• 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tang potong kabel merupakan alat yang dirancang untuk memudahkan Anda memotong kabel. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan potongan kabel yang rapi. Ada tiga tipe tang potong kabel yang diproduksi oleh berbagai manufaktur. Beberapa merek yang dikenal di antaranya adalah Krisbow, Tekiro, dan Nankai.

Bagaimana cara memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai, simaklah poin-poin berikut ini. Setelah itu, simak juga rekomendasi produk tang potong kabel terbaik yang telah kami susun untuk Anda. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 11 Juni 2020
  • 11.038 Views
Daftar isi

Cara memilih tang potong kabel

Pertama-tama, perhatikan cara memilih tang potong kabel seperti yang akan dijelaskan di bawah. Agar tidak menyesal di kemudian hari, pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mengingat harganya yang tidaklah murah.

Pilih tipe yang sesuai dengan ketebalan kabel

Terdapat tiga macam tipe tang potong kabel yang dibedakan berdasarkan ketebalan kabel dan efisiensi pekerjaan. Tentu saja setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertimbangkanlah hal ini saat akan memilih produk. Berikut ulasan karakteristik masing-masing tipenya untuk Anda.

Cable cutting plier: Harganya terjangkau dan umum digunakan

Tipe tang yang paling umum Anda temui adalah cutting plier. Alat ini memiliki bentuk pegangan seperti tang dan pisau pemotong di bagian atasnya. Jika dilihat sekilas memang cutting plier terlihat sama. Namun, masing-masing produsen merancang bentuk pisau yang berbeda-beda sehingga menghasilkan bentuk potongan yang berbeda pula.


Kelebihan tipe tang ini adalah harganya yang terjangkau dan mudah untuk digunakan. Akan tetapi, makin tebal kabel tentu membuat makin besar pula tenaga yang diperlukan untuk memotong. Hal ini mungkin akan terasa menyulitkan beberapa orang yang tidak memiliki tenaga besar. Tang ini mampu memotong kabel yang memiliki diameter hingga 15 mm atau kawat dengan tipe ketebalan IV.

Tang ratchet: Lebih mudah memotong kabel tebal

Tang tipe ratchet memudahkan Anda memotong kabel tebal tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme ratchet pada tang yang melibatkan roda gigi yang berputar satu arah. Alat yang dioperasikan dengan mekanisme ini disebut ratchet.

Tang tipe ini mampu memotong kabel dengan ketebalan hingga 30 mm yang biasanya sulit dilakukan dengan cutting plier. Hal itulah yang membuat tang ratchet banyak dipakai juga oleh pekerja profesional.

Tang elektrik: Harganya tinggi, tetapi dapat bekerja dengan sangat baik

Di antara ketiga pemotong kabel, tang elektrik merupakan tipe yang paling kuat. Sebanyak apa pun kabel yang perlu dipotong, tang elektrik ini mampu memotongnya dengan mudah. Meskipun memiliki kinerja paling baik, harga produk ini tergolong mahal. Hal itulah yang menjadi salah satu kekurangan tang tipe ini.

Meski demikian, jika Anda seorang pekerja ahli dan sering memotong kabel, produk ini direkomendasikan. Ketebalan kabel yang bisa dipotong menggunakan tang elektrik bergantung pada jenis yang digunakan. Namun, ada tang elektrik jenis tertentu yang bisa memotong kabel dengan diameter hingga 65 mm.

Periksa keterangan tentang kemampuan tang memotong kabel

Walaupun sama-sama merupakan tang potong, kemampuan memotong bisa berbeda. Hal ini bergantung pada ukuran dan bentuk mata pisau masing-masing tang. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik kemampuan potongnya dan pilihlah produk yang paling sesuai.

Berbeda manufaktur biasanya berbeda pula cara penulisan keterangan pada produknya. Penulisan yang umum digunakan adalah kabel IV 10 Ø mm. Artinya, tang dapat digunakan untuk memotong kabel tipe IV dengan diameter hingga 10 mm. Perlu Anda ketahui, tanda Ø mm tidaklah sama dengan milimeter persegi yang merupakan satuan dari luas area.


Pada dasarnya, makin besar ukuran tang, makin tinggi pula kemampuan potongnya. Jadi, jika ingin memotong kabel lebih mudah, pilihlah tang dengan ukuran lebih besar.

Pilih tipe tang dengan isolator untuk keamanan

Pilih tipe tang dengan isolator untuk keamanan
Isolator merupakan bahan yang tidak dapat atau sulit dialiri listrik sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan misalnya tersetrum. Hal dasar yang harus dilakukan sebelum memotong kabel adalah mematikan aliran listrik. Memotong kabel secara tidak sengaja saat listrik masih mengalir tentunya sangat berbahaya.

Sesuai dengan namanya, tang seperti ini dibuat dengan bahan isolator sehingga tidak dapat dialiri listrik. Sangat disarankan Anda memilih tang yang dilengkapi isolator sebagai jaminan keamanan saat bekerja.

10 Rekomendasi tang potong kabel terbaik

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi tang potong kabel terbaik yang dapat Anda beli  di online shop. Selamat memilih!
10
Panjang25 cm
Daya potongTidak diketahui
Berat 457 gr
TipeCutting plier
9
Panjang15 cm
Daya potong9.0 Ø mm
Berat150 gr
TipeCutting plier
8
Panjang12,5 cm
Daya potongTidak diketahui
Berat100 g
TipeCutting plier
7
PanjangTidak diketahui
Daya potong32 Ø mm
Berat800 gr
TipeRatchet
6
Panjang17,5 cm
Daya potongTidak diketahui
Berat267 gr
TipeCutting plier
5
Panjang12,5 cm
Daya potong1.8 Ø mm
Berat60 gr
TipeCutting plier
4
Panjang21 cm
Daya potong0.2-6.0 Ø mm
BeratTidak diketahui
TipeCutting plier
3
Panjang18 cm dan 20 cm
Daya potongTidak diketahui
BeratTidak diketahui
TipeCutting plier
2
Panjang28 cm
Daya potong52 Ø mm
Berat860 gr
TipeRatchet
1
PanjangTidak diketahui
Daya potong300 Ø mm
BeratTidak diketahui
TipeElektrik

Tabel perbandingan produk tang potong kabel terbaik

Gambar produk
1
Nankai Tang Press Hidrolik Elektrik 300 Mm 1

Nankai

2
Knipex 95 31 280 Cable Cutters 1

Knipex

3
Stanley VDE 3 Pcs Set 1

Stanley

4
Taffware Wire Cutter Pliers 1

Taffware

5
Taiyo Electric Mini Nippers 1

Taiyo Electric

6
Tekiro Linesman Pliers 7" 1

Tekiro

7
Nankai T. Potong Kabel  1

Nankai

8
Sunshine Cutting Plier 1

Sunshine

9
SHELL Tang Potong Kabel 6″ 1

SHELL

10
Tekiro Tang Potong Kabel  1

Tekiro

Nama produk

Tang Press Hidrolik Elektrik 300 Mm

95 31 280 Cable Cutters

VDE 3 Pcs Set

Wire Cutter Pliers

Mini Nippers

Linesman Pliers 7"

T. Potong Kabel

Cutting Plier

Tang Potong Kabel 6″

Tang Potong Kabel

Keunggulan

Mampu memotong banyak kabel dalam waktu super singkat

Hasil kerja rapi, idaman para profesional

Bisa menahan tegangan listrik hingga 1000 volt, lho!

Potong kabel dengan aman tanpa harus merusak bagian dalamnya

Compact dan presisi, segala pekerjaan pun tuntas

Dipakai memotong kabel bisa, dipakai mencabut paku pun bisa!

Bahan carbon steel bikin makin kuat dan tahan banting

Harga ekonomis, ramah di kantong Anda

Daya cengkram yang kuat, dipakai jadi lebih stabil

Bahannya vanadium chrome, kokoh dan tahan lama!

HargaRp 14.175.000,00Rp 5.552.000,00Rp 680.000,00Rp 82.170,00Rp 190.000,00Rp 44.000,00Rp 554.000,00Rp 18.915,00Rp 31.500,00Rp 70.000,00
PanjangTidak diketahui28 cm18 cm dan 20 cm21 cm12,5 cm17,5 cmTidak diketahui12,5 cm15 cm25 cm
Daya potong300 Ø mm52 Ø mmTidak diketahui0.2-6.0 Ø mm1.8 Ø mmTidak diketahui32 Ø mmTidak diketahui9.0 Ø mmTidak diketahui
BeratTidak diketahui860 grTidak diketahuiTidak diketahui60 gr267 gr800 gr100 g150 gr 457 gr
TipeElektrikRatchetCutting plierCutting plierCutting plierCutting plierRatchetCutting plierCutting plierCutting plier
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat pertukangan lainnya di sini

Selain tang potong kabel, Anda juga memerlukan alat pertukangan lainnya untuk menyempurnakan pekerjaan Anda. Di bawah ini kami merekomendasikan berbagai alat pertukangan lain untuk Anda. Mari simak dan temukan alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Pada dasarnya, seluruh jenis tang dapat digunakan untuk memotong kabel. Namun, tanpa tang khusus pemotong kabel, hasil potongan menjadi tidak rapi dan membutuhkan waktu yang lebih lama. 


Oleh karena itu, agar pekerjaan Anda selesai dengan rapi dan lebih efisien, gunakanlah tang pemotong kabel. Gunakan artikel ini untuk menemukan produk yang paling sesuai bagi Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    118.387 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    86.792 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    52.529 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akrilik merupakan jenis plastik transparan yang mirip seperti kaca. Sifatnya yang kuat dan ringan menjadikan akrilik banyak digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, seperti tempat kosmetik, meja, dan pajangan. Akrilik tidak bisa dilekatkan begitu saja. Anda membutuhkan lem khusus yang mampu menyatukannya.Terdapat berbagai macam lem untuk akrilik, di antaranya tipe khusus untuk akrilik saja dan tipe dual-purpose. Mereknya pun beragam, contohnya Dextone dan Gorilla. Kali ini kami akan membahas ciri-ciri lem akrilik yang paling pas untuk Anda. Dengan lem yang tepat, buatlah kreasi akrilik orisinal Anda!
    DIY & tools
    18.832 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    26.603 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    DIY & tools
    30.796 Views
  • 10 Rekomendasi Kunci Torsi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kunci Torsi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kunci torsi dapat Anda andalkan untuk berbagai kebutuhan, termasuk pada kondisi mendesak sekalipun. Selain untuk perawatan sepeda motor, kunci torsi bisa menjadi penyelamat saat Anda harus mengganti ban di tengah perjalanan. Dengan begitu, sudah menjadi suatu keharusan untuk memasukkan kunci torsi dalam bagasi kendaraan Anda.  Selanjutnya, kami akan menjabarkan cara memilih kunci torsi terbaik yang ada di pasaran, seperti dari merek Lippro, Krisbrow, dan Blue-Point. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang benar-benar Anda perlukan sehingga tidak menyesal nantinya. Sudah siap untuk memilih? Yuk, baca penjelasannya dengan saksama!
    DIY & tools
    3.404 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori