mybest
Laptop

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer] 1
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer] 2
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer] 3
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer] 4
  • 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer] 5

10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]

Laptop merek ASUS serinya beragam, mulai dari yang ditujukan untuk mobilitas tinggi, komputasi ringan, bisnis, hingga gaming. Prosesornya pun bervariasi, dari Intel Core i3, Intel Core i5, hingga Intel Core i7. Tak heran bila laptop ASUS diandalkan oleh berbagai kalangan.


Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih laptop ASUS terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus, seperti seri VivoBook, ROG, dan ZenBook yang terbaru. Review laptop ASUS pilihan kami pun telah tersedia. Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Diperbaharui 29/12/2023
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Yustisia Putri
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Yustisia Putri

Yustisia Putri, akrab dipanggil Yusti, adalah mahasiswa Fakultas Psikologi dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Berkat keahliannya dalam menulis, ia pernah bekerja paruh waktu sebagai guru les privat. Semasa kuliah, ia juga aktif dalam organisasi jurnalistik dan paduan suara. Kini, ia bekerja sebagai freelance content writer di mybest Indonesia sembari berkuliah. Dalam waktu senggangnya, ia senang bermain game di komputer dan laptop. Yusti juga pernah merakit komputer dan memiliki pemahaman yang cukup tentang komputer. Selain itu, Yusti juga hobi menyanyi dan mengolah musik di komputer. Yusti pun sering menghabiskan waktu di depan komputernya untuk bermain game dan mengedit lagu.

Profil Yustisia Putri
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Laptop ASUS, andal dengan teknologi terbaru

Laptop ASUS, andal dengan teknologi terbaru
Tipe laptop ASUS beragam. Dari yang ringkas sampai yang spesifikasinya tinggi, semua ada. Anda dapat menemukan laptop ASUS dengan teknologi terbaru di pasaran. Produknya sudah dijalankan dengan prosesor Intel Core i9 atau AMD Ryzen 9. Meskipun demikian, banyak juga produknya yang ditujukan untuk komputasi ringan.

Hal paling menarik dari laptop ASUS adalah harga yang terjangkau untuk performa yang tinggi. Produknya yang berada pada level entry tetap diberikan spesifikasi mumpuni. Dengan demikian, budget terbatas bukan halangan untuk mendapatkan laptop ASUS berkualitas. Jadi, simaklah artikel ini dengan saksama agar Anda mendapat produk terbaik tanpa khawatir boros.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop ASUS

Di bawah ini kami akan menjelaskan cara memilih laptop ASUS yang bisa Anda jadikan panduan. Mari simak lebih jauh agar Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

1

Sesuaikan tipe laptop ASUS dengan penggunaan

ASUS menawarkan bermacam tipe laptop untuk beragam kebutuhan. Berikut kami akan menjabarkan tipenya satu per satu. Temukan tipe laptop ASUS yang tepat untuk Anda.

VivoBook: Pas untuk mengetik dan komputasi ringan di kantor

VivoBook: Pas untuk mengetik dan komputasi ringan di kantor
Kami merekomendasikan VivoBook bila Anda menginginkan laptop yang ringan dengan harga terjangkau. Tipe laptop ASUS ini memiliki varian yang menarik, antara lain model S13 yang mudah dibawa dengan layar 13,3 inci. Selain itu, terdapat tipe Flip yang bisa digunakan dalam dua cara. Anda dapat menggunakannya seperti laptop biasa atau dijadikan tablet.


Karena tipe ini dirancang untuk pemakaian sehari-hari, seri VivoBook merupakan pilihan terbaik untuk komputasi ringan. Produknya cocok untuk browsing, membalas email, hingga menjalankan software Office. Karena itu, produk yang dioperasikan dengan prosesor Core i5 atau Ryzen 5 sudah akan memenuhi kebutuhan Anda.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri VivoBook dapat mendukung kebutuhan Anda untuk browsing dan menggunakan software Office. Layar yang didukung teknologi IPS, storage SSD dan HDD, serta fast-charging capability akan memanjakan pengguna yang tingkat mobilitasnya tinggi. Kekurangannya terletak di kapasitas baterai yang relatif kecil dan webcam yang masih menggunakan teknologi VGA.

ZenBook: Kuat mengedit foto dan video dengan Intel Core i7

ZenBook: Kuat mengedit foto dan video dengan Intel Core i7

Jika Anda mencari laptop dengan performa tinggi untuk komputasi berat, seri ZenBook adalah pilihan yang tepat. Harganya tentu lebih tinggi dari seri VivoBook. Namun, Anda akan mendapatkan laptop yang mampu mengedit gambar dan video dengan apik.


Seri Zenbook menawarkan laptop yang all-rounderProduk dari seri ini bahkan dapat lancar menjalankan game dengan spesifikasi ringan sampai menengah. Pastikan produknya dilengkapi prosesor Intel Core i7 ke atas agar Anda mendapatkan performa terbaik, ya.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri Zenbook menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk foto atau video editing. High contrast IPS LCD panel dengan bezel tipis akan memanjakan mata pengguna. Keyboard yang nyaman untuk mengetik dan trackpad yang dapat menjadi LED-illuminated NumberPad juga akan memanjakan Anda.


Pilih seri ini jika pekerjaan Anda berkaitan dengan penghitungan, tetapi tidak ingin laptop dengan numpad pada umumnya yang lebar. Kekurangannya terletak di kualitas webcam yang berada di level rata-rata dan tidak tersedianya fingerprint sensor.

FX, TUF atau ROG: Bisa menjalankan game berat favorit gamer

FX, TUF atau ROG: Bisa menjalankan game berat favorit gamer
Jika Anda ingin bermain game pada laptop, kami merekomendasikan seri FX, TUF, atau ROG. Pilih produknya berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan oleh game yang hendak dimainkan. Ketahui dahulu apakah game tersebut butuh spesifikasi tinggi atau rendah. Selain itu, perkirakan mengenai mobilitas laptop nantinya. Berikut panduan lengkapnya.

  • FX

Kami merekomendasikan tipe FX jika game yang hendak Anda mainkan tergolong ringan. Tipe FX merupakan model entry level dari seri gaming. Performa grafiknya terbilang minimalis. Harganya pun paling ekonomis di antara yang lain. 


  • TUF

Jika Anda sering membawa laptop bepergian, pilihlah tipe TUF yang mempunyai daya tahan paling tangguh. Performa laptop ASUS tipe TUF berada di level entry hingga menengah.


  • ROG

Tipe ROG mempunyai performa terbaik untuk menjalankan game dengan spesifikasi berat. Produknya menggunakan monitor dengan refresh rate dan graphics processing unit (GPU) yang tinggi. Alhasil Laptop ASUS ROG ideal untuk digunakan mengedit video. Jadi, produknya tidak hanya cocok untuk gaming, tetapi juga bekerja.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

ASUS memiliki range seri untuk gaming laptop yang cukup beragam. Seri FX adalah laptop gaming untuk entry level. Harganya yang relatif lebih murah dibandingkan TUF atau ROG membuat seri FX cocok untuk bermain game dengan konfigurasi tidak terlalu tinggi


Sementara itu, Seri TUF mendukung pengguna yang menginginkan NVMe support agar performa laptop tetap solid ketika bermain game. Di sisi lain, seri ROG akan menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan sensasi bermain game dengan konfigurasi paling tinggi dan speaker terbaik.

2

Periksa ukuran laptop ASUS

Periksa ukuran laptop ASUS
Poin lain yang juga perlu diperhatikan adalah ukuran laptop. Laptop ASUS dengan layar ukuran 12–14 inci tidak memakan banyak tempat di atas meja Anda. Menyimpannya pun terasa ringkas. Jadi, ukuran tersebut cocok untuk Anda yang area kerjanya tidak terlalu luas. Ukuran laptop ASUS ini setara dengan kertas B5.

Laptop dengan ukuran layar lebih besar bisa dipilih apabila Anda memiliki area kerja yang cukup luas. Ukuran layar produknya bervariasi, dari yang 15,6 inci hingga 17,3 inci. Layar dengan ukuran tersebut mantap untuk menikmati konten hingga bermain game.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Mempertimbangkan ukuran laptop dapat didasari pada luas area meja kerja Anda dan seberapa tinggi mobilitas Anda. Jika Anda memiliki meja kerja yang cukup luas, memilih laptop dengan ukuran layar 17 inci tidak akan menjadi masalah


Namun, Anda perlu mempertimbangkan laptop dengan ukuran yang tidak terlalu besar jika mobilitas Anda tinggi. Hal ini bertujuan agar laptop masih muat untuk dimasukkan ke tas backpack Anda.

3

Ketahui bobot laptop ASUS

Ketahui bobot laptop ASUS
Anda sering membawa dan menggunakan laptop di luar rumah? Kami menyarankan laptop dengan berat sekitar 1 kg. Laptop ASUS dengan bobot 1 kg atau kurang terdapat pada seri VivoBook. Berat produknya rata-rata sekitar 1 kg saja.

Apabila Anda tidak banyak membawa laptop bepergian, produk yang bobotnya lebih dari 2 kg tak akan jadi masalah. Karena spesifikasinya, banyak produk dari seri Zenbook dan laptop gaming memiliki bobot tersebut. Produknya mantap dijadikan perangkat desktop.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya memilih laptop dengan bobot yang tidak terlalu berat. Hal ini bertujuan agar Anda tetap nyaman membawanya ke mana pun Anda pergi. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan bobot charger laptop tersebut


Seri laptop gaming ASUS memiliki charger yang bobotnya lumayan berat untuk mendukung supply daya listrik yang maksimal. Hal ini terutama ketika laptop digunakan untuk operasi yang menuntut performa tinggi.


Jika mobilitas Anda tinggi, Anda akan merasa kurang nyaman membawa laptop gaming ASUS dan charger-nya yang berbobot tinggi. Pundak Anda akan mudah lelah ketika membawa laptop gaming ASUS beserta charger-nya secara mobile.

4

Pertimbangkan model dengan ciri khas produk ASUS

ASUS mempunyai model dan inovasi unik yang tidak ditemukan pada merek lainnya. Jika Anda menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, pertimbangkan fitur ErgoLift dan NumberPad. Berikut adalah penjelasan dari tiap fiturnya.

ErgoLift, memudahkan mengetik

ErgoLift, memudahkan mengetik
Pertimbangkan produk dengan engsel ErgoLift jika Anda banyak mengetik pada laptop. Model yang menggunakan engsel ErgoLift memiliki permukaan keyboard lebih tinggi. Jadi, Anda dapat mengetik secara lebih nyaman dibandingkan saat memakai produk lainnya.

Layar laptop dengan fitur ini dapat dibuka sampai 143° sehingga mudah disesuaikan dengan sudut pandang Anda. Alhasil mengetik bisa jadi lebih cepat. Jika Anda sering mengetik dalam waktu lama, laptop berengsel ErgoLift merupakan pilihan yang bagus. 

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur ErgoLift yang tersedia di laptop keluaran ASUS akan memanjakan penggunanya dengan sudut elevasi. Sudut elevasi tersebut dapat membuat aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman. Selain itu, fitur ini membantu pembuangan panas laptop melalui kipas di bagian bawah. Karena tidak terhalang permukaan meja, pembuangan panas laptop bisa berjalan lebih optimal.

NumberPad, memudahkan input angka

NumberPad, memudahkan input angka
Anda ingin lebih mudah memasukkan angka? Pilihlah laptop dengan fitur NumberPad. Fitur ini merupakan numeric keypad yang terdapat pada touchpad. Jadi, Anda tidak perlu membeli numeric keyboard bila memilih produk dengan fitur NumberPad.

Meskipun begitu, Anda tetap dapat menggunakan touchpad seperti biasanya. Model ini ideal bagi Anda yang sering memasukkan angka pada Excel atau program lain. Laptop ASUS akan membuat pekerjaan Anda lebih efisien karena makin cepat dalam input angka. 

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur NumberPad akan memanjakan pengguna yang sering bekerja dengan angka. Umumnya laptop yang memiliki numpad akan lebih lebar sehingga mungkin kurang nyaman untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.


Untungnya ASUS telah mengeluarkan seri Zenbook yang memiliki trackpad atau touchpad yang juga dapat berfungsi sebagai NumberPad. Hasilnya ukuran laptop tidak terlalu lebar dan pengguna tetap nyaman dalam mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan angka.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Laptop ASUS Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Laptop ASUS terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber (diperbarui tanggal 29 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
OS
Processor
Core
GPU
Jenis RAM
Kapasitas RAM
Jenis storage
Kapasitas storage
Ukuran layar
Resolusi layar
Refresh rate
Bobot laptop
Dimensi panjang
Dimensi lebar
Ketebalan
Panel
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
Port
1

ASUS

VivobookA416MAO-FHD425

ASUS Vivobook 1

Rp5.399.000

Lebih Murah

Miliki gaya dan performa terbaik dengan budget terjangkau dalam satu laptop ini

Windows

Intel Celeron N4020

Dual-core

Intel UHD Graphics 600

DDR4

4 GB, 8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

60 Hz

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

IPS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

2

ASUS

TUF F15FX506HC

ASUS  TUF F15 1

Rp11.870.000

Menengah

Tidak hanya mengerjakan tugas, cocok untuk gaming juga

Windows

Intel Core i5-11400H

Hexa-core

NVIDIA GeForce RTX 3050

DDR4-3200

8 GB, 16 GB, 32 GB

M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD

512 GB

15,6 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

144 Hz

2,2 kg

35,9 cm

25,6 cm

2,43 mm

IPS

USB-A (3.2), HDMI, audio, ethernet/LAN, Thunderbolt 4

3

ASUS

Vivobook 14X M1403QA-VIPS551

ASUS Vivobook 14X  1

Rp11.000.000

Menengah

Dapatkan pengalaman produktivitas luar biasa dengan desain ramping dan kinerja tangguh laptop ini

Windows

AMD Ryzen 5 5600H, AMD Ryzen 7 5800H

Dual-core

AMD Radeon Vega 7 Graphics

DDR4

8 GB, 16 GB

M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD

256 GB, 512 GB, 1 TB

14 inci

WUXGA (1.920 x 1.200 piksel)

60 Hz

1,6 kg

31,71 cm

22,2 cm

19,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

4

ASUS

Vivobook Go 14E1404

ASUS  Vivobook Go 14 1

Rp6.699.000

Menengah

Teknologi fast charging, jangan takut lagi kehabisan baterai

Windows

AMD Ryzen 3 7320U

Quad-core

AMD

LPDDR5

8 GB

SSD

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080)

60 Hz

1,38 kg

32,45 cm

21,39 cm

17,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

5

ASUS

Vivobook 13 Slate OLEDT3300KA-OLED621

ASUS Vivobook 13 Slate OLED 1

Rp12.402.000

Menengah

Dengan layar OLED, nikmati jernihnya menonton film favorit

Windows

Intel Pentium Silver N6000

Quad-core

Intel UHD Graphics

LPDDR4x

8 GB

M.2 NVMe PCIe 3.0

256 GB

13,3 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

60 Hz

0,78 kg

30,9 cm

19 cm

8,2 mm

OLED

USB-C, audio, SD card reader

6

ASUS

ROG Strix G15G513RC-R735B7G-O

ASUS ROG Strix G15 1

Rp17.810.000

Agak Mahal

Ada cahaya RGB yang keren untuk main game!

Windows

AMD Ryzen 7 6800H

Octa-core

NVIDIA GeForce RTX 3050

DDR5

8 GB, 16 GB, 32 GB

M.2 NVMe PCIe 4.0

512 GB, 1 TB

15,6 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

144 Hz

2,1 kg

35,4 cm

25,9 cm

25,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN

7

ASUS

Vivobook Go 14 FlipTP1400KA

ASUS Vivobook Go 14 Flip 1

Rp7.466.000

Agak Murah

Laptop touchscreen untuk Anda yang sering online meeting

Windows

Intel N4500 Processor

Dual-core

Intel UHD Graphics

DDR4

8 GB

SSD

512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

Tidak diketahui

1,5 kg

32,07 cm

21,7 cm

1,69 cm

IPS

USD-A (2.0), USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader

8

ASUS

TUF Dash F15 (2022)FX517ZC

ASUS TUF Dash F15 (2022) 1

Rp17.275.000

Agak Mahal

Cocok untuk gaming dan menjalankan aplikasi berat

Windows

12th Gen Intel Core i5-12450H

Octa-core

NVIDIA GeForce RTX 3050

DDR5

8 GB, 16 GB

M.2 NVMe PCIe 3.0

512 GB

15,6 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

144 Hz

2 kg

35,4 cm

25,1 cm

19,9 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN, Thunderbolt™ 4

9

ASUS

ROG Zephyrus G14 (2023)GA402XI-0006

ASUS ROG Zephyrus G14 (2023) 1

Rp37.241.000

Lebih Mahal

Laptop gaming premium dengan performa unggul

Windows

AMD Ryzen 9 7940HS

Octa-core

NVIDIA GeForce RTX 4070

DDR5

16 GB, 32 GB

PCIe 4.0 NVMe M.2

1 TB, 2 TB

14 inci

QHD (2.560 x 1.600 piksel)

165 Hz

1,65 kg

31,2 cm

22,7 cm

19,5 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader

10

ASUS

ExpertBookP1412CEA

ASUS ExpertBook 1

Rp7.999.000

Agak Murah

Laptop untuk pelajar dengan mobilitas tinggi

Windows

Intel Core i3-1115G4

Dual-core

Intel UHD Graphics

DDR4

4 GB, 8 GB, 12 GB

M.2 NVMe PCIe 3.0

256 GB, 512 GB

14 inci

FHD (1.920 x 1.080 piksel)

Tidak diketahui

1,5 kg

32,54 cm

21,6 cm

20,4 mm

IPS

USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

ASUSVivobookA416MAO-FHD425

Vivobook 1
Sumber: shopee.co.id
Vivobook 2
Sumber: shopee.co.id
Vivobook 3
Sumber: shopee.co.id
Vivobook 4
Sumber: shopee.co.id
Vivobook 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp5.399.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp5.399.000
Lebih Murah

Miliki gaya dan performa terbaik dengan budget terjangkau dalam satu laptop ini

Tampilkan gaya dan performa dalam satu laptop dengan ASUS Vivobook. Dengan layar full HD yang jernih, laptop ini menawarkan pengalaman visual yang memukau. Dilengkapi dengan prosesor yang andal, laptop ini siap menghadapi tugas sehari-hari dengan lancar.

Penyimpanan yang cukup besar memberikan ruang untuk file dan aplikasi penting. Desain ringan membuatnya mudah dibawa dalam mobilitas, konektivitas yang lengkap pun memungkinkan interaksi dengan perangkat lain. Jika Anda pelajar, pekerja remote, dan orang yang menginginkan laptop andal dengan harga terjangkau, produk ini patut dipertimbangkan.

OSWindows
Processor Intel Celeron N4020
CoreDual-core
GPUIntel UHD Graphics 600
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM4 GB, 8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptopTidak diketahui
Dimensi panjangTidak diketahui
Dimensi lebarTidak diketahui
KetebalanTidak diketahui
PanelIPS
Upgradeable RAMTidak diketahui
Upgradeable SSDTidak diketahui
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ASUS TUF F15FX506HC

Harga referensi
Rp11.870.000
Menengah

Tidak hanya mengerjakan tugas, cocok untuk gaming juga

Rasanya gaming tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan mahasiswa. Gaming menjadi aktivitas relaksasi bagi para mahasiswa di tengah padatnya kuliah. Apabila Anda sedang mencari laptop yang juga bisa digunakan untuk bermain game, produk dari ASUS ini bisa dipertimbangkan. 


Produk ini memiliki performa yang mumpuni dengan prosesor Intel Core i5. Dapur pacunya menggunakan GPU NVIDIA GeForce GTX sehingga laptop ini mampu menjalankan game atau aplikasi yang berat seperti AutoCad.

OSWindows
ProcessorIntel Core i5-11400H
CoreHexa-core
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Jenis RAMDDR4-3200
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB, 32 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,2 kg
Dimensi panjang35,9 cm
Dimensi lebar25,6 cm
Ketebalan2,43 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), HDMI, audio, ethernet/LAN, Thunderbolt 4
View all
No.3

ASUSVivobook 14X M1403QA-VIPS551

Vivobook 14X  1
Sumber: asus.com
Vivobook 14X  2
Sumber: asus.com
Vivobook 14X  3
Sumber: asus.com
Vivobook 14X  4
Sumber: asus.com
Vivobook 14X  5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp11.000.000
Menengah

Dapatkan pengalaman produktivitas luar biasa dengan desain ramping dan kinerja tangguh laptop ini

Laptop ASUS VivoBook 14X  menyajikan performa andal dan desain stylish untuk mahasiswa. Ditenagai prosesor kuat, laptop ini akan mendukung Anda yang multitasking saat tugas dan proyek. Layar 14 inci beresolusi tinggi akan memberikan visual yang tajam dan jernih. 


Desain ringkas dan bobot yang ringan juga akan membuatnya nyaman dibawa ke kampus. Keyboard responsifnya mampu meningkatkan produktivitas saat mengetik. Ditambah lagi, baterai yang tahan lama hindari gangguan daya saat bekerja atau belajar di perjalanan. Produk ini cocok bagi Anda yang mencari keseimbangan kinerja, gaya, dan mobilitas mendukung perjalanan akademik.

OSWindows
ProcessorAMD Ryzen 5 5600H, AMD Ryzen 7 5800H
CoreDual-core
GPU AMD Radeon Vega 7 Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB, 1 TB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarWUXGA (1.920 x 1.200 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,6 kg
Dimensi panjang31,71 cm
Dimensi lebar22,2 cm
Ketebalan19,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all
No.4

ASUS Vivobook Go 14E1404

Vivobook Go 14 1
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 2
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 3
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 4
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp6.699.000
Menengah

Teknologi fast charging, jangan takut lagi kehabisan baterai

Apakah Anda banyak berurusan dengan program komputer besar yang kerap menguras daya? Jika demikian, pertimbangkan laptop dengan fitur fast charging. Salah satu rekomendasi kami adalah Vivobook Go14 dari ASUS. Teknologi fast charging yang dimilikinya memungkinkan Anda mengisi daya sebesar 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Dengan demikian, Anda bisa mengisi daya lebih cepat di tengah load kerjaan yang sedang tinggi-tingginya.

OS Windows
ProcessorAMD Ryzen 3 7320U
CoreQuad-core
GPU AMD
Jenis RAMLPDDR5
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop1,38 kg
Dimensi panjang32,45 cm
Dimensi lebar21,39 cm
Ketebalan17,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all
No.5

ASUSVivobook 13 Slate OLEDT3300KA-OLED621

Vivobook 13 Slate OLED 1
Sumber: asus.com
Vivobook 13 Slate OLED 2
Sumber: asus.com
Vivobook 13 Slate OLED 3
Sumber: asus.com
Vivobook 13 Slate OLED 4
Sumber: asus.com
Vivobook 13 Slate OLED 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp12.402.000
Menengah

Dengan layar OLED, nikmati jernihnya menonton film favorit

Laptop ASUS Vivobook 13 Slate OLED menghadirkan kecanggihan layar OLED yang memukau dengan desain 2-in-1 yang fleksibel. Ditenagai oleh prosesor yang tangguh, laptop ini menawarkan kinerja andal untuk tugas sehari-hari dan multitasking


Keunggulan layar yang tajam dan warna yang hidup cocok bagi Anda yang suka menonton video di YouTube atau film. Desainnya pun ringkas sehingga cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas yang padat.

OSWindows
ProcessorIntel Pentium Silver N6000
CoreQuad-core
GPUIntel UHD Graphics
Jenis RAMLPDDR4x
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 3.0
Kapasitas storage256 GB
Ukuran layar13,3 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate60 Hz
Bobot laptop0,78 kg
Dimensi panjang30,9 cm
Dimensi lebar19 cm
Ketebalan8,2 mm
PanelOLED
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-C, audio, SD card reader
View all
No.6

ASUSROG Strix G15G513RC-R735B7G-O

Harga referensi
Rp17.810.000
Agak Mahal

Ada cahaya RGB yang keren untuk main game!

Mengekspresikan diri tidak hanya bisa lewat fashion saja, lho. Lewat laptop pun bisa. Produk ini akan cocok bagi Anda yang ingin bergaya. Dengan fitur LED RGB yang terang, Anda tidak akan sulit terlihat menonjol di tengah keramaian.


Selain tampil beda, laptop ASUS untuk game ini dibekali GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 yang performanya tinggi. Anda bisa bermain game dengan grafik yang detail secara lancar dan mudah. Laptop ASUS ROG Strix G15 cocok bagi Anda yang ingin tampil keren sebagai gamer.

OSWindows
ProcessorAMD Ryzen 7 6800H
CoreOcta-core
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Jenis RAMDDR5
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB, 32 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 4.0
Kapasitas storage512 GB, 1 TB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2,1 kg
Dimensi panjang35,4 cm
Dimensi lebar25,9 cm
Ketebalan25,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN
View all
No.7

ASUSVivobook Go 14 FlipTP1400KA

Vivobook Go 14 Flip 1
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 Flip 2
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 Flip 3
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 Flip 4
Sumber: asus.com
Vivobook Go 14 Flip 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp7.466.000
Agak Murah

Laptop touchscreen untuk Anda yang sering online meeting

ASUS Vivobook Go 14 Flip merupakan laptop touchscreen yang memiliki teknologi Asus AI Noise-Canceling Technology. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengisolasi suara tak diinginkan dari perbincangan manusia. Pengguna pun bisa melakukan video conference dengan kualitas suara yang jernih. Dengan demikian, produk ini cocok untuk Anda yang sering melakukan meeting secara daring.

OSWindows
Processor Intel N4500 Processor
CoreDual-core
GPUIntel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM8 GB
Jenis storageSSD
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,5 kg
Dimensi panjang32,07 cm
Dimensi lebar21,7 cm
Ketebalan1,69 cm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSD-A (2.0), USB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader
View all
No.8

ASUSTUF Dash F15 (2022)FX517ZC

TUF Dash F15 (2022) 1
Sumber: asus.com
TUF Dash F15 (2022) 2
Sumber: asus.com
TUF Dash F15 (2022) 3
Sumber: asus.com
TUF Dash F15 (2022) 4
Sumber: asus.com
TUF Dash F15 (2022) 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp17.275.000
Agak Mahal

Cocok untuk gaming dan menjalankan aplikasi berat

ASUS TUF Dash F15 merupakan laptop kuat yang dirancang untuk performa gaming dan produktivitas tinggi. Ditenagai oleh prosesor terkini dan grafis yang andal, laptop ini memberikan pengalaman gaming yang mulus. Desainnya ringkas dan kokoh sehingga mudah dibawa ke mana saja. 


Layar yang responsif dan refresh rate tinggi menghadirkan visual yang memukau. Laptop ini cocok untuk gamer berat dan profesional yang bekerja dengan berbagai aplikasi berat.

OSWindows
Processor12th Gen Intel Core i5-12450H
CoreOcta-core
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Jenis RAMDDR5
Kapasitas RAM8 GB, 16 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 3.0
Kapasitas storage512 GB
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rate144 Hz
Bobot laptop2 kg
Dimensi panjang35,4 cm
Dimensi lebar25,1 cm
Ketebalan19,9 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, ethernet/LAN, Thunderbolt™ 4
View all
No.9

ASUSROG Zephyrus G14 (2023)GA402XI-0006

ROG Zephyrus G14 (2023) 1
Sumber: rog.asus.com
ROG Zephyrus G14 (2023) 2
Sumber: rog.asus.com
ROG Zephyrus G14 (2023) 3
Sumber: rog.asus.com
ROG Zephyrus G14 (2023) 4
Sumber: rog.asus.com
ROG Zephyrus G14 (2023) 5
Sumber: rog.asus.com
Harga referensi
Rp37.241.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp37.241.000
Lebih Mahal

Laptop gaming premium dengan performa unggul

ASUS ROG Zephyrus, laptop gaming premium yang menampilkan desain ramping dengan performa unggul. Laptop ini ditenagai oleh prosesor kuat dan kartu grafis kelas atas sehingga memberikan pengalaman gaming yang mulus. Layar berkualitas tinggi dengan refresh rate tinggi memberikan visual yang tajam dan responsif. 


Sistem pendinginan yang efisien memungkinkan penggunaan yang lama tanpa khawatir akan overheating. Laptop ini cocok untuk para gamer yang menginginkan kinerja terbaik dalam perangkat portabel yang elegan.

OSWindows
ProcessorAMD Ryzen 9 7940HS
CoreOcta-core
GPUNVIDIA GeForce RTX 4070
Jenis RAMDDR5
Kapasitas RAM16 GB, 32 GB
Jenis storagePCIe 4.0 NVMe M.2
Kapasitas storage1 TB, 2 TB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarQHD (2.560 x 1.600 piksel)
Refresh rate165 Hz
Bobot laptop1,65 kg
Dimensi panjang31,2 cm
Dimensi lebar22,7 cm
Ketebalan19,5 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio, SD card reader
View all
No.10

ASUSExpertBookP1412CEA

ExpertBook 1
Sumber: asus.com
ExpertBook 2
Sumber: asus.com
ExpertBook 3
Sumber: asus.com
ExpertBook 4
Sumber: asus.com
ExpertBook 5
Sumber: asus.com
Harga referensi
Rp7.999.000
Agak Murah

Laptop untuk pelajar dengan mobilitas tinggi

Asus ExpertBook merupakan solusi sempurna bagi pelajar dengan kebutuhan komputasi harian yang intensif. Laptop ini menampilkan desain ringkas dan ringan, tetapi memiliki prosesor yang tangguh. Layar jernih dan tahan lama memfasilitasi pembelajaran dan produktivitas. Daya tahan baterainya pun cukup lama sehingga cocok untuk pelajar yang memiliki mobilitas tinggi.

OSWindows
Processor Intel Core i3-1115G4
CoreDual-core
GPU Intel UHD Graphics
Jenis RAMDDR4
Kapasitas RAM4 GB, 8 GB, 12 GB
Jenis storageM.2 NVMe PCIe 3.0
Kapasitas storage256 GB, 512 GB
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1.920 x 1.080 piksel)
Refresh rateTidak diketahui
Bobot laptop1,5 kg
Dimensi panjang32,54 cm
Dimensi lebar21,6 cm
Ketebalan20,4 mm
PanelIPS
Upgradeable RAM
Upgradeable SSD
PortUSB-A (3.2), USB-C, HDMI, audio
View all

5 Rekomendasi Laptop ASUS terbaik

No. 1: ASUSVivobookA416MAO-FHD425

No. 2: ASUS TUF F15FX506HC

No. 3: ASUSVivobook 14X M1403QA-VIPS551

No. 4: ASUS Vivobook Go 14E1404

No. 5: ASUSVivobook 13 Slate OLEDT3300KA-OLED621

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Laptop
  4. 10 Rekomendasi Laptop ASUS Terbaik [Ditinjau oleh Software Engineer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.