10 Rekomendasi Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

Botol minum wajib Anda siapkan saat ingin mendaki gunung karena berguna untuk mencegah dehidrasi dan digunakan untuk keperluan memasak. Ada berbagai macam jenis botol minum untuk kegiatan outdoor yang bisa Anda pilih, misalnya jenis yang mudah dimasukkan ke tas, bisa menahan panas dengan baik, atau berbeda kapasitas dan berat.

Kali ini, kami akan membahas botol minum untuk mendaki gunung mulai dari cara memilihnya serta produk-produk terbaik yang bisa menjadi referensi Anda. Penasaran? Ayo cari tahu lebih lanjut dan temukanlah produk yang cocok dengan gaya pendakian gunung Anda!

Daftar isi

Cara memilih botol minum untuk mendaki gunung

Pertama-tama, pahamilah cara memilih botol minum untuk mendaki gunung yang baik. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih jenis botol minum setelah membandingkan kelebihannya masing-masing

Pada dasarnya, botol minum untuk mendaki gunung dibagi menjadi 4 jenis dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Mari pahami masing-masing karakteristik botol minum agar Anda bisa memilih jenis yang paling sesuai untuk Anda gunakan saat mendaki gunung.

Botol minum plastik atau PET, mudah dibawa

Botol minum plastik atau PET, mudah dibawa

Botol minum berbahan plastik atau PET (polyethylene terephthalate) sangat menarik karena ringan dan cukup tahan lama. Meskipun Anda mengisi penuh air ke dalamnya, bobotnya tetap tidak terlalu berat sehingga tidak membebani para wanita atau anak-anak saat membawanya. Setelah airnya habis, tentu bobotnya semakin ringan saat Anda bawa turun gunung. Banyak produsen membuat produk botol minum plastik ini dengan berbagai bentuk sederhana sehingga mudah dibersihkan. Tentunya hal ini juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih.

Meskipun banyak keunggulan dan juga disukai masyarakat, botol minum jenis ini tidak cocok untuk alpine climbing karena rentan terhadap perubahan suhu dan tekanan udara. Selain itu, jika terjatuh, botol dari plastik lebih mudah rusak.

Botol minum aluminium / stainless steel, tidak mudah rusak atau bocor

Botol minum aluminium / stainless steel, tidak mudah rusak atau bocor

Botol berbahan aluminium dan stainless steel terkenal kuat. Jika Anda tidak sengaja menjatuhkannya, mungkin botol akan sedikit penyok, tetapi air Anda yang berharga tidak akan bocor dari botol ini. Biasanya botol dari aluminium dan stainless steel juga tahan terhadap suhu panas sehingga Anda bisa menyimpan air panas di dalamnya. Apalagi bila botol tersebut memiliki daya insulasi yang baik, mendaki gunung di cuaca dingin pun bukan masalah lagi.

Masalahnya, tidak semua produk dengan bahan ini memiliki daya insulasi panas yang baik. Jadi, jika Anda ingin menyimpan air panas atau minuman dingin di dalamnya, periksalah kemampuan botol tersebut dalam menginsulasi suhu minuman di dalamnya.

Botol minum lipat, sangat praktis dan tidak makan tempat

Botol minum lipat, sangat praktis dan tidak makan tempat

Botol minum jenis ini dapat dilipat. Jadi, saat di dalamnya tidak ada air, Anda bisa melipatnya hingga berukuran kecil dan menyimpannya dengan mudah, sangat membantu untuk mengurangi isi tas Anda. Tentu saja bobotnya sangat ringan, bahkan merupakan jenis yang paling ringan dari jenis botol minum lainnya.

Meski begitu, botol minum jenis ini mudah rusak jika terjatuh berkali-kali. Selain itu, penggunaan dalam waktu lama dapat menyebabkan botol minum ini rusak dan bocor. Bisa dikatakan jenis ini tidak cocok untuk digunakan dalam waktu lama. Namun, bila Anda berencana mendaki gunung dalam waktu singkat dan ingin mengurangi beban di tas Anda, tentu produk ini merupakan pilihan tepat.

Water bladder atau hydration pack, bisa diminum sambil tetap berjalan

Water bladder atau hydration pack, bisa diminum sambil tetap berjalan

Beberapa carrier atau backpack untuk mendaki gunung dilengkapi satu kompartemen khusus untuk menyimpan water bladder atau hydration pack ini. Botol jenis ini dilengkapi selang sehingga Anda bisa menyedot air tanpa harus mengeluarkan botol ini dari dalam tas. Penggunaan water bladder cocok untuk kegiatan trail running atau pendakian di gunung dengan medan terjal dan menyulitkan. Untuk menghemat waktu, Anda bisa langsung minum kapan saja dan di mana saja.

Dari segi berat, sebenarnya tidak akan terasa mengganggu karena jenis ini sudah menempel di backpack. Namun, karena bentuknya yang unik, botol minum ini lebih sulit untuk dikeringkan. Selain itu, mungkin Anda perlu mencoba menggunakannya terlebih dahulu sebelum benar-benar mendaki gunung agar Anda lebih terbiasa.

Periksa jumlah air yang dibutuhkan, lalu pilih botol dengan kapasitas yang pas

Periksa jumlah air yang dibutuhkan, lalu pilih botol dengan kapasitas yang pas

Jumlah air yang dibutuhkan satu orang selama pendakian adalah 2 liter per hari. Di pasaran memang ada botol minum berkapasitas 2 liter, tetapi tentu akan terasa tidak seimbang dan berat di satu sisi saat Anda memasukkannya ke dalam backpack Anda. Karena itu, kami menyarankan Anda membaginya menjadi beberapa botol minum kecil. Misalnya untuk membawa 2 liter, Anda bisa memisahkannya ke 4 botol kecil berukuran 500 ml. Dengan begitu, kebutuhan cairan Anda tetap terpenuhi, tetapi di sisi lain tubuh Anda tidak akan terbebani di satu titik saja.

Jika Anda membawa botol terlalu sedikit atau meletakkan air hanya ke satu botol, Anda akan lebih sulit saat meminum atau menyimpannya karena ukuran botol yang besar. Namun, jika Anda terlalu banyak membawa botol, sisa botol kosong tersebut akan membuat backpack Anda terasa bulky. Karena itu, pertimbangkanlah baik-baik jumlah botol yang sebaiknya dibawa sesuai kebutuhan Anda saat mendaki gunung.

Periksa besar mulut botol dan kemudahan saat membukanya

Periksa besar mulut botol dan kemudahan saat membukanya

Ukuran mulut botol dan kemudahan membuka tutup botolnya menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan. Jika Anda memilih botol minum jenis plastik atau stainless steel, pilihlah yang paling mudah untuk Anda gunakan minum. Mulut botol yang lebar akan memudahkan Anda saat ingin menambahkan es batu atau membuat energy drink sehingga Anda akan semakin nyaman menggunakannya.

Botol minum yang bisa dibuka dengan sekali tekan juga sangat memudahkan Anda saat mendaki gunung. Tentunya Anda tidak akan dehidrasi karena Anda bisa minum dengan mudah menggunakan satu tangan sembari berjalan. Lalu, bila Anda memilih model botol yang harus diputar untuk membukanya, pilihlah botol dengan tutup yang beralur atau terbuat dari karet sehingga Anda bisa dengan mudah membukanya meski sedang mengenakan sarung tangan.

Pastikan kemampuan botol dalam menginsulasi panas

Pastikan kemampuan botol dalam menginsulasi panas

Saat mendaki di musim kemarau atau musim hujan yang intens, membawa botol minum yang bisa menahan suhu di dalamnya akan terasa sangat menguntungkan. Di gunung suhu akan lebih dingin daripada dataran rendah sehingga penggunaan botol minum biasa dapat menyebabkan air Anda membeku. Bila Anda bisa meminum air hangat pada kondisi seperti itu, tentu tenaga Anda akan terisi kembali dan Anda pun tetap terhidrasi. Jadi, keberadaan botol minum dengan daya insulasi suhu yang baik sangat disarankan.

Jika Anda membawa air panas dalam botol minum tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk menyeduh kopi atau mi instan. Botol dengan insulasi panas pun memiliki kemampuan baik dalam menginsulasi suhu dingin. Jadi, Anda bisa membawa minuman dingin dan menyegarkan diri Anda saat cuaca sedang panas.

10 Rekomendasi botol minum terbaik untuk mendaki gunung

Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh produk terbaik yang dijual di Indonesia dan cocok untuk karakteristik pendakian gunung di Indonesia.

10. Consina Water Bladder 02

10. Consina Water Bladder 02

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 157.000

Water bladder dari Consina hemat ruang dan hemat uang!

Berbeda dari produk lain yang rata-rata hanya berkapasitas 1 liter, produk water bladder dari Consina ini berkapasitas 2 liter dan dijual dengan harga yang sangat ekonomis untuk ukuran produk berkualitas. Bahkan, harganya bersaing dengan produk botol minum lain dengan kapasitas 1 liter, lho.

Selain itu, Anda jadi menghemat ruang karena desain water bladder yang lebih ramping dibandingkan dengan botol minum berukuran 1,5 liter. Dengan membeli water bladder dari Consina ini, Anda sudah menghemat ruang sekaligus uang Anda. Cocok untuk Anda yang mau mencoba beralih dari botol minum biasa ke water bladder!

9. Eiger Water Canteen

9. Eiger Water Canteen

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 108.000

Desain unik khas Eiger yang keren hadir dalam harga ekonomis

Botol minum selama mendaki gunung biasanya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk cadangan dan untuk diminum selama perjalanan. Nah, Eiger Water Canteen ini sangat cocok Anda bawa selama perjalanan sebab Anda akan mudah meminumnya menggunakan sedotan yang sudah tersemat di mulut botol ini.

Lalu, meski memiliki harga yang ekonomis, botol ini tidak terkesan murahan, malahan terlihat keren dan terkesan mahal berkat kombinasi warna dan desainnya. Sangat pas untuk Anda yang menyukai botol minum berdesain sederhana, tetapi tetap tampak keren. Apalagi, bahannya pun terbuat dari stainless steel sehingga akan awet untuk waktu lama.

8. Activated Carbon Filter Water Bottle

8. Activated Carbon Filter Water Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 43.900

Saring air yang Anda minum dengan karbon aktif supaya lebih sehat

Seperti diketahui, arang aktif atau karbon aktif adalah salah satu senyawa yang bisa menetralisir racun-racun sehingga banyak digunakan dalam proses penjernihan air. Produk yang satu ini sangat unik! Dengan desain botol transparan, tutup botolnya terbuat dari arang aktif yang berguna untuk menyaring air yang akan Anda minum.

Tidak ada salahnya Anda mencoba produk ini karena harganya pun masih sangat terjangkau. Dengan membeli produk ini, Anda bisa membuat air Anda lebih sehat serta cocok pula dipakai saat musim kemarau. Sebab, pada musim kemarau curah hujan di gunung jauh berkurang sehingga airnya agak kotor dan jumlahnya pun tidak melimpah.

7. Eiger Tze Water Bottle

7. Eiger Tze Water Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Bahan Tritannya membuat botol ini lebih aman dan tidak mudah rusak

Botol minum plastik untuk outdoor kini banyak yang sudah berbahan Tritan, yakni jenis plastik bebas BPA super aman yang tidak mudah pecah dan tidak mudah tergores, termasuk produk dari Eiger ini! Eiger Tropical Zone Exploration (TZE) dibuat berwarna abu-abu gelap dan memiliki desain mulut botol yang lebar.

Desain mulut lebar membuat Anda bisa memasukkan es batu atau potongan lemon untuk menyegarkan perjalanan Anda. Biasanya botol jenis mulut lebar digunakan untuk menyimpan air untuk memasak. Harganya yang sangat terjangkau juga membuat botol ini cocok untuk Anda yang hanya sesekali mendaki gunung dan membutuhkan botol dengan ketahanan mumpuni.

6. Naturehike TPU Soft Water Cup

6. Naturehike TPU Soft Water Cup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 133.000

Sedotan di mulut botolnya bisa dipanjangkan! Makin praktis, deh

Botol minum keluaran Naturehike ini terlihat unik dan akan memberikan memberikan kepuasan tersendiri saat Anda beli. Produk ini dibuat dari bahan silikon food grade yang saat digenggam bisa mengikuti bentuk genggaman tangan Anda, tidak terasa kaku seperti botol minum biasa pada umumnya.

Sebenarnya, produk ini dikhususkan untuk pelari karena tidak merepotkan dibawa dan dipakai. Namun, botol ini juga sangat pas dipakai oleh Anda saat sedang mendaki gunung dengan medan yang sulit. Sebab, Anda hanya perlu memanjangkan sedotan pada mulut botolnya dan meminumnya seperti biasa selagi tangan Anda berpegangan pada pohon.

5. Nalgene Narrow Mouth

5. Nalgene Narrow Mouth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 195.000

Produk internasional dengan desain sederhana andalan para traveler!

Pendaki gunung atau pun traveler rata-rata sudah mengenal produk botol minum dari Nalgene. Botol minum yang tidak mengandung BPA ini sudah memiliki penanda jumlah air sehingga memudahkan Anda melihat sisa air di dalamnya. Cocok untuk dipakai pendakian setengah hari dan Anda berencana hanya membawa satu botol minum saja.

Sebenarnya Nalgene Narrow Mouth memiliki keunggulan utama pada bentuk badan botol dan mulut botolnya. Selain kuat, badan botolnya menggunakan bahan yang tidak licin di tangan serta ukurannya pas dengan genggaman orang dewasa. Ukuran mulut botolnya pun pas sehingga tidak akan tumpah-tumpah saat Anda minum.

4. Osprey Hydraulics Reservoir

4. Osprey Hydraulics Reservoir

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 575.000

Dilengkapi desain tutup yang mudah dibuka, mudah diisi, serta mudah dibersihkan!

Salah satu kelemahan water bladder pada umumnya adalah segi desain yang merepotkan pengguna, baik dari tutupnya atau pun bentuknya. Namun, produk dari Osprey ini dilengkapi fitur Easy Seal, bagian tutupnya sangat mudah dibuka sehingga akan sangat memudahkan Anda saat mengisi air ke dalamnya.

Selain itu, yang paling menguntungkan adalah bagian dalamnya mudah dibersihkan. Tentu bagi Anda yang mencari water bladder yang tidak hanya mudah diisi, tetapi juga mudah saat dibersihkan, akan menyukai produk ini. Selain itu, bentuk water bladder ini juga tetap stabil saat diisi penuh, tidak menggembung hanya di bagian tengah saja.

3. Naturehike TPU Lightwear Software Antibacterial Bottle

3. Naturehike TPU Lightwear Software Antibacterial Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 121.000

Botol antibakteri untuk memberikan keamanan lebih, bahkan untuk anak-anak

Lagi-lagi Naturehike mengeluarkan produk yang memanjakan para penggiat alam seperti Anda. Produk ini mudah dibawa, aman, serta bisa digunakan hanya dengan satu tangan. Botol berbahan silikon ini pun bisa dilipat sehingga jika botolnya sudah kosong, Anda tidak akan kerepotan menyimpannya.

Selain itu, produk ini dibuat dari bahan antibakteri sehingga akan lebih aman untuk semua kalangan, terutama anak-anak. Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan Anda beserta keluarga, sebaiknya Anda jangan sampai melewatkan produk berkualitas ini!

2. Vapur Wide Mouth Anti-Bottle

2. Vapur Wide Mouth Anti-Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Dukung gerakan anti-global warming dengan botol plastik lipat dari Vapur

Produk ini sangat ringan, dapat dilipat, dan digunakan berulang kali. Selain tentunya akan sangat praktis dan tidak merepotkan Anda saat mendaki gunung, Anda pun turut menjaga kelangsungan lingkungan dengan memakai produk ini. Karena itu, produk ini sangat pas untuk Anda yang mendukung gerakan anti-global warming dengan cara yang mudah.

Kemudian, produk ini juga memiliki tutup yang sangat mudah dibuka. Tidak hanya itu, produk ini pun mudah dicuci sehingga kehigienisannya akan tetap terjaga. Agar semakin multifungsi dan praktis, produk ini dilengkapi juga dengan clip untuk menggantungkannya di tas sehingga Anda tidak perlu membawa-bawa botol ini di tangan.

1. Hydro Flask Standard Mouth

1. Hydro Flask Standard Mouth

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Mampu menginsulasi panas hingga 6 jam, lho!

Dalam mendaki gunung, terkadang Anda harus mendaki di dalam cuaca yang buruk atau memulai summit attack sejak tengah malam. Untuk menemani udara dingin saat summit attack, pastikan Anda membawa Hydro Flask karena botol minum ini mampu menginsulasi suhu dengan sangat baik hingga 6 jam.

Di sisi lain, produk ini juga mampu menahan suhu minuman dingin di dalamnya hingga 24 jam. Jadi, bisa dibilang botol minum satu ini layak Anda jadikan partner untuk mendaki gunung di segala cuaca dan musim. Meski harganya cukup mahal, Anda pasti puas menggunakan produk dengan tampilan keren ini.

Tips membawa botol minum saat pendakian

Tips membawa botol minum saat pendakian

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Anda akan membutuhkan 2 liter air per hari selama pendakian. Namun, hindari menaruh seluruh air yang dibawa pada orang yang tidak terbiasa mendaki gunung. Sebab, para pendaki pemula biasanya boros minum dan tidak menghitung sisa persediaan air. Selain boros, beban dalam backpack pun menjadi tidak seimbang.

Untuk membawa 2 liter air, sebaiknya Anda membaginya menjadi 4-5 botol saja. Selain akan memudahkan Anda untuk menghitung sisa air, Anda juga akan memiliki sisa air bila salah satu botol rusak atau bocor. Membagi air dalam beberapa botol juga akan membuat beban terbagi lebih merata di backpack sehingga Anda lebih seimbang saat berjalan terutama di jalur yang rusak. Dengan begitu, tenaga Anda tidak akan begitu terkuras. Karena itu, ingatlah untuk selalu membagi air minum Anda ke dalam beberapa botol.

Kesimpulan

Kami sudah membahas dengan cukup detail hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai botol minum untuk mendaki gunung. Bagaimana menurut Anda? Apakah membantu? Dalam memilih botol minum untuk mendaki gunung, pastikan Anda membeli sesuai fungsinya.

Semoga artikel ini bisa Anda jadikan referensi dalam memilih botol minum terbaik saat Anda mendaki gunung nanti. Selamat bersenang-senang, ya!