1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan.


Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Diperbaharui 11-16-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Karena itu, terlepas dari pendidikan yang dijalaninya, Nisa tak pernah berhenti belajar menulis, mengikuti lomba kepenulisan, hingga mengirimkan karyanya ke media. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa juga menulis artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya. Ia bisa dihubungi di LinkedIn atau akun Instagramnya.

Profil Nisa Destiana
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Perbedaan facial foam dan facial wash untuk kulit kering

Perbedaan facial foam dan facial wash untuk kulit kering

Kulit kering adalah keadaan saat kulit hanya memiliki sedikit kelembapan dan sebum sehingga skin barrier rentan terganggu. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya kelembapan udara, stres, dan gaya hidup yang tidak seimbang. Selain itu, terlalu sering mencuci muka dan menggunakan perawatan wajah yang salah juga menjadi faktor penyebab kulit kering.


Pemilik kulit kering sangat rentan mengalami Transepidermal Water Loss yang berlebihan. Pada kondisi tersebut, lapisan kulit kehilangan lebih banyak kadar air dibandingkan kondisi normal sehingga kulit mengalami kekeringan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika lapisan pertahanan kulit memburuk. Kekeringan pada kulit yang terus-menerus dapat membuat kulit menjadi sensitif, gatal, dan bersisik.


Karena itu, membersihkan wajah dengan facial wash yang tepat sangatlah penting agar kondisi kulit kering tidak makin memburuk. Anda bisa menggunakan produk yang tidak hanya melembapkan, tetapi juga mampu menjaga hidrasi kulit. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa facial wash dan facial foam adalah pembersih wajah yang berbeda. Mari kita kenali perbedaannya!


  • Berdasarkan tekstur: Facial foam menghasilkan tekstur busa atau foam yang banyak saat digunakan. Sementara itu, facial wash memiliki tekstur gel dan cream yang tidak menghasilkan banyak busa.

  • Berdasarkan fungsi: Facial foam tidak hanya mengangkat kotoran dan sisa makeup, tetapi juga menyerap minyak berlebih secara menyeluruh. Di sisi lain, facial wash membersihkan kotoran sekaligus menjaga kelembapan kulit wajah.

  • Jenis kulit yang disarankan: Facial foam dianjurkan untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, sedangkan facial wash direkomendasikan bagi pemilik kulit kering dan sensitif.

  • Efek setelah pemakaian: Facial foam membuat wajah bebas minyak, terlihat lebih bersih, dan segar. Lalu, facial wash memberikan efek lembap dan lembut pada wajah.

  • Cara penggunaan: Facial foam perlu diusap terlebih dahulu di telapak tangan hingga berbusa, lalu diaplikasikan merata pada wajah. Sebaliknya, facial wash bisa langsung diaplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi air tanpa harus mengusapnya terlalu lama di telapak tangan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih facial wash untuk kulit kering

Membersihkan wajah merupakan tahap awal yang paling penting dan dapat memengaruhi tahapan skincare selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih facial wash untuk kulit kering.

① Pilihlah produk dengan daya pembersih yang tidak terlalu kuat

Pilihlah produk dengan daya pembersih yang tidak terlalu kuat

Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kering, sebaiknya gunakan produk dengan zat pembersih (surfaktan) berbahan dasar asam amino. Surfaktan jenis ini minim iritasi karena asam amino merupakan penyusun protein di dalam tubuh manusia. Sebagai contoh, Anda bisa memilih produk dengan kandungan potassium cocoyl glycinate dan sodium lauroyl methylaminopropionate.

② Pastikan kandungan pelembapnya sesuai dengan masalah kulit kering Anda

Facial wash untuk kulit kering biasanya dilengkapi dengan kandungan zat aktif yang melembapkan. Kandungan pelembap tersebut bisa berupa hyaluronic acid, glycerin, ceramide, niacinamideatau bahan pelembap alami seperti Aloe vera. Pilihlah produk dengan kandungan pelembap yang sesuai dengan masalah kulit kering yang Anda alami, ya!

Hyaluronic acid, kandungan pelembap untuk mencerahkan kulit kering dan kusam

Hyaluronic acid, kandungan pelembap untuk mencerahkan kulit kering dan kusam

Kandungan pelembap dalam facial wash yang cocok untuk kulit kering dan kusam adalah hyaluronic acidHyaluronic acid adalah sejenis humektan yang dapat mengunci kelembapan kulit. 


Kandungan ini juga mampu menarik kelembapan dari air dan membawanya ke lapisan kulit teratas. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik akan memberikan efek cerah sehingga masalah kulit kusam dapat teratasi.

Glycerin, kandungan yang melembapkan kulit kering berkomedo dan berjerawat

Glycerin, kandungan yang melembapkan kulit kering berkomedo dan berjerawat

Glycerin adalah turunan dari lemak nabati yang bersifat sebagai humektan. Kandungan glycerin dalam facial wash tidak hanya berfungsi melembapkan kulit, tetapi juga sebagai anti-iritasi dan antibakteri.


Facial wash yang mengandung bahan pelembap glycerin cocok untuk kulit kering yang berjerawat. Selain itu, glycerin juga bersifat non-comedogenic yang berarti tidak rentan menyumbat pori sehingga tidak akan memperparah komedo di wajah.

Ceramide, kandungan pelembap yang cocok untuk kulit kering cenderung sensitif

Ceramide, kandungan pelembap yang cocok untuk kulit kering cenderung sensitif

Ceramide adalah golongan asam lemak yang pada dasarnya dapat ditemukan di dalam sel kulit. Namun, seiring berjalannya waktu, ceramide dalam sel kulit cenderung berkurang


Selain berfungsi melembapkan, ceramide juga berfungsi menguatkan skin barrier dan melindungi lapisan kulit dari kerusakan. Facial wash dengan kandungan bahan pelembap ini cocok untuk kulit kering yang sensitif.

Niacinamide, kandungan pelembap untuk mengatasi beruntusan dan noda hitam

Niacinamide, kandungan pelembap untuk mengatasi beruntusan dan noda hitam

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki fungsi utama melembapkan. Selain melembapkan, niacinamide mampu memperbaiki tekstur kulit yang kasar dan beruntusan. Tidak hanya itu, niacinamide juga dapat merangsang produksi collagen sehingga noda hitam bekas jerawat tersamarkan.

③ Utamakan facial wash yang bertekstur cream atau gel

Utamakan facial wash yang bertekstur cream atau gel

Untuk kulit kering yang kurang kelembapan atau sebum, utamakan memilih facial wash dengan tekstur cream. Produk dengan tekstur yang creamy mampu membersihkan kulit dari kotoran tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Sebaliknya, produk ini justru mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit dengan baik.


Sementara bagi pemilik kulit kering yang sensitif, Anda bisa menggunakan facial wash dengan tekstur gel. Facial wash dengan tekstur gel cenderung lebih ringan dan lembut di kulit sehingga tidak membuat kulit kering yang sensitif mengalami iritasi.

10 Rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial wash terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Galderma

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Galderma Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1枚目

Dapat digunakan dengan dan tanpa air untuk membersihkan wajah

2

Somethinc

Low pH Gentle Jelly Cleanser

Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser 1枚目

Sensasi segar dengan efek lembap

3

Wardah

Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash 1枚目

Kandungan alami Aloe vera membuat kulit bersih dan lembap

4

SKINTIFIC

5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser

SKINTIFIC 5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser 1枚目

Rasakan tekstur creamy yang lembut pada wajah!

5

Wardah

Hydra Rose Gel to Foam Cleanser

Wardah Hydra Rose Gel to Foam Cleanser  1枚目

Kulit lembap dan sehat dengan kandungan antioksidan

6

Rohto

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash 1枚目

Tingkat pH kulit seimbang, kelembapan kulit wajah pun terjaga

7

COSRX

Low pH Good Morning Gel Cleanser

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser 1枚目

Melembapkan sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan lembut

8

Derma 365

Gentle Cleanser

Derma 365 Gentle Cleanser 1枚目

Facial wash minim busa yang lembut di kulit

9

La Roche Posay

Lipikar SYNDET AP+

La Roche Posay Lipikar SYNDET AP+ 1枚目

Sangat aman untuk kulit sensitif, bahkan untuk bayi yang baru lahir!

10

Marina

Expert White & Glow Whip Facial Foam

Marina Expert White & Glow Whip Facial Foam 1枚目

Tetap lembap meski memiliki busa yang melimpah

Perincian produk
Close
No.1

GaldermaCetaphil Gentle Skin Cleanser

Mulai dari Rp66.700,00

Dapat digunakan dengan dan tanpa air untuk membersihkan wajah

Kelebihan:

  • Memberikan kelembapan yang tahan lama


Kekurangan:

  • Produk tidak berbusa, beberapa orang mungkin tidak menyukai ini

Cetaphil merupakan salah satu produk yang bisa digunakan dengan atau tanpa air. Anda bisa mengelap muka dengan kain atau handuk setelah menggunakannya tanpa perlu membilas wajah dengan air. Oleh karena itu, sabun wajah untuk kulit kering ini sangat cocok untuk Anda yang suka traveling!


Selain itu, sabun ini memang ditujukan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Jadi, formulanya dibuat sangat lembut, hypoallergenic, dan memiliki pH yang seimbang.

No.2

SomethincLow pH Gentle Jelly Cleanser

Mulai dari Rp39.000,00

Sensasi segar dengan efek lembap

Kelebihan:

  • Memberikan efek segar

Kekurangan:

  • Mengandung peppermint yang berisiko mengiritasi kulit sensitif

Ingin mendapatkan sensasi segar, tetapi kulit tetap lembap? Jika iya, rekomendasi facial wash untuk kulit kering kali ini patut Anda coba. Kandungan peppermint dalam produk ini akan membuat wajah terasa segar setelah dicuci. Dengan pilihan surfaktan lembut, facial wash ini lembut membersihkan dan tidak akan membuat kulit Anda kering.

No.3

WardahNature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Mulai dari Rp19.000,00

Kandungan alami Aloe vera membuat kulit bersih dan lembap

Kelebihan:

  • Mengandung bahan alami lidah buaya


Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, aroma produk ini terasa mengganggu


Sabun muka untuk kulit kering dengan tekstur gel ini memiliki busa yang ringan sehingga dapat membersihkan wajah dengan lembut. Cleanser ini diperkaya kandungan alami Aloe vera yang diformulasikan dengan Advance Dermaclear+ dan Triple Hydrating Complex. Dengan kandungan tersebut, kulit Anda senantiasa bersih, segar, dan lembap. Selain itu, formula pH balance-nya mampu menjaga keseimbangan pH kulit.

No.4

SKINTIFIC5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser

Mulai dari Rp119.000,00

Rasakan tekstur creamy yang lembut pada wajah!

Kelebihan:

  • Mengandung banyak pelembap

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, facial wash ini terlalu gentle dan kurang membersihkan

Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang sedang mencari morning cleanser yang lembut. Dengan kandungan lima jenis ceramide, facial wash ini tidak akan meninggalkan rasa kering pada kulit setelah Anda menggunakannya.


Face wash untuk kulit kering dari Skintific ini memiliki tekstur creamy. Usapkan sedikit pada tangan, produk ini akan berubah menjadi busa padat yang lembut!

No.5

WardahHydra Rose Gel to Foam Cleanser

Mulai dari Rp35.500,00

Kulit lembap dan sehat dengan kandungan antioksidan

Kelebihan:

  • Mengandung antioksidan

Kekurangan:

  • Mengandung pewangi sehingga kurang cocok untuk kulit yang sangat sensitif

Saat digunakan, pembersih muka untuk kulit kering ini mengeluarkan sedikit busa yang ringan. Meski memiliki sedikit busa, produk ini tidak akan terasa licin ketika dibilas. Jika Anda tidak menyukai facial wash yang licin setelah dibilas, facial wash Wardah ini cocok untuk Anda. Dengan kandungan antioksidan dari rose oil, kulit Anda akan menjadi lembap dan sehat.

No.6

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Mulai dari Rp25.000,00

Tingkat pH kulit seimbang, kelembapan kulit wajah pun terjaga

Kelebihan:
  • Tidak meninggalkan rasa licin setelah dibilas

Kekurangan:

  • Produk tidak memiliki aroma

Produk Hada Labo ini diformulasikan dengan pH yang sesuai pH kulit sehingga kelembapan kulit Anda selalu terjaga. Dilengkapi dengan advanced hyaluronic acid, kulit Anda tidak akan merasa tertarik setelah mencuci muka. Bila Anda mencari produk facial wash untuk kulit kering dan kusam, tidak ada salahnya mencoba produk ini.

No.7

COSRXLow pH Good Morning Gel Cleanser

Mulai dari Rp59.000,00

Melembapkan sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan lembut

Kelebihan:

  • Dapat membantu masalah jerawat ringan

Kekurangan:

  • Kemasan besar kurang travel-friendly

Cleanser untuk kulit kering ini memiliki kadar acid yang mirip dengan pH kulit serta diperkaya dengan bahan pelembap alami. Dengan demikian, facial wash ini cocok untuk kulit kering yang sensitif.


Selain melembapkan, gel cleanser ini juga memberikan efek menenangkan kulit dan mampu mengangkat sel kulit mati secara lembut. Dengan kandungan tea tree, produk ini juga cocok untuk Anda yang mencari facial wash untuk kulit kering dan berjerawat.

No.8

Derma 365Gentle Cleanser

Mulai dari Rp75.000,00

Facial wash minim busa yang lembut di kulit

Kelebihan:

  • Cocok untuk kulit kering dan sensitif

Kekurangan: 

  • Tidak berbusa banyak, beberapa orang mungkin tidak terbiasa

Facial wash yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering dan cenderung berjerawat. Kandungan pelembap yang ada dalam facial wash Derma 365 Gentle Cleanser bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori. Dengan menggunakan facial wash ini, Anda dapat membantu kulit mendapatkan kelembapan dan mendukung penyembuhan jerawat.

No.9

La Roche PosayLipikar SYNDET AP+

Mulai dari Rp270.000,00

Sangat aman untuk kulit sensitif, bahkan untuk bayi yang baru lahir!

Kelebihan:

  • Sangat aman untuk kulit kering dan sensitif

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal bila dibandingkan dengan facial wash lain

Lelah mencoba produk facial wash untuk kulit sensitif Anda? Jika iya, Anda perlu mencoba facial wash yang satu ini. Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit kering kali ini sangat aman untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Memiliki formula yang lembut, produk dari La Roche Posay ini bahkan diklaim aman untuk bayi yang baru lahir, lho!

No.10

MarinaExpert White & Glow Whip Facial FoamHydra Lock

Mulai dari Rp14.500,00

Tetap lembap meski memiliki busa yang melimpah

Kelebihan:

  • Memiliki banyak kandungan pelembap

Kekurangan:

  • Mengandung bahan pewangi, kurang cocok bagi kulit yang sangat sensitif

Jika Anda menyukai pembersih wajah dengan busa yang melimpah, facial foam untuk kulit kering ini cocok untuk Anda. Meski pembersih wajah yang berbusa banyak identik dengan efek kering, facial foam ini justru akan meninggalkan rasa lembap di kulit. Dengan berbagai kandungan bahan pelembap, Anda akan mendapatkan pengalaman mencuci muka yang nyaman.

Pertanyaan umum seputar facial wash untuk kulit kering

Pertanyaan umum seputar facial wash untuk kulit kering

Kami telah mengulas cara memilih dan membagikan rekomendasi produk facial wash untuk kulit kering. Nah, kami juga akan menjawab pertanyaan populer mengenai facial wash untuk kulit kering. Simak jawabannya di bawah ini, ya.

Apakah kulit kering juga bisa berjerawat?

Ya, kulit kering dan sensitif juga dapat mengalami jerawat. Penyebabnya bisa akibat produk skincare atau makeup yang tidak tepat, perubahan cuaca, hormonal, dan lain-lain. Karena itu, penting untuk memilih produk skincare dan makeup yang tepat. 

Bagaimana cara mengatasi jerawat pada kulit kering dan sensitif?

Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Pilih facial cleanser yang gentle, tetapi cukup untuk membersihkan debu, polusi, kotoran, minyak, dan makeup. Anda cukup mencuci muka sebanyak 2 kali sehari. 
  • Gunakan moisturizer yang oil-free, non-comedogenic, dan mengandung bahan aktif anti-acne segera setelah mencuci muka.
  • Hindari bahan aktif yang bersifat exfoliating. Berbeda dengan kulit acne yang oily, kulit kering lebih rentan iritasi.
  • Berhati-hatilah dalam memilih produk anti-acne. Pilih produk yang lembut dan dan memiliki konsentrasi bahan aktif lebih rendah demi mengurangi risiko iritasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah

Jangan terlalu sering mencuci muka jika kulit Anda kering. Cukup cuci muka dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Apabila Anda berencana mencuci muka dengan air hangat, pastikan suhunya tidak terlalu panas. Menggunakan air yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Baca juga rekomendasi produk skincare terbaik lainnya untuk kulit kering di sini

Jika Anda sudah menemukan facial wash yang tepat untuk kulit kering, saatnya mempertimbangkan produk perawatan lainnya yang dikhususkan untuk kulit kering. Bacalah artikel rekomendasi produk untuk kulit kering lainnya di bawah ini!

Kesimpulan

Facial wash untuk kulit kering sebaiknya dipilih dengan berbagai pertimbangan, salah satunya berdasarkan kandungan bahan pelembap. Selain itu, Anda juga harus cermat dalam mengamati komposisinya. Pastikan produknya tidak mengandung bahan yang akan memperparah kondisi kulit kering Anda.


Anda dapat menentukan pilihan facial wash dari rekomendasi yang kami berikan dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer