• 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021)

Bagaimanakah buku catatan yang bagus menurut Anda? Tentunya, buku catatan yang nyaman dipakai harian, baik untuk sekolah, kuliah, maupun bekerja. Sejumlah produsen buku catatan keren, seperti Kenko, Kiky, dan Kokuyo telah menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, ukuran garis, dan motif sampul yang menarik.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan sepuluh produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

ewafebri | evva
  • Pembaharuan terakhir: 12 Januari 2021
  • 69.976 Views
Daftar isi

Cara memilih buku catatan yang mudah dipakai

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu poin-poin untuk memilih buku catatan di bawah ini. Mari disimak!

Pilih ukuran buku catatan sesuai dengan kebutuhan

Buku catatan memiliki beragam ukuran, mulai dari yang didesain untuk penggunaan di meja hingga yang kecil dan praktis dibawa-bawa. Berikut ini adalah variasi ukuran buku catatan berdasarkan tujuan penggunaannya.

Pilih ukuran B5 untuk penggunaan di atas meja

Pilih ukuran B5 untuk penggunaan di atas meja

Salah satu ukuran buku catatan yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah ukuran B5. Ukuran ini lebih kecil setingkat di bawah A4. Ukuran B5 tidak begitu besar sehingga pas untuk diletakkan di atas meja.


Nah, pasti ada di antara Anda yang menggunakan buku catatan untuk belajar, bukan? Jika iya, Anda pasti banyak menggunakan buku berukuran sama pada setiap mata pelajaran. Jika begitu, ukuran B5 adalah pilihan tepat karena mudah ditemukan di toko alat tulis mana pun.


Berbeda halnya jika Anda memilih buku catatan dengan ukuran A4. Karena ukurannya cukup besar, buku catatan Anda akan memakan banyak tempat di meja kelas, kafe, atau perpustakaan. Selain itu, mungkin akan ada bagian yang tersisa dan tidak terisi penuh saat Anda menulis di halaman kertasnya.

Namun, ukuran A4 adalah standar internasional yang ukurannya sama dengan kertas print atau fotokopi. Jika tujuan Anda memang untuk menyamakan ukuran itu, buku catatan dengan ukuran A4 bisa dijadikan pilihan.

Pilih ukuran A5 dan A6 yang mudah disimpan dan dibawa-bawa

Pilih ukuran A5 dan A6 yang mudah disimpan dan dibawa-bawa

Buku catatan yang memiliki ukuran kecil dan ringkas seperti A5 dan A6 akan praktis dibawa ke mana pun. Buku ukuran ini sangat bermanfaat karena dapat segera dikeluarkan ketika dibutuhkan, misalnya untuk menulis memo di kantor dan sebagainya. Anda juga bisa lebih leluasa menulis jika menggunakannya dengan menyambung halaman kanan dan kiri.

Sesuaikan ukuran garis dengan karakter tulisan Anda

Tulisan dan cara Anda menulis bisa berubah sesuai dengan ukuran garis pada buku catatan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing ukuran dan ciri khasnya.

Ukuran 7 mm: Memudahkan penulisan di tiap baris

Ukuran 7 mm: Memudahkan penulisan di tiap baris

Ukuran garis yang paling banyak ditemui di buku catatan adalah 7 mm. Ukuran 7 mm ini disebut juga sebagai garis normal mendatar. Karena ukuran antargarisnya cukup lebar, Anda pun dapat menulis di tiap barisnya dengan mudah.

Ukuran 6 mm: Hasil tulisan lebih bagus dan mudah dibaca

Ukuran 6 mm: Hasil tulisan lebih bagus dan mudah dibaca

Buku catatan dengan ukuran garis 6 mm akan memudahkan Anda untuk membaca ulang tulisan di dalamnya. Ukuran 6 mm ini disebut juga sebagai garis sedang mendatar. Dibandingkan ukuran 7 mm, buku catatan dengan ukuran 6 mm lebih mungkin untuk diisi banyak huruf. Selain itu, ukuran 6 mm juga lebih cocok untuk Anda yang tulisannya tidak begitu besar.


Jika Anda mengutamakan tulisan yang lebih mudah dibaca, tulislah catatan Anda dengan memberi spasi tiap satu baris. Buku catatan kecil seperti A5 dengan ukuran garis 7 mm akan membuat ruang untuk menulis menjadi terbatas. Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih buku catatan yang ukuran garisnya 6 mm.

Ukuran 5 mm: Cocok untuk menulis dengan spasi satu baris

Ukuran 5 mm: Cocok untuk menulis dengan spasi satu baris

Buku catatan dengan ukuran garis 5 mm memiliki lebar antargaris yang sangat kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menulis dengan memberi spasi tiap satu baris. Selain itu, kertas dengan ukuran garis ini cocok untuk diisi dengan tabel atau grafik. 


Namun, karena ukurannya kecil, buku catatan ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki karakter tulisan yang besar. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk memilih ukuran ini pada buku catatan berukuran besar seperti A4. Tulisan Anda akan sulit dibaca karena buku catatan terlihat penuh dengan huruf.

Garis 8 mm: Lebih leluasa menulis dengan ukuran antargaris yang besar

Garis 8 mm: Lebih leluasa menulis dengan ukuran antargaris yang besar

Buku catatan dengan ukuran 8 mm memiliki lebar antargaris yang besar. Oleh sebab itu, buku dengan ukuran ini akan memudahkan Anda untuk menulis lebih leluasa. Dengan ukuran yang besar, Anda pun dapat menggunakannya untuk menulis huruf yang besar. Sebaliknya, jika tulisan Anda kecil, bagian sisanya dapat dimanfaatkan untuk menulis terjemahan atau catatan tambahan. Akan tetapi, ukuran ini akan menjadi sia-sia jika tulisan Anda kecil dan Anda tidak memerlukan bagian sisanya.

Periksa tipe garisnya untuk menulis catatan yang lebih bervariasi

Garis mendatar adalah tipe yang paling banyak digunakan dalam buku catatan. Namun, sebenarnya masih ada banyak variasi tipe garis lainnya, lho. Misalnya, ada buku catatan dengan garis yang cocok untuk menggambar grafik atau menulis huruf miring. Oleh karena itu, ketahui dahulu tipe garisnya dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Garis dengan titik-titik (dotted) yang cocok untuk menggambar grafik

Garis dengan titik-titik (dotted) yang cocok untuk menggambar grafik

Tipe garis ini adalah tipe mendatar yang memiliki titik-titik (dotted) yang teratur. Tipe ini memungkinkan Anda menggambar garis tegak lurus dengan lebih rapi dan menggambar grafik. Tipe ini juga memungkinkan Anda untuk menulis menurun atau menulis huruf dengan lebih teratur.


Selain itu, sebaiknya perhatikan juga ketebalan garisnya agar tidak mengganggu tulisan atau gambar yang Anda buat. Perhitungkan pula ketebalan peralatan tulis seperti pensil atau highlighter pen yang biasa Anda pakai.

Garis khusus untuk penulisan huruf miring atau not musik

Garis khusus untuk penulisan huruf miring atau not musik

Tipe garis pada buku catatan tidak hanya mendatar. Di pasaran, ada pula buku catatan yang ditujukan untuk menulis huruf miring atau not musik. Tergantung produsennya, beberapa buku dibuat dengan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, ada buku yang cocok untuk menggambar grafik atau untuk fungsi lainnya. Dengan menentukan kebutuhan penggunaannya, tipe garis pun akan berbeda pula.

Pilih tipe kertas yang tepat untuk menulis lebih nyaman

Pilih tipe kertas yang tepat untuk menulis lebih nyaman

Kebanyakan buku catatan yang dijual menggunakan high-quality paper yang terbuat dari 100% chemical pulp. Kertas ini cukup halus dan nyaman untuk digunakan menulis dengan pulpen. Selain itu, ada juga produsen buku yang menggunakan kertas produksinya sendiri.


Untuk Anda yang ingin menghemat bujet, pilihlah kertas yang berkualitas sedang. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kenyamanan menulis pada kertas ini lebih rendah daripada high-quality paper. Biasanya, kertas ini berisi pulp dalam persentase tertentu.

Periksa juga tipe binding-nya

Secara umum, terdapat dua tipe utama binding untuk buku catatan, yaitu note binding dan ring binding. Di bawah ini, kami akan menjelaskan kegunaan dan manfaat dari setiap tipe binding tersebut.

Tipe note binding, tidak tebal dan nyaman digunakan untuk menulis

Tipe note binding, tidak tebal dan nyaman digunakan untuk menulis

Buku catatan dengan note binding tidak akan terlihat tebal atau bulky saat ditumpuk. Daya tahannya pun sangat baik. Tidak hanya itu, ada juga buku catatan bertipe note binding yang tetap datar saat dibuka lebar. Dengan begitu, Anda dapat menulis dengan lebih lega dan leluasa.


Namun, kelemahan tipe ini adalah kertasnya yang susah dirobek. Tipe ini juga tidak disarankan untuk Anda gunakan sambil berdiri karena bagian binding-nya akan tertekuk jika buku dilipat. Hasilnya, Anda tidak akan nyaman saat menulis.

Tipe ring binding, tidak makan banyak tempat dan dapat digunakan dengan cara dilipat

Tipe ring binding, tidak makan banyak tempat dan dapat digunakan dengan cara dilipat

Kelebihan dari tipe ring binding adalah dapat digunakan dengan cara dilipat dan cocok dipakai di meja yang kecil. Selain itu, buku tipe ini juga praktis karena mudah dirobek halamannya. Meskipun begitu, bagian ringnya mudah terkena tangan dan terkadang bisa mengganggu saat digunakan menulis.


Namun, dewasa ini ada produk yang ditawarkan dengan menggunakan ring yang lebih empuk. Hal ini untuk mengurangi ketidaknyamanan saat ring bersentuhan dengan tangan. Jadi, periksalah hal ini juga ketika memilih buku catatannya, ya.

Tipe loose-leaf binding, kertasnya dapat diisi ulang sesuai kebutuhan

Selain dua tipe binding di atas, buku catatan dengan loose-leaf binding juga banyak dijual di toko buku di Indonesia. Tipe ini sangatlah praktis karena kertasnya dapat diisi ulang. Anda dapat menggunakan seperti buku catatan biasa dengan menulis langsung pada loose leaf binder tanpa melepas kertasnya. Jika ringnya terasa mengganjal, Anda bisa melepas kertasnya dan menulis tanpa bindernya. Tipe buku ini cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan karena isinya dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan.

Pilih buku catatan dengan warna beragam agar mudah dibedakan

Pilih buku catatan dengan warna beragam agar mudah dibedakan

Jika Anda ingin menggunakan buku catatan dengan desain dan ukuran yang sama, pilihlah yang memiliki warna berbeda. Dengan menggunakan buku catatan yang berwarna, Anda bisa mudah mengenalinya dan terhindar dari kesalahan membawa buku. Di pasaran, beberapa buku catatan dijual dalam satu set yang berisi lima buku.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Moleskine Classic Notebook Dotted

Mulai dari Rp 403.000,00

10 Rekomendasi buku catatan terbaik yang mudah dipakai

Pada informasi di atas, Anda telah mengetahui jenis buku catatan dan tips memilihnya. Selanjutnya, di bawah ini terdapat sepuluh produk buku catatan terbaik untuk memudahkan Anda menentukan pilihan. Langsung saja, mari dipilih!

10
UkuranA5 (17,9 cm x 22,7 cm x 2,8 cm)
Lebar garis6 mm
Tipe garisMendatar
Jumlah baris30 baris
Jumlah halaman10 lembar (20 halaman)
Tipe bindingLoose-leaf binding
9
UkuranA5 (15 cm x 21 cm)
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisMendatar, tanpa garis (kosong)
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman80 lembar (160 halaman)
Tipe bindingNote binding
8

Ryohin KeikakuMUJI Planting Tree Paper Notebook 5 Pcs/Set

Mulai dari Rp 80.000,00

UkuranB5 (25,2 cm × 17,9 cm)
Lebar garis6 mm
Tipe garisMendatar
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman30 lembar (60 halaman)
Tipe bindingNote binding
7

Solo MurniKiky BX Exercise Book Foil - Little Dots

Mulai dari Rp 90.000,00

UkuranB5 (17,5 cm x 25 cm)
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisMendatar
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman40 lembar (80 halaman)
Tipe bindingNote binding
6
UkuranA5
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisMendatar
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman60 lembar (120 halaman)
Tipe bindingRing binding
5
UkuranB5 (18,5 cm x 25,5 cm)
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisMendatar (kertas musik)
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman38 lembar (76 halaman)
Tipe bindingNote binding
4

Ryohin KeikakuMUJI Open-Flat Notebook

Mulai dari Rp 126.000,00

UkuranA6 (14,8 cm ×10,5 cm)
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisMendatar
Jumlah baris25 baris
Jumlah halaman80 lembar (160 halaman)
Tipe bindingNote binding
3

PeekmybookDot Dot Dot – Bullet Journal

Mulai dari Rp 79.000,00

UkuranA5 (13,5 cm x 21 cm)
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisTitik-titik (dotted)
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman70 lembar (140 halaman)
Tipe bindingNote binding
2

KOKUYOKOKUYO ME Softring (Notebook)

Mulai dari Rp 166.600,00

UkuranA5
Lebar garis5 mm
Tipe garisKotak-kotak
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman50 lembar (100 halaman)
Tipe bindingRing binding
1

MarumanBinder Kurufit A5 Plasticbinder

F091

Mulai dari Rp 105.000,00

UkuranA5 (22,4 cm × 16,6 cm)
Lebar garisTidak diketahui
Tipe garisMendatar
Jumlah barisTidak diketahui
Jumlah halaman60 lembar (120 halaman)
Tipe bindingLoose-leaf binding

Tabel perbandingan produk buku catatan terbaik yang mudah dipakai

Gambar produk
1
Maruman Binder Kurufit A5 Plasticbinder 1

Maruman

2
KOKUYO KOKUYO ME Softring (Notebook) 1

KOKUYO

3
Peekmybook Dot Dot Dot – Bullet Journal 1

Peekmybook

4
Ryohin Keikaku MUJI Open-Flat Notebook 1

Ryohin Keikaku

5
Joytop For Alice Music Manuscript  1

Joytop

6
Kenko Ring Note A5-RNPP 1

Kenko

7
Solo Murni Kiky BX Exercise Book Foil - Little Dots 1

Solo Murni

8
Ryohin Keikaku MUJI Planting Tree Paper Notebook 5 Pcs/Set 1

Ryohin Keikaku

9
Peekmybook Blank Space 1

Peekmybook

10
Joyko Binder  1

Joyko

Nama produk

Binder Kurufit A5 Plasticbinder

KOKUYO ME Softring (Notebook)

Dot Dot Dot – Bullet Journal

MUJI Open-Flat Notebook

For Alice Music Manuscript

Ring Note A5-RNPP

Kiky BX Exercise Book Foil - Little Dots

MUJI Planting Tree Paper Notebook 5 Pcs/Set

Blank Space

Binder

Keunggulan

Lentur dan dapat digulung sampai kecil, pilihan tepat untuk dibawa ke mana-mana

Lebih semangat mencatat dengan ring buku yang empuk

Menggambar grafik jadi lebih mudah berkat titik-titik pada kertasnya

Lebih leluasa menulis dengan buku tipe open-flat

Berlatih nada makin asyik dengan buku catatan khusus not musik yang klasik

Mencatat di mana saja dengan buku yang mudah dilipat

Dilengkapi kolom penomoran untuk catatan yang lebih rapi!

Desain minimalis ala Jepang dengan kertas yang tidak tembus tinta

Sampul hardcover dengan halaman penuh warna, cocok untuk dijadikan hadiah

Warna pastelnya menarik hati, kertasnya dapat diisi ulang!

Harga mulai dariRp 105.000,00Rp 166.600,00Rp 79.000,00Rp 126.000,00Rp 18.600,00Rp 10.100,00Rp 90.000,00Rp 80.000,00Rp 109.000,00Rp 20.100,00
UkuranA5 (22,4 cm × 16,6 cm)A5A5 (13,5 cm x 21 cm)A6 (14,8 cm ×10,5 cm)B5 (18,5 cm x 25,5 cm)A5B5 (17,5 cm x 25 cm)B5 (25,2 cm × 17,9 cm)A5 (15 cm x 21 cm)A5 (17,9 cm x 22,7 cm x 2,8 cm)
Lebar garisTidak diketahui5 mmTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui6 mmTidak diketahui6 mm
Tipe garisMendatarKotak-kotakTitik-titik (dotted)MendatarMendatar (kertas musik)MendatarMendatarMendatarMendatar, tanpa garis (kosong)Mendatar
Jumlah barisTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui25 barisTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui30 baris
Jumlah halaman60 lembar (120 halaman)50 lembar (100 halaman)70 lembar (140 halaman)80 lembar (160 halaman)38 lembar (76 halaman)60 lembar (120 halaman)40 lembar (80 halaman)30 lembar (60 halaman)80 lembar (160 halaman)10 lembar (20 halaman)
Tipe bindingLoose-leaf binding Ring bindingNote bindingNote bindingNote bindingRing bindingNote bindingNote bindingNote bindingLoose-leaf binding
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk buku lainnya di sini

Buku dapat dibedakan berdasarkan fungsi dan kebutuhan penggunanya. Di pasaran, terdapat berbagai macam jenis buku yang ditawarkan, mulai dari buku agenda sampai buku harian. Jika Anda sedang mencari buku lainnya, cek juga rekomendasi kami di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan beberapa produk buku catatan terbaik yang mudah digunakan. Saat memilih, pastikan buku pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan dan selera.


Dengan memilih buku yang tepat, Anda pun akan lebih semangat menulis dan hasil tulisan akan lebih mudah dibaca. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan buku catatan yang mudah digunakan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kertas Print dan Fotokopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kertas print dan fotokopi merupakan item yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan bekerja sehari-hari. Sebagian orang mungkin memilih kertas dari harga yang termurah saja. Namun, jika dilihat lebih jauh, jenis kertas, ketebalan, serta gramatur kertas yang dijual di pasaran begitu beragam. Apakah Anda bingung menentukan kertas mana yang sesuai?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips memilih kertas print dan fotokopi yang tepat untuk Anda. Rekomendasi produk-produk kertas terbaik juga kami ulas, seperti merek PaperOne, SiDU, dan sebagainya. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Kertas & buku catatan
    54.748 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang gemar menggambar atau menggeluti dunia seni rupa, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Meski tampak sama, jenis kertas sketchbook ada bermacam-macam, seperti drawing paper, watercolor paper, dan charcoal paper. Produsen alat tulis seperti Reeves dan Canson pun memiliki produk sketchbook dengan spesifikasi dan kualitas yang beragam.Pilihlah produk sketchbook yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menjalankan hobi maupun pekerjaan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan menghadirkan komentar watercolorist dan ilustrator, Karina Doniho, di artikel ini. Selain itu, simak juga rekomendasi produk sketchbook terbaik di bawah ini.
    Kertas & buku catatan
    72.833 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Diary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Diary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang lahir sebelum era digital pasti sangat akrab dengan kata "dear diary", bukan? Menulis buku harian atau diary merupakan hal yang biasa dilakukan orang-orang karena memberikan efek lega setelah menulis. Selain itu, Anda dapat menyimpan memori Anda, baik yang menyenangkan maupun yang tidak.Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi buku diary yang bagus. Anda akan menemukan buku harian berkualitas dari merk Peekmybook, Ponybrown, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih buku diary!
    Kertas & buku catatan
    15.291 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Buku agenda biasa digunakan untuk mencatat jadwal atau to-do list agar lebih rapi dan tidak ada yang terlewat. Buku agenda semacam ini banyak dipakai oleh kalangan siswa hingga para pekerja. Ada berbagai tipe buku agenda yang tersedia di pasaran, mulai dari harian, mingguan, atau bulanan. Banyaknya tipe mungkin akan membuat Anda kebingungan untuk menentukan pilihan. Kali ini, kami akan membahas cara memilih buku agenda yang tepat dan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan lebih lengkap di artikel ini!
    Kertas & buku catatan
    13.057 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini kebanyakan orang menyimpan catatan atau mengatur jadwal menggunakan smartphone. Namun, masih ada juga yang memakai buku agenda biasa. Alasannya, buku agenda lebih rapi dan lebih mudah dilihat berkat ukurannya yang lebih besar daripada smartphone. Nah, apakah Anda salah satunya?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih buku agenda yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan buku agenda dari beberapa merek, seperti Bukuqu, Paperie Lab, dan Peekmybook. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa menemukan buku agenda yang cocok. Selamat membaca!
    Kertas & buku catatan
    19.923 Views
  • 10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sampul Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak cara untuk merawat buku kesayangan, salah satunya yaitu dengan menyampuli buku. Tentunya, para bibliophile atau penggemar buku, pasti akan merasa happy bila koleksi bukunya bisa tetap terlihat awet. Nah, sampul buku yang ada di pasaran memiliki berbagai macam ukuran dan corak. Jadi, wajar apabila Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, di sini kami akan membagikan tips memilih sampul buku yang bagus. Tak lupa, sepuluh rekomendasi dari beberapa merek kenamaan, seperti Bukuku dan Paperclip pun akan kami ulas juga. Pastikan untuk membacanya dari awal hingga akhir, ya!
    Kertas & buku catatan
    584 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori