• 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, ada yang memiliki ukuran besar agar kelinci dapat bersantai dan ada juga jenis tray agar mudah dibersihkan.

Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kandang kelinci. Kami juga akan merekomendasikan kandang kelinci yang praktis dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, kandangnya tidak hanya nyaman untuk kelinci, tetapi juga untuk pemiliknya. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2020
  • 11.023 Views
Daftar isi

Cara memilih kandang kelinci

Apa saja poin yang perlu diperhatikan ketika akan membeli kandang kelinci? Simak empat poin penting di bawah ini sebelum membeli kandang kelinci.

Pastikan ukuran kandang sesuai untuk kelinci Anda

Periksalah tinggi, lebar, dan kedalaman kandang kelinci agar sesuai dan nyaman untuk ditempati kelinci Anda. Berikut penjelasan lebih detailnya untuk Anda.

Pilih ketinggian yang tepat agar kepala kelinci tidak terantuk

Pilih ketinggian yang tepat agar kepala kelinci tidak terantuk
Sepintas mungkin Anda berpikir bahwa ketinggian kandang bukanlah hal yang penting untuk diperhatikan. Toh, pada kondisi biasa atau pada saat kelinci sedang duduk, kepala kelinci tidak mungkin terantuk. Namun, pemikiran demikian tidaklah benar.

Apabila kelinci terkejut atau waspada, kelinci akan berdiri dan memeriksa keadaan sekeliling sampai tenang. Pada saat seperti itu, ada kemungkinan kepala kelinci akan terbentur ke atap kandang dan dapat mengakibatkan cedera. Oleh karena itu, pilihlah tinggi kandang kelinci yang tingginya melebihi beberapa sentimeter dari tinggi kelinci Anda saat posisi berdiri.

Pilih lebar dan kedalaman yang cukup untuk kelinci berbaring

Pilih lebar dan kedalaman yang cukup untuk kelinci berbaring
Selanjutnya, lebar dan kedalaman kandang kelinci juga penting untuk diperhatikan. Biasanya ketika sedang ingin bersantai atau merasa kepanasan, kelinci senang berbaring di dalam kandang. Maka dari itu, ukurlah juga tubuh kelinci Anda di depan, belakang, kiri, dan kanan. Kemudian, tambahkan beberapa sentimeter dari ukuran tersebut dan temukan lebar dan kedalaman kandang yang sesuai sebagai hasilnya.

Selain untuk kelinci, pastikan juga kandang tersebut muat untuk wadah makanan dan minuman. Jangan sampai kandang malah jadi terlalu sempit ketika kelinci Anda masuk ke dalamnya.

Pastikan Anda memilih kandang yang aman untuk kelinci

Poin penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan dari kandang kelinci. Ada dua hal yang perlu diperhatikan, berikut penjelasannya

Jaring kawat simpel tanpa vinyl untuk lindungi kelinci dari cedera

Jaring kawat simpel tanpa vinyl untuk lindungi kelinci dari cedera
Jika kandang yang digunakan terbuat dari bahan kawat berlapis vinyl, ada risiko kelinci menggigiti atau malah memakan kandangnya. Terlebih bila jaring kawatnya saling terpilin, kelinci dapat terluka ketika tergores dengan permukaan kawatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah kandang dengan struktur sederhana.

Asalkan jaring kawatnya tidak berpilin dan bebas vinyl, bukan masalah bila kandangnya memiliki desain sangat simpel. Pertimbangkan juga area menempatkan tempat makan dan minum kelinci. Sangat baik bila Anda memilih kandang yang mudah dipasangkan benda tambahan di sisi mana pun sesuai kebutuhan.

Pilih kandang berdasarkan lubang alas lantainya

Pilih kandang berdasarkan lubang alas lantainya
Alas lantai kandang adalah bagian yang diinjak oleh kelinci ketika berada di dalam kandang. Alas lantai umumnya didesain berlubang agar kotoran kelinci mudah jatuh. Namun, bila lubangnya terlalu besar, kaki kelinci rentan tersangkut. Hal tersebut bisa membuat kuku kelinci patah atau malah menimbulkan cedera lainnya. Selain itu, stabilitasnya buruk dan akan membebani kaki kelinci Anda.

Di sisi lain, lubang lantai yang terlalu kecil akan membuat kotoran kelinci susah jatuh ke wadah penampung kotoran di bawahnya. Hal tersebut dapat menyebabkan kotoran menempel di kaki kelinci atau bagian tubuh lainnya. Artinya, kandang akan menjadi kotor dan akan berdampak pada kesehatan kelinci untuk jangka panjang. Pastikan untuk memilih kandang yang lubang alas lantainya sesuai dengan jenis, ukuran tubuh, dan kebiasaan buang air kelinci Anda.

Pilih material lantai kandang sesuai tipe dan kebiasaan kelinci

Poin terpenting yang ketiga adalah bahan lantai kandang. Cocok atau tidaknya lantai tersebut bergantung dari jenis dan karakter kelinci. Memang biasanya Anda akan mendapatkan kandang sederhana saat membeli kelinci. Namun, memilih material lantai yang pas dengan tipe dan kebiasaan si kelinci akan membuat kelinci tetap bersih dan nyaman.

Bahan kayu untuk menghilangkan stres

Bahan kayu untuk menghilangkan stres
Bahan kayu memang efektif untuk menghilangkan stres kelinci. Akan tetapi, lantai kandang yang terbuat dari kayu tidak terlalu kami rekomendasikan. Mengapa demikian? Alasan yang pertama adalah karena bahan kayu tidak mudah dibersihkan. Hal tersebut membuat lantai menjadi kotor ketika kelinci sedang membuang kotoran. Terlebih jika kelinci Anda belum bisa toileting sendiri, kotoran akan menempel ke kayu dan termakan ketika kelinci menggigit kayu. Hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan kelinci.

Selain tidak mudah dibersihkan, alas kandang kayu juga membutuhkan waktu lama untuk dikeringkan setelah dicuci. Terasa sangat tidak praktis dan menyusahkan, bukan? Maka itu, jika Anda ingin merawat kelinci untuk jangka panjang, alas berbahan kayu bisa Anda hindari.

Bahan plastik, mudah dibersihkan dan lembut di kaki

Bahan plastik, mudah dibersihkan dan lembut di kaki
Selain lembut di kaki kelinci, alas kandang berbahan plastik juga memiliki aneka macam bentuk. Contohnya, produk berbentuk jaring-jaring pun akan Anda temukan. Di samping itu, alas kandang berbahan plastik juga mudah dibersihkan dengan kain atau tisu basah setiap kali dibutuhkan. Bahkan apabila sesekali Anda ingin mencuci seluruh kandang secara berkala, alas berbahan ini juga mudah dikeringkan.

Perbedaan ukuran lubang pada alas plastik tentu memengaruhi sulit tidaknya kotoran untuk jatuh ke wadah kotoran. Bahan ini juga memiliki kekurangan seperti daya tahannya yang tidak terlalu bagus ketika menahan bobot kelinci yang berat. Namun, untuk memanjakan kaki kelinci agar nyaman, tidak ada salahnya membeli selembar alas lantai ini. Meski begitu, ada juga produk yang tergolong licin. Produk seperti ini kurang cocok digunakan untuk kelinci yang sudah tua karena kurang menyangga kaki dengan sempurna.

Bahan logam, higienis dan kokoh

Bahan logam, higienis dan kokoh
Sama halnya dengan bahan plastik, mudah dicuci dan dibersihkan merupakan kelebihan dari alas kandang berbahan logam. Dibanding plastik, alas logam memungkinkan kotoran kelinci lebih mudah terjatuh sehingga kandang akan menjadi lebih higienis.

Meski begitu, alas logam dapat terasa kurang nyaman di kaki kelinci. Terlebih bila kelinci Anda memiliki kebiasaan menggigiti alas, giginya bisa rusak, patah, atau mengalami luka lainnya. Oleh karena itu, pastikan agar kelinci kesayangan tidak luput dari pengawasan Anda, ya!

Periksa bisa tidaknya alas kandang dibeli secara terpisah

Periksa bisa tidaknya alas kandang dibeli secara terpisah
Tidak ada aturan baku bahwa alas kandang harus dibeli sepaket dengan kandang kelinci. Sebagai contoh, sebagian alas dapat berbahan plastik dan sebagian lagi berbahan lain agar kelinci makin nyaman. Sangat baik bila Anda mengombinasikan alas yang menunjang higienitas sekaligus nyaman untuk kelinci.

Selain itu, terlepas dari ketahanan masing-masing bahan, penurunan kualitas seiring waktu penggunaan tidak dapat dihindari. Kayu akan lapuk, plastik akan tergores, dan logam bisa berkarat. Makin sering dan lama digunakan, sangat wajar untuk mengganti alas kandang.


Mengecek bisa tidaknya alas dibeli secara terpisah sama pentingnya seperti menentukan material alas kandang. Penting untuk diingat, preferensi dan kebiasaan tiap kelinci bisa berbeda. Sangat baik bila Anda memilih sesuai karakteristik kelinci Anda.

Pilih kandang yang mudah dibersihkan

Keempat, pastikan untuk mengecek kemudahan membersihkan kandang. Hal ini penting agar tidak terasa membebani Anda di kemudian hari.

Produk dengan drawer, lebih mudah dibersihkan daripada tray

Produk dengan drawer, lebih mudah dibersihkan daripada tray
Membersihkan kotoran kelinci merupakan hal yang perlu dilakukan setiap hari. Jika kandang kelinci mudah dan praktis dibersihkan, tentu akan membuat Anda dan kelinci senang. Secara garis besar, wadah kotoran di dasar kandang terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu drawer dan tray.

Untuk membersihkan tray, Anda harus melepas alas atau kawat kandang terlebih dahulu. Sementara itu, untuk membersihkan drawer Anda bisa langsung melepas dan membersihkannya. Anda bahkan bisa meletakkan tisu atau kertas tatakan dalam drawer tersebut.


Tisu atau kertas tersebut bisa Anda ganti setiap hari, sementara drawer-nya dapat Anda lap dengan tisu atau kain basah. Hal tersebut bisa meringankan beban Anda dalam menjaga higienitas kandang. Meski begitu, tetap bersihkan wadah kotoran secara berkala, ya!

Pilih kandang yang mudah dibongkar, dicuci, dan dikeringkan

Pilih kandang yang mudah dibongkar, dicuci, dan dikeringkan
Untuk menjaga kesehatan kelinci, cucilah kandang kelinci secara rutin dan menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Produk yang mudah dilepas-pasang akan lebih mudah dibersihkan daripada yang bentuknya rumit atau banyak komponen kecil. Selain itu, produk yang mudah dilepas-pasang membuat risiko adanya komponen yang hilang makin minim.

Hal ini memang terkesan sepele. Akan tetapi, terutama jika area membersihkan atau mengeringkan kandangnya terbatas, tidak ada salahnya memperhatikan poin ini.

10 Rekomendasi kandang kelinci terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi kandang kelinci berkualitas terbaik. Cari dan temukan produk favorit Anda di bawah ini!
10
Ukuran47 cm x 31 cm x 38 cm
Bobot±3,2 kg
9
Ukuran100 cm x 50 x 40 cm
Bobot±7,6 kg
8
Ukuran50 cm x 42 cm x 60 cm
Bobot±4 kg
7
Ukuran60 cm x 40 cm x 90 cm
Bobot±7 kg
6
Ukuran147 cm x 72 cm x 37 cm
Bobot±4 kg
5
Ukuran97 cm x 66 cm x 75 cm
Bobot±12 kg
4
Ukuran60 cm x 50 cm x 42 cm
Bobot±6 kg
3

Kandang Kelinci Lipat L + Roda

Rp 360.000,00

Ukuran78 cm x 46,5 cm x 57 cm
Bobot±8,5 kg
2
Ukuran75 cm x 50 cm x 60 cm
Bobot± 5,5 kg
1
Ukuran65 cm x 43 cm x 53 cm
BobotTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk kandang kelinci terbaik

Gambar produk
1
DOLLY Premium Rabbit Cage 1

DOLLY

2
Kandang Kelinci Jumbo Smart 4 1

3
Kandang Kelinci Lipat L + Roda 1

4
Kandang Besi L Kelinci 1

5
Kandang Kelinci Jumbo 2 Tingkat 1

6
Multica Kandang Kelinci Portabel 1

Multica

7
Kandang Kelinci 3 Tingkat 1

8
Kandang Kelinci Rumah Kayu 1

9
Artupic Kandang Kelinci 1

Artupic

10
Rabbit Pet Cage 1

Nama produk

Premium Rabbit Cage

Kandang Kelinci Jumbo Smart 4

Kandang Kelinci Lipat L + Roda

Kandang Besi L Kelinci

Kandang Kelinci Jumbo 2 Tingkat

Kandang Kelinci Portabel

Kandang Kelinci 3 Tingkat

Kandang Kelinci Rumah Kayu

Kandang Kelinci

Rabbit Pet Cage

Keunggulan

Ada tray dan urine guard, sangat higienis

Nyaman pelihara empat kelinci sekaligus dalam satu kandang

Mudah dipindahkan, tahan cuaca pula!

Ekonomis sekaligus sudah antikarat juga

Kandang bertingkat dua yang lega dihuni kelinci

Bebas atur bentuknya sesuka Anda

Ada tiga tingkat, kelinci bisa bebas bermain dalam kandang

Kandangnya berbentuk rumah, sangat imut!

Makin modern dan praktis dengan pintu geser

Ada gagang di sisi atas, mudah diangkat dan dipindahkan

HargaRp 1.300.000,00Rp 285.000,00Rp 360.000,00Rp 132.500,00Rp 449.000,00Rp 274.000,00Rp 325.000,00Rp 220.000,00Rp 195.000,00Rp 150.000,00
Ukuran65 cm x 43 cm x 53 cm75 cm x 50 cm x 60 cm78 cm x 46,5 cm x 57 cm60 cm x 50 cm x 42 cm97 cm x 66 cm x 75 cm147 cm x 72 cm x 37 cm60 cm x 40 cm x 90 cm50 cm x 42 cm x 60 cm100 cm x 50 x 40 cm47 cm x 31 cm x 38 cm
BobotTidak disebutkan± 5,5 kg±8,5 kg±6 kg±12 kg±4 kg±7 kg±4 kg±7,6 kg±3,2 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kandang portable dan mainan kelinci di sini

Agar kelinci tidak kebosanan, Anda bisa membelikannya mainan kelinci. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah membawa kelinci bepergian menggunakan kandang portabel. Kenali lebih jauh kedua produk tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana, sudahkah Anda menemukan kandang kelinci yang sesuai selera Anda dan kelinci kesayangan? Untuk kelinci kesayangan, higienitas dan kenyamanan kandang jangan sampai diabaikan.


Pada artikel ini, kami telah merekomendasikan kandang kelinci yang nyaman dan aman, serta mudah dibersihkan oleh pemiliknya. Akhir kata, semoga artikel ini dapat dijadikan referensi ketika akan membeli kandang kelinci yang sesuai untuk kelinci Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    208.756 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    33.798 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang diberikan dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    128.006 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    103.728 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    83.527 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    87.417 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memelihara ikan merupakan hobi yang menyenangkan dan menenangkan untuk sebagian orang. Saat memelihara ikan, amat penting untuk memberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan Anda. Pemberian nutrisi yang tepat akan membuat ikan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, makanan ikan seperti apa yang paling tepat untuk ikan Anda?Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih makanan ikan untuk peliharaan Anda. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai makanan ikan terbaik dari merek ternama, seperti Tetra, Ocean Nutrition, Hikari, dan lainnya. Simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan hewan
    2.940 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori