• 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.

Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
Arief Rachman
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juli 2020
  • 79.449 Views
Daftar isi

ASUS merupakan pilihan terbaik untuk laptop ekonomis berkualitas

ASUS merupakan pilihan terbaik untuk laptop ekonomis berkualitas
ASUS menawarkan model laptop yang sangat beragam, mulai dari model ringkas hingga laptop dengan spesifikasi tinggi. Semenjak ASUS menawarkan berbagai macam produk yang berkaitan dengan gaming,  pilihan laptop gaming-nya juga semakin beragam. Bagi Anda yang ingin merasakan asyiknya bermain game di laptop, ASUS merupakan pilihan terbaik.

Terdapat tiga pilihan model laptop gaming dan laptop dengan spesifikasi tinggi. Hal yang paling menarik dari ASUS adalah Anda dapat membeli laptop berperforma tinggi dengan harga terjangkau. Jika Anda mencari laptop dengan spesifikasi tinggi dan harganya ekonomis, mari simak varian laptop ASUS di bawah ini!

Cara memilih laptop ASUS

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih laptop ASUS yang bisa Anda jadikan panduan. Mari simak lebih jauh agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih seri yang sesuai tujuan penggunaan Anda

ASUS menjual berbagai varian laptop untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Mari persempit pilihan laptop yang cocok bagi Anda sambil membayangkan tujuan penggunaan laptop tersebut.

Untuk browsing dan komputasi ringan, pilihlah seri VivoBook

Untuk browsing dan komputasi ringan, pilihlah seri VivoBook
Laptop seri VivoBook kami rekomendasikan bagi Anda yang menginginkan laptop ringan dengan harga ekonomis. Terdapat beberapa pilihan menarik, seperti tipe S yang mudah dibawa dengan layar 13,3 inci, serta tipe Flip. Untuk VivoBook tipe Flip, Anda dapat menggunakannya dengan dua cara, yakni seperti memakai laptop biasa serta seperti memakai tablet.


Karena produk ini dirancang dan dijual untuk pemakaian sehari-hari, seri VivoBook merupakan pilihan terbaik untuk komputasi ringan. Anda bisa menggunakannya untuk browsing, membalas e-mail, atau menjalankan software Office.

Untuk mengedit foto atau video, pilih seri ZenBook yang memiliki performa tinggi

Untuk mengedit foto atau video, pilih seri ZenBook yang memiliki performa tinggi

Jika Anda mencari laptop  dengan performa tinggi, mudah dibawa, serta mampu mengedit video dengan baik, kami menyarankan seri ZenBook. Seri ini telah menggunakan prosesor Core i serta dilengkapi dengan layar resolusi tinggi. Inilah alasan yang membuatnya menjadi produk populer dalam lingkup global.


ASUS ZenBook tidak hanya memiliki model yang dapat melakukan pekerjaan standar, seperti browsing dan mengetik. Akan tetapi, terdapat juga model yang mampu mengedit gambar dan video dengan apik, bahkan mampu menjalankan game online.

Untuk gaming, pilih seri FX, TUF, atau ROG

Untuk gaming, pilih seri FX, TUF, atau ROG
Jika Anda ingin bermain game di laptop, kami merekomendasikan seri gaming. Terdapat tiga tipe laptop seri gaming. Pilihlah laptop berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan oleh game yang hendak dimainkan. Misalnya, apakah game tersebut membutuhkan spesifikasi tinggi atau rendah, atau apakah kelak laptop akan sering dibawa bepergian atau tidak.

Kami merekomendasikan tipe FX jika game yang hendak Anda mainkan tergolong ringan. Tipe FX merupakan model entry level dari seri gaming dan memiliki performa grafis yang minimalis. Meski begitu, ia mempunyai harga yang paling ekonomis di antara ketiganya. Kemudian, jika Anda sering membawa laptop bepergian, pilihlah tipe TUF yang mempunyai daya tahan paling tangguh. Performa laptop ASUS tipe TUF berada di level entry hingga menengah.


Selanjutnya, ada tipe ROG yang mempunyai performa terbaik untuk menjalankan game dengan spesifikasi berat. Ia menggunakan monitor dengan refresh rate dan GPU (graphics processing unit) yang tinggi. Hal ini menjadikan ROG juga ideal untuk mengedit video yang berat.

Pilih ukuran layar dan bobot yang sesuai dengan penggunaan

Ketika Anda sudah menentukan seri yang akan digunakan, pilihlah ukuran layar serta berat yang sesuai bagi Anda. Hal ini akan berbeda tergantung Anda hendak memakainya di rumah atau membawanya ke luar rumah.

Pilih ukuran layar 12-14 inci agar mudah dibawa

Pilih ukuran layar 12-14 inci agar mudah dibawa
Laptop dengan layar berukuran 12-14 inci mudah dibawa ke mana-mana dan nyaman dilihat. Ukuran ini setara dengan kertas ukuran B5. Kebanyakan laptop ASUS yang populer dan mudah dibawa berukuran 14 inci atau kurang. Di antara laptop tersebut terdapat laptop dengan resolusi layar Full HD. Kami rekomendasikan Anda untuk memilih laptop dengan layar Full HD.

Jika laptop jarang dibawa bepergian dan penggunaannya sebatas di rumah atau di kantor, pilihlah seri ZenBook atau seri gaming. Laptop seri ini ada yang berukuran 15,6 inci dan 17,3 inci. Apabila mobilitas Anda rendah, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran tersebut.

Jika sering dibawa bepergian, laptop dengan berat total 1 kg terasa nyaman

Jika sering dibawa bepergian, laptop dengan berat total 1 kg terasa nyaman
Apabila Anda sering membawa dan menggunakan laptop di luar rumah, kami menyarankan laptop dengan berat sekitar 1 kg. Jika Anda menginginkan laptop dengan berat 1 kg atau kurang, pilihlah seri VivoBook atau TransBook. Pilih yang beratnya paling ringan dari seri yang cocok dengan penggunaan Anda.

Laptop yang terlalu berat akan menyulitkan Anda saat ingin memindahkannya meski saat berada di dalam rumah. Untuk itu, kami merekomendasikan laptop dengan berat sekitar 2 kg. Hal lain yang perlu Anda perhatikan selain berat laptop adalah ukuran dan berat dari charger laptop. Ketika pergi membawa laptop jangan lupa membawa charger-nya karena akan sangat berguna.

Perhatikan juga model yang mempunyai ciri khas produk ASUS

ASUS mempunyai model dan inovasi unik yang tidak dapat ditemukan pada merek lainnya. Jika Anda sering menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, pertimbangkan kedua fitur yang ditawarkan ASUS ini.

Mengetik jadi lebih nyaman dengan model berengsel ErgoLift

Mengetik jadi lebih nyaman dengan model berengsel ErgoLift
Pertimbangkan model laptop berengsel ErgoLift jika Anda hendak memakai laptop dalam waktu lama. Model yang menggunakan engsel ErgoLift biasanya memiliki permukaan keyboard lebih datar. Jadi, Anda dapat mengetik dengan lebih nyaman dibandingkan dengan produk lainnya.

Layar laptop dapat dibuka sampai 143° sehingga mudah disesuaikan dengan sudut pandang Anda. Jika Anda sering bekerja dalam waktu yang lama, laptop berengsel ErgoLift merupakan pilihan yang bagus.

Laptop dengan NumberPad memudahkan Anda yang sering memasukkan banyak angka

Laptop dengan NumberPad memudahkan Anda yang sering memasukkan banyak angka
Jika Anda mencari laptop dengan keypad numeric agar lebih mudah dalam memasukkan angka, pilihlah laptop yang memiliki fungsi NumberPad. NumberPad adalah numeric keypad yang terdapat pada touch pad. Inovasi menarik ini menjadikan touch pad sebagai numeric keypad sehingga ukuran laptop dapat menjadi lebih ringkas.

Tak usah khawatir, Anda juga dapat menggunakannya touch pad seperti biasanya. Model ini sangat ideal bagi Anda yang sering memasukkan angka pada Excel atau program lainnya. Anda yang mencari laptop ringkas, tetapi sudah memiliki numeric keypad juga akan cocok dengan laptop seperti ini.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi laptop ASUS terbaik

Kini, saatnya kami memberikan rekomendasi produk pilihan bagi Anda. Mari cek dan temukan produk-produk terbaik!!

10
SeriVivoBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,5 kg
NumberPadx
ErgoLift
CPUIntel® Pentium® Gold 5405U
GrafikTidak disebutkan
Tahun rilis2020
9
SeriVivoBook
Ukuran layar13,3 inci
Berat1,2 kg
NumberPadx
ErgoLift
CPUIntel® Core™ i3-8145U processor 2.1GHz dual-core with Turbo Boost (up to 3.9GHz) and 4MB cache
GrafikIntegrated Intel UHD Graphics 620
Tahun rilis2019
8
SeriVivoBook
Ukuran layar15,6 inci
Berat1,8 kg
NumberPadx
ErgoLiftx
CPUIntel® Core™ i3 7020U Processor
GrafikIntegrated Intel HD Graphics 620
Tahun rilis2019
7
SeriTUF Gaming
Ukuran layar15,6 inci
Berat2,3 kg
NumberPad×
ErgoLift×
CPUAMD® Ryzen™ 5 4600H Processor
GrafikNVIDIA® GeForce® GTX 1650Ti, with 4GB GDDR6 VRAM
Tahun rilis2020
6
SeriVivoBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,4 kg
NumberPadx
ErgoLiftx
CPUIntel® Core™ i5-10210U processor 1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cache
GrafikNVIDIA® GeForce® MX250 Video memory size: 2GB GDDR5 VRAM
Tahun rilis2020
5
SeriROG
Ukuran layar15,6 inci
Berat2,1 kg
NumberPadx
ErgoLiftx
CPUAMD Ryzen™ 7 4800HS
GrafikNVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti 6GB GDDR6 VRAM (Boost Clock: 1435MHz, 60W)
Tahun rilis2020
4
SeriVivoBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,5 kg
NumberPadx
ErgoLiftx
CPUIntel® Core™ i7 8565U Processor
GrafikIntegrated Intel UHD Graphics 620
Tahun rilis2019
3
SeriExpertBook
Ukuran layar14 inci
Berat870 g
NumberPad
ErgoLift
CPUIntel® Core™ i7-10510 processor 1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.9GHz) and 8MB cache
GrafikIntegrated Intel® UHD Graphics 620
Tahun rilis2020
2
SeriZenBook
Ukuran layar13,3 inci
Berat1,27 kg
NumberPad
ErgoLift
CPUIntel® Core™ i5 10210U Processor
GrafikIntegrated Intel® CPU
Tahun rilis2020
1
SeriZenBook
Ukuran layar14 inci
Berat1,5 kg
NumberPadx
ErgoLift
CPUIntel® Core™ i5-10210U processor 1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cache
GrafikIntegrated Intel® UHD Graphics
Tahun rilis2019

Tabel perbandingan produk laptop asus terbaik

Gambar produk
1
ASUS ZenBook Duo 1

ASUS

2
ASUS ZenBook 13 1

ASUS

3
ASUS ExpertBook 1

ASUS

4
ASUS VivoBook Flip 14 1

ASUS

5
ASUS ROG Zephyrus G15 1

ASUS

6
ASUS VivoBook S14 1

ASUS

7
ASUS TUF Gaming  1

ASUS

8
ASUS  Laptop 15 1

ASUS

9
ASUS VivoBook S13 1

ASUS

10
ASUS VivoBook 14 1

ASUS

Nama produk

ZenBook Duo

ZenBook 13

ExpertBook

VivoBook Flip 14

ROG Zephyrus G15

VivoBook S14

TUF Gaming

Laptop 15

VivoBook S13

VivoBook 14

KeunggulanTingkatkan produktifitas da...Ringkas dan baterainya dapa...Laptop bisnis dengan tingka...Engsel fleksibel dengan kon...Laptop gaming yang tipis da...Ekspresikan dirimu dengan p...Kuat tahan banting, durabil...HDD jadi lebih aman dengan ...Laptop mungil dengan layar ...Layar Full HD dan SSD berka...
HargaRp 18.999.000,00Rp 14.999.000,00Rp 28.995.000,00Rp 14.299.000,00Rp 21.999.000,00Rp 13.999.000,00Rp 14.299.000,00Rp 6.249.000,00Rp 8.199.000,00Rp 6.299.000,00
SeriZenBookZenBookExpertBookVivoBookROGVivoBookTUF GamingVivoBookVivoBookVivoBook
Ukuran layar14 inci13,3 inci14 inci14 inci15,6 inci14 inci15,6 inci15,6 inci13,3 inci14 inci
Berat1,5 kg1,27 kg870 g1,5 kg2,1 kg1,4 kg2,3 kg1,8 kg1,2 kg1,5 kg
NumberPadxxxx×xxx
ErgoLiftxxx×x
CPUIntel® Core™ i5-10210U processor 1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cacheIntel® Core™ i5 10210U ProcessorIntel® Core™ i7-10510 processor 1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.9GHz) and 8MB cacheIntel® Core™ i7 8565U ProcessorAMD Ryzen™ 7 4800HSIntel® Core™ i5-10210U processor 1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cacheAMD® Ryzen™ 5 4600H ProcessorIntel® Core™ i3 7020U ProcessorIntel® Core™ i3-8145U processor 2.1GHz dual-core with Turbo Boost (up to 3.9GHz) and 4MB cacheIntel® Pentium® Gold 5405U
GrafikIntegrated Intel® UHD GraphicsIntegrated Intel® CPUIntegrated Intel® UHD Graphics 620Integrated Intel UHD Graphics 620NVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti 6GB GDDR6 VRAM (Boost Clock: 1435MHz, 60W)NVIDIA® GeForce® MX250 Video memory size: 2GB GDDR5 VRAMNVIDIA® GeForce® GTX 1650Ti, with 4GB GDDR6 VRAMIntegrated Intel HD Graphics 620Integrated Intel UHD Graphics 620Tidak disebutkan
Tahun rilis2019202020202019202020202020201920192020
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk laptop lainnya di sini!

Di samping laptop ASUS, kami juga telah memiliki rekomendasi laptop merek lain seperti HP dan Dell. Selain itu, kami juga telah menulis rekomendasi laptop untuk keperluan spesifik lainnya, seperti laptop gaming dan laptop untuk editing. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa membaca tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih dan merekomendasikan produk-produk terbaik dari laptop ASUS, bagaimana pendapat Anda? Semua produk di atas merupakan produk yang menarik dan pastinya memiliki karakteristik serta keunggulan masing-masing.

Anda bisa memilih laptop ASUS yang sesuai kebutuhan dengan harga yang pas di kantong. Memilih produk ASUS yang tepat tentu dapat menunjang kegiatan Anda. Jadi, apakah Anda sudah siap memilih?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    126.079 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    99.729 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    58.672 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    87.596 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    66.195 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2020)
    Teropong binocular biasa digunakan pada berbagai kegiatan, seperti menonton konser atau pertandingan olahraga, serta pengamatan burung dan astronomi. Mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam memilih teropong yang sesuai dengan kegunaannya karena banyaknya tipe yang beredar di pasaran, baik dari segi bentuk, lensa maupun harga.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan petunjuk cara memilih teropong binocular yang tepat. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dan bisa dibeli secara online agar Anda dapat menikmati objek lebih jelas dan detail.
    Komputer & kamera
    2.057 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori