10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Sepatu futsal merupakan elemen penting dalam olahraga futsal. Mizuno, Nike, Adidas, Specs, dan berbagai produsen lainnya, telah memasarkan produknya di Indonesia. Namun, tahukah Anda perbedaan antara sepatu futsal indoor dan outdoor?

Keduanya jelas berbeda, baik dari segi ukuran, jenis sol, dan sebagainya. Supaya Anda tidak salah pilih, simaklah artikel ini terlebih dahulu sebelum membeli. Kami akan menjelaskan perbedaan keduanya lebih detail sekaligus mengulas rekomendasi sepatu futsal terbaik!

Daftar isi

Cara memilih sepatu futsal

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, Anda wajib tahu terlebih dahulu kriteria dalam memilih sepatu futsal. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Pilih sesuai jenis lapangannya, indoor atau outdoor

Terdapat dua jenis lapangan untuk bermain futsal, indoor dan outdoor. Penggunaan sepatu yang disarankan untuk kedua jenis lapangan ini pun berbeda. Untuk dapat memilih sepatu dengan baik, simaklah penjelasan berikut ini!

Untuk permainan di lapangan vinyl atau parquette, pilih sepatu futsal indoor

Untuk permainan di lapangan vinyl atau parquette, pilih sepatu futsal indoor

Ada beberapa jenis lapangan futsal indoor, seperti lapangan vinyl dan parquette. Lapangan vinyl biasanya digunakan dalam pertandingan skala nasional maupun internasional. Sementara itu, lapangan parquette adalah lapangan berlantai kayu, seperti yang sering Anda temui di gelanggang olahraga.

Bila Anda bermain futsal di lapangan indoor, pilihlah sepatu futsal indoor. Perbedaan utamanya dengan sepatu futsal outdoor terletak pada solnya. Sol luar sepatu futsal indoor berpermukaan datar dan tak bergerigi, serta berbahan karet dengan warna putih, cokelat, atau transparan.

Dengan sol yang rata, daya cengkeram pada permukaan lapangan pun meningkat sehingga Anda tidak mudah tergelincir. Selain itu, Anda juga akan semakin mudah mengontrol bola atau bermanuver mendadak. Warna sol sepatu yang putih, cokelat, atau transparan bertujuan untuk membedakannya dengan warna permukaan lapangan. Namun, Anda perlu memastikan lagi karena biasanya tiap tempat dan event memiliki peraturannya sendiri mengenai hal tersebut.

Untuk permainan di lapangan rumput sintetis, pilih sepatu futsal outdoor

Untuk permainan di lapangan rumput sintetis, pilih sepatu futsal outdoor

Jika Anda bermain futsal di lapangan rumput sintetis, gunakanlah sepatu futsal outdoor. Ciri utamanya bila dibandingkan dengan sepatu futsal indoor adalah bagian bawah sol sepatu yang lebih bergerigi dan tidak rata. Berkat itu, Anda tidak akan mudah tergelincir di lapangan. Perbedaan selanjutnya terletak pada bagian sol luar yang didesain lebih kaku agar lebih stabil saat Anda gunakan di lapangan berumput sintetis.

Selain itu, sepatu jenis outdoor umumnya tidak terpengaruh oleh peraturan ketat seperti sepatu futsal indoor. Meski begitu, jangan gunakan sepatu futsal indoor untuk bermain di lapangan rumput karena sangat licin sehingga bisa membahayakan diri Anda.

Pilih kulit asli atau kulit sintetis sesuai preferensi Anda

Sepatu futsal terbuat dari berbagai material dan masing-masing materialnya memiliki keunggulan tersendiri. Simak paparan di bawah ini untuk menemukan material yang paling pas dengan gaya Anda dalam bermain futsal!

Kulit asli : kontrol bola mumpuni dan terasa pas di kaki

Kulit asli : kontrol bola mumpuni dan terasa pas di kaki

Sepatu futsal berbahan kulit alami sangat lentur dan pas di kaki, cocok digunakan oleh Anda yang menginginkan kontrol bola optimal. Semakin sering Anda menggunakannya, sepatu ini akan terasa semakin pas di kaki sehingga sangat nyaman saat digunakan. Material kulit asli juga lebih ringan, tipis, dan bersirkulasi udara baik. Namun, berhubung ketahanannya terhadap air tergolong rendah, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. Selain itu, harganya juga relatif lebih mahal. Sepatu jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang memang total dalam bermain futsal dan mengedepankan kenyamanan.

Kulit sintetis : mudah dibersihkan serta lebih terjangkau harganya

Kulit sintetis : mudah dibersihkan serta lebih terjangkau harganya

Bobotnya yang ringan membuat sepatu futsal berbahan kulit sintetis cocok digunakan oleh pemula. Material ini juga memiliki durability dan ketahanan terhadap air yang sangat baik sehingga mudah untuk dibersihkan. Harganya yang terjangkau juga membuatnya cukup mudah untuk Anda miliki. Namun, kelenturannya jauh berbeda dengan material kulit asli sehingga Anda harus memilih ukuran yang paling pas dengan kaki Anda.

Pastikan ukurannya tepat dan terasa pas di kaki

Pastikan ukurannya tepat dan terasa pas di kaki

Futsal dilakukan di lapangan yang tergolong kecil sehingga Anda akan banyak bermanuver. Bila Anda tidak menggunakan sepatu yang pas di kaki, kaki Anda bisa mengalami cedera. Ukuran sepatu untuk setiap orang bisa saja berbeda, Anda perlu memilih sepatu yang ukurannya paling pas dengan kaki Anda.

Tentu saja sepatunya harus terasa pas di seluruh bagian kaki Anda. Namun, Anda juga perlu memberikan jarak sekitar 1 cm hingga 1,5 cm antara bagian dalam ujung sepatu dengan jari-jari kaki. Perhatikan juga bagian tumitnya agar jangan sampai longgar atau mudah lepas ketika digunakan. Selain itu, lebar kaki tidak bisa Anda sesuaikan dengan tali sepatu. Karena itu, Anda harus memilih sepatu yang fit dengan kaki, tidak terlalu longgar atau pun terlalu ketat.

Ketika Anda mencoba sepatu, gunakanlah kaos kaki sehingga ada gambaran yang sesuai saat Anda bermain nantinya. Anda juga bisa mengencangkan dan mengendurkan tali sepatunya sesuai kenyamanan Anda. Bila memungkinkan, cobalah berjalan beberapa langkah menggunakan sepatu pilihan Anda.

Periksa ketebalan solnya agar tidak membebani kaki

Periksa ketebalan solnya agar tidak membebani kaki

Futsal adalah olahraga dengan banyak gerakan intens, misalnya berlari atau berhenti mendadak. Daya cengkeram optimal terhadap permukaan lapangan seolah Anda sedang bermain dengan telanjang kaki adalah hal penting. Di samping itu, kenyamanan bantalan sol juga sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi, bila Anda mengutamakan keamanan dan tidak ingin membebani kaki, sol tebal dengan kualitas bantalan mumpuni sangat direkomendasikan.

Sol tipis memang memudahkan Anda untuk merasakan permukaan lapangan sehingga kontrol bola pun meningkat. Di sisi lain, sol seperti ini akan membebani kaki Anda. Karena itu, cek terlebih dahulu ketebalan solnya dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan juga faktor fleksibilitas sepatu

Perhatikan juga faktor fleksibilitas sepatu

Kualitas permainan Anda juga sangat ditentukan oleh fleksibilitas dari sepatu yang Anda gunakan. Tidak hanya unggul secara teknis, sepatu dengan fleksibilitas tinggi juga lebih aman untuk dipakai karena mengurangi risiko cedera pada pemain sehingga lebih direkomendasikan.

Sepatu dengan fleksibilitas yang baik juga membantu Anda dalam mengontrol bola. Karena itu, Anda perlu mencoba sepatu pilihan Anda untuk mengecek fleksibilitasnya. Jika tidak memungkinkan, Anda juga mencari review atau info lain terkait fleksibilitas sepatu tersebut.

Periksa keberadaan toe protector untuk melindungi jari kaki

Periksa keberadaan toe protector untuk melindungi jari kaki

Futsal membutuhkan kontrol bola yang sangat baik dan sering kali hal tersebut dilakukan dengan bagian ujung jari kaki. Selain harus memperhatikan panjang kuku kaki sebelum permainan, ada baiknya Anda memilih sepatu yang dilengkapi dengan toe protector. Untuk Anda yang sering menendang bola menggunakan ujung jari kaki, produk seperti ini sangat direkomendasikan.

Pilih desain favorit agar Anda makin bersemangat!

Pilih desain favorit agar Anda makin bersemangat!

Desain dan warna sepatu futsal sangat bervariasi dan unik. Dengan memakai dan memilih warna favorit Anda, Anda pun akan semakin bersemangat ketika bermain. Anda juga bisa menggunakan sepatu berwarna sama seperti semua rekan satu tim Anda untuk meningkatkan solidaritas tim.

Tentu saja, kepraktisan dan fungsionalitas adalah hal utama dalam memilih sepatu, tetapi jangan abaikan desainnya. Motif sepatu yang cocok dengan diri Anda membuat permainan Anda lebih baik dan menyenangkan!

10 Rekomendasi sepatu futsal terbaik

Di bawah ini kami tampilkan rekomendasi sepatu futsal terbaik untuk penggunaan lapangan indoor dan outdoor. Anda akan menemukan sepatu-sepatu merek terpopuler yang banyak peminatnya dalam daftar rekomendasi ini. Selamat memilih!

10. Mizuno Monarcida 2 FS In

10. Mizuno Monarcida 2 FS In

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 566.820

Ringan dan tahan lama untuk performa lincah Anda di lapangan

Seri Monarcida merupakan salah satu produk unggulan dari Mizuno. Memiliki desain yang simpel, bobotnya pun ringan dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Dengan bobot sepatu 260 gram saja, Anda dapat bergerak lebih lincah di lapangan.

Sementara itu, bagian upper dari sepatu ini terbuat dari kulit asli dengan sand-paper print layer yang membuat sepatu ini lebih tahan lama. Ditambah dengan harganya yang terjangkau, produk ini adalah opsi tepat bila Anda menginginkan sepatu futsal dengan durability mumpuni dan ringan di kaki tanpa mengeluarkan banyak dana.

Tipe Indoor
Bahan Kulit asli dan material sintetis
Ukuran 37 – 48

9. Specs Metasala Warrior

9. Specs Metasala Warrior

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 479.800

Teknologi Vertecs yang memberi keamanan lebih pada kaki pengguna

Desain sepatu Specs Metasala dibuat berbentuk V pada bagian depannya sehingga meningkatkan kerapatan di antara jari-jari kaki, atau yang disebut bagian metakarpal. Meskipun rapat, tetapi Anda tetap bisa bergerak dengan nyaman dan lebih stabil. Teknologi ini disebut oleh Specs sebagai Vertecs.

Teknologi Vertecs juga membuat perlindungan pada kaki menjadi lebih maksimal, sangat tepat dimiliki bila Anda ingin meminimalisir cedera. Keunikan sepatu ini juga terletak pada desainnya yang glow in the dark. Cocok untuk Anda pakai saat bermain di malam hari agar teman setim lebih mudah mengoper bola ke arah Anda.

Tipe Indoor
Bahan Kulit sintetis dan TPU (poliuretan termoplastik)
Ukuran 37 – 46

8. Adidas Copa Tango 18.3 Indoor Boots

8. Adidas Copa Tango 18.3 Indoor Boots

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 900.000

Desain retro untuk style elegan di lapangan, sepatunya sang Maestro!

Ketika Anda pertama kali memperhatikan tipe sepatu futsal ini, mata Anda akan dimanjakan dengan desainnya yang klasik dan khas. Aspek itulah yang wajib dijadikan pilihan oleh Anda para pencinta gaya retro. Ciri sepatu era 80-an sangat khas terasa terutama pada desain bagian lidah sepatunya yang berukuran besar dan terlipat keluar.

Bukan hanya soal gaya, bagian atas sepatu ini memiliki desain control embossing untuk mempermudah kontrol bola. Sepatu ini bisa Anda gunakan di lapangan vinyl atau parquette karena menggunakan sol sepatu berbahan karet non marking. Menurut Adidas, ini sepatu khusus sang Maestro futsal lho!

Tipe Indoor
Bahan Kulit asli dan material sintetis
Ukuran 36 – 47

7. Nike Mercurial X Victory VI IC

7. Nike Mercurial X Victory VI IC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 779.000

Tingkatkan kecepatan berlari dengan desain yang aerodinamis

Meskipun Anda merasa memiliki kecepatan yang baik ketika berlari, penggunaan sepatu yang tepat tentunya akan memberikan efek yang signifikan terhadap performa Anda. Nike mengklaim bahwa dengan menggunakan sepatu ini, kecepatan berlari Anda akan semakin meningkat karena desainnya yang aerodinamis.

Tidak hanya itu, bobotnya yang ringan juga memberikan Anda sensasi bermain futsal dengan kecepatan tinggi. Sepatu yang visualnya banyak disukai oleh pengguna eksper ini cocok bagi Anda yang bermain dengan mengandalkan kecepatan dan adu lari.

Tipe Indooor
Bahan Kulit asli dan material sintetis
Ukuran 35.5 -46

6. Umbro Sala Pro – Futsal Trainer

6. Umbro Sala Pro - Futsal Trainer

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.026.000

Perpaduan bahan kulit plus mesh yang memberikan sirkulasi udara optimal

Siapa bilang sepatu berbahan kulit mudah bau dan membuat kaki lembap? Umbro Sala Pro terbuat dari bahan kulit kanguru yang sangat lembut saat bersentuhan dengan kaki sehingga nyaman digunakan. Dikombinasikan dengan mesh, produk ini pun memiliki breathability yang bagus.

Dengan sirkulasi udara yang sangat baik, produk ini adalah solusi tepat bila Anda tidak ingin kaki kegerahan saat bermain futsal berjam-jam. Kaki yang tidak lembap juga akan menghindarkan Anda dari bau kaki yang mengganggu.

Tipe Indoor
Bahan Full grain leather dan EVA (ethylene-vinyl acetate )
Ukuran 40,5 – 44

5. Adidas Predator Tango 19.3 Indoor Shoes

5. Adidas Predator Tango 19.3 Indoor Shoes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.500.000

Lebih lekat saat dipakai, tampilan desain terkini bagai menggunakan kaos kaki!

Adidas Predator Tango 19.3 Indoor tampil elegan dengan gaya sepatu futsal modern. Bagian lidah sepatu dan bagian lining yang menjadi batas mata kaki dan sepatu dihilangkan, lalu diganti dengan bahan rubber yang menutupi hingga mata kaki. Tentunya menjadi spotlight tersendiri dan memberikan kesan modern.

Tak hanya unggul dari segi visual, desain seperti ini membuat sepatu dapat mencengkeram pergelangan kaki lebih erat sehingga nyaman dikenakan. Bila Anda mencari sepatu yang terasa lekat di kaki dan memiliki tampilan yang terlihat up to date, produk ini adalah salah satu pilihan tepat.

Tipe Indoor
Bahan Bahan mesh berlapis dan karet 
Ukuran 39 – 46

4. Adidas Mundial Team Shoes

4. Adidas Mundial Team Shoes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 945.000

Melangkah lebih nyaman dan empuk dengan EVA midsole kualitas premium

Bagian midsole sangat krusial untuk menopang bobot tubuh dan mencegah kaki cepat lelah saat bermain. Adidas Mundial menggunaan bahan EVA kualitas terbaik di bagian midsole-nya untuk memastikan Anda bisa bermain futsal dengan nyaman, bahkan saat bermain dalam waktu lama.

EVA midsole pada sepatu ini juga sangat fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki. Dipadukan dengan TRAXION™ outsole yang memaksimalkan cengkeraman, produk ini pun makin cocok digunakan di lapangan rumput sintetis. Bila Anda mencari sepatu futsal yang terasa nyaman dan empuk di kaki, produk ini pilihannya.

Tipe Outdoor
Bahan Kulit, suede, dan EVA (ethylene-vinyl acetate)
Ukuran 35 – 48

3. Nike TIEMPOX Genio II Leather IC

3. Nike TIEMPOX Genio II Leather IC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 899.000

Sepatu futsal berbahan kulit, tetapi tahan air? Ini jawabannya!

Selain mengedepankan kenyamanan, Nike TIEMPOX Genio II juga memiliki kelebihan lainnya, yakni tingkat water resistance yang tinggi. Ketika bermain di arena berlantai agak basah atau lembap, sepatu Anda tidak akan cepat menjadi berat. Pergerakan dan performa permainan Anda pun tak akan terganggu.

Daya tahan air yang bagus juga meningkatkan daya tahan sepatu agar lebih awet. Bagian heel counter dan midsole-nya menggunakan busa yang tebal sehingga terasa empuk saat digunakan. Sepatu ini cocok untuk Anda yang menyukai kenyamanan khas sepatu kulit plus durability mumpuni.

Tipe Indoor
Bahan Kulit
Ukuran 38,5 – 48

2. Adidas X Tango 17.3 Turf Boots

2. Adidas X Tango 17.3 Turf Boots

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.031.800

Dirancang khusus untuk menonjolkan ledakan akselerasi Anda!

Upper material berbahan sintetis membuat produk ini menjadi tahan air sekaligus ringan saat Anda gunakan. Tidak hanya itu, outsole juga sudah dirancang secara khusus sehingga mampu memberi Anda traksi optimal dan kestabilan maksimal bahkan saat Anda bergerak secara intens.

Meski bukan berbahan kulit, teknologi techfit® memungkinkan produk ini untuk terasa pas di kaki sehingga Anda pun bisa bergerak semakin bebas dan natural. Untuk Anda yang memiliki akselerasi eksplosif layaknya Kylian Mbappe atau Gareth Bale, sepatu futsal ini tidak boleh Anda lewatkan!

Tipe Outdoor
Bahan Material sintetis, tekstil, dan karet
Ukuran 39,5 -47,5

1. Nike HypervenomX Phelon III IC

1. Nike HypervenomX Phelon III IC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.035.000

Desain spesial dan eksotis dengan performa yang tak perlu diragukan

Diproduksi dengan lightweight technology, bobot produk ini tidaklah berat sehingga Anda bisa lincah bergerak. Apalagi, sepatu ini pun cukup fleksibel dan mampu mengikuti berbagai pergerakan kaki Anda. Outsole-nya juga didesain melebar agar tetap terasa nyaman digunakan, bahkan oleh Anda yang memiliki kaki berukuran ekstra.

Desain minimalis plus kombinasi warna yang menarik menimbulkan kesan elegan sekaligus eye-catching saat Anda gunakan. Tidak hanya itu, motifnya yang menyerupai kulit ular juga membuatnya tampak semakin spesial dan eksotis. Bila Anda senang menjadi pusat perhatian di lapangan futsal, sepatu futsal ini adalah partner yang pas.

Tipe Indoor
Bahan Material sintetis dan karet
Ukuran 40 -46

Baca juga rekomendasi sepatu olahraga lainnya di sini!

Apabila Anda seorang penggemar olahraga, tentu saja Anda akan membutuhkan jenis sepatu olahraga lainnya. Berikut ini kami akan memperkenalkan produk-produk, seperti sepatu lari, sepatu basket, sepatu bola, dan lainnya. Nah, untuk informasi selengkapnya, cek artikel di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Dalam memilih sepatu futsal untuk penggunaan outdoor maupun indoor, jenis material, bagian outsole, dan bagian upper merupakan parts utama yang harus diperhatikan. Bagian-bagian tersebut sangat berperan dalam menentukan kenyamanan dan ketahanan sepatu Anda.

Di antara produk-produk rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan satu yang tepat? Kami harap artikel ini dapat membantu memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda dalam memilih sepatu futsal yang tepat.