10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2019)

Tren untuk traveling semakin meningkat di Indonesia, imbasnya produsen-produsen peralatan outdoor semakin banyak menjual produknya. Kali ini kami akan membahas backpack yang sering digunakan untuk trekking dan akan merekomendasikan beberapa produk terbaik, tentunya dari produsen tepercaya seperti Eiger, Deuter, Millet, dan Osprey.

Kami akan membahas mulai dari ukuran, fungsionalitas, serta produk yang dikhususkan untuk wanita atau pria. Kapasitas backpack untuk trekking juga tentunya berbeda dengan backpack untuk city traveling biasa. Buat Anda yang membutuhkan backpack untuk trekking, bacalah artikel ini sampai selesai.

Daftar isi

Cara memilih backpack untuk trekking

Bila Anda ingin menikmati perjalanan trekking semaksimal mungkin, Anda perlu memilih backpack yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih backpack untuk trekking terlebih dahulu di bawah ini.

Pilih backpack dengan kapasitas sesuai durasi dan banyaknya bawaan

Pilih backpack dengan kapasitas sesuai durasi dan banyaknya bawaan

Kapasitas backpack yang Anda pilih biasanya disesuaikan dengan lama perjalanan Anda. Sebagai gambaran, untuk perjalanan satu hari sebaiknya Anda memilih backpack dengan kapasitas 35-45 liter.

Namun, setiap pabrikan memiliki metode pengukuran yang berbeda, terkadang ukurannya terlihat lebih kecil dari yang disebutkan sehingga Anda harus memastikannya terlebih dahulu. Maka dari itu, sebaiknya Anda datang ke tokonya untuk mencobanya langsung atau membeli backpack dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Anda juga membutuhkan ruang penyimpanan cadangan untuk menyimpan pakaian hangat saat musim hujan, sebaiknya Anda memperhitungkan juga ukurannya dengan baik.

Sebagai tambahan, jika Anda menemukan tanda “+ O L”, itu adalah penanda kapasitas top lid backpack tersebut. Kami akan menjelaskan cara memilih top lid dengan detail di bagian akhir artikel sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai referensi.

Pilih backpack yang mudah dibawa dan tidak membuat cepat lelah

Memilih backpack yang mudah dibawa dan tidak menyebabkan Anda cepat lelah adalah sebuah keharusan karena trekking biasanya membutuhkan waktu yang panjang. Beberapa poin ini perlu Anda perhatikan!

Pilih backpack sesuai panjang punggung Anda. Untuk wanita, pilih backpack edisi wanita

Pilih backpack sesuai panjang punggung Anda. Untuk wanita, pilih backpack edisi wanita

Hal terpenting agar backpack terasa pas di tubuh adalah kesesuaian panjang bagian belakangnya dengan panjang punggung Anda. Kesesuaian panjang punggung Anda dengan backpack dilihat dari panjang tubuh Anda dan panjang bagian belakang backpack. Sebagus apa pun fitur backpack akan percuma dan malah membebani bahu jika panjangnya tidak sesuai dengan punggung Anda.

Panjang punggung Anda bisa diukur mulai dari tulang punggung paling atas (cervical vertebrata C7) hingga bagian atas tulang panggul. Anda juga harus mengukur panjang bagian bawah tali bahu pada backpack hingga ke hip belt. Banyak model backpack yang panjang bagian belakangnya bisa diatur, sebaiknya Anda mencoba mengatur panjangnya langsung di toko dan mengecek kesesuaiannya dengan punggung Anda.

Kebanyakan backpack dijual berdasarkan karakteristik tubuh pria, tetapi tentu saja tubuh pria dan wanita berbeda. Karena itu, untuk para wanita sebaiknya memilih backpack khusus wanita.

Pilih backpack dengan hip belt agar beban terbagi di pinggul juga

Pilih backpack dengan hip belt agar beban terbagi di pinggul juga

Backpack yang dilengkapi hip belt akan memudahkan Anda dalam membagi beban ke bagian pinggul. Dengan begitu, beban di bagian bahu akan lebih berkurang dan tidak menyebabkan Anda mudah lelah.

Saat menggunakannya, pastikan hip belt terpasang dengan pas, tidak terlalu pendek, dan tidak terlalu longgar. Posisi yang benar dalam memakai hip belt adalah di pinggul bagian atas. Jika hip belt belum berada di posisi yang benar, tandanya panjang backpack belum sesuai dengan panjang punggung Anda. Saat Anda melonggarkan tali bahu dan hanya mengandalkan hip belt, tetapi backpack tidak jatuh ke belakang berarti hip belt sudah terpasang dengan baik.

Pilih backpack yang panjang tali bahunya sesuai dengan lebar bahu

Pilih backpack yang panjang tali bahunya sesuai dengan lebar bahu

Tali di bagian bahu atau disebut juga sternum strap mempengaruhi keseimbangan beban, kemudahan membawa backpack, dan kestabilan backpack tersebut. Pilih backpack dengan panjang tali bahu yang bisa disesuaikan sehingga tidak ada jarak antara punggung dengan backpack.

Namun, ada beberapa kasus tali bahu tidak sesuai dengan lebar bahu sehingga tidak bisa dikencangkan. Sebaiknya pilih backpack dengan tali bahu yang sesuai dengan lebar bahu Anda.

Pilih backpack dengan bobot sedang, jangan terlalu ringan

Pilih backpack dengan bobot sedang, jangan terlalu ringan

Backpack yang terlalu ringan belum tentu berkualitas bagus. Backpack yang terlalu ringan biasanya malah menghilangkan frame atau pad yang esensial. Bisa jadi backpack seperti itu tidak tahan lama.

Backpack yang ringkas dan ringan biasanya memang menarik untuk dibeli, tetapi backpack seperti ini bisa membuat Anda cepat lelah karena tidak ada frame yang membantu stabilitas dan pembagian bobot di tubuh Anda. Pilihlah backpack dengan bobot sedang, bukan yang terlalu ringan.

Pilih bagian belakang backpack yang stabil dan breathability-nya baik

Tipe bagian belakang backpack umumnya ada dua jenis, yakni tipe pad dan tipe mesh. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe pad : Lebih stabil dan terasa pas di tubuh

Tipe pad : Lebih stabil dan terasa pas di tubuh

Tipe pad melekat erat dengan tubuh Anda sehingga lebih stabil. Umumnya, breathability tipe pad kalah dengan tipe mesh, tetapi sekarang sudah banyak produk tipe pad yang juga memperhatikan sirkulasi udaranya. Namun, bila bentuk pad-nya tidak cocok dengan bentuk punggung Anda, backpack tersebut akan terasa tidak nyaman dan sulit untuk dibawa.

Tipe mesh : Breathability-nya bagus dan bisa digunakan di cuaca panas atau dingin

Tipe mesh : Breathability-nya bagus dan bisa digunakan di cuaca panas atau dingin

Saat memakai tipe mesh, ada sedikit jarak antara punggung dengan bagian belakang backpack. Selain itu, pemakaian material mesh membuat breathability-nya bagus. Bahkan, saat berkeringat Anda tetap bisa memakainya dengan nyaman karena bisa menahan penguapan udara panas. Saat melihatnya, mungkin Anda berpikir backpack tipe ini hanya cocok dipakai saat musim kemarau. Namun, nyatanya saat musim hujan backpack ini akan menyebabkan keringat di punggung Anda menyebar dan mencegah hipotermia. Meski demikian, Anda perlu memperhatikan tarikan gaya gravitasi akibat adanya jarak antara backpack dan punggung yang menyebabkan backpack mudah bergerak ke kiri dan kanan.

Pilih berdasarkan ketahanan bahan dan jahitannya

Tentunya Anda menginginkan backpack yang bisa tahan lama, bukan? Untuk itu, Anda perlu memperhatikan bahan dan jahitannya.

Pilih bahan yang tebal dan tidak mudah rusak

Pilih bahan yang tebal dan tidak mudah rusak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya mengenai bobot backpack, bahan kain yang tipis dan ringan akan lebih mudah rusak. Untuk itu sebaiknya Anda memilih bahan yang lebih tebal karena lebih awet. Selain itu, pilih juga backpack dengan bahan yang kuat terhadap gesekan karena saat trekking Anda akan sering mengalami benturan dengan kayu dan batu yang bisa merusak backpack.

Pilih backpack yang jahitannya kuat dan rapi

Pilih backpack yang jahitannya kuat dan rapi

Jahitan yang tidak kuat bisa menyebabkan backpack cepat rusak. Khususnya, Anda perlu mengecek jahitan di bagian tali bahu. Selain itu, pastikan jahitannya tidak tumpang tindih, periksa ketebalan benang, serta setiap sambungannya diperkuat lagi atau tidak.

Perhatikan poin lainnya yang memudahkan penggunaan

Kemudahan pemakaian backpack juga ditentukan dari jumlah kantong dan ketersediaan top lid. Untuk itu, mari simak terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Produk dengan ritsleting di depan atau samping lebih mudah dibuka

Produk dengan ritsleting di depan atau samping lebih mudah dibuka

Sekarang, sebagian besar model backpack sudah dilengkapi ritsleting di bagian depan dan samping sehingga Anda tidak perlu repot membuka tas dari bagian atas. Anda bisa mengambil barang di dalam backpack tanpa harus meletakkan tas terlebih dahulu. Jenis backpack seperti ini cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu sering berhenti saat trekking. Ritsleting di bagian depan dan samping sangat membantu dalam perjalanan, pastikan untuk selalu mengeceknya, ya!

Perhatikan jumlah dan posisi kantong di bagian luar. Adanya kantong samping juga berguna

Perhatikan jumlah dan posisi kantong di bagian luar. Adanya kantong samping juga berguna

Selain kompartemen utama di bagian dalam tas, Anda juga harus memeriksa jumlah dan posisi kantong di bagian luar backpack karena cukup berguna. Posisi kantong di bagian luar bermacam-macam, ada kantong depan, samping, dan di pinggang. Anda bisa menggunakan seluruh kantong tersebut untuk menyimpan beberapa barang sesuai keperluan. Selama trekking, Anda bisa meletakkan botol minum dan kompas di kantong yang mudah dijangkau sehingga Anda bisa mengambilnya dengan cepat saat dibutuhkan.

Apalagi kantong untuk menyimpan botol minum dan botol PET akan sangat berguna, sebaiknya Anda memilih backpack yang sebisa mungkin memiliki kantong samping.

Pastikan top lid-nya mudah diatur dan digunakan

Pastikan top lid-nya mudah diatur dan digunakan

Top lid sangat berguna di musim hujan karena mampu melindungi tas dan bawaan Anda dari hujan. Ukuran dan cara mengencangkan tiap top lid berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu memastikan top lid yang Anda pilih mudah dikencangkan dan mampu melindungi seluruh bagian backpack dengan baik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanda +O L menunjukkan kapasitas dari top lid. Ada model yang top lid-nya bisa dilepas dari backpack untuk dijadikan waist pouch. Model ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakan backpack dengan top lid yang multifungsi.

Gunakan rain cover jika Anda khawatir backpack tidak bisa menahan air hujan

Gunakan rain cover jika Anda khawatir backpack tidak bisa menahan air hujan

Meskipun sebagian besar backpack sudah dilengkapi fitur waterproof hingga bisa menahan air hujan, ada kalanya air hujan tetap bisa masuk ke dalam backpack melalui celah-celah kecil seperti jahitan. Dengan menggunakan rain cover saat hujan, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kemampuan tahan airnya. Untuk Anda yang khawatir barang-barang di dalam backpack kebasahan, pilihlah backpack yang telah dilengkapi dengan rain cover.

Backpack tipe dua kompartemen, lebih stabil dan memudahkan packing

Backpack tipe dua kompartemen, lebih stabil dan memudahkan packing

Bagi Anda yang sering kesulitan saat packing, sebaiknya memilih backpack yang dirancang untuk membuat packing lebih mudah. Pembagian beban dan kenyamanan saat membawa backpack dipengaruhi oleh cara Anda packing. Umumnya, barang-barang berat diletakkan di bagian backpack yang bersentuhan dengan punggung dan barang yang jarang digunakan diletakkan di bagian bawah backpack. Periksalah kesesuaian backpack Anda dengan metode packing demikian.

Ada jenis backpack yang memiliki struktur 2 kompartemen yang terpisah sehingga memudahkan memasukkan dan mengeluarkan barang dari bagian bawah backpack. Selain itu, backpack jadi lebih mudah distabilkan sehingga sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu mahir dalam hal packing.

Pastikan keberadaan trekking pole holder pada backpack bila dibutuhkan

Pastikan keberadaan trekking pole holder pada backpack bila dibutuhkan

Jika Anda merasa tidak memerlukan trekking pole, tidak perlu membawanya. Namun, untuk Anda yang membutuhkan trekking pole, sebaiknya memilih backpack yang dilengkapi trekking pole holder atau alat dengan pegangan yang bisa dikaitkan di bagian luar backpack. Tergantung pada mereknya, tidak semua trekking pole bisa dikaitkan pada trekking pole holder yang terdapat di backpack. Anda harus memastikan trekking pole yang Anda bawa kompatibel dengan holder-nya.

10 Rekomendasi backpack terbaik untuk trekking

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa produk backpack terbaik yang dapat menunjang aktivitas trekking Anda dengan baik. Temukan yang paling cocok dengan Anda, ya!

10. Avtech Galoa 40L

10. Avtech Galoa 40L

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 450.000

Backpack model single frame dengan harga yang ramah di kantong

Bagi Anda yang sedang mencari backpack atau semi-carrier untuk 1-2 hari trekking dengan bobot yang ringan, produk Avtech Galoa 40L ini bisa menjadi pilihan. Model backpack ini memakai single frame sehingga bobotnya lebih ringan dibanding produk lain. Anda yang hanya sesekali pergi trekking di alam bebas akan nyaman memakainya.

Selain itu, Avtech Galoa bisa Anda beli dengan harga yang sangat terjangkau untuk ukuran backpack, cocok untuk Anda yang mencari backpack ringan dengan harga yang ekonomis. Namun, jika Anda ingin pergi dalam waktu yang lama, misalnya lebih dari 3 hari, tidak disarankan untuk menggunakan produk ini.

Kapasitas 40 L
Ukuran 25 x 23 x 65 cm
Berat 1,2 kg
Tipe bagian belakang pad
Fitur tambahan top lid, rain cover, kantong samping, kantong hip belt

9. Osprey Porter 46

9. Osprey Porter 46

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.550.000

Dilengkapi kompartemen untuk menyimpan laptop dengan aman

Dilema besar biasanya dihadapi para traveler dalam memilih backpack. Memilih tas kecil tidak bisa memuat laptop dan barang-barang lainnya, tetapi memilih carrier ukuran besar terlalu merepotkan dan tidak kompatibel. Osprey Porter 46 adalah solusi bagi Anda para traveler yang ingin trekking sambil membawa journal diary.

Osprey Porter 46 dilengkapi kompartemen khusus yang bisa menyimpan laptop dan dokumen lainnya dengan aman karena disertai ziplock. Sisi petualangannya juga tidak ketinggalan, kompartemen utamanya didesain sangat mudah diakses dan terorganisir. Osprey Porter 46 bisa dibawa dengan cara digendong atau dipegang menyamping.

Kapasitas 46 L
Ukuran 22 x 14 x 11 inci
Berat 1,54 kg
Tipe bagian belakang pad
Fitur tambahan laptop sleeve, ritsleting akses kompartemen utama super besar

8. Eiger Appalachia 35L

8. Eiger Appalachia 35L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 775.000

Membuat perjalanan Anda selalu nyaman dengan Smart Cool System Backsystem

Merek lokal yang memiliki reputasi bagus di dunia petualangan adalah Eiger. Salah satu produk terbaik dari Eiger adalah seri Appalachia 35 liter ini. Backpack ini menggunakan Smart Cool System Backsystem yang dapat menyerap panas akibat gesekan dengan punggung Anda secara optimal.

Saat perjalanan, jika udara sedang panas dan dari dalam diri sendiri Anda juga merasa kepanasan, energi yang terbuang menjadi lebih besar. Dengan adanya Smart Cool System Backsystem, Anda lebih menghemat energi dan tentunya lebih nyaman saat bergerak. Produk ini cocok bagi pemula yang ingin mencoba trekking dengan nyaman.

Kapasitas 35 L
Ukuran 32 x 28 x 52 cm
Berat 2 kg
Tipe bagian belakang pad, mesh
Fitur tambahan top lid, rain cover, kantong samping

7. Osprey Farpoint 55

7. Osprey Farpoint 55

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.950.000

Backpack dengan kompartemen utama yang luas dan keamanan ekstra

Perjalanan yang menyenangkan adalah perjalanan yang dilakukan dengan nyaman, berkesan, dan aman. Backpack Osprey Farpoint 55 memiliki desain kompartemen utama yang sangat luas sehingga Anda bisa membawa barang-barang penting Anda selama trekking, mulai dari baju hingga kamera!

Keamanan produk ini sangat terjaga karena dilengkapi ritsleting yang bisa dikunci (lockable sliders) seperti pada koper. Dari segi kenyamanan, hip belt pada backpack ini bisa membagi beban pada pinggang dan otot core dengan efektif. Produk ini kami rekomendasikan untuk fotografer alam bebas serta Anda yang ingin trekking dengan nyaman.

Kapasitas 55 L
Ukuran 25 x 13 x 12 inci
Berat 1,77 kg
Tipe bagian belakang mesh
Fitur tambahan zip-off daypack, ritsleting akses kompartemen utama super besar

6. Consina Centurion 50

6. Consina Centurion 50

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 584.000

Kompartemen utama lebih luas, lebih mudah masukkan barang

Backpack dari Consina ini cukup populer karena kualitasnya bagus dan harganya juga cukup terjangkau. Desainnya simpel dan dilengkapi dengan satu kompartemen utama yang cukup luas. Ukuran kompartemen yang besar ini akan memudahkan Anda saat memasukkan dan mengeluarkan barang.

Produk ini juga makin menguntungkan karena sudah dijual sepaket dengan rain cover-nya. Kenyamanan backpack ini pun cukup baik karena telah dilengkapi strap di bagian pinggang dan dada untuk membantu Anda lebih stabil saat berjalan. Warna merahnya juga sangat catchy di alam!

Kapasitas 55 L
Ukuran 30 x 20 x 70 cm
Berat 1,55 kg
Tipe bagian belakang pad, mesh
Fitur tambahan top lid, rain cover, kantong samping

5. Deuter Fox 40

5. Deuter Fox 40

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.200.000

Teknologi Vary Quick membuat backpack bisa diatur sesuai punggung penggunanya

Kegiatan trekking di alam sebaiknya sudah mulai dikenalkan mulai dari usia kanak-kanak, misalnya melalui kegiatan pramuka atau lintas alam bersama guide. Deuter Fox 40 bisa menjadi backpack yang sangat baik untuk anak-anak maupun para remaja yang ingin melakukan kegiatan di alam.

Teknologi Vary Quick adjustable system bisa mengatasi pertumbuhan tubuh remaja yang tergolong cepat berubah melalui panjang backpack yang bisa diatur sesuai tinggi badan anak Anda. Backpack ini bisa Anda jadikan kado untuk mendukung anak Anda yang gemar berpetualang. Selain itu, kualitas bahannya sangat bagus dan jahitannya pun rapi.

Kapasitas 40 L
Ukuran 66 x 28 x 24 cm
Berat 1,33 kg
Tipe bagian belakang pad, mesh
Fitur tambahan top lid, kantong samping, trekking pole holder

4. Deuter Aircontact Lite 35 + 10 SL

4. Deuter Aircontact Lite 35 + 10 SL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.380.000

Membawa beban barang bawaan berat terasa lebih ringan!

Meskipun Anda secara fisik kuat, tetapi faktor psikologis seperti kenyamanan dan kulit yang lecet bisa mengacaukan trekking Anda dan tim. Deuter Aircontact Lite edisi wanita ini memiliki desain backsystem yang memberikan kesan nyaman, stabil, dan tidak lecet meskipun Anda membawa beban berat dalam waktu lama.

Bagi Anda yang sering membawa banyak barang saat trekking, produk ini cocok untuk Anda karena dilengkapi ECL Hip Fins yang bisa diatur senyaman mungkin sesuai ukuran pinggang dan berfungsi membantu menopang beban berat. Bayangkan Anda membawa beban berat, tetapi terasa hanya membawa setengah bobotnya di pundak Anda!

Kapasitas 35 + 10 L
Ukuran 76 x 26 x 20 cm
Berat 1,58 kg
Tipe bagian belakang padmesh
Fitur tambahan top lid multifungsi, kantong samping, kantong hip belt, trekking pole holder

3. Millet Ubic 50 + 10

3. Millet Ubic 50 + 10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.212.000

Backpack serbaguna yang bisa diandalkan di daerah tropis maupun lokasi bersalju

Millet Ubic 50 + 10 didesain untuk aktivitas trekking profesional dan tahan di segala medan, baik itu hutan tropis maupun daerah pegunungan Alpine. Keunggulan utama backpack ini adalah sangat bisa diandalkan untuk medan-medan ekstrem, ada tempat khusus untuk meletakkan trekking pole, ice axe, atau sepatu khusus di daerah bersalju.

Backsystem dari produk ini sangat mudah disesuaikan dengan tubuh Anda dan daya tahannya tidak perlu Anda ragukan lagi. Untuk Anda pendaki profesional yang ingin memulai trekking ke gunung es, Anda bisa mencoba produk keluaran brand Millet ini. Tentu perjalanan di daerah bersalju akan terasa lebih nyaman menggunakan backpack ini.

Kapasitas 50 + 10 L
Ukuran
Berat 1,72 kg
Tipe bagian belakang padmesh
Fitur tambahan top lid, rain cover, kantong samping, kantong hip belttrekking pole holder

2. Eiger WS Elliptic Lunaris 45L

2. Eiger WS Elliptic Lunaris 45L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 975.000

Dengan adanya ritsleting di bagian depan, unpacking jadi lebih mudah!

Ekspedisi atau trekking jangka panjang membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat serta manajemen waktu yang baik. Eiger Elliptic Lunaris yang juga pas di tubuh wanita ini sangat mendukung aktivitas trekking Anda melalui desain internal frame dari bahan duralium serta ritsleting di bagian kompartemen utama.

Ritsleting di bagian depan backpack membuat Anda bisa mengambil barang dengan cepat dari dalam backpack sehingga lebih menghemat waktu. Produk ini cocok untuk Anda yang sering mengambil barang dari dalam backpack saat trekking. Selain itu, frame berbahan duralium yang kuat dan lentur sangat bersahabat untuk tulang punggung.

Kapasitas 45 L
Ukuran 64 x 32 x 20 cm
Berat 1,6 kg
Tipe bagian belakang pad, mesh
Fitur tambahan top lid, rain cover, kantong samping, kantong hip belt, trekking pole holder

1. Osprey Kestrel 48

1. Osprey Kestrel 48

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.500.000

Fitur LightWire mengurangi risiko cedera punggung!

Osprey Kestrel 48 memiliki teknologi LightWire yang bisa membagi beban Anda pada tali bahu dan hip belt dengan sangat baik. Beban yang terbagi dengan baik mengurangi risiko terjadinya cedera punggung. Bagi Anda yang mengutamakan kesehatan punggung dan kenyamanan saat trekking, produk ini cocok untuk Anda.

Ditambah lagi bahan mesh pada bagian belakang backpack-nya membuat punggung Anda tidak gerah. Anda juga bisa packing dengan mudah karena selain kompartemennya luas, produk ini dilengkapi ritsleting di bagian atas maupun di bagian samping sehingga saat-saat packing pun jadi lebih efektif.

Kapasitas 48 L
Ukuran 28 x 15 x 16 inci
Berat 1,67 kg
Tipe bagian belakang pad, mesh
Fitur tambahan top lid, rain cover, kantong samping, kantong hip belttrekking pole holder

Baca juga rekomendasi trekking poles di sini

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, trekking pole cukup membantu perjalanan Anda terutama jika medan yang Anda lalui cukup sulit. Sebelum membeli trekking pole, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara memilih trekking pole yang baik. Selain itu, di artikel ini Anda bisa mendapatkan referensi produk trekking pole yang baik. Baca artikelnya di sini.

Baca juga rekomendasi sleeping bag dan tenda untuk naik gunung di sini

Bila Anda sudah menemukan backpack favorit Anda untuk bertualang mendaki gunung-gunung yang ingin Anda taklukkan, tentu Anda membutuhkan peralatan lain yang akan semakin menunjang kegiatan Anda tersebut. Pada artikel berikut, kami akan merekomendasikan sleeping bag dan tenda pilihan untuk menemani Anda mendaki gunung. Mari simak selengkapnya!

Kesimpulan

Anda sudah mengetahui cara memilih backpack yang cocok untuk kegiatan trekking sesuai dengan yang ingin Anda lakukan. Selain itu, produk-produk terbaik yang pas untuk kegiatan trekking Anda juga sudah kami rekomendasikan. Mana backpack favorit Anda?

Sebaiknya Anda memilih berdasarkan kebutuhan dan harga. Selain itu, pertimbangkan juga reputasi merek backpack tersebut. Selamat memilih!