1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Hair Growth Inhibitor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Rambut yang tumbuh di bagian kaki, tangan, atau ketiak bisa menjadi hal yang mengganggu. Tak jarang waxing dan shaving dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan rambut-rambut tersebut. Namun, prosesnya menyakitkan dan bulu lekas tumbuh kembali. Karena itu, banyak yang beralih ke produk hair growth inhibitor atau penghambat pertumbuhan bulu.


Beberapa produk tidak hanya berfungsi untuk merontokkan, tetapi juga melambatkan pertumbuhan bulu hingga menipiskan helaian. Kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut beserta tips memilihnya. Ada beberapa merek yang bagus dan efektif, seperti Prev Cream, Pansly, dan Silky Touch My Way. Simak artikelnya!

Diperbaharui 09-02-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu hair growth inhibitor dan apa manfaatnya?

Apa itu hair growth inhibitor dan apa manfaatnya?

Rambut yang tumbuh pada area yang tak diinginkan akan menjadi masalah saat Anda ingin tampil lebih terbuka. Namun, jika Anda melakukan pencukuran setiap hari, kulit Anda tentu dapat mengalami iritasi.


Jadi, hair growth inhibitor adalah krim penghambat pertumbuhan bulu yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut-rambut yang mengganggu penampilan. Proses untuk menghilangkan rambut berlebih pada area tertentu ini melibatkan hair removal dan perawatan setelah hair removal.


Produk hair inhibitor umumnya digunakan sebagai produk perawatan setelah proses hair removal. Namun, saat ini ada juga produk dengan fungsi 2 in 1, bahkan 3 in 1 sebagai produk hair removal sekaligus hair inhibitor. Perhatikan tips memilihnya dan pilihlah produk dengan efek yang Anda kehendaki.

Cara memilih hair growth inhibitor

Setelah menggunakan hair removal cream, depilatory wax, shaving, ataupun melakukan laser hair removal, gunakanlah produk hair inhibitor untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan bulu. Lalu, apa saja hal yang harus dipahami ketika memilih produk penghambat pertumbuhan bulu? Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya berikut ini.

① Sesuaikan komposisi bahan dengan kondisi bulu rambut

Efek dari produk penghambat pertumbuhan bulu bisa bervariasi tergantung pada bahan yang dipakai dalam produk tersebut. Mari kita periksa dan ketahui bahan-bahan tersebut terlebih dahulu.

Kandungan pelembap dan vitamin, membuat kulit lebih sehat

Kandungan pelembap dan vitamin, membuat kulit lebih sehat

Kandungan yang perlu diperhatikan saat memilih produk penghambat pertumbuhan rambut adalah pelembap atau vitamin. Anda dapat menemukan kandungan pelembap alami, seperti Aloe vera dan curcuma. Sementara, vitamin E juga lazim ditemukan dalam produk penghambat bulu rambut.


Beberapa produk juga menawarkan bahan pelembap terbaik, seperi hyaluronic acid dan sodium hyaluronate. Pastikan produk yang Anda pilih mempunyai kandungan pelembap atau vitamin supaya kulit Anda tidak mengalami iritasi.

Isoflavon, bahan yang populer dalam produk perawatan kulit

Isoflavon, bahan yang populer dalam produk perawatan kulit

Bahan utama yang terkandung dalam produk penghambat pertumbuhan bulu adalah isoflavon. Isoflavon dapat ditemukan dalam kacang kedelai dan memiliki kesamaan cara kerja dengan hormon pada wanita. Senyawa ini berfungsi menenangkan serta melembapkan kulit setelah hair removal dilakukan


Selain dipakai dalam produk penghambat pertumbuhan bulu, bahan ini juga populer digunakan pada produk perawatan kulit, lho. Namun, produk yang beredar di Indonesia jarang mempunyai isoflavon di dalamnya.

Senyawa perontok, menghilangkan rambut yang tidak diinginkan

Senyawa perontok, menghilangkan rambut yang tidak diinginkan

Senyawa dengan efek menghambat pertumbuhan bulu direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut cukup banyak pada area tangan, kaki, dan ketiak


  • Enzim nanas

Salah satu senyawa dengan efek seperti ini adalah enzim yang terkandung dalam buah nanas. Enzim ini dapat menguraikan protein pada akar rambut sehingga rambut akan rontok dengan sendirinya. Akan tetapi, enzim nanas sulit ditemui dalam kandungan produk yang dijual di Indonesia.


  • Enzim pepaya

Selain enzim buah nanas, kami juga merekomendasikan enzim papain yang ada dalam buah pepaya. Calcium thioglycolate juga merupakan zat yang dapat merontokkan rambut. Akan tetapi, zat ini memiliki efek iritasi yang kuat terhadap kulit dan tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari.


Jika Anda tetap ingin memakai lotion dengan kandungan calcium thioglycolate, cukup gunakan sekali atau dua kali seminggu saja, ya. Kami menyarankan Anda berhati-hati dalam frekuensi penggunaan bahan yang memiliki efek samping seperti di atas.

② Pilih berdasarkan jenis produk hair inhibitor

Pilih berdasarkan jenis produk hair inhibitor

Produk hair growth inhibitor bisa ditemukan dalam beberapa jenis bentuk. Umumnya produk ini dapat ditemukan dalam bentuk krim. Namun, sekarang juga sudah ada produk dengan bentuk spray hingga serum oil. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda, ya.


  • Krim memiliki tekstur yang thick yang membuat bulu lebih mudah terangkat. Karena itu, tekstur krim cocok digunakan setelah atau pada saat waxing dan shaving.
  • Spray lebih mudah diaplikasikan ke kulit dengan cara disemprotkan. Tipe spray ideal digunakan setelah melakukan hair removal.
  • Essence atau serum oil memiliki kandungan bahan yang melembapkan dan menyehatkan kulit. Tipe ini membantu proses penyembuhan kulit setelah hair removal. 

③ Pertimbangkan krim penghambat pertumbuhan bulu yang aman digunakan untuk wajah

Pertimbangkan krim penghambat pertumbuhan bulu yang aman digunakan untuk wajah

Ada banyak produk penghambat pertumbuhan bulu yang diformulasikan untuk penggunaan di wajah, jenggot, dan area kulit yang tipis. Namun, beberapa produk mungkin tidak cocok digunakan pada area yang disebutkan di atas. Karena itu, Anda perlu memastikan produk yang Anda pilih dapat dipakai untuk menghambat pertumbuhan rambut pada area yang diinginkan.


Wajah dan area kulit yang tipis memang memiliki sensitivitas tinggi sehingga tidak dapat disamakan dengan area lainnya. Untuk keamanan, Anda harus memeriksa terlebih dahulu kecocokan produk dengan area yang ingin Anda aplikasikan.

10 Rekomendasi hair growth inhibitor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hair growth inhibitor terbaik untuk merawat tubuh yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pansly

Painless Hair Inhibitor Spray

Pansly Painless Hair Inhibitor Spray 1枚目

Hair inhibitor spray terlaris, aman menghilangkan bulu rambut seluruh tubuh

2

Milk Recipe

3 in 1 Hair Removal Cream

Milk Recipe 3 in 1 Hair Removal Cream 1枚目

Hair removal cream 3 in 1 dengan skincare ingredients

3

Cool Sugar Factory

Prev Cream (Penghambat Tumbuh Bulu)

Cool Sugar Factory Prev Cream (Penghambat Tumbuh Bulu) 1枚目

Krim penghambat bulu kemasan besar, formula alami aman dipakai setiap hari

4

My Way

Silky Touch

My Way Silky Touch 1枚目

Gunakan dengan konsisten, alhasil kulit halus dan mulus

5

Pansly

Smooth Repair Body & Face Hair Inhibitor Cream

Pansly Smooth Repair Body & Face Hair Inhibitor Cream 1枚目

Hilangkan bulu secara permanen setelah 8 minggu

6

Pansly

Painless Hair Inhibitor Essence

Pansly Painless Hair Inhibitor Essence  1枚目

Kandungan hyaluronic acid yang tidak melukai kulit sensitif

7

Lanthome

Flawless MSDS Semi Permanent Hair Removal Spray With Hamamelis Virginiana Extract

Lanthome Flawless MSDS Semi Permanent Hair Removal Spray With Hamamelis Virginiana Extract 1枚目

Produk 2 in 1, hair removal sekaligus hair growth inhibitor

8

Aliver

Natural Hair Removal and Hair Growth Inhibitor Spray

Aliver Natural Hair Removal and Hair Growth Inhibitor Spray 1枚目

Efektif mencegah bulu kasar tumbuh kembali

9

Velskin

Hair Blocker

Velskin  Hair Blocker  1枚目

Bulu tumbuh lebih lama sembari mencerahkan dan mengecilkan pori-pori kulit

10

SanGreat

Hair Growth Inhibitor

SanGreat Hair Growth Inhibitor 1枚目

Hambat pertumbuhan bulu dengan bahan alami

Perincian produk
Close
No.1

PanslyPainless Hair Inhibitor Spray

Mulai dari Rp80.000,00

Hair inhibitor spray terlaris, aman menghilangkan bulu rambut seluruh tubuh

Di antara produk penghambat bulu yang dijual di e-commerce, spray dari Pansly ini memang salah satu yang best seller. Painless Hair Inhibitor Spray adalah spray yang praktis dan efektif untuk menghambat hingga menghentikan pertumbuhan bulu secara permanen. Hasilnya dapat terlihat hanya dalam waktu sebulan.


Daya semprotnya dapat merata secara nyaman di kulit wajah dan tubuh dengan klaim full coverage. Untuk hasil terbaik, Anda dapat mengombinasikan pemakaiannya dengan menggunakan Pansly Hair Removal (botol hijau) terlebih dahulu. Kulit wajah dan tubuh Anda dijamin mulus dan bebas bulu rambut setelah pemakaian.

No.2

Milk Recipe3 in 1 Hair Removal Cream

Mulai dari Rp52.000,00

Hair removal cream 3 in 1 dengan skincare ingredients

Beberapa produk dikemas dengan fungsi 2 in 1 sebagai hair removal sekaligus hair growth inhibitor. Namun, kini ada juga Milk Recipe Hair Removal Cream, produk 3 in 1 dengan tambahan fungsi pencerah kulit. Krim ini merontokkan bulu, mencegah pertumbuhan bulu, lalu mencerahkan area kulit tersebut. Tak ada lagi masalah kulit gelap bertekstur atau chicken skin, ya. 


Hebatnya lagi, Milk Recipe 3 in 1 Hair Removal Cream hadir dengan kandungan bahan skincare, Ada niacinamide dan glutathione sebagai agen pencerah, pelembap, dan antioksidan. Centella asiatica juga diklaim mampu menenangkan kulit yang iritasi setelah proses hair removal. Produk ini paling cocok digunakan untuk bulu kaki.

No.3

Cool Sugar FactoryPrev Cream (Penghambat Tumbuh Bulu)

Mulai dari Rp110.000,00

Krim penghambat bulu kemasan besar, formula alami aman dipakai setiap hari

Salah satu produk penghambat tumbuh bulu yang best seller adalah Prev Cream by Cool Sugar. Produk ini diformulasikan dengan kandungan alami yang aman dipakai setiap hari. Kemasannya besar sehingga cocok untuk Anda yang rajin melakukan waxing di rumah.


Selain itu, teksturnya diklaim cepat menyerap serta tanpa residu. Anda dapat menggunakan sehari setelah melakukan waxing untuk memperlambat pertumbuhan bulu. Ribuan konsumen sudah memberikan review positif, lho!

No.4

Gunakan dengan konsisten, alhasil kulit halus dan mulus

Produk penghambat pertumbuhan bulu dapat dirasakan manfaatnya bila digunakan secara konsisten. Nah, Silky Touch My Way sangat pas untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari kulit halus. Anda cukup mengulangi pemakaiannya sebanyak tiga kali sehari selama tiga bulan. Dapatkan kulit halus berseri dengan produk ini.
No.5

PanslySmooth Repair Body & Face Hair Inhibitor Cream

Mulai dari Rp85.000,00

Hilangkan bulu secara permanen setelah 8 minggu

Setelah menggunakan produk perontok bulu, biasanya bulu akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu. Apabila Anda sering mengalami masalah ini, krim penghambat bulu dari merek best seller ini patut Anda pilih.


Pansly Smooth Repair Body & Face Hair Inhibitor Cream dapat secara efektif menghambat tumbuhnya kembali bulu setelah sebulan hingga delapan minggu pemakaian secara rutin. Selain itu, krim ini juga dapat melembutkan kulit berkat bahan pelembap yang terkandung di dalamnya.

No.6

PanslyPainless Hair Inhibitor Essence

Mulai dari Rp58.999,00

Kandungan hyaluronic acid yang tidak melukai kulit sensitif

Untuk pemilik kulit sensitif, kami merekomendasikan produk ini. Dua bahan utama dari produk ini adalah hyaluronic acid dan chamomile. Hyaluronic acid cocok untuk kulit sensitif hingga kulit berjerawat yang cenderung kemerahan. Ekstrak chamomile juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Jadi, Anda dapat menggunakan essence penghambat bulu yang permanen ini tanpa rasa khawatir.

No.7

LanthomeFlawless MSDS Semi Permanent Hair Removal Spray With Hamamelis Virginiana Extract

Mulai dari Rp110.900,00

Produk 2 in 1, hair removal sekaligus hair growth inhibitor

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih produk penghilang bulu sekaligus produk penghambat bulu dari Lanthome ini. Setelah hair removal dilakukan, bulu akan tumbuh dengan lebih lambat. Produk ini juga diklaim dapat mencegah bulu tumbuh lebih gelap dan tebal serta mengurangi kepadatan rambut. Ekstrak tumbuhan alaminya akan membuat kulit Anda lebih halus.

No.8

AliverNatural Hair Removal and Hair Growth Inhibitor Spray

Mulai dari Rp56.000,00

Efektif mencegah bulu kasar tumbuh kembali

Ada beberapa produk perontok bulu yang setelah dipakai malah menimbulkan bulu kasar. Nah, produk yang satu ini melengkapi proses menghilangkan bulu dan mencegah bulu kasar tumbuh di area tubuh Anda. Apabila Anda ingin memastikan bulu kasar tidak tumbuh kembali, Anda dapat memilih spray penghambat bulu ini. 

Gunakanlah produk ini secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda dapat menggunakannya sekali sehari pada minggu pertama dan meningkat menjadi dua kali sehari pada minggu kedua. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan efek penghambatan pada regenerasi rambut.

No.9

Velskin Hair Blocker

Mulai dari Rp143.000,00

Bulu tumbuh lebih lama sembari mencerahkan dan mengecilkan pori-pori kulit

Penggemar waxing mungkin sudah mendengar Velskin, merek pelopor waxing spray di Indonesia. Velskin punya produk hair growth inhibitor dalam bentuk spray. Produk ini bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan bulu dalam waktu 1–2 minggu hingga menghentikan regenerasi bulu pada minggu ke-8. Selain itu, dalam 3–4 minggu pori-pori kulit juga terlihat mengecil serta lebih cerah dan mulus.

No.10

SanGreatHair Growth Inhibitor

Mulai dari Rp170.000,00

Hambat pertumbuhan bulu dengan bahan alami

SanGreat Hair Growth Inhibitor bisa dipertimbangkan sebagai salah satu produk penghambat bulu berbahan alami. Produk ini terbuat dari bahan yang mempunyai fungsi untuk melemahkan folikel rambut secara alami. Jadi, kulit Anda pun akan bebas dari bulu yang mengganggu. 


Produk SanGreat ini dapat Anda gunakan dengan aman di ketiak, bulu tangan, bulu kaki, serta bulu pada area yang tidak Anda inginkan. Anda dapat mengaplikasikannya setelah proses pencukuran bulu dengan cara mengoleskannya secara merata. Gunakan dengan rutin supaya bulu tidak tumbuh kembali.

Pertanyaan umum seputar hair growth inhibitor

Setelah mengulas cara memilih serta memberi rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar produk penghambat bulu. Jika Anda memiliki atau akan membeli produknya, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah hair growth inhibitor (penghambat tumbuh bulu) bisa permanen?

Beberapa produk hair inhibitor dan produk perontok bulu dengan formula inhibiting dapat menghambat pertumbuhan bulu secara permanen. Biasanya Anda perlu menggunakan produk secara rutin dalam waktu beberapa minggu. Hal ini tentu saja tergantung pada merek dan kandungan bahannya. Periksalah terlebih dahulu klaim dari produsen sebelum membeli.

Bagaimana cara menghambat pertumbuhan rambut?

Mengoleskan krim hair inhibitor adalah cara mudah untuk menghambat pertumbuhan bulu. Namun, jika Anda berhenti menggunakannya, rambut yang ingin dihilangkan akan segera tumbuh kembali. Karena itu, gunakan produk hair inhibitor secara teratur setelah melakukan hair removal untuk menghambat pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan hair growth inhibitor secara efektif

Cara menggunakan hair growth inhibitor secara efektif

Produk penghambat pertumbuhan bulu memberikan hasil yang lebih optimal apabila digunakan secara teratur pada waktu yang sama. Lebih bagus lagi jika produk dipakai dua kali sehari setelah mandi saat kondisi pori-pori terbuka. Jika Anda sudah melakukan cara seperti ini, Anda sudah berada pada jalur yang benar dan bisa melanjutkannya.


Perlu diketahui bahwa bahan-bahan dalam produk jarang menimbulkan reaksi ketidakcocokan atau efek samping, seperti kulit menjadi kasar. Namun, apabila Anda mengalaminya, jangan ragu untuk segera menghentikan pemakaian.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk menghilangkan bulu di sini

Setelah Anda membaca rekomendasi mengenai produk penghambat pertumbuhan bulu, semoga Anda sudah mendapatkan produk yang tepat. Kami juga mempunyai rekomendasi produk lain yang juga dapat menghilangkan bulu yang tidak Anda inginkan. Simak rekomendasi kami melalui link berikut ini.

Kesimpulan

Jadi, apa yang Anda pikirkan setelah membaca artikel di atas? Mungkin saat ini Anda sudah memiliki pilihan produk yang Anda sukai. Namun, ada baiknya Anda selalu mempertimbangkan komposisi bahan, harga, dan ulasan sebelum membeli.


Silakan Anda jadikan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan. Dengan produk hair inhibitor yang tepat, kulit akan bersih dari rambut-rambut halus. Kepercayaan diri Anda pun akan meningkat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer