• 10 Hiasan Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Hiasan Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Hiasan Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Hiasan Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Hiasan Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Hiasan Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)

Hiasan dinding merupakan salah satu komponen yang bermanfaat untuk memperindah ruangan. Bahan untuk membuat hiasan dinding cukup bervariasi, mulai dari kayu, kertas, plastik, bunga kering dan sebagainya. Anda dapat memilih bahan dan desain yang sesuai dengan tema ruangan atau rumah Anda.

Kali ini, kami akan mengulas cara memilih hiasan dinding kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk hiasan dinding yang sedang populer baik dari segi harga, desain, maupun fungsinya. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adil Mochtar
  • Pembaharuan terakhir: 03 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Adil Mochtar, ST, MT

Profil pakar: Arsitek, Adil Mochtar, ST, MT

Adil adalah seorang arsitek prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki tujuh tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, gedung swasta, dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi.


Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Apakah yang dimaksud dengan hiasan dinding?

Apakah yang dimaksud dengan hiasan dinding?
Hiasan dinding merupakan bagian dari interior yang dipajang di dinding. Dengan hiasan dinding, Anda dapat menikmati bermacam variasi desain yang mempercantik dinding Anda. Misalnya, susunan bingkai foto dalam berbagai ukuran, bermacam poster atau stiker dinding dengan desain-desain unik, dan sebagainya.

Akhir-akhir ini, hiasan dinding yang dapat dengan mudah mengubah suasana ruangan menjadi kian populer. Bahan hiasan dinding pun bermacam jenisnya, ada yang terbuat dari besi, akrilik, stiker, plastik, dan lain-lain. Dengan memasang hiasan dinding, Anda dapat mengganti suasana ruangan yang diinginkan secara mudah.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Hiasan dinding merupakan elemen pelengkap dalam desain interior ruangan. Hiasan dinding dapat memberikan aksen penguat dan penentu orientasi ruangan. Titik fokus suatu ruangan bisa kita tandai dengan ornamen hiasan dinding yang kontras.


Hiasan dinding untuk melengkapi estetika suatu sudut ruang juga bisa menjadi komplementer untuk suatu furniture dalam ruangan kita. Pastikan hiasan dinding memiliki dimensi dan proporsi yang pas untuk ruangan.

Daya tarik menggunakan hiasan dinding

Layaknya interior, hiasan dinding atau wall decor mampu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Namun, tahukah Anda apa saja daya tarik dari hiasan dinding ini? Selain mudah mengubah suasana ruangan, berikut ini beberapa alasan hiasan dinding mulai banyak diminati masyarakat.

Hiasan dinding tipe stiker tidak merusak dinding

Hiasan dinding berupa bingkai foto atau lukisan memang cukup menarik, tetapi hiasan tersebut akan meninggalkan bekas di dinding. Contohnya, Anda harus melubangi dinding guna memasang paku untuk menggantungkan bingkai.

Begitu pula dengan poster yang dipasangkan ke dinding dengan perekat, tentu akan meninggalkan bekas saat dilepaskan. Di sisi lain, jika Anda menggunakan cat untuk menggambar langsung di dinding, nantinya sulit dibersihkan.


Berbeda dengan foto atau poster, stiker dinding tidak akan merusak dinding tempat ia dipasang. Stiker dinding memiliki daya rekat yang dirancang khusus. Pemasangannya pun cukup mudah, tinggal ditempelkan di tempat yang diinginkan tanpa harus melubangi dinding.


Kelebihan lain dari stiker dinding ialah tidak akan meninggalkan bekas saat dilepas. Hal ini membuatnya banyak diminati oleh orang-orang yang tinggal di rumah sewa atau kontrakan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Pastikan stiker yang digunakan berkualitas baik dan permukaan dinding tidak basah atau berdebu. Apabila dinding basah atau berjamur serta cat mengapur, dinding tersebut tidak cocok untuk dipasangi hiasan dinding jenis stiker.


Dinding yang basah harus diperbaiki agar menjadi kering dengan memberi lapisan waterproofing pada dinding. Selain itu, Anda bisa memperbaiki acian dan catnya agar tahan terhadap alkali atau jamur yang menyebabkan dinding basah. Hiasan dinding stiker bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta preferensi Anda.

Hiasan dinding mudah untuk dipasang

Hiasan dinding mudah untuk dipasang
Hiasan dinding baik tipe stiker maupun tiga dimensi sangat bermanfaat dalam menciptakan suasana rumah yang menyenangkan. Pemasangannya sangat praktis serta mudah dilakukan oleh siapa pun. Seperti halnya stiker dinding yang cukup ditempelkan saja, begitu pula dengan hiasan dinding tiga dimensi.

Ada juga hiasan dinding antik berbahan besi yang dapat Anda pasang di dinding atau di pintu berbahan kayu. Dengan sedikit sentuhan hiasan di dinding, suasana ruangan Anda akan tampil berbeda dan menjadi lebih hidup.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Kemudahan pemasangan menjadi elemen penting dalam pemilihan hiasan dinding. Perhatikan juga apakah pemasangannya membutuhkan peralatan tambahan. Peralatan tambahan seperti baut fisher dapat membuat hiasan kuat menempel pada dinding. Perhatikan juga pada saat memasang apakah perlu memakai waterpass agar hiasan tidak miring dan merusak estetika ruangan.

Mudah dibeli dengan harga yang terjangkau

Mudah dibeli dengan harga yang terjangkau
Saat ini, hiasan dinding baik tipe stiker maupun tiga dimensi tersedia dalam variasi harga yang cukup ramah kantong. Mulai dari stiker dinding berharga ribuan dan puluhan ribu hingga hiasan tiga dimensi berbahan besi atau plastik seharga ratusan ribu. 

Sejumlah uang yang Anda keluarkan untuk hiasan dinding akan terasa worth it karena cukup sekali dipasang dan bisa bertahan lama. Jika suatu saat Anda ingin mengganti suasana ruangan, Anda pun tidak perlu terlalu khawatir karena harga hiasan dinding cukup terjangkau.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hiasan dinding

Hiasan dinding memiliki banyak sekali kelebihan dengan harganya yang terjangkau. Jadi, tidakkah Anda tertarik membelinya? Namun, sebelum menentukan hiasan dinding mana yang akan Anda beli, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Dengan tips dari kami, semoga Anda dapat menemukan pilihan yang tepat.

Empat hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hiasan dinding

Pertama-tama, sangat penting untuk memilih ukuran hiasan dinding yang sesuai dengan tempat diletakkannya. Untuk ukuran, Anda dapat melihatnya langsung di keterangan produk karena kami tidak akan membahasnya di sini. Sekarang, kami akan menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli hiasan dinding. 

Pilih stiker dinding yang mudah dipasang dan dilepas

Pilih stiker dinding yang mudah dipasang dan dilepas
Hal yang paling penting ketika memilih stiker dinding adalah kemudahan dalam memasang dan melepasnya. Jika Anda sudah menemukan desain yang sesuai, pastikan bahwa produk yang dipilih itu mudah dipasang maupun dilepas.

Biasanya terdapat label keterangan “bisa dilepas” atau “bisa ditempel ulang”, tetapi ada juga yang tidak diberi keterangan. Jadi, pastikan dahulu sebelum membelinya.


Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari stiker dinding yang melekat terlalu erat sehingga merusak cat dinding saat hendak dilepas. Terlebih jika Anda menempati rumah sewa atau kontrakan, sebaiknya hal ini harus diperhatikan dengan saksama.

Pilih hiasan dinding tiga dimensi yang memiliki lubang pengait

Pilih hiasan dinding tiga dimensi yang memiliki lubang pengait
Untuk hiasan dinding tiga dimensi, pastikan terdapat lubang pengait untuk pemasangan sekrup. Untuk produk yang tidak memiliki lubang untuk sekrup, Anda perlu menyeimbangkan posisinya secara manual, baru kemudian disekrup atau dipaku. 

Jika bahannya dari plastik, tidak akan menjadi masalah karena Anda cukup menempelkannya dengan cara melepaskan perekat yang ada di baliknya. Akan tetapi, untuk hiasan dinding tiga dimensi berbahan besi ataupun akrilik, perlu adanya pengait agar tidak terjatuh. Hal inilah yang membuat keberadaan lubang untuk pemasangan sekrup sangat diperlukan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Untuk hiasan dinding tiga dimensi, perhatikan ukuran panjang, lebar, serta ketebalannya sebelum memilih yang tepat untuk ruangan Anda. Untuk memberikan efek tiga dimensi yang lebih baik, jangan lupa untuk menyesuaikan titik lampu untuk diarahkan menyoroti hiasan tersebut. Dengan demikian, tekstur dan permainan pola dari hiasan tersebut akan terlihat.


Selain itu, lampu sorot akan memberikan kontras yang lebih untuk menonjolkan hiasan dinding sebagai center of attraction dari ruangan Anda.

Pilih hiasan dinding yang bisa dipasang sendiri

Pilih hiasan dinding yang bisa dipasang sendiri
Jika Anda memilih hiasan dinding yang bisa dipasang oleh satu orang, akan mudah untuk mengubah atau memindahnya sewaktu-waktu. Sedangkan jika Anda memilih stiker ataupun hiasan dinding yang berukuran besar, tentu Anda akan memerlukan bantuan orang lain saat memindahnya. 

Karena itu, saat hendak membeli stiker dinding, pastikan terlebih dahulu ukuran keseluruhannya sebelum memutuskan membeli. Di sisi lain, apabila hendak membeli hiasan dinding tiga dimensi, pastikan juga bobot atau beratnya terlebih dahulu.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Hiasan dinding yang bisa dipasang sendiri memberikan Anda keleluasan untuk bisa memindahkan ke tempat lain. Anda juga bisa melepasnya bila sudah bosan atau ingin mengubah suasana ruangan. Dengan demikian, Anda bisa leluasa dan menghemat biaya untuk menata ruangan. Anda tidak perlu memanggil ahli bangunan untuk memasang dan melepas hiasan tersebut.

Pilih hiasan dinding yang sesuai dengan material dinding

Pilih hiasan dinding yang sesuai dengan material dinding
Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum memilih hiasan dinding adalah material dinding itu sendiri. Dinding yang mudah dibor tentu akan lebih mudah dalam pemasangan sekrup. Namun, di sisi lain ada juga kekurangannya, yaitu hiasan dinding akan mudah terjatuh.

Sementara itu, dinding dengan lapisan mortar akan sulit dipasangi sekrup. Jadi, sebelum membeli, pastikan material dinding ruangan Anda sesuai dengan hiasan dinding yang akan Anda pasang.


Meskipun hiasan dinding yang dipilih memiliki lem perekat yang kuat, pada beberapa material dinding tertentu ada kemungkinan produk cepat terkelupas. Agar hiasan dinding tidak mudah terkelupas, Anda dapat menambahkan double sided tape untuk perekatan yang lebih kuat.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Konsistensi hiasan dengan tema ruangan Anda perlu dijaga apabila ingin menghiasi ruangan dengan hiasan dinding agar estetika ruangan tetap terjaga. Anda bisa menggunakan material hiasan yang kontras dengan material dinding yang akan dihiasi.


Apabila ingin hiasan tersebut menjadi center of attraction dari ruangan Anda, pilihlah bahan yang bersifat memberikan kontras. Sebagai contoh, jika dinding ruangan Anda bermotif bata yang terkesan hangat, pilihlah hiasan berbahan besi atau kaca yang bersifat dingin.


Namun, apabila hanya ingin memberikan aksen tertentu, hiasan dinding bisa disesuaikan dengan warna atau tekstur furniture pada ruangan Anda. Furniture tersebut di antaranya karpet, sofa, ataupun meja.

10 Rekomendasi hiasan dinding terbaik

Berikut ini sepuluh hiasan dinding pilihan dari kami. Anda bisa menyimak ulasannya satu per satu. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari Adil Mochtar.

10

Stiker Dinding 3D Motif Kupu-kupu

Mulai dari Rp 6.521,00

BahanPVC (Polyvinyl Chloride)
Cara pemasanganDouble tape foam
Bobot produkTidak dicantumkan
9
BahanBunga rayung kering, seagrass, cermin
Cara pemasanganPaku (sudah ada pengait)
Bobot produkTidak dicantumkan
8
BahanPearl film (PVC)
Cara pemasanganTipe stiker
Bobot produkTidak dicantumkan
7
BahanTali makrame (katun)
Cara pemasanganDigantungkan (sudah tersedia tali)
Bobot produkTidak dicantumkan
6
BahanPlastik transparan
Cara pemasanganTipe stiker
Bobot produkTidak dicantumkan
5
BahanEVA, alloy, acrylic
Cara pemasanganTipe stiker
Bobot produk±400 g
4

Hiasan Dinding Poster Kayu Islami

Mulai dari Rp 14.700,00

BahanMDF (Medium Density Fiber)
Cara pemasanganSekrup/paku (sudah ada pengait)
Bobot produk210 g
3
BahanTidak disebutkan
Cara pemasanganTipe stiker
Bobot produk±100 g
2

Memories Tree Frame Wall Sticker

JM7124

Mulai dari Rp 16.000,00

BahanPearl film (PVC)
Cara pemasanganTipe stiker
Bobot produk±210 g
1

Hiasan Dinding Wooden Hexagon 7 in 1 Daun

Mulai dari Rp 64.000,00

BahanMidlle density fibreboard, vinyl, lapisan glossy
Cara pemasanganDitempel (sudah dilengkapi perekat)
Bobot produkTidak dicantumkan

Tabel perbandingan produk hiasan dinding terbaik

Gambar produk
1
Hiasan Dinding Wooden Hexagon 7 in 1 Daun 1

2
Memories Tree Frame Wall Sticker 1

3
Stiker Dinding Bulan Glow in the Dark 1

4
Hiasan Dinding Poster Kayu Islami  1

5
Jam Dinding 3D DIY Acrylic 1

6
Wall Sticker 45 Flower Gantung 1

7
Hiasan Dinding Macrame Desain C 1

8
Wall Sticker Sunset Beach 1

9
Home Decor Cermin Rayung 1

10
Stiker Dinding 3D Motif Kupu-kupu 1

Nama produk

Hiasan Dinding Wooden Hexagon 7 in 1 Daun

Memories Tree Frame Wall Sticker

Stiker Dinding Bulan Glow in the Dark

Hiasan Dinding Poster Kayu Islami

Jam Dinding 3D DIY Acrylic

Wall Sticker 45 Flower Gantung

Hiasan Dinding Macrame Desain C

Wall Sticker Sunset Beach

Home Decor Cermin Rayung

Stiker Dinding 3D Motif Kupu-kupu

Keunggulan

Ilustrasi tanaman hias yang mampu menghidupkan suasana rumah

Desain pohon rindang untuk kesan ruangan yang hangat

Nikmati pancaran sinar bulan yang menawan dari dalam kamar

Rasakan ketenangan batin dengan quotes Islami di dinding Anda

Miliki jam dinding ukuran besar yang aesthetic!

Motif bunga untuk suasana rumah menjadi lebih indah!

Hadirkan kesan vintage yang klasik berkat untaian tali makrame

Pemandangan laut dan senja yang membantu menghilangkan kepenatan Anda

Cermin rayung berbulu untuk kuatkan kesan etnik pada ruangan

Ruangan makin cantik dipenuhi kupu-kupu yang beterbangan

Harga mulai dariRp 64.000,00Rp 16.000,00Rp 95.000,00Rp 14.700,00Rp 32.625,00Rp 18.900,00Rp 55.000,00Rp 20.000,00Rp 169.900,00Rp 6.521,00
BahanMidlle density fibreboard, vinyl, lapisan glossyPearl film (PVC)Tidak disebutkanMDF (Medium Density Fiber)EVA, alloy, acrylicPlastik transparanTali makrame (katun)Pearl film (PVC)Bunga rayung kering, seagrass, cerminPVC (Polyvinyl Chloride)
Cara pemasanganDitempel (sudah dilengkapi perekat)Tipe stikerTipe stikerSekrup/paku (sudah ada pengait)Tipe stikerTipe stikerDigantungkan (sudah tersedia tali)Tipe stikerPaku (sudah ada pengait)Double tape foam
Bobot produkTidak dicantumkan±210 g±100 g210 g±400 gTidak dicantumkanTidak dicantumkanTidak dicantumkanTidak dicantumkanTidak dicantumkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk penghias dinding lainnya di sini!

Selain hiasan dinding yang sudah kami ulas di atas, mungkin Anda juga sedang mencari produk yang bisa mempercantik dinding lainnya. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai hiasan dinding dari kayu, wallpaper, jam dinding, dan lain-lain. Mari simak informasi selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Selain mempercantik ruangan, hiasan dinding sangat membantu dalam menciptakan suasana yang nyaman. Harganya yang terjangkau menjadi daya tarik apabila Anda ingin menggantinya sewaktu-waktu. 

Dengan menggunakan hiasan dinding, suasana hati Anda pun bisa berubah lebih baik. Kami harap Anda menemukan produk yang tepat berdasarkan tips dari kami. Silakan memilih hiasan dinding yang sesuai selera Anda dan nikmatilah suasana ruangan yang menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lilin aromaterapi adalah lilin yang diberi tambahan pewangi. Lilin aromaterapi cocok digunakan ketika sedang lelah atau butuh relaksasi karena aromanya bisa membuat Anda tenang. Cara menggunakan candle aromatherapy cukup mudah. Anda tinggal menyalakan dan meletakkannya di kamar atau ruangan lainnya.Ada banyak lilin aromaterapi yang wangi dan memiliki kemasan yang bagus di pasaran. Anda bisa memilih lilin aromaterapi merek Bath and Body Works, The Body Shop, dan Uchii. Selain ketiga merek tersebut, kami juga akan memberikan rekomendasi lilin aromaterapi terbaik dan best seller dari merek lainnya. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto di acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding. Beragam bingkai foto berkualitas ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Mari simak selengkapnya dan temukan produk bingkai foto yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Dibandingkan keramik lantai biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Hebatnya lagi, lantai granit juga tidak licin sehingga makin aman digunakan. Segala keunggulan tersebut menjadikan lantai granit cocok digunakan untuk mempercantik interior dan eksterior bangunan.Kali ini, kami akan membahas tips memilih lantai granit yang bagus serta memberikan rekomendasi produk granit lantai terbaik. Anda akan menemukan lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Baca artikel ini sampai habis dan temukan lantai granit favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak cara mendekorasi dan membuat nuansa ruangan terasa berbeda, salah satunya adalah dengan memasang lantai vinyl. Di pasaran, Anda akan menemukan lantai vinyl roll, plank, dan tile dengan berbagai motif dan merek. Semua ada, mulai dari motif kayu, motif marmer, hingga motif karpet.Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tenang saja, tidak semua lantai vinyl memiliki harga mahal, ada juga yang harganya murah. Agar tidak salah pilih, arsitek, Adil Mochtar, ST, MT akan memberikan komentarnya. Yuk, temukan lantai vinyl yang bagus untuk menghiasi ruangan Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Karpet Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Cobalah perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya dapat memengaruhi suasana ruangan Anda. Di pasaran, Anda juga dapat menemukan karpet atau permadani yang bagus merek Moderno, Jaguar, Arizona Classic, dan sebagainya. Nah, kami akan mengulas tips memilih karpet lantai terbaik beserta rekomendasi produk-produk terkenal merek IKEA, Maroc, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips untuk memilih wallpaper dinding terbaik agar tidak salah membuat keputusan. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Wooden Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wooden Clip Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda suka menggantung foto-foto polaroid di kamar atau ruangan Anda? Jika ya, artikel ini sebaiknya tidak Anda lewatkan. Kali ini, kami akan membahas tentang wooden clip, penjepit kayu yang biasa digunakan untuk memasang foto-foto tersebut.Pertama-tama kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai definisi wooden clip serta manfaatnya. Lalu, kami akan membagikan panduan cara memilih wooden clip yang bagus. Kami juga telah menyediakan sepuluh produk wooden clip terbaik yang dapat Anda pilih. Anda akan menemukan wooden clip merek Scoop, Design pub, dan lain sebagainya. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis!
    Dekorasi ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori