• 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, selain kandang kelinci outdoor atau indoor, ada juga kandang kelinci modern bergaya minimalis. Selain itu, ukuran kandang kelinci juga beragam.

Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kandang kelinci yang bagus. Kandang kelinci merek Dolly, Artupic, dan Multica juga masuk dalam rekomendasi kami. Untuk memilih kandang kelinci yang baik, simak penjelasan kami di artikel berikut ini. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 24 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih kandang kelinci

Apa saja poin yang perlu diperhatikan ketika akan membeli kandang kelinci? Simak empat poin penting di bawah ini sebelum membeli kandang kelinci.

Cari ukuran kandang yang sesuai untuk kelinci Anda

Cari ukuran kandang yang sesuai untuk kelinci Anda

Sepintas mungkin Anda berpikir bahwa ketinggian dan lebar kandang bukanlah hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, pemikiran tersebut cukup keliru terhadap kebutuhan dan kenyamanan kelinci. Periksalah tinggi, lebar, dan kedalaman kandang kelinci agar sesuai dan nyaman untuk ditempati kelinci Anda.

 

  • Ketinggian yang tepat agar kepala kelinci tidak terantuk

Apabila kelinci terkejut atau waspada, kelinci akan berdiri dan memeriksa keadaan sekeliling sampai tenang. Pada saat seperti itu, ada kemungkinan kepala kelinci akan terbentur ke atap kandang dan dapat mengakibatkan cedera. Untuk itu, pilihlah tinggi kandang kelinci yang tingginya melebihi beberapa sentimeter dari tinggi kelinci saat posisi berdiri.


  • Lebar dan kedalaman yang cukup untuk kelinci berbaring

Biasanya ketika sedang ingin bersantai atau merasa kepanasan, kelinci senang berbaring di dalam kandang. Maka dari itu, ukurlah juga tubuh kelinci Anda di depan, belakang, kiri, dan kanan. Kemudian, tambahkan beberapa sentimeter dari ukuran tersebut dan temukan lebar dan kedalaman kandang yang sesuai sebagai hasilnya. 

Pastikan Anda memilih kandang yang aman untuk kelinci

Poin penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan dari kandang kelinci. Ada dua hal yang perlu diperhatikan, berikut penjelasannya

Kandang bebas vinyl: Aman dari zat berbahaya dan kawat berbelit

Kandang bebas vinyl: Aman dari zat berbahaya dan kawat berbelit
Jika kandang kelinci terbuat dari bahan kawat berlapis vinyl, ada risiko kelinci menggigiti atau malah memakan kandangnya. Terlebih bila jaring kawatnya saling terpilin, kelinci dapat terluka ketika tergores permukaan kawatnya. Selain itu, material berbahan vinyl mengandung zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan kelinci

Pertimbangkan juga area menempatkan tempat makan dan minum kelinci. Sangat baik bila Anda memilih kandang yang mudah dipasangkan benda tambahan di sisi mana pun sesuai kebutuhan.

Lubang pada alas lantai: Sesuaikan ukuran dengan jenis dan usia kelinci

Lubang pada alas lantai: Sesuaikan ukuran dengan jenis dan usia kelinci
Alas lantai kandang adalah bagian yang diinjak oleh kelinci ketika berada di dalam kandang. Alas kandang kelinci umumnya didesain berlubang agar kotoran kelinci mudah jatuh. Namun, bila lubangnya terlalu besar, kaki kelinci rentan tersangkut. Di sisi lain, lubang lantai yang kecil akan membuat kotoran kelinci susah jatuh ke wadah penampung kotoran.

 

Hal tersebut dapat menyebabkan kotoran menempel di kaki kelinci atau bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat memilih alas kandang yang sesuai dengan usia, ukuran, dan jenis kelinci. Pastikan Anda juga menggunakan alas kandang kelinci yang mudah dibersihkan

Pilih material lantai kandang sesuai tipe dan kebiasaan kelinci

Poin terpenting yang ketiga adalah bahan lantai kandang. Cocok atau tidaknya lantai tersebut bergantung dari jenis dan karakter kelinci. Hal ini tentu dapat memengaruhi kenyamanan kelinci serta kebersihan area sekitarnya. 

Bahan kayu, untuk menghilangkan stres

Bahan kayu, untuk menghilangkan stres
Bahan kayu memang efektif untuk menghilangkan stres kelinci. Akan tetapi, lantai kandang yang terbuat dari kayu tidak terlalu direkomendasikan. Pasalnya, bahan kayu tidak mudah dibersihkan. Hal tersebut membuat lantai menjadi kotor ketika kelinci sedang membuang kotoran. Terlebih jika kelinci Anda belum bisa toileting sendiri, kotoran akan menempel ke kayu dan termakan ketika kelinci menggigit kayu. Hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan kelinci.

Selain tidak mudah dibersihkan, alas kandang kayu juga membutuhkan waktu lama untuk dikeringkan setelah dicuci. Terasa sangat tidak praktis dan menyusahkan, bukan? Maka itu, jika Anda ingin merawat kelinci untuk jangka panjang, alas berbahan kayu bisa Anda hindari.

Bahan plastik, mudah dibersihkan dan lembut di kaki

Bahan plastik, mudah dibersihkan dan lembut di kaki
Selain lembut di kaki kelinci, alas kandang berbahan plastik juga memiliki aneka macam bentuk. Produk berbentuk jaring-jaring pun dapat Anda temukan. Di samping itu, alas kandang berbahan plastik juga mudah dibersihkan dengan kain atau tisu basah setiap kali dibutuhkan. Bahkan, jika sesekali Anda ingin mencuci seluruh kandang secara berkala, alas berbahan ini juga mudah dikeringkan.

Perbedaan ukuran lubang pada alas plastik tentu memengaruhi sulit tidaknya kotoran untuk jatuh ke wadah kotoran. Bahan ini juga memiliki kekurangan seperti daya tahannya kurang bagus ketika menahan bobot kelinci yang berat. Ada juga produk yang tergolong licin. Produk seperti ini kurang cocok digunakan untuk kelinci yang sudah tua karena kurang menyangga kaki dengan sempurna.

Bahan logam, higienis dan kokoh

Bahan logam, higienis dan kokoh
Sama halnya dengan bahan plastik, mudah dicuci dan dibersihkan merupakan kelebihan dari alas kandang berbahan logam. Anda dapat menemukan alas logam ini pada kandang kelinci dari besi. Dibanding plastik, alas logam memungkinkan kotoran kelinci lebih mudah terjatuh sehingga kandang akan menjadi lebih higienis

Meski begitu, alas logam dapat terasa kurang nyaman di kaki kelinci. Terlebih, bila kelinci Anda memiliki kebiasaan menggigiti alas, giginya bisa rusak, patah, atau mengalami luka lainnya. Oleh karena itu, pastikan agar kelinci kesayangan tidak luput dari pengawasan Anda, ya!

Gunakan kandang yang mudah dibersihkan

Kemudian, pastikan untuk mengecek kemudahan membersihkan kandang. Hal ini penting agar tidak terasa membebani Anda di kemudian hari.

Produk dengan drawer, lebih mudah dibersihkan daripada tray

Produk dengan drawer, lebih mudah dibersihkan daripada tray
Membersihkan kotoran kelinci merupakan hal yang perlu dilakukan setiap hari. Jika kandang kelinci mudah dan praktis dibersihkan, tentu akan membuat Anda dan kelinci senang. Wadah kotoran di dasar kandang terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu drawer dan tray

Untuk membersihkan tray, Anda harus melepas alas atau kawat kandang terlebih dahulu. Sementara itu, untuk membersihkan drawer Anda bisa langsung melepas dan membersihkannya. Anda bahkan bisa meletakkan tisu atau kertas tatakan dalam drawer tersebut. Agar higienitas terjaga, bersihkan wadah kotoran secara berkala, ya!

Kandang lipat, mudah dicuci dan dikeringkan

Kandang lipat, mudah dicuci dan dikeringkan
Untuk menjaga kesehatan kelinci, cucilah kandang kelinci secara rutin dan menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Produk yang mudah dilepas-pasang akan lebih mudah dibersihkan daripada yang bentuknya rumit atau banyak komponen kecil. Selain itu, produk yang mudah dilepas-pasang membuat risiko adanya komponen yang hilang makin minim.

Hal ini memang terkesan sepele. Akan tetapi, terutama jika area membersihkan atau mengeringkan kandangnya terbatas, tidak ada salahnya memperhatikan poin ini.

10 Rekomendasi kandang kelinci terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kandang kelinci terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Ukuran50 cm x 42 cm x 60 cm
Bobot±4 kg
BahanTriplek plywood albasia
Kandang lipatx
9
Ukuran75 cm x 50 cm x 60 cm
Bobot±5,5 kg
BahanBesi
Kandang lipat
8

DOLLYPremium Rabbit Cage

Mulai dari Rp 1.521.000,00

Ukuran65 cm x 43 cm x 53 cm
BobotTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
Kandang lipatx
7
Ukuran80 cm x 40 cm x 70 cm
BobotTidak disebutkan
BahanKayu mahoni, albasia
Kandang lipatx
6

Kandang Kelinci Jumbo 2 Tingkat

Mulai dari Rp 449.000,00

Ukuran97 cm x 66 cm x 75 cm
Bobot±12 kg
BahanBesi
Kandang lipat
5
Ukuran60 cm x 40 cm x 90 cm
Bobot±7 kg
BahanBesi
Kandang lipat
4
Ukuran100 cm x 50 cm x 40 cm
Bobot±7,6 kg
BahanKawat galvanis
Kandang lipat
3
Ukuran50 cm x 70 cm
BobotTidak disebutkan
BahanBambu
Kandang lipatx
2
Ukuran60 cm x 42 cm x 43 cm
BobotTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
Kandang lipat
1
Ukuran111 cm x 75 cm x 37 cm
Bobot±4 kg
BahanPlastik lapis panel besi
Kandang lipat

Tabel perbandingan produk kandang kelinci terbaik

Gambar produk
1
Multica Kandang Kelinci Portabel 1

Multica

2
Kandang Kelinci 1

3
Kandang Kelinci Bambu 1

4
Artupic Kandang Kelinci 1

Artupic

5
Kandang Kelinci 3 Tingkat 1

6
Kandang Kelinci Jumbo 2 Tingkat 1

7
Kandang Kelinci Minimalis 1

8
DOLLY Premium Rabbit Cage 1

DOLLY

9
Kandang Kelinci Jumbo Smart 4 1

10
Kandang Kelinci Rumah Kayu 1

Nama produk

Kandang Kelinci Portabel

Kandang Kelinci

Kandang Kelinci Bambu

Kandang Kelinci

Kandang Kelinci 3 Tingkat

Kandang Kelinci Jumbo 2 Tingkat

Kandang Kelinci Minimalis

Premium Rabbit Cage

Kandang Kelinci Jumbo Smart 4

Kandang Kelinci Rumah Kayu

Keunggulan

Bebas atur bentuk sesuka Anda dengan kandang kelinci indoor

Ada gagang di sisi atas, mudah diangkat dan dipindahkan

Kandang kelinci dari bambu, unik dan ekonomis

Makin modern dan praktis dengan pintu geser

Kandang kelinci tingkat, kelinci bisa bebas bermain dalam kandang

Kandang bertingkat, cocok untuk 2 ekor kelinci atau lebih

Kandang kelinci outdoor dengan model minimalis

Ada tray dan urine guard, jadi lebih higienis

Nyaman pelihara beberapa kelinci sekaligus dalam satu kandang

Rumah kelinci dari kayu, tampilannya sangat imut!

Harga mulai dariRp 239.000,00Rp 144.426,00Rp 64.000,00Rp 215.000,00Rp 289.000,00Rp 449.000,00Rp 599.000,00Rp 1.521.000,00Rp 295.000,00Rp 293.000,00
Ukuran111 cm x 75 cm x 37 cm60 cm x 42 cm x 43 cm50 cm x 70 cm100 cm x 50 cm x 40 cm60 cm x 40 cm x 90 cm97 cm x 66 cm x 75 cm80 cm x 40 cm x 70 cm65 cm x 43 cm x 53 cm75 cm x 50 cm x 60 cm50 cm x 42 cm x 60 cm
Bobot±4 kgTidak disebutkanTidak disebutkan±7,6 kg±7 kg±12 kgTidak disebutkanTidak disebutkan±5,5 kg±4 kg
BahanPlastik lapis panel besiTidak disebutkanBambuKawat galvanisBesiBesiKayu mahoni, albasiaTidak disebutkanBesiTriplek plywood albasia
Kandang lipatxxxx
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk kelinci di sini

Agar kelinci tidak kebosanan, Anda bisa membelikannya mainan kelinci. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah membawa kelinci bepergian menggunakan kandang portabel. Kenali lebih jauh kedua produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana, sudahkah Anda menemukan kandang kelinci yang sesuai selera Anda dan kelinci kesayangan? Untuk kelinci kesayangan, higienitas, dan kenyamanan kandang jangan sampai diabaikan.


Pada artikel ini, kami telah merekomendasikan kandang kelinci yang nyaman dan aman, serta mudah dibersihkan oleh pemiliknya. Akhir kata, semoga artikel ini dapat dijadikan referensi ketika akan membeli kandang kelinci yang sesuai. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk kandang ayam yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merek obat kutu kucing dan anjing, seperti Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Ada merek Padovan, CHIPSI, dan lainnya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda berencana memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, aquarium, dan banyak lagi. Ukuran kandang juga beragam. Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang sebaiknya dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang baik dan bisa didapatkan secara online. Anda dapat memilih kandang akrilik nan luas atau kandang hamster merek Ace Hardware yang lucu. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster terlebih dahulu. Simak sampai tuntas penjelasannya, ya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Stroller Terbaik untuk Anjing dan Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Terbaik untuk Anjing dan Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    Berjalan-jalan merupakan aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama hewan peliharaan. Agar berjalan-jalan bersama hewan peliharaan makin menyenangkan, Anda dapat menggunakan stroller anjing ataupun kucing. Tak hanya unik, stroller kucing ataupun anjing juga akan membuat jalan-jalan makin aman dan nyaman.  Anda tertarik memiliki stroller yang bagus untuk anjing ataupun kucing Anda? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih stroller anjing juga stroller kucing yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh stroller anjing dan kucing terbaik merek Ibiyaya, iDoggie, Bello, dan sebagainya. Yuk, cari tahu lebih lanjut.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kurang lengkap rasanya bila memelihara hamster tanpa menempatkan mainan hamster lucu dalam kandangnya. Ada banyak mainan berdesain menarik, mulai dari mainan hamster kayu, mainan rumah-rumahan, dan sebagainya yang siap menghiasi kandang.Dalam artikel ini, ada tips cara memilih plus rekomendasi mainan hamster terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang paling tepat dimiliki. Mainan hamster di Shopee, Lazada, atau situs lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori