mybest
Makanan & minuman kesehatan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 1
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 2
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 3
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 4
  • 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist] 5

10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]

Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.


Simaklah cara memilih produk makanan gluten-free yang bagus dan intiplah rekomendasi produknya. Cara memilih ini disusun bersama ahli gizi, Leona Victoria! Ada banyak produk makanan bebas gluten, mulai dari camilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Ladang Lima, Mom Uung, dan Nourish Kitchen. 
Diperbaharui 08/01/2024
Leona Victoria
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah yang dimaksud dengan makanan gluten free?

Apakah yang dimaksud dengan makanan gluten free?

Gluten adalah jenis protein yang terkandung pada beberapa jenis makanan dan tepung-tepungan. Adanya kandungan gluten akan memberikan tekstur kenyal dan elastis pada adonan makanan. Oleh sebab itu, kandungan ini sangat umum ditemukan pada roti-rotian dan pasta.


Secara umum, gluten aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, beberapa orang memiliki intoleransi gluten dan kondisi celiac (coeliac) sehingga menimbulkan reaksi alergi setelah mengonsumsi makanan bergluten. Beberapa reaksi yang kerap timbul di antaranya adalah kelelahan, kembung, diare, kram perut, dan anemia.


Awalnya, makanan bebas gluten alias gluten-free dibuat untuk membantu Anda yang intoleran terhadap gluten. Uniknya, produk-produk ini menjadi populer dan makin mudah ditemukan bersamaan dengan maraknya tren hidup sehat. Namun, ingatlah untuk menjaga keseimbangan gizi Anda, sebab makanan gluten-free umumnya minim kandungan protein, vitamin B, kalsium, serta magnesium.

Cara memilih Produk Makanan yang Bebas Gluten

Seperti yang telah disebutkan di awal, makanan bebas gluten tersedia dalam beragam jenis dan pilihan. Oleh karena itu, mari simak cara memilihnya berikut ini agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat!

1

Pilih tipe produk sesuai kebutuhan dan preferensi Anda

Makanan bebas gluten secara garis besar terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe siap olah dan tipe tepung. Tipe siap olah sangat cocok untuk Anda yang masih awam dalam mengolah makanan atau menginginkan kepraktisan. Sementara itu, tipe tepung ideal untuk Anda yang senang bereksperimen di dapur. Berhubung cara memilihnya berbeda untuk setiap tipe, tentukanlah pilihan sesuai preferensi Anda. Untuk memahami lebih jelas, simaklah penjelasan berikut.

Tipe siap olah: Mudah dan praktis, ideal bagi konsumen pemula

Tipe siap olah: Mudah dan praktis, ideal bagi konsumen pemula

Apakah Anda termasuk orang yang baru mau mencoba mengonsumsi makanan bebas gluten? Jika ya, mungkin Anda bisa memulainya dengan makanan bebas gluten siap olah seperti pasta. Produk seperti itu sangat mudah diolah menjadi suatu hidangan yang lezat. Anda juga bisa mencoba kue dan roti bebas gluten yang mungkin tersedia di supermarket di kota Anda.


Kunci dalam memilih makanan bebas gluten siap olah adalah dengan memilih berdasarkan rasa dan tekstur favorit Anda. Contohnya saja pada produk berjenis mi, terdapat beberapa pilihan tekstur seperti pasta atau mi bebas gluten. Selain itu, untuk dapat memilih produk terbaik, tidak ada salahnya membaca ulasan tentang produk yang ingin Anda beli. Untuk Anda yang ingin menjaga kecantikan, pilihlah produk dengan kandungan bahan yang baik bagi kulit, misalnya beras cokelat.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Apakah Anda menghindari gluten karena coeliac disease atau intoleransi terhadap gluten? Jika iya, Anda harus menghindari seluruh bahan makanan yang mengandung gluten. 


Sayangnya, gluten tidak hanya ditemui pada makanan berbahan dasar tepung terigu atau gandum saja. Banyak sekali bahan atau produk makanan olahan yang mengandung gluten yang mungkin tidak Anda sadari. Produk makanan tersebut misalnya adalah saus, daging olahan (sosis, salami), bahan pengental, maltodextrin, bir, beberapa produk cokelat, saus salad, dan kecap.


Karena banyaknya sumber gluten tersembunyi, produk siap olah ini akan memudahkan Anda saat masa transisi pola makan menjadi gluten-free. Produk gluten-free siap olah ini juga dapat memudahkan Anda untuk mempersiapkan menu makan dan masakan.

Tipe tepung: Cara pengolahan variatif, cocok bagi Anda yang suka memasak

Tipe tepung: Cara pengolahan variatif, cocok bagi Anda yang suka memasak

Tipe tepung cocok untuk Anda yang hobi memasak dan senang berkreasi di dapur. Anda dapat bereksperimen menggunakan tepung bebas gluten untuk membuat makanan kesukaan. Tepung bebas gluten di pasaran tersedia dalam bentuk tunggal, seperti tepung beras, tepung almon, tepung kedelai, dan tepung jagung. Namun, tersedia juga produk tepung campuran untuk membuat kue dan roti bebas gluten.


Tepung bebas gluten memiliki tingkat kehalusan partikel dan kandungan air berbeda-beda meski terbuat dari bahan baku yang sama. Dengan demikian, tekstur dan tampilan akhir masakan pun bisa saja berbeda. Tentunya sulit untuk melihat perbedaan tersebut hanya dari kemasan produk dan dalam bentuk tepung. Untuk itu, periksalah ulasan produk sebelum membeli agar hasil masakan sesuai dengan harapan.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Menggunakan tepung gluten-free akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda yang harus mengikuti pola makan gluten-free. Dengan memilih tepung gluten-free, Anda pun dapat berkreasi di rumah. Makanan rumahan tentunya selalu lebih sehat, murah, dan segar dibandingkan jika Anda membeli dari luar. 


Contoh makanan yang dapat Anda kreasikan di rumah adalah roti, mi, pasta, macam-macam kue, bahkan biskuit teething bayi. Biasanya Anda akan membutuhkan tambahan polisakarida, pati, atau serat seperti xanthan gum untuk mengolah produk roti gluten-free. Dengan begitu, tekstur roti tetap lembut dan enak dimakan. Tepung ini juga dapat Anda gunakan untuk mengentalkan saus ataupun sup.


Jika Anda mencoba tepung gluten-free seperti tepung jagung, tetapi muncul reaksi, kemungkinan ada cross contamination di tempat pengolahan tepung. Hal itu bisa terjadi apabila tempat pengolahan tepung bergantian dengan produk tepung yang mengandung gluten. Jika ini terjadi, Anda bisa mengonfirmasikannya dengan produsen tepung tersebut dan menghindarinya pada masa mendatang.

2

Periksa kandungan bahan aditif dan sertifikasi produk pada kemasannya

Periksa kandungan bahan aditif dan sertifikasi produk pada kemasannya

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam memilih makanan bebas gluten adalah memeriksa komposisinya. Usaha Anda menjaga kesehatan dengan memakan makanan bebas gluten akan percuma jika produk tersebut mengandung banyak zat aditif. Jadi, sebelum membeli, bacalah label kemasan dan pilihlah produk dengan bahan aditif seminimal mungkin.


Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah keberadaan label bebas gluten atau gluten-free pada kemasan. Produk yang bersertifikat GFCO (Gluten Free Certification Organization) dapat menjadi panduan Anda dalam memilih makanan bebas gluten. Bukan berarti produk tanpa sertifikat GFCO tidak aman, hanya saja produk bersertifikat GFCO telah melalui pengecekan kualitas sehingga lebih terjamin.


Di samping itu, kami juga menyarankan Anda mengecek adanya sertifikat BPOM pada produk pilihan Anda. Hal tersebut akan menjadi penanda lain bahwa produk tersebut sudah melewati proses uji dan dinyatakan aman untuk dikonsumsi. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Hindari produk yang menggunakan banyak zat tambahan, seperti perasa, pengawet, dan pewarna buatan. Hal ini penting, terutama untuk penderita coeliac disease


Umumnya jika seseorang sudah memiliki food sensitivity terhadap suatu makanan, ia akan berisiko memiliki sensitivitas terhadap makanan lainnya. Dalam hal ini, zat aditif dan laktosa (protein dalam susu) merupakan dua jenis makanan lain yang mungkin dapat menyertai kondisi coeliac disease.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaiks

Berikut ini adalah daftar Produk Makanan yang Bebas Gluten rekomendasi Tim Editorial mybest (pada 08 Januari 2024).
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Kalori per saji
Kandungan protein per saji
Kandungan lemak per saji
Kandungan gula per saji
Kandungan serat per saji
Jenis chia seed
Sertifikasi organik
Kandungan bahan aditif
Jenis makanan
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produk
Kategori produk
Varian rasa
Sertifikasi BPOM
Bentuk minuman
Jenis kemasan
Kandungan kolagen per konsumsi

Ladang Lima

Tepung Bumbu Serbaguna

Ladang Lima  Tepung Bumbu Serbaguna 1

Rp21.500

Agak Murah

Praktis untuk gorengan gluten-free yang gurih dan crispy

150 gram

170 kkal

1 gram

0,5 gram

2 gram

3 gram

Tidak diketahui

Tepung

Tepung singkong, tepung beras, tepung maizena, kaldu ayam, garam, rempah alami, baking soda

Tidak diketahui

MD 231837005759

Pouch

Ibu Anak Sukses

Mom Uung Cookie Mylkflow

Ibu Anak Sukses Mom Uung Cookie Mylkflow 1

Rp38.500

Menengah

Busui sehat, ASI pun tetap lancar dan bernutrisi

150 gram

160 kkal

3 gram

12 gram

6 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Makanan siap saji

Oat, almond, ekstrak daun kelor, gula kelapa, dark chocolate murni

Tidak diketahui

P-IRT 3063578036432-26

Kotak

Royal Health Food

ALEXA Kukis

Royal Health Food ALEXA Kukis 1

Rp28.000

Menengah

Camilan sehat premium dengan harga terjangkau

180 gram

78 kkal

1 gram

4,5 gram

2,4 gram

1 gram

Makanan siap saji

Tepung singkong, margarin, biji rami, biji chia, gula aren organik, kacang almond, baking soda, oat (varian oat chocolate), cokelat bubuk (varian oat chocolate dan chocolate), selai kacang (varian peanut butter), cranberry (varian peanut butter), tiramisu (varian tiramisu)

Chocolate, Oat chocolate, Tiramisu, Peanut butter

P-IRT 5063174025004-26

Pouch

Nourish Kitchen

Happy Breakie Gluten Free Pancake & Waffle Mix

Nourish Kitchen Happy Breakie Gluten Free Pancake & Waffle Mix 1

Rp27.000

Menengah

Nikmati momen sarapan asyik dengan pancake dan waffle tinggi serat

200 gram

334 kkal

3,8 gram

2 gram

Tidak diketahui

3,7 gram

Tidak diketahui

Tepung

Tepung mocaf organik, tepung pati garut organik, tepung beras, tepung sorgum, gula kelapa organik, baking powder bebas aluminium, garam laut

Classic, double choco

Tidak diketahui

Pouch

Lean Lab

Selai Coklat Bubuk

Lean Lab Selai Coklat Bubuk 1

Rp85.000

Agak Mahal

Selai kacang cokelat bubuk pertama di Indonesia!

250 gram

50 kkal

4 gram

1 gram

6 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Makanan siap saji

Kacang tanah, kakao bubuk, gula, garam himalaya

Cokelat

P-IRT 2085171010382-26

Jar

Rumah Mocaf

Tepung Mocaf

Rumah Mocaf Tepung Mocaf 1

Rp25.000

Agak Murah

Tetap sehat dan bebas berkreasi dengan tepung serbaguna gluten-free

1 kg

350 kkal

1 gram

0 gram

0 gram

9,56 gram

Tepung

Tepung singkong

Tidak diketahui

MD 629111001598

Pouch

Bob’s Red Mill

Gluten Free Rolled Oats

Bob’s Red Mill Gluten Free Rolled Oats 1

Rp206.000

Lebih Mahal

Sarapan sehat yang membuat tubuh tetap semangat

907 gram

210 kkal

7 gram

3,5 gram

1 gram

6 gram

Makanan siap saji

Organic whole grain oats

Tidak diketahui

ML 230509070155

Pouch

Vegipuff

Cemilan Gluten Free

Vegipuff Cemilan Gluten Free 1

Rp14.500

Lebih Murah

Solusi tepat dan sehat untuk si kecil yang susah makan

25 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Makanan siap saji

Tepung gluten free, margarin, air, telur, baking powder, sayur kale, buah bit, rumput laut serbuk (untuk varian seaweed), keju (untuk varian kalechiz), coklat (untuk varian chocobeet)

Ori-mix, sweet corn stick, seaweed, chocobeet, kalechiz

P-IRT Original: 5053578010559-27・Cokelat: 5053578020559-27・Keju: 5053578030559-27・Seaweed: 5053578040559-28

Pouch

BeOrganik

Pasta Gluten Free

BeOrganik  Pasta Gluten Free 1

Rp40.000

Menengah

Pasta warna-warni sebagai pengganti nasi

150 gram

130 kkal

4 gram

1 gram

0 gram

3 gram

Tidak diketahui

Makanan siap olah

Tepung singkong, beetroot, wortel, kale

Tidak diketahui

P-IRT: 2123174075012-26

Kotak

Pura Indonesia

Puramie Goreng

Pura Indonesia Puramie Goreng 1

Rp35.000

Menengah

Alternatif yang lebih sehat bagi para penggemar mi instan

90 gram

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Makanan siap saji

Beras merah organik, ayam, kaldu ayam

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kotak

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Ladang Lima Tepung Bumbu Serbaguna

 Tepung Bumbu Serbaguna 1
Sumber: shopee.co.id
 Tepung Bumbu Serbaguna 2
Sumber: shopee.co.id
 Tepung Bumbu Serbaguna 3
Sumber: shopee.co.id
 Tepung Bumbu Serbaguna 4
Sumber: shopee.co.id
 Tepung Bumbu Serbaguna 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp21.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp21.500
Agak Murah

Praktis untuk gorengan gluten-free yang gurih dan crispy

Ingin menikmati gorengan, tetapi tidak ingin perut menjadi begah? Kini, Anda bisa membuat gorengan bebas gluten di rumah dengan produk ini. Produk lokal ini diperkaya rempah-rempah dan tidak mengandung MSG. Perpaduan bahannya membuat gorengan Anda tidak kalah gurih dengan tepung bumbu biasa. Bagi Anda yang vegan, menjadikannya pelapis untuk membuat sayuran goreng juga bisa dicoba!

Isi150 gram
Kalori per saji170 kkal
Kandungan protein per saji1 gram
Kandungan lemak per saji0,5 gram
Kandungan gula per saji2 gram
Kandungan serat per saji3 gram
Jenis chia seed
Sertifikasi organikTidak diketahui
Kandungan bahan aditif
Jenis makananTepung
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkTepung singkong, tepung beras, tepung maizena, kaldu ayam, garam, rempah alami, baking soda
Kategori produk
Varian rasaTidak diketahui
Sertifikasi BPOMMD 231837005759
Bentuk minuman
Jenis kemasanPouch
Kandungan kolagen per konsumsi
View all
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Ibu Anak SuksesMom Uung Cookie Mylkflow

Harga referensi
Rp38.500
Menengah

Busui sehat, ASI pun tetap lancar dan bernutrisi

Cookies gluten-free yang satu ini kami rekomendasikan untuk para busui. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Pasalnya, cookies dari Mom Uung ini mengandung berbagai nutrisi dalam jumlah yang tinggi, seperti kalsium dan vitamin E. Beberapa kandungan mineral dan vitamin pun akan membantu menjaga kesehatan ibu. Dengan mengonsumsi cookies ini, tentunya ASI untuk bayi Anda akan lancar dan penuh nutrisi. 


Selain gluten-free, cookies ini juga lactose-free dan egg-free sehingga aman untuk Anda yang alergi terhadap susu sapi. Pemanis yang digunakan hanya gula stevia dan gula kelapa. Alhasil, cookies ini juga bisa menurunkan risiko obesitas. 

Isi150 gram
Kalori per saji160 kkal
Kandungan protein per saji3 gram
Kandungan lemak per saji12 gram
Kandungan gula per saji6 gram
Kandungan serat per sajiTidak diketahui
Jenis chia seed
Sertifikasi organikTidak diketahui
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap saji
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkOat, almond, ekstrak daun kelor, gula kelapa, dark chocolate murni
Kategori produk
Varian rasaTidak diketahui
Sertifikasi BPOMP-IRT 3063578036432-26
Bentuk minuman
Jenis kemasanKotak
Kandungan kolagen per konsumsi
View all
Harga referensi
Rp28.000
Menengah

Camilan sehat premium dengan harga terjangkau

Apakah Anda penggemar camilan manis? Anda bisa mencoba cookies gluten-free satu ini. Terbuat dari tepung singkong, kukis ini juga dikombinasikan dengan bahan premium kualitas impor, seperti chia seed, cranberry, dan almon. Harganya pun cukup terjangkau, Anda bisa menstoknya di rumah untuk camilan saat bersantai. Anda jadi bisa tetap ngemil enak dan sehat setiap hari.

Isi180 gram
Kalori per saji78 kkal
Kandungan protein per saji1 gram
Kandungan lemak per saji4,5 gram
Kandungan gula per saji2,4 gram
Kandungan serat per saji1 gram
Jenis chia seed
Sertifikasi organik
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap saji
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkTepung singkong, margarin, biji rami, biji chia, gula aren organik, kacang almond, baking soda, oat (varian oat chocolate), cokelat bubuk (varian oat chocolate dan chocolate), selai kacang (varian peanut butter), cranberry (varian peanut butter), tiramisu (varian tiramisu)
Kategori produk
Varian rasaChocolate, Oat chocolate, Tiramisu, Peanut butter
Sertifikasi BPOMP-IRT 5063174025004-26
Bentuk minuman
Jenis kemasanPouch
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

Nourish KitchenHappy Breakie Gluten Free Pancake & Waffle Mix

Harga referensi
Rp27.000
Menengah

Nikmati momen sarapan asyik dengan pancake dan waffle tinggi serat

Pancake dan waffle adalah dua makanan yang sering dikonsumsi untuk sarapan. Nah, bagi Anda yang gemar sarapan dengan pancake dan waffle, kami rekomendasikan produk ini. Happy Breakie adalah tepung premiks untuk membuat pancake dan waffle dengan mudah. Untuk membuatnya, Anda cukup dengan mencampurkan produk ini dengan susu, telur, dan coconut oil. Cukup praktis untuk sarapan, bukan? 


Meski begitu, Anda tak perlu khawatir mengenai kandungan gizinya. Tepung premiks ini mengandung serat yang cukup tinggi dan tidak mengandung pengawet. Tentunya, sangat baik untuk kesehatan Anda. 

Isi200 gram
Kalori per saji334 kkal
Kandungan protein per saji3,8 gram
Kandungan lemak per saji2 gram
Kandungan gula per sajiTidak diketahui
Kandungan serat per saji3,7 gram
Jenis chia seed
Sertifikasi organikTidak diketahui
Kandungan bahan aditif
Jenis makananTepung
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkTepung mocaf organik, tepung pati garut organik, tepung beras, tepung sorgum, gula kelapa organik, baking powder bebas aluminium, garam laut
Kategori produk
Varian rasaClassic, double choco
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Bentuk minuman
Jenis kemasanPouch
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

Lean LabSelai Coklat Bubuk

Harga referensi
Rp85.000
Agak Mahal

Selai kacang cokelat bubuk pertama di Indonesia!

Kini Anda bisa menikmati selai kacang dengan cara ditabur atau dicampur ke dalam minuman, lho! Selai kacang bubuk pertama di Indonesia ini diproduksi oleh Lean Lab dengan proses pemisahan minyak sehingga lebih sehat. Varian rasa yang tersedia adalah cokelat. Anda bisa menaburkannya di camilan favorit Anda. Bahkan, produk ini bisa menjadi campuran untuk membuat kue atau cookies sehat.

Isi250 gram
Kalori per saji50 kkal
Kandungan protein per saji4 gram
Kandungan lemak per saji1 gram
Kandungan gula per saji6 gram
Kandungan serat per sajiTidak diketahui
Jenis chia seed
Sertifikasi organikTidak diketahui
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap saji
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkKacang tanah, kakao bubuk, gula, garam himalaya
Kategori produk
Varian rasaCokelat
Sertifikasi BPOMP-IRT 2085171010382-26
Bentuk minuman
Jenis kemasanJar
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

Rumah MocafTepung Mocaf

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Tetap sehat dan bebas berkreasi dengan tepung serbaguna gluten-free

Tepung Mocaf dari Rumah Mocaf ini wajib dipilih apabila Anda gemar membuat makanan berbahan dasar tepung. Tepung singkong ini sudah tersertifikasi 100% bebas gluten dan tidak mengandung pengawet ataupun pewarna buatan. Dengan kandungan serat, kalsium, dan zat besi yang tinggi, tentunya tepung ini cocok untuk pola hidup sehat. Ditambah lagi, tepung ini juga rendah glikemik sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.


Produk ini juga merupakan kombinasi berbagai jenis tepung bebas gluten yang merupakan keanekaragaman hayati Indonesia. Selain sehat, Anda juga turut berkontribusi memakmurkan petani Indonesia, bukan?

Isi1 kg
Kalori per saji350 kkal
Kandungan protein per saji1 gram
Kandungan lemak per saji0 gram
Kandungan gula per saji0 gram
Kandungan serat per saji9,56 gram
Jenis chia seed
Sertifikasi organik
Kandungan bahan aditif
Jenis makananTepung
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkTepung singkong
Kategori produk
Varian rasaTidak diketahui
Sertifikasi BPOMMD 629111001598
Bentuk minuman
Jenis kemasanPouch
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

Bob’s Red MillGluten Free Rolled Oats

Harga referensi
Rp206.000
Lebih Mahal

Sarapan sehat yang membuat tubuh tetap semangat

Awali hari Anda dengan oatmeal bebas gluten dari Bob’s Red Mill ini agar bersemangat sepanjang hari. Produk ini cocok untuk Anda yang sering merasa lemas setelah sarapan. Tambahkan topping favorit Anda agar rasanya makin enak! Dibuat dari whole grain, produk ini memiliki segala kebaikan nutrisi dan serat pangan oat. Selain itu, oatmeal ini pun lebih sehat karena rendah glikemik.
Isi907 gram
Kalori per saji210 kkal
Kandungan protein per saji7 gram
Kandungan lemak per saji3,5 gram
Kandungan gula per saji1 gram
Kandungan serat per saji6 gram
Jenis chia seed
Sertifikasi organik
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap saji
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkOrganic whole grain oats
Kategori produk
Varian rasaTidak diketahui
Sertifikasi BPOMML 230509070155
Bentuk minuman
Jenis kemasanPouch
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

VegipuffCemilan Gluten Free

Harga referensi
Rp14.500
Lebih Murah

Solusi tepat dan sehat untuk si kecil yang susah makan

Tak hanya makanan untuk orang dewasa, kini makanan sehat khusus anak-anak juga sudah tersedia. Salah satu contohnya adalah camilan sehat dari Vegipuff ini. Bentuknya finger puff yang memudahkan untuk dimakan dan teksturnya juga lembut sehingga mudah ditelan oleh anak-anak. 


Biskuit ini aman dikonsumsi oleh anak-anak mulai usia 1 tahun. Selain gluten-free, biskuit ini juga tidak mengandung susu sapi sehingga aman untuk anak yang alergi. Cara pembuatannya juga sehat, yakni dioven, jadi tidak membuat batuk. 

Isi25 gram
Kalori per sajiTidak diketahui
Kandungan protein per sajiTidak diketahui
Kandungan lemak per sajiTidak diketahui
Kandungan gula per sajiTidak diketahui
Kandungan serat per sajiTidak diketahui
Jenis chia seed
Sertifikasi organikTidak diketahui
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap saji
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkTepung gluten free, margarin, air, telur, baking powder, sayur kale, buah bit, rumput laut serbuk (untuk varian seaweed), keju (untuk varian kalechiz), coklat (untuk varian chocobeet)
Kategori produk
Varian rasaOri-mix, sweet corn stick, seaweed, chocobeet, kalechiz
Sertifikasi BPOMP-IRT Original: 5053578010559-27・Cokelat: 5053578020559-27・Keju: 5053578030559-27・Seaweed: 5053578040559-28
Bentuk minuman
Jenis kemasanPouch
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

BeOrganik Pasta Gluten Free

Harga referensi
Rp40.000
Menengah

Pasta warna-warni sebagai pengganti nasi

Pasta bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat saat sedang bosan dengan nasi. Agar lebih sehat, pasta bebas gluten bisa menjadi pilihan untuk Anda konsumsi sehari-hari. Dibuat dari tepung singkong, pasta warna-warni ini menggunakan buah bit, daun kale, dan wortel sebagai pewarna. Selain menikmati rasanya, Anda juga dimanjakan dengan warna pasta yang menggugah selera.

Isi150 gram
Kalori per saji130 kkal
Kandungan protein per saji4 gram
Kandungan lemak per saji1 gram
Kandungan gula per saji0 gram
Kandungan serat per saji3 gram
Jenis chia seed
Sertifikasi organikTidak diketahui
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap olah
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkTepung singkong, beetroot, wortel, kale
Kategori produk
Varian rasaTidak diketahui
Sertifikasi BPOMP-IRT: 2123174075012-26
Bentuk minuman
Jenis kemasanKotak
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

Pura IndonesiaPuramie Goreng

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Alternatif yang lebih sehat bagi para penggemar mi instan

Anda merupakan penggemar mi instan atau kerap tak punya waktu untuk memasak? Produk ini bisa menjadi solusi yang tepat. Puramie adalah mi instan yang lebih sehat karena terbuat dari beras merah organik. Selain itu, produk ini juga diklaim gluten-free, tinggi serat, dan tidak mengandung MSG. Ditambah lagi, bumbu utamanya adalah kaldu ayam dengan topping ayam asli. Sudah sehat dan cepat, enak pula!

Isi90 gram
Kalori per sajiTidak diketahui
Kandungan protein per sajiTidak diketahui
Kandungan lemak per sajiTidak diketahui
Kandungan gula per sajiTidak diketahui
Kandungan serat per sajiTidak diketahui
Jenis chia seed
Sertifikasi organik
Kandungan bahan aditif
Jenis makananMakanan siap saji
Jenis jus mengkudu
Asal
Komposisi produkBeras merah organik, ayam, kaldu ayam
Kategori produk
Varian rasaTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Bentuk minuman
Jenis kemasanKotak
Kandungan kolagen per konsumsi
View all

Pertanyaan umum seputar makanan bebas gluten

Pertanyaan umum seputar makanan bebas gluten

Maraknya produk gluten-free di pasaran mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya apa saja makanan yang tidak mengandung gluten. Kali ini kami akan menjawab pertanyaan umum seputar bahan makanan yang bebas gluten.

Apa saja jenis tepung yang bebas dari gluten?

Anda yang sensitif terhadap gluten kemungkinan besar tidak bisa mengonsumsi tepung terigu yang terbuat dari gandum. Namun, beberapa jenis tepung berikut bisa menjadi pengganti dengan rasa dan tekstur yang mirip, lho!

  • Tepung almon
  • Tepung sorgum
  • Tepung umbi garut
  • Tepung jagung
  • Tepung kelapa
  • Tepung tapioka

Kumpulan tepung di atas pada dasarnya bebas dari kandungan gluten. Namun agar lebih pasti ada baiknya Anda tetap mengecek label "gluten-free" pada kemasannya.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Rekomendasi Produk Makanan yang Bebas Gluten Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Nutritionist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.