10 Rekomendasi Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kebutuhan harian zat besi terkadang kurang tercukupi dari makanan yang kita makan. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi tersebut kita dapat mengonsumsi suplemen penambah zat besi yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Kebanyakan dari suplemen ini dikombinasikan dengan baik asam folat maupun vitamin agar lebih mudah dikonsumsi.

Dari sekian banyak suplemen penambah zat besi, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan beserta penjelasan tentang cara memilihnya. Anda dapat memilih merek suplemen terbaik, seperti Merck Hemobion, Merck Sangobion, Natures Plus Iron, Blackmores, dan lainnya. Semoga uraian ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda untuk mendapatkan produk yang tepat, ya!

Daftar isi

Apakah manfaat suplemen penambah zat besi?

Apakah manfaat suplemen penambah zat besi?

Selain zat besi di dalam darah, tubuh kita memiliki cadangan besi (iron store) yang tersimpan. Saat tubuh kekurangan zat besi maka cadangan besi inilah yang dipakai, tetapi ada kalanya belum dapat mencukupi kekurangan tersebut. Kondisi ini yang disebut anemia atau kekurangan darah. Makanan yang biasa dikonsumsi sulit untuk melengkapi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, suplemen penambah zat besi menjadi pilihan yang penting.

Dalam pemilihan suplemen penambah zat besi, hal penting yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya kandungan yang dapat membantu penyerapan zat besi. Perlu juga diingat bahwa kelebihan asupan zat besi juga dapat menyebabkan gejala penyakit sehingga teliti dahulu sebelum mengonsumsi suplemen penambah zat besi.

Cara memilih suplemen penambah zat besi

Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen zat besi yang efektif? Berikut ini penjelasannya.

Periksa label makanan, pilihlah yang mencantumkan “Food with Nutrient Function Claims” atau “Dietary supplement

Periksa label makanan, pilihlah yang mencantumkan “Food with Nutrient Function Claims” atau "Dietary supplement"

Pada umumnya, suplemen penambah zat besi yang dijual terbagi menjadi dua macam yaitu yang berlabel FNFC atau “Food with Nutrient Function Claims” (makanan dengan klaim fungsi zat gizi) atau dikenal lebih umum dengan produk “Dietary supplement“. Sementara itu, ada pula suplemen dengan label “Health food” (makanan kesehatan). Untuk suplemen berlabel FNFC atau dietary supplement, tidak perlu khawatir akan jumlah kandungan zat besi sebab kadarnya dalam batasan yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 4 mg hingga 10 mg.

Sementara itu, untuk “Health food” tidak memiliki nilai standar untuk kandungan zat besi di dalamnya, berbeda-beda pula jumlahnya tergantung dari produsen. Oleh karena itu, periksa dahulu sebelum membeli suplemen dari makanan kesehatan. Di antara produk yang beredar, ada juga yang tidak mencantumkan berapa jumlah kandungan zat besinya. Agar Anda mendapatkan asupan zat besi yang cukup, kami sarankan untuk memilih suplemen dengan label “dietary supplement“.

Pilihlah suplemen yang mengandung besi heme yang tinggi penyerapannya

Pilihlah suplemen yang mengandung besi heme yang tinggi penyerapannya

Zat besi terbagi dalam dua jenis yaitu heme iron dan besi non-heme iron. Sumber besi heme berasal dari makanan hewani seperti hati dan tuna, sedangkan besi non-heme berasal dari makanan nabati seperti bayam dan sayuran lainnya. Penyerapan zat besi sebesar 10% hingga 20% dari makanan yang mengandung besi heme jauh lebih tinggi dibanding dengan makanan yang mengandung besi non-heme yang sebesar 1% hingga 6% saja.

Tidak sedikit kasus ketika suplemen penambah zat besi mencantumkan tulisan besi heme, tetapi kandungan yang sebenarnya adalah besi non-heme. Dengan demikian, kami sarankan Anda untuk memastikan besi heme tertera pada kemasan.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan suplemen penambah zat besi jenis besi non-heme sebab apabila kandungannya dilengkapi dengan vitamin C dan asam folat, atau vitamin B6 dan B12, penyerapannya akan menjadi tinggi. Jika Anda kesulitan mengenali jenis kandungan besi dalam suatu produk, pilihlah suplemen penambah zat besi yang mengandung vitamin C dan asam folat.

Pilih kandungan zat besi yang dosisnya sesuai dengan usia dan jenis kelamin

Zat besi merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh, tetapi jumlah kebutuhan zat besi berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan usia. Berapakah kebutuhan zat besi dari setiap tingkat umur dan jenis kelamin? Berikut ini uraiannya.

Pria dewasa memerlukan dosis sekitar 7-8 mg

Pria dewasa memerlukan dosis sekitar 7-8 mg

Kebutuhan harian zat besi pada pria dewasa adalah 7 mg hingga 8 mg. Setiap produk suplemen memiliki dosis zat besi yang berbeda-beda. Saat memilih suplemen penambah zat besi, perhatikan dosis yang tertera di kemasan produk agar kebutuhan zat besi harian terpenuhi dengan baik.

Wanita memerlukan zat besi lebih banyak. Dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat selama kehamilan dan menyusui

Wanita memerlukan zat besi lebih banyak. Dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat selama kehamilan dan menyusui

Wanita mengalami kekurangan darah selama periode menstruasi setiap bulannya. Oleh sebab itu, wanita memerlukan zat besi lebih banyak dibandingkan pria. Jumlah kebutuhan zat besi berbeda tergantung dari usia. Pada umumnya, wanita membutuhkan sekitar 10 mg hingga 11 mg setiap hari sejak usia SMP saat mulai mengalami menstruasi hingga saatnya menopause.

Pada masa kehamilan dan menyusui memerlukan darah lebih banyak lagi yaitu meningkat sampai 20 mg per harinya. Kebutuhan tersebut sulit dipenuhi dari suplemen saja. Karena itu, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Suplemen penambah zat besi yang dilengkapi dengan asam folat merupakan pilihan yang tepat untuk wanita selama masa kehamilan dan menyusui.

Perhatikan dosis untuk anak-anak sesuai usia dan jenis kelamin, jangan sampai overdosis

Perhatikan dosis untuk anak-anak sesuai usia dan jenis kelamin, jangan sampai overdosis

Kebutuhan zat besi anak-anak sangat berbeda tergantung dari usianya. Untuk balita adalah 5 mg per hari dan untuk usia SD sekitar 8 mg hingga 11 mg per hari. Pada usia awal masuk SD, biasanya jumlah kebutuhan zat besi anak laki-laki lebih besar daripada anak perempuan. Akan tetapi, pada usia akhir SD, anak perempuan lebih banyak memerlukan zat besi dikarenakan mulai mengalami siklus biologis menstruasi.

Anak-anak yang mengalami gejala anemia atau kekurangan darah sebaiknya dibawa ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter. Anemia belum tentu disebabkan oleh kekurangan zat besi. Karena itu, hindari memberikan suplemen penambah zat besi kepada anak berdasarkan penilaian Anda sendiri untuk menghindari overdosis pada anak-anak.

Pilihlah bentuk dan ukuran yang mudah dikonsumsi

Pilihlah bentuk dan ukuran yang mudah dikonsumsi

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih suplemen penambah zat besi adalah bentuk dan rasa. Suplemen berbentuk tablet atau kapsul akan sulit diminum jika ukurannya besar. Terutama bagi orang-orang yang sulit menelan tablet, suplemen berukuran besar sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan stres.

Zat besi memiliki rasa khas yang kurang enak. Maka dari itu, bagi orang-orang yang kurang menyukai rasa zat besi disarankan untuk memilih suplemen bentuk gummy yang kenyal atau tablet chewable yang bisa dikunyah. Dengan demikian, suplemen bisa dikonsumsi dengan mudah seperti layaknya makanan ringan. Anda dapat mencari informasi tentang rasa dan ukuran dari review di internet sebelum membelinya.

Pilihlah harga yang terjangkau agar dapat dikonsumsi setiap hari

Pilihlah harga yang terjangkau agar dapat dikonsumsi setiap hari

Mengonsumsi suplemen setiap hari secara kontinu adalah hal yang penting. Karena itu, pilihlah suplemen dengan harga terjangkau. Suplemen zat besi jenis besi heme lebih tinggi penyerapannya sehingga lebih mahal dibandingkan suplemen zat besi jenis besi non-heme. Agar suplemen dapat dikonsumsi setiap hari, sebaiknya memilih produk yang harganya sesuai dengan kemampuan.

Setelah mencari dan mendapatkan suplemen penambah zat besi yang dosisnya sesuai dengan kebutuhan per hari, Anda dapat mengecek harganya untuk menghitung berapa biaya untuk asupan per hari. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan apakah harga suplemen sudah sesuai dengan anggaran atau tidak.

10 Rekomendasi suplemen penambah zat besi terbaik

Berikut ini rekomendasi suplemen penambah zat besi terbaik pilihan dari kami. Dengan membandingkan harga dan kandungan suplemen, semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Merck Hemobion

10. Merck Hemobion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Nutrisi penting untuk pencegahan dan pengobatan anemia

Konsumsi produk ini apabila Anda mengalami anemia! Hemobion memiliki kandungan besi fumarat, vitamin B12, dan asam folat yang sangat penting bagi Anda untuk pembentukan sel darah merah. Kandungan ini akan mencegah dan mengobati anemia. Selain itu, Hemobion juga mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin, serta kolekalsiferol (vitamin D-3) yang membantu penyerapan kalsium di usus.

Asam askorbat (vitamin C) di dalamnya akan membantu zat besi agar lebih mudah diserap oleh saluran pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi Hemobion satu kapsul per hari dapat mencukupi nutrisi penting bagi wanita dalam masa kehamilan. Produk ini juga disarankan untuk Anda yang sedang menstruasi atau untuk pasien yang mengalami kehilangan darah karena berbagai sebab.

9. Natures Plus Iron Tablets 40 mg

9. Natures Plus Iron Tablets 40 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 142.500

Kandungan mineralnya dapat meningkatkan sistem imunitas dan mengatasi keletihan

Jika Anda sering mengalami gejala seperti keletihan, pusing, vertigo, rambut rapuh dan mudah rontok, bisa disebabkan oleh kekurangan mineral zat besi. Untuk suplemen penambah zat besi, kami merekomendasikan Natures Plus Iron yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas dan menghasilkan energi sehingga dapat mengatasi keletihan akibat anemia.

Dalam satu tabletnya mengandung 40 mg besi dan setara dengan 400 mg Iron Amino Acid Chelate yang berfungsi membantu kerja enzim dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, mata, rambut, kulit, dan kuku. Produk ini tidak mengandung pewarna dan pengawet buatan sehingga aman untuk dikonsumsi serta telah terdaftar di Badan POM RI.

8. Merck Sangobion VITA-TONIK

8. Merck Sangobion VITA-TONIK

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.800

Berupa sirop, sangat cocok bagi Anda yang menyukai suplemen bentuk cair

Sangobion VITA-TONIK merupakan multivitamin yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Di dalamnya terdapat zat besi, vitamin, dan mineral dalam untuk membantu membentuk sel darah merah, terutama terdapat pula Hemoglobin (Hb) yang berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Suplemen zat besi ini berupa sirop sehingga cocok untuk Anda yang menyukai sediaan cair. Selain mudah dikonsumsi karena bentuk cair, produk ini juga tersedia dengan rasa cranberry yang segar sehingga tidak serasa sedang minum suplemen zat besi! Anda dapat mengonsumsi suplemen ini dua sendok makan per hari.

7. Erela Fermia

7. Erela Fermia

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.950

Dilengkapi asam folat dan vitamin B6 untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin

Anemia adalah kondisi yang sering dijumpai pada ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan vitamin B6 lebih banyak sampai masa persalinan. Begitu juga dengan asam folat yang merupakan nutrisi wajib bagi ibu hamil untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

Tiap tablet Fermia mengandung besi fumarat 60 mg, vitamin B6 37,5 mg, dan asam folat 0,25 mg untuk mencukupi kebutuhan Anda dalam sehari. Tidak perlu khawatir akan terjadi iritasi lambung karena produk ini aman dan nyaman untuk lambung. Erela Fermia sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.

6. Tonikum Bayer

6. Tonikum Bayer

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 26.000

Suplemen rasa buah dengan botol berukuran besar untuk sekeluarga

Tonikum Bayer merupakan multivitamin dengan kandungan zat besi, mangan, seng, kalsium, dan vitamin. Bahan-bahan ini sangat Anda butuhkan pada kondisi anemia selama kehamilan, haid, perdarahan, masa pertumbuhan, usia lanjut. Anda juga dapat mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan keluarga secara umum.

Tersedia dengan rasa tutti frutti, Tonikum Bayer dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia termasuk anak-anak Anda. Produk ini dikemas dalam bentuk botol besar ukuran 330 ml sehingga dapat dikonsumsi oleh banyak anggota keluarga. Dengan harga yang ekonomis, Anda dapat memberikan multivitamin yang tepat untuk seluruh keluarga Anda!

5. Bioglan Natural Iron Tabs 30

5. Bioglan Natural Iron Tabs 30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 239.000

Penyerapan zat besi menjadi lebih baik dengan vitamin C dari acerola berry

Zat besi pada Bioglan Natural Iron berasal dari tanaman daun curry organik yang mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian Anda dalam satu tablet. Sumbernya dari tanaman sehingga produk ini dinilai aman dikonsumsi oleh vegetarian. Selain zat besi, Bioglan Natural Iron mengandung vitamin C dari acerola berry untuk membantu penyerapan zat besi.

Tablet zat besi ini nyaman di perut sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Selain cocok untuk pria, produk ini juga cocok untuk wanita yang sedang menstruasi,serta orang-orang yang aktif berolahraga. Produk ini juga dapat digunakan untuk Anda yang sedang dalam pengobatan kanker, sering melakukan donor darah, atau sedang dalam perawatan dialisis (mengalami gagal ginjal).

4. NOW Iron 36 mg Double Strength Veg Capsules

4. NOW Iron 36 mg Double Strength Veg Capsules

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Kandungan zat besinya tidak akan menyebabkan konstipasi dan membuat Anda lebih bugar

Dalam satu tablet NOW Foods Iron Capsules terdapat 36 mg besi yang berasal dari Ferrochel Iron Bisglycinate, sejenis zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi dan tidak terlalu keras untuk lambung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami susah buang air besar. Ukuran tablet juga kecil, mudah ditelan sehingga cocok untuk Anda yang susah menelan suplemen tablet.

Dietary supplement dari NOW Foods ini tidak menyebabkan alergi karena tidak mengandung gandum, gluten, kedelai, susu dan telur. Selain itu juga termasuk dalam Non-GMO (Genetically Modified Organisms) sehingga aman dikonsumsi. Dengan minum satu tablet per hari, metabolisme energi Anda akan meningkat. Tubuh Anda menjadi kuat dan bugar!

3. Solgar Gentle Iron Vegetable Capsules

 

3. Solgar Gentle Iron Vegetable Capsules

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 312.000

Terbuat dari serat tumbuhan sehingga sangat cocok untuk vegetarian!

Kapsul Solgar Gentle Iron terbuat dari bahan selulosa yaitu hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) yang diperoleh dari serat tumbuhan yang sangat cocok untuk para vegetarian. Produk ini juga aman dikonsumsi karena bebas dari zat alergen umum, bahan pengawet, dan pemanis buatan.

Tiap satu kapsul Solgar Gentle Iron mengandung 25 mg zat besi berupa iron bisglycinate yang mudah dicerna, nyaman di perut, dan tentunya tidak akan menyebabkan sembelit. Anda dapat mengonsumsi satu kapsul per harinya untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian serta mendapatkan manfaat kesehatan secara umum.

2. Green World Spirulina Plus Capsule

2. Green World Spirulina Plus Capsule

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 178.000

Berbahan 100% ganggang hijau sebagai makanan terbaik manusia yang kaya nutrisi

Produk ini terbuat dari bahan herbal alami berupa 100% Spiruna platensis yaitu ganggang hijau yang ada di lautan. Ganggang hijau sendiri dinyatakan sebagai makanan terbaik manusia oleh lembaga kesehatan dunia WHO. Dengan hanya mengonsumsi ganggang hijau maka nutrisi dan gizi manusia akan terpenuhi.

Spirulina Plus dapat dengan cepat membantu meningkatkan kadar hemoglobin yang memperlancar pengangkutan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh sehingga seluruh sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik. Suplemen non-heme iron yang sudah mendapatkan legalitas resmi dari pihak BPOM ini juga dapat dimanfaatkan untuk menambah berat badan dan meningkatkan sistem imunitas.

1. Blackmores Bio Iron Advanced

1. Blackmores Bio Iron Advanced

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 217.700

Multivitamin lengkap untuk meningkatkan vitalitas dan energi

Blackmores Bio Iron Adcanced mengandung zat besi dalam bentuk Iron Bisglycinate yang tidak menimbulkan rasa mual dan gangguan di sistem pencernaan. Selain Iron (II) glycinate (iron 20 mg), dalam setiap tabletnya mengandung asam folat, vitamin, dan betakaroten. Bisa Anda bayangkan betapa lengkapnya manfaat dietary supplement ini untuk membantu memelihara kesehatan Anda.

Untuk pria dan wanita yang mempunyai keluhan seperti pusing-pusing, lemah, letih, lesu, Anda bisa mencoba Bio Iron Advanced satu tablet sehari. Suplemen ini dapat membantu meningkatkan vitalitas dan energi, serta mengurangi rasa kelelahan akibat kekurangan zat besi. Perlu diingat juga, di samping mengonsumsi suplemen, Anda tetap harus menjaga asupan nutrisi dan istirahat yang cukup, ya!

Kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen zat besi?

Kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen zat besi?

Agar zat besi terserap secara efektif, perhatikan juga waktu minumnya. Hindari minum suplemen setelah makan karena ada kalanya kandungan dalam makanan dapat menghambat penyerapan zat besi. Terutama untuk suplemen zat besi jenis besi heme, manfaatnya bisa berkurang karena tingkat penyerapannya lebih tinggi dibanding jenis besi non-heme.

Zat besi paling baik diminum waktu perut kosong. Sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen penambah zat besi sebelum tidur atau di antara waktu makan saat lambung tidak berisi makanan. Akan tetapi, jika kondisi fisik menjadi tidak nyaman setelah minum saat perut kosong, segera hentikan.

Hindari minum suplemen zat besi bersamaan dengan kopi dan teh

Hindari minum suplemen zat besi bersamaan dengan kopi dan teh

Kafeina dan tanin merupakan zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Kafeina terdapat dalam kopi dan tanin terkandung dalam teh. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi suplemen penambah zat besi bersamaan dengan atau sesaat setelah minum kopi atau teh. Begitu pula dengan susu maupun yoghurt juga dapat menghambat penyerapan zat besi. Jadi, yang paling dianjurkan adalah minum suplemen penambah zat besi dengan air putih.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda terhadap sepuluh rekomendasi suplemen penambah zat besi yang telah kami pilih? Saat ini banyak orang yang tanpa disadari mengalami anemia tersembunyi karena tidak menampakkan gejala yang berarti.

Zat besi merupakan zat gizi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga suplemen penambah zat besi diperlukan untuk mencukupi kebutuhan zat besi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari. Semoga melalui artikel rekomendasi ini, Anda bisa menemukan suplemen yang tepat sesuai kebutuhan agar tubuh tetap sehat dan bugar!