10 Rekomendasi Kursi Terbaik Untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kursi Terbaik Untuk Anda yang Tinggal Sendiri (Terbaru Tahun 2018)

Umumnya, orang yang hidup sendiri akan lebih memperhatikan tata ruang di rumahnya. Dikarenakan ukuran rumah atau sisa ruang yang tidak banyak, mereka akan memilih furnitur yang berkapasitas kecil. Salah satu furnitur yang sering menjadi perhatian bagi orang yang tinggal sendiri adalah kursi.

Walau sisa ruang yang ada tidak banyak, tetapi orang yang tinggal sendiri tetap mengharapkan kursi yang nyaman untuk bekerja atau bersantai. Kali ini, kami akan merekomendasikan kursi terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Anda akan menemukan beberapa jenis kursi dari brand Ikea dan Atria. Sebelumnya, simak hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih kursi terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri.

Daftar isi

Cara memilih kursi untuk Anda yang tinggal sendiri

Walau sisa ruang di kamar atau ruang tamu Anda terlalu sempit, bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan kursi yang mengekspresikan diri Anda. Lalu, apa saja ya yang harus diperhatikan dalam memilih kursi terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri?

Pilih kursi yang dapat membantu Anda menghemat ruang

Kendala yang ditemukan oleh orang yang tinggal sendiri adalah sisa ruang yang terbatas. Maka, pilihlah kursi dengan ukuran yang pas agar kamar atau ruang tamu di rumah Anda tidak terlihat terlalu sempit.

Pilihlah jenis sofa untuk Anda yang ingin bersantai

Pilihlah jenis sofa untuk Anda yang ingin bersantai

Jika Anda ingin bersantai di kursi yang nyaman, kami sarankan Anda memilih kursi sofa. Saat mendengar sofa, mungkin yang terpikirkan oleh Anda adalah kursi panjang dan besar untuk diduduki beberapa orang sekaligus. Namun, terdapat pula produk sofa yang dikhususkan untuk digunakan satu orang. Tentunya harga sofa dengan satu seat ini juga akan lebih murah. Jadi, mari pilih produk sofa yang sesuai selera Anda agar waktu bersantai di rumah semakin membuat Anda nyaman.

Pilih office chair untuk bekerja atau belajar

Pilih office chair untuk bekerja atau belajar

Saat belajar atau bekerja di depan komputer, terkadang Anda membutuhkan waktu untuk sekadar mengatur napas dan meneguk teh agar ide-ide baru dapat muncul. Untuk itu, Anda dapat memilih kursi dengan sandaran tangan agar tidak hanya punggung yang dapat Anda istirahatkan, tetapi juga tangan Anda.

Kursi jenis ini banyak digunakan di perkantoran. Walau kursi yang Anda pilih sudah terasa nyaman, tetapi Anda akan menemukan perbedaan rasa nyaman saat duduk di kursi dengan sandaran tangan dan yang tidak. Kursi jenis ini dapat memudahkan Anda untuk berdiri dengan memegang sandaran tangannya. Jenis office chair kami rekomendasikan untuk Anda yang terbiasa bekerja atau belajar dengan kursi dan meja di rumah.

Untuk duduk di lantai, pilih kursi jenis bantalan

Untuk duduk di lantai, pilih kursi jenis bantalan

Jika Anda terbiasa bekerja sambil duduk di lantai dengan menggunakan meja yang rendah, kami sarankan Anda memilih kursi jenis bantalan. Karena tidak memiliki kerangka kaki, kursi ini menjadi lebih rendah dibandingkan jenis kursi lainnya. Saat menggunakan kursi ini, Anda juga lebih bebas bergerak dan seluruh bagian kursi tidak memerlukan penekanan.

Belakangan ini, kursi yang berbentuk bantalan tebal dengan sandaran kepala juga dapat Anda temukan di pasaran. Harganya mungkin lebih mahal jika dibandingkan jenis lainnya. Akan tetapi, kursi jenis ini adalah produk yang kuat dan tahan lama. Anda bisa merasakan sensasi bersantai yang berbeda dengan kursi bergaya rendah.

Jenis kursi dengan tempat penyimpanan membuat rumah Anda lebih rapi

Jenis kursi dengan tempat penyimpanan membuat rumah Anda lebih rapi

Jika dalam satu ruangan Anda hanya memiliki sebuah lemari dengan ruang penyimpanan yang dangkal, lemari tersebut tidak akan cukup jika Anda memiliki banyak barang. Tentunya Anda harus membeli lemari penyimpanan lain saat barang-barang Anda semakin meluap.

Namun, saat Anda menambah lemari penyimpanan lagi, hal tersebut akan semakin membuat kamar atau ruang tamu Anda semakin sempit. Bagi Anda yang merasakan hal ini, kami rekomendasikan Anda untuk memilih kursi yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan. Anda akan mendapatkan kursi sekaligus tempat penyimpanan dalam satu barang.

Jenis kursi tanpa sandaran dapat digunakan untuk beberapa fungsi

Jenis kursi tanpa sandaran dapat digunakan untuk beberapa fungsi

Rumah yang dihuni oleh satu orang saja tentu akan berukuran lebih kecil dibandingkan ukuran rumah untuk keluarga besar. Oleh sebab itu, menambah satu barang saja tentu akan semakin mengurangi ruang kosong yang ada. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mempergunakan barang yang multifungsi. Jika Anda memiliki kursi tanpa sandaran, Anda juga dapat menggunakannya sebagai meja, bangku pijakan (step stool), tempat menaruh pot tanaman, dan sebagainya. Selain itu, kursi yang bentuk dan fungsinya dapat diubah (semisal bisa dilipat atau ditidurkan) juga cocok untuk Anda yang tinggal sendiri.

Jenis kursi lipat yang dapat disimpan saat tidak digunakan

Jenis kursi lipat yang dapat disimpan saat tidak digunakan

Kursi jenis lipat akan sangat membantu Anda untuk menghemat ruang karena dapat disimpan saat tidak digunakan. Kursi ini mudah ditempatkan di celah perabot atau sudut ruangan. Namun, walau terlihat kuat ada baiknya jika Anda betul-betul memastikan bahwa kursi lipat yang Anda pilih mampu menahan bobot tubuh Anda.

Saat memilih kursi, ukurlah terlebih dahulu kursi tersebut dan sesuaikan dengan bobot tubuh Anda. Apabila permukaannya kain, pastikan apakah terasa nyaman saat diduduki dan tidak mudah jebol. Setelah diukur, cek juga apakah kursi mudah disimpan. Anda dapat menggunakannya pada siang hari untuk duduk bersantai, lalu lipat pada malam hari. Dengan demikian, ruangan Anda akan menjadi lebih longgar sehingga bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan barang lainnya.

10 Rekomendasi kursi terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Setelah mengetahui poin penting apa saja yang harus Anda perhatikan dalam memilih kursi terbaik bagi Anda yang tinggal sendiri. Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk kursi terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan.

10. Naturehike Portable Folding Stool

10. Naturehike Portable Folding Stool

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 166.000

Anda mencari kursi lipat dengan material berkualitas? Produk ini jawabannya!

Berdimensi 23 cm x 17 cm x 20 cm, Naturehike Portable Folding Stool adalah produk kursi lipat yang kami rekomendasikan untuk Anda yang tinggal sendiri. Rangka kursi ini dibuat dari material aluminium alloy yang kuat dan tahan lama. Sementara itu, bagian dudukannya dibuat dari material 600D oxford cloth yang antisobek.

Dikarenakan produk ini tidak memiliki sandaran, Anda dapat meletakkannya menempel di dinding agar Anda tetap dapat menyandarkan punggung. Saat tidak digunakan, Anda dapat melipat dan menyimpan produk ini di sela-sela lemari atau di sudut ruangan. Jadi, kamar atau ruang tamu di rumah Anda akan lebih terlihat lebih luas.

9. Ikea Skarpo

9. Ikea Skarpo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 878.900

Warna putihnya cocok untuk Anda yang menata ruangan dengan interior modern minimalis

Ikea Skarpo adalah kursi berbahan plastik polipropilena yang ringan dengan desain unik berwarna putih yang kekinian. Dengan panjang 81 cm, lebar 77 cm, dan tinggi 72 cm, kursi ini dapat Anda pergunakan untuk bersantai di sore hari sambil menikmati kopi dan camilan.

Tidak hanya mengistirahatkan punggung, Anda juga dapat mengistirahatkan tangan karena kursi ini juga memiliki sandaran lengan. Uniknya lagi, kursi ini juga dilengkapi dengan lubang saluran di dudukannya sehingga saat dibersihkan air akan mengalir keluar dengan mudah. Menarik bukan?!

8. Informa Kursi Flato – Patchwork

8. Informa Kursi Flato - Patchwork

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.089.000

Untuk tata ruang lebih modis dengan sentuhan desain yang artsy

Bagi Anda yang senang menata interior ruangan dengan furnitur yang memiliki desain artsy, kursi ini cocok untuk Anda. Produk ini menggabungkan beberapa motif di bagian dudukan dan sandarannya yang mampu menarik perhatian siapa pun yang melihatnya.

Sementara itu, warna asli kayu dipilih untuk bagian rangka kakinya yang menyatu dengan besi berwarna hitam yang saling mengikatnya. Anda dapat menggunakan kursi ini untuk berbagai keperluan, seperti menonton TV, makan, atau membaca buku. Dibuat tanpa sandaran lengan, kursi ini dapat Anda letakkan di posisi yang diinginkan, bahkan di sisa ruang yang sempit.

7. JYSK Dining Chair Simmonds

7. JYSK Dining Chair Simmonds

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 899.900

Kursi makan bergaya Scandinavian yang multifungsi!

Anda berencana untuk mengganti interior rumah dengan gaya Scandinavian? Jika iya, kami memiliki rekomendasi kursi makan yang desainnya terinspirasi dari gaya Scandinavian. Dengan warna light brown di bagian dudukan dan sandaran, serta warna kayu asli di bagian kaki kursi, produk ini menawarkan desain sederhana.

Kursi ini memiliki bantalan yang cukup tebal sehingga akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak ada bagian tubuh yang terasa sakit walau duduk berlama-lama. Dibuat tanpa sandaran lengan, Anda lebih leluasa bergerak dan dapat meletakkan produk ini sesuai posisi yang Anda inginkan. Tidak hanya sebagai kursi makan, Anda juga dapat menggunakan kursi ini untuk kegiatan lain seperti bekerja dan belajar.

6. Ikea Frosta

6. Ikea Frosta

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 200.000

Tidak hanya sebagai kursi, tetapi dapat dijadikan meja juga!

Bagi Anda yang tinggal sendiri, Anda dapat menggunakan furnitur yang ada untuk mendukung interior di rumah Anda. Seperti produk kursi dari Ikea ini, tidak hanya berfungsi sebagai kursi pada umumnya, tetapi Anda dapat menggunakannya sebagai tempat menaruh vas bunga atau pernak-pernik lainnya.

Kursi ini terbuat dari kombinasi material veneer kayu birch dan lacquer akrilik bening. Dengan warna cokelat muda khas kayu, produk ini mampu mengedepankan kesan minimalis yang kuat. Karena berbahan kayu, kursi ini juga kuat dan tentunya tahan lama. Jika Anda memiliki produk ini lebih dari satu, Anda dapat menumpuknya saat tidak digunakan sehingga tidak memakan banyak tempat.

5. Chitose ET-171

5. Chitose ET-171

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.406.000

Dapat dikombinasikan dengan berbagai ketinggian meja kerja di rumah

Dibuat dengan roda di bagian kaki kursi, produk ini memungkinkan Anda untuk berpindah posisi tanpa harus berjalan. Pada office chair ini juga terdapat pedal yang berfungsi untuk mengatur ketinggian kursi sesuai yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, kursi ini dapat berputar 360 derajat sehingga memudahkan Anda untuk berputar atau menoleh ke sisi lain tanpa harus turun dari kursi.

Dengan desain tanpa sandaran lengan, Anda dapat duduk dengan posisi apa pun yang Anda inginkan. Office chair tanpa lengan ini tentunya cocok untuk meja kerja dengan ketinggian apa pun di rumah Anda. Kelebihan yang tidak dapat ditawarkan kursi dengan sandaran lengan yang sering menabrak meja saat Anda ingin memasukkannya ke kolong meja.

4. JYSK Pouffe Holeby With Storage

4. JYSK Pouffe Holeby With Storage

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 285.000

Kehabisan ruang untuk menaruh tempat penyimpanan? Kalau begitu produk ini cocok untuk Anda!

JYSK Pouffe Holeby With Storage adalah penggabungan dua fungsi yaitu sebagai kursi dan tempat penyimpanan. Produk semacam ini sangat menguntungkan bagi Anda yang tinggal sendiri, terlebih lagi jika rumah Anda terbilang sempit. Berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm, kursi ini akan membantu Anda menata ruangan, sekaligus membuat ruang tamu Anda tidak berantakan dengan barang-barang yang berserakan.

Anda cukup mengangkat bagian dudukannya saja, lalu masukan barang-barang yang ingin Anda simpan seperti buku dan majalah. Anda juga tidak perlu khawatir karena rangka kursi ini dibuat dari kayu yang solid sehingga kokoh dan mampu menahan bobot tubuh Anda. Tidak hanya warna hitam, kursi ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna lain yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

3. Ikea Bussan

3. Ikea Bussan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.979.000

Dua pilihan penggunaan: tumpuk untuk bersandar dan panjangkan saat ingin berbaring

Kursi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah jenis beanbag. Anda dapat menggunakan produk ini untuk sekadar bersandar atau panjangkan menjadi lounger lebih rendah sehingga dapat digunakan untuk berbaring. Saat menjatuhkan badan ke atasnya, Anda akan langsung merasakan betapa empuk dan nyamannya beanbag ini.

Berbahan kain 100% poliester dan isi polistirena terkembang, produk ini pas untuk mengistirahatkan diri Anda yang lelah setelah seharian beraktivitas. Anda dapat meletakkannya di dalam atau di luar ruangan. Selain itu, produk ini mudah dibersihkan karena sarungnya dapat dilepas dan Anda dapat mencucinya menggunakan mesin cuci.

2. JYSK Office Chair Skodsborg

2. JYSK Office Chair Skodsborg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.699.000

Dukung kegiatan bekerja dan belajar di rumah dengan office chair yang nyaman dan berkualitas

Saat bekerja atau belajar di rumah, tentunya Anda membutuhkan alat-alat pendukung yang membuat Anda terus fokus. Salah satu alat pendukung yang Anda butuhkan selama bekerja atau belajar adalah kursi yang nyaman. Oleh sebab itu, kami merekomendasikan JYSK Office Chair Skodsborg yang akan menjamin kenyamanan selama Anda bekerja atau belajar.

Kursi ini adalah jenis office chair yang memiliki sandaran punggung lebih tinggi dibandingkan jenis kursi lainnya. Hal ini akan menguntungkan Anda karena tidak hanya punggung, Anda juga dapat menyandarkan kepala saat mulai lelah. Bantalan di bagian dudukan dan sandarannya pun tebal sehingga terasa empuk saat dipakai.

1. Atria Caralisa Sofa Fabric

1. Atria Caralisa Sofa Fabric

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 3.319.000

Rasa nyaman tidak tertandingi yang membuat Anda betah duduk berlama-lama!

Berukuran 93 cm x 94 cm x 78 cm, kursi ini didesain elegan dengan warna abu-abu dan model yang menarik. Sejak pertama kali melihatnya, Anda pasti tahu kursi ini memiliki bantalan yang tebal hampir di seluruh bagiannya. Bahannya yang lembut juga membuat Anda semakin nyaman untuk berlama-lama duduk di kursi ini.

Saat menduduki produk ini, Anda akan merasa seperti diselimuti bantalan karena sandaran punggung dan lengan yang menyatu hingga membentuk setengah lingkaran. Bagi Anda yang hobi menonton film di rumah, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan satu buah bantal dengan membeli kursi ini. Dengan demikian, Anda akan semakin dibuat nyaman saat bersantai.

Anda dapat meletakkan karpet di bawah kursi untuk melindungi lantai

Anda dapat meletakkan karpet di bawah kursi untuk melindungi lantai

Beberapa kursi memiliki kaki yang keras. Misalnya, kursi goyang atau kursi bermaterial lain yang dapat menggores lantai. Jika Anda memilih kursi yang kaki kursinya terbuat dari bahan yang keras, Anda disarankan untuk menyediakan karpet sebagai alas yang akan diletakkan pada kaki kursi. Anda dapat membelinya bersamaan saat Anda membeli kursi tersebut. Selain melindungi lantai dari goresan, hal ini juga akan memberi efek kedap suara untuk lantai bawah.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah artikel kali ini berhasil membantu Anda yang tinggal sendiri untuk memilih kursi terbaik? Jika belum, jangan lupa untuk memerhatikan poin cara memilih yang sudah kami bahas di atas agar Anda tidak hanya memiliki kursi yang nyaman, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan juga kursi yang akan Anda beli dengan budget yang dimiliki sehingga kebutuhan Anda yang lain tidak dinomorduakan.