mybest
Botol & tempat minum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Apakah Anda ingin acara kemah, piknik, atau bahkan pesta menjadi lebih praktis dan mudah? Anda bisa mempertimbangkan water jug. Water jug adalah tempat minuman yang praktis dan nyaman digunakan saat ada acara khusus atau pada kondisi darurat.

Saat ini, Anda akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan dispenser minuman terbaik. Ketika scrolling di online shop, Anda akan menemukan merek water jug yang bagus dari Vicenza, Igloo, dan Lion Star yang terbuat dari berbagai bahan. Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, silakan cek infonya di sini!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu water jug?

Apa itu water jug?

Water jug adalah wadah untuk menyimpan minuman, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun acara tertentu. Salah satu ciri utama water jug yaitu adanya keran di bagian bawah serta penutup di bagian atasnya.


Selain sebagai wadah, water jug juga berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengambil minuman. Anda hanya perlu menekan keran untuk mengeluarkan minuman. Hal ini berbeda dengan galon yang memerlukan alat bantu untuk mengeluarkan air seperti dispenser atau pompa air.


Water jug merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin serba praktis. Dengan water jug, Anda bisa menyajikan minuman buatan sendiri selain air mineral biasa. Ini tentu lebih sehat dibandingkan membeli minuman kemasan yang mengandung banyak gula dan pengawet. Selain itu, water jug juga berfungsi sebagai wadah minuman saat acara outdoor seperti berkemah atau pesta BBQ dengan banyak orang.

Cara memilih water jug

Anda sudah mengetahui tentang water jug beserta fungsinya. Kini, saatnya kami akan menjelaskan cara-cara memilih water jug berdasarkan bahan yang digunakan, kapasitas, serta keunggulan produk.

1

Pilih water jug berdasarkan bahannya

Ada beberapa bahan yang secara umum digunakan untuk membuat water jug, di antaranya stainless steel, plastik, dan kaca. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

Stainless steel, lebih stabil dan mudah digunakan untuk menyimpan minuman

Stainless steel, lebih stabil dan mudah digunakan untuk menyimpan minuman
Sumber: vicenza.id
Water jug dari stainless steel memiliki keunggulan lebih stabil dan mudah digunakan. Water jug stainless steel ini umumnya dilengkapi dengan fitur isolator dingin dan panas.

Tipe ini direkomendasikan sebagai wadah minuman saat berkemah atau pesta BBQ dengan banyak orang. Jika Anda ingin menyimpan teh barley dingin saat cuaca panas, water jug dari bahan ini tentu lebih nyaman digunakan. 


Namun, perlu diketahui bahwa water jug dari stainless steel lebih berat dan besar dibandingkan bahan lain. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan faktor penyimpanan dan mobilitas produk. Jika Anda tidak ingin repot menyajikan minuman dingin dan panas, kami sarankan memilih water jug berbahan ini.

Plastik, cocok untuk kondisi darurat karena ringan dan compact

Water jug dari plastik lebih mudah disimpan dan dipindahkan karena bobotnya ringan. Beberapa produk bahkan dapat dilipat dan disimpan dalam tas lipat kecil. Oleh karena itu, beberapa orang memasukkan tipe ini dalam daftar survival kits saat menghadapi bencana atau kondisi darurat. 

Selain itu, water jug berbahan plastik dengan ukuran besar pun banyak dijual dengan harga yang terjangkau. Jika Anda tengah mencari water jug untuk memasak, mencuci tangan, dan mencuci piring, tipe ini adalah pilihan tepat.


Meskipun kestabilan produk masih kalah dibandingkan bahan stainless steel, Anda bisa mengakalinya dengan memilih produk yang dilengkapi penyangga. Ukurannya memang lebih besar dari water jug plastik tanpa penyangga, tetapi jenis ini tetap kami rekomendasikan karena mudah digunakan. 

Kaca, bikin acara kian fashionable!

Kaca, bikin acara kian fashionable!
Water jug yang terbuat dari kaca makin populer belakangan ini. Usut punya usut, banyak orang yang menginginkan agenda pesta atau camping mereka terasa lebih fashionable.

Water jug kaca tidak memiliki fitur isolator dingin dan panas karena bahannya terbuat dari kaca. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa tampilan produk ini sangat memanjakan mata. 


Ukuran water jug kaca cenderung besar dan memakan tempat. Namun, water jug kaca juga bisa berfungsi sebagai pelengkap interior karena desainnya menarik.


Meskipun unggul dari segi desain, tipe kaca memiliki bobot yang berat dan tidak tahan lama. Saat akan memakainya untuk acara outdoor, pastikan Anda memperhatikan cara membawanya agar tidak pecah.

2

Sesuaikan kapasitasnya dengan jumlah pengguna

Sesuaikan kapasitasnya dengan jumlah pengguna
Sebenarnya kebutuhan air berbeda-beda tergantung pada jumlah pengguna serta acara. Namun, setidaknya angka ini dapat digunakan sebagai referensi untuk menyiapkan water jug yang tepat. Ukuran kapasitas water jug di pasaran sangat beragam, mulai dari 3 liter, 4 liter, 8 liter, 10 liter, hingga 21 liter.

Untuk kebutuhan sehari-hari dengan jumlah 3–4 anggota keluarga, pilih water jug berkapasitas 10 liter. Sementara untuk camping selama dua hari dengan empat peserta, Anda setidaknya harus menyiapkan water jug berkapasitas 8–10 liter. Water jug dengan kapasitas ini dirasa sudah mencukupi kebutuhan air minum dan cuci tangan.

 

Jika Anda berpesta atau menjamu banyak orang, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa water jug sesuai dengan tujuan penggunaan dan tipe minuman. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan saat memisahkan jenis minuman.

3

Cek keunggulan water jug

Tiap water jug yang dijual di pasaran memiliki keunggulan yang ditawarkan. Beberapa keunggulan water jug yang sebaiknya tidak Anda abaikan adalah ukuran permukaan serta kecocokannya dengan soft drink. Berikut ini kami jelaskan lebih mendetail.

Produk dengan permukaan lebar, lebih mudah dibersihkan

Produk dengan permukaan lebar, lebih mudah dibersihkan
Saat hendak membeli water jug, carilah yang permukaannya lebar karena lebih mudah dibersihkan. Anda juga dapat mencuci bagian dalam water jug secara menyeluruh menggunakan spons. Jika memungkinkan, lepaskanlah bagian-bagian water jug agar dapat dibersihkan hingga ke bagian terkecil. 

Bagian dalam water jug yang terbuat dari stainless steel juga jauh lebih higienis dibandingkan yang terbuat dari plastik. Namun, bobotnya tentu akan jauh lebih berat. Maka dari itu, pilihlah yang sesuai dengan tujuan penggunaan dan jenis minumannya.

Water jug yang kompatibel dengan soft drink, pas untuk acara olahraga

Water jug yang kompatibel dengan soft drink, pas untuk acara olahraga
Pada acara pekan olahraga dan seni, Anda mungkin ingin menyediakan minuman selain air mineral biasa. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda untuk memeriksa kembali apakah water jug yang digunakan dapat diisi dengan sport drink. Sport drink ini meliputi minuman isotonik, minuman bersoda, dan minuman berkarbonasi.

Ada kemungkinan sport drink kurang cocok untuk beberapa produk water jug. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa informasi produk secara mendetail sebelum menggunakannya.


Sebagai informasi tambahan, Anda juga disarankan memakai water jug dengan permukaan lebar untuk sport drink. Dengan demikian, Anda dapat menaruh es batu ke dalamnya dan menyajikan minuman dalam keadaan dingin agar lebih terasa segar.

4

Perhatikan karakteristik dan desain produk berdasarkan mereknya

Perhatikan karakteristik dan desain produk berdasarkan mereknya

Saat memilih water jug, Anda juga bisa melihat dari mereknya. Setiap merek water jug memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dengan mencermati karakteristiknya, Anda pasti mudah menemukan produk yang dicari.


  • Igloo 

Sangat populer sebagai produsen produk-produk outdoor. Saat memilih produk Igloo, Anda akan mendapatkan water jug tipe keras dengan insulator dingin yang kuat. Produk ini pun memiliki berbagai jenis ukuran sehingga lebih memudahkan konsumen dalam memilih. 


  • Vicenza

Brand ini menawarkan water jug yang kebanyakan terbuat dari stainless steel. Sama seperti produk peralatan dapur dan makan lainnya, water jug dari Vicenza didesain elegan dengan corak dan bentuk yang elegan bergaya Italia. Produk Vicenza sangat pas untuk Anda yang mementingkan tampilan luar dari sebuah water jug.


  • Lion Star

Lion Star memiliki banyak variasi water jug dengan bahan plastik yang berkualitas. Kapasitas yang ditawarkan pun beragam. Water jug dari brand ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.


Selain merek-merek di atas, Anda juga dapat menjumpai merek water jug berkualitas lainnya di marketplace. Oleh karena itu, silakan pertimbangkanlah produsen dan merek yang ingin dipilih agar tidak menyesal pada kemudian hari.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi water jug terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk water jug terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Bright Crown

Dispenser Air 3.5 L

Bright Crown Dispenser Air 3.5 L 1

Rp103.000

Agak Murah

Ukurannya pas masuk lemari es! Yuk, bikin stok infused water di rumah

2

Lion Star

Arizona Drink JarD-26

Lion Star Arizona Drink Jar 1

Rp137.500

Agak Murah

Bisa dialihfungsikan untuk wadah air cuci tangan

3

Naturehike

Galon Lipat SerbagunaNh14S002-T

Naturehike  Galon Lipat Serbaguna 1

Rp67.000

Lebih Murah

Ringan, dapat dilipat, dan bebas ribet

4

Crio

Juice & Water Dispenser 2 Susun 10L

Crio  Juice & Water Dispenser 2 Susun 10L 1

Rp349.000

Menengah

Bisa ditumpuk sehingga tidak memakan tempat

5

Shuma

Delvonta Water Jug Dispenser 9,5 liter

Shuma Delvonta Water Jug Dispenser 9,5 liter 1

Rp297.800

Menengah

Dengan dua keran, tak perlu berebut untuk ambil minum

6

Vicenza

Tempat Air Eiffel DispenserVGC030KC

Vicenza Tempat Air Eiffel Dispenser 1

Rp341.000

Menengah

Dekorasi ruangan terlihat berbeda dengan water jug berbentuk menara Eiffel

7

Delicia

Dispenser Minuman Pineapple 8 Ltr

Delicia Dispenser Minuman Pineapple 8 Ltr 1

Rp429.900

Menengah

Tekstur nanasnya bikin minuman terlihat lebih segar

8

Vicenza

Water Jug Twin Series Motif CameliaVM1502WJ

Vicenza Water Jug Twin Series Motif Camelia 1

Rp986.000

Agak Mahal

Water jug dua tabung yang cocok untuk minuman dingin ataupun panas

9

Oxone

Horeca Decanter Stainless OX-715

Oxone  Horeca Decanter Stainless  1

Rp1.990.000

Agak Mahal

Dilengkapi infuser, memasukkan dan mengeluarkan buah jadi mudah

10

Igloo

10 Gallon Seat Top Water Jug With Cup Dispenser

Igloo 10 Gallon Seat Top Water Jug With Cup Dispenser 1

Rp2.380.000

Lebih Mahal

Amerika punya, minuman tetap dingin hingga 3 hari!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Bright CrownDispenser Air 3.5 L

Dispenser Air 3.5 L 1
Sumber: shopee.co.id
Dispenser Air 3.5 L 2
Sumber: shopee.co.id
Dispenser Air 3.5 L 3
Sumber: shopee.co.id
Dispenser Air 3.5 L 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp103.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp103.000
Agak Murah

Ukurannya pas masuk lemari es! Yuk, bikin stok infused water di rumah

Infused water sebaiknya memang dikonsumsi setiap hari. Jika Anda tidak ingin repot membuatnya setiap hari, kami sarankan memilih dispenser infused water ini. Water jug ini memiliki ukuran yang kompatibel dengan rak lemari es.


Anda bisa membuat stok infused water untuk beberapa hari dengan water jug ini. Saat akan meminumnya, Anda cukup menekan keran langsung dari dalam lemari es. Airnya yang dingin pasti sangat menyegarkan!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Lion StarArizona Drink JarD-26

Harga referensi
Rp137.500
Agak Murah

Bisa dialihfungsikan untuk wadah air cuci tangan

Anda pasti sering menjumpai water jug plastik yang satu ini di depan pertokoan dan rumah makan, bukan? Selain untuk wadah air minum, Arizona Drink Jar ini sering difungsikan untuk wadah air cuci tangan.

Jika Anda mencari wadah air cuci tangan portabel untuk bisnis, Anda bisa memilih produk ini. Water jug Llion Star ini juga dilengkapi alas sehingga jarak antara keran dan meja tidak terlalu dekat. Nantinya Anda bisa menambahkan ember di bagian bawah untuk menampung air kotor.

No.3

Naturehike Galon Lipat SerbagunaNh14S002-T

Harga referensi
Rp67.000
Lebih Murah

Ringan, dapat dilipat, dan bebas ribet

Spesial untuk para pencinta alam yang sering menghabiskan waktu di gunung, kami rekomendasikan galon lipat Naturehike ini. Water jug yang satu ini adalah sebuah solusi pendakian bebas ribet karena bisa dilipat sehingga tidak menambah beban barang bawaan.


Jika tidak digunakan, Anda dapat melipat water jug plastik ini dengan mudah dan memasukkannya ke tas atau kantong. Dengan demikian, Anda bisa melanjutkan pendakian dengan lebih leluasa.

No.4

Crio Juice & Water Dispenser 2 Susun 10L

Harga referensi
Rp349.000
Menengah

Bisa ditumpuk sehingga tidak memakan tempat

Water jug plastik ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang memiliki masalah keterbatasan tempat. Water jug Crio didesain secara khusus agar dapat ditumpuk satu sama lain. Dengan begitu, ruangan Anda akan terlihat lebih luas. Tidak hanya itu, produk ini berkapasitas cukup besar, yakni 10 liter lebih setelah ditumpuk. Modelnya pun modern sehingga pas menghiasi interior rumah atau kantor Anda.

No.5

ShumaDelvonta Water Jug Dispenser 9,5 liter

Harga referensi
Rp297.800
Menengah

Dengan dua keran, tak perlu berebut untuk ambil minum

Nah, berbeda dengan water jug sebelumnya yang memiliki dua tabung, produk ini memiliki dua keran. Dengan begitu, tamu Anda bisa mengambil minum secara bersamaan tanpa perlu mengantre.


Menariknya lagi, water jug stainless steel ini juga memiliki insulator yang dapat menahan panas hingga 12 jam. Jadi, jika ingin kopi, teh, atau minuman hangat yang Anda sajikan tetap hangat dalam waktu lama, pilihlah produk ini.

No.6

VicenzaTempat Air Eiffel DispenserVGC030KC

Harga referensi
Rp341.000
Menengah

Dekorasi ruangan terlihat berbeda dengan water jug berbentuk menara Eiffel

Jika mencari water jug unik dan berbeda, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Berbentuk menyerupai menara Eiffel yang unik, water jug Vicenza ini pasti akan membuat tamu Anda terpana.


Keseluruhan desain beserta penyangga water jug kaca ini benar-benar indah sehingga dapat mempercantik dekorasi ruangan Anda. Namun, karena kapasitasnya tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakan produk ini untuk sehari-hari di rumah atau pesta kecil.

No.7

DeliciaDispenser Minuman Pineapple 8 Ltr

Harga referensi
Rp429.900
Menengah

Tekstur nanasnya bikin minuman terlihat lebih segar

Khusus untuk Anda yang akan menggelar garden party, Anda bisa mengandalkan water jug bertesktur nanas ini. Minuman dari sirup atau es berwarna akan terlihat lebih segar dengan dispenser jus ini. 


Tidak perlu khawatir, water jug berkapasitas cukup besar ini dijual dengan harga yang terjangkau, lho. Selain itu, water jug kaca ini ditopang dengan penyangga berbahan stainless steel yang kukuh dan berbentuk elegan.

No.8

VicenzaWater Jug Twin Series Motif CameliaVM1502WJ

Harga referensi
Rp986.000
Agak Mahal

Water jug dua tabung yang cocok untuk minuman dingin ataupun panas

Kini Anda dapat menyajikan dua jenis minuman dalam satu wadah! Hal ini dapat terwujud berkat adanya Water Jug Twin Series dari Vicenza. Water jug dua tabung ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin menyajikan minuman hangat dan dingin sekaligus. Tentu ini sangat praktis, terlebih lagi kapasitas produk ini juga cukup besar. Tampilan luarnya? Sudah pasti indah khas Vicenza!

No.9

Oxone Horeca Decanter Stainless OX-715

Harga referensi
Rp1.990.000
Agak Mahal

Dilengkapi infuser, memasukkan dan mengeluarkan buah jadi mudah

Ingin menyajikan minuman sehat atau infused water kepada tamu? Sebaiknya Anda memilih water jug Oxone yang satu ini. Oxone Horeca Decanter sudah dilengkapi dengan tabung infuser yang akan memudahkan Anda memasukkan buah-buahan dan juga es batu.


Water jug ini juga terlihat begitu elegan berkat perpaduan bahan kaca dan stainless steel yang digunakan. Bahan kaca polycarbonate-nya tidak mudah pecah, awet, dan mudah dibersihkan. Anda juga tidak akan menjumpai sisa bau minuman yang menempel dalam water jug ini.

No.10

Igloo10 Gallon Seat Top Water Jug With Cup Dispenser

Harga referensi
Rp2.380.000
Lebih Mahal

Amerika punya, minuman tetap dingin hingga 3 hari!

Igloo menjadi produk made in USA yang tidak perlu disangsikan lagi kualitasnya. Water jug dengan insulator ini dapat menjaga minuman tetap dingin hingga tiga hari lamanya.


Selain itu, desain tempat air minum Igloo ini juga sangat iconic. Anda yang membutuhkan water jug untuk acara olahraga bisa menggunakan produk dengan kapasitas jumbo ini. Meskipun diletakkan di bawah cahaya matahari, minuman akan tetap dingin. 

Ciptakan kesan menarik dengan water jug kaca

Ciptakan kesan menarik dengan water jug kaca
Cara paling populer untuk memanfaatkan water jug kaca adalah dengan membuat minuman dari campuran air dan buah. Tidak diragukan lagi, potongan buah segar akan membuat water jug Anda terlihat makin menarik.

Silakan tambahkan air minum jika Anda ingin membuat air detoksifikasi atau infused water. Namun, membuat infused water memang memerlukan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, sisihkan sedikit waktu Anda untuk mengisi water jug kesayangan dengan air buah yang segar. Selain infused water, Anda bisa juga menambahkan wine dan rock candy untuk membuat minuman beralkohol sangria.

Baca juga rekomendasi produk dispenser lainnya di sini

Anda akan menemukan berbagai jenis dispenser dengan aneka fungsi di online shop. Selain untuk air minum, Anda juga akan menemukan dispenser untuk sabun dan makanan kucing, lho! Jika Anda ingin tahu lebih detailnya, silakan melihat artikel-artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan cara memilih water jug dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan water jug yang dicari?

Bagi Anda yang hobi berkemah atau menyelenggarakan pesta di luar ruangan, water jug adalah barang yang penting. Water jug dapat Anda gunakan untuk menyimpan minuman dingin. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu di artikel lainnya!

5 Rekomendasi Water Jug terbaik

No. 1: Bright CrownDispenser Air 3.5 L

No. 2: Lion StarArizona Drink JarD-26

No. 3: Naturehike Galon Lipat SerbagunaNh14S002-T

No. 4: Crio Juice & Water Dispenser 2 Susun 10L

No. 5: ShumaDelvonta Water Jug Dispenser 9,5 liter

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Water Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.