• 10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Backpack Terbaik untuk Trekking (Terbaru Tahun 2022)

Anda yang sering trekkinghiking, atau melakukan aktivitas outdoor lainnya penting untuk memiliki backpack yang bagus. Beberapa backpack untuk trekking juga cocok dibawa traveling. Sebab itu, Anda perlu cermat memilihnya agar mendapat produk yang dibutuhkan.


Deuter, Osprey, dan Eiger adalah beberapa merek backpack terbaik untuk trekking. Agar Anda lebih mudah menemukan backpack yang tepat, kami akan membahas cara memilihnya di artikel ini. Kami juga akan berbagi dan mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Pastikan Anda membaca artikel ini sebelum merencanakan trekking selanjutnya, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Gigih Prayitno
  • Pembaharuan terakhir: 22 Oktober 2022
Daftar isi

Cara memilih backpack untuk trekking

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih backpack untuk trekking. Pilihlah produk yang paling ideal bagi Anda melalui penjelasan berikut.

Sesuaikan kapasitas backpack dengan bawaan dan lama trekking

Ada banyak pilihan kapasitas backpack untuk trekking, mulai dari 20 liter hingga 60 liter lebih. Kapasitas yang bervariasi tersebut perlu disesuaikan dengan banyaknya barang bawaan Anda dan durasi trekking.

20–30 liter, untuk kebutuhan trekking dengan sedikit barang

20–30 liter, untuk kebutuhan trekking dengan sedikit barang

Backpack 20–30 liter memiliki ukuran dan kapasitas yang kecil. Produknya cocok untuk trekking singkat dengan waktu tempuh beberapa jam saja atau seharian. Anda bisa memakainya saat trekking ke air terjun atau mendaki bukit.


Anda tidak perlu membawa banyak barang saat trekking singkat sehingga kapasitas backpack yang kecil sudah cukup. Backpack 20–30 liter pas untuk menyimpan smartphone, pakaian ganti, makanan, dan minuman. Karena barang yang dibawa lebih sedikit, beban yang dibawa saat trekking jadi lebih ringan.

35–50 liter, kapasitas untuk perjalanan lebih dari 1 hari

35–50 liter, kapasitas untuk perjalanan lebih dari 1 hari

Jika Anda melakukan perjalanan beberapa hari bersama rekan yang lain, kami merekomendasikan backpack 35–50 liter. Karena ukurannya lebih besar, barang yang bisa dibawanya jadi lebih banyak. Anda dapat membawa jaket, jas hujan, alat masak, logistik, dan perlengkapan lainnya.


Beberapa backpack 35–50 liter sudah dilengkapi sistem torso yang mendukung untuk perjalanan yang lama. Dengan demikian, Anda dapat tetap nyaman melakukan trekking meski membawa barang lebih banyak.

60 liter ke atas, muat untuk banyak barang

60 liter ke atas, muat untuk banyak barang

Backpack 60 liter ke atas sering disebut juga dengan tas carrier. Produknya digunakan untuk Anda yang harus membawa banyak barang saat trekking mendaki gunung. Anda perlu membawa jaket tebal, pakaian ganti, jas hujan, perlengkapan makan, matras, hingga tenda. Sebab itu, dibutuhkan backpack yang besar.


Backpack ini berbobot berat sehingga akan menghabiskan banyak tenaga, terlebih jika Anda menempuh perjalanan panjang. Kami menyarankan backpack 60 liter ke atas untuk Anda yang terbiasa naik gunung dengan membawa tas besar. Fiturnya pun lebih beragam. Jadi, Anda perlu melakukan double check untuk menemukan yang pas.

Ketahui bahan yang digunakan backpack

Pilihlah produk dengan bahan yang tahan gesekan sehingga tetap aman saat tergesek ranting pohon dan batu. Berikut beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat backpack serta karakteristiknya. 

Poliester, tahan bakteri dan awet

Poliester, tahan bakteri dan awet

Keunggulan utama poliester adalah lebih tahan bakteri dan pencucian dari bahan kimia. Serat kainnya pun lebih awet. Poliester juga dikenal tahan air dan cepat kering.


Kekurangan bahan ini adalah mudah terbakar sehingga harus dijauhkan dari api. Selain itu, sirkulasi dari serat kainnya kurang sehingga tidak mudah menyerap keringat.

Nilon, elastis dan kuat untuk backpack

Nilon, elastis dan kuat untuk backpack
Nilon berasal dari bahan sintetis dengan sifat yang kuat, tahan lama, ringan, elastis, dan mudah kering. Sayangnya nilon tidak tahan panas, tidak waterproof, mudah terbakar, dan sirkulasi udaranya buruk.

Backpack dari nilon kurang cocok untuk trekking di tempat dengan perubahan cuaca yang ekstrem. Meskipun demikian, masih ada nilon dolby dan Cordura yang merupakan turunan dari nilon dengan karakteristik baru. Berikut penjelasan keduanya.


  • Nilon dolby

Nilon dolby punya tekstur wrinkle-free, tebal, waterproof, dan tear-resistant. Bahannya juga halus dan tidak berbulu sehingga nyaman di kulit. Di sisi lain, harga tas dari nilon dolby biasanya lebih mahal.


  • Cordura

Cordura terkenal dengan kekukuhannya. Material ini tidak mudah robek, lecet, dan tergores meski digunakan di cuaca ekstrem. Cordura juga dikenal ringan dan tahan air. Kelemahan material ini adalah tekstur yang kasar dan tampilannya biasa saja.

Pilih tipe bagian punggung backpack yang nyaman

Ada dua tipe bagian belakang backpack, yaitu pad dan mesh. Pilihlah jenis bagian belakang backpack yang paling nyaman untuk Anda.

Pad: Pas di badan, trekking terasa seimbang

Tipe pad terpasang dengan pas di bagian belakang sehingga tidak mudah berubah posisi. Waspadalah dengan pad yang tidak pas di badan karena dapat membuat Anda tidak nyaman saat menggendong backpack.


Soal breathability, tipe mesh memang lebih unggul. Namun, saat ini sudah banyak produk tipe pad yang mempertimbangkan sirkulasi udara.

Mesh: Punya breathability yang bagus dan nyaman dipakai

Tipe mesh memberikan rongga antara punggung Anda dan bagian belakang backpack. Karena itu, tipe ini sirkulasi udaranya bagus. Anda dapat memakainya dengan nyaman meski sedang berkeringat


Banyak yang berpikir bahwa tipe ini hanya cocok untuk cuaca panas, padahal Anda bisa memakainya saat cuaca dingin. Mesh dapat menguapkan keringat dari punggung dan mencegah terjadinya hipotermia.


Sayangnya backpack dengan bagian belakang mesh cenderung kurang stabil karena mudah bergoyang-goyang. Tipe ini kurang cocok digunakan jika Anda melakukan trekking cepat atau menempuh perjalanan jauh.

Pastikan panjang torso backpack pas di punggung

Pastikan panjang torso backpack pas di punggung

Supaya mendapat backpack yang pas dengan tubuh, pilihlah yang panjang punggungnya sama dengan panjang torso Anda. Anda bisa mengukur mulai dari tulang leher ketujuh (vertebra prominens/C7) hingga bagian atas tulang panggul. Setelah itu, sesuaikan panjang yang Anda dapat dengan ukuran di bawah ini.


Kebanyakan backpack untuk trekking dijual berdasarkan karakteristik tubuh pria. Sementara itu, bentuk tubuh wanita tentu saja berbeda. Oleh karenanya, wanita lebih baik memilih backpack untuk trekking yang khusus.

Periksa jumlah kompartemen backpack

Periksa jumlah kompartemen backpack
Selain kapasitas, jumlah kompartemen backpack pun memengaruhi cara Anda packing. Ada backpack dengan sedikit kompartemen dan ada juga yang banyak. Berikut beberapa jenis kompartemen yang biasanya ada pada backpack untuk trekking.

  • Kompartemen utama: Tempat menyimpan barang yang besar
  • Top lid: Saku tutup atas untuk tempat barang yang sering dipakai
  • Saku dalam: Tempat barang penting yang jarang digunakan saat perjalanan
  • Saku depan: Untuk menyimpan barang yang tiba-tiba akan digunakan
  • Saku samping: Tempat menaruh botol minum atau matras
  • Saku hipbelt: Untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti korek api dan peta
  • Organizer/saku laptop: Tempat alat tulis dan laptop untuk kebutuhan harian

Cek fitur-fitur yang memudahkan penggunaan backpack

Biasanya backpack dilengkapi berbagai fitur, seperti belt, rain cover, dan trekking pole holder. Fitur ini akan memudahkan penggunaan backpack saat Anda trekking.

Chest belt dan hip belt, backpack jadi lebih stabil

Backpack yang dilengkapi chest belt dan hip belt akan membuat posisinya lebih stabil. Chest belt adalah sabuk yang berada di dada, sedangkan hip belt berada di pinggang. Kedua belt ini berfungsi untuk menyangga dan menahan backpack agar tidak mudah goyang.


Adanya chest belt dan hip belt juga membagi beban tas di punggung. Beban backpack tidak akan langsung ke bawah dan tidak hanya ditopang oleh pundak. Dengan begitu, beban tas bisa jadi lebih ringan sehingga Anda tidak cepat merasa lelah.

Water bladder, lebih mudah minum saat trekking

Water bladder, lebih mudah minum saat trekking

Water bladder akan memudahkan Anda minum saat trekking. Backpack dengan fitur ini biasanya diberi jalur untuk selang dari dalam tas ke bagian pundak.


Jika hendak minum, Anda tinggal menyedot selangnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengambil botol minum yang ada di saku samping tas.

Rain cover, mencegah barang basah saat hujan

Rain cover, mencegah barang basah saat hujan

Sebagian besar backpack untuk trekking dibuat dari bahan yang waterproof. Namun, air hujan dapat merembes melalui celah-celah jahitan. Anda dapat memakai rain cover untuk mencegahnya.


Anda tidak harus memilih produk yang waterproof jika memilih tas yang dilengkapi rain cover. Umumnya rain cover mampu melindungi tas, bahkan saat hujan deras.

Trekking pole holder, menyimpan trekking pole tidak ribet

Bila Anda memakai trekking pole, pastikan backpack punya holder-nya. Fitur ini berguna untuk menyimpan trekking pole saat sedang tidak digunakan. Namun, tidak semua holder cocok karena jenis dan bentuk trekking pole berbeda-beda. Maka dari itu, periksalah lebih dahulu kesesuaian antara holder dan trekking pole yang Anda pakai.

10 Rekomendasi backpack terbaik untuk trekking

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk backpack terbaik untuk trekking yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee


Update 20 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Osprey Kestrel 48 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Decathlon QUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20l NH 100 memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Decathlon QUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20l NH100 1

Decathlon

2
Arei Carrier Toba 35+5L 1

Arei

3
Deuter Aircontact Lite 35+10 SL 1

Deuter

4
Eiger Equator Trek 65 Backpack 1

Eiger

5
Kalibre  Backpack Multifungsi Exploder Art  1

Kalibre

6
Avtech Levuca 60L 1

Avtech

7
Decathlon FORCLAZ Ransel Trekking Compact 40 Liter Travel 100  1

Decathlon

8
Cozmeed Tas Wonclay 28L 1

Cozmeed

9
Osprey Archeon 45 Men's 1

Osprey

10
Consina Inca Trail 35 1

Consina

Nama produk

QUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20l NH100

Carrier Toba 35+5L

Aircontact Lite 35+10 SL

Equator Trek 65 Backpack

Backpack Multifungsi Exploder Art

Levuca 60L

FORCLAZ Ransel Trekking Compact 40 Liter Travel 100

Tas Wonclay 28L

Archeon 45 Men's

Inca Trail 35

Keunggulan

Harganya pas untuk kebutuhan trekking singkat

Backpack semi-carrier yang compact untuk mendaki

Didesain khusus untuk perempuan dengan fitur yang lengkap

Kapasitas besarnya cukup untuk trekking panjang

Bisa dialihfungsikan jadi koper juga!

Kapasitas besar dengan harga yang budget-friendly

Backpack yang nyaman untuk trekking dan traveling

Bisa jadi daily bag untuk kerja atau kuliah

Backpack yang eco-friendly dengan desain minimalis

Ada external backpack untuk dibawa summit

Harga mulai dariRp 170.000,00Rp 479.000,00Rp 1.000.000,00Rp 1.749.000,00Rp 925.000,00Rp 599.000,00Rp 800.000,00Rp 499.000,00Rp 2.999.000,00Rp 695.000,00
Ukuran20 liter40 liter45 liter65 liter20 liter60 liter40 liter28 liter45 liter35 liter
MaterialTidak ada keteranganNilonNilon 100D, poliester 600DNilon 210D SF Wave, nilon 420DNilon JapanCorduraTidak ada keteranganCordura, dolbyNilonPoliester
Tipe punggungMeshPadMeshPadMeshPadMeshMeshPadPad
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 saku depan, 1 mini organizer, 2 saku samping, 1 saku laptop1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku dalam, 1 saku depan, 2 saku samping, 2 saku hipbelt1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku depan, 2 saku samping, 1 saku hipbelt1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku depan, 1 saku bawah, 2 saku samping, 2 saku hip belt1 kompartemen utama, 1 saku depan, 1 saku belakang, 2 saku samping, 1 kompartemen dengan organizer, 1 saku laptop1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku depan, 2 saku samping, 1 waist bag1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku samping kecil, 1 saku samping besar, 1 kompartemen dengan organizer, 1 saku laptop1 kompartemen utama, 2 saku depan, 1 saku dalam, 2 saku samping, 2 saku hipbelt, 1 saku laptop1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku dalam, 2 saku samping, 2 saku hipbelt1 kompartemen utama, 2 saku samping, 1 kompartemen dengan organizer, 1 external backpack
Fitur lainChest beltChest belt, hip belt, rain cover, trekking pole holderChest belt, hip belt, water bladder, trekking pole holderChest belt, hip belt, water bladder, rain cover, trekking pole holderChest belt, hip belt, rain coverChest belt, hip belt, rain cover, trekking pole holderChest belt, hip belt, rain coverChest belt, hip belt, water bladder, rain cover, trekking pole holderChest belt, hip belt, rain cover, water bladderChest belt, hip belt, rain cover, water bladder
Tautan produk
10
Ukuran35 liter
MaterialPoliester
Tipe punggungPad
Kompartemen1 kompartemen utama, 2 saku samping, 1 kompartemen dengan organizer, 1 external backpack
Fitur lainChest belt, hip belt, rain cover, water bladder
9
Ukuran45 liter
MaterialNilon
Tipe punggungPad
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku dalam, 2 saku samping, 2 saku hipbelt
Fitur lainChest belt, hip belt, rain cover, water bladder
8
Ukuran28 liter
MaterialCordura, dolby
Tipe punggungMesh
Kompartemen1 kompartemen utama, 2 saku depan, 1 saku dalam, 2 saku samping, 2 saku hipbelt, 1 saku laptop
Fitur lainChest belt, hip belt, water bladder, rain cover, trekking pole holder
7

DecathlonFORCLAZ Ransel Trekking Compact 40 Liter Travel 100

Mulai dari Rp 800.000,00

Ukuran40 liter
MaterialTidak ada keterangan
Tipe punggungMesh
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku samping kecil, 1 saku samping besar, 1 kompartemen dengan organizer, 1 saku laptop
Fitur lainChest belt, hip belt, rain cover
6
Ukuran60 liter
MaterialCordura
Tipe punggungPad
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku depan, 2 saku samping, 1 waist bag
Fitur lainChest belt, hip belt, rain cover, trekking pole holder
5

Kalibre Backpack Multifungsi Exploder Art

Mulai dari Rp 925.000,00

Ukuran20 liter
MaterialNilon Japan
Tipe punggungMesh
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 saku depan, 1 saku belakang, 2 saku samping, 1 kompartemen dengan organizer, 1 saku laptop
Fitur lainChest belt, hip belt, rain cover
4

EigerEquator Trek 65 Backpack

Mulai dari Rp 1.749.000,00

Ukuran65 liter
MaterialNilon 210D SF Wave, nilon 420D
Tipe punggungPad
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku depan, 1 saku bawah, 2 saku samping, 2 saku hip belt
Fitur lainChest belt, hip belt, water bladder, rain cover, trekking pole holder
3

DeuterAircontact Lite 35+10 SL

Mulai dari Rp 1.000.000,00

Ukuran45 liter
MaterialNilon 100D, poliester 600D
Tipe punggungMesh
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku depan, 2 saku samping, 1 saku hipbelt
Fitur lainChest belt, hip belt, water bladder, trekking pole holder
2
Ukuran40 liter
MaterialNilon
Tipe punggungPad
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 top lid, 1 saku dalam, 1 saku depan, 2 saku samping, 2 saku hipbelt
Fitur lainChest belt, hip belt, rain cover, trekking pole holder
1

DecathlonQUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20l NH100

Mulai dari Rp 170.000,00

Ukuran20 liter
MaterialTidak ada keterangan
Tipe punggungMesh
Kompartemen1 kompartemen utama, 1 saku depan, 1 mini organizer, 2 saku samping, 1 saku laptop
Fitur lainChest belt

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan outdoor lainnya di sini

Saat trekking, Anda tidak hanya butuh backpack. Masih ada perlengkapan outdoor lain untuk kenyamanan ketika trekking, seperti trekking poles, kacamata anti-UV, dan sepatu trekking. Temukan rekomendasi produknya dari kami di tautan-tautan berikut!

Kesimpulan

Ada beragam kapasitas dan fitur backpack untuk trekking yang bisa Anda pilih. Karena itu, pada artikel ini kami membahas tips memilih serta memberikan rekomendasi produknya. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan?


Supaya trekking menjadi lebih nyaman, pilihlah produk yang mudah digunakan dengan kapasitas yang pas. Jangan lupa juga untuk memeriksa tipe kompartemen dan kualitas bahan pada backpack, ya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti altimeter, barometer, termometer, dan GPS. Produknya kukuh dan kedap air sehingga pas untuk kegiatan outdoor.Suunto dan Casio merupakan merek jam tangan gunung yang bagus. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Simaklah artikel ini karena kami akan berbagi cara memilih jam tangan outdoor terbaik. Rekomendasi produknya pun telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Silakan disimak!
    Camping & hiking
  • 10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sleeping Bag Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar camping di alam terbuka, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh terlewat. Sleeping bag dapat menjaga tubuh Anda tetap hangat selama tidur. Ada bermacam merek sleeping bag yang bagus, seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan sebagainya.  Jenisnya pun beragam, ada sleeping bag ultralight, sleeping bag polar, sleeping bag untuk anak, dan masih banyak lagi. Supaya Anda menemukan produk yang tepat, kami akan membagikan cara memilih dan rekomendasi sleeping bag terbaik dengan harga bervariasi. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat menyimak!
    Camping & hiking
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Tas hiking kapasitas 20–30 liter menjadi backpack yang pas untuk aktivitas outdoor, seperti camping dan trekking. Jenis tas hiking ini beragam, seperti tas ultralight yang ringan dan tas gunung kecil atau semi carrier. Ada juga tipe daypack yang bisa menjadi daily bag Anda.Terdapat beragam merek tas hiking kapasitas 20–30 liter yang bagus, seperti Eiger dan Consina. Jika Anda sedang mencari rekomendasi tas hiking terbaik, bacalah artikel kami ini hingga akhir. Pertama-tama, kami akan membagikan tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Gaiters Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaiters Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan perlengkapan tambahan, seperti gaiters. Gaiters ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur atau debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama, seperti Consina, Kalibre, Eiger, dan Naturehike. Nah, kami akan memberikan tips dalam memilih gaiters serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Tas Ransel Gunung Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tas Ransel Gunung Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Ransel gunung merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan hiking ataupun pendakian. Ada berbagai macam desain ransel gunung, mulai dari yang berkapasitas 20 L hingga 30 L. Bentuknya juga modis dan praktis untuk dipakai harian. Namun, terdapat perbedaan antara tas ransel gunung untuk lelaki dan perempuan.Dalam artikel ini, kami menjelaskan cara memilih tas gunung wanita agar Anda bisa mendapatkan produk yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terbaik, seperti Eiger, Consina, dan The North Face. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Topi Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Topi merupakan salah satu perlengkapan yang diperlukan saat mendaki gunung. Selain menjaga kepala dari kemungkinan terluka, topi juga berfungsi melindungi wajah dari sinar UV dan terpaan angin. Topi untuk naik gunung biasanya didesain dengan kelebihan khusus, contohnya waterproof. Namun, Anda mungkin ingin tetap tampil fashionable saat mendaki gunung.Kami akan membahas topi yang bagus untuk mendaki gunung beserta cara memilihnya. Beragam rekomendasi topi yang bagus dari merek Eiger, CONSINA, Columbia, dan lainnya juga ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tenda menjadi perlengkapan yang harus ada bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor seperti hiking, camping, dan lainnya. Apabila Anda ingin membeli tenda buatan produsen perlengkapan outdoor lokal, Consina bisa menjadi pilihan. Tenda produksi Consina merupakan salah satu produk yang sering digunakan di Indonesia.Ada berbagai tipe tenda yang diproduksi oleh Consina, seperti Hiker, Summer Time, Tunnel, dan lainnya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda. Nah, kami akan mengulas dan memberi rekomendasi tenda Consina terbaik yang bisa dijadikan referensi. Silakan simak dengan teliti dan temukan produk yang Anda butuhkan.
    Camping & hiking
  • 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Tenda EIGER cocok dipilih untuk menemani kegiatan outdoor Anda, seperti camping, hiking, atau mendaki gunung. Tidak hanya fungsional, produknya pun terjangkau. Kapasitas tenda EIGER bahkan beragam, mulai dari tenda untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, hingga 8 orang.Kali ini kami akan mengulas tips memilih tenda EIGER terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus dari merek ini, seperti Flash 2P, Rendezvous 6P, dan Guardian 8P. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Bacalah dengan saksama agar Anda dapat menemukan tenda EIGER yang tepat!
    Camping & hiking
  • 10 Kompor Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kompor Camping Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Berbeda dengan kompor untuk di rumah, kompor camping biasanya berukuran mini, portable, dan ultralight. Kompor camping lebih cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti camping atau hiking. Bahan bakarnya beragam, mulai dari spiritus, gas, hingga parafin. Di pasaran ada banyak merek kompor camping yang bagus seperti Fire-Maple dan Naturehike. Nah, kami akan membagikan tips memilih dan rekomendasi kompor camping terbaik untuk Anda. Kompor camping set hingga kompor camping 2 tungku bisa dipilih di artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Simak sampai selesai, yuk!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Ingin mencari sepatu trekking yang berkualitas dan tidak membuat dompet bolong? Consina adalah salah satu merek lokal yang dapat dipertimbangkan. Sepatu Consina dapat digunakan untuk hiking santai, mendaki gunung di berbagai medan, atau kegiatan outdoor lainnya. Tak hanya untuk pria, Consina juga menyediakan sepatu seri khusus wanita melalui Women Series.Model sepatu Consina beragam, misalnya Explorer, Mustang, Jomsom, Futura, Rapid, Chameleon, dan sebagainya. Kami akan memberikan tips memilih serta merekomendasikan produk sepatu Consina yang bagus dengan kualitas dan harga terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Camping & hiking
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, SPEEDS, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, dan ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada yang mahal, ada juga yang ekonomis. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu gunung. Sepatu jenis ini memiliki keamanan yang baik untuk digunakan ketika Anda melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu gunung dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu gunung yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu gunung yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu gunung yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam tenda dome yang bagus. Ada tenda pop up untuk satu orang, tenda dome 4 orang/8 orang, bahkan tenda dome double layer.Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi ketahanan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai tenda dome berkualitas berdasarkan fungsinya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
    Sepatu trekking didesain tangguh untuk segala medan. Beberapa kegiatan outdoor yang tepat untuk penggunaan sepatu trekking adalah hiking, naik gunung, dan jelajah hutan. Sepatu trekking umumnya diberi fitur waterproof dan breathable untuk kenyamanan kaki.Jika Anda mencari sepatu trekking terbaik untuk pemula, baca artikel ini. Kami akan mengulas cara memilihnya dan berbagi rekomendasi sepatu trekking. Ada banyak merek sepatu trekking yang bagus, seperti Eiger, Arei, dan adidas. Produknya cocok untuk pria ataupun wanita. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    The North Face (TNF) merupakan merek asal Amerika yang terkenal akan produk outdoor. Mulai dari sepatu, tas, sampai jaket telah diproduksi oleh brand ini. Kali ini kami akan membahas jaket pria yang bagus dari The North Face. Tidak hanya untuk pendakian saja, The North Face memiliki model jaket lainnya untuk berbagai aktivitas.Kami akan memberikan tips memilih jaket The North Face untuk kebutuhan pria. Simak juga rekomendasi jaket GORE-TEX The North Face di bawah ini. Ada Arrowood Triclimate Jacket, Men's 1990 Mountain Jacket GTX, dan Dryzzle FUTURELIGHT Jacket. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti altimeter, barometer, termometer, dan GPS. Produknya kukuh dan kedap air sehingga pas untuk kegiatan outdoor.Suunto dan Casio merupakan merek jam tangan gunung yang bagus. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Simaklah artikel ini karena kami akan berbagi cara memilih jam tangan outdoor terbaik. Rekomendasi produknya pun telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Silakan disimak!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Consina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tenda menjadi perlengkapan yang harus ada bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor seperti hiking, camping, dan lainnya. Apabila Anda ingin membeli tenda buatan produsen perlengkapan outdoor lokal, Consina bisa menjadi pilihan. Tenda produksi Consina merupakan salah satu produk yang sering digunakan di Indonesia.Ada berbagai tipe tenda yang diproduksi oleh Consina, seperti Hiker, Summer Time, Tunnel, dan lainnya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda. Nah, kami akan mengulas dan memberi rekomendasi tenda Consina terbaik yang bisa dijadikan referensi. Silakan simak dengan teliti dan temukan produk yang Anda butuhkan.
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori