• 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Belakangan ini, penggunaan sunglasses makin marak di kalangan pencinta olahraga lari atau maraton. Produk ini memiliki beragam manfaat sehingga direkomendasikan untuk dimiliki. Tersedia berbagai kacamata jogging di pasaran dengan filter UV, lensa, dan kepekatan warna yang berbeda-beda. Sudahkah Anda mengetahui tipe kacamata running yang Anda perlukan?


Kami akan membantu Anda memahami cara memilih kacamata lari yang bagus. Kami juga telah menyeleksi produk-produk dari merek kenamaan, seperti EIGER dan Goodr yang dapat Anda beli secara online. Pastikan aktivitas lari Anda jadi makin nyaman dengan memiliki produk kacamata lari terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Agustus 2022
Daftar isi

Manfaat menggunakan kacamata saat berlari

Manfaat menggunakan kacamata saat berlari

Makin meningkatnya minat masyarakat terhadap olahraga lari menyebabkan perlombaan maraton makin banyak digelar di berbagai tempat. Alasannya tidak lain karena olahraga ini mudah dilakukan dan baik untuk kesehatan.


Nah, cobalah perhatikan para pelari profesional atau peserta lomba maraton pada umumnya. Anda akan melihat sebagian dari mereka memakai sunglasses. Sebenarnya, apa manfaat memakai kacamata saat berlari, sih? Simaklah poin berikut ini.


  • Penggunaan sunglasses akan mengurangi kelelahan akibat sinar matahari yang mengenai mata. Riset menyatakan ketika sinar ultraviolet memasuki mata, otak akan mengirimkan respons berupa senyawa yang memicu rasa lelah. Jadi, menggunakan kacamata lari sangat membantu mengurangi paparan sinar ultraviolet yang akan membuat mata cepat letih.


  • Memakai kacamata running dapat mencegah terbentuknya bintik hitam akibat zat melanin yang dipicu oleh sinar ultraviolet.

  • Mata Anda juga akan terlindungi dari debu dan serangga saat memakainya. Alhasil, Anda dapat fokus berlari dengan baik.

Cara memilih kacamata lari

Ada banyak kacamata running di pasaran. Namun, produk yang cocok untuk lari maraton berbeda dengan kacamata untuk olahraga lainnya. Pastikan Anda memilih produk yang tepat dengan mencermati poin-poin berikut ini.

Pastikan produknya memiliki fungsi UV protection

Pastikan produknya memiliki fungsi UV protection

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kacamata running, pastikan produk yang Anda pilih memiliki fungsi UV protection. Informasi mengenai ada tidaknya fungsi ini dapat Anda cek pada deskripsi produk masing-masing.


Perlu diingat, meskipun produk telah berlabel anti-UV, Anda tetap perlu membaca informasi dengan teliti mengenai performanya. Agar tidak bingung, kami akan memberikan poin penting yang perlu Anda cermati.


  • Nilai UV protection menunjukkan tingkat persentase sinar ultraviolet yang dapat dicegah oleh produk tersebut. Makin mendekati 100%, maka makin tinggi kemampuan sunglasses untuk menghalangi masuknya sinar.


  • Kebalikan dari UV protection adalah UV transmittance, yaitu kemampuan sunglasses untuk meneruskan sinar ultraviolet. Makin rendah nilai transmitans, performanya untuk menghalangi sinar ultraviolet justru makin baik. Sebagai contoh, produk dengan transmitans 0,1% dapat menghalangi sinar ultraviolet lebih banyak daripada produk yang nilai transmitansnya 1%.

  • Anda juga akan menemukan produk dengan notasi UV400 di pasaran. Notasi berstandar Australia ini menunjukkan kemampuan produk dalam menghalangi sinar ultraviolet dengan panjang gelombang hingga 400 nanometer.

Pertimbangkan warna yang tidak terlalu gelap

Pertimbangkan warna yang tidak terlalu gelap

Pernah berpikir bahwa sunglasses berwarna gelap dapat menghalau sinar ultraviolet? Itu merupakan pemahaman yang salah. Ketika memakai sunglasses berwarna gelap, pupil mata akan melebar dan malah membuat sinar ultraviolet lebih mudah masuk. Karena itu, untuk Anda yang memprioritaskan perlindungan terhadap ultraviolet, sebaiknya hindari kacamata lari berwarna gelap.


Selain itu, lari adalah olahraga yang dilakukan di luar ruangan sehingga ada kemungkinan Anda berlari saat cuaca mendung. Tentu saja, Anda akan kesulitan melihat kondisi sekitar jika memakai kacamata jogging dengan warna terlalu gelap.


Karena itu, Anda perlu memahami istilah visible light transmittance. Makin rendah persentasenya, makin sedikit sinar yang ditransmisikan. Dengan demikian, warna sunglasses juga akan makin gelap. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih sunglasses dengan persentase visible light transmittance sebesar 30% agar nyaman digunakan.

Perhatikan bahan bingkainya

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan bahan dari bingkainya. Pada umumnya, terdapat dua bahan yang sering digunakan untuk membuat kacamata lari, yakni bahan metal dan plastik. Kedua bahan tersebut pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui detailnya, baca penjelasan di bawah ini.


  • Metal

Kelebihan dari bingkai berbahan metal adalah daya tahannya kuat dan tahan lama. Sayangnya, bahan ini cenderung lebih berat dan bisa menjadi terlalu panas saat dipakai, terlebih jika cuaca sedang panas. Cukup banyak jenis dari bahan metal, salah satunya adalah aluminium.


  • Plastik

Sama seperti metal, jenis dari bingkai berbahan plastik juga cukup banyak. Anda dapat menemukan bingkai berbahan polycarbonate (PC), TR90, dan thermoplastic polyurethane (TPU). Meski jenisnya banyak, frame berbahan plastik tergolong lebih ringan sehingga tak akan membuat pusing ketika dipakai berlama-lama. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, bahan ini mudah patah.

Sesuaikan ukuran yang pas agar tidak gampang jatuh

Sesuaikan ukuran yang pas agar tidak gampang jatuh

Ketika berlari, Anda mungkin khawatir kacamata running akan terjatuh. Karena itu, sebaiknya pilih produk berukuran pas agar tidak mudah jatuh meski Anda banyak bergerak.


Namun, mungkin Anda akan kesulitan untuk memastikan ukuran yang benar-benar pas saat membeli secara online. Jadi, kami merekomendasikan produk dengan bantalan hidung dari karet agar tidak mudah bergeser walau keringat mengucur deras.


Perlu diingat, memakai kacamata running yang terlalu pas dapat membuat kepala Anda pusing. Hal ini terjadi karena bingkai kacamata akan menekan pembuluh darah dan saraf telinga. Jadi, berhati-hatilah saat memilih agar Anda tetap prima dalam perlombaan lari.

Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung

Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung

Saat dicoba pertama kali, Anda akan berpikir bahwa kacamata lari cukup ringan sehingga merasa tidak perlu mengkhawatirkan bobotnya. Namun, ketika dipakai dalam jangka waktu lama, bobot kacamata akan makin terasa. Terlebih jika Anda memilih produk yang agak berat. Beberapa orang dapat mengalami sakit kepala akibat beban yang diterima oleh hidung untuk menopang sunglasses.


Masalah ini bisa dihindari jika Anda memilih sunglasses dengan bobot seringan mungkin. Namun, beberapa penjual tidak mencantumkan informasi ini secara jelas sehingga Anda perlu bertanya lebih lanjut sebelum membeli.

Periksa ketersediaan fungsi polarized

Periksa ketersediaan fungsi polarized

Kacamata dengan lensa polarized adalah pilihan tepat ketika beraktivitas di luar rumah pada hari yang terik dan menyilaukan. Lensa dengan fungsi seperti ini membuat mata Anda tidak mudah lelah karena berkurangnya intensitas cahaya yang masuk ke mata.


Kacamata dengan lensa polarized memiliki filter khusus yang terpasang di dalam lensa. Filter inilah yang membuat pantulan cahaya dari permukaan jalan atau permukaan air tidak dapat tembus. Tidak perlu khawatir, lensa polarized tidak menghalangi masuknya cahaya dari arah vertikal sehingga objek tetap dapat terlihat jelas.

10 Rekomendasi kacamata lari terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kacamata lari terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 10 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Colore.in Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, VEITHDIA Sport Sunglasses Men Aluminum Outdoor yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Colore.in  Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV  1

Colore.in

2
Honeywell  Kacamata Safety King's Anti-Scratch  1

Honeywell

3
EIGER Haller Sunglasses 1

EIGER

4
Uvex I-vo spectacles 1

Uvex

5
OULAIOU  Kacamata Sepeda Lensa Mercury  1

OULAIOU

6
VEITHDIA Sport Sunglasses Men Aluminum Outdoor 1

VEITHDIA

7
Goodr Mach G 1

Goodr

8
GREY JACK Kacamata Polarized Photocromic 2-in-1 1

GREY JACK

9
GUB Layered Polarized Lens Sport Glasses 1

GUB

10
Goodr A Ginger's Soul 1

Goodr

Nama produk

Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV

Kacamata Safety King's Anti-Scratch

Haller Sunglasses

I-vo spectacles

Kacamata Sepeda Lensa Mercury

Sport Sunglasses Men Aluminum Outdoor

Mach G

Kacamata Polarized Photocromic 2-in-1

Layered Polarized Lens Sport Glasses

A Ginger's Soul

Keunggulan

Saku Anda kecil? Kacamata running ini solusinya!

Pandangan tetap terang dengan lensa antigores

Frame berbentuk kotak untuk si wajah bulat

Bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah, pasti pas!

Aman, dilengkapi dengan lensa antipecah!

Lensa HD polarized berikan gambaran visual yang memukau

Mau tampil bergaya saat berlari? Pilih produk ini!

Makin praktis karena lensa photocromic-nya

Warna lensanya membuat wajah tampak lebih cerah

Desain klasik dengan tujuh lapis lensa

Harga mulai dariRp 138.000,00Rp 40.000,00Rp 269.000,00Rp 161.100,00Rp 58.800,00Rp 416.694,00Rp 649.000,00Rp 599.000,00Rp 299.000,00Rp 499.000,00
Kadar UV protectionTidak disebutkan99,9%Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan100%100%Tidak disebutkanTidak disebutkan100%
Fungsi UV400YaTidak disebutkanYaYaYaYaYaYaYaTersedia
Bahan bingkaiTR90Tidak disebutkanTidak disebutkanTPU/TPEPlsatikAluminium magnesium alloyTidak disebutkanTR90PCTidak disebutkan
Bobot22 g22 gTidak disebutkan54 g100 g27 gTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan22 g
Fungsi polarizedYaTidak disebutkanYaYaYaYaYaYaYaYa
Tautan produk
10
Kadar UV protection100%
Fungsi UV400Tersedia
Bahan bingkaiTidak disebutkan
Bobot22 g
Fungsi polarizedYa
9

GUBLayered Polarized Lens Sport Glasses

6500

Mulai dari Rp 299.000,00

Kadar UV protectionTidak disebutkan
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiPC
BobotTidak disebutkan
Fungsi polarizedYa
8

GREY JACKKacamata Polarized Photocromic 2-in-1

3034

Mulai dari Rp 599.000,00

Kadar UV protectionTidak disebutkan
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiTR90
BobotTidak disebutkan
Fungsi polarizedYa
7
Kadar UV protection100%
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Fungsi polarizedYa
6

VEITHDIASport Sunglasses Men Aluminum Outdoor

V6518

Mulai dari Rp 416.694,00

Kadar UV protection100%
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiAluminium magnesium alloy
Bobot27 g
Fungsi polarizedYa
5

OULAIOU Kacamata Sepeda Lensa Mercury

3015

Mulai dari Rp 58.800,00

Kadar UV protectionTidak disebutkan
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiPlsatik
Bobot100 g
Fungsi polarizedYa
4
Kadar UV protectionTidak disebutkan
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiTPU/TPE
Bobot54 g
Fungsi polarizedYa
3
Kadar UV protectionTidak disebutkan
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Fungsi polarizedYa
2

Honeywell Kacamata Safety King's Anti-Scratch

KY222

Mulai dari Rp 40.000,00

Kadar UV protection99,9%
Fungsi UV400Tidak disebutkan
Bahan bingkaiTidak disebutkan
Bobot22 g
Fungsi polarizedTidak disebutkan
1

Colore.in Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV

199

Mulai dari Rp 138.000,00

Kadar UV protectionTidak disebutkan
Fungsi UV400Ya
Bahan bingkaiTR90
Bobot22 g
Fungsi polarizedYa

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Kami berharap Anda terbantu setelah menyimak artikel ini sehingga memudahkan Anda dalam memilih kacamata lari. Kami juga mempunyai rekomendasi produk lain, seperti kacamata hitam untuk road bike, kacamata anti-UV, dan kacamata golf. Anda dapat menyimaknya melalui link di bawah ini. Anda juga dapat membaca rekomendasi produk lain melalui website kami di my-best.id.

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi kacamata lari yang telah kami pilih untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kami harap Anda mendapatkan produk terbaik sehingga olahraga lari Anda makin optimal.


Sebelum memilih, pastikan bahwa produknya memiliki performa yang bagus, tidak terlalu gelap, berukuran pas, dan berbobot ringan. Silakan bookmark artikel ini agar dapat dibaca ulang, ya. Selamat berolahraga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Lari adalah olahraga yang sederhana sebab tidak menggunakan banyak alat. Satu-satunya perlengkapan yang Anda perlukan adalah sepatu. Dengan sepatu yang nyaman, kegiatan lari akan lebih menyenangkan. Anda yang memiliki bujet ketat juga tak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak sepatu running yang bagus dengan harga di bawah 1 juta.Sebelum Anda membeli, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa sepatu lari terbaik yang harganya tak lebih dari 1 juta. Diadora, adidas, dan Nike juga masuk dalam daftar review kami. Selamat menemukan running shoes yang pas di kantong!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu jogging merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan jika Anda menggemari olahraga lari. Merek ternama, seperti Nike, ASICS, dan adidas menyediakan sepatu jogging yang bervariasi. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Banyaknya sepatu jogging yang ada di pasaran memang bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu jogging sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bagus. Nah, selamat membaca dan dapatkan sepatu jogging terbaik yang Anda butuhkan!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu jenis olahraga lari yang banyak digemari adalah trail running. Trail running merupakan olahraga lari dengan lintasan di alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan di jalan beraspal. Olahraga ini memerlukan sepatu dengan sol khusus yang berciri waterproof, menggunakan sol tebal, dan berukuran lebih lebar.Pemula yang baru ingin mencoba trail running biasanya kebingungan memilih sepatu. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih sepatu trail running terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari merek terkenal, seperti Eiger, Nike, HOKA, dan ASICS. Simak sampai habis, ya!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Jogging adalah bentuk berlari dengan langkah santai. Jika dibandingkan dengan running, intensitas kecepatan pada jogging lebih lambat. Selain itu, gerakan pada lutut lebih sedikit terangkat dan lengan tidak perlu berayun terlalu banyak. Untuk itu, Anda membutuhkan sepatu yang tepat untuk mendukung aktivitas jogging Anda.Untuk Anda yang belum tahu karakteristik sepatu jogging, kami akan menjelaskannya di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk sepatu jogging terbaik dan yang bagus untuk wanita. Sepatu jogging merek Adidas, Nike, ASICS, dan League dapat Anda temukan pada rekomendasi kami di bawah ini.
    Running
  • 10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering mengikuti trail running, keberadaan tas trail run tentu menjadi sangat penting. Saat ini banyak merek ternama, seperti EIGER, Aonijie, dan CARION yang mengeluarkan tas trail run yang bagus dan berkualitas. Namun, sebelum membeli, Anda perlu memastikan bahwa penggunaannya tidak mengganggu pergerakan.Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tak hanya sampai di situ, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi tas untuk trail running dan mengulasnya untuk Anda. Jadi, simak sampai akhir, ya!
    Running
  • 10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Shoes Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Running shoes dan sepatu sekolah merupakan dua hal yang berbeda. Meski bergitu, running shoes juga bisa digunakan untuk pergi ke sekolah. Saat ini, berbagai brand mengembangkan produk running shoes khusus anak-anak, seperti Adidas, Skechers, dan New Balance. Namun, running shoes seperti apakah yang cocok untuk anak Anda?Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih running shoes yang bagus untuk anak Anda. Tak lupa, kami juga merekomendasikan merek running shoes terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan. Simak ulasannya dan pilihlah sepatu yang keren serta mudah dipakai oleh anak-anak Anda!
    Running
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori