10 Rekomendasi Hand Cream Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Hand Cream Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hand cream merupakan produk perawatan tangan yang mudah digunakan dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit tangan Anda. Bahkan saat ini hand cream berbahan organik juga populer di kalangan masyarakat karena disebut-sebut mampu mengurangi risiko timbulnya efek iritasi dan cocok untuk segala jenis kulit.

Beberapa merek terkenal seperti Yves Rocher, Supergoop!, Caudalie, dan Sensatia Botanicals telah memproduksi hand cream berbahan organik yang bagus dan layak Anda coba. Namun, mana yang paling tepat untuk kulit tangan Anda? Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara pemilihan hand cream organik agar Anda bisa menemukan produk yang sesuai!

Daftar isi

Cara memilih hand cream organik

Ada berbagai jenis hand cream organik yang bisa digunakan untuk mencegah agar jari-jari tangan tidak kering. Anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan tujuan dan frekuensi penggunaan.

Seberapa banyak kandungan bahan organiknya

Bahan organik yang digunakan di sini memiliki arti yang sama dengan bahan yang dibudidayakan secara organik. Budi daya organik merupakan salah satu metode pertanian yang dilakukan tanpa penggunaan pestisida atau pupuk kimia. Jika ada satu bahan yang dibudidayakan secara organik yang terkandung dalam suatu produk, produk tersebut telah dapat disebut sebagai produk organik.

Meskipun telah mengandung satu bahan organik, suatu produk tidak bisa dikatakan benar-benar ramah untuk kulit, terutama bila ternyata produk tersebut mengandung pewarna sintetis atau zat kimia. Jika Anda ingin memilih produk yang sebisa mungkin ramah bagi kulit, periksalah seberapa banyak bahan organik yang terkandung di dalamnya.

Pilih yang mengandung wewangian organik

Pilih yang mengandung wewangian organik

Aroma merupakan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih hand cream organik. Bagi Anda yang tidak suka dengan wewangian, dianjurkan memilih produk tanpa aroma. Namun, jika Anda juga ingin menikmati aroma hand cream, periksalah apakah aromanya termasuk aroma organik atau tidak. Tidak seperti wewangian buatan, aroma tanaman yang berasal dari alam juga dapat memberikan efek relaksasi.

Pilih berdasarkan preferensi bahan pelembap

Pilih berdasarkan preferensi bahan pelembap

Hand cream organik mengandung minyak yang berasal dari tumbuhan sebagai bahan pelembap, dan yang paling sering digunakan di antaranya adalah shea butter. Shea butter merupakan minyak nabati yang bisa diambil dari biji kayu shea. Karena memiliki kandungan yang mirip dengan sebum manusia, bahan ini mudah meresap ke dalam kulit dan mampu mencegah terjadinya kulit kering.

Selain shea butter, beeswax yang merupakan minyak nabati juga sering digunakan. Beeswax adalah lilin alami yang tersisa setelah pengambilan madu dari sarang lebah. Bahan ini juga digunakan pada produk-produk kosmetik karena mampu melembapkan tanpa memberikan beban pada kulit.

Karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda terhadap tekstur atau sensasi yang dirasakan di kulit ketika menggunakan hand cream, jika memungkinkan cobalah tester suatu produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Pilih yang mengandung sedikit minyak jika Anda khawatir terlalu lengket

Pilih yang mengandung sedikit minyak jika Anda khawatir terlalu lengket

Jika Anda sering menggunakan hand cream organik, kenyamanan dalam pemakaian juga merupakan poin penting dalam pemilihannya. Faktor yang membuat suatu produk hand cream dapat memberikan tekstur lembap pada kulit adalah kandungan minyak, seperti shea butter dan beeswax yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, meski memiliki kemampuan yang tinggi dalam mencegah terjadinya kekeringan pada kulit, beberapa orang khawatir bahan minyak semacam itu akan menjadikan kulit terasa lengket. Untuk kasus seperti itu, Anda dapat memilih hand cream organik dengan kandungan minyak rendah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda juga dapat mengurangi rasa lengket produk di kulit hanya dengan mengubah cara penggunaan dan kuantitas krim yang dioleskan. Jadi, harap baca instruksi penggunaan dengan saksama sebelum menggunakan suatu produk hand cream organik.

10 Rekomendasi hand cream organik terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk hand cream organik yang telah dipilih secara saksama berdasarkan cost & performance-nya. Temukan produk yang menjadi favorit Anda!

10. Nature Republic Hand & Nature Hand Cream Green Tea

10. Nature Republic Hand & Nature Hand Cream Green Tea

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Dapatkan sensasi segar di tangan dengan hand cream yang satu ini!

Nature Republic Hand & Nature Hand Cream Green Tea terdiri dari bahan dasar shea butter yang memiliki manfaat untuk memberikan kelembapan sepanjang hari. Hand cream ini sangat cocok digunakan sehari-hari berkat komposisi bahan-bahan alaminya, seperti buah, bunga, dan tanaman herbal lainnya yang juga menjadikan produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Selain fungsi utamanya untuk melembapkan kulit tangan, aroma bunga freesia yang menyegarkan pada hand cream yang satu ini akan membuat tangan Anda wangi setiap kali menggunakannya. Jadi, bagi Anda yang menyukai produk beraroma, hand cream yang satu ini bisa menjadi pilihan!

9. The Saem Perfumed Hand Cream Iris

9. The Saem Perfumed Hand Cream Iris

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.000

Tekstur krim yang chewy untuk wewangian sehari-hari

Jika Anda memiliki keluhan masalah kulit, seperti kulit kering, eczema, dermatitis, atau lainnya, Anda dapat mencoba produk ini untuk mengatasinya. Hand cream ini memanfaatkan mango seed butter yang berfungsi untuk melembapkan kulit yang sangat kering, kakao seed butter untuk menutrisi, dan coconut seed butter untuk menjaga elastisitas kulit serta mengontrol minyak.

Meski kaya akan bahan-bahan yang dapat melembapkan kulit, The Saem Perfumed Hand Cream Iris memiliki tekstur krim yang chewy sehingga tidak lengket dan tetap nyaman digunakan. Selain itu, produk ini juga memiliki aroma bunga iris yang segar sehingga dapat digunakan juga sebagai wewangian sehari-hari.

8. Kiehl’s Ultimate Strength Hand Salve

8. Kiehl's Ultimate Strength Hand Salve

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Memperbaiki tampilan kulit dan menjaga kelembapan alaminya

Bagi Anda yang banyak beraktivitas atau melakukan pekerjaan berat yang menggunakan tangan dan memiliki tangan yang cenderung kering, Kiehl’s Ultimate Strength Hand Salve bisa menjadi pilihan yang tepat! Produk ini diformulasikan untuk dapat membantu melindungi serta memperbaiki tampilan kulit tangan yang mengalami kekeringan akibat pekerjaan berat.

Hand cream ini menggunakan bahan minyak nabati dan natural wax yang berasal dari minyak zaitun sehingga efektif untuk melembapkan, menenangkan, dan memperbaiki kondisi kulit. Produk ini akan melindungi tangan layaknya “sarung tangan” sehingga kelembapan alami kulit akan tetap terjaga.

7. Nuxe Hand and Nail Cream Rêve de Miel

7. Nuxe Hand and Nail Cream Rêve de Miel

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 180.000

Melembutkan tangan sekaligus memperkuat kuku

Dengan kekuatan madu yang efektif untuk memulihkan kondisi kulit, Nuxe Hand and Nail Cream Rêve de Miel sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kondisi kulit tangan sangat kering. Dalam produk ini juga ditambahkan berbagai precious oils dan vitamin E yang dapat menutrisi kulit secara mendalam dan melindunginya dari penuaan.

Hand cream organik ini telah diuji pada suhu yang sangat dingin dan terbukti mampu membuat kulit tetap tenang, cocok digunakan untuk cuaca dingin yang kerap membuat kulit kering. Selain memberi efek melembutkan pada tangan, hand cream ini juga dapat memperkuat kuku hari demi hari. Anda tertarik mencobanya?

6. Yves Rocher Ultra-Nourishing Hand Cream

6. Yves Rocher Ultra-Nourishing Hand Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 594.000

Melindungi tangan Anda dari cuaca dingin

Jika kulit tangan Anda menjadi kering dan terlihat kurang terawat saat cuaca dingin, Yves Rocher Ultra-Nourishing Hand Cream bisa menjadi solusinya! Produk ini diperkaya dengan ekstrak arnica organik yang menjadikannya memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari agresi eksternal.

Selain ekstrak arnica, hand cream organik ini memaksimalkan manfaat minyak wijen organik, minyak anggur, carnauba wax dan 100% botanical glycerin sehingga ampuh untuk menenangkan, merawat, dan memberi nutrisi pada kulit. Produk bebas paraben dan memiliki tekstur krim yang velvety ini aman untuk perawatan harian kulit Anda.

5. Antipodes Joyful Hand & Body Cream

5. Antipodes Joyful Hand & Body Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 400.000

Produk vegan yang tidak meninggalkan rasa lengket

Selain dimanfaatkan sebagai aroma pada hand cream, blackcurrant yang terkandung pada Antipodes Joyful Hand & Body Cream ini juga berfungsi untuk menetralisir dampak akibat radikal bebas pada kulit berkat antioksidan, vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya. Produk ini akan membuat kulit Anda lembut dan harum tanpa rasa lengket.

Selain blackcurrant, dalam produk ini juga ditambahkan minyak alpukat yang bermanfaat untuk menutrisi kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga kekenyalan kulit. Sangat membantu untuk memulihkan kulit yang kering, lelah, atau stres. Hand cream organik dengan sertifikasi vegan ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari.

4. L’occitane Shea Butter Hand Cream

4. L'occitane Shea Butter Hand Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 339.500

Salah satu produk best-selling dari L’occitane!

Salah satu produk best-selling dari merek kenamaan L’occitane adalah Shea Butter Hand Cream yang diperkaya dengan 20% organik shea butter yang memiliki berbagai manfaat bagi perawatan kulit. Produk dengan tekstur super creamy ini cepat menyerap untuk menyehatkan dan melembapkan kulit tangan sehingga menjadi produk favorit.

Hand cream organik ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering karena mengandung ekstrak almond, melati, ylang-ylang, dan madu sehingga menghasilkan formula yang mampu melembutkan bahkan pada tangan yang sering bekerja keras. Selain itu, kandungan vitamin E yang kaya antioksidan memberi nutrisi sehingga kulit akan terjaga tetap lembut.

3. Sensatia Botanicals Violet & Geranium Hand Hydrate

3. Sensatia Botanicals Violet & Geranium Hand Hydrate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Bahan-bahan organik yang aman bahkan untuk ibu hamil dan menyusui

Sensatia Botanicals Violet & Geranium Hand Hydrate diformulasikan dengan kombinasi shea butter, aloe vera, dan nut oils sehingga mampu menenangkan, melembapkan, dan meningkatkan elastisitas kulit dengan baik. Hand cream organik lokal asal Bali ini dapat membantu menghidrasi kulit secara maksimal sehingga tidak kalah efektif dalam mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan minyak daun geranium yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan memberi efek tenang pada kulit kering, serta minyak daun violet yang berfungsi sebagai bahan antiseptik alami. Karena semua kandungan bahannya organik, produk ini bahkan aman digunakan bahkan untuk ibu hamil dan menyusui.

2. Caudalie Hand and Nail Cream

2. Caudalie Hand and Nail Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 216.000

Diperkaya 98% bahan alami untuk memberi kenyamanan pada kulit

Kandungan 98% bahan alami pada Caudalie Hand and Nail Cream membuatnya dapat digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk yang sensitif sekalipun. Produk ini diperkaya dengan anggur yang kaya akan antioksidan dan polifenol agar kulit tangan Anda semakin lembut dan terasa lebih nyaman.

Hand cream ini juga memiliki kandungan alpukat dan shea butter sebagai bahan pelembapnya sehingga efektif untuk menutrisi dan memperbaiki kondisi kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Meski memiliki tekstur yang sangat rich, produk ini cepat diserap oleh kulit dan memiliki aroma yang harum. Cocok juga untuk sekaligus dijadikan sebagai wewangian sehari-hari Anda.

1. Supergoop! Forever Young Hand Cream with Sea Buckthorn

1. Supergoop! Forever Young Hand Cream with Sea Buckthorn

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 295.000

Melembapkan sekaligus melindungi kulit dari UV A dan UV B

Jika Anda mencari hand cream yang sekaligus dapat melindungi dari sinar matahari, Supergoop! Forever Young Hand Cream with Sea Buckthorn adalah jawabannya! Produk yang satu ini memiliki kandungan SPF 40/PA+++ sehingga ampuh untuk melindungi tangan Anda dari UV A dan UV B yang biasanya menjadi penyebab penuaan pada kulit.

Kandungan minyak argan dan meadowfoam di dalamnya berfungsi untuk menyehatkan dan melembapkan tanpa meninggalkan sensasi berat maupun berminyak pada kulit sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari. Untuk wewangiannya, produk ini memanfaatkan kapulaga, tangerine, dan eucalyptus yang menghasilkan aroma yang lembut tanpa tambahan aroma sintetis.

Kesimpulan

Keunggulan hand cream organik adalah kandungan bahan-bahan organik yang melimpah di dalamnya sehingga baik untuk segala jenis kulit. Selain itu, berbagai pilihan aroma yang tersedia di pasaran juga menjadikan produk semacam ini semakin populer di kalangan masyarakat. Banyaknya kandungan bahan organiknya juga mampu memperkecil risiko munculnya masalah iritasi pada kulit. Mari tingkatkan kelembutan tangan dengan penggunaan hand cream organik favorit Anda!