• 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tang potong kabel merupakan alat yang diciptakan untuk memotong kabel. Dengan menggunakan tang pemotong kabel, pastilah kabel dapat terpotong dengan lebih rapi. Terdapat tiga macam jenis tang pemotong kabel, yaitu tang pemotong kabel biasa, tang ratchet, dan tang potong elektrik yang akan kami ulas untuk Anda.

Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk tang pemotong terbaik pilihan kami untuk Anda. Tekiro, Krisbow, Nankai, dan merek lainnya akan kami ulas di sini. Setelah memahami jenis-jenis tang, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2019
  • 1.680 Views
Daftar isi

Cara memilih tang potong kabel

Pertama-tama, mari kita simak cara memilih tang potong kabel yang baik. Agar tidak menyesal karena salah membeli, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah yang sesuai dengan jenis ketebalan kabel

Terdapat berbagai macam tipe tang pemotong kabel. Agar penggunaannya lebih efisien, pilihlah yang sesuai dengan ketebalan kabel yang akan dipotong. Berbeda tipe tang pemotong kabel, berbeda juga kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Cable cutting plier: Tang potong kabel yang harganya terjangkau dan umum digunakan

Cable cutting plier: Tang potong kabel yang harganya terjangkau dan umum digunakan
Pada umumnya, tipe tang yang paling sering Anda temui adalah cutting plier. Alat pemotong ini merupakan tang yang memiliki bentuk pegangan seperti tang dan pisau pemotong di bagian atasnya. Sekilas memang seluruh tang pemotong kabel terlihat sama semua. Namun, tergantung dari produsennya, terdapat beberapa variasi tang pemotong kabel yang dijual di pasaran. Misalnya, jenis tang yang memiliki perbedaan luas penampang.
Kelebihan tipe tang ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan mudah untuk digunakan. Namun, semakin tebal kabel yang akan Anda potong, semakin besar pula tenaga yang diperlukan saat Anda menggunakan tang ini. Bagi Anda yang tidak senang mengeluarkan banyak tenaga, hal tersebut mungkin akan sangat menyulitkan. Kapasitas tang ini mampu memotong kabel yang memiliki diameter hingga 15 mm atau kawat dengan tipe ketebalan IV.

Tipe tang ratchet: lebih ringan untuk memotong kabel yang tebal

Tipe tang ratchet: lebih ringan untuk memotong kabel yang tebal
Sebaliknya, dengan tang tipe ratchet ini Anda dapat memotong kabel yang tebal tanpa memerlukan banyak tenaga. Mekanisme kerja tang ratchet ini disebut juga dengan teknik roda putar. Yang dimaksud dengan roda putar adalah terdapat roda bergerigi di bagian tengah yang dapat berputar satu arah ketika Anda menggerakkan tuasnya.
Karena tang tipe ini dapat memotong kabel yang memiliki ketebalan hingga 30 mm, biasanya tang tipe ini banyak dipakai oleh para profesional.

Pemotong kabel elektrik: Dijual dengan harga yang mahal, tetapi dapat mempercepat pekerjaan Anda

Pemotong kabel elektrik: Dijual dengan harga yang mahal, tetapi dapat mempercepat pekerjaan Anda
Di antara ketiga tipe jenis pemotong kabel, tang tipe elektrik merupakan tipe tang yang paling kuat. Mengapa demikian? Karena seberapa banyak pun kabel yang perlu dipotong, tang elektrik ini mampu memotongnya dengan sempurna. Meskipun tang ini merupakan tang yang memiliki kinerja paling tinggi dibandingkan tipe tang lainnya, ada beberapa jenis tang yang dijual dengan harga sangat mahal di atas sepuluh juta rupiah. Harga yang sangat mahal tersebut tentunya kurang menguntungkan.
Akan tetapi, jika Anda membutuhkan tang pemotong kabel untuk pekerjaan profesional, tidak ada salahnya memilih tang ini. Dengan tang yang memiliki kinerja seperti mesin ini, potongan kabel akan menjadi sangat rapi dan pekerjaan Anda akan semakin cepat selesai sebagai hasilnya. Mungkin berbeda model akan berbeda juga kapasitas pemotongan kabelnya, tetapi tang tipe elektrik ini ada juga yang dapat memotong kabel hingga 300 mm.

Periksalah kapasitas pemotongan kabel oleh tang tersebut

Periksalah kapasitas pemotongan kabel oleh tang tersebut
Meski tang pemotong tampaknya berjenis sama, bisa saja terdapat perbedaan dari kapasitas kabel yang dapat dipotong. Hal itu dikarenakan adanya perbedaan ukuran dan bentuk mata pisau pada masing-masing tang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seberapa besar kapasitas tang Anda dapat memotong kabel agar tidak sampai salah membeli.
Berbeda produk, biasanya berbeda pula indikasi penulisannya. Akan tetapi, biasanya indikasi yang umum digunakan adalah “garis IV 10 Ø mm”. Artinya, kapasitas kabel yang dapat dipotong adalah 10 mm dan kawat tipe IV. Perlu Anda perhatikan, tanda “Ø mm” bukanlah satuan milimeter seperti yang umum kita kenal, melainkan kode dari luas penampang tang yang melintang.
Pada dasarnya, semakin besar ukuran tang maka semakin tinggi pula kinerja pemotongan yang dapat dilakukan. Jadi, jika Anda ingin memotong kabel dengan lebih mudah, pilihlah tang yang memiliki ukuran yang besar.

Tang dengan isolator, dapat mencegah terjadinya kecelakaan

Tang dengan isolator, dapat mencegah terjadinya kecelakaan
Isolator merupakan lapisan pada tang yang berfungsi untuk memutus arus listrik sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan akibat tersetrum. Sebelum memotong kabel, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ada tidaknya arus listrik yang mengalir pada kabel tersebut. Potonglah kabel sesuai dengan seratnya agar terhindar dari risiko tersengat listrik yang sangat berbahaya.
Tidak semua tang memiliki fitur isolator. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila Anda membeli tang yang sekaligus dilengkapi dengan isolator. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih aman saat bekerja dengan adanya fitur isolator pada tang tersebut.

10 Rekomendasi tang potong kabel terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi tang potong kabel terbaik yang dapat Anda beli dengan mudah di online shop, seperti Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Selamat memilih!

10. Tekiro Tang Potong Kabel PL-CC1448

Rp 61.000,00

9. Shell ST-606 Tang Potong Kabel 6″

Rp 29.000,00

8. Sunshine SS 109 Electrical Cutter Plier

Rp 29.900,00

4. Stanley 3-Piece Set Maxsteel VDE Pliers

Rp 680.000,00

3. Krisbow Cable Cutter Aluminium Handle 24inc

Rp 887.000,00

Kesimpulan

Pada dasarnya, seluruh jenis tang dapat digunakan untuk memotong kabel. Namun, jika Anda tidak memakai tang khusus pemotong kabel, biasanya kabel yang terpotong akan menjadi tidak rapi dan lebih membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, agar pekerjaan Anda dapat selesai dengan rapi dan lebih efisien, gunakanlah tang pemotong kabel. Akhir kata, semoga Anda terbantu dengan artikel ini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    17.704 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek, seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, Dextone, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Selamat membaca!
    DIY & tools
    13.865 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang cukup tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini.
    DIY & tools
    6.604 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin jahit portabel adalah mesin jahit serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk menjahit baju atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Ukuran mesin jahit portabel yang tidak terlalu besar memudahkan Anda untuk menyimpan dan memindahkannya.Sekarang ini tersedia banyak sekali mesin jahit portabel dari berbagai macam merek, seperti Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Mari kita bandingkan berbagai mesin jahit portabel ini berdasarkan fitur dan fungsinya agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
    DIY & tools
    6.561 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    4.723 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    4.549 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Tamu Terbaik untuk Pernikahan (Terbaru Tahun 2020)
    Buku tamu pada pesta pernikahan pada dasarnya digunakan untuk mendata tamu-tamu yang hadir. Para tamu umumnya mengisi data pribadi, seperti nama dan alamat. Namun, seiring perkembangan zaman banyak dijual buku tamu dengan desain yang lucu dan unik, misalnya jenis buku tamu yang dilengkapi foto atau jenis kartu.Untuk membantu Anda memilih buku tamu, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis buku tamu, poin penting dalam memilih buku tamu, serta rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan gaya pernikahan idaman Anda setelah membaca artikel ini!
    DIY & tools
    1.166 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori