10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.

Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!

Daftar isi

Perbedaan baby cream dengan baby oil atau baby lotion

Perbedaan baby cream dengan baby oil atau baby lotion

Apakah Anda mengetahui perbedaan antara baby cream dengan baby oil dan baby lotion? Baby lotion memiliki peran utama untuk menghidrasi kulit, seperti fungsi pelembap pada perawatan kulit orang dewasa. Baby lotion tersedia juga dalam bentuk gel ataupun jenis milky. Akan tetapi, kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan kulit bisa dikatakan masih kurang. Sementara itu, baby oil hanya mengandung minyak dan tidak memiliki efek menghidrasi, tetapi berfungsi untuk mencegah penguapan air dari kulit dengan perlindungan lapisan minyak yang dibentuknya sehingga kelembapan kulit bisa terjaga.

Sedangkan baby cream yang akan kami perkenalkan kali ini memiliki peran di tengah-tengah antara lotion dan oil. Baby cream mampu melembapkan kulit sambil tetap menghidrasi kulit hingga tingkatan tertentu sehingga sangat cocok digunakan pada kulit bayi yang lembut. Produk semacam ini juga cocok sebagai pelembap kulit saat terkena eczema, kulit kasar, dan lainnya. Karena kekuatan pelembapnya yang tinggi, baby cream sangat pas digunakan saat cuaca dingin di mana tingkat kekeringan pada kulit sangat tinggi.

Cara memilih krim bayi / baby cream

Sekarang, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus diperhatikan saat akan membeli krim bayi. Silakan baca dengan saksama!

Perhatikan kandungan bahan yang sebaiknya dihindari

Karena Anda akan memilih produk yang akan melekat pada kulit bayi yang tipis dan halus, Anda harus memperhatikan kandungan bahannya dengan teliti. Kami akan memperkenalkan bahan-bahan yang  berisiko menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Jadi, pahamilah poin-poin berikut ini dengan saksama.

Zat pewarna yang banyak disebut-sebut bersifat karsinogenik

Zat pewarna yang banyak disebut-sebut bersifat karsinogenik

Mungkin banyak di antara Anda yang pernah melihat keterangan indeks zat pewarna pada tabel kandungan suatu produk, misalnya pada kemasan makanan atau permen berwarna terang. Jenis zat pewarna yang ditampilkan seperti ini dikenal sebagai bahan tambahan makanan di Indonesia.

Namun, ada banyak negara yang membatasi penggunaan zat pewarna karena ada beberapa jenis yang bersifat karsinogenik, menyebabkan melasma, atau menyebabkan timbulnya gejala alergi. Khususnya untuk kulit bayi yang lembut, akan lebih aman jika Anda memilih produk yang tidak menggunakan zat pewarna.

Surfaktan sintetis dikhawatirkan dapat menyebabkan berbagai efek samping

Surfaktan sintetis dikhawatirkan dapat menyebabkan berbagai efek samping

Surfaktan sintetis sering digunakan untuk mencampur air dengan minyak untuk menjadikannya campuran yang lebih stabil. Beberapa zat tersebut di antaranya adalah propylene glycol (PG), lauryl sulfate, dan laureth sulfuric acid yang dikenal sebagai bahan yang sering digunakan pada shampoo dan detergen rumah tangga.

Surfaktan sintetis memiliki sifat dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menjadikan kulit kasar. Di antara surfaktan sintetis ini, jenis seperti diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA ), dan triethanolamine (TEA) memiliki risiko menghasilkan nitrosamin ketika dalam masa penyimpanan. Zat ini bersifat karsinogenik dan bahkan telah diperingatkan oleh lembaga penelitian kanker internasional.

Perhatikan bahan yang digunakan untuk antiseptik, pengawet, atau pengental

Perhatikan bahan yang digunakan untuk antiseptik, pengawet, atau pengental

Komponen yang sering digunakan sebagai bahan pengawet adalah paraben, edetate (EDTA, EDTA-4a), dan sodium benzoat yang dapat menyebabkan berbagai dermatitis, alergi, dan bersifat karsinogenik apabila sering digunakan. Beberapa bahan tersebut masuk dalam klasifikasi zat kimia kelas 1 yang sebaiknya dihindari penggunaannya.

Selain itu, bahan-bahan yang banyak digunakan untuk mencuci, seperti dimethicone, carbomer, dan synthetic polymer biasanya dicampurkan sebagai bahan pengental. Jadi, akan lebih aman jika Anda memilih produk yang tidak mengandung bahan-bahan semacam ini atau yang kadarnya berada di posisi atas pada daftar kandungan.

Produk organik lebih aman digunakan

Produk organik lebih aman digunakan

Jika Anda telah mencoret produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya dari daftar pilihan, bisa dikatakan sisi keamanan telah terpenuhi. Namun, akan lebih aman lagi jika Anda memilih krim bayi yang menggunakan bahan organik sebagai bahan bakunya.

Ketika Anda memilih produk krim bayi yang menggunakan bahan nabati sebagai bahan bakunya, dan bila produk tersebut merupakan produk yang dibudidayakan secara organik, berarti Anda tidak perlu mencemaskan adanya kandungan berbahaya, misalnya residu pestisida. Sementara untuk produk yang menggunakan bahan dasar hewani, pilihlah produk yang menjalani proses pengolahah sesederhana mungkin.

Perhatikan keseimbangan antara permeabilitas dan kenyamanan penggunaan

Perhatikan keseimbangan antara permeabilitas dan kenyamanan penggunaan

Sebagai pelembap untuk bayi, selain fungsinya Anda juga harus memperhatikan tekstur dan kenyamanan penggunaan. Jenis salep seperti petrolatum adalah yang terbaik dalam hal kemampuan melembapkan, tetapi Anda tidak dapat menghindari rasa lengket yang ditinggalkan setelah mengoleskannya. Di sisi lain, baby lotion memiliki tingkat permeabilitas (penyerapan) yang paling baik pada kulit. Namun, permeabilitas yang tinggi juga dapat memberikan stimulus yang kuat sehingga mengakibatkan terjadinya iritasi kulit.

Pada kenyataannya, kulit juga merupakan organ sekresi yang mampu melepaskan keringat dan sebagainya. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memilih baby lotion berdasarkan kualitas dan kecocokannya dengan kulit, terutama karena akan digunakan pada kulit bayi yang sensitif. Dalam hal ini, krim bayi memiliki karakteristik yang seimbang antara rasa lengket dan permeabilitas sehingga mudah digunakan bahkan pada kulit bayi yang kering dan sensitif.

Sementara itu, tekstur krim bayi bisa dikatakan sulit untuk dipahami sampai Anda benar-benar mencobanya sendiri. Jadi, sebaiknya Anda memperhatikan ulasan suatu produk untuk mendapatkan referensi tentang teksturnya, apakah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Perhatikan perbedaan antara produk untuk wajah atau ruam popok

Perhatikan perbedaan antara produk untuk wajah atau ruam popok

Beberapa produk krim bayi dibagi berdasarkan bagian penggunaannya, misalnya yang khusus untuk wajah, atau untuk mengatasi ruam popok. Meski tidak bisa dijelaskan secara umum karena adanya perbedaan pada masing-masing produsen dan produk, biasanya krim bayi yang dikhususkan untuk ruam popok memiliki tekstur yang lebih kaku dan terasa lebih cepat kering untuk mencegahnya agar tidak mudah menguap.

Ini bukan berarti produk yang satu lebih baik atau lebih buruk dari yang lainnya. Namun, karena bahan-bahan yang digunakan mungkin sedikit berbeda untuk menghasilkan tekstur yang sesuai, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk memperhatikan poin ini dalam memilih produk.

10 Rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik

Setelah memahami cara pemilihan krim bayi yang tepat, sekarang kami akan memberikan rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi Anda!

10. Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc

10. Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.500

Diperkaya zinc yang ampuh meredakan iritasi kulit

Jika bayi Anda mengalami iritasi atau ruam merah pada kulit akibat pemakaian popok yang terlalu ketat dan terlalu lama, Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc bisa menjadi pilihan! Produk ini diperkaya dengan zinc yang ampuh untuk meredakan dan melindungi kulit dari berbagai permasalahan iritasi kulit tersebut.

Krim bayi ini juga telah lolos uji hypo-allergic sehingga dapat digunakan untuk semua kulit bayi bahkan yang sensitif sekalipun! Selain itu, produk ini juga mengandung canola oil yang mampu memberikan kelembapan alami pada kulit. Dengan menggunakan krim yang tektsurnya mudah meresap ini secara teratur, kulit bayi Anda akan kembali menjadi lembut dan halus.

9. Johnson’s Baby Cream

9. Johnson's Baby Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.500

Cegah iritasi dan kekeringan pada kulit bayi

Formula yang telah disempurnakan pada Johnson’s Baby Cream menghasilkan produk yang efektif untuk melembapkan dan melindungi kulit bayi dari iritasi. Produk ini dapat digunakan pada kaki, tangan, lipatan kulit bayi, serta cocok dioleskan pada pantat sebelum menggunakan popok.

Krim bayi dari Johnson’s ini juga telah teruji secara klinis lembut bagi kulit bayi sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Produk yang berfungsi untuk melembapkan dan mempertahankan kelembapan kulit secara intensif ini merupakan pilihan tepat untuk mengatasi masalah kekeringan pada kulit bayi.

8. Cussons Baby Soft & Smooth Baby Cream

8. Cussons Baby Soft & Smooth Baby Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.000

Manfaat almond oil dan rose oil sebagai pelembap alami

Cussons Baby Soft & Smooth Baby Cream memiliki formula yang lembut sehingga dapat digunakan pada bagian pantat maupun lipatan pada kulit bayi. Kandungan almond oil dan rose oil pada produk ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit serta memastikan agar kulit tetap halus dan lembut.

Krim bayi ini memiliki pH yang seimbang untuk melindungi lapisan kulit, dan juga bebas paraben sehingga aman digunakan pada kulit bayi yang mudah iritasi. Selain itu, produk yang telah menjalani lulus pengujian oleh dokter kulit ini memiliki aroma bunga yang lembut dan menyegarkan sehingga pas digunakan setiap hari segera setelah mandi.

7. Mothercare All We Know Baby Nappy Cream

7. Mothercare All We Know Baby Nappy Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Berikan sensasi sejuk pada pantat bayi

Mothercare All We Know Baby Nappy Cream mengandung ekstrak chamomile yang berfungsi untuk menenangkan kulit sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi ruam popok. Produk ini ampuh untuk melindungi kulit, serta memberikan sensasi sejuk pada bagian pantat bayi agar buah hati Anda merasa lebih nyaman.

Selain menenangkan, krim bayi dari Mothercare ini juga efektif untuk melembapkan kulit karena mengandung ekstrak alami minyak zaitun. Produk ini juga telah lolos uji hypoallergenic yang berisiko rendah mengakibatkan alergi sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit bayi yang sensitif, termasuk bayi yang baru lahir sekalipun.

6. Alphanova Bébé Moisturizing Cream Face

6. Alphanova Bébé Moisturizing Cream Face

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 920.000

Efektif mencegah kekeringan pada kulit karena cuaca dingin

Alphanova Bébé Moisturizing Cream Face merupakan krim bayi asal Perancis yang ditujukan khusus untuk penggunaan pada wajah. Produk yang berfungsi sebagai pelembap wajah ini mampu memberikan perawatan pada kulit bayi yang kering, kasar, dan atopic akibat cuaca dingin.

Formula inovatif yang disebut alphaprotect, yang merupakan bahan alami yang telah dipatenkan, berfungsi untuk merangsang perlindungan alami pada kulit bayi. Krim bayi ini menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit bayi, seperti camomile extract, sweet almond oil, cotton, dan shea butter untuk mempertahankan kelembapan kulit.

5. Earth Friendly Baby Red Clover Diaper Care Cream

5. Earth Friendly Baby Red Clover Diaper Care Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 146.000

Formula ringan dan lembut untuk mencegah iritasi

Earth Friendly Baby Red Clover Diaper Care Cream menggunakan semanggi merah sebagai bahan bakunya karena dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan zinc oxide, minyak nabati, dan beeswax dalam produk ini menghasilkan formula yang ringan sehingga efektif untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit.

Selain memiliki sertifikat organik dari Ecocert, krim bayi ini juga telah lolos uji alergi, tidak mengandung paraben, SLS, pewangi, dan pewarna buatan sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa rasa khawatir. Gunakan produk yang teksturnya tidak lengket di kulit ini secara rutin, terutama untuk meredakan ruam merah dan iritasi pada pantat bayi.

4. Buds Organic Happy Baby Cream

4. Buds Organic Happy Baby Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 270.000

Manjakan kulit bayi Anda dengan kombinasi kandungan bioorganik aktif

Jika bayi Anda memasuki usia enam bulan ke atas, ini merupakan saat yang tepat untuk menggunakan Buds Organic Happy Baby Cream! Produk ini diperkaya dengan icha inchi yang kaya akan asam lemak esensial, serta mengandung ekstrak aloe vera yang mampu menenangkan kulit bayi pada periode usia ini.

Kombinasi kandungan bioorganik aktif dalam produk ini akan meresap secara maksimal ke kulit bayi dengan bantuan tekstur krim yang berbasis sesame oil dan jojoba oil yang mampu memanjakan kulit si kecil. Selain itu, produk bersertifikat Ecocert ini juga memiliki kandungan olive leaf extract yang bertugas untuk menghidrasi kulit bayi Anda.

3. Earth Mama Baby Organic Diaper Balm

3. Earth Mama Baby Organic Diaper Balm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 180.000

Satu produk untuk seluruh anggota keluarga!

Kandungan 100% bahan organik pada Earth Mama Baby Organic Diaper Balm membuatnya sangat lembut dan efektif untuk mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulit bayi yang sensitif, bahkan banyak dipilih untuk digunakan pada bayi yang dirawat di rumah sakit. Krim bayi ini memiliki kandungan calendula untuk menenangkan kulit, serta beeswax untuk melembapkannya.

Meski ditujukan untuk penggunaan pada pantat bayi, produk multifungsi ini juga dapat dipergunakan pada seluruh tubuh bagi anggota keluarga yang lain. Produk bersertifikat organik dari USDA Organic ini juga tidak mengandung petroleum, paraben, maupun pewangi buatan sehingga sangat aman dan nyaman saat dioleskan pada kulit.

2. Little Innoscents Organic Baby Intensive Soothing Cream

2. Little Innoscents Organic Baby Intensive Soothing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Satu produk untuk segala permasalahan kulit bayi

Jika Anda membutuhkan krim bayi yang multifungsi, Little Innoscents Organic Baby Intensive Soothing Cream adalah jawabannya! Produk dengan kandungan 100% bahan organik dan formula ringan ini dapat digunakan untuk menenangkan ruam bayi dan segala macam kondisi stres pada kulit bayi, termasuk eczema, dermatitis, gigitan serangga, dan lainnya.

Krim bayi ini memanfaatkan calendula extract, aloe vera, shea butter, dan alpukat untuk menyembuhkan, menenangkan, melembapkan, menyegarkan, dan melindungi kulit bayi agar senantiasa tetap lembut. Produk ini juga bebas paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya sehingga aman untuk dioleskan pada kulit sensitif.

1. Buds Organic Precious Newborn Cream

1. Buds Organic Precious Newborn Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 248.308

Menghidrasi dan menutrisi kulit secara menyeluruh

Bagi Anda yang memiliki bayi berusia di bawah enam bulan, penggunaan Buds Organic Precious Newborn Cream adalah pilihan yang tepat. Produk ini tidak menggunakan pewangi buatan dan telah mengantongi sertifikasi organik dari Ecocert dengan 98,8% bahan dasar nabatinya berasal dari pertanian organik, menjadikannya aman untuk pemakaian setiap hari.

Krim bayi yang mudah diserap dan tidak lengket di kulit ini juga diperkaya dengan perpaduan shea butter, jojoba oil, dan sesame oil yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kulit bayi. Selain itu, krim ini juga mengandung olive leaf extract yang mampu menghidrasi dan menutrisi kulit bayi secara menyeluruh.

Kesimpulan

Kulit bayi mudah mengalami iritasi akibat berbagai faktor, seperti udara dingin, pemakaian AC, penggunaan popok, bahkan keringatnya sendiri. Untuk itu, pengolesan krim bayi yang tepat akan sangat membantu menenangkan kulit dan meredakan iritasi.

Karena krim bayi akan digunakan setiap hari, sebaiknya Anda memperhatikan produk yang Anda pilih agar tidak memperparah kondisi kulit bayi Anda. Mari gunakan artikel ini sebagai referensi dan dapatkan krim bayi yang terbaik bagi buah hati Anda!