10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Asus adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Akan tetapi, laptop Asus memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.

Mari simak artikel berikut ini agar tidak salah memilih laptop Asus. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop Asus untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop Asus terbaik dari berbagai seri VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!

Daftar isi

Cara memilih laptop Asus

Laptop pilihan terbaik ialah laptop yang nyaman dan ringan, serta dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama. Jadi, mohon perhatikan poin penting tersebut dengan saksama saat Anda memilih laptop Asus.

Pilih seri laptop Asus yang sesuai dengan tujuan

Laptop merek Asus banyak dijual sesuai dengan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. Perhatikanlah penggunaan laptop dengan cara mempersempit seri laptop Asus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk kemudahan dan kenyamanan saat dibawa, pilih seri VivoBook yang tipis dan ringan

Untuk kemudahan dan kenyamanan saat dibawa, pilih seri VivoBook yang tipis dan ringan

Kami merekomendasikan laptop Asus seri VivoBook untuk seri laptop Asus yang ringan dengan harga ekonomis. Model populer yang saat ini sedang dijual yaitu VivoBook E 200 HA dengan berat kurang dari 1 kg. Laptop ini tergolong ramping dengan ketebalan hanya 17 mm sehingga memiliki ukuran yang cukup tipis. Hal inilah yang membuatnya ideal untuk dibawa-bawa.

Tipe VivoBook pada umumnya menggunakan CPU berjenis Celeron ketimbang seri Core i. Jadi, laptop seri ini kurang cocok untuk penggunaan berat. Namun, Anda masih bisa menggunakan internet, mengirim e-mail, atau menulis dengan software Office tanpa hambatan berarti.

Pilih seri TransBook, laptop Asus yang bisa difungsikan sebagai tablet

Pilih seri TransBook, laptop Asus yang bisa difungsikan sebagai tablet

Apabila Anda menginginkan laptop yang bisa dijadikan tablet dengan melepas keyboard, pilihlah laptop Asus seri TransBook. Harganya memang cukup mahal, tetapi memiliki performa lebih tinggi dibandingkan seri VivoBook karena menggunakan prosesor Core i.

Asus Transbook cukup menarik karena dapat dijadikan tablet karena layarnya bisa disentuh. Beberapa laptop Asus seri ini juga sudah dilengkapi dengan touch pen. Oleh karena itu, Anda akan terbantu jika perlu menulis surat dengan tulisan tangan atau saat menggambar ilustrasi.

Untuk keperluan kerja, pilih seri Zenbook yang berbentuk tipis dan berkinerja tinggi

Untuk keperluan kerja, pilih seri Zenbook yang berbentuk tipis dan berkinerja tinggi

Kami menyarankan seri Zenbook apabila Anda mencari laptop dengan performa tinggi, gampang dibawa, dan mudah untuk mengedit video. Seri ini sudah menggunakan Core i serta dilengkapi dengan tampilan resolusi tinggi. Lagi pula, laptop seri ini cukup populer di seluruh dunia.

Kemampuan Zenbook untuk melakukan penyuntingan gambar dan video menjadikan seri ini sangat menarik. Hal ini sulit dilakukan kecuali oleh laptop khusus untuk keperluan kerja. Selain itu, laptop seri ini bisa dipakai untuk berselancar di internet sekaligus memainkan game online.

Pilih seri gaming untuk keperluan software desain serta permainan 3D

Pilih seri gaming untuk keperluan software desain serta permainan 3D

Jika Anda memainkan permainan 3D yang tidak memerlukan performa tinggi, Anda masih bisa menggunakan seri Zenbook. Namun, jika membutuhkan performa yang lebih tinggi seperti saat bermain FPS, Anda dapat memilih seri gaming. Beberapa seri gaming memiliki performa tinggi, mudah dibawa, serta mudah digunakan.

Laptop ini tidak hanya digunakan khusus untuk bermain game walaupun termasuk sebagai kategori notebook untuk gaming. Pada dasarnya, seri gaming berkinerja tinggi sehingga bisa dipakai untuk editing video dan untuk penggunaan software desain. Anda bisa memakai software lain secara simultan saat mengoperasikan Adobe Photoshop dengan menggunakan seri ini.

Periksa berat dan ukuran layar sesuai penggunaan

Apabila Anda ingin membandingkan terlebih dahulu sebelum memilih, Anda dapat membandingkan laptop berdasarkan berat dan ukuran layar. Pilihlah laptop Asus berdasarkan ukuran layar serta yang sesuai kebutuhan untuk dibawa-bawa atau untuk penggunaan di rumah.

Pilih ukuran layar 12 inci hingga 14 inci yang nyaman untuk dibawa-bawa

Pilih ukuran layar 12 inci hingga 14 inci yang nyaman untuk dibawa-bawa

Layar monitor dengan ukuran 12 inci hingga 14 inci memiliki ukuran yang nyaman untuk dilihat dan dibawa-bawa. Ukuran ini setara dengan kertas berukuran B5. Sesungguhnya, laptop Asus yang populer dan mudah dibawa-bawa umumnya berukuran 14 inci atau kurang. Tambahan lagi, kami merekomendasikan agar Anda memilih laptop Asus yang kompatibel dengan tampilan Full HD (beresolusi tinggi).

Jika laptop jarang dibawa-bawa dengan penggunaan sebatas di rumah atau di kantor, pilihlah seri ZenBook atau seri gaming. Asus menjual laptop berukuran 15,6 inci dan juga 17,3 inci. Anda sebaiknya memilih laptop dengan ukuran tersebut apabila mobilitas Anda rendah. Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati karena baterai akan lebih cepat habis dengan ukuran layar yang semakin besar.

Pilih dengan berat total 1 kg apabila sering dibawa-bawa

Pilih dengan berat total 1 kg apabila sering dibawa-bawa

Kami menganjurkan laptop dengan berat sekitar 1 kg apabila Anda sering membawa laptop dan menggunakannya di luar ruangan. Anda dapat membandingkan laptop seri VivoBook dan TransBook yang banyak tersedia dengan berat di bawah 1 kg.

Sekiranya Anda membutuhkan koneksi internet, Anda bisa menggunakan laptop di berbagai tempat. Hal ini berlaku selama di dalam ruangan masih terjangkau koneksi WiFi. Laptop yang terlalu berat akan menyulitkan Anda manakala ingin memindah-mindahkan laptop di dalam rumah. Untuk itu, kami merekomendasikan laptop dengan berat sekitar 2 kg. Laptop yang dipakai untuk bekerja di rumah dengan berat sekitar 2 kg akan mudah dibawa-bawa dengan satu tangan. Di samping itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan. Walau kelihatannya Anda hanya perlu memperhatikan berat laptop, Anda juga perlu memperhatikan ukuran dan berat adaptor AC yang digunakan untuk mengisi daya pada laptop.

Pilih laptop dengan baterai yang tahan hingga 7 jam

Pilih laptop dengan baterai yang tahan hingga 7 jam

Bekerja akan terasa nyaman dengan baterai yang tahan hingga 7 jam atau lebih. Terutama sewaktu Anda menggunakan laptop di luar ruangan. Laptop berukuran 12 inci hingga 14 inci dirancang untuk penggunaan di luar ruangan. Dengan demikian, laptop dengan ukuran tersebut memiliki ketahanan baterai yang cukup lama sekitar 7-10 jam. Seri ZenBook dan seri TransBook banyak yang dilengkapi baterai yang tahan lama. Beberapa seri ini bahkan memiliki ketahanan baterai lebih dari 14 jam.

Laptop kerja dengan ukuran layar 15 inci atau lebih dibuat dengan asumsi penggunaan yang terhubung dengan sumber listrik. Oleh karena itu, baterai laptop jenis ini cepat berkurang dalam rentang 2-3 jam. Jadi, jangan lupakan hal ini apabila Anda mencari laptop yang mudah dibawa dan mudah digunakan. Selain harga, periksa dan bandingkanlah juga ketahanan baterai laptop yang akan Anda beli.

Pilih media penyimpanan yang menggunakan SSD atau eMMC

Pilih media penyimpanan yang menggunakan SSD atau eMMC

Pilihlah media penyimpanan berupa SSD atau eMMC daripada HDD. Anda akan memperoleh waktu start-up yang cepat serta penggunaan yang nyaman dengan menggunakan SSD atau eMMC. Di samping itu, kapasitas penyimpanan SSD dan eMMC juga berbeda-beda. Pada umumnya, laptop Asus yang menggunakan eMMC dijual dengan kapasitas 16 GB hingga 128 GB. Di pihak lain, laptop Asus dengan media penyimpanan SSD memiliki kapasitas 128 GB hingga 512 GB.

Jika Anda mencari media penyimpanan yang tahan lama, pilihlah laptop dengan media penyimpanan SSD. Media penyimpanan jenis ini memiliki tingkat kerusakan data yang rendah karena tidak memiliki komponen disk mekanik seperti HDD. Apabila media penyimpanan laptop yang Anda pilih dirasa terlalu kecil, Anda dapat menyimpan data di sistem cloud. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media penyimpanan eksternal seperti SSD atau HDD.

Pilih CPU berdasarkan fungsi dan kebutuhan agar efisien

Pilih CPU berdasarkan fungsi dan kebutuhan agar efisien

Pemilihan CPU laptop merupakan hal yang penting. Namun, kami tidak merekomendasikan laptop dengan CPU berkinerja tinggi apabila Anda tidak memerlukan banyak penggunaan karena tidak ekonomis. Jadi, perhatikanlah hal penting berkaitan dengan kebutuhan yang Anda perlukan saat membeli laptop.

Anda disarankan memilih CPU tipe Celeron dan tipe Atom apabila menggunakan laptop hanya untuk keperluan terbatas. CPU tipe ini sudah mencukupi untuk berselancar di internet, berkirim email, atau hanya untuk menulis. Milikilah laptop dengan CPU tipe ini jika membutuhkan laptop yang mudah dibawa-bawa dengan harga ekonomis. Sementara itu, jika diperlukan penyuntingan film atau penyuntingan gambar sederhana, Anda bisa menggunakan CPU tipe Core i3.

CPU dengan kinerja tinggi dibutuhkan apabila Anda ingin memainkan game online 3D serta penyuntingan gambar yang berat. Anda pun dapat memakai CPU berkinerja tinggi untuk membuka berbagai software secara bersamaan. CPU berkategori Core i5 atau lebih tinggi bisa dipilih untuk menyelesaikan pekerjaan berat. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan fungsi CPU secara menyeluruh.

10 Rekomendasi laptop Asus terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh laptop Asus terbaik yang kami pisahkan berdasarkan kebutuhan pengguna. Silakan pilih laptop Asus yang sesuai untuk menunjang keperluan Anda.

10. Asus VivoBook 14 A405UQ

10. Asus VivoBook 14 A405UQ

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.065.000

Leluasa dengan media penyimpanan ganda! SSD 128 GB + HDD 1 GB!

Media penyimpanan ganda menjadi salah satu keunggulan produk ini. Oleh Karena itu, milikilah laptop ini jika Anda tidak mau repot menyimpan file melalui cloud atau HDD eksternal. Asus A405UQ dilengkapi  SSD 128 GB dan HDD sebesar 1 TB. Storage SSD bisa diekspansi hingga 512 GB, sedangkan storage HDD-nya bisa diekspansi hingga 2 TB.

Komponen RAM DDR4 sebesar 4 GB sudah cukup bila Anda jarang melakukan multitasking. Selanjutnya, CPU Core i5 dapat memenuhi keperluan Anda yang memakai laptop untuk kinerja menengah. Gunakanlah produk ini jika Anda menginginkan laptop dengan baterai yang awet. Asus SuperBattery-nya mampu bertahan tiga kali lebih lama dibandingkan baterai standar lithium-ion silinder.

9. Asus ROG Strix GL503

9. Asus ROG Strix GL503

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 14.750.000

Teknologi Anti Dust Cooling! Hardware tetap terjaga dari kotoran dan debu!

Laptop gaming ini bisa menjadi andalan penikmat game eSport atau game lain dengan durasi permainan yang lama. Teknologi ADC (Anti Dust Cooling) laptop ini bisa menjadi solusi terhadap kebutuhan bermain game secara maraton. Selain itu, teknologi ADC yang telah dipatenkan ini akan mengusir debu dan kotoran agar hardware laptop tetap bersih.

Kehadiran dua kipas bertegangan 12 volt berputar lebih cepat daripada kipas konvensional yang bertegangan 5 volt. Di pihak lain, Anda dapat menikmati game dengan kebutuhan visual tinggi berkat tampilan wide-view dengan refresh rate yang tinggi. Berikutnya, posisi panel slide-off di bagian bawah dengan sebuah sekrup akan memudahkan Anda saat melakukan upgrade memory.

8. Asus Transformer Pro T304UA

8. Asus Transformer Pro T304UA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.750.000

Model 2-in-1 dengan tampilan layar yang nyaman di mata

Asus Transformer Pro T304 UA adalah laptop 2 in 1 yang dapat difungsikan sebagai tablet. CPU Core i7 menjadikan produk ini mampu melakukan pemrosesan data dengan baik. Tambahan Aksesori berupa Asus Pen akan berguna baik untuk mencatat, menandai foto, maupun menggambar grafis. Jadi, laptop ini cocok untuk menunjang kegiatan profesional saat meeting atau pekerja kreatif saat menggambar.

Kebutuhan koneksi bukanlah masalah dengan kehadiran universal dock. Anda dapat terhubung melalui USB tipe C, USB 3.0, HDMI, VGA, RJ45 LAN, serta SD card reader. Tampilan layar laptop ini juga memanjakan penikmat visual akibat kehadiran Asus TruVivid dan teknologi Asus Tru2life. Tambahan pula, resolusi 3K membuat Anda lebih betah berlama-lama saat menonton video.

7. Asus ROG ZEPHYRUS (GX501)

7. Asus ROG ZEPHYRUS (GX501)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 48.000.000

Laptop gaming paling tipis yang mudah dibawa

Laptop ini diklaim oleh Asus sebagai laptop gaming paling tipis. Ukuran body-nya hanya 16,9 mm hingga 17,9 mm dengan berat 2,2 kg saja. Karena itu, Anda bisa menggunakan laptop ini apabila ingin memainkan game di venue yang berbeda-beda. Walaupun demikian, laptop ini tidak mengorbankan performa berkat CPU Core i7 dengan grafis NVIDIA GeForce GTX1080.

Salah satu yang menarik dari produk ini adalah pendingin eksklusif Active Aerodynamics System. Hal tersebut membuat laptop tidak mudah panas dan bekerja sunyi kendati berbadan tipis. Saat laptop ini dibuka untuk dipakai, bagian bawahnya akan terangkat untuk menghasilkan sirkulasi udara ekstra hingga 20%. Kini, memainkan game berat di mana pun bukan masalah dengan laptop ini.

6. Asus ZenBook 3 UX390UA

6. Asus ZenBook 3 UX390UA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.725.000

Performa tinggi dengan rekognisi bergengsi

Asus ZenBook 3 UX390UA adalah laptop segudang prestasi yang telah memenangkan berbagai penghargaan desain terkemuka di dunia. Laptop ini dirancang sehingga menghasilkan bobot hanya 910 gram dengan ketebalan 11.9 mm. Proses pembuatan yang menggunakan material logam campuran aerospace menjadikan produk ini 50% lebih kuat dibandingkan laptop berbahan standar.

Performa tinggi laptop ini dihasilkan oleh CPU Core i7 dengan perpaduan SSD sebesar 512 GB. Di samping itu, sebuah sentuhan di bagian touchpad berfungsi sebagai sensor fingerprint guna menjaga keamanan terhadap akses laptop. Ukuran layar sebesar 12,5 inci FHD akan memudahkan Anda yang membutuhkan laptop berkinerja canggih dengan mobilitas tinggi.

5. Asus Transformer Book T101HA

5. Asus Transformer Book T101HA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.899.000

Laptop dan tablet dalam satu perangkat dengan harga ekonomis

Tampilan layar laptop ini berukuran 10,1 inci dengan berat 580 gram serta ketebalan 9 mm. Jadi, laptop ini cukup nyaman untuk Anda yang memerlukan laptop untuk dibawa-bawa. Keyboard produk ini bisa Anda lepaskan untuk menjadi tablet sehingga Anda lebih leluasa. Tambahan lagi, baterai yang tahan hingga 11 jam sudah cukup mendukung aktivitas Anda selama di luar ruangan.

Produk ini memiliki kinerja cukup untuk kebutuhan standar Anda dengan prosesor Intel QuadCore X5. Fitur USB, micro USB, micro HDMI, dan micro SD membuat konektivitas Anda tetap tersedia selama di luar ruangan. Meskipun begitu, Asus Transformer Book T100HA berharga cukup terjangkau. Pilihlah produk ini jika Anda mencari laptop hybrid yang ekonomis.

4. Asus ROG Strix GL702ZC

4. Asus ROG Strix GL702ZC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 20.390.000

Dibekali AMD Ryzen, game berat terasa ringan!

Kerja berat bukanlah masalah bagi laptop berkinerja tinggi ini berkat prosesor AMD Ryzen 7. CPU ini memungkinkan pekerjaan berat bisa diproses baik saat bermain game atau mengolah multimedia. Sementara itu, ukuran layar yang 17 inci akan cocok untuk memainkan game di rumah. Fitur backlit antighosting-nya mampu mengontrol dengan akurat saat Anda bermain game lho!

ROG Gaming Center hadir untuk memanjakan pencinta game. Para gamers tentu tidak asing dengan antarmuka yang bisa mengatur permainan dalam satu atap ini. Penggunaan dari grafik AMD Radeon RX580 membuat pengalaman visual saat bermain game berjalan maksimal. Anda bahkan bisa memainkan permainan VR dengan mulus dan bebas stutter. Asyik, ya?

3. Asus ZenBook Pro UX550VD

3. Asus ZenBook Pro UX550VD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 23.440.000

Desain menggoda dengan performa tinggi

Produk ini memiliki filosofi tenang di luar, namun kuat di dalam melalui balutan warna black matte. Pekerjaan berat pun bisa dieksekusi oleh prosesor Core i7-7700HQ. Selain itu, kapasitas memory hingga 16 GB mendukung Anda guna melakukan pekerjaan secara multitasking. Rasakanlah juga sensasi melihat layar tanpa gangguan frame dengan NanoEdge display.

Performa laptop yang tinggi ini ditunjang oleh dual fan. Akibatnya, temperatur Asus ZenBook Pro UX550VD lebih rendah hingga 2,35o Celsius dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, kesan mewah juga muncul akibat produk ini mengusung desain unibody dengan finishing metal yang berkilau layaknya sutra. Hal ini tentu mendukung Anda yang ingin tampil profesional dan elegan.

2. Asus Zenbook 13 UX331UN

2. Asus Zenbook 13 UX331UN

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Blibli

Harga : Rp 14.500.000

Ukuran tipis dengan ketahanan baterai hingga 14 jam!

Asus ZenBook 13 UX331UN memiliki ketebalan 13,9 mm dengan berat hanya 1,12 kg. Ukuran tipis tidak menghalangi laptop ini untuk memiliki grafis diskret berupa chip NVIDIA GeForce MX150. Karena itu, Anda bisa menyunting foto, video, atau bermain game dengan penampilan visual yang maksimal. Hal ini jarang terjadi pada laptop ultra-thin yang umumnya tidak memiliki kartu grafis dedicated.

Teknologi WiFi master memungkinkan Anda mendapat koneksi internet tercepat dengan lancar. Di samping itu, baterai dengan ketahanan 14 jam memastikan Anda bisa bekerja lama tanpa terhubung ke sumber listrik. Pilihlah laptop ini apabila pekerjaan Anda tergantung dengan kartu grafis seperti editor atau kreator konten, serta untuk Anda yang bekerja dengan mobilitas tinggi.

1. Asus VivoBook Flip TP200SA

1. Asus VivoBook Flip TP200SA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.201.000

Putar keyboard-nya dan rasakan fleksibilitas penggunaannya!

Produk ini merupakan laptop model 2-in-1 dengan berat hanya 1,2 kg saja. Bagian keyboard-nya bisa diputar sampai 3600 sehingga lebih fleksibel saat dipakai. Berat ringan dan ukuran layar 11,6 inci menjadikan produk ini mudah dibawa-bawa oleh Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Selain itu, tekstur laptop yang antigores tentu mendukung penggunaan di luar ruangan.

Prosesor Intel Pentium/Intel Celeron sudah cukup untuk mengerjakan tugas standar, terutama bagi Anda yang tidak membutuhkan laptop dengan kinerja berat. Di bagian media penyimpanan laptop ini dibekali baik dengan SSD maupun eMMC. Selanjutnya, sensitivitas tinggi yang responsif dengan pemakaian sepuluh jari bisa Anda dapatkan di bagian touchpad.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel yang sudah kami ulas? Produk-produk di atas merupakan produk yang menarik. Anda bisa memakai laptop Asus terbaik pilihan kami sesuai kebutuhan dengan harga yang pas dan kinerja sesuai keperluan. Memilih produk Asus yang tepat bisa menunjang kebutuhan Anda. Sesuai dengan slogan Asus sejak tahun 2014  “In search of incredible”.