mybest
Vitamin & suplemen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024)

Kebutuhan harian zat besi terkadang kurang tercukupi dari makanan yang Anda konsumsi. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengonsumsi suplemen penambah zat besi yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Kebanyakan dari suplemen ini dikombinasikan dengan asam folat atau vitamin.


Dari sekian banyak suplemen penambah zat besi, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan serta menjelaskan cara memilihnya. Ada berbagai merek suplemen yang bagus, seperti Hemobion, Sangobion, dan Blackmores. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly. Semoga Anda lebih mudah mendapatkan produk yang tepat.

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Andri Welly
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah manfaat suplemen penambah zat besi?

Apakah manfaat suplemen penambah zat besi?

Manusia membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat. Namun, kadang tidak semua kebutuhan nutrisi tercukupi. Salah satu nutrisi yang sering tidak terpenuhi dengan asupan makanan sehari-hari adalah zat besi. Saat itu, Anda memerlukan suplemen untuk melengkapi kebutuhan zat besi.


Adapun manfaat zat besi adalah sebagai bahan untuk pembentukan sel darah merah yang berperan dalam proses suplai oksigen ke organ. Selain itu, zat besi berperan dalam sistem kekebalan tubuh serta proses pembentukan energi tubuh.


Namun, memilih suplemen yang mengandung zat besi saja tidak cukup. Anda perlu mencari suplemen penambah zat besi yang mudah diserap tubuh atau mengandung komponen yang mendukung penyerapan dalam tubuh.


Khususnya bagi para wanita yang membutuhkan banyak nutrisi untuk menstruasi dan melahirkan. Karena itu, para wanita disarankan untuk mengonsumsi suplemen penambah zat besi secara rutin. Pilihlah suplemen penambah zat besi yang dapat memberikan nutrisi dengan baik. Pasalnya, sering kali suplemen zat besi memberikan efek tidak menyenangkan pada saluran cerna, seperti mual, muntah, serta konstipasi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen penambah zat besi

Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen zat besi yang efektif? Berikut ini penjelasannya.
1

Periksa kategorinya, suplemen penambah gizi atau suplemen kesehatan

Periksa kategorinya, suplemen penambah gizi atau suplemen kesehatan

Dilihat dari peruntukannya, ada dua jenis pilihan suplementasi zat besi, yaitu sebagai suplementasi tambahan dan suplementasi utama. Suplementasi tambahan bersifat pelengkap, sedangkan suplementasi utama ditujukan untuk pengobatan kondisi anemia.


Sementara itu, tidak ada nilai standar yang ditetapkan untuk kategori suplemen kesehatan. Jumlah kandungannya bervariasi tergantung pada produsen dan produknya. Beberapa produk malah tidak menuliskan keterangan jumlah kandungan zat besinya dengan jelas. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan zat besi yang cukup, pilihlah suplemen dengan kategori penambah gizi.

2

Pilihlah suplemen dengan kandungan heme iron

Pilihlah suplemen dengan kandungan heme iron

Ada dua jenis zat besi, yaitu heme iron dan non-heme iron. Heme iron dapat diperoleh dari makanan hewani seperti daging hewani (ayam, sapi, atau ikan), hati ayam, ataupun hati sapi. Sementara itu, non-heme iron dapat diperoleh dari makanan nabati (plant-based food) seperti gandum dan tahu.


Heme iron memiliki tingkat penyerapan dua hingga tiga kali lebih besar dibandingkan dengan non-heme iron. Namun, dalam prosesnya, terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi penyerapan zat besi, baik heme iron maupun non-heme iron.

3

Pastikan kebutuhan zat besi harian Anda terpenuhi

Jumlah kebutuhan zat besi berbeda-beda tergantung jenis kelamin dan usia. Tambahan zat besi dibutuhkan oleh anak-anak terutama bayi di atas 6 bulan dan anak dalam tahap pertumbuhan. Wanita yang sedang menstruasi dan wanita hamil juga memerlukan suplemen zat besi. Untuk itu, ketahuilah kebutuhan konsumsi zat besi sesuai usia dan jenis kelamin.

Wanita, membutuhkan zat besi lebih banyak dari pria

Wanita, membutuhkan zat besi lebih banyak dari pria

Wanita secara teratur kehilangan nutrisi karena menstruasi. Untuk itu, wanita membutuhkan lebih banyak zat besi daripada pria. Pria hanya membutuhkan asupan zat besi sekitar 8–11 mg. Sementara, secara umum, wanita memerlukan 12–26 mg per hari dari usia sekolah menengah pertama sampai menopause.


Kebutuhan zat besi pada wanita juga akan meningkat saat kehamilan dan menyusui. WHO merekomendasikan ibu hamil dan menyusui agar mengonsumsi 60 mg zat besi per hari. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya anemia pada ibu hamil dan menyusui. Sementara itu, WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi 12.5 mg zat besi per hari untuk anak.

Anak-anak, sesuaikan dengan usia dan jenis kelamin

Anak-anak, sesuaikan dengan usia dan jenis kelamin

Jumlah asupan zat besi yang dibutuhkan seorang anak dalam sehari bervariasi tergantung pada usianya. Bayi berusia 6 hingga 24 bulan membutuhkan 12.5 mg zat besi per hari. Sementara itu, anak usia 2–5 tahun membutuhkan 20–30 mg zat besi setiap harinya. Pada kelompok anak usia 6 hingga 11 tahun, WHO merekomendasikan zat besi sebesar 30–60 mg per hari. Kebutuhan asupan zat besi ini akan meningkat terutama untuk anak perempuan yang mulai menstruasi di usia sekolah dasar.


Karena itu, tinjau asupan zat gizi anak-anak sesuai dengan usia dan jenis kelamin mereka. Selain itu, perhatikan bahan yang terkandung dalam suplemen zat besi. Beberapa bahan mungkin tidak cocok untuk kondisi anak Anda. Jadi, tolong jangan memberikannya dengan penilaian Anda sendiri.

4

Periksalah nutrisi lain yang dicampurkan bersama suplemen zat besi

Periksalah nutrisi lain yang dicampurkan bersama suplemen zat besi

Mari perhatikan juga nutrisi lain yang dikombinasikan dengan zat besi. Nutrisi yang umum dikombinasikan dengan zat besi adalah vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan tingkat penyerapan zat besi bahkan untuk jenis nonheme ironDi sisi lain, teh, beras merah, kalsium, produk susu, dan beberapa sayuran menghambat penyerapan zat besi jenis non-heme iron.


Nutrisi lainnya adalah asam folat dan vitamin B12. Asam folat memiliki efek membantu pembentukan sel darah merah. Asam folat juga merupakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan janin sehingga cocok untuk wanita hamil dan menyusui.

5

Pilih bentuk dan rasa suplemen yang mudah Anda konsumsi

Pilih bentuk dan rasa suplemen yang mudah Anda konsumsi

Agar dapat dikonsumsi secara berkelanjutan, pilihlah suplemen dengan bentuk dan rasa yang mudah diminum. Tablet dan kapsul yang terlalu besar akan sulit ditelan. Jadi, hindari suplemen berukuran besar.


Selain itu, zat besi juga memiliki rasa khas yang kuat. Jika Anda tidak menyukai rasa zat besi ini, pilihlah suplemen berbentuk gummy dan tablet kunyah. Jadi, Anda bisa mengonsumsinya seperti camilan. Karena suplemen biasanya tidak bisa dicoba sebelum membeli, periksa juga review mengenai rasa dan ukurannya. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi suplemen penambah zat besi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen penambah zat besi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Bayer Indonesia

Tonikum Bayer

Bayer Indonesia Tonikum Bayer 1

Rp29.900

Agak Murah

Suplemen rasa buah untuk sekeluarga

Pyridam Farma

Ferospat Effervescent Tablet

Pyridam Farma Ferospat Effervescent Tablet 1

Rp100.200

Menengah

Berbentuk tablet effervescent, hadirkan sensasi baru minum suplemen penambah zat besi

P&G

Sangobion VITA-TONIK

P&G Sangobion VITA-TONIK 1

Rp37.400

Agak Murah

Berupa sirop dengan rasa cranberry yang segar

Combiphar

Maltofer® Tablet Kunyah

Combiphar Maltofer® Tablet Kunyah 1

Rp116.010

Menengah

Nutrisi penting untuk pengobatan anemia pada masa kehamilan dan menyusui

Blackmores

Bio Iron Advanced

Blackmores Bio Iron Advanced 1

Rp175.000

Agak Mahal

Multivitamin lengkap untuk meningkatkan vitalitas dan energi

Erela

Fermia

Erela Fermia 1

Rp27.000

Agak Murah

Dilengkapi asam folat dan vitamin B6, penuhi nutrisi ibu hamil dan janin

NaturesPlus

IRON

NaturesPlus IRON 1

Rp220.000

Agak Mahal

Menggunakan Biotron process yang memastikan penyerapannya maksimal

Arrow Pharmaceuticals

Iron Melts

Arrow Pharmaceuticals Iron Melts 1

Rp195.000

Agak Mahal

Mudah dikonsumsi, enak, dan kaya manfaat

NOW

Iron 36 mg Double Strength Veg Capsules

NOW Iron 36 mg Double Strength Veg Capsules 1

Rp198.000

Agak Mahal

Ferrochel® Iron Bisglycinate yang nyaman di lambung dan bebas konstipasi

Amway Indonesia

Nutrilite Chewable Iron#304199

Amway Indonesia Nutrilite Chewable Iron 1

Rp185.000

Agak Mahal

Penuhi kebutuhan zat besi pada anak dengan cara yang menyenangkan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Bayer IndonesiaTonikum Bayer

Tonikum Bayer 1
Sumber: tonikum.co.id
Harga referensi
Rp29.900
Agak Murah
Harga referensi
Rp29.900
Agak Murah

Suplemen rasa buah untuk sekeluarga

Tonikum Bayer merupakan multivitamin dengan kandungan zat besi, mangan, seng, kalsium, dan vitamin. Bahan-bahan ini sangat Anda butuhkan pada kondisi anemia selama kehamilan, haid, pendarahan, masa pertumbuhan, dan usia lanjut. 

Tersedia dengan rasa tutti frutti, Tonikum Bayer dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia termasuk anak-anak Anda. Anda bisa memilih kemasan botol besar ukuran 330 ml untuk dikonsumsi bersama anggota keluarga. Dengan harga yang ekonomis, Anda dapat memberikan multivitamin yang tepat untuk seluruh keluarga Anda!
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Pyridam FarmaFerospat Effervescent Tablet

Harga referensi
Rp100.200
Menengah

Berbentuk tablet effervescent, hadirkan sensasi baru minum suplemen penambah zat besi

Di pasaran, suplemen penambah zat besi umumnya berbentuk tablet kunyah, tablet telan, atau sirop. Namun, Pyridam Farma hadir dengan terobosan baru, yaitu menyajikan suplemen zat besi dalam bentuk tablet effervescent. Jika Anda tertarik mengonsumsi suplemen zat besi dengan cara baru, pilih saja produk ini!


Bentuk sediaan ini tentunya akan memberi sensasi tersendiri bagi penggunanya. Selain itu, rasa strawberry-nya yang segar akan membuat kegiatan mengonsumsi suplemen jadi menyenangkan. Selain zat besi, suplemen ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B12, vitamin C, dan asam folat. Produk ini diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

P&GSangobion VITA-TONIK

Harga referensi
Rp37.400
Agak Murah

Berupa sirop dengan rasa cranberry yang segar

Sangobion VITA-TONIK merupakan multivitamin yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Di dalamnya terdapat zat besi, vitamin, dan mineral untuk membantu membentuk sel darah merah dan hemoglobin.

Suplemen zat besi ini berupa sirop sehingga cocok untuk Anda yang menyukai sediaan cair. Selain mudah dikonsumsi, produk ini juga memiliki rasa cranberry yang segar. Bagi Anda yang tidak suka dengan rasa suplemen zat besi yang unik, Sangobion VITA-TONIK adalah jawabannya.

CombipharMaltofer® Tablet Kunyah

Harga referensi
Rp116.010
Menengah

Nutrisi penting untuk pengobatan anemia pada masa kehamilan dan menyusui

Maltofer® Tablet Kunyah ini dikhususkan bagi orang yang mengalami gejala defisiensi zat besi, terutama ibu hamil dan menyusui. Maltofer mengandung Iron (III)-Hydroxide Polymaltose Complex sebanyak 100 mg. Kandungan ini akan membantu mengobati anemia. 


Selain itu, maltofer tidak menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan. Produk ini juga tidak berisiko menyebabkan terjadinya overdosis zat besi serta tidak berkaitan dengan timbulnya stres oksidatif.

BlackmoresBio Iron Advanced

Harga referensi
Rp175.000
Agak Mahal

Multivitamin lengkap untuk meningkatkan vitalitas dan energi

Blackmores Bio Iron Advanced mengandung iron bisglycinate yang tidak menimbulkan rasa mual dan gangguan sistem pencernaan. Selain zat besi, setiap tabletnya juga mengandung asam folat, vitamin, dan beta karoten. Bisa Anda bayangkan betapa lengkapnya manfaat dietary supplement ini untuk memelihara kesehatan Anda.

Bagi Anda yang mempunyai keluhan, seperti pusing-pusing, lemah, letih, lesu, cobalah suplemen ini. Suplemen ini dapat membantu meningkatkan vitalitas, menambah energi, serta mengurangi rasa lelah akibat kekurangan zat besi.

ErelaFermia

Harga referensi
Rp27.000
Agak Murah

Dilengkapi asam folat dan vitamin B6, penuhi nutrisi ibu hamil dan janin

Sebagaimana Anda ketahui, ibu hamil membutuhkan tambahan asupan zat besi. Untuk itu, kami sarankan untuk mengonsumsi Fermia. Suplemen penambah zat besi ini telah dilengkapi asam folat dan vitamin B6.

Asam folat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan mengurangi risiko kecacatan. Sementara itu, vitamin B6 membantu membentuk antibodi pada bayi. Bahkan, kandungan ini dapat membantu mengurangi morning sickness pada masa kehamilan. Jadi, ini adalah multivitamin bernutrisi untuk para ibu hamil. 

NaturesPlusIRON

Harga referensi
Rp220.000
Agak Mahal

Menggunakan Biotron process yang memastikan penyerapannya maksimal

NaturesPlus Iron ini dapat meningkatkan sistem imunitas dan menghasilkan energi untuk mengatasi keletihan akibat anemia. Penyerapannya pun sangat baik karena menggunakan Biotron process sehingga zat besi tidak dirusak oleh asam lambung.

Tablet ini akan membantu kerja enzim dan menjaga kesehatan sistem pencernaan, mata, rambut, kulit, dan kuku. Jadi, bagi Anda yang sering mengalami stres, vertigo, pusing, dan rambut rapuh, silakan pilih produk ini. 

Arrow PharmaceuticalsIron Melts

Harga referensi
Rp195.000
Agak Mahal

Mudah dikonsumsi, enak, dan kaya manfaat

Suplemen keluaran Arrow Pharmaceuticals ini sudah seperti paket komplet. Pertama, sesuai namanya, cara mengonsumsinya adalah dengan cara dikunyah. Suplemen ini akan langsung melt begitu saja di dalam mulut Anda. Mudah sekali, bukan?


Kedua, suplemen ini hadir dengan rasa strawberry sehingga tidak ada rasa besi pada aftertaste-nya. Terakhir, selain zat besi, produk ini sudah lengkap mengandung asam folat, vitamin B12, dan vitamin C. Ketiganya akan membantu mengoptimalkan kinerja suplemen. Bagi Anda yang mencari suplemen paket lengkap, ini dia jawabannya.

NOWIron 36 mg Double Strength Veg Capsules

Harga referensi
Rp198.000
Agak Mahal

Ferrochel® Iron Bisglycinate yang nyaman di lambung dan bebas konstipasi

NOW menghadirkan Ferrochel® Iron Bisglycinate dalam suplemennya. Jenis ini merupakan zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi dan aman untuk lambung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami susah buang air besar. 

Ukuran tabletnya juga kecil dan mudah ditelan sehingga cocok untuk Anda yang susah menelan suplemen tablet. Selain itu, suplemen dari NOW ini cenderung tidak berisiko menyebabkan alergi karena bebas gandum, gluten, kedelai, susu, dan telur. 

Amway IndonesiaNutrilite Chewable Iron#304199

Harga referensi
Rp185.000
Agak Mahal

Penuhi kebutuhan zat besi pada anak dengan cara yang menyenangkan

Suplemen penambah zat besi ini hadir dalam bentuk tablet kunyah. Jadi, akan sangat mudah bagi anak-anak untuk mengonsumsinya. Selain itu, produk ini juga hadir dengan rasa vanila yang manis. Minum suplemen jadi sama seperti makan permen saja.


Nah, bagi Anda para orang tua yang mencari suplemen zat besi untuk anaknya, silakan pilih produk ini. Suplemen ini bisa diberikan pada anak-anak berusia minimal satu tahun. Silakan berikan sesuai takaran yang dianjurkan.

Hal yang sebaiknya diperhatikan saat mengonsumsi suplemen zat besi

Untuk memastikan zat besi yang Anda konsumsi terserap dengan baik, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Silakan disimak.

Perhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen penambah zat besi

Perhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen penambah zat besi
Agar zat besi terserap secara efektif, perhatikan waktu minumnya. Hindari minum suplemen setelah makan karena adakalanya kandungan dalam makanan dapat menghambat penyerapan zat besi. Terutama zat besi jenis heme, manfaatnya bisa berkurang walaupun tingkat penyerapannya lebih tinggi dibanding jenis nonheme iron.

Suplemen juga bisa saja memberikan rasa tidak nyaman jika Anda meminumnya dalam keadaan perut kosong. Intinya, segera hentikan penggunaan jika Anda merasa ada perubahan pada kondisi Anda saat mengonsumsi suplemen zat besi.

Hindari minum suplemen zat besi bersamaan dengan kopi dan teh

Hindari minum suplemen zat besi bersamaan dengan kopi dan teh

Kafein dan tanin merupakan zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Kafein terdapat dalam kopi dan teh, sedangkan tanin terkandung dalam teh dan anggur. Karena itu, hindari mengonsumsi suplemen penambah zat besi bersamaan dengan atau sesaat setelah minum kopi atau teh.


Begitu pula dengan susu maupun yoghurt. Keduanya dapat menghambat penyerapan zat besi. Jadi, minumlah suplemen penambah zat besi dengan air putih.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk ibu hamil dan menyusui di sini

Dalam masa kehamilan dan menyusui, wanita akan membutuhkan lebih banyak suplemen. Selain suplemen zat besi, Anda membutuhkan suplemen asam folat maupun suplemen lainnya. Nah, berikut ini adalah rekomendasi produk suplemen untuk ibu hamil dan menyusui. Disimak juga, ya.

Kesimpulan

Zat besi merupakan zat gizi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, suplemen penambah zat besi diperlukan untuk mencukupi kebutuhan zat besi yang tidak didapatkan dari makanan sehari-hari. 


Namun, perhatikan kebutuhan Anda saat mengonsumsinya. Jangan sampai kurang apalagi overdosis. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa menemukan suplemen penambah zat besi yang sesuai kebutuhan Anda.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.