• 10 Laptop ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Laptop ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Laptop ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Laptop ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Laptop ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Laptop ASUS Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Laptop merek ASUS serinya beragam, mulai dari yang ditujukan untuk mobilitas tinggi, komputasi ringan, bisnis, hingga gaming. Prosesornya pun bervariasi, dari Intel Core i3, Intel Core i5, hingga Intel Core i7. Tak heran bila laptop ASUS diandalkan oleh berbagai kalangan.


Kali ini kami akan berbagi tentang cara memilih laptop ASUS terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus, seperti seri VivoBook, ROG, dan ZenBook yang terbaru. Review laptop ASUS pilihan kami pun telah tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Yustisia Putri
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI.

Laptop ASUS, andal dengan teknologi terbaru

Laptop ASUS, andal dengan teknologi terbaru
Tipe laptop ASUS beragam. Dari yang ringkas sampai yang spesifikasinya tinggi, semua ada. Anda dapat menemukan laptop ASUS dengan teknologi terbaru di pasaran. Produknya sudah dijalankan dengan prosesor Intel Core i9 atau AMD Ryzen 9. Meskipun demikian, banyak juga produknya yang ditujukan untuk komputasi ringan.

Hal paling menarik dari laptop ASUS adalah harga yang terjangkau untuk performa yang tinggi. Produknya yang berada pada level entry tetap diberikan spesifikasi mumpuni. Dengan demikian, budget terbatas bukan halangan untuk mendapatkan laptop ASUS berkualitas. Jadi, simaklah artikel ini dengan saksama agar Anda mendapat produk terbaik tanpa khawatir boros.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop ASUS

Di bawah ini kami akan menjelaskan cara memilih laptop ASUS yang bisa Anda jadikan panduan. Mari simak lebih jauh agar Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan tipe laptop ASUS dengan penggunaan

ASUS menawarkan bermacam tipe laptop untuk beragam kebutuhan. Berikut kami akan menjabarkan tipenya satu per satu. Temukan tipe laptop ASUS yang tepat untuk Anda.

VivoBook: Pas untuk mengetik dan komputasi ringan di kantor

VivoBook: Pas untuk mengetik dan komputasi ringan di kantor
Kami merekomendasikan VivoBook bila Anda menginginkan laptop yang ringan dengan harga terjangkau. Tipe laptop ASUS ini memiliki varian yang menarik, antara lain model S13 yang mudah dibawa dengan layar 13,3 inci. Selain itu, terdapat tipe Flip yang bisa digunakan dalam dua cara. Anda dapat menggunakannya seperti laptop biasa atau dijadikan tablet.


Karena tipe ini dirancang untuk pemakaian sehari-hari, seri VivoBook merupakan pilihan terbaik untuk komputasi ringan. Produknya cocok untuk browsing, membalas email, hingga menjalankan software Office. Karena itu, produk yang dioperasikan dengan prosesor Core i5 atau Ryzen 5 sudah akan memenuhi kebutuhan Anda.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri VivoBook dapat mendukung kebutuhan Anda untuk browsing dan menggunakan software Office. Layar yang didukung teknologi IPS, storage SSD dan HDD, serta fast-charging capability akan memanjakan pengguna yang tingkat mobilitasnya tinggi. Kekurangannya terletak di kapasitas baterai yang relatif kecil dan webcam yang masih menggunakan teknologi VGA.

ZenBook: Kuat mengedit foto dan video dengan Intel Core i7

ZenBook: Kuat mengedit foto dan video dengan Intel Core i7

Jika Anda mencari laptop dengan performa tinggi untuk komputasi berat, seri ZenBook adalah pilihan yang tepat. Harganya tentu lebih tinggi dari seri VivoBook. Namun, Anda akan mendapatkan laptop yang mampu mengedit gambar dan video dengan apik.


Seri Zenbook menawarkan laptop yang all-rounderProduk dari seri ini bahkan dapat lancar menjalankan game dengan spesifikasi ringan sampai menengah. Pastikan produknya dilengkapi prosesor Intel Core i7 ke atas agar Anda mendapatkan performa terbaik, ya.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Seri Zenbook menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk foto atau video editing. High contrast IPS LCD panel dengan bezel tipis akan memanjakan mata pengguna. Keyboard yang nyaman untuk mengetik dan trackpad yang dapat menjadi LED-illuminated NumberPad juga akan memanjakan Anda.


Pilih seri ini jika pekerjaan Anda berkaitan dengan penghitungan, tetapi tidak ingin laptop dengan numpad pada umumnya yang lebar. Kekurangannya terletak di kualitas webcam yang berada di level rata-rata dan tidak tersedianya fingerprint sensor.

FX, TUF atau ROG: Bisa menjalankan game berat favorit gamer

FX, TUF atau ROG: Bisa menjalankan game berat favorit gamer
Jika Anda ingin bermain game pada laptop, kami merekomendasikan seri FX, TUF, atau ROG. Pilih produknya berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan oleh game yang hendak dimainkan. Ketahui dahulu apakah game tersebut butuh spesifikasi tinggi atau rendah. Selain itu, perkirakan mengenai mobilitas laptop nantinya. Berikut panduan lengkapnya.

  • FX

Kami merekomendasikan tipe FX jika game yang hendak Anda mainkan tergolong ringan. Tipe FX merupakan model entry level dari seri gaming. Performa grafiknya terbilang minimalis. Harganya pun paling ekonomis di antara yang lain. 


  • TUF

Jika Anda sering membawa laptop bepergian, pilihlah tipe TUF yang mempunyai daya tahan paling tangguh. Performa laptop ASUS tipe TUF berada di level entry hingga menengah.


  • ROG

Tipe ROG mempunyai performa terbaik untuk menjalankan game dengan spesifikasi berat. Produknya menggunakan monitor dengan refresh rate dan graphics processing unit (GPU) yang tinggi. Alhasil Laptop ASUS ROG ideal untuk digunakan mengedit video. Jadi, produknya tidak hanya cocok untuk gaming, tetapi juga bekerja.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

ASUS memiliki range seri untuk gaming laptop yang cukup beragam. Seri FX adalah laptop gaming untuk entry level. Harganya yang relatif lebih murah dibandingkan TUF atau ROG membuat seri FX cocok untuk bermain game dengan konfigurasi tidak terlalu tinggi


Sementara itu, Seri TUF mendukung pengguna yang menginginkan NVMe support agar performa laptop tetap solid ketika bermain game. Di sisi lain, seri ROG akan menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan sensasi bermain game dengan konfigurasi paling tinggi dan speaker terbaik.

Periksa ukuran laptop ASUS

Periksa ukuran laptop ASUS
Poin lain yang juga perlu diperhatikan adalah ukuran laptop. Laptop ASUS dengan layar ukuran 12–14 inci tidak memakan banyak tempat di atas meja Anda. Menyimpannya pun terasa ringkas. Jadi, ukuran tersebut cocok untuk Anda yang area kerjanya tidak terlalu luas. Ukuran laptop ASUS ini setara dengan kertas B5.

Laptop dengan ukuran layar lebih besar bisa dipilih apabila Anda memiliki area kerja yang cukup luas. Ukuran layar produknya bervariasi, dari yang 15,6 inci hingga 17,3 inci. Layar dengan ukuran tersebut mantap untuk menikmati konten hingga bermain game.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Mempertimbangkan ukuran laptop dapat didasari pada luas area meja kerja Anda dan seberapa tinggi mobilitas Anda. Jika Anda memiliki meja kerja yang cukup luas, memilih laptop dengan ukuran layar 17 inci tidak akan menjadi masalah


Namun, Anda perlu mempertimbangkan laptop dengan ukuran yang tidak terlalu besar jika mobilitas Anda tinggi. Hal ini bertujuan agar laptop masih muat untuk dimasukkan ke tas backpack Anda.

Ketahui bobot laptop ASUS

Ketahui bobot laptop ASUS
Anda sering membawa dan menggunakan laptop di luar rumah? Kami menyarankan laptop dengan berat sekitar 1 kg. Laptop ASUS dengan bobot 1 kg atau kurang terdapat pada seri VivoBook. Berat produknya rata-rata sekitar 1 kg saja.

Apabila Anda tidak banyak membawa laptop bepergian, produk yang bobotnya lebih dari 2 kg tak akan jadi masalah. Karena spesifikasinya, banyak produk dari seri Zenbook dan laptop gaming memiliki bobot tersebut. Produknya mantap dijadikan perangkat desktop.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya memilih laptop dengan bobot yang tidak terlalu berat. Hal ini bertujuan agar Anda tetap nyaman membawanya ke mana pun Anda pergi. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan bobot charger laptop tersebut


Seri laptop gaming ASUS memiliki charger yang bobotnya lumayan berat untuk mendukung supply daya listrik yang maksimal. Hal ini terutama ketika laptop digunakan untuk operasi yang menuntut performa tinggi.


Jika mobilitas Anda tinggi, Anda akan merasa kurang nyaman membawa laptop gaming ASUS dan charger-nya yang berbobot tinggi. Pundak Anda akan mudah lelah ketika membawa laptop gaming ASUS beserta charger-nya secara mobile.

Pertimbangkan model dengan ciri khas produk ASUS

ASUS mempunyai model dan inovasi unik yang tidak ditemukan pada merek lainnya. Jika Anda menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, pertimbangkan fitur ErgoLift dan NumberPad. Berikut adalah penjelasan dari tiap fiturnya.

ErgoLift, memudahkan mengetik

ErgoLift, memudahkan mengetik
Pertimbangkan produk dengan engsel ErgoLift jika Anda banyak mengetik pada laptop. Model yang menggunakan engsel ErgoLift memiliki permukaan keyboard lebih tinggi. Jadi, Anda dapat mengetik secara lebih nyaman dibandingkan saat memakai produk lainnya.

Layar laptop dengan fitur ini dapat dibuka sampai 143° sehingga mudah disesuaikan dengan sudut pandang Anda. Alhasil mengetik bisa jadi lebih cepat. Jika Anda sering mengetik dalam waktu lama, laptop berengsel ErgoLift merupakan pilihan yang bagus. 

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur ErgoLift yang tersedia di laptop keluaran ASUS akan memanjakan penggunanya dengan sudut elevasi. Sudut elevasi tersebut dapat membuat aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman. Selain itu, fitur ini membantu pembuangan panas laptop melalui kipas di bagian bawah. Karena tidak terhalang permukaan meja, pembuangan panas laptop bisa berjalan lebih optimal.

NumberPad, memudahkan input angka

NumberPad, memudahkan input angka
Anda ingin lebih mudah memasukkan angka? Pilihlah laptop dengan fitur NumberPad. Fitur ini merupakan numeric keypad yang terdapat pada touchpad. Jadi, Anda tidak perlu membeli numeric keyboard bila memilih produk dengan fitur NumberPad.

Meskipun begitu, Anda tetap dapat menggunakan touchpad seperti biasanya. Model ini ideal bagi Anda yang sering memasukkan angka pada Excel atau program lain. Laptop ASUS akan membuat pekerjaan Anda lebih efisien karena makin cepat dalam input angka. 

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur NumberPad akan memanjakan pengguna yang sering bekerja dengan angka. Umumnya laptop yang memiliki numpad akan lebih lebar sehingga mungkin kurang nyaman untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.


Untungnya ASUS telah mengeluarkan seri Zenbook yang memiliki trackpad atau touchpad yang juga dapat berfungsi sebagai NumberPad. Hasilnya ukuran laptop tidak terlalu lebar dan pengguna tetap nyaman dalam mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan angka.

10 Rekomendasi laptop ASUS terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop ASUS terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 15 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, ASUS ZenBook Pro Duo UX482EG menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa ASUS VivoBook 14 A416JAO memiliki angka penjualan tertinggi. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

Gambar produk
1
ASUS VivoBook 14 1

ASUS

2
ASUS TUF Gaming F15 1

ASUS

3
ASUS ExpertBook L1 1

ASUS

4
ASUS VivoBook 15 1

ASUS

5
ASUS ZenBook Duo 14 1

ASUS

6
ASUS ROG Zephyrus G14 1

ASUS

7
ASUS ROG Strix G15 1

ASUS

8
ASUS Vivobook Pro 16X OLED 1

ASUS

9
ASUS  Zenbook Flip 13 1

ASUS

10
ASUS  Zenbook 14X OLED 1

ASUS

Nama produk

VivoBook 14

TUF Gaming F15

ExpertBook L1

VivoBook 15

ZenBook Duo 14

ROG Zephyrus G14

ROG Strix G15

Vivobook Pro 16X OLED

Zenbook Flip 13

Zenbook 14X OLED

Keunggulan

Laptop ekonomis dengan desain manis

Kuat dan tahan banting, durabilitas berstandar militer

Laptop bisnis dengan tingkat keamanan tinggi

Lengkap dengan layar NanoEdge, pas untuk menonton film

Layar sekundernya sanggup meningkatkan produktivitas

Mantap untuk gaming, nyaman untuk kerja!

Ada cahaya RGB yang keren untuk main game!

Menghadirkan layar OLED yang cerah dan terang

Laptop atau tablet? Dua-duanya bisa!

Memiliki fitur EyeCare, dapat melindungi mata Anda

Harga mulai dariRp 4.499.000,00Rp 11.349.000,00Rp 5.800.000,00Rp 4.899.000,00Rp 25.722.000,00Rp 33.799.000,00Rp 18.498.000,00Rp 20.178.000,00Rp 14.914.000,00Rp 16.799.000,00
SeriVivoBookTUF GamingExpertBookVivoBookZenBookROGROGVivoBook ZenBook Zenbook
Ukuran layar14 inci15,6 inci14 inci15,6 inch14 inci14 inci15,6 inci16 inci13,3 inch14 inci
Berat1,5 kg2,3 kg1,46 kg1,8 kg1,6 kg1,7 kg2,1 kg1,95 kg 1,3 kg1,4 kg
FiturNumberPadXNumberPad dan ErgoLiftXErgoLiftErgoLiftXXNumberPadErgoLift
CPUIntel Core i3-1005G1Intel Core i5-10300HAMD Ryzen 3 3250UIntel Celeron N4500Intel Core i7-1165G7AMD Ryzen 9 4900HSAMD Ryzen 7 6800HIntel Core i7-11370HIntel Core i5-1135G7Intel Core i5-1135G7
GPUIntel HD GraphicsNVIDIA GeForce GTX 1650Radeon Vega 8 GraphicsIntel UHD Graphics 600NVIDIA GeForce MX450NVIDIA GeForce RTX 2060NVIDIA GeForce RTX 3050NVIDIA GeForce RTX 3050Intel Iris XeIntel Iris Xe
Tahun rilis2020202020212021202120202021202220202022
Tautan produk
10

ASUS Zenbook 14X OLED

UX5401EA-OLED553

Mulai dari Rp 16.799.000,00

SeriZenbook
Ukuran layar14 inci
Berat1,4 kg
FiturErgoLift
CPUIntel Core i5-1135G7
GPUIntel Iris Xe
Tahun rilis2022
9
SeriZenBook
Ukuran layar13,3 inch
Berat1,3 kg
FiturNumberPad
CPUIntel Core i5-1135G7
GPUIntel Iris Xe
Tahun rilis2020
8

ASUSVivobook Pro 16X OLED

N7600PC-OLED713

Mulai dari Rp 20.178.000,00

SeriVivoBook
Ukuran layar16 inci
Berat1,95 kg
FiturX
CPUIntel Core i7-11370H
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Tahun rilis2022
7
SeriROG
Ukuran layar15,6 inci
Berat2,1 kg
FiturX
CPUAMD Ryzen 7 6800H
GPUNVIDIA GeForce RTX 3050
Tahun rilis2021
6

ASUSROG Zephyrus G14

GA401IV

Mulai dari Rp 33.799.000,00

SeriROG
Ukuran layar14 inci
Berat1,7 kg
FiturErgoLift
CPUAMD Ryzen 9 4900HS
GPUNVIDIA GeForce RTX 2060
Tahun rilis2020
5
SeriZenBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,6 kg
FiturErgoLift
CPUIntel Core i7-1165G7
GPUNVIDIA GeForce MX450
Tahun rilis2021
4

ASUSVivoBook 15

A516KA-FHD452

Mulai dari Rp 4.899.000,00

SeriVivoBook
Ukuran layar15,6 inch
Berat1,8 kg
FiturX
CPUIntel Celeron N4500
GPUIntel UHD Graphics 600
Tahun rilis2021
3
SeriExpertBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,46 kg
FiturNumberPad dan ErgoLift
CPUAMD Ryzen 3 3250U
GPURadeon Vega 8 Graphics
Tahun rilis2021
2
SeriTUF Gaming
Ukuran layar15,6 inci
Berat2,3 kg
FiturX
CPUIntel Core i5-10300H
GPUNVIDIA GeForce GTX 1650
Tahun rilis2020
1
SeriVivoBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,5 kg
FiturNumberPad
CPUIntel Core i3-1005G1
GPUIntel HD Graphics
Tahun rilis2020

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Kami juga memiliki rekomendasi produk selain laptop ASUS, seperti laptop Acer dan laptop Dell. Bahkan ada artikel lainnya seputar laptop ASUS, yakni yang khusus untuk gaming. Kunjungi saja artikel-artikel di bawah ini agar referensi Anda makin luas!

Kesimpulan

Anda sudah menemukan laptop ASUS yang sesuai dengan kebutuhan? Tipe produknya sangat bervariasi. Setiap tipe menawarkan tujuan penggunaan berbeda untuk Anda. Ada yang cocok untuk mengetik, mengedit video, sampai bermain game.


Bila area kerja Anda tidak terlalu luas, pilih produk dengan ukuran layar kecil. Selain itu, pastikan bobotnya ringan jika akan dibawa-bawa. Perhatikan juga fitur yang mendukung pekerjaan Anda. Yuk, bereskan segala urusan Anda dengan laptop ASUS terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini, Anda akan menemukan beragam merek laptop di bawah 5 juta yang bagus, seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fiturnya pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Ayo, temukan laptop dengan harga terjangkau!
    Laptop
  • 10 Laptop Murah Spek Tinggi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Murah Spek Tinggi Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Spesifikasi serta harganya sangat beragam. Agar aktivitas tidak terganggu, Anda tentu menginginkan laptop dengan spesifikasi terbaik. Tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga yang murah!Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih laptop murah spek tinggi. Kami juga akan berbagi rekomendasi laptop dari merek terkenal, seperti ASUS dan HP. Ada laptop harga 2 jutaan, 3 jutaan, 4 jutaan, sampai 5 jutaan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Laptop
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Selain untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa cukup beragam, mulai dari 4 juta hingga di atas 10 juta rupiah.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih beserta rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa. Deretan merek laptop yang cocok untuk kuliah, seperti ASUS, Apple, Lenovo, dan HP akan kami ulas secara detail. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang.
    Laptop
  • 7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    7 MacBook Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    MacBook hingga kini masih menjadi laptop favorit banyak orang. Kualitas serta performa yang prima menjadikan produk Apple ini sebagai salah satu merek laptop yang paling diminati. Bila Anda berniat untuk membeli MacBook, jangan ke mana-mana sebab kami punya tips memilihnya untuk Anda.Kami juga telah menyiapkan rekomendasi MacBook yang bagus, misalnya MacBook Air 2017, MacBook Air 2020, dan MacBook Pro 2022. Dari yang menggunakan chipset M1 sampai M2, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya hingga akhir demi menemukan MacBook terbaik untuk Anda!
    Laptop
  • 10 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sesuai dengan namanya, laptop 2-in-1 dapat diubah menjadi tablet dan sebaliknya. Laptop tablet terdiri dari dua tipe. Ada tipe flip yang layarnya bisa dilipat dan ada juga tipe detachable yang layarnya bisa dilepas. Beberapa produk pun menawarkan stylus pen.Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih laptop yang bisa jadi tablet. Kami juga akan berbagi rekomendasi laptop 2-in-1 terbaik dari merek yang bagus, seperti Lenovo dan ASUS. Anda bisa menemukan produk dengan prosesor Intel Core i3, i5, hingga i7. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.
    Laptop
  • 10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru? Merek Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya.Tentunya tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, mulai dari prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
  • 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menjalankan aplikasi yang berat, dibutuhkan laptop dengan prosesor tinggi. Karena itu, tidak heran jika spesifikasi prosesor menjadi hal yang sangat diutamakan. Core i7 merupakan prosesor kelas tinggi yang diproduksi Intel saat ini. Di pasaran cukup banyak merek laptop yang didukung prosesor Intel Core i7, misalnya ASUS, MSI, Acer, dan Lenovo.Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih laptop Core i7 terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk laptop Intel Core i7 yang bagus dan terbaru. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori