• 10 Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Botol Minum Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)

Saat mendaki gunung, kebutuhan air minum haruslah cukup. Selain mencegah dehidrasi, Anda juga bisa menggunakan air untuk memasak. Karena itu, sebaiknya Anda sediakan botol minum outdoor yang pas saat hendak mendaki gunung.

 

Di pasaran, ada berbagai jenis botol minum untuk mendaki gunung dengan kapasitas yang bervariasi. Agar bisa mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan beberapa tips memilih untuk Anda. Kami juga merekomendasikan botol minum untuk mendaki gunung dari berbagai merek, seperti EIGER, Naturehike, dan Consina. Tak lupa, artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).

Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih botol minum untuk mendaki gunung

Pertama-tama, pahamilah cara memilih botol minum untuk mendaki gunung yang baik. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih jenis botol minum berdasarkan keunggulannya

Umumnya, ada empat tipe botol minum gunung. Tentunya setiap jenis botol minum memiliki kelebihan masing-masing. Ketahui dengan jelas karakteristiknya dan pilihlah yang paling menguntungkan Anda saat mendaki gunung.

Botol minum plastik atau PET, ringan dan mudah dibersihkan

Botol minum plastik atau PET, ringan dan mudah dibersihkan
Botol minum berbahan plastik atau PET (polyethylene terephthalate) menarik untuk dibawa naik gunung karena sangat ringan. Selain itu, banyak produsen yang memproduksi botol minum plastik atau PET dengan bentuk yang simpel sehingga cenderung lebih mudah dibersihkan.

Karena terbuat dari plastik, botol minum PET lebih mudah diproduksi dalam berbagai bentuk, corak, tampilan, dan warna yang menarik. Karakteristik tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dari botol minum plastik atau PET.


Namun, botol minum jenis ini kurang cocok untuk pendakian gunung yang tinggi, misalnya alpine climbing. Hal itu karena botol minum berbahan plastik rentan terhadap perubahan suhu dan tekanan udara. Botol plastik juga akan lebih mudah rusak jika terjatuh.

Botol minum aluminium atau stainless steel, lebih tahan benturan dan suhu

Botol minum aluminium atau stainless steel, lebih tahan benturan dan suhu
Botol berbahan aluminium dan stainless steel terkenal akan daya tahannya. Jika Anda tidak sengaja menjatuhkannya, kemungkinan botol jenis ini akan sedikit penyok dan tidak sampai bocor. Dengan begitu, Anda tidak kehilangan air minum yang sangat berharga saat di atas gunung.

Bahan aluminium dan stainless steel juga bisa mempertahankan suhu dengan baik sehingga Anda bisa menyimpan air panas di dalamnya. Minuman hangat sangat bagus untuk menghangatkan tubuh saat mendaki gunung.


Masalahnya, tidak semua produk aluminium atau stainless steel memiliki daya insulasi panas yang baik. Jadi, jika Anda ingin menyimpan air panas, periksalah kemampuan botol tersebut dalam menginsulasi suhu minuman di dalamnya. Di pasaran, Anda bisa menemukan beragam botol minum dengan kemampuan insulasi mulai dari 12 jam hingga 24 jam.

Botol minum lipat, bisa disimpan dengan sangat praktis

Botol minum lipat, bisa disimpan dengan sangat praktis
Jenis satu ini adalah botol minum pendaki yang bisa dilipat. Saat tidak diisi air, Anda bisa melipatnya hingga berukuran kecil dan menyimpannya dengan mudah. Ini tentunya sangat membantu untuk mengurangi isi tas Anda. Bobot produk ini sangat ringan, bahkan paling ringan di antara jenis botol minum lainnya.

Meski begitu, jika terlalu sering dilipat, botol minum ini bisa cepat rusak. Karena sifatnya yang bisa dilipat, botol air minum tipe ini biasanya berbahan tipis dan untuk tempo yang lama akan menjadi kering atau getas. Akibatnya, botol jenis ini rentan retak atau bocor, terutama di daerah lipatannya.


Dengan kata lain, botol jenis lipat kurang cocok digunakan untuk jangka panjang. Namun, bila Anda berencana mendaki gunung dalam waktu singkat dan ingin mengurangi beban di dalam tas, produk ini merupakan pilihan yang tepat.

Water bladder atau hydration pack, bisa minum sambil berjalan

Water bladder atau hydration pack, bisa minum sambil berjalan

Hydration pack adalah botol minum yang bisa dibawa menggunakan backpack, lalu Anda bisa meminum airnya lewat selang. Umumnya, hydration pack dipakai untuk olahraga trail running atau ekspedisi jelajah gunung yang medannya berat.


Keunggulan botol minum ini adalah bentuknya bisa langsung sesuai dengan tas atau punggung kita saat melakukan perjalan alam bebas. Jadi, Anda bisa langsung minum kapan saja dan di mana saja, tanpa harus berhenti atau mengeluarkannya dari dalam tas.


Bobot hydration pack tidak terlalu berat sehingga Anda tidak perlu memusingkannya. Namun, bentuknya yang unik membuat produk ini sulit dibersihkan, apalagi dikeringkan. Anda juga harus terbiasa menyedot air di dalamnya agar bisa keluar dengan baik. Sebaiknya, Anda berlatih sebelum menggunakannya di perjalanan sebenarnya.

Sesuaikan kapasitas botol dengan kebutuhan

Sesuaikan kapasitas botol dengan kebutuhan
Jumlah air yang dibutuhkan satu orang selama pendakian adalah sekitar 2 liter per hari. Jadi, untuk botol minum kapasitas 1 liter mungkin hanya cukup untuk perjalanan mendaki setengah hari. Botol minum berkapasitas 2 liter memang tersedia di pasaran. Namun, jika semua bekal air disatukan dalam satu botol, bobotnya akan terasa lebih berat.


Sebaiknya, Anda membagi air 2 liter ke dalam beberapa botol daripada harus membawanya dalam satu botol. Sebagai contoh, Anda bisa membawa air 2 liter dalam empat botol ukuran 500 ml. Ketika Anda membawa satu botol dan memusatkan jumlah air pada botol berukuran besar, Anda akan lebih sulit saat meminumnya.


Selain itu, dengan membagi volume air yang kita bawa dalam beberapa botol, tentunya pengaturannya di tas menjadi lebih fleksibel. Akan tetapi, membagi air ke dalam terlalu banyak botol akan menghabiskan tempat di backpack Anda.


Pertimbangkanlah jumlah botol yang akan Anda bawa, baru setelahnya pilih botol minum dengan kapasitas yang sesuai. Bila Anda berencana mendaki gunung tinggi dan menghabiskan waktu berhari-hari, ada baiknya Anda pertimbangkan botol minum lipat. Anda bisa membawanya sebagai botol minum cadangan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil air lebih banyak saat menemukan sumber air di atas gunung.

Periksa lebar mulut botol dan kemudahan saat membukanya

Periksa lebar mulut botol dan kemudahan saat membukanya
Ukuran mulut botol dan kemudahan membuka tutup botol minum perlu Anda perhatikan. Untuk botol minum berbahan plastik atau stainless steel, sebaiknya pilihlah ukuran mulut botol yang cukup besar. Jika ukuran mulutnya lebar, Anda akan lebih mudah saat ingin menambahkan es batu atau energy drink bubuk. Selain itu, Anda bisa minum dengan lebih mudah.

Usahakan juga untuk memilih botol minum yang mudah dibuka, misalnya cukup dengan satu kali tekan menggunakan satu tangan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membukanya sambil berjalan. Namun, botol yang dapat dibuka dengan sekali tekan juga berisiko tak sengaja tertekan oleh perlengkapan lain di dalam tas. Jadi, air bisa saja bocor tanpa Anda ketahui.


Untuk botol minum yang tutupnya harus dibuka dengan cara diputar, pilihlah produk yang dilengkapi pegangan di bagian tutupnya. Jadi, Anda bisa membukanya tanpa harus melepas sarung tangan saat mendaki gunung.

Pastikan kemampuan botol dalam menginsulasi panas

Pastikan kemampuan botol dalam menginsulasi panas
Membawa botol minum camping yang bisa menahan suhu di dalamnya akan sangat menguntungkan. Suhu di gunung lebih dingin dibandingkan dengan di dataran rendah sehingga air minum yang Anda bawa bisa lebih dingin. Padahal, minum air dingin pada kondisi suhu yang rendah justru bisa membuat fisik Anda lelah. Sebaiknya minumlah air hangat agar tubuh Anda kembali segar dan terhidrasi dengan baik.

 

Selain itu, jika Anda membawa air panas dalam botol minum, Anda bisa menggunakannya untuk menyeduh kopi atau mi instan. Tambahan pula, botol dengan insulasi panas biasanya memiliki kemampuan baik dalam menginsulasi suhu dingin. Jadi, Anda juga bisa membawa minuman dingin dan menyegarkan diri ketika mendaki gunung di tengah cuaca panas.


Beberapa botol air minum yang bagus saat ini, sekalipun terbuat dari plastik, dapat lebih menjaga suhu sesuai air yang Anda simpan. Air yang panas akan terjaga suhunya, demikian pula sebaliknya.

10 Rekomendasi botol minum terbaik untuk mendaki gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk botol minum terbaik untuk mendaki gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 19 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Hydro Flask 18 Oz Standard Mouth menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Ecentio Botol Air 750ML memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

Gambar produk
1
Ecentio Botol Air 750ML  1

Ecentio

2
TAFFSPORT JERIGEN KANTONG AIR LIPAT 5 LITER 1

TAFFSPORT

3
Kantong Air AR003 Water Bladder 2,5 Liter Hydration Pack 1

4
EIGER  DAWSON WATER STORAGE 1

EIGER

5
Hayylife X Prana  Botol Minum 1

Hayylife X Prana

6
Kalibre  Bottle Aluminium  1

Kalibre

7
Naturehike  TPU Lightweight Software Antibacterial Bottle 1

Naturehike

8
Consina  Water Bladder 02 1

Consina

9
Nalgene 32oz Narrow Mouth Sustain Water Bottle 1

Nalgene

10
Aonijie  Botol Minum dengan Filter 440ml 1

Aonijie

Nama produk

Botol Air 750ML

JERIGEN KANTONG AIR LIPAT 5 LITER

Kantong Air AR003 Water Bladder 2,5 Liter Hydration Pack

DAWSON WATER STORAGE

Botol Minum

Bottle Aluminium

TPU Lightweight Software Antibacterial Bottle

Water Bladder 02

32oz Narrow Mouth Sustain Water Bottle

Botol Minum dengan Filter 440ml

Keunggulan

Desain tutup botol unik dan multifungsi

Bawa air lebih banyak dengan kapasitas yang superbesar

Minum jadi lebih mudah dan simpel berkat keran air

Menjaga suhu air minum Anda hingga 12 jam!

Lembut dan elastis, tidak mudah robek meski sering dilipat

Tutup dilapisi silikon sehingga tidak mudah tumpah

Botol antibakteri untuk memberikan keamanan lebih

Meski ramping, water bladder ini berkapasitas 2 liter

Desain simpel, andalan para traveller!

Menyaring kuman, aman minum air langsung dari alam

Harga mulai dariRp 45.000,00Rp 9.600,00Rp 75.000,00Rp 179.000,00Rp 130.000,00Rp 139.000,00Rp 90.000,00Rp 175.000,00Rp 299.000,00Rp 520.000,00
JenisBotol minum aluminumBotol minum lipatWater bladderStainless steelBotol minum lipatBotol minum aluminiumBotol minum lipatWater bladderBotol minum plastikBotol minum plastik
Kapasitas750 ml5 liter2,5 liter600 ml700 ml550 ml500 ml dan 750 ml2 liter1 liter440 ml
Bobot kosong113 gramTidak disebutkanTidak disebutkan100 gram145 gram400 gramKapasitas 500 ml: 48 gram・Kapasitas 750 ml: 50 gram 13 gram166,5 gram120 gram
Tutup botolBerulir + klikBerulirSelang BerulirBerulirBerulirBerulirSelangBerulirBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidakTidakTidakYa (12 jam)TidakTidakTidakTidakTidakTidak
Tautan produk
10

Aonijie Botol Minum dengan Filter 440ml

SD25

Mulai dari Rp 520.000,00

JenisBotol minum plastik
Kapasitas440 ml
Bobot kosong120 gram
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidak
9

Nalgene32oz Narrow Mouth Sustain Water Bottle

Mulai dari Rp 299.000,00

JenisBotol minum plastik
Kapasitas1 liter
Bobot kosong166,5 gram
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidak
8
JenisWater bladder
Kapasitas2 liter
Bobot kosong13 gram
Tutup botolSelang
Kemampuan insulasi suhuTidak
7

Naturehike TPU Lightweight Software Antibacterial Bottle

NH61A065-B

Mulai dari Rp 90.000,00

JenisBotol minum lipat
Kapasitas500 ml dan 750 ml
Bobot kosongKapasitas 500 ml: 48 gram・Kapasitas 750 ml: 50 gram
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidak
6
JenisBotol minum aluminium
Kapasitas550 ml
Bobot kosong400 gram
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidak
5

Hayylife X Prana Botol Minum

PN-AAB5004

Mulai dari Rp 130.000,00

JenisBotol minum lipat
Kapasitas700 ml
Bobot kosong145 gram
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidak
4
JenisStainless steel
Kapasitas600 ml
Bobot kosong100 gram
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuYa (12 jam)
3

Kantong Air AR003 Water Bladder 2,5 Liter Hydration Pack

Mulai dari Rp 75.000,00

JenisWater bladder
Kapasitas2,5 liter
Bobot kosongTidak disebutkan
Tutup botolSelang
Kemampuan insulasi suhuTidak
2

TAFFSPORTJERIGEN KANTONG AIR LIPAT 5 LITER

Mulai dari Rp 9.600,00

JenisBotol minum lipat
Kapasitas5 liter
Bobot kosongTidak disebutkan
Tutup botolBerulir
Kemampuan insulasi suhuTidak
1
JenisBotol minum aluminum
Kapasitas750 ml
Bobot kosong113 gram
Tutup botolBerulir + klik
Kemampuan insulasi suhuTidak

Tips membawa botol minum saat pendakian

Tips membawa botol minum saat pendakian

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tiap orang membutuhkan sekitar 2 liter air per hari selama pendakian. Bagi Anda yang belum terbiasa mendaki gunung, sebaiknya jangan membawa 2 liter air dalam satu botol sekaligus. Bagilah air ke dalam beberapa botol agar Anda bisa mengatur frekuensi minum sambil memperhitungkan sisa persediaan air. Selain itu, beban di dalam backpack pun bisa lebih seimbang.


Kami sarankan untuk membagi persediaan air ke dalam 4–5 botol. Jika salah satu botol rusak atau bocor, masih ada persediaan air di botol lain. Sebagai tambahan, jika Anda membagi beban di dalam backpack, keseimbangan tubuh pun meningkat. Hal ini sangat penting, terutama di trek yang tidak bersahabat. Membagi beban bawaan secara merata seperti ini juga efektif untuk menjaga ketahanan fisik selama pendakian.


Lebih baik lagi jika Anda sudah mengetahui secara pasti kondisi perjalanan alam bebas yang akan Anda lakukan. Jadi, Anda tidak harus membawa air sekaligus dalam jumlah banyak saat mulai perjalanan. Sesuaikan lama perjalanan yang akan Anda lakukan dengan jumlah botol, model, dan tipe tempat air minum agar lebih praktis dan tidak menjadi beban.

Baca juga rekomendasi peralatan mendaki gunung lainnya di sini

Selain botol minum, mendaki gunung memerlukan berbagai perlengkapan lainnya, seperti carrier, sepatu gunung, nesting, dan sebagainya. Tenang saja! Kami sudah pernah membahas beberapa perlengkapan tersebut dengan detail. Ada berbagai produk rekomendasinya juga, lho! Silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah membahas dengan cukup detail hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai botol minum untuk mendaki gunung. Bagaimana menurut Anda? Apakah pembahasan kali ini membantu Anda menemukan produk yang dicari?

Dalam memilih botol minum untuk mendaki gunung, pastikan Anda membeli sesuai fungsi yang dibutuhkan. Semoga artikel ini bisa Anda jadikan referensi dalam memilih botol minum terbaik saat mendaki gunung nanti. Selamat bersenang-senang, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kapak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda suka berkemah, keberadaan kapak adalah hal yang krusial. Anda bisa menggunakan kapak untuk memotong kayu bakar, menebang pohon, dan sebagainya. Namun, banyaknya jenis kapak yang berbeda ukuran, desain, harga, dan sebagainya bisa membuat Anda bingung saat memilih.Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kapak terbaik dari berbagai merek, misalnya EIGER. Anda juga akan menemukan rekomendasi kapak kayu, kapak survival, dan kapak tulang yang bagus dalam artikel ini. Semuanya memiliki keunggulan tersendiri, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Teleskop Bintang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teleskop Bintang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom ataupun orang awam. Sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop atau teropong bintang agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Celestron, Xiaomi, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda. Kali ini kami akan mengulas cara memilih teleskop bintang yang bagus untuk pemula dan profesional. Bacalah dengan saksama dan temukan rekomendasi teleskop bintang terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kursi Sutradara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Sutradara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kursi sutradara adalah kursi lipat yang bisa digunakan di luar ruangan, misalnya saat syuting, berkemah, atau menghadiri festival. Kebanyakan kursi sutradara dapat dilipat sehingga mudah dipindahkan atau disimpan. Ada banyak model kursi sutradara lipat yang bisa dijumpai di pasaran, mulai dari yang berbahan kayu, besi, hingga alumunium.Banyaknya pilihan kursi sutradara mungkin membuat Anda bingung. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih kursi sutradara terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik misalnya dari ACE Hardware. Simak terus artikel ini! 
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Lampu Emergency Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Emergency Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu emergency menjadi perlengkapan penting yang harus Anda miliki. Produk ini memiliki banyak kegunaan seperti sebagai penerang ketika listrik padam atau saat berjualan pada malam hari. Lampu ini dapat juga digunakan ketika Anda melakukan aktivitas outdoor pada malam hari seperti hiking atau memancing.Anda bisa menemukan banyak merek lampu emergency yang bagus, seperti LUBY, AOKIN, atau PHILLIPS. Selain jenis, ketahanan produk pun bervariasi. Ada lampu emergency LED yang dapat menyala 8 jam, bahkan hingga lebih dari 24 jam. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Sekop Terbaik untuk Kegiatan Outdoor - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sekop Terbaik untuk Kegiatan Outdoor - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Sekop adalah perkakas yang cukup penting untuk berbagai kegiatan outdoor, seperti berkemah, mendaki gunung, atau berkebun. Ada berbagai jenis sekop yang bisa Anda temukan, misalnya sekop pasir, sekop tanah, dan sekop tanaman. Ada juga jenis sekop serbaguna yang punya lebih dari satu fungsi.Kali ini secara khusus akan membahas sekop terbaik untuk kegiatan outdoor. Kami juga akan membagikan tips memilih dan merekomendasikan merek sekop yang bagus. Bestguard, Dhaulagiri, dan Krisbow adalah beberapa merek populer yang akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Earmuffs sering dipakai di area konstruksi karena memiliki kemampuan yang baik untuk menciptakan suasana yang kedap suara. Karena kemampuannya tersebut, earmuffs makin banyak digunakan oleh para pekerja lapangan atau seseorang yang sensitif terhadap bunyi. Jika Anda adalah salah satunya, artikel tentang earmuffs ini sangat tepat untuk Anda. Sayangnya, tidak mudah memilih produk yang pas di tengah banyaknya pilihan produk yang ada di pasaran. Earmuffs sendiri tersedia dalam berbagai merek, seperti Krisbow, Uvex, 3M, atau merek lainnya. Untuk itu, izinkan kami membantu Anda memilih produk yang sesuai!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Ponco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ponco adalah model jas hujan berbentuk terusan yang memiliki potongan lebar dan besar dengan lubang di bagian tengahnya. Tidak sedikit orang yang ragu memilih model jas hujan ini karena dianggap tidak mampu melindungi tubuh dengan optimal. Kini, desain jas hujan ponco sudah bervariasi dengan berbagai kelebihan.Banyak merek jas hujan ponco yang bagus di pasaran, seperti merek Penguin, Tiger Head, dan Elmondo. Jika Anda berencana membeli jas hujan ponco, kami sarankan untuk menyimak artikel ini. Kami akan mengulas jas hujan ponco terbaik yang aman dan nyaman digunakan. Yuk, langsung disimak!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Jersey Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jersey Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang gemar berolahraga pasti sudah tidak asing lagi dengan kaus jersey. Kaus jersey terbuat dari serat sintetis yang ringan, adem, dan nyaman dipakai. Kaus jersey biasa dipakai untuk berbagai jenis olahraga, seperti sepeda, voli, basket, gym, lari, dan sebagainya.Kalau Anda sedang mencari kaus jersey yang bagus untuk wanita, artikel ini dapat membantu Anda. Kami akan mengulas jersey wanita dari berbagai merek, seperti Duraking, Monton, Terrel, dan sebagainya. Selain itu, ada juga poin-poin penting yang akan berguna supaya Anda menemukan jersey wanita yang sesuai kebutuhan. Jadi, selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Senter Selam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter Selam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Senter selam menjadi satu item yang wajib dibawa saat Anda menyelam baik untuk refreshing atau berkaitan dengan pekerjaan. Dengan senter selam yang tepat, Anda dapat menemukan objek yang ingin Anda lihat atau amati di dalam air.Anda akan menemukan banyak merek senter selam yang beredar di pasaran. Namun, di artikel ini, kami akan memberi tips cara memilih senter selam yang bagus. Ada beberapa merek senter selam yang akan kami rekomendasikan seperti Mitsuyama, Tesla, dan Cree. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Teleskop Bintang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teleskop Bintang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom ataupun orang awam. Sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop atau teropong bintang agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Celestron, Xiaomi, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulan berbeda. Kali ini kami akan mengulas cara memilih teleskop bintang yang bagus untuk pemula dan profesional. Bacalah dengan saksama dan temukan rekomendasi teleskop bintang terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang bagus di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas berbagai merek cooler box terbaik, seperti Rubbermaid, LION STAR, IGLOO, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini terus, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya di pantai, Anda bisa memakai handuk pantai atau beach towel selama camping atau untuk menghias rumah. Handuk pantai yang tak lagi dipakai bahkan bisa dijadikan cover sofa atau hiasan dinding! Terlebih lagi, ukuran, desain, dan jenis handuk pantai juga beragam.Daripada galau, lebih baik Anda membaca cara memilih handuk pantai yang bagus dari artikel kami berikut ini. Ada banyak produk dari merek ternama yang bisa dipilih, seperti Naturehike, Frenchie, dan Fipper. Motifnya juga kekinian! Yuk, scroll ke bawah untuk mendapatkan referensi handuk pantai yang keren!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori