10 Rekomendasi Sunglasses Terbaik untuk Olahraga Lari (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sunglasses Terbaik untuk Olahraga Lari (Terbaru Tahun 2018)

Saat joging atau lari maraton, sinar ultraviolet (UV) yang dipaparkan matahari membuat mata silau sehingga kini mulai banyak orang yang menggunakan sunglasses khusus olahraga. Jika Anda belum penah menggunakannya, mungkin sekarang Anda bisa mencobanya. Dengan memakai sunglasses, mata Anda akan terlindungi dan tidak cepat lelah.

Namun, bagi Anda yang baru ingin mencoba menggunakan sunglasses untuk lari, pasti bingung memilihnya karena tiap kacamata memiliki perbedaan kadar proteksi sinar UV, jenis lensa, dan kedalaman warna. Oleh sebab itu, kami akan membantu Anda menjelaskan bagaimana cara memilih serta rekomendasi sunglasses untuk lari yang sesuai untuk Anda.

Daftar isi

 Manfaat menggunakan sunglasses saat olahraga lari

Manfaat menggunakan sunglasses saat olahraga lari

Belakangan ini lari maraton semakin populer dan berbagai acara maraton semakin banyak digelar. Bahkan, ada pula acara maraton yang ditayangkan secara live di TV. Maraton sendiri makin menjadi tren karena masyarakat telah lebih sadar akan pentingnya kesehatan. Nah, ketika Anda melihat para pelari maraton tersebut, pernahkah Anda melihat pelari yang memakai sunglasses?

Sebenarnya menggunakan sunglasses memang dianjurkan karena akan mengurangi kelelahan yang dirasakan saat berlari. Menurut penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun, rasa lelah tersebut dihasilkan otak akibat sinar UV yang masuk ke mata. Oleh sebab itu, menggunakan sunglasses saat berlari sangat membantu untuk mengurangi sinar UV yang masuk ke mata dan membuat Anda tidak cepat lelah.

Selain itu, tahukah Anda bahwa zat melanin yang menyebabkan bintik hitam pada kulit dapat terbentuk ketika sinar UV memasuki mata? Maka, penggunaan sunglasses saat berlari menjadi sangat penting, bukan? Mata Anda juga akan terhindar dari debu dan kotoran yang mungkin masuk ke mata.

Cara memilih sunglasses untuk olahraga lari

Kini saatnya kami menjelaskan pada Anda cara memilih sunglasses untuk olahraga lari. Ada banyak sunglasses yang dijual di pasaran, tetapi yang cocok untuk olahraga lari berbeda dari sunglasses biasa. Pastikan Anda memilih yang tepat.

Pilih yang memiliki fungsi proteksi sinar UV

Pilih yang memiliki fungsi proteksi sinar UV

Sebelumnya kami telah menjelaskan betapa pentingnya menggunakan sunglasses saat olahraga lari. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sunglasses, pastikan produk yang Anda pilih memiliki proteksi sinar UV. Biasanya informasi mengenai ada tidaknya fitur proteksi terhadap sinar UV ini dijelaskan pada deskripsi produk.

Angka pada proteksi UV menunjukkan tingkat persentase sinar UV yang dapat dicegah oleh sunglasses. Bahkan, kini semakin banyak sunglasses yang dapat mencegah masuknya sinar UV hingga mendekati 100%. Kebalikan dari proteksi UV adalah transmitans sinar UV, yaitu kemampuan sunglasses untuk meneruskan sinar. Jika persentase transmitans UV-nya kurang dari 1%, semakin baik pula performa sunglasses tersebut.

Ada sunglasses yang menunjukkan kemampuan proteksi UV dengan standar Australia, seperti UV400, yang artinya sunglasses tersebut mampu mencegah masuknya sinar ultraviolet hingga 400 nanometer. Selain itu, walaupun beberapa sunglasses telah berlabel ‘proteksi UV’, Anda tetap perlu mencari tahu lebih dalam mengenai kemampuan proteksi UV-nya. Oleh sebab itu, dalam memilih sunglasses, perhatikanlah dengan teliti mengenai informasinya.

Pilih yang warnanya tidak terlalu gelap

Pilih yang warnanya tidak terlalu gelap

Mungkin Anda berpikir bahwa sunglasses berwarna gelap dapat menghalau sinar UV. Padahal, itu merupakan pemahaman yang salah. Ketika Anda memakai sunglasses berwarna gelap, pupil mata akan melebar yang justru membuat sinar UV lebih mudah masuk ke dalam mata. Maka, kami menyarankan Anda untuk memilih sunglasess yang tidak terlalu gelap.

Selain itu, olahraga lari adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan sehingga ada kemungkinan Anda menemui cuaca berawan. Tentu saja Anda akan kesulitan melihat kondisi sekitar jika Anda memakai sunglasses dengan warna terlalu gelap. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih sunglasess dengan persentase transmitans cahaya sebesar 30%. Angka tersebut cukup seimbang karena semakin rendah angka persentase transmitansnya, semakin gelap pula warnanya dan cahaya akan lebih sulit masuk.

Saat ini ada pula sunglasses untuk olahraga yang lensanya dapat diganti sesuai keinginan. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan cuaca. Kami akan menunjukkannya pada Anda jenis sunglasess seperti ini di bagian rekomendasi. Jadi, simak terus artikel ini!

Pilih yang ukurannya pas agar tidak gampang jatuh

Pilih yang ukurannya pas agar tidak gampang jatuh

Saat memakai sunglasses ketika berlari, mungkin muncul kekhawatiran kacamata Anda akan jatuh. Karena itu, sebaiknya pilih sunglasses yang terasa firm agar tidak mudah jatuh meski Anda banyak bergerak. Namun, kami mengerti memang tidak mudah untuk memilih sunglasses yang benar-benar pas.

Bila Anda hendak membeli sunglasses melalui online shop, mungkin Anda akan kesulitan untuk memastikan ukuran sunglasses tersebut benar-benar pas untuk Anda. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk memilih sunglasses dengan bingkai yang terbuat dari karet lembut. Bingkai kacamata adalah bagian yang akan melekat di kulit Anda sehingga bahan karet yang lembut akan membuat Anda nyaman. Selain itu, tentunya membuat sunglasses jadi tidak licin dan gampang jatuh.

Kami juga merekomendasikan untuk memilih sunglasses yang terdapat bantalan hidung dari karet. Jadi, walaupun keringat mengucur, sunglasses tidak akan bergeser. Akan tetapi, perlu diingat bahwa memakai sunglasses yang terlalu pas dapat membuat kepala Anda pusing karena bingkai kacamata dapat menekan aliran darah dan saraf telinga. Jadi, berhati-hatilah terhadap hal ini.

Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung dan kepala Anda

Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung dan kepala Anda

Saat dicoba pertama kali, mungkin sunglasses Anda terasa ringan sehingga Anda merasa tidak perlu mengkhawatirkan bobotnya. Namun, ketika Anda memakai sunglasses dalam jangka waktu lama, seperti saat berlari maraton, Anda akan merasakan sunglasses semakin berat. Terlebih bila Anda memilih sunglasses yang bobotnya cukup berat, hidung Andalah yang akan menerima bebannya sehingga lama-lama akan terasa sakit. Malah, sebagian orang menjadi sakit kepala akibat menerima beban dari sunglasses terus-menerus.

Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah sunglasses seringan mungkin agar Anda pun tidak terbeban saat menggunakannya dalam waktu lama. Namun, kebanyakan seller tidak mencantumkan informasi ini secara jelas sehingga kami menyarankan Anda untuk bertanya lebih lanjut sebelum memutuskan membelinya.

10 Rekomendasi sunglasses terbaik untuk olahraga lari

Kini saatnya kami memberikan 10 rekomendasi produk sunglasses terbaik untuk olahraga lari. Pilihlah yang sesuai dengan gaya Anda dan pastikan nyaman dipakai.

10. HD Vision Fold Aways Outdoor Sport Sunglasses

10. HD Vision Fold Aways Outdoor Sport Sunglasses

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 31.000

Saku Anda kecil? Sunglasses yang bisa dilipat ini solusinya!

Terbayang bukan, bagaimana outfit Anda saat melakukan olahraga lari? Selain agak ketat, saku yang terdapat di celana lari biasanya agak sempit sehingga sunglasses yang terlalu besar tidak akan muat disimpan dalam saku tersebut. Akan tetapi, dengan sunglasses ini masalah Anda akan teratasi karena bisa dilipat dengan praktis.

Selain praktis, kacamata ini memiliki lensa yang sudah dirancang menggunakan optical fit dan memiliki proteksi sinar UV400 untuk menjaga mata Anda dari bahaya sinar UV berlebih. Bingkainya juga didesain pas sehingga akan nyaman untuk dipakai dalam waktu yang cukup lama.

9. Oulaiou Sunglasses Lensa Mercury 3105

9. Oulaiou Sunglasses Lensa Mercury

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.600

Dilengkapi dengan lensa antipecah

Olahraga lari adalah kegiatan yang membutuhkan banyak gerak. Walaupun sunglasses yang dipilih sudah fit, kemungkinan kacamata terjatuh tetap ada. Nah, sunglasses satu ini telah didesain dengan lensa antipecah untuk menghapus kekhawatiran Anda lensa akan pecah jika terjatuh.

Selain untuk olahraga lari, sunglasses ini juga direkomendasikan untuk Anda yang suka bersepeda. Bingkai sunglasses terbuat dari plastik yang nyaman dan bentuk bingkainya agak melengkung mencegah sunglasses jatuh atau kendor. Selain itu, lensanya juga telah dilengkapi dengan proteksi UV400.

8. Ormano Sport Sunglasses KY-B814

8. Ormano Sport Sunglasses KY-B814

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 76.900

Pandangan tetap terang dengan lensa antigores

Sunglasses memiliki lensa yang sensitif sehingga harus dirawat dengan hati-hati. Sebab, jika tergores, pandangan akan terganggu dan menghalangi penglihatan Anda saat berlari. Jika Anda khawatir akan menggores sunglasses Anda secara tidak sengaja karena suatu hal, produk ini merupakan pilihan tepat karena lensanya dijamin antigores.

Selain itu, bahannya amat ringan dan nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Bantalan hidung pada sunglasses ini dibuat bergerigi untuk mencegah kacamata licin akibat keringat yang mengucur saat berlari. Plastik polycarbonate-nya menjaga kenyamanan kulit wajah Anda saat sunglasses ini dipakai.

7. Moreno Outdoor Sport Sunglasses

7. Moreno Outdoor Sport Sunglasses

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.900

Ada 12 varian warna, makin bebas memilih warna favorit Anda!

Dengan kemampuan menghalau sinar UV mencapai UV400, tentu mata Anda akan terlindungi dari sinar UV ketika berlari atau melakukan olahraga lainnya sambil mengenakan kacamata olahraga ini. Lensanya dibuat menggunakan polycarbonate sehingga tidak hanya lentur, tetapi juga tidak mudah pecah.

Desainnya pun futuristis sehingga akan membuat Anda terlihat makin keren saat menggunakannya. Tersedia bukan hanya dalam 4 atau 5 varian warna, tetapi sebanyak 12 varian warna memungkinkan Anda untuk memilih warna favorit sesuai style Anda! Bila Anda mencari sport sunglasses dengan pilihan warna sangat beragam, produk inilah jawabannya.

6. Sport Sunglasses A-289

6. Sport Sunglasses A-289

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 197.000

Makin praktis digunakan dengan lensa photocromic

Bila Anda tidak suka berganti-ganti lensa kacamata sesuai dengan kondisi cuaca dan pencahayaan di sekitar Anda, produk ini wajib Anda miliki. Dilengkapi dengan lensa photocromic, lensa produk ini mampu berubah warna menjadi lebih gelap ketika Anda berada di luar ruangan untuk memberi perlindungan lebih optimal terhadap sinar UV.

Sebaliknya, ketika Anda berada di dalam ruangan atau tidak terpapar sinar UV, lensa produk ini akan kembali menjadi jernih. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa dua kacamata untuk di dalam dan di luar ruangan, praktis! Dibuat menggunakan material alloy pilihan dan lensa polycarbonate, kacamata UV400 ini pun menjadi tak mudah rusak.

5. VEITHDIA Sports Polarized Sunglasses V6518

5. VEITHDIA Sports Polarized Sunglasses V6518

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Lensa HD polarized beri Anda gambaran visual memukau

Spring design plus adjustable leg-nya memungkinkan kacamata ini untuk tetap terasa pas pada bentuk wajah apa pun. Hidung Anda juga tidak akan terasa sakit ketika menggunakan produk UV400 ini selama berjam-jam dengan adanya nose pad berbahan karet yang terasa empuk dan nyaman di kulit.

Lalu, lensa HD polarized-nya memungkinkan produk ini untuk menampilkan true color, memfilter stray color, dan memberi kualitas visual HD (high definition) sehingga Anda bisa melihat dengan lebih jernih dan tajam. Bila Anda ingin berolahraga sambil menikmati keindahan visual di sekitar Anda, produk ini tak boleh Anda lewatkan.

4. Rockbros Polarized Sport Sunglasses

4. Rockbros Polarized Sport Sunglasses

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 117.390

Sunglasses super nyaman yang mampu mencegah mata lelah

Sunglasses yang satu ini memiliki lensa yang terpolarisasi dan membuatnya sangat nyaman saat dipakai. Lensanya yang terang melalui proses injeksi sehingga mampu mencegah mata lelah. Tentunya produk ini akan cocok untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan penglihatan dan tidak ingin mata cepat lelah.

Selain itu, Anda bisa mengganti lensanya yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan warna kesukaan Anda. Tersedia 4 pilihan warna lensa, yaitu cokelat, abu-abu, kuning, dan bening. Semua lensa tersebut diklaim dapat menghalau sinar UVA, UVB, dan UVC dengan amat baik.

3. Rivbos Polarized Sport Sunglasses TR90

3. Rivbos Polarized Sport Sunglasses TR90

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 990.600

Dijamin awet dengan garansi bingkai dan lensa seumur hidup

Sunglasses ini diciptakan untuk pria penyuka olahraga ekstrem karena lensanya antigores dan bingkainya antipatah. Dengan kualitas lensa dan bingkai yang tinggi, produk ini berani memberikan garansi seumur hidup. Selain itu, desainnya yang ‘cowok banget’ akan membuat Anda semakin terlihat keren.

Kelebihan lainnya adalah Anda bisa mengganti penyangga telinga dengan tali sehingga saat melakukan olahraga ekstrem kacamata tidak akan jatuh. Lensanya mampu memproteksi sinar UVA, UVB, dan UVC 100%. Memakai sunglasses ini juga tidak akan membuat kepala Anda pusing karena ringan dan nyaman dipakai.

2. Rivbos Polarized Sport Sunglasses 802

2. Rivbos Polarized Sport Sunglasses 802

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 250.000

Makin versatile dengan adanya 5 lensa

Bila Anda mencari sport sunglasses yang sangat multifungsi dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, produk ini tentu wajib Anda miliki. Produk ini memiliki 2 mode, yaitu normal mode dan sports mode. Dalam sports mode, Anda bisa mengganti lengan kacamatanya dengan headband agar tidak terjatuh saat Anda berlari atau berolahraga.

Tidak hanya itu, ketika membeli produk ber-UV400 ini, Anda akan memperoleh 5 jenis lensa dengan fungsi berbeda. Variasi lensa tersebut memungkinkan Anda menggunakan produk ini untuk melakukan berbagai hal, mulai dari water sport, outdoor activity, mengendarai sepeda motor, bertualang menembus kabus, hingga untuk sekadar tampil fashionable!

1. Orao Arroyo Pack Cycling Sunglasses

1. Orao Arroyo Pack Cycling Sunglasses

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 326.000

Partner terbaik menembus segala cuaca!

Tampilannya yang modern akan membuat Anda terlihat semakin kekinian ketika berolahraga menggunakan produk ini. Perpaduan bahan stainless steel, karet, poliamida, dan TPR (thermoplastic rubber) juga membuat frame produk ini semakin durable dan tangguh Anda gunakan untuk melintasi segala medan.

Tidak hanya dilengkapi dengan 3 lensa berbeda yang sangat fungsional, produk ini juga diklaim mampu digunakan melewati cuaca apa pun, lho! Bila Anda ingin berlari dan berolahraga menjelajah dan melintasi berbagai medan tanpa terhambat oleh cuaca berkabut atau bahkan hujan deras, sport sunglasses ini adalah partner yang pas.

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi sunglasses yang telah kami pilih untuk Anda. Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan yang sesuai? Kami harap Anda menemukan sunglasses terbaik dan kegiatan olahraga lari Anda semakin maksimal.

Sebelum memilih, pastikan kembali bahwa lensa sunglasses yang Anda pilih benar-benar dapat melindungi dari paparan sinar UV. Dengan demikian, kegiatan maraton atau olahraga lari yang Anda lakukan akan terasa semakin menyenangkan. Selamat berolahraga!