• 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan.


Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apa itu kulit kering?

Apa itu kulit kering?

Kulit kering adalah keadaan saat kulit hanya memiliki sedikit kelembapan dan sebum sehingga skin barrier rentan terganggu. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kelembapan udara, stres, dan gaya hidup yang tidak seimbang. Selain itu, terlalu sering mencuci muka dan menggunakan perawatan wajah yang salah juga menjadi faktor penyebab kulit kering.


Pemilik kulit kering sangat rentan mengalami Transepidermal Water Loss yang berlebihan. Pada kondisi tersebut, lapisan kulit kehilangan lebih banyak kadar air dibandingkan kondisi normal. Kondisi ini biasanya terjadi ketika lapisan pertahanan kulit memburuk.


Kulit mengalami evaporasi kadar air yang cepat sehingga menjadi dehidrasi dan kekeringan. Kekeringan pada kulit yang terus-menerus dapat membuat kulit menjadi sensitif, gatal, dan bersisik. 


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meninjau perawatan wajah yang biasa Anda lakukan. Membersihkan wajah dengan facial wash yang tepat sangatlah penting agar kondisi kulit kering tidak makin memburuk. Anda bisa menggunakan produk yang tidak hanya melembapkan, tetapi mampu menjaga hidrasi kulit. Dengan demikian Anda akan terhindar dari Transepidermal Water Loss yang berlebihan.

Perbedaan facial wash dan facial foam

Perbedaan facial wash dan facial foam

Sebelum membahas lebih jauh mengenai facial wash, perlu diketahui bahwa facial wash dan facial foam adalah produk sabun pembersih wajah yang berbeda. Ketika memutuskan untuk membeli produk pembersih wajah, Anda mungkin sering dibuat bingung dengan dua istilah tersebut. Untuk itu, mari kita kenali lebih jauh perbedaannya!


  • Berdasarkan tekstur

Facial foam menghasilkan tekstur busa atau foam yang banyak saat digunakan.

Facial wash memiliki tekstur gel dan cream yang tidak menghasilkan banyak busa.


  • Berdasarkan fungsi

Facial foam tidak hanya mengangkat kotoran dan sisa makeup, tetapi juga menyerap minyak berlebih secara menyeluruh.

Facial wash membersihkan kotoran di wajah sekaligus menjaga kelembapan kulit.


  • Jenis kulit yang disarankan

Facial foam dianjurkan untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. 

Facial wash sangat dianjurkan bagi pemilik kulit kering dan sensitif. 


  • Efek setelah pemakaian

Facial foam membuat wajah bebas minyak, terlihat lebih bersih, dan segar setelah pemakaian.

Facial wash memberikan efek lembap dan lembut pada wajah setelah pemakaian.


  • Cara penggunaan

Facial foam perlu diusap terlebih dahulu di telapak tangan hingga berbusa, lalu aplikasikan merata pada wajah.

Facial wash bisa langsung diaplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi air tanpa harus mengusapnya terlalu lama di telapak tangan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih facial wash untuk kulit kering

Membersihkan wajah merupakan tahap awal yang paling penting dan dapat memengaruhi tahapan skincare selanjutnya. Karena itu, penting untuk memilih facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih facial wash untuk kulit kering.

Pilihlah produk dengan daya pembersih yang tidak terlalu kuat

Pilihlah produk dengan daya pembersih yang tidak terlalu kuat

Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kering, sebaiknya gunakan produk dengan zat pembersih (surfaktan) berbahan dasar asam amino. Surfaktan jenis ini minim iritasi karena asam amino merupakan penyusun protein di dalam tubuh manusia.


Sebagai contoh, Anda bisa memilih produk dengan kandungan potassium cocoyl glycinate dan sodium lauroyl methylaminopropionate. Dengan memilih facial wash berbasis asam amino, si kulit kering pun tetap dapat membersihkan wajahnya dengan aman dan lembut.

Pastikan kandungan pelembapnya sesuai dengan masalah kulit kering Anda

Facial wash untuk kulit kering biasanya dilengkapi dengan kandungan zat aktif yang melembapkan. Kandungan pelembap tersebut bisa berupa hyaluronic acid, glycerin, ceramides, niacinamideatau bahan pelembap alami seperti Aloe vera. Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang sesuai dengan masalah kulit kering yang Anda alami, ya!

Hyaluronic acid, kandungan pelembap untuk mencerahkan kulit kering dan kusam

Hyaluronic acid, kandungan pelembap untuk mencerahkan kulit kering dan kusam

Kandungan pelembap dalam facial wash yang cocok untuk kulit kering dan kusam adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat. Hyaluronic acid adalah sejenis humektan yang dapat mengunci kelembapan kulit. 


Kandungan ini juga mampu menarik kelembapan dari air dan membawanya ke lapisan kulit teratas. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik akan memberikan efek cerah sehingga masalah kulit kusam dapat teratasi.

Glycerin, kandungan yang melembapkan kulit kering berkomedo dan berjerawat

Glycerin, kandungan yang melembapkan kulit kering berkomedo dan berjerawat

Glycerin adalah turunan dari lemak nabati yang bersifat sebagai humektan. Kandungan glycerin dalam facial wash tidak hanya berfungsi melembapkan kulit, tetapi juga sebagai anti-iritasi dan antibakteri. Dengan begitu, kandungan ini dapat meredakan kulit yang meradang atau terluka.


Facial wash yang mengandung bahan pelembap glycerin cocok untuk kulit kering yang berjerawat. Selain itu, glycerin juga bersifat non-comedogenic yang berarti tidak rentan menyumbat pori sehingga tidak akan memperparah komedo di wajah.

Ceramide, kandungan pelembap yang cocok untuk kulit kering cenderung sensitif

Ceramide, kandungan pelembap yang cocok untuk kulit kering cenderung sensitif

Ceramide adalah golongan asam lemak yang dicampurkan dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk facial wash untuk kulit kering. Ceramide pada dasarnya dapat ditemukan di dalam sel kulit. Namun, seiring berjalannya waktu, ceramide dalam sel kulit cenderung berkurang


Selain berfungsi melembapkan, ceramide juga berfungsi menguatkan skin barrier dan melindungi lapisan kulit dari kerusakan. Facial wash dengan kandungan bahan pelembap ini cocok untuk kulit kering yang sensitif.

Niacinamide, kandungan pelembap untuk mengatasi beruntusan dan noda hitam

Niacinamide, kandungan pelembap untuk mengatasi beruntusan dan noda hitam

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki fungsi utama melembapkan. Tidak heran jika kandungan zat aktif ini sering ditemukan di dalam facial wash untuk kulit kering. 


Selain melembapkan, niacinamide mampu memperbaiki tekstur kulit yang kasar dan beruntusan. Tidak hanya itu, niacinamide juga dapat merangsang produksi collagen sehingga noda hitam bekas jerawat tersamarkan.

Utamakan facial wash yang bertekstur cream atau gel

Utamakan facial wash yang bertekstur cream atau gel

Untuk kulit kering yang kurang kelembapan atau sebum, utamakan memilih facial wash dengan tekstur cream. Produk dengan tekstur yang creamy mampu membersihkan kulit dari kotoran tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Sebaliknya, produk ini justru mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit dengan baik.


Sementara bagi pemilik kulit kering yang sensitif, Anda bisa menggunakan facial wash dengan tekstur gel. Facial wash dengan tekstur gel cenderung lebih ringan dan lembut di kulit sehingga tidak membuat kulit kering yang sensitif mengalami iritasi.

10 Rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial wash terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
Ukuran100 ml
SurfaktanSodium laureth sulfate, coco-betaine, sodium lauroyl sarcosinate, coco-glucoside
Bahan pelembapGlycerin, xylitylglucoside, anhydroxylitol, xylitol, glucose, mannitol , lecithin, rhamnose
EfekMelindungi, melembapkan, dan memberikan efek menenangkan pada kulit
TeksturGel
9

AMOREPACIFICLaneige Moist Cream Cleanser

Mulai dari Rp 325.000,00

Ukuran150 ml
SurfaktanMyristic acid, lauryl hydroxysultaine, lauric acid
Bahan pelembapGlycerin
EfekMembersihkan, melembutkan, melembapkan dan menghidrasi kulit lebih lama
TeksturCream
8

TRUEVEGentle Low pH Facial Cleanser

Mulai dari Rp 110.000,00

Ukuran100 gr
SurfaktanSodium cocoyl glutamate, sodium cocoamphoacetate
Bahan pelembapNiacinamide, glucosyl ceramide
EfekMembuat wajah bersih tanpa efek kering dan kaku, menjaga skin barrier, mencerahkan, melembutkan dan menenangkan kulit sensitif
TeksturGel
7

UnileverSt.Ives Hydrating Watermelon Daily Facial Cleanser

Mulai dari Rp 102.000,00

Ukuran200 ml
SurfaktanSodium laureth sulfate, decyl glucoside, cocamidopropyl betaine,PEG-55 propylene glycol oleate, PEG-7 glyceril cocoate
Bahan pelembapGlycerin, propylene glycol, panthenol
EfekMembersihkan wajah, melembapkan, menghidrasi kulit, menyegarkan dan mencerahkan
TeksturGel
6
Ukuran125 ml
SurfaktanCocamidopropyl betaine, coco-glucoside, sodium laureth sulfate
Bahan pelembapGlycine soja oil/glycine soja (soybean) oil, tocopheryl acetate
EfekKulit bersih, lembut, segar, dan tidak kering
TeksturCream
5

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Mulai dari Rp 34.200,00

Ukuran100 gr
SurfaktanSodium cocoyl glycinate, cocamidopropyl betaine, potassium cocoyl glycinate, decyl glucoside, sodium lauroyl aspartate, stearic acid
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, PEG-400, PEG-32, hydroxypropyltrimonium hyaluronate, sodium acetylated hyaluronate
EfekMelembapkan sekaligus mengangkat kotoran dan minyak dengan tingkat iritasi yang rendah
TeksturGel
4
Ukuran100 gr
SurfaktanLauric acid, sodium laurathe sulfate, cocamide DEA, disodium cocoyl glutamate, cocamidopropyl betaine
Bahan pelembapGlycerin, propylane glycol, niacinamide, collagen
EfekMencerahkan, melembapkan, menghaluskan tekstur kulit, memudarkan noda hitam bekas jerawat
TeksturGel kental dengan sedikit creamy
3
Ukuran150 ml
SurfaktanCocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methyl isethionate, polysorbate 20
Bahan pelembapButylene glycol, cryptomeria japonica leaf extract, ukmus davidiana root extract, pueraria lobata root extract, capryryl glycol
EfekMelembapkan wajah di pagi hari, mengangkat kulit mati tanpa efek kering dan kaku
TeksturGel
2

WardahNature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Mulai dari Rp 17.500,00

Ukuran60 ml
SurfaktanCocamidopropyl betaine, sosium lauroyl sarcosinate, decyl glukoside, potassium cocoyl glycinate, sodium laureth sulfate, potassium cocoate
Bahan pelembapPropylene glycol, glycerin, sodium PCA, Aloe vera leaf extract
EfekKulit bersih, lembap, lembut dan pH kulit terjaga
TeksturGel
1
Ukuran125 ml
SurfaktanCetyl alcohol, sodium lauryl sulfate, stearyl alcohol
Bahan pelembapPropylene glycol
EfekMelembapkan dan membersihkan dengan lembut
TeksturGel

Tabel perbandingan produk facial wash terbaik untuk kulit kering

Gambar produk
1
Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Galderma

2
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash 1

Wardah

3
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser 1

COSRX

4
Whitelab Brightening Facial Wash 1

Whitelab

5
Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash 1

Rohto

6
The Body Shop Vitamin E Face Wash 1

The Body Shop

7
Unilever St.Ives Hydrating Watermelon Daily Facial Cleanser 1

Unilever

8
TRUEVE Gentle Low pH Facial Cleanser 1

TRUEVE

9
AMOREPACIFIC Laneige Moist Cream Cleanser 1

AMOREPACIFIC

10
BIODERMA Atoderm Gel Douche 1

BIODERMA

Nama produk

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Low pH Good Morning Gel Cleanser

Brightening Facial Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Vitamin E Face Wash

St.Ives Hydrating Watermelon Daily Facial Cleanser

Gentle Low pH Facial Cleanser

Laneige Moist Cream Cleanser

Atoderm Gel Douche

Keunggulan

Dapat digunakan dengan dan tanpa air untuk membersihkan wajah

Kandungan alami Aloe vera membuat kulit bersih dan lembap

Melembapkan sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan lembut

Niacinamide dan collagen-nya memudarkan noda bekas jerawat, kulit menjadi cerah dan lembap

Tingkat pH kulit seimbang, kelembapan kulit wajah pun terjaga

Kulit tidak lagi terasa kaku sehabis mencuci muka

Ekstrak semangka alami yang menghidrasi dan menyegarkan kulit

Formula low pH-nya melembapkan dan menguatkan skin barrier

Dengan formula minyak pelembap alami, membersihkan dan menghidrasi kulit lebih lama

Lembut dan aman di kulit sensitif karena bebas bahan-bahan alergen

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 17.500,00Rp 146.250,00Rp 38.000,00Rp 34.200,00Rp 169.000,00Rp 102.000,00Rp 110.000,00Rp 325.000,00Rp 99.000,00
Ukuran125 ml60 ml150 ml100 gr100 gr125 ml200 ml100 gr150 ml100 ml
SurfaktanCetyl alcohol, sodium lauryl sulfate, stearyl alcoholCocamidopropyl betaine, sosium lauroyl sarcosinate, decyl glukoside, potassium cocoyl glycinate, sodium laureth sulfate, potassium cocoateCocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methyl isethionate, polysorbate 20Lauric acid, sodium laurathe sulfate, cocamide DEA, disodium cocoyl glutamate, cocamidopropyl betaineSodium cocoyl glycinate, cocamidopropyl betaine, potassium cocoyl glycinate, decyl glucoside, sodium lauroyl aspartate, stearic acidCocamidopropyl betaine, coco-glucoside, sodium laureth sulfateSodium laureth sulfate, decyl glucoside, cocamidopropyl betaine,PEG-55 propylene glycol oleate, PEG-7 glyceril cocoateSodium cocoyl glutamate, sodium cocoamphoacetateMyristic acid, lauryl hydroxysultaine, lauric acidSodium laureth sulfate, coco-betaine, sodium lauroyl sarcosinate, coco-glucoside
Bahan pelembapPropylene glycolPropylene glycol, glycerin, sodium PCA, Aloe vera leaf extractButylene glycol, cryptomeria japonica leaf extract, ukmus davidiana root extract, pueraria lobata root extract, capryryl glycolGlycerin, propylane glycol, niacinamide, collagenGlycerin, butylene glycol, PEG-400, PEG-32, hydroxypropyltrimonium hyaluronate, sodium acetylated hyaluronateGlycine soja oil/glycine soja (soybean) oil, tocopheryl acetateGlycerin, propylene glycol, panthenolNiacinamide, glucosyl ceramideGlycerinGlycerin, xylitylglucoside, anhydroxylitol, xylitol, glucose, mannitol , lecithin, rhamnose
EfekMelembapkan dan membersihkan dengan lembutKulit bersih, lembap, lembut dan pH kulit terjagaMelembapkan wajah di pagi hari, mengangkat kulit mati tanpa efek kering dan kakuMencerahkan, melembapkan, menghaluskan tekstur kulit, memudarkan noda hitam bekas jerawatMelembapkan sekaligus mengangkat kotoran dan minyak dengan tingkat iritasi yang rendahKulit bersih, lembut, segar, dan tidak keringMembersihkan wajah, melembapkan, menghidrasi kulit, menyegarkan dan mencerahkanMembuat wajah bersih tanpa efek kering dan kaku, menjaga skin barrier, mencerahkan, melembutkan dan menenangkan kulit sensitifMembersihkan, melembutkan, melembapkan dan menghidrasi kulit lebih lamaMelindungi, melembapkan, dan memberikan efek menenangkan pada kulit
TeksturGelGelGelGel kental dengan sedikit creamy GelCreamGelGelCreamGel
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar facial wash untuk kulit kering

Pertanyaan umum seputar facial wash untuk kulit kering

Kami telah mengulas cara memilih dan membagikan rekomendasi produk facial wash untuk kulit kering. Nah, kami juga akan menjawab pertanyaan populer mengenai facial wash untuk kulit kering. Simak jawabannya di bawah ini, ya.

Apakah kulit kering juga bisa berjerawat?

Ya, kulit kering dan sensitif juga dapat mengalami jerawat. Penyebabnya bisa akibat produk skincare atau makeup yang tidak tepat, perubahan cuaca, hormonal, dan lain-lain. Karena itu, penting untuk memilih produk skincare dan makeup yang tepat. 


Facial cleanser yang tepat dapat memastikan kulit wajah bersih sempurna dari debu, polusi, dan makeup sebelum menggunakan skincare. Selain itu, jagalah pola hidup sehat dan hindari stres demi mencegah timbulnya jerawat.

Bagaimana cara mengatasi jerawat pada kulit kering dan sensitif?

Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Pilih facial cleanser yang gentle, tetapi cukup untuk membersihkan debu, polusi, kotoran, minyak, dan makeup. Anda cukup mencuci muka sebanyak 2 kali sehari. 
  • Gunakan moisturizer yang oil-free, non-comedogenic, dan mengandung bahan aktif anti-acne segera setelah mencuci muka.
  • Hindari bahan aktif yang bersifat exfoliating. Berbeda dengan kulit acne yang oily, kulit kering lebih rentan iritasi.
  • Berhati-hatilah dalam memilih produk anti-acne. Pilih produk yang lembut dan dan memiliki konsentrasi bahan aktif lebih rendah demi mengurangi risiko iritasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah

Jangan terlalu sering mencuci muka jika kulit Anda kering. Cukup cuci dua kali sehari yaitu pagi dan malam. Apabila Anda berencana mencuci muka dengan air hangat saat pagi hari, pastikan suhunya tidak terlalu panas. Begitu juga jika membersihkan wajah saat malam hari. Menggunakan air yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi lebih kering.


Meski tidak bepergian dan memulas makeup, Anda tetap perlu membersihkan wajah dari sebum dan debu saat malam. Jika Anda memakai riasan wajah, bersihkan dahulu wajah Anda dari makeup menggunakan micellar water atau cleansing oil. Setelah itu, Anda bisa mencuci muka dengan facial wash. Sesuaikan penggunaan facial wash dengan aktivitas yang Anda lakukan dan kondisi kulit pada hari itu. 

Baca juga rekomendasi produk skincare terbaik lainnya untuk kulit kering di sini!

Jika Anda sudah menemukan facial wash yang tepat untuk kulit kering, saatnya mempertimbangkan produk perawatan lainnya yang dikhususkan untuk kulit kering. Anda tertarik untuk melengkapi list skincare sehari-hari? Bacalah artikel rekomendasi produk lainnya untuk kulit kering di bawah ini!

Kesimpulan

Facial wash untuk kulit kering sebaiknya dipilih dengan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah keberadaan bahan pelembap. Selain itu, Anda juga harus cermat dalam mengamati komposisinya. Pastikan produknya tidak mengandung stimulan yang akan memperparah kondisi kulit kering Anda.


Kami telah memaparkan sepuluh rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit kering. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan kondisi kulit Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Pond's Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Pond's Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek perawatan kulit wajah Pond's terkenal karena kemampuannya dalam mencerahkan. Karena itu, setiap produk Pond's menjadi idola banyak orang, termasuk sabun cuci mukanya. Bahkan, saat ini sabun cuci muka Pond's sudah makin beragam agar sesuai kebutuhan kulit masyarakat.Di artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sabun cuci muka Pond's yang bagus. Tidak lupa, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya yang dapat Anda jadikan referensi saat berbelanja. Pond's Bright Beauty Facial Foam, Pond's Age Miracle Facial Treatment Cleanser dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Mari disimak!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori