10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Laptop HP Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

HP dikenal sebagai salah satu produsen laptop terkenal di Indonesia. Berbagai laptop HP sudah dirilis mulai dari seri untuk pemula sampai seri profesional dengan spesifikasi yang bervariasi. Hal ini dapat membuat sebagian pengguna laptop HP bingung sehingga salah memilih laptop.

Mari simak artikel berikut ini apabila Anda membutuhkan panduan cara memilih laptop merek HP. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh laptop HP terbaik dari seri OMEN, Envy, HP, Spectre dan Pavilion. Jadi, jangan lupa bookmark artikel ini dan bagikan juga ke kerabat ya!

Daftar isi

Cara memilih laptop HP

Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih laptop HP. Dalam hal ini, kami akan mengulas tiga poin penting yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Pilih seri laptop HP yang sesuai dengan penggunaan

Pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dari beberapa seri laptop HP bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kami akan menjabarkan lima seri laptop HP terlebih dahulu.

Seri OMEN: untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain dan game 3D yang berat

Seri OMEN: untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain dan game 3D yang berat

Apabila Anda membutuhkan laptop dengan kinerja tinggi, pilihlah seri OMEN yang dijual sebagai seri high end oleh HP. Seri OMEN bisa dikategorikan juga sebagai notebook gaming sehingga komponen yang terpasang memiliki kinerja yang tinggi. Beberapa hardware seri ini menggunakan CPU seri Core i, memory 16 GB, serta kartu grafis seri GeForce GTX. Laptop seri OMEN bisa dipakai untuk bermain game 3D yang berat. Selain itu, laptop seri ini direkomendasikan untuk Anda yang pekerjaannya berkaitan dengan desain. Terutama bagi Anda yang menginginkan kemudahan saat membuka software desain yang berat secara simultan.

Seri OMEN memiliki berat yang mencapai 3 kg. Beberapa seri ini juga memiliki layar berukuran 15,6 inci atau lebih. Artinya, laptop ini tidak nyaman untuk dibawa-bawa karena tidak dirancang portabel. Pada prinsipnya, seri OMEN nyaman untuk digunakan sebagai laptop dengan pemakaian di tempat yang tidak berpindah-pindah.

Seri ENVY: nyaman dipakai saat bepergian

Seri ENVY: nyaman dipakai saat bepergian

Seri ENVY direkomendasikan apabila Anda menggunakan laptop saat bepergian untuk waktu yang lama atau ketika perjalanan bisnis. Ketahanan baterai seri ini mencapai 14 jam yang relatif panjang jika dibandingkan seri laptop HP yang lain. Di samping itu, laptop seri ini cukup ringan dengan berat sekitar 1,5 kg. Tambahan lagi, seri ini memiliki CPU terbaru seri Core i generasi kedelapan dengan pemrosesan data yang tinggi.

Bezel layar seri ini dibuat dengan batas yang minimal sehingga tampilan layar mudah untuk dilihat. Layar seri ENVY berukuran sebesar 13,3 inci dengan tampilan full HD. Dengan demikian, laptop ini mudah untuk dibawa-bawa. Kami menyarankan laptop seri ini jika Anda perlu membawa laptop untuk periode waktu yang lama.

Seri HP: untuk penggunaan sebatas e-mail dan internet

Seri HP: untuk penggunaan sebatas e-mail dan internet

Laptop seri HP merupakan laptop entry dengan layar 15,6 inci dengan tampilan full HD. Seri ini memiliki fungsi mendasar sehingga bisa dipakai oleh Anda untuk penggunaan software Office, e-mail, serta browsing. Di pihak lain, penggunaan CPU dan kartu grafis AMD cukup menarik karena dapat menekan biaya produksi.

Aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan software secara bersamaan atau penggunaan software desain kurang sesuai jika memakai seri ini. Hal tersebut disebabkan karena kemampuan memproses data untuk seri ini berbeda dengan laptop berspesifikasi tinggi. Jadi, berhati-hatilah!

Seri Spectre: laptop 2-in-1 yang bisa digunakan untuk dua fungsi

Seri Spectre: laptop 2-in-1 yang bisa digunakan untuk dua fungsi

Laptop ini dikategorikan sebagai laptop berspesifikasi tinggi yang direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan laptop dengan dua kegunaan. Anda bisa memutar layar laptop seri Spectre hingga 180° untuk dijadikan tablet. Dengan kata lain, laptop seri ini termasuk tipe 2-in-1 yang dapat digunakan dengan cara memindahkan tampilan layar.

Seri Spectre dengan kinerja tinggi kompatibel dengan tampilan 4K. Oleh karena itu, seri ini bisa dipakai untuk memproses foto dan video beresolusi 4K. Sementara itu, baterai dari tipe ini memiliki ketahanan yang bervariasi tergantung penggunaan sebagai laptop atau sebagai tablet. Secara umum laptop seri ini memiliki ketahanan baterai 11-15 jam saat dipakai.

Seri Pavilion: bisa dipakai untuk penggunaan software Office hingga game 3D

Seri Pavilion: bisa dipakai untuk penggunaan software Office hingga game 3D

Seri Pavilion yang dijual dan telah terpasang software Office direkomendasikan apabila penggunaan laptop tidak banyak berpindah-pindah. Laptop ini termasuk bagus dari segi perbandingan biaya dan performa karena memakai CPU seri Core i. Selain itu, laptop ini cukup populer karena memiliki desain yang bernuansa mewah.

Laptop dengan seri Pavilion Power juga dijual sebagai laptop yang bisa menjalankan permainan 3D. VGA GeForce GTX 1050 yang dipadu CPU Core i membuat game 3D dapat dimainkan. Ukuran seri ini memiliki tampilan layar 15,6 inci dengan berat sekitar 2 kg. Jadi, seri Pavilion Power bisa dipilih sebagai laptop gaming yang portabel. Di samping itu, seri Pavilion direkomendasikan untuk penggunaan dasar dengan harga ekonomis.

Pilih ukuran layar sesuai dengan kebutuhan

Ukuran layar merupakan hal penting yang harus diperhatikan jika Anda perlu membawa-bawa laptop. Fungsi laptop yang dibutuhkan berkaitan dengan besarnya ukuran layar. Tambahan lagi, ukuran layar berhubungan juga dengan berat serta kemudahan saat disimpan.

Ukuran layar 13,3 inci hingga 15,6 inci ideal untuk dibawa-bawa

Ukuran layar 13,3 inci hingga 15,6 inci ideal untuk dibawa-bawa

Ukuran laptop dengan rentang 11-14 inci memiliki keseimbangan antara performa serta kemudahan saat dibawa. Laptop dengan ukuran tersebut setara dengan ukuran kertas B5. Kami merekomendasikan seri ENVY atau Spectre yang memiliki ukuran B5 apabila Anda sering membawa laptop. Hal ini dapat diterapkan oleh Anda untuk keperluan bekerja ketika berada di luar rumah.

Laptop dengan ukuran 14 inci hingga 15,6 inci biasa disebut laptop yang memiliki ukuran kertas A4. Ukuran tersebut merupakan batas ukuran dari laptop yang bisa dibawa-bawa dengan nyaman. Pada hakikatnya, laptop ukuran ini lebih nyaman digunakan di dalam rumah. Namun, apabila Anda perlu sesekali membawa laptop ukuran A4 ini keluar rumah, pilihlah seri Pavilion. Seri Pavilion juga direkomendasikan karena memiliki kinerja yang mumpuni.

Ukuran layar 15,6 inci atau lebih cocok untuk pemakaian di tempat

Ukuran layar 15,6 inci atau lebih cocok untuk pemakaian di tempat

Ukuran layar 15,6 inci tergolong besar sehingga menyulitkan saat disimpan di tas, serta tidak direkomendasikan untuk dibawa-bawa. Laptop gaming dengan kinerja tinggi memiliki layar 17 inci yang dirancang dengan asumsi penggunaan secara tidak berpindah-pindah.

Laptop yang memiliki ukuran layar besar dapat dipilih karena lebih nyaman untuk dipakai bekerja. Terutama direkomendasikan bagi Anda yang tidak berencana membawa-bawa laptop atau berencana membeli laptop untuk penggunaan di rumah. Jadi, apabila Anda membeli laptop dengan layar 15,6 inci atau lebih, pilihlah seri OMEN. Akan tetapi, Anda juga bisa memilih seri HP jika membutuhkan laptop standar.

Pilih SSD dengan kapasitas pemrosesan data yang tinggi sebagai media penyimpanan

Pilih SSD dengan kapasitas pemrosesan data yang tinggi sebagai media penyimpanan

Laptop yang kami rekomendasikan adalah laptop dengan SSD karena memiliki kemampuan memproses data dengan baik. Booting yang lama bisa menimbulkan frustrasi karena menampilkan layar dengan jeda waktu panjang saat Anda menyalakan laptop. SSD memuat data dari sistem dengan segera sehingga Anda bisa menyalakan laptop dengan cepat.

Kapasitas pemrosesan SSD jauh lebih unggul apabila dibandingkan HDD. Apabila kapasitas penyimpanan yang terpasang di laptop terlampau kecil, Anda bisa menyimpan data sistem di SSD. Sementara itu, penyimpanan data berkapasitas besar seperti foto atau film bisa Anda simpan di media penyimpanan eksternal. Hal ini sebenarnya dapat mengurangi biaya.

Media penyimpanan SSD dapat dipilih untuk semua seri laptop HP. Apabila Anda mendahulukan kenyamanan, pilihlah laptop yang memuat sistem data melalui SSD daripada HDD.

Pilih prosesor Core i yang memiliki kemampuan proses data yang tinggi

Pilih prosesor Core i yang memiliki kemampuan proses data yang tinggi

Laptop dengan kemampuan proses data yang tinggi dapat beroperasi dengan lancar sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan. Pakailah laptop yang menggunakan CPU Core i apabila Anda mencari laptop dengan hasil kinerja tinggi. Seri Core i generasi kedelapan merupakan CPU mainstream yang biasa digunakan pada tahun 2018.

Anda bisa memilih laptop yang menggunakan seri Core i generasi ketujuh atau kedelapan, terutama jika produk yang Anda pilih bukanlah seri laptop HP untuk entry level. Walaupun demikian, pilihlah seri Core i generasi kedelapan jika Anda menginginkan kinerja pemrosesan yang mumpuni. Bagi Anda yang ingin memainkan game 3D atau menyunting gambar berkualitas tinggi, pilihlah Core i5 atau yang lebih tinggi.

Pilih memori 8 GB atau lebih

Pilih memori 8 GB atau lebih

Anda setidaknya dapat memilih memori 8 GB apabila Anda ingin memakai Windows 10 yang standar. Memori juga berperan penting dalam hal memberikan tenaga saat laptop dioperasikan. Kapasitas memori yang rendah dapat mengakibatkan laptop berhenti beroperasi atau tidak lancar saat digunakan.

Pilihlah laptop dengan memori 8 GB supaya laptop dapat beroperasi dengan nyaman. Hal ini terjadi karena spesifikasi yang dibutuhkan oleh OS seperti Windows 10 semakin tinggi. Tambahan lagi, seri OMEN bisa dipilih oleh Anda yang menggunakan software berat seperti game 3D atau Photoshop. Namun, Anda bisa bermain dan bekerja dengan lebih nyaman lagi jika memilih laptop dengan memori 16 GB.

10 Rekomendasi laptop HP terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop HP terbaik. Produk-produk ini dipilih berdasarkan kebutuhan yang berbeda dari masing-masing pengguna. Silakan pilih laptop HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. HP Pavilion Gaming Laptop 15-cx0056tx

10. HP Pavilion Gaming Laptop 15-cx0056tx

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 12.224.250

Jadi nyaman bermain game 3D terkini dengan Core i7 dan NVIDIA GeForce 1050ti

Kinerja grafis NVIDIA GeForce 1050ti 4 GB mampu mendukung permainan game 3D terbaru dengan resolusi tinggi. Di samping itu, CPU Core i7 generasi kedelapan menjadikan tampilan 4K bisa dinikmati dengan nyaman. Pilihlah produk ini apabila Anda ingin menikmati game terkini. Selain itu, Anda akan mendapat kemudahan untuk streaming video dan bekerja multitasking.

Memory DDR4 sebesar 16 GB menunjang permainan dengan waktu loading yang cepat. Sementara itu, pada bagian kipas produk ini memiliki tiga penggerak guna menghasilkan putaran stabil dengan kebisingan yang rendah. Selanjutnya, kombinasi HDD dan PCle SSD tidak hanya berfungsi untuk memudahkan multitasking, namun juga membuat kemampuan merespons lebih tinggi.

9. HP Spectre x360 – 13-ae519tu

9. HP Spectre x360 - 13-ae519tu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp. 22.000.000

Laptopnya para profesional dengan mobilitas tinggi

HP Spectre x360 13-ae519tu didesain dengan sebuah aluminium berketebalan 13,6 mm dan berat 1,3 kg saja. Perpaduan ukuran serta layar 13,3 inci membuat laptop ini cocok dipakai oleh profesional dengan mobilitas tinggi. Kinerja Anda sebagai profesional akan terbantu oleh CPU Core i7, memori 16 GB, serta SSD berkapasitas 512 GB. Baterainya juga menarik karena tahan hingga 16 jam.

Penggunaan empat mode menjadi keunggulan produk ini karena memberikan Anda fleksibilitas penggunaan. Mode laptop berguna saat mengerjakan fungsi normal. Mode tablet memudahkan Anda mencatat atau menggambar dengan pena digital. Berikutnya, mode berdiri bisa dipakai saat menonton. Di pihak lain, mode tent berguna saat melakukan presentasi atau saat berbagi media. Praktis!

8. HP Pavilion Gaming Laptop 15-cx0055tx

8. HP Pavilion Gaming Laptop 15-cx0055tx

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 13.500.000

Dilengkapi berbagai teknologi audio yang membuat game terasa hidup

Konsep rancangan laptop dengan aksen yang tegas dan menonjol dari produk ini menghasilkan desain yang terlihat gagah. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin tampil maskulin saat bermain game. Pada sisi prosesor, produk ini menggunakan CPU Core i7 generasi terbaru sehingga Anda bisa bermain dengan lancar. Sementara itu, tampilan 4K melengkapi visual game yang sedap dipandang.

Anda akan menikmati suara berkualitas tinggi berkat teknologi HP dual speakers. Teknologi thermal solution berperan untuk menjaga laptop tetap dingin dengan suara yang hening. Selain itu, teknologi HP audio boost dan sistem B&O PLAY menghasilkan suara dengan kualitas autentik. Milikilah laptop ini jika Anda ingin menikmati permainan dengan kualitas suara terbaik.

7. HP OMEN by HP – 15-dc0036tx

7. HP OMEN by HP - 15-dc0036tx

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 18.500.000

Upgrade jadi mudah dengan akses panel tunggal ke memory dan storage

Akses panel tunggal ke HDD, SSD, dan RAM memudahkan Anda untuk melakukan upgrade pada masa mendatang. Dengan demikian, Anda tidak kesulitan upgrade guna mengikuti spesifikasi game yang berkembang. Karena itu, laptop ini dapat dijadikan pilihan oleh gamers yang ingin mencari kemudahan upgrade. Anda tidak perlu membeli laptop baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi.

CPU Core i7 dan grafis NVIDIA GeForce GTX 1070 dipasang untuk kinerja maksimal. Di samping itu, temperatur laptop tetap dingin seiring permainan yang memanas. Kondisi ini terjadi akibat rancangan kipas yang memadukan ukuran besar, motor tiga fase, dan bantalan dinamis fluida. Keyboard-nya juga menarik karena memungkinkan Anda untuk menekan keystroke dengan presisi tinggi.

6. HP Spectre – 13-af078tu

6. HP Spectre - 13-af078tu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 21.999.000

Kinerja mumpuni dengan tampilan yang elegan dan tahan goresan

HP Spectre 13-af078tu memiliki ukuran 10,4 mm saja. Ukuran ini setara dengan ukuran baterai AAA. Laptop ini tidak hanya tipis, tetapi juga ringan dengan berat hanya 1,1 kg saja. Material karbon dan aluminium memberikan nuansa mewah yang membuatnya berbeda dibandingkan produk berbahan biasa. Berikutnya, tampilan finising two tone menambah kesan indah yang kontras.

Desain mewah produk ini diimbangi dengan prosesor Core i7-8550U dan RAM onboard 16 GB. Gunakanlah produk ini apabila Anda menginginkan laptop yang memiliki perpaduan kinerja tinggi dengan tampilan mewah. Selanjutnya, SSD 512 GB dipasang sebagai storage-nya. Tambahan lagi, Corning Gorilla Glass membalut produk ini guna mencegah goresan dan menjadikan laptop tahan lama.

5. HP Chromebook

5. HP Chromebook

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.799.000

Operating system Chrome yang cepat, ringan, dan aman!

Anda dapat memakai laptop ini jika Anda kurang cocok menggunakan laptop dengan OS Windows atau Linux. Lakukanlah berbagai aktivitas di laptop ini menggunakan aplikasi Chrome yang tersedia di Chrome Web Store. Selain itu, akses Google Drive bisa Anda pakai selama 2 tahun dengan kapasitas hingga 100 GB. Di pihak lain, produk ini menggunakan eMMC sebagai media penyimpanan.

Hardware HP TrueVision HD Webcam memungkinkan Anda untuk menggunakan webcam dengan jelas walaupun kondisi penerangan tidak mendukung. Bagian prosesor HP Chromebook ini menggunakan CPU Intel, sedangkan grafisnya menggunakan standar Intel HD Graphics. Aplikasi pihak ketiga seperti Hulu atau Netflix juga bisa dinikmati ke TV melalui Google Chromecast.

4. HP ENVY x360 – 13-ag0023au

4. HP ENVY x360 - 13-ag0023au

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : 15.700.000

CPU AMD Ryzen mendukung kerja berat dengan mobilitas tinggi!

Produk ini dibekali CPU AMD Ryzen guna menghasilkan proses data maksimal. Kehadiran grafis Radeon akan memastikan pekerjaan multimedia bisa berjalan tanpa hambatan. Anda pun akan mendapat kemudahan untuk bekerja di luar ruangan dengan baterai yang tahan hingga 11 jam. Tambahan pula, aksesori digital pen bisa dipakai dengan sensasi menulis serasa di atas kertas.

Kami merekomendasikan laptop ini untuk ilustrator yang terbiasa bekerja secara digital yang paperless. Tidak perlu khawatir! Memori 8 GB akan mendukung Anda yang ingin bekerja dengan Windows 10. Mata Anda juga akan dimanjakan berkat tampilan 4K ultra HD dari laptop ini. Di samping itu, ukuran layar 13,3 inci serta berat yang hanya 1,3 kg memudahkan Anda bekerja secara mobile.

3. HP Notebook – 14s-cf0012tx

3. HP Notebook - 14s-cf0012tx

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 11.099.000

Lebih leluasa dengan dua jenis media penyimpanan SSD + HDD!

Laptop HP yang satu ini terdiri dari dua media penyimpanan. SSD berkapasitas 128 GB menjadikan laptop ini nyaman saat melakukan start-up. Di pihak lain, HDD internal berkapasitas 1 TB membuat Anda leluasa menyimpan file. Jadikanlah laptop ini pilihan bagi Anda yang tidak ingin repot menyimpan data pada hard disk eksternal atau melalui Cloud.

Untuk bagian prosesor, laptop ini menggunakan CPU Core i7-855u yang menjadikannya reliabel untuk pekerjaan berat. Grafis AMD Radeon 530 yang dedicated memungkinkan Anda memainkan game 3D dan software desain tanpa kendala. Selanjutnya, keberadaan memory sebesar 8 GB tentu mendukung Anda yang terbiasa melakukan pekerjaan secara multitasking.

2. HP x360 – 11-ab035tu

2. HP x360 - 11-ab035tu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 4.050.000

Laptop entry level dengan model fleksibel

CPU Intel Celeron, memory 4 GB,  serta harddisk 500 GB sudah cukup untuk memenuhi tugas standar. Dengan demikian, produk ini bisa dipilih oleh pemula atau pelajar yang baru menggunakan laptop. Kehadiran Windows 10 memberikan kemudahan tanpa perlu install OS lagi. Jauhkan kekhawatiran saat memakai produk ini karena uji hingga dua ratus jenis membuat laptop ini reliabel.

Kenyamanan untuk dibawa merupakan keunggulan lain dari produk dengan ukuran layar 11,6 inci dan berat 1,45 kg ini. Selain itu, HP x360 11-ab035tu memiliki keyboard fleksibel yang bisa difungsikan hingga empat model penggunaan. Hal ini tentu menarik bagi Anda yang menginginkan laptop entry level dengan gaya fleksibel. Harganya juga cukup ekonomis untuk laptop tipe touch screen.

1. HP ENVY x2 – 12-e011nr

1. HP ENVY x2 – 12-e011nr

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.499.000

Bisa dipakai sebagai laptop sekaligus tablet!

HP ENVY x2 merupakan laptop yang dapat difungsikan sebagai tablet dengan ketahanan baterai hingga 22 jam. Laptop ini memiliki ukuran layar 12,3 inci dengan berat hanya 1,2 kg. Milikilah laptop ini apabila Anda lebih senang bekerja di luar ruangan. Baterainya dapat diisi ulang dari 0% ke 90% hanya dalam waktu 90 menit saja dengan teknologi fast charging.

Kami juga menyarankan laptop ini untuk Anda yang menginginkan laptop yang bisa terkoneksi melalui kartu SIM. Koneksi 4G Lte memudahkan Anda untuk terhubung di mana pun. Berikutnya, koneksi Anda dipermudah melalui port USB tipe C, micro SD, sim card, dan combo jack. Tambahan lagi, SSD 128 GB yang bisa diekspansi hingga 256 GB juga melengkapi laptop berjenis detachable ini.

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan laptop HP untuk memenuhi berbagai keperluan. Bagaimana menurut Anda? Laptop HP dengan seri yang mirip bisa memiliki spesifikasi yang berbeda. Laptop HP pada umumnya dipisahkan berdasarkan jenis prosesor serta kapasitas media penyimpanan. Jadi, Anda harus berhati-hati saat memilih laptop HP berjenis ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih!