10 Rekomendasi Ring Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Ring Basket Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Olahraga bola basket digemari oleh banyak orang. Salah satu peralatan penting dari olahraga tersebut adalah ring basket. Artikel ini akan mengulas berbagai hal mengenai ring basket. Ada ring basket yang ditujukan untuk permainan santai, ada juga yang dirancang dengan spesifikasi resmi. Di toko online, Anda dapat menjumpai beberapa merek seperti Kingsport, SKLZ, Pro Shot, dan merek lainnya.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih ring basket, kemudian dilanjutkan dengan rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Entah untuk permainan basket santai atau serius, kami memberikan pilihan produk untuk ring basket bagus dan berkualitas yang dapat Anda miliki. Mari langsung kita mulai saja. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih ring basket

Seperti yang telah kami tuliskan di atas, terdapat dua jenis ring basket. Jenis pertama dibuat dengan ukuran resmi, seperti yang biasanya digunakan dalam pertandingan setingkat SMP atau lebih. Ring basket berukuran resmi memiliki tinggi 305 cm dan diameter ring adalah 45 cm. Selanjutnya, juga terdapat ring basket berukuran lebih kecil. Jenis yang kedua ini ditujukan untuk permainan santai. Sebelum membeli, ada baiknya Anda terlebih dahulu mempertimbangkan tujuan penggunaan ring basket tersebut.

Pilihlah berdasarkan cara pemasangan

Ring basket yang dijual di toko online umumnya memiliki tiga cara pemasangan. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan tinggal Anda.

Untuk permainan santai, cara pemasangannya pun simpel dan mudah

Untuk permainan santai, cara pemasangannya pun simpel dan mudah

Terdapat tiga cara pemasangan ring basket, yaitu digantung di atas pintu atau tempat lain, dipasang secara permanen di dinding, dan dipasang di tiang khusus. Ring basket yang digunakan untuk permainan santai biasanya dipasang dengan cara digantung di atas pintu atau tempat lainnya. Sangat mudah dan simpel. Beberapa produk juga dijual sepaket dengan tiang khusus yang berukuran kecil, sangat cocok untuk dibawa bepergian.

Apabila ingin berlatih serius, pilihlah yang dipasang permanen di dinding atau menggunakan tiang

Apabila ingin berlatih serius, pilihlah yang dipasang permanen di dinding atau menggunakan tiang

Bagi Anda yang ingin berlatih shooting bola basket secara serius, terdapat dua pilihan cara pemasangan. Cara pertama adalah dipasang permanen di dinding dengan menggunakan baut. Beberapa ring basket dengan cara pemasangan seperti itu memiliki ukuran yang resmi. Akan tetapi, bobot dari beberapa produk tersebut memang cukup berat sehingga harus dipasang di dinding yang padat dan kuat. Anda juga mungkin membutuhkan bantuan tukang yang berpengalaman agar dapat memasang ring tersebut dengan tepat. Ingatlah untuk selalu memeriksa lokasi pemasangan, serta mencari informasi mengenai cara memasang produk yang hendak Anda beli.

Cara pemasangan lainnya adalah dengan menggunakan tiang khusus. Ring basket yang dipasang di tiang khusus akan sangat dibutuhkan oleh Anda yang ingin berlatih melempar bola sambil berlari tepat di bawah ring, seperti misalnya melakukan lay-up atau running shoot. Gerakan tersebut akan berbahaya jika Anda memasang ring di dinding, maka lebih baik menggunakan tiang.

Bagi Anda yang ingin berlatih seperti atlet profesional, gunakan ring basket berukuran resmi

Bagi Anda yang ingin berlatih seperti atlet profesional, gunakan ring basket berukuran resmi

Ring basket yang berukuran resmi memiliki tinggi 305 cm. Ukuran tersebut digunakan oleh pemain setingkat SMP dan di atasnya. Untuk pemain tingkat SD, tinggi resminya adalah 260 cm. Sementara itu, diameter ring adalah 45 cm untuk pemain dari segala tingkat. Apabila Anda ingin secara serius berlatih semua gerakan shooting dalam permainan bola basket, pilihlah produk yang memiliki ukuran resmi. Akan tetapi, terdapat beberapa produk yang tingginya dapat diatur. Produk tersebut akan cocok bagi Anda yang membutuhkan ring basket untuk berbagai tipe permainan, baik itu santai maupun berlatih serius.

Perhatikan material papan pantul ring basket

Perhatikan material papan ring basket

Terdapat beragam jenis material yang digunakan untuk membuat papan pantul ring basket. Produk yang dijual untuk pemakaian di rumah biasanya terbuat dari akrilik dan polikarbonat. Misalnya saja SPALDING, yang merupakan salah satu produsen ring basket terkenal. Perusahaan tersebut membuat papan pantul dari bahan akrilik karena dinilai ideal untuk digunakan dalam kompetisi, serta memiliki daya pantul yang memadai. Di pihak lain, bahan polikarbonat dianggap kuat dan cocok digunakan untuk permainan santai.

Orang-orang yang mengutamakan material dari papan pantul umumnya akan memilih salah satu di antara kedua bahan tersebut. Namun, beberapa orang tidak menjadikan material papan pantul sebagai pertimbangan utama, terutama jika hanya untuk digunakan secara ringan. Bagaimanapun, produk-produk yang terbuat dari kedua bahan tersebut memiliki harga yang relatif lebih mahal. Oleh sebab itu, jika ingin mencari ring basket dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda tidak perlu terlalu memperhatikan material papan.

10 Rekomendasi ring basket terbaik

Setelah memahami cara memilih ring basket, sekarang kami akan memberikan rekomendasi produk yang dapat Anda pilih. Dari sepuluh rekomendasi ini, terdapat ring basket yang ditujukan untuk penggunaan santai dan ada juga yang untuk berlatih secara serius. Jangan lupa untuk tetap mengacu pada panduan cara memilih dari kami, ya.

10. Nerf Firevision Ignite Nerfoop

10. Nerf Firevision Ignite Nerfoop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 426.000

Seru! Bolanya bisa menyala, lho

Ring basket ini dijual sepaket dengan bola yang bisa menyala ketika dilempar. Seru sekali pasti. Anak Anda akan ketagihan dan ingin melempar bola terus menerus. Mengenai cara memasangnya pun mudah saja. Anda hanya perlu menggantungnya di atas pintu atau dinding karena di bagian belakang papan pantul terdapat alat penggantung.

Meskipun dirancang sebagai ring basket untuk permainan santai, produk ini terbuat dari material yang dapat digunakan di dalam dan luar ruangan. Dengan demikian, anak Anda dapat dengan mudah memindahkannya ketika bosan dengan suatu area bermain. Warna bolanya yang hijau pastinya terlihat cerah dan menarik untuk anak.

9. Kingsport Hang On The Door Basketball

9. Kingsport Hang On The Door Basketball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.900

Repot mengingat skor ketika bermain? Tidak perlu lagi

Seperti yang terlihat pada gambar produk, ring basket ini dilengkapi dengan alat penghitung skor. Alat ini dapat menampilkan skor dari kedua tim yang sedang bermain. Semangat anak Anda akan semakin terpacu dengan adanya skor yang tampil di layar. Di samping itu, anak-anak dapat lebih fokus bermain tanpa perlu repot menghitung skor yang telah diperoleh.

Di samping ring dan bola basket, Anda juga akan mendapat pemompa bola ketika membeli produk ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat pompa bola. Kapan pun bola mulai mengempis, Anda dapat dengan mudah memompanya. Setelahnya, anak-anak dapat kembali bermain dengan gembira.

8. Ring Basket Standar PERBASI

8. Ring Basket Standar PERBASI

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 422.000

Untuk Anda yang tempat berlatihnya tidak terlalu luas

Penggunaan tiang ring basket tentu saja membutuhkan ruang yang lebih besar karena Anda membutuhkan tempat untuk meletakkan tiang. Bagaimana jika Anda memiliki area berlatih yang tidak terlalu luas? Produk ini dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat karena dijual tanpa papan pantul dan tiang. Dengan begitu, akan menghemat penggunaan tempat.

Meskipun tanpa papan pantul dan tiang, Anda tetap dapat berlatih secara serius karena ring basket ini memiliki diameter 45 m. Anda hanya perlu memasangnya dengan jarak 305 cm dari lantai, dan anak-anak siap berlatih. Anda dapat memasangnya di area outdoor agar anak Anda dapat berlatih dengan lebih leluasa.

7. Pro Court Ring Basket Fiberglass

7. Pro Court Ring Basket Fiberglass

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Papan pantulnya membuat suasana berlatih anak semakin menyerupai atlet sungguhan

Para atlet basket umumnya berlatih dan bertanding dengan ring yang dilengkapi papan pantul. Apabila Anda juga menginginkan ring basket berdiameter 45 cm yang memiliki papan pantul, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda cukup menggantungnya di dinding, dan anak siap berlatih dengan semangat.

Material yang digunakan untuk membuat papan pantul ini adalah fiberglass. Fiberglass adalah material yang cukup kuat, tetapi tidak sekuat polikarbonat. Jadi, jika Anda termasuk orang yang mengutamakan material yang awet dalam jangka waktu lama, sebaiknya turut mempertimbangkan aspek tersebut.

6. Mini Set Ring Basket Anak

6. Mini Set Ring Basket Anak

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Walaupun mungil, papan pantulnya tetap ideal

Mini set ring basket ini dilengkapi dengan papan pantul yang terbuat dari bahan akrilik. Oleh karenanya, si kecil di rumah sudah dapat menikmati pantulan bola yang ideal dari produk ini. Ditambah lagi, material yang digunakan pada ring basket adalah besi sehingga diharapkan kuat dan tahan lama.

Pada saat membeli produk ini, Anda akan memperoleh satu set peralatan yang dibutuhkan untuk memasang papan pantul serta ring basket. Disertai pula dengan pompa dan pentil bola. Anda dapat langsung memasangnya tanpa perlu repot lagi membeli peralatan lain yang dibutuhkan. Praktis bagi Anda dan menyenangkan bagi anak.

5. Ring Basket Dua Per

5. Ring Basket Dua Per

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.800.000

Aman melakukan slam dunk berkat penggunaan dua per pada produk ini

Beberapa pemain basket gemar melakukan slam dunk. Pada saat melakukan slam dunk, tentu dibutuhkan ring basket yang kuat agar tidak mudah patah. Untuk itu, produk ini menggunakan dua per pada bagian ring basket. Dengan menggunakan dua per, ring basket akan lebih kuat dan lentur sehingga aman untuk melakukan slam dunk.

Anda dapat memasang ring basket ini di area outdoor, misalnya di teras atau halaman rumah. Tidak perlu khawatir mengenai daya tahannya karena produk ini dirancang agar kuat meskipun terjadi perubahan cuaca. Jadi, meskipun sangat panas atau terkena hujan lebat, ring basket ini akan tetap kukuh dan bertahan.

4. SKLZ Pro Mini Hoop®

4. SKLZ Pro Mini Hoop®

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.757.600

Miniatur ring basket profesional bagi buah hati Anda di rumah

Apakah buah hati Anda adalah pencinta permainan bola basket? Apabila ya, produk ini layak untuk menjadi pilihan Anda. Meskipun memiliki ukuran mungil yang ditujukan untuk anak kecil, ring basket ini memiliki papan pantul yang terbuat dari bahan polikarbonat. Seperti papan pantul profesional, ya.

Bukan hanya papan pantul, ring basketnya pun dibuat dari bahan baja yang kuat. Oleh karena itu, tidak heran jika produk ini memiliki harga relatif lebih mahal dibandingkan ring basket lain yang ditujukan untuk permainan santai. Dengan material yang kuat tersebut, orang dewasa pun dapat ikut menggunakan ring basket ini. Tentunya Anda perlu menyesuaikan ukuran tingginya terlebih dahulu.

3. Berwyn Ring Basket 2.1 meter

3. Berwyn Ring Basket 2.1 meter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 629.000

Wow, si kecil pun bisa berlatih lay up shoot

Permainan basket anak Anda dapat menjadi lebih serius dengan ring basket ini. Produk yang dirancang untuk anak-anak ini memiliki tiang yang tingginya dapat diatur antara 160 cm hingga 210 cm. Tentu cocok untuk anak Anda yang masih kecil. Dengan tiang yang tersedia, anak Anda dapat lebih serius melatih lemparan lay up agar semakin ahli.

Di samping itu, produk ini terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh sehingga dapat bertahan lama. Anda dapat meletakkannya di garasi atau halaman rumah agar area bermain anak lebih luas. Ditambah lagi, terdapat roda di bagian bawah produk ini! Anda dapat dengan mudah memindahkan ring basket sesuai dengan area bermain anak.

2. Ring Basket NBA

2. Ring Basket NBA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.250.000

Dengan spesifikasi seperti ukuran resmi. Bisa untuk digunakan di sekolah

Spesifikasi ring basket ini sesuai dengan ukuran resmi yang digunakan pada permainan basket profesional. Anda bahkan dapat mengatur tinggi tiangnya mulai dari 220 cm hingga 320 cm. Artinya, produk ini dapat digunakan oleh anak berusia SD hingga dewasa. Oleh karena itu, selain cocok digunakan di rumah, ring basket ini juga cocok untuk pemakaian di sekolah.

Tiang ring terbuat dari besi yang kuat, tetapi ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan. Ditambah lagi dengan adanya roda di bagian bawah produk. Papan pantulnya pun terbuat dari bahan polikarbonat sehingga akan tahan lama meskipun dimainkan dengan frekuensi yang sering. Dengan ring basket ini, para siswa di sekolah berkesempatan berlatih basket dengan fasilitas ala atlet.

1. PRO SHOT Ring Basket Profesional

1. PRO SHOT Ring Basket Profesional

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.990.000

Menggunakan akrilik sebagai material papan pantul. Rasanya seperti dalam kompetisi resmi

Kami menyarankan ring basket ini bagi Anda yang mengedepankan kualitas material. Papan pantul produk ini terbuat dari bahan akrilik sehingga memiliki daya pantul yang ideal. Rasanya akan seperti sedang bertanding dalam kompetisi resmi. Dengan demikian, diharapkan hal tersebut dapat memacu semangat anak dalam berlatih.

Tidak hanya papan pantul, bagian lainnya pun terbuat dari material yang kukuh dan kuat. Sama seperti produk sebelumnya, ring basket ini juga ringan dan dilengkapi dengan roda sehingga mudah untuk dipindahkan. Anda juga dapat mengatur tingginya agar sesuai dengan kebutuhan. Jadi, bukan hanya anak, bahkan Anda pun dapat turut menggunakan produk ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ring basket, serta memberi rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Apakah kini Anda telah menemukan ring basket favorit yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anak? Dengan beragam pilihan produk, pastikan Anda tetap memilih yang sesuai dengan tujuan penggunaan ring basket, apakah untuk sekadar bermain santai atau berlatih serius. Selamat memilih!