mybest
Aksesori running

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Running
  4. 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Belakangan ini, penggunaan sunglasses makin marak di kalangan pencinta olahraga lari atau maraton. Produk ini memiliki beragam manfaat sehingga direkomendasikan untuk dimiliki. Tersedia berbagai kacamata jogging di pasaran dengan filter UV, lensa, dan kepekatan warna yang berbeda-beda. Sudahkah Anda mengetahui tipe kacamata running yang Anda perlukan?


Kami akan membantu Anda memahami cara memilih kacamata lari yang bagus. Kami juga telah menyeleksi produk-produk dari merek kenamaan, seperti EIGER dan Goodr yang dapat Anda beli secara online. Pastikan aktivitas lari Anda jadi makin nyaman dengan memiliki produk kacamata lari terbaik!

Diperbaharui 08-16-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Manfaat menggunakan kacamata saat berlari

Manfaat menggunakan kacamata saat berlari

Makin meningkatnya minat masyarakat terhadap olahraga lari menyebabkan perlombaan maraton makin banyak digelar di berbagai tempat. Alasannya tidak lain karena olahraga ini mudah dilakukan dan baik untuk kesehatan.


Nah, cobalah perhatikan para pelari profesional atau peserta lomba maraton pada umumnya. Anda akan melihat sebagian dari mereka memakai sunglasses. Sebenarnya, apa manfaat memakai kacamata saat berlari, sih? Simaklah poin berikut ini.


  • Penggunaan sunglasses akan mengurangi kelelahan akibat sinar matahari yang mengenai mata. Riset menyatakan ketika sinar ultraviolet memasuki mata, otak akan mengirimkan respons berupa senyawa yang memicu rasa lelah. Jadi, menggunakan kacamata lari sangat membantu mengurangi paparan sinar ultraviolet yang akan membuat mata cepat letih.


  • Memakai kacamata running dapat mencegah terbentuknya bintik hitam akibat zat melanin yang dipicu oleh sinar ultraviolet.

  • Mata Anda juga akan terlindungi dari debu dan serangga saat memakainya. Alhasil, Anda dapat fokus berlari dengan baik.

Cara memilih kacamata lari

Ada banyak kacamata running di pasaran. Namun, produk yang cocok untuk lari maraton berbeda dengan kacamata untuk olahraga lainnya. Pastikan Anda memilih produk yang tepat dengan mencermati poin-poin berikut ini.

① Pastikan produknya memiliki fungsi UV protection

Pastikan produknya memiliki fungsi UV protection

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kacamata running, pastikan produk yang Anda pilih memiliki fungsi UV protection. Informasi mengenai ada tidaknya fungsi ini dapat Anda cek pada deskripsi produk masing-masing.


Perlu diingat, meskipun produk telah berlabel anti-UV, Anda tetap perlu membaca informasi dengan teliti mengenai performanya. Agar tidak bingung, kami akan memberikan poin penting yang perlu Anda cermati.


  • Nilai UV protection menunjukkan tingkat persentase sinar ultraviolet yang dapat dicegah oleh produk tersebut. Makin mendekati 100%, maka makin tinggi kemampuan sunglasses untuk menghalangi masuknya sinar.


  • Kebalikan dari UV protection adalah UV transmittance, yaitu kemampuan sunglasses untuk meneruskan sinar ultraviolet. Makin rendah nilai transmitans, performanya untuk menghalangi sinar ultraviolet justru makin baik. Sebagai contoh, produk dengan transmitans 0,1% dapat menghalangi sinar ultraviolet lebih banyak daripada produk yang nilai transmitansnya 1%.

  • Anda juga akan menemukan produk dengan notasi UV400 di pasaran. Notasi berstandar Australia ini menunjukkan kemampuan produk dalam menghalangi sinar ultraviolet dengan panjang gelombang hingga 400 nanometer.

② Pertimbangkan warna yang tidak terlalu gelap

Pertimbangkan warna yang tidak terlalu gelap

Pernah berpikir bahwa sunglasses berwarna gelap dapat menghalau sinar ultraviolet? Itu merupakan pemahaman yang salah. Ketika memakai sunglasses berwarna gelap, pupil mata akan melebar dan malah membuat sinar ultraviolet lebih mudah masuk. Karena itu, untuk Anda yang memprioritaskan perlindungan terhadap ultraviolet, sebaiknya hindari kacamata lari berwarna gelap.


Selain itu, lari adalah olahraga yang dilakukan di luar ruangan sehingga ada kemungkinan Anda berlari saat cuaca mendung. Tentu saja, Anda akan kesulitan melihat kondisi sekitar jika memakai kacamata jogging dengan warna terlalu gelap.


Karena itu, Anda perlu memahami istilah visible light transmittance. Makin rendah persentasenya, makin sedikit sinar yang ditransmisikan. Dengan demikian, warna sunglasses juga akan makin gelap. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih sunglasses dengan persentase visible light transmittance sebesar 30% agar nyaman digunakan.

③ Perhatikan bahan bingkainya

Perhatikan bahan bingkainya
Sumber: goodr.com

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan bahan dari bingkainya. Pada umumnya, terdapat dua bahan yang sering digunakan untuk membuat kacamata lari, yakni bahan metal dan plastik. Kedua bahan tersebut pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahui detailnya, baca penjelasan di bawah ini.


  • Metal

Kelebihan dari bingkai berbahan metal adalah daya tahannya kuat dan tahan lama. Sayangnya, bahan ini cenderung lebih berat dan bisa menjadi terlalu panas saat dipakai, terlebih jika cuaca sedang panas. Cukup banyak jenis dari bahan metal, salah satunya adalah aluminium.


  • Plastik

Sama seperti metal, jenis dari bingkai berbahan plastik juga cukup banyak. Anda dapat menemukan bingkai berbahan polycarbonate (PC), TR90, dan thermoplastic polyurethane (TPU). Meski jenisnya banyak, frame berbahan plastik tergolong lebih ringan sehingga tak akan membuat pusing ketika dipakai berlama-lama. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, bahan ini mudah patah.

④ Sesuaikan ukuran yang pas agar tidak gampang jatuh

Sesuaikan ukuran yang pas agar tidak gampang jatuh

Ketika berlari, Anda mungkin khawatir kacamata running akan terjatuh. Karena itu, sebaiknya pilih produk berukuran pas agar tidak mudah jatuh meski Anda banyak bergerak.


Namun, mungkin Anda akan kesulitan untuk memastikan ukuran yang benar-benar pas saat membeli secara online. Jadi, kami merekomendasikan produk dengan bantalan hidung dari karet agar tidak mudah bergeser walau keringat mengucur deras.


Perlu diingat, memakai kacamata running yang terlalu pas dapat membuat kepala Anda pusing. Hal ini terjadi karena bingkai kacamata akan menekan pembuluh darah dan saraf telinga. Jadi, berhati-hatilah saat memilih agar Anda tetap prima dalam perlombaan lari.

⑤ Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung

Pilih yang ringan agar tidak membebani hidung

Saat dicoba pertama kali, Anda akan berpikir bahwa kacamata lari cukup ringan sehingga merasa tidak perlu mengkhawatirkan bobotnya. Namun, ketika dipakai dalam jangka waktu lama, bobot kacamata akan makin terasa. Terlebih jika Anda memilih produk yang agak berat. Beberapa orang dapat mengalami sakit kepala akibat beban yang diterima oleh hidung untuk menopang sunglasses.


Masalah ini bisa dihindari jika Anda memilih sunglasses dengan bobot seringan mungkin. Namun, beberapa penjual tidak mencantumkan informasi ini secara jelas sehingga Anda perlu bertanya lebih lanjut sebelum membeli.

⑥ Periksa ketersediaan fungsi polarized

Periksa ketersediaan fungsi polarized

Kacamata dengan lensa polarized adalah pilihan tepat ketika beraktivitas di luar rumah pada hari yang terik dan menyilaukan. Lensa dengan fungsi seperti ini membuat mata Anda tidak mudah lelah karena berkurangnya intensitas cahaya yang masuk ke mata.


Kacamata dengan lensa polarized memiliki filter khusus yang terpasang di dalam lensa. Filter inilah yang membuat pantulan cahaya dari permukaan jalan atau permukaan air tidak dapat tembus. Tidak perlu khawatir, lensa polarized tidak menghalangi masuknya cahaya dari arah vertikal sehingga objek tetap dapat terlihat jelas.

10 Rekomendasi kacamata lari terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kacamata lari terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Colore.in

Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV

Colore.in  Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV  1枚目

Saku Anda kecil? Kacamata running ini solusinya!

2

Honeywell

Kacamata Safety King's Anti-Scratch

Honeywell  Kacamata Safety King's Anti-Scratch  1枚目

Pandangan tetap terang dengan lensa antigores

3

EIGER

Haller Sunglasses

EIGER Haller Sunglasses 1枚目

Frame berbentuk kotak untuk si wajah bulat

4

Uvex

I-vo spectacles

Uvex I-vo spectacles 1枚目

Bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah, pasti pas!

5

OULAIOU

Kacamata Sepeda Lensa Mercury

OULAIOU  Kacamata Sepeda Lensa Mercury  1枚目

Aman, dilengkapi dengan lensa antipecah!

6

VEITHDIA

Sport Sunglasses Men Aluminum Outdoor

VEITHDIA Sport Sunglasses Men Aluminum Outdoor 1枚目

Lensa HD polarized berikan gambaran visual yang memukau

7

Goodr

Mach G

Goodr Mach G 1枚目

Mau tampil bergaya saat berlari? Pilih produk ini!

8

GREY JACK

Kacamata Polarized Photocromic 2-in-1

GREY JACK Kacamata Polarized Photocromic 2-in-1 1枚目

Makin praktis karena lensa photocromic-nya

9

GUB

Layered Polarized Lens Sport Glasses

GUB Layered Polarized Lens Sport Glasses 1枚目

Warna lensanya membuat wajah tampak lebih cerah

10

Goodr

A Ginger's Soul

Goodr A Ginger's Soul 1枚目

Desain klasik dengan tujuh lapis lensa

Perincian produk
Close
No.1

Colore.in Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV 199

Mulai dari Rp138.000,00

Saku Anda kecil? Kacamata running ini solusinya!

Kelebihan:

  • Bingkainya dari bahan TR90 yang mempunyai sifat fleksibel dan antigores
  • Terdapat dua pilihan case

 

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan jika strap pada case-nya mudah putus

Terbayang bukan, bagaimana outfit Anda saat melakukan olahraga lari? Selain agak ketat, saku yang terdapat di celana lari biasanya agak sempit. Hal ini membuat sunglasses yang terlalu besar tidak akan muat disimpan dalam saku tersebut.


Namun, dengan kacamata running ini, masalah Anda akan teratasi karena ia bisa dilipat dengan praktis. Ukurannya yang compact pun membuatnya mudah dibawa ke mana-mana!

No.2

Honeywell Kacamata Safety King's Anti-Scratch KY222

Mulai dari Rp40.000,00

Pandangan tetap terang dengan lensa antigores

Kelebihan:

  • Memiliki nose pad yang lembut dan diklaim sesuai dengan berbagai bentuk batang hidung

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan warna frame dan lensa

Sunglasses memiliki lensa yang sensitif sehingga harus dirawat dengan hati-hati. Alasannya, pandangan akan terganggu dan menghalangi penglihatan Anda saat berlari jika kacamata tergores.


Jika Anda sedang mencari kacamata jogging yang kuat, produk ini merupakan pilihan tepat karena lensanya dijamin antigores. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki desain yang ramping sehingga cocok dipakai oleh pemilik wajah kecil.

No.3

Frame berbentuk kotak untuk si wajah bulat

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan case dan kain pembersih

Kekurangan:

  • Desainnya tidak unisex, hanya diperuntukkan untuk pria

Bagi pemilik wajah bulat, Anda tetap bisa tampil sempurna saat mengenakan produk dari EIGER ini. Bagaimana tidak, kacamata lari ini memiliki bentuk frame kotak yang akan membuat siluet wajah Anda tampak lebih proporsional. Anda juga akan mendapatkan hard case pada setiap pembelian. Jadi, kacamata pun dapat disimpan dengan aman tanpa khawatir tergores ataupun patah.

No.4

UvexI-vo spectacles9160076

Mulai dari Rp161.100,00

Bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah, pasti pas!

Kelebihan:

  • Produk ini bisa digunakan saat cuaca cerah atau mendung karena kadar warna abu-abu di lensa hanya 23%
  • Kadar visible light transmittance-nya sebesar 11% sehingga kacamata tampak lebih gelap

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan jika lensanya mudah tergores dan bingkainya mudah mengelupas

Kacamata lari dari Uvex ini didesain dengan multi-level side arm inclination dan different side arm length. Kedua desain tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur gagang sesuai bentuk wajah.


Jadi, produk ini cocok dipilih jika Anda membutuhkan kacamata yang pas di wajah. Bagian gagang sisi kanan dan kiri pada kacamata ini sangat fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran wajah Anda.

No.5

OULAIOU Kacamata Sepeda Lensa Mercury 3015

Mulai dari Rp58.800,00

Aman, dilengkapi dengan lensa antipecah!

Kelebihan:

  • Terdapat lebih dari lima pilihan warna
  • Cocok juga dipakai untuk bersepeda

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan jika lensanya mudah terlepas dari bingkai

Olahraga lari adalah kegiatan yang membutuhkan banyak gerak. Walaupun kacamata jogging yang dipilih sudah fit, kemungkinan kacamata terjatuh tetap ada. Nah, produk ini telah didesain dengan lensa antipecah untuk menghilangkan kekhawatiran Anda akan pecahnya lensa apabila terjatuh.


Selain untuk olahraga lari, sunglasses ini juga direkomendasikan untuk Anda yang suka bersepeda. Bingkainya terbuat dari plastik yang nyaman dan bentuknya agak melengkung untuk mencegah sunglasses ini jatuh atau kendur.

No.6

VEITHDIASport Sunglasses Men Aluminum OutdoorV6518

Mulai dari Rp416.694,00

Lensa HD polarized berikan gambaran visual yang memukau

Kelebihan:
  • Didesain dengan adjustable leg yang fit untuk semua bentuk wajah
  • Dilengkapi hard case dan kain pembersih

Kekurangan:

  • Desainnya cukup manly, kurang cocok dipilih oleh Anda yang menyukai tampilan feminin

Kacamata ini dilengkapi dengan nose pad karet yang terasa empuk dan nyaman di kulit. Hidung Anda pun akan terasa nyaman sepanjang waktu. Lalu, lensa HD polarized-nya memungkinkan kacamata ini menampilkan true color dan memberi kualitas visual high definition (HD).


Jadi, Anda bisa melihat hal-hal di sekitar Anda dengan lebih jernih dan tajam. Apabila Anda ingin berolahraga sambil menikmati keindahan visual di sekitar Anda, produk ini tak boleh Anda lewatkan.

No.7

GoodrMach G

Mulai dari Rp649.000,00

Mau tampil bergaya saat berlari? Pilih produk ini!

Kelebihan:

  • Menawarkan sebelas pilihan warna frame yang chic, Anda pun bisa lebih leluasa memilih
  • Sudah dilengkapi dengan hard case

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan ukuran

Goodr menghadirkan kacamata lari dengan bentuk aviator yang klasik. Meskipun begitu, desain dan perpaduan warna lensa dengan bingkainya membuat tampilan produk ini terlihat lebih trendi. Anda yang ingin memiliki kacamata lari dengan look yang kece, produk ini dapat Anda pertimbangkan.


Selain tampilannya menarik, produk ini menawarkan proteksi UV400 yang mampu melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. Bingkainya pun cukup ringan sehingga kacamata tak mudah bergoncang saat Anda pakai untuk berlari.

No.8

GREY JACKKacamata Polarized Photocromic 2-in-13034

Mulai dari Rp599.000,00

Makin praktis karena lensa photocromic-nya

Kelebihan:

  • Setiap pembelian akan mendapatkan bonus pouch dan pembersih
  • Nose pad-nya didesain agar tidak meninggalkan bekas merah di hidung
  • Bingkainya dibuat dari bahan yang fleksibel, ringan, dan tahan lama

Kekurangan:

  • Karena ukurannya cukup besar dan lebar, kurang cocok dipakai oleh Anda pemilik wajah mungil

Anda tidak suka berganti-ganti lensa kacamata karena perubahan kondisi cuaca dan pencahayaan di sekitar Anda? Produk keluaran GREY JACK ini wajib Anda miliki karena dilengkapi dengan lensa photocromic. Adapun lensa ini mampu memberi perlindungan lebih optimal terhadap sinar UV.


Caranya adalah dengan berubah warna menjadi lebih gelap ketika Anda berada di luar ruangan. Sebaliknya, ketika Anda berada di dalam ruangan atau tidak terpapar sinar UV, lensanya akan kembali menjadi jernih. Alhasil, Anda tidak perlu lagi membawa dua kacamata untuk di dalam dan di luar ruangan, praktis!

No.9

GUBLayered Polarized Lens Sport Glasses6500

Mulai dari Rp299.000,00

Warna lensanya membuat wajah tampak lebih cerah

Kelebihan:

  • Sudah satu paket dengan strap, pembersih, wadah, dan lainnya
  • Dibuat dari bahan yang tahan goncangan dan tidak mudah pecah
  • Kenyamanan saat memakai kacamata dapat dirasakan berkat nose pad berbahan karet

Kekurangan:

  • Kurang cocok bagi penyuka gaya netral atau simpel

Dengan bahan polikarbonat, produk ini menjadi kacamata yang ringan dan kuat. Dari sisi warna lensa, perpaduan warna gradasi yang cerah membuat wajah Anda pun tampak lebih terang. Produk ini cocok dipakai jika warna kulit Anda sawo matang, seperti warna kulit orang Asia pada umumnya.


Warna yang dihadirkannya pun sangat serasi dengan ketiga pilihan warna frame-nya. Selain itu, lensa kacamata ini sudah dilengkapi fungsi UV400 dan teknologi polarized, lho!

No.10

GoodrA Ginger's Soul

Mulai dari Rp499.000,00

Desain klasik dengan tujuh lapis lensa

Kelebihan:
  • Memiliki frame yang ringan sehingga tidak mudah memantul saat Anda berlari

Kekurangan:

  • Hanya menawarkan satu pilihan warna

Jika Anda mencari kacamata dengan desain klasik dan simple, produk dari Goodr ini layak dipertimbangkan. Selain desainnya yang klasik, produk ini juga mempunyai tujuh lapis lensa dengan banyak manfaat.


Beberapa manfaatnya adalah UV400, antigores, dan polarized filter. Selain tujuh lapis lensa, produk ini juga didesain antiselip. Jadi, walaupun Anda berkeringat saat berlari, kacamata tidak akan terlepas.

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Kami berharap Anda terbantu setelah menyimak artikel ini sehingga memudahkan Anda dalam memilih kacamata lari. Kami juga mempunyai rekomendasi produk lain, seperti kacamata hitam untuk road bike, kacamata anti-UV, dan kacamata golf. Anda dapat menyimaknya melalui link di bawah ini. Anda juga dapat membaca rekomendasi produk lain melalui website kami di my-best.id.

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi kacamata lari yang telah kami pilih untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Kami harap Anda mendapatkan produk terbaik sehingga olahraga lari Anda makin optimal.


Sebelum memilih, pastikan bahwa produknya memiliki performa yang bagus, tidak terlalu gelap, berukuran pas, dan berbobot ringan. Silakan bookmark artikel ini agar dapat dibaca ulang, ya. Selamat berolahraga!

5 Rekomendasi Kacamata Lari terbaik

No. 1Colore.in Kacamata Hitam Lipat Sunglasses Foldable Anti UV 199

No. 2Honeywell Kacamata Safety King's Anti-Scratch KY222

No. 3EIGERHaller Sunglasses

No. 4UvexI-vo spectacles9160076

No. 5OULAIOU Kacamata Sepeda Lensa Mercury 3015

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer