp.com
Laptop 14s-dq2614TU 3
Sumber: hp.com
Laptop 14s-dq2614TU 4
Sumber: hp.com
Laptop 14s-dq2614TU 5
Sumber: hp.com
Harga referensi
Rp7.399.000
Agak Murah
ProcessorIntel® Core™ i3
GPUIntel® UHD Graphics
Kapasitas RAM4 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Jenis RAM
DDR4
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
Tidak diketahui
Bobot laptop
1,46 kg

Laptop andalan untuk pekerja kantoran

Bagi Anda pekerja kantoran yang sedang mencari laptop untuk menunjang produktivitas, HP 14s dq2614TU bisa jadi pilihan. Dengan harga terjangkau, Anda sudah mendapatkan laptop dengan storage SSD 512 GB dan RAM 4 GB yang dapat ditingkatkan. 


Spesifikasi ini sangat cukup untuk pekerjaan sehari-hari seperti mengetik, browsing, hingga mengolah data. Produktivitas Anda juga akan terbantu dengan backliit keyboard. Fitur ini memudahkan Anda mengetik dalam ruang yang minim cahaya sekalipun. 

OSWindows
CoreDual-core
Dimensi panjang32,4 cm
Dimensi lebar22,5 cm
Ketebalan17,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all
No.7

LenovoIdeaPad Slim 3i14ITL6

Harga referensi
Rp7.199.000
Agak Murah
ProcessorIntel Core i3-1115G4
GPUIntegrated Intel UHD Graphics
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Jenis RAM
DDR4
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
60 Hz
Bobot laptop
1,41 kg

Menyediakan slot memori tambahan, mudah di-upgrade

Lenovo IdeaPad Slim 3i menjadi jawaban untuk Anda yang enggan meng-upgrade memori internal karena harus memindah data. Meskipun sudah dilengkapi dengan RAM 8 GB dan memori internal sebesar 512 GB, laptop ini sepenuhnya mendukung proses upgrade


Pihak produsen telah menyediakan slot khusus untuk menambahkan RAM tambahan. Dengan fiturnya, produk ini cocok untuk Anda yang sedang belajar programming. Pemasangannya pun cukup mudah, Anda langsung diberikan kabel dan bracket yang diperlukan untuk memasangnya. Dengan demikian, masa pakai laptop Anda dapat diperpanjang secara signifikan.

OSWindows 11 Home
CoreDual-core
Dimensi panjang32,42 cm
Dimensi lebar21,57 cm
Ketebalan19,99 mm
PanelTN
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (2.0), USB-C, Audio, USB-A (3.2), HDMI, SD card reader
View all
No.8

AppleMacBook Pro M2 14 Inci

Harga referensi
Rp36.499.000
Lebih Mahal
ProcessorApple M2 Pro, Apple M2 Max
GPUIntegrated 16-core, 19-core, 30-core
Kapasitas RAM16 GB, 32 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB, 1 TB
Resolusi layar3.024 x 1.964
Jenis RAM
LPDDR5
Ukuran layar
14,2 inci
Refresh rate
120 Hz
Bobot laptop
1,6 kg

Performa tinggi, cocok untuk kinerja pemrograman profesional

Apple MacBook Pro M2 (2023) dirancang secara khusus dengan performa tinggi sehingga cocok untuk pemrograman profesional. Ditenagai oleh chip M2 yang kuat untuk memastikan kinerja lancar dalam pengembangan perangkat lunak. Layar Retina yang brilian dan keyboard ergonomis memberikan pengalaman pengguna yang nyaman serta produktif. 


Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Thunderbolt 4 dan SSD super cepat, mempercepat proses pengembangan dan pengujian aplikasi. Produk ini ideal untuk para pengembang perangkat lunak atau programmer profesional.

OSmacOS Ventura
CoreDeca-core, Dodeca-core
Dimensi panjang31,26 cm
Dimensi lebar22,12 cm
Ketebalan15,5 mm
PanelXDR
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-C, HDMI, audio, MagSafe 3, Thunderbolt 4
View all
No.9

HPLaptop 14SDQ4028TU

Harga referensi
Rp12.089.000
Menengah
Processor Intel® Core™ i5
GPUIntel Iris Xe Graphics
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Jenis RAM
DDR4
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
60 Hz
Bobot laptop
1,46 kg

Keyboard empuk, mengetik berjam-jam tidak membuat jari sakit

Bagi Anda yang mencari laptop untuk para pekerja kantoran dengan pekerjaan banyak mengetik, produk ini patut Anda pertimbangkan. Tombol pada keyboard terasa lunak sehingga nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu lama.


Fitur backlit pada keyboard juga sudah dilengkapi dua tingkat keterangan. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi penerangan dalam ruangan. Layarnya sendiri sudah 250 nits sehingga cukup terang untuk pekerjaan sehari-hari hingga rapat online via Zoom atau Gmeet.

OSWindows
CoreTidak diketahui
Dimensi panjang32,4 cm
Dimensi lebar22,5 cm
Ketebalan17,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, Audio
View all
No.10

LenovoIdeapad Flex 5

Harga referensi
Rp13.220.000
Menengah
ProcessorAMD Ryzen 7 5700U
GPUAMD Radeon Graphics
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Resolusi layarWUXGA (1.920 x 1.200)
Jenis RAM
DDR4
Ukuran layar
14 inci
Refresh rate
Tidak diketahui
Bobot laptop
1,5 kg

Laptop 2-in-1 yang stylish dan super kencang

Lenovo IdeaPad Flex 5 menawarkan keseimbangan sempurna antara kinerja dan fleksibilitas. Produk ini dilengkapi dengan layar sentuh yang responsif dan bisa diputar hingga 360 derajat. Baterainya pun dapat bertahan lama dan prosesornya tangguh sehingga ideal untuk Anda yang sering melakukan multitasking


Setiap pembelian sudah disertai dengan stylus pen yang dapat mendukung pekerjaan Anda. Tidak hanya itu, desain produk ini juga sangat stylish sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

OSWindows
CoreOcta-core
Dimensi panjang32,1 cm
Dimensi lebar21,7 cm
Ketebalan17,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSDTidak diketahui
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader, ethernet/LAN
View all

5 Rekomendasi Laptop untuk Kerja terbaik

No. 1: AppleMacBook Air M1 (2020)

No. 2: AppleMacBook Air M2 (2023)

No. 3: MSIModern 14

No. 4: ASUS Vivobook Go 14E1404

No. 5: AcerAspire 5 Slim

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop untuk Kerja Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.