10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2018)

Kulit kering disebabkan oleh kurangnya cairan pada lapisan kulit bagian luar. Kulit kering kadang terasa gatal, bahkan timbul kemerahan akibat iritasi sehingga membuat Anda tak nyaman. Bila Anda merasa familier dengan kondisi ini, sebaiknya perhatikan facial foam yang Anda gunakan agar tidak semakin memperparah kondisi kulit Anda.

Pada artikel ini, kami telah mempersiapkan rekomendasi produk facial foam terbaik dari berbagai merek, seperti Wardah, Hada Labo, hingga Dove yang aman dan efektif merawat kulit kering Anda. Namun, alangkah baiknya bila Anda mengetahui berbagai faktor penyebab masalah kulit kering Anda terlebih dahulu. Di bawah ini, kami akan menyajikan informasinya secara lengkap!

Daftar isi

Seperti apakah kondisi kulit kering itu?

Kulit kering adalah keadaan di mana kulit kehilangan kelembapan alaminya. Secara alami, keseimbangan kelembapan kulit dijaga oleh 3 faktor, yaitu sebum, NMF (natural moisturizing factor), dan intercellular lipid. Kelembapan kulit bisa saja berkurang karena faktor kelembapan udara, usia, dan lain sebagainya. Akibatnya, permukaan kulit menjadi kasar, timbul gatal-gatal, bahkan mengelupas. Kondisi ini tentu akan membuat Anda kurang nyaman dan ingin segera memulihkan kondisi kulit Anda.

Di Indonesia, tidak sedikit orang yang memiliki kulit kering dan sensitif akibat cuaca khas iklim tropis yang cenderung panas meskipun berkelembapan udara tinggi. Kulit kering dan sensitif biasanya dialami oleh orang yang memiliki pertahanan kulit (skin barrier) lemah. Kondisi tersebut bahkan dapat muncul karena pergantian musim, pasca menstruasi, dan adaptasi dengan produk kosmetik baru. Membersihkan wajah dengan menggosoknya terlalu keras pun dapat membuat kulit menjadi sensitif dan berujung pada kondisi kulit kering.

Berbagai faktor penyebab kulit kering

Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering. Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Kami telah merangkum informasinya di bawah ini.

Faktor 1 : karakter alami kulit

Faktor 1 : karakter alami kulit

Orang yang memiliki kondisi kulit lemah, seperti rentan alergi dan dermatitis atopik (eksim), cenderung memiliki tingkat kelembapan kulit yang lebih rendah dibandikan dengan kulit normal. Hal tersebut menyebabkan kulit penderitanya cenderung lebih kering.

Faktor 2 : terlalu sering membersihkan wajah

Faktor 2 : terlalu sering membersihkan wajah

Memang penting untuk menjaga kulit agar tetap bersih dengan menggunakan pembersih wajah. Namun, terlalu sering membersihkan wajah dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Kebanyakan pembersih wajah, terutama tipe facial foam, mengandung surfaktan yang dapat menjadi iritan bagi kulit. Bila digunakan terlalu sering, pembersih wajah tipe tersebut akan membuat kulit menjadi iritasi, gatal, bahkan kering. Meskipun ada pula facial foam bersurfaktan yang tidak membuat kulit kering setelah pemakaian, hal tersebut disebabkan oleh kandungan minyak dalam surfaktan yang tertinggal di kulit.

Apapun jenis pembersih wajah yang Anda pilih, sebaiknya periksa kembali bahan-bahannya sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Faktor 3 : penuaan dan gaya hidup

Faktor 3 : penuaan dan gaya hidup

Seiring dengan bertambahnya usia, kelembapan dan kadar minyak pada kulit akan semakin berkurang. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Kemudian, stres juga dapat berdampak pada kondisi kulit Anda. Untuk menanggulanginya, Anda dapat menganut pola hidup sehat dan manajemen stres yang baik.

Faktor 4 : menurunnya kelembapan udara atau humiditas

Faktor 4 : menurunnya kelembapan udara atau humiditas

Dapat dikatakan bahwa presentase kelembapan udara atau humiditas yang baik bagi kulit adalah 60%. Bila Anda sering berada di dalam ruangan yang ber-AC (air conditioner) atau ruangan dengan tingkat humiditas rendah, kulit akan cenderung lebih kering. Menggunakan humidifier adalah cara untuk menanggulangi kulit kering karena pengaruh lingkungan. Sebagai alternatif, Anda juga dapat meletakkan secangkir air di sekitar Anda untuk menggantikan fungsi humidifier.

Cara memilih facial foam untuk kulit kering

Kulit kering juga dapat ditandai dengan kulit gatal, terasa panas, dan tidak nyaman setelah penggunakan kosmetik. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa membersihkan wajah terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit kering. Pembersih wajah merupakan tahap awal yang paling penting dan dapat mempengaruhi tahapan skincare selanjutnya. Untuk itulah, penting untuk memilih pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Namun, jangan khawatir, kami telah mempersiapkan sepuluh rekomendasi facial foam untuk kulit kering yang dapat Anda lihat di akhir artikel ini. Barangkali salah satunya akan berjodoh dengan kulit Anda.

Periksa kandungan stimulan penyebab kulit kering

Periksa kandungan stimulan penyebab kulit kering

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah keberadaan komponen stimulan atau bahan pemicu kulit kering pada facial foam tersebut, khususnya surfaktan. Surfaktan merupakan bahan detergen yang juga biasa digunakan sebagai bahan penghasil busa pada sabun cuci piring. Anda juga perlu memperhatikan kandungan surfaktan berbahan dasar petroleum. Surfaktan berbahan dasar petroleum memiliki banyak kandungan minyak. Kandungan minyak tersebut memang dapat memberikan rasa lembap pasca membersihkan wajah. Namun, surfaktan berbahan dasar petroleum akan sulit luruh dalam air bahkan setelah Anda membilasnya.

Sebenarnya, terdapat banyak jenis surfaktan lainnya sehingga Anda perlu teliti dalam memeriksa daftar komposisi. Namun, saat ini telah banyak produk facial foam rendah iritasi yang bebas surfaktan berbahan dasar kimia. Sebagai gantinya, produk-produk tersebut umumnya menggunakan surfaktan berbahan dasar tumbuhan maupun asam amino yang lebih ramah di kulit.

Selain surfaktan, produk yang mengandung alkohol pun perlu dipertimbangkan ulang karena alkohol dapat membuat kulit menjadi semakin kering.

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang melimpah

Pilih produk dengan kandungan pelembap yang melimpah

Penyebab kulit kering adalah kurangnya kadar minyak dan air di permukaan luar kulit. Kondisi kulit kering pun dapat berakibat pada meningkatnya sensitifitas kulit. Akan lebih baik bila Anda memilih produk yang mengandung sebanyak mungkin agen pelembap.

Bahan-bahan seperti hyaluronic acid, ceramide, dan collagen adalah bahan-bahan pelembap yang sebaiknya terkandung di dalam facial foam pilihan Anda. Meskipun begitu, terdapat pula bahan-bahan pelembap lain yang tak kalah efektif karena setiap produsen umumnya menciptakan formula unik mereka sendiri.

Lakukan tes produk pada kulit anggota tubuh lain sebelum penggunaan pada wajah

Lakukan tes produk pada kulit anggota tubuh lain sebelum penggunaan pada wajah

Meski facial foam yang Anda pilih merupakan produk yang khusus diformulasikan untuk kulit kering, tidak ada salahnya untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Sama halnya dengan produk organik. Meski dikatakan bahwa produk organik hanya dibuat dengan bahan-bahan yang aman bagi kulit, bukan berarti bahan tersebut tidak akan menjadi iritan bagi kulit Anda.

Contohnya, facial foam dengan efek pemutih yang mengandung kojic acid. Bisa saja komponen tersebut tidak sesuai dengan kulit Anda. Agar hasil dapat sesuai dengan harapan, mari lakukan patch test atau tes produk pada kulit anggota tubuh lain sebelum mengaplikasikannya pada wajah Anda.

Sebagai tambahan, tidak jarang pemilik kulit kering juga sekaligus berkulit sensitif. Meskipun produk tersebut aman saat digunakan pada pemakaian awal, tidak ada jaminan bahwa produk tersebut akan seterusnya cocok dengan kulit Anda. Untuk itu, membeli produk trial kit atau berkemasan travel size dapat pula dijadikan pilihan.

Bila perlu, gunakan net penghasil busa (foaming net)

Bila perlu, gunakan net penghasil busa (foaming net)

Sebenarnya, busa dapat dihasilkan dengan mudah menggunakan tangan telanjang. Namun, dengan menggunakan net penghasil busa (foaming net), busa yang dihasilkan akan lebih melimpah dan bertekstur lebih lembut. Hal ini menguntungkan bagi Anda yang juga memiliki kulit sensitif agar terhindar dari iritasi. Dengan busa yang melimpah, gesekan tangan dan kulit wajah dapat diminimalisir. Busa tersebut akan meresap hingga ke dalam pori-pori dan membersihkan kotoran dengan lebih efektif. Harga foaming net sendiri pun relatif murah sehingga Anda tak perlu mempersiapkan dana tambahan khusus.

10 Rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit kering

Setelah membaca informasi di atas, Anda tentu telah mengetahui beberapa hal mengenai kulit kering dan cara memilih facial foam yang tepat. Kini saatnya Anda tentukan produk facial foam untuk kulit kering yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda!

10. Laneige Foam Cleanser Moisture

10. Laneige Foam Cleanser Moisture

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 184.000

Bersihkan makeup tanpa ribet hanya dengan satu langkah

Anda gemar menggunakan makeup? Ini dia facial foam yang dapat membilas seluruh makeup Anda tanpa ribet! Tak hanya mampu bersihkan makeup dan sisa kotoran dalam satu langkah saja, produk berktekstur creamy dan kaya busa ini juga mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mencerahkannya sehingga kulit akan terasa hidup kembali.

Anda pun tak perlu khawatir kulit menjadi semakin kering karena produk ini memang dibuat khusus untuk kulit normal hingga kering. Hal ini berkat kandungan glycerin-nya yang mampu memberikan supply pelembap hingga ke dalam kulit. Dengan aroma parfum yang lembut dari produknya, membersihkan wajah setiap hari tentu jadi lebih menyenangkan.

9. Innisfree Olive Real Cleansing Foam

9. Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 125.000

Kandungan olive oil yang melembapkan dan kaya antioksidan

Facial foam dari Innisfree ini memiliki kandungan ekstrak virgin olive oil dari Golden Olive yang tidak hanya melembapkan, tetapi juga kaya akan antioksidan sehingga kulit pun terlindungi dari bahaya radikal bebas. Golden Olive sendiri merupakan varietas buah zaitun degan kualitas terbaik yang ditanam di Pulau Crete, Yunani.

Dibuat dari bahan-bahan terbaik, Anda pun akan mendapatkan manfaatnya secara optimal. Formulanya yang melembapkan juga mampu membersihkan kulit dari sisa kotoran, bahkan makeup. Apakah Anda ingin mengubah kulit kering Anda menjadi lebih lembap dan tampak bersih sempurna? Cleansing foam ini adalah pilihan tepat!

8. Wardah Hydramild Facial Wash

8. Wardah Hydramild Facial Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 13.800

Berikan kelembapan ekstra dan bersihkan hingga ke pori-pori

Kulit kering akan lembap seketika bila Anda membersihkannya dengan Wardah Hydramild. Produk ini mengandung Aloe vera yang dikenal memberikan efek melembapkan sekaligus menenangkan kulit. Disamping itu, Wardah juga memformulasikan produk ini dengan Triple Hydrating Complex yang dapat meningkatkan natural moisturizing factor dalam kulit.

Anda pun perlu memilih produk ini bila menginginkan hasil yang bersih sempurna. Diperkaya dengan formula Advanced Dermaclear yang berasal dari komponen asam amino, produk ini dapat dengan lembut membersihkan kotoran dan minyak hingga ke dalam pori-pori. Kelembapan kulit wajah meningkat, wajah pun akan terasa bersih dan sehat.

7. Dove Beauty Moisture Facial Foam

7. Dove Beauty Moisture Facial Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 16.000

Mengembalikan nutrisi yang hilang akibat kulit kering

Kulit wajah dapat lebih mudah kehilangan kelembapan dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya. Untuk itu, Dove memformulasikan pembersih wajah yang dapat mengembalikan kelembapan alami kulit. Dengan Nutrium Moisture Beauty Serum-nya, kulit wajah yang kering pun akan terasa hidup kembali setiap kali Anda mencuci wajah.

Tidak hanya mampu mengembalikan kelembapan, formula Nutrium Moisture Beauty Serum pun mampu mengembalikan nutrisi kulit yang hilang. Cocok untuk Anda yang menginginkan hasil kulit yang semakin sehat, halus, dan lembut. Produk dengan parfum beraroma bunga ini juga direkomendasikan untuk kulit normal dan sensitif.

6. Bioderma Atoderm Gel douche

6. Bioderma Atoderm Gel douche

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 99.000

Lembut di kulit, aman karena bebas bahan-bahan alergen

Produk-produk Bioderma memang dikenal memiliki formula yang aman dan rendah iritasi. Tak terkecuali dengan Bioderma Atoderm Gel douche yang diciptakan khusus untuk kulit kering ini. Diformulasikan tanpa paraben dan bahan-bahan pemicu alergi lainnya, produk soap-free ini diklaim aman untuk kulit kering sekaligus sensitif.

Produk bertekstur gel dengan warna biru yang berasal dari pewarna alami ini direkomendasikan untuk Anda yang mengingkan kulit lembut, tanpa rasa kaku setelah mencuci wajah. Apalagi, formula Atoderm-nya pun aktif melembapkan kulit. Tak perlu khawatir produk tertinggal di kulit karena busa creamy yang dihasilkannya begitu mudah dibilas.

5. Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

5. Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Kaya kandungan yang menyegarkan kulit, wajah lelah tak tampak lagi

Apakah kulit Anda terasa kusam setelah beraktivitas seharian? Anda perlu mencoba produk yang satu ini. Kaya akan bahan-bahan yang menyegarkan kulit, seperti ekstrak mentimun, produk ini juga berkandungan utama ekstrak Aloe vera yang dikenal mampu menenangkan dan memelihara kulit, serta bertindak sebagai antibakteri dan antijamur.

Tak hanya mengembalikan vitalitas kulit dengan cara menyegarkannya, formulanya pun mampu memberi kelembapan bagi kulit kering Anda. Anda akan mendapatkan kulit bersih yang lembut serta tidak terasa kaku meskipun Anda baru selesai mencuci wajah. Energizing aroma-nya juga membuat Anda kembali bersemangat dalam beraktivitas.

4. Rohto Hada Labo Gokujyun Face Wash

4. Rohto Hada Labo Gokujyun Face Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 26.500

pH kulit seimbang, kelembapan kulit wajah pun terjaga

Kulit kering dan sensitif dapat juga disebabkan oleh pH kulit yang terlalu tinggi. Untuk itu, Anda membutuhkan facial foam yang memiliki pH seimbang layaknya pH alami kulit, seperti Hada Labo Gokujyun ini. Diformulasikan dengan pH antara 5,0 dan 6,5 yang sesuai untuk pH kulit wajah, kelembapan kulit Anda selalu terjaga, tingkat iritasi pun berkurang.

Disamping itu, facial foam bertekstur creamy ini juga memiliki kandungan SHA (super hyaluronic acid) yang mampu memberi supply pelembap pada kulit 2 kali lebih banyak dari hyaluronic acid biasa. Bila Anda memiliki masalah kulit kering yang cukup parah, tidak ada salahnya mencoba facial foam dengan agen pelembap super ini.

3. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

3. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.900

Formula tanpa busa yang bersihkan kulit dengan sempurna

Bila Anda menginginkan pembersih wajah yang dapat meminimalisir sisa produk tertinggal di kulit, pilih saja produk tanpa busa untuk kulit kering dari CeraVe ini. Jangan salah! Meski tanpa busa, produk ini tetap efektif membersihkan kulit Anda. Selain pemilik kulit normal dan kering, penderita eksim dan psoriasis pun aman menggunakan produk ini.

Kaya akan agen pelembap, seperti 3 macam essentials ceramide dan hyaluronic acid, formulanya aktif memberikan supply pelembap ke kulit kering Anda tanpa merusak skin barrier alaminya. Pada produk ini ditanamkan pula MVE Delivery Tecnology yang melepaskan kelembapan secara bertahap ke kulit sehingga kelembapan kulit terjaga selama 24 jam!

2. La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser

2. La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 305.000

Lembut melembapkan kulit, tak memicu iritasi

Apakah kulit Anda termasuk rentan iritasi? Kalau begitu, Anda harus coba produk dari La Roche-Posay ini. Dibuat dari bahan-bahan yang tak memicu iritasi serta kaya akan pelembap, seperti ceramide-3, glycerin, dan La Roche-Posay Prebiotic Thermal Water, produk ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kering sekaligus sensitif.

Pembersih bertekstur milky dan menghasilkan sedikit busa ini juga mampu meningkatkan kinerja skin barrier Anda sehingga iritasi pun dapat dicegah. Pembersih yang lembut di kulit ini juga ampuh bersihkan wajah dari sisa kotoran dan sisa makeup. Dengan menggunakannya setiap hari, dapatkan kulit lembap dan sehat seperti yang Anda idamkan!

1. Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

1. Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Hasilkan busa lembut melimpah dari formula yang ramah bagi kulit

Mencuci wajah rasanya kurang mantap kalau hanya dengan sedikit busa! Bila Anda juga berpikiran demikian, Klairs Rich Moist Foaming Cleanser ini dapat menjadi pilihan. Terbuat dari amino acid cleansing formula yang dikenal ramah bagi kulit, produk ini rendah iritasi meskipun busa lembut yang dihasilkannya begitu melimpah.

Desainnya kemasan bertutup botol pump-nya pun praktis, busa siap pakai akan langsung terbentuk saat Anda menekannya. Lalu, produk ini juga kaya agen pelembap, seperti hyaluronic acid, ceramide-3, Aloe vera extract, dan olive oil. Bebas alkohol dan paraben serta tergolong hypoallergenic, produk ini juga aman untuk kulit sensitif Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah

Pastikan Anda menggunakan air hangat saat membersihkan wajah menggunakan facial foam. Jangan gunakan air hangat bersuhu lebih dari 40°C karena sebum akan terangkat terlalu banyak. Akibatnya, kulit malah akan menjadi semakin kering. Menggunakan air dingin juga kurang direkomendasikan karena kotoran pada kulit akan sulit luruh.

Tujuan penggunaan facial foam adalah untuk menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari kekeringan. Meski begitu, berlama-lama dalam membersihkan wajah malah akan berdampak negatif bagi kulit. Usahakan facial foam tidak berada di atas kulit Anda selama lebih dari 2 menit setiap kali membersihkan wajah.

Kemudian, bila kulit Anda juga termasuk kulit sensitif, penggantian produk kosmetik juga dapat menyebabkan masalah kulit sementara. Hal tersebut dikarenakan kulit sedang dalam masa penyesuaian terhadap bahan kimia yang terkandung di dalam produk kosmetik baru tersebut. Untuk meringankannya, pilihlah facial foam berdasarkan keadaan kulit Anda setelah pemakaian kosmetik tersebut.

Kesimpulan

Facial foam untuk kulit kering sebaiknya dipilih dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, pastikan facial foam pilihan Anda mengandung agen pelembap yang melimpah agar kondisi kulit kering tidak semakin parah. Selain itu, Anda juga harus cermat dalam mengamati komposisinya. Pastikan produk tidak mengandung stimulan yang akan memperparah kondisi kulit kering Anda.

Kami telah memaparkan sepuluh rekomendasi produk facial foam terbaik untuk kulit kering yang dapat Anda beli secara online. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan kondisi kulit dan budget yang Anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat!