10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.

Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!

Daftar isi

ASUS, pilihan terbaik untuk laptop ekonomis berkualitas

ASUS, pilihan terbaik untuk laptop ekonomis berkualitas

ASUS menawarkan range model laptop yang sangat luas, mulai dari yang compact hingga berspesifikasi tinggi. ASUS juga menawarkan berbagai macam produk yang berkaitan dengan gaming sehingga pilihan laptop gaming-nya beragam. Terutama untuk Anda yang ingin merasakan asyiknya bermain game di laptop, ASUS merupakan pilihan terbaik.

Terdapat tiga pilihan model seri gaming dan laptop dengan spesifikasi tinggi, tetapi memiliki efesiensi harga yang baik. Hal yang sangat menarik dari ASUS adalah Anda dapat membeli laptop berperforma tinggi dengan harga terjangkau. Jika Anda mencari laptop dengan spesifikasi tinggi dan berharga ekonomis, mari simak varian laptop ASUS di bawah ini!

Cara memilih laptop ASUS

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih laptop ASUS yang tepat sebagai panduan. Mari simak lebih jauh agar Anda bisa menemukan produk sesuai kebutuhan Anda.

Pilih seri laptop ASUS sesuai tujuan penggunaan Anda

Laptop merek ASUS banyak dijual dalam berbagai varian untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Mari persempit pilihan laptop yang cocok bagi Anda dengan mempertimbangkan tujuan penggunaannya.

Seri VivoBook untuk penggunaan ringan seperti browsing dan mengetik

Seri VivoBook untuk penggunaan ringan seperti browsing dan mengetik

Jika Anda menginginkan laptop yang ringan dengan harga ekonomis, kami merekomendasikan seri Vivobook. Terdapat tipe S yang mudah dibawa, tipe yang layarnya berukuran 15,6 inci, serta tipe Flip yang dapat dipakai seperti tablet.

Karena produk ini dirancang dan dijual untuk pemakaian sehari-hari, seri VivoBook merupakan pilihan terbaik untuk komputasi ringan. Anda yang sehari-harinya menggunakan internet, e-mail, atau menggunakan software Office akan cocok dengan seri ini.

Seri TransBook jika Anda ingin menggunakannya sebagai tablet juga

Seri TransBook jika Anda ingin menggunakannya sebagai tablet juga

Kami merekomendasikan seri TransBook bila Anda mencari laptop yang dapat berfungsi sebagai tablet juga. Harganya memang cukup mahal, tetapi memiliki performa lebih tinggi dibanding seri VivoBook karena menggunakan prosesor Core i.

Jika Anda melepas keyboard dan menjadikannya tablet, Anda bisa mengoperasikannya dengan sentuhan pada layar. Beberapa seri ini juga telah dilengkapi dengan touch pen. Jadi, Anda akan terbantu jika perlu menulis surat dengan tulisan tangan atau saat menggambar ilustrasi.

Seri ZenBook yang berperforma tinggi cocok untuk image atau video editing

Seri ZenBook yang berperforma tinggi cocok untuk image atau video editing

Jika Anda mencari laptop berperforma tinggi, mudah dibawa, serta mampu mengedit video dengan baik, kami menyarankan seri ZenBook. Seri ini sudah menggunakan Core i serta dilengkapi dengan tampilan resolusi tinggi. Hal itulah yang membuat seri ini cukup populer di seluruh dunia.

Kemampuan Zenbook untuk mengedit gambar dan video menjadikan seri ini sangat menarik. Hal ini sulit dilakukan kecuali oleh laptop khusus untuk keperluan kerja. Selain itu, laptop seri ini bisa dipakai untuk berselancar di internet sekaligus memainkan game online.

Seri FX, TUF, atau ROG untuk keperluan gaming

Seri FX, TUF, atau ROG untuk keperluan gaming

Pilihlah seri gaming jika Anda mencari laptop untuk bermain game. Secara garis besar, terdapat tiga tipe laptop gaming. Namun, terdapat pilihan spesifikasi berdasarkan kebutuhan game yang hendak Anda mainkan. Sebagai contoh, spesifikasi yang dibutuhkan game tersebut tinggi atau rendah, serta akan sering dibawa bepergian atau tidak.

Kami merekomendasikan tipe FX jika game yang hendak Anda mainkan tergolong ringan. Tipe FX merupakan model entry level dari seri gaming. Dari ketiga tipe, tipe ini harganya paling ekonomis karena menggunakan grafik yang minimal. Namun, jika Anda sering membawa laptop bepergian, pilihlah tipe TUF yang lebih tangguh. Untuk performa, tipe TUF berada di level menengah.

Sementara itu, pilihlah tipe ROG agar game dengan spesifikasi berat dapat berjalan dengan mulus. ROG menggunakan monitor dengan refresh rate dan GPU (graphics processing unit) yang tinggi. Hal ini menjadikan ROG juga ideal untuk melakukan kerja berat seperti mengedit video.

Pilih ukuran layar dan bobot sesuai penggunaan Anda

Ketika Anda sudah menentukan seri yang akan digunakan, pilihlah ukuran layar serta berat yang sesuai bagi Anda. Hal ini akan berbeda tergantung Anda hendak memakainya di rumah atau membawanya ke luar rumah.

Ukuran layar 12 inci sampai 14 inci yang nyaman untuk dibawa ke mana-mana

Ukuran layar 12 inci sampai 14 inci yang nyaman untuk dibawa ke mana-mana

Layar monitor dengan ukuran 12-14 inci memiliki ukuran yang nyaman untuk dilihat dan dibawa ke mana-mana. Ukuran ini setara dengan kertas berukuran B5. Sebenarnya, laptop ASUS yang populer dan mudah dibawa umumnya berukuran 14 inci atau kurang. Sebagai tambahan, kami merekomendasikan agar Anda memilih laptop ASUS yang kompatibel dengan tampilan Full HD (beresolusi tinggi).

Jika laptop jarang dibawa dengan penggunaan sebatas di rumah atau di kantor, pilihlah seri ZenBook atau seri gaming. ASUS menjual laptop berukuran 15,6 inci dan juga 17,3 inci. Anda sebaiknya memilih laptop dengan ukuran tersebut apabila mobilitas Anda rendah.

Pilih dengan berat total 1 kg apabila sering dibawa

Pilih dengan berat total 1 kg apabila sering dibawa

Apabila Anda sering membawa dan menggunakan laptop di luar, kami menyarankan laptop dengan berat sekitar 1 kg. Jika Anda menginginkan laptop dengan berat 1 kg atau kurang, pilihlah seri VivoBook atau TransBook. Pilih yang beratnya paling ringan dari seri yang cocok dengan penggunaan Anda.

Laptop yang terlalu berat akan menyulitkan Anda saat ingin memindahkannya meski saat di dalam rumah. Untuk itu, kami merekomendasikan laptop dengan berat sekitar 2 kg. Hal lain yang perlu Anda perhatikan selain berat laptop adalah ukuran dan berat adaptor AC atau charger laptop. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah saat membawanya ke luar.

Perhatikan juga model dan perangkat asli ASUS

ASUS mempunyai model dan inovasi unik yang tidak dapat ditemukan di merek lainnya. Jika Anda sering menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, pertimbangkan kedua fitur yang ditawarkan ASUS ini.

Model berengsel ErgoLift (ErgoLift hinge) untuk mengetik lebih nyaman

Model berengsel ErgoLift (ErgoLift hinge) untuk mengetik lebih nyaman

Pertimbangkan model laptop yang berengsel ErgoLift jika Anda hendak memakai laptop dalam waktu lama. Model yang menggunakan engsel ErgoLift biasanya memiliki permukaan keyboard lebih datar. Jadi, Anda akan lebih nyaman ketika mengetik dibandingkan dengan model lainnya.

Anda dapat membuka layar laptop sampai 143° sehingga Anda mudah menyesuaikannya dengan sudut pandang Anda. Jika Anda suka bekerja dalam waktu lama, pertimbangkanlah model laptop berengsel ErgoLift sebagai pilihan.

Model dengan NumberPad memudahkan untuk memasukkan banyak angka

Model dengan NumberPad memudahkan untuk memasukkan banyak angka

Jika Anda mencari laptop dengan keypad numeric agar lebih mudah memasukkan angka, pilihlah laptop yang memiliki fungsi NumberPad. NumberPad adalah numeric keypad yang terdapat pada touch pad. Inovasi menarik ini meletakkan keypad angka di atas touch pad sehingga ukuran laptop yang terbatas tidak jadi masalah.

Tentu saja touch padnya-nya tetap bisa Anda gunakan seperti biasa. Pastinya model ini sangat ideal bagi Anda yang sering memasukkan angka pada Excel atau program lainnya. Anda yang mencari laptop compact, tetapi sudah memiliki numeric keypad juga akan cocok dengan laptop seperti ini.

10 Rekomendasi laptop ASUS terbaik

Kini saatnya kami memberikan rekomendasi produk pilihan kami bagi Anda. Mari cek dan temukan produk favorit Anda!

10. ASUS TUF Gaming FX505DT

10. ASUS TUF Gaming FX505DT

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 11.900.000

Body tahan banting bahkan dalam kondisi ekstrem dengan harga terjangkau

Anda mencari gaming laptop yang kuat tahan banting, tetapi dengan harga yang terjangkau? Produk ini akan cocok untuk Anda! Laptop ini telah lulus uji dan bersertifikasi standar militer MIL-STD-810G sehingga tangguh dalam menghadapi guncangan normal sehari-hari. Mulai dari suhu ekstrem, terbentur, hingga jatuh tiba-tiba dari meja, laptop ini diklaim tetap kuat!

Seri TUF Gaming
Ukuran layar 15,6 inci
Berat 2,2 kg
NumberPad ×
ErgoLift ×
CPU AMD Ryzen™ 5 3550H, AMD® Ryzen™ 7 3750H
Grafik NVIDIA GeForce GTX 1050, NVIDIA GeForce GTX 1650, NVIDIA GeForce GTX 1660TI
Tahun rilis 2019

9. ASUS VivoBook S13 S330FA

9. ASUS VivoBook S13 S330FA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 9.675.000

Ringan dan stylish dengan bingkai layar yang sangat tipis

Laptop cantik ini mempunyai fitur display NanoEdge, yaitu layarnya mempunyai bingkai setipis 4,3 mm. Dengan fitur tersebut, produk ini mempunyai rasio layar sebesar 89%! Tentunya sangat puas untuk Anda yang mempunyai hobi menonton film. Sistem penyimpanannya juga menggunakan SSD sebesar 256 GB, menjadikan laptop ini dapat bekerja lebih cepat.

Seri VivoBook
Ukuran layar 13,3 inci
Berat 1,2 kg
NumberPad ×
ErgoLift
CPU Intel Core™ i3-8145U, Intel Core™ i5-8265U
Grafik Integrated Intel UHD Graphics 620
Tahun rilis 2018

8. ASUS ROG Strix G531GD

8. ASUS ROG Strix G531GD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 14.929.200

Desain gahar dan gaming banget hasil kerja sama dengan BMW Designwork

Untuk seri ini, ASUS bekerja sama dengan BMW Designwork untuk membuat desain laptop ini. Terlihat gahar dan gaming banget, bukan? Tentunya laptop ini cocok bagi Anda yang mencari laptop gaming berdesain unik. Selain itu, seri ROG ini juga telah dilengkapi dengan fitur Intelligent Cooling yang dapat membersihkan debu secara otomatis.

Seri ROG
Ukuran layar 15,6 inci
Berat 2,4 kg
NumberPad
ErgoLift ×
CPU Intel Core™ i5-9300H, Intel Core™ i7-9750H
Grafik NVIDIA GeForce GTX™ 1050
Tahun rilis 2019

7. ASUS VivoBook S14 S430FN

7. ASUS VivoBook S14 S430FN

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 11.899.000

Kapasitas penyimpanan lebih besar dengan dua jenis penyimpanan

Jika Anda bingung mana penyimpanan yang lebih baik, HDD atau SSD, Anda dapat memilih laptop ini. Produk ini menggabungkan kedua jenis penyimpanan tersebut sehingga dapat menyimpan lebih banyak file. Selain itu, produk ini mempunyai desain yang tipis dan bobot ringan. Tentunya dapat dengan mudah dibawa dan masuk ke dalam tas Anda.

Seri VivoBook
Ukuran layar 14 inci
Berat 1,4 kg
NumberPad ×
ErgoLift
CPU Intel Core™ i3-8145U, Intel Core™ i5-8265U, Intel Core™ i7-8565U
Grafik NVIDIA GeForce MX150
Tahun rilis 2018

6. ASUS ROG Zephyrus S GX531GX

6. ASUS ROG Zephyrus S GX531GX

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 52.000.000

Gaming laptop RTX paling tipis di dunia yang mudah dibawa

ASUS mengeklaim bahwa produk ini merupakan laptop gaming RTX tertipis di dunia. Meski begitu, laptop ini tetap mempunyai performa sangat tinggi. Anda yang bekerja sebagai desainer grafis profesional atau atlet e-sport yang mobile, kami sarankan untuk memilih laptop ini. Tidak hanya game berat, pekerjaan kreatif lainnya pun dapat dikerjakan dengan mulus!

Seri ROG
Ukuran layar 15,6 inci
Berat 2,1 kg
NumberPad
ErgoLift ×
CPU Intel Core™ i7-8750H
Grafik NVIDIA GeForce RTX™ 2080 (Max-Q)
Tahun rilis 2018

5. ASUS ZenBook S UX391UA

5. ASUS ZenBook S UX391UA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 19.000.000

Selamat tinggal lelet, laptop ramping dengan RAM 16 GB

Jika Anda menginginkan laptop ramping dengan kinerja yang cepat, produk ini adalah pilihan tepat bagi Anda. Memiliki kapasitas RAM super besar, yakni 16 GB, menjadikan multi-tasking lebih lancar dan performa lebih cepat. Tidak akan ada drama laptop lelet pada produk ini. Selain itu, tebalnya yang hanya 12,9 mm tidak akan memakan ruang dalam tas Anda.

Seri ZenBook
Ukuran layar 13,3 inci
Berat 1 kg
NumberPad ×
ErgoLift
CPU Intel® Core™ i7-8550U
Grafik Integrated Intel UHD Graphics 620
Tahun rilis 2018

4. ASUS Transformer Book T101HA

4. ASUS Transformer Book T101HA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.250.000

Laptop, tablet, atau tenda, pilih mode pemakaian sesuka Anda!

Tidak hanya menjadi laptop, produk berharga ekonomis ini juga dapat menjadi tablet. Dengan ketebalan 19 mm, laptop ini sangat mudah untuk dibawa-bawa. Anda bahkan dapat mengurangi ketebalannya dengan melepas keyboard dan menggunakan fitur on-screen keyboard untuk mengetik. Sangat pas untuk Anda yang menyukai kemudahan dan kenyamanan pemakaian!

Seri Transformer Book
Ukuran layar 10,1 inci
Berat Tablet : 580 gr; keyboard : 500 gr
NumberPad ×
ErgoLift ×
CPU Intel Cherry Trail Quad-Core Z8350
Grafik Integrated Intel HD Graphics
Tahun rilis 2016

3. ASUS Zenbook Pro 15 UX580GD

3. ASUS Zenbook Pro 15 UX580GD

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 32.700.000

Multi-tasking! Pekerjaan grafis dan editing menjadi lebih mudah dengan teknologi ScreenPad

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang bekerja di industri kreatif, seperti videographer, fotografer, dan 3D desainer. Sebabnya, pekerjaan-pekerjaan tersebut memerlukan komputasi yang berat dan produk ini mampu melakukannya! Terdapat juga teknologi ScreenPad yang dapat menjadi layar kedua Anda sehingga lebih memudahkan pekerjaan Anda.

Seri ZenBook
Ukuran layar 15,6 inci
Berat 1,88 kg
NumberPad
ErgoLift ×
CPU Intel® Core™ i7-8750H
Grafik NVIDIA® GeForce® GTX 1050
Tahun rilis 2018

2. ASUS ZenBook 13 UX333FN

2. ASUS ZenBook 13 UX333FN

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini Blibli

Harga : Rp 19.850.000

Ukuran kecil dengan ketahanan baterai hingga 14 jam!

Salah satu inovasi yang diunggulkan pada produk ini adalah laptop 13 inci terkecil di dunia. Bagaimana tidak, laptop ini bahkan lebih kecil dari kertas A4. Selain ukurannya yang kecil, baterai dari laptop ini dapat bertahan hingga 14 jam! Tentunya laptop ini akan sangat memudahkan Anda yang sering bepergian membawa laptop.

Seri ZenBook
Ukuran layar 13,3 inci
Berat 1,19 kg
NumberPad
ErgoLift
CPU Intel Core™ i5-8265U, Intel Core™ i7-8565U processor
Grafik NVIDIA GeForce MX150, Integrated Intel UHD Graphics 620
Tahun rilis 2019

1. ASUS VivoBook Flip 14 TP412UA

1. ASUS VivoBook Flip 14 TP412UA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.772.000

Engsel fleksibel, lipat saja sesuai kenyamanan Anda

Anda yang suka membaca e-book dapat menggunakan laptop ini dengan nyaman dan tanpa khawatir. Hal itu dikarenakan laptop ini mempunyai engsel yang fleksibel, dapat dilipat hingga 360 derajat. Tentu saja produk ini mempunyai engsel yang sangat kuat karena telah diuji buka-tutup sebanyak 20.000 siklus! Pastinya awet untuk waktu lama, bukan?

Seri VivoBook
Ukuran layar 14 inci
Berat 1,5 kg
NumberPad ×
ErgoLift ×
CPU Intel Core™ i3 8130U, Intel Core™ i5 8250U, Intel Core™ i7 8550U
Grafik Intel UHD Graphics 620
Tahun rilis 2019

Baca juga rekomendasi laptop gaming dan laptop merek lainnya di sini

Di samping laptop ASUS, kami juga menyarankan produsen laptop populer lainnya seperti HP dan Dell. Selain itu, cek juga artikel di bawah ini jika Anda lebih spesifik ingin mencari laptop gaming. Bandingkan seluruhnya dan temukanlah laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel yang sudah kami ulas kali ini? Semua produk di atas merupakan produk yang menarik dan pastinya memiliki karakteristik masing-masing.

Anda bisa memilih laptop ASUS sesuai kebutuhan dengan harga yang pas dan kinerja sesuai keperluan. Lakukan juga perbandingan antara satu laptop dengan laptop ASUS rekomendasi kami lainnya. Memilih produk ASUS yang tepat tentu dapat menunjang kebutuhan Anda. Jadi, sudah siap memilih?