1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Untuk mendukung performa di lapangan saat bermain futsal, Anda perlu mengenakan sepatu futsal terbaik. Anda harus memilih sepatu futsal sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti jenis lapangan yang digunakan hingga posisi saat Anda bermain futsal.


Kami akan membahas cara memilih sepatu futsal terbaik untuk pria sebagai panduan. Rekomendasi sepatu futsal yang bagus dari berbagai merek juga akan kami berikan. Anda bisa memilih sepatu futsal dari Mizuno, Ortuseight, atau Specs. Simak pembahasannya sampai tuntas untuk mendapatkan sepatu futsal yang tepat!

Diperbaharui 01-27-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 18 Januari 2023.

Cara memilih sepatu futsal untuk pria

Ada berbagai hal yang patut Anda pertimbangkan saat hendak memilih sepatu futsal. Anda harus mempertimbangkan jenis lapangan, bahan sepatu, hingga posisi saat bermain. Perhatikanlah penjelasan detailnya pada pembahasan berikut.

① Sesuaikan dengan jenis lapangan

Ada dua jenis lapangan futsal, yaitu lapangan dengan permukaan halus dan lapangan berumput sintetis. Anda disarankan menggunakan sepatu yang berbeda saat bermain di kedua jenis lapangan tersebut. Simak penjelasannya berikut.

Lapangan permukaan halus: Cocok menggunakan sepatu futsal IC

Lapangan permukaan halus: Cocok menggunakan sepatu futsal IC

Lapangan futsal dengan permukaan halus biasanya dibuat dari semen, vinyl, parquette, taraflex, atau plastik. Sepatu futsal inner court atau IC paling cocok digunakan pada lapangan jenis ini. Pasalnya, sepatu futsal IC memiliki sol luar yang rata dan tidak bergerigi.


Sol sepatu yang rata dan lebar menjadikan daya cengkeram pada permukaan lapangan meningkat. Alhasil, Anda tidak akan mudah tergelincir saat bermain futsal. Selain itu, Anda juga akan makin mudah mengontrol bola atau bermanuver mendadak.

Lapangan rumput sintetis: Sepatu futsal TF adalah pilihan tepat

Lapangan rumput sintetis: Sepatu futsal TF adalah pilihan tepat

Jika Anda bermain futsal di lapangan dengan rumput sintetis, kami sarankan untuk memilih sepatu futsal jenis TF. Sepatu futsal TF atau turf memiliki pul kecil di outsole-nya. Pul tersebut bertujuan untuk menambah daya cengkeram pada rumput sintetis.


Ditinjau dari harga, sepatu futsal TF tidak lebih mahal dibanding sepatu IC karena memiliki bahan sol yang sama. Namun sayang, mencari sepatu TF di pasaran sedikit lebih susah karena hanya segelintir produsen saja yang menjualnya.

② Perhatikan material sepatu futsal

Sepatu futsal terbuat dari berbagai material dan setiap material memiliki keunggulan tersendiri. Simak paparan di bawah ini untuk menemukan material yang paling pas dengan gaya Anda dalam bermain futsal!

Kulit: Lebih mudah mengontrol bola

Kulit: Lebih mudah mengontrol bola

Sepatu futsal berbahan kulit memiliki karakteristik yang lentur sehingga dapat digunakan untuk mengontrol bola dengan optimal. Makin sering dikenakan, sepatu kulit akan makin terasa pas di kaki. Sepatu futsal yang terbuat dari kulit asli sangat sempurna dipakai untuk bermain. Sayangnya, harga sepatu kulit asli tergolong tinggi sehingga kulit sintetis lebih banyak dipilih karena lebih ekonomis.


Selain itu, ketahanan kulit terhadap air tergolong rendah. Karena itulah, Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakan sepatu futsal berbahan kulit. Sepatu jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang bermain futsal untuk hobi dan kesenangan.

Mesh, ringan dan antigerah

Mesh, ringan dan antigerah

Mesh adalah bahan yang mampu menjaga sirkulasi udara tetap optimal. Mengenakan sepatu futsal berbahan mesh membuat kaki tidak cepat gerah dan berkeringat, serta tentu saja menjauhkan kaki dari bau. Bukan itu saja, sepatu berbahan mesh juga lebih fleksibel dan mampu mengikuti lekuk kaki Anda. Alhasil, kaki pun terasa lebih ringan dan nyaman saat Anda bergerak aktif di lapangan.

Poliuretan, bahan sintetis yang awet dan fleksibel

Poliuretan, bahan sintetis yang awet dan fleksibel

Poliuretan, biasa disingkat PU, adalah bahan sintetis yang dulunya digunakan sebagai pengganti lapisan karet, plastik, dan bahan langka lainnya. Kini PU telah banyak digunakan untuk material tas atau sepatu, termasuk sepatu futsal. Hal itu tidak mengherankan karena PU memiliki keunggulan yang cocok untuk sepatu futsal.


PU memiliki kelenturan yang baik serta tahan terhadap gesekan. Dengan begitu, sepatu futsal Anda akan lebih tahan lama. Selain itu, material PU juga sangat fleksibel dan mampu beradaptasi dalam segala kondisi, termasuk suhu. 

③ Pertimbangkan posisi saat bermain

Pertimbangkan posisi saat bermain
Saat bermain futsal, ada posisi dasar dari para pemain saat bertanding. Setiap posisi membutuhkan sepatu dengan kriteria tertentu untuk menunjang performa di lapangan.

  • Kiper: Posisi kiper membutuhkan sepatu elastis dengan upper tebal. Sepatu elastis akan memudahkan kiper bergerak saat menghalau bola. Sementara itu, upper yang tebal menjadikan operan umpan bola lebih akurat.

  • Anchor: Anchor yang bertugas mengatur permainan membutuhkan sepatu dengan sol kuat. Sol yang kuat dapat menyeimbangkan badan agar tidak mudah jatuh saat berhadapan dengan lawan. Anchor juga membutuhkan sepatu dengan upper empuk karena sering mengoper bola.

  • Flank: Pemain dengan posisi flank membutuhkan sepatu yang ringan agar dapat memaksimalkan kecepatan di lapangan. Pasalnya, posisi flank sering berlari di sisi lapangan. Selain itu, pemain di posisi ini sering mengeluarkan trik dan gocekan untuk mengecoh lawan.

  • Pivot: Pivot membutuhkan sepatu futsal dengan outsole yang kuat. Hal ini karena pivot bertugas melakukan tendangan langsung ke gawang. Selain itu, pivot juga seharusnya menggunakan sepatu futsal dengan toe protector untuk menambah power tendangan.

④ Cari sepatu yang mendukung kenyamanan pemakaian

Poin yang tidak kalah penting dalam memilih sepatu futsal adalah kenyamanan. Jika sepatu futsal tidak nyaman, performa di lapangan tentu akan menurun. Supaya mendapat sepatu yang pas, perhatikanlah poin-poin berikut.

Sepatu futsal dengan ukuran yang pas di kaki: Mengurangi risiko cedera

Sepatu futsal dengan ukuran yang pas di kaki: Mengurangi risiko cedera

Untuk meminimalkan risiko cedera, gunakanlah sepatu futsal yang pas di kaki. Sebaiknya, berikanlah jarak sekitar 1–1,5 cm antara ujung sepatu dengan jari-jari kaki. Perhatikan juga bagian tumitnya agar jangan sampai longgar atau mudah lepas ketika digunakan.


Jika Anda membeli sepatu secara online, jangan lupa untuk mengukur terlebih dahulu telapak kaki Anda. Ukurlah panjang telapak kaki mulai dari ujung jari jempol hingga ujung tumit. Umumnya, sepatu yang dijual secara online juga mencantumkan ukuran insole-nya. Nah, sesuaikanlah panjang telapak kaki Anda dengan ukuran insole sepatu. Apabila Anda kurang yakin, konsultasikanlah dengan penjualnya.

Sepatu futsal yang memiliki fleksibilitas tinggi: Lebih mudah mengontrol bola

Sepatu futsal yang memiliki fleksibilitas tinggi: Lebih mudah mengontrol bola

Selain teknik, fleksibilitas dari sepatu yang Anda gunakan juga dapat memengaruhi kualitas performa Anda. Sepatu dengan fleksibilitas tinggi juga lebih aman dipakai dan dapat mengurangi risiko cedera pada pemain.


Selain itu, fleksibilitas yang baik juga membantu Anda dalam mengontrol bola. Anda perlu mencoba sepatu secara langsung untuk mengecek fleksibilitasnya. Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk mencari review atau informasi lain terkait fleksibilitas sepatu tersebut.

10 Rekomendasi sepatu futsal terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu futsal terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ortuseight

Jogosala Revolt

Ortuseight Jogosala Revolt 1枚目

Untuk posisi kiper saat bertanding di lantai karpet karet atau parket kayu

2

Ortuseight

Catalyst Legion V2 In

Ortuseight Catalyst Legion V2 In 1枚目

Sepatu futsal yang dilengkapi dengan tiga teknologi mutakhir

3

Joemen

Sepatu Futsal Pria

Joemen Sepatu Futsal Pria 1枚目

Sepatu futsal merek lokal yang jadikan penampilan lebih keren di lapangan

4

Specs

Lightspeed Reborn in Meta Crush Pack

Specs Lightspeed Reborn in Meta Crush Pack 1枚目

Dengan material microfiber syntetic yang ringan, cocok untuk pemain dengan posisi flank

5

Bie

Galax Bimasakti Series Turf

Bie Galax Bimasakti Series Turf 1枚目

Dirancang dengan teknologi slim slides, jadikan kaki tak terkekang

6

Fromzero

Starkia Gazer In

Fromzero Starkia Gazer In 1枚目

Bisa digunakan pria dan wanita karena memiliki desain unisex

7

Calci

Bomsala Beyonder

Calci Bomsala Beyonder 1枚目

Kontrol bola makin akurat berkat adanya teknologi armor pad

8

MILLS

Sepatu Futsal Astro Firenze In

MILLS Sepatu Futsal Astro Firenze In 1枚目

Jadikan permainan stabil dengan sepatu futsal yang full teknologi

9

Spotec

Centurions Indoor

Spotec Centurions Indoor 1枚目

Dengan konstruksi one piece, bermain futsal makin nyaman

10

Mizuno

Morelia Sala Classic

Mizuno Morelia Sala Classic 1枚目

Memiliki bantalan tumit dan sol dengan cengkeraman kuat, terasa tangguh saat berlaga

Perincian produk
Close
No.1

OrtuseightJogosala Revolt

Mulai dari Rp499.000,00

Untuk posisi kiper saat bertanding di lantai karpet karet atau parket kayu

Kelebihan:

  • Midsole berbahan injection phylon yang mampu meredam benturan kaki ke permukaan lapangan sehingga mengurangi cedera
  • Insole mengikuti kontur telapak kaki sehingga mencegah kaki cedera

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, sepatu memiliki bobot yang cukup berat

Anda menempati posisi kiper kala bertanding futsal? Kenakanlah sepatu futsal seri Jogosala Revolt dari Ortuseight, terlebih ketika bermain di lantai karpet karet atau parket kayu. Sepatu ini memiliki upper yang terbuat dari material leather sehingga kuat untuk mengoper bola. Di samping itu, insole sepatu akan mengikuti bentuk kaki sehingga Anda mudah menghalau bola yang menuju gawang.

No.2

OrtuseightCatalyst Legion V2 In

Mulai dari Rp449.000,00

Sepatu futsal yang dilengkapi dengan tiga teknologi mutakhir

Kelebihan:

  • Dilengkapi teknologi khas Ortuseight yang menjadikan sepatu futsal nyaman dan aman digunakan

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, sepatu futsal rentan lecet

Ortuseight merilis sepatu futsal yang telah dilengkapi tiga teknologi mutakhir. Sepatu yang bertajuk Catalyst Legion V2 In dilengkapi teknologi Quick-Fit yang menjadikannya mudah menyesuaikan bentuk kaki. Kemudian, ada juga teknologi Ort-Strap yang melindungi dan meningkatkan stabilitas kaki.


Teknologi Ort-shoX juga terdapat pada sepatu ini untuk mencegah kaki bergeser sehingga cedera dapat diminimalkan. Dengan adanya tiga teknologi tersebut, sepatu ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berlaga sebagai atlet futsal profesional.

No.3

JoemenSepatu Futsal PriaJ 69

Mulai dari Rp199.000,00

Sepatu futsal merek lokal yang jadikan penampilan lebih keren di lapangan

Kelebihan:

  • Memiliki desain simpel, elegan, dan sesuai dengan tren sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan

Kekurangan:

  • Menurut review pengguna, jahitan sepatu kurang rapi sehingga rentan rusak

Bermain futsal tentu tidak sekadar menunjukkan performa. Anda tetap harus tampil menarik dengan outfit yang keren. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan sepatu futsal dari Joemen. Sepatu futsal ini didesain sesuai dengan tren sehingga Anda bisa tampil trendi. Anda pun bisa mengenakannya saat nongkrong bersama teman.

No.4

SpecsLightspeed Reborn in Meta Crush PackSPE402107

Dengan material microfiber syntetic yang ringan, cocok untuk pemain dengan posisi flank

Kelebihan:

  • Sepatu dibuat dari material ringan sehingga mendukung untuk bergerak cepat dan meningkatkan akselerasi saat bermain futsal

Kekurangan:

  • Warna mencolok dan terkesan feminin sehingga tidak semua pria mau mengenakannya

Saat bemain futsal, Anda menempati posisi flank? Jika iya, kami sarankan untuk menggunakan sepatu futsal keluar Specs yang satu ini. Sepatu ini dibuat dengan material microfiber syntetic yang ringan. Alhasil, Anda bisa bergerak dengan gesit saat bermain futsal. Anda pun tidak akan mudah merasa lelah saat menggunakannya.

No.5

BieGalax Bimasakti Series Turf

Mulai dari Rp99.000,00

Dirancang dengan teknologi slim slides, jadikan kaki tak terkekang

Kelebihan:

  • Memiliki desain fresh yang menjadikan tampilan lebih berenergi

Kekurangan:

  • Ada review pengguna yang menjelaskan bahwa lem pada sepatu kurang rapi

Mengenakan sepatu futsal terkadang membuat kaki merasa terkekang. Hal ini menjadikan performa Anda tidak maksimal. Untuk itulah, kami sarankan Anda mengenakan sepatu futsal Bie. Sepatu futsal Galax Bimasakti Series Turf dirancang dengan teknologi slim slides sehingga kaki tidak tertekan dengan kuat. Alhasil, Anda pun bisa bergerak dengan lebih nyaman.

No.6

FromzeroStarkia Gazer In

Mulai dari Rp430.000,00

Bisa digunakan pria dan wanita karena memiliki desain unisex

Kelebihan:

  • Desain unisex sehingga dapat digunakan oleh pria dan wanita

Kekurangan:

  • Menurut review pengguna, sepatu kaku dan pewarnaan tidak merata

Anda dan pasangan sama-sama gemar bermain futsal? Kini Anda bisa membeli sepatu futsal yang kembaran dengan pasangan dari Fromzero. Sepatu futsal dengan warna putih yang dominan ini memang didesain unisex sehingga bisa dikenakan oleh pria dan wanita. Kesan maskulin terlihat dari gambar singa di bagian upper, sedangkan kesan feminin terlihat dari outsole berwarna pink.

No.7

CalciBomsala Beyonder

Mulai dari Rp429.800,00

Kontrol bola makin akurat berkat adanya teknologi armor pad

Kelebihan:

  • Tersedia dalam dua pilihan material, yaitu mesh dan leather
  • Sepatu memiliki sirkulasi udara sehingga tidak membuat kaki gerah

Kekurangan:

  • Dari beberapa pengguna diketahui bahwa sepatu terlalu kaku sehingga menyebabkan kaki lecet

Anda kesulitan mengontrol bola selama pertandingan futsal? Anda sebaiknya mengenakan sepatu futsal dari Calci. Kontrol bola akan lebih akurat setelah Anda mengenakan sepatu ini karena dilengkapi dengan teknologi armor pad. Kaki Anda juga tidak akan terasa gerah karena sepatu dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik.

No.8

MILLSSepatu Futsal Astro Firenze In

Mulai dari Rp449.000,00

Jadikan permainan stabil dengan sepatu futsal yang full teknologi

Kelebihan:

  • Upper terbuat dari material ringan dan kuat sehingga dapat melindungi kaki dengan maksimal
  • Memiliki outsole yang mampu mencengkeram dengan baik

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mendapati bahwa lem pada sepatu kurang rapi

MILLS merancang sepatu futsal dengan penuh perhitungan. Setiap bagian dibuat dengan teknologi khas dari brand MILLS. Bagian upper dirancang dengan teknologi Aeromesh sehingga sepatu memiliki sirkulasi udara yang sangat baik. Di samping itu, upper sepatu juga dibuat dengan teknologi EXOSKIN yang akan memberikan proteksi maksimal.


Teknologi yang digunakan pada outsole berupa HDT-R yang menjadikan cengkeraman kuat. Bagi Anda yang ingin bermain futsal dengan stabil, silakan menggunakan sepatu futsal yang full teknologi yang satu ini.

No.9

SpotecCenturions Indoor

Mulai dari Rp359.900,00

Dengan konstruksi one piece, bermain futsal makin nyaman

Kelebihan:

  • Menggunakan konstruksi one piece sehingga bentuk sepatu dapat mengikuti bentuk kaki

Kekurangan:

  • Bagian upper agak kaku sehingga kaki terasa terkekang

Spotec menawarkan sepatu futsal yang dibuat dengan konstruksi one piece sehingga bisa pas dengan bentuk kaki. Anda pun akan merasa nyaman ketika mengenakannya. Sepatu ini juga didesain ringan dan mempunyai grip yang baik. Oleh karena itu, sepatu ini cocok bagi Anda yang ingin bergerak dengan atraktif saat menggiring atau merebut bola.

No.10

MizunoMorelia Sala ClassicQ1GB220260

Mulai dari Rp1.099.800,00

Memiliki bantalan tumit dan sol dengan cengkeraman kuat, terasa tangguh saat berlaga

Kelebihan:

  • Bagian upper fleksibel sehingga bisa memudahkan dalam mengoper bola
  • Terdapat bantalan tumit yang membuat sepatu futsal pas di kaki

Kekurangan:

  • Harga cenderung lebih mahal daripada sepatu futsal lain yang terdapat dalam rekomendasi produk

Dalam pertandingan futsal, sepatu yang digunakan memiliki peranan penting. Jika ingin tampil kuat saat bertanding, pilihlah sepatu futsal dengan bantalan tumit yang membuat sepatu terasa pas di kaki. Lalu, pertimbangkan sol yang mampu mencengkeram dengan kuat sehingga tidak mudah tergelincir. Jika Anda mencari sepatu futsal yang demikian, cobalah sepatu futsal dari Mizuno yang satu ini.

Pertanyaan seputar sepatu futsal

Pertanyaan seputar sepatu futsal

Dari desainnya yang sederhana, sepatu futsal sering disangka sama saja dengan sepatu olahraga lainnya. Ada juga yang bingung membedakan sepatu futsal dan sepatu bola. Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Apa bedanya sepatu bola dan futsal?

Sepatu futsal dan sepatu sepak bola dapat dibedakan dari bagian bawah (outsole). Umumnya sepatu futsal memiliki bagian bawah rata. Apabila memiliki stud atau pull, jumlah tidak sebanyak sepatu sepak bola dan bentuknya tidak tajam. Sementara itu, pull pada sepatu sepak bola berjumlah minimal enam buah dan berbentuk tajam

Apakah sepatu futsal bisa dipakai untuk jogging?

Futsal memang olahraga dengan gerak dasar berlari. Namun, Anda tidak disarankan untuk memakai sepatu futsal saat jogging. Sol sepatu futsal diciptakan untuk bermain di lapangan yang halus. Jika Anda menggunakannya untuk berlari di aspal, sol sepatu akan lebih cepat aus dan menipis. Sementara itu, sepatu futsal lebih berisiko menyebabkan terpeleset apabila digunakan berlari di lapangan berumput. 

Baca juga rekomendasi sepatu olahraga lainnya di sini

Jika Anda melakukan olahraga selain futsal, tentu Anda akan membutuhkan jenis sepatu yang berbeda untuk melakukannya. Kami telah mengulas cara memilih sepatu terbaik untuk beberapa cabang olahraga lainnya. Untuk informasi selengkapnya, cek artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dalam memilih sepatu futsal, jenis sepatu, material, dan ukuran merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Bagian-bagian tersebut sangat berperan dalam menentukan kenyamanan dan ketahanan sepatu Anda.


Kami telah menjelaskan cara memilih sepatu futsal terbaik untuk Anda. Di antara produk-produk rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan satu yang tepat? Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi bagi Anda dalam memilih teman bermain di lapangan, ya! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer