10 Rekomendasi Suplemen Pembentuk Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Pembentuk Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda ingin meningkatkan massa otot dan mendapatkan tubuh atletis, tetapi Anda merasa latihan yang Anda lakukan belum menunjukkan hasil maksimal? Salah satu solusinya adalah mengonsumsi suplemen pembentuk otot. Kini, suplemen pembentuk otot tidak hanya digunakan oleh atlet, tetapi juga masyarakat umum.

Dalam memilih suplemen pembentuk otot, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai kriteria suplemen pembentuk otot yang baik. Di artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen pembentuk otot dan kami juga merekomendasikan produk terbaik dari merek terkenal, seperti BPI dan Ultimate Nutrition. Simak, ya!

Daftar isi

Perbedaan anabolic steroid dan suplemen pembentuk otot

Perbedaan anabolic steroid dan suplemen pembentuk otot

Muscle enhancer atau disebut juga anabolic steroid (steroid) sering dianggap sebagai obat untuk meningkatkan otot yang efisien. Namun, perlu Anda pahami bahwa sebenarnya anabolic steroid sangat berbeda dengan suplemen pembentuk otot.

Senyawa anabolic steroid berperan untuk menghasilkan hormon laki-laki yang salah satu fungsinya adalah untuk pembentukan otot. Untuk kasus pembentukan otot, penggunaan anabolic steroid lebih efektif dibandingkan dengan suplemen yang hanya berperan sebagai pendukung aktivitas pembentukan otot.

Penggunaan anabolic steroid diatur oleh BPOM karena efeknya cukup signifikan, termasuk juga beragam efek samping yang ditimbulkan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan anabolic steroid tanpa adanya saran dokter karena sangat berbahaya.

Efek yang dihasilkan suplemen pembentuk otot memang kurang signifikan jika dibandingkan dengan anabolic steroid. Meski demikian, sebaiknya Anda menggunakan suplemen pembentuk otot saja karena lebih aman tanpa efek samping.

Ketahui bahan-bahan aktif dalam suplemen pembentuk otot

Penggunaan suplemen pembentuk otot bertujuan untuk membantu meningkatkan massa otot. Lalu, komponen macam apa yang bisa membantu Anda mendapatkan otot yang Anda inginkan? Umumnya ada tiga bahan utama yang digunakan dalam suplemen penambah otot.

Essential Amino Acid (EAA) / Branched-Chain Amino Acid (BCAA)

Essential Amino Acid (EAA) / Branched-Chain Amino Acid (BCAA)

Seperti diketahui bahwa sekitar 80% komposisi otot adalah protein. Jika Anda ingin melatih kekuatan otot dan memperbesar otot, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam tubuh, protein akan dicerna lalu dipecah menjadi asam amino yang digunakan untuk membuat otot baru sekaligus sebagai sumber energi. Protein adalah komponen yang harus diutamakan jika ingin melatih otot.

EAA adalah nama generik dari sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. Karena itu, tubuh memerlukan asupan EAA tersebut melalui makanan yang dikonsumsi. Suplemen yang sudah dalam bentuk asam amino diserap oleh tubuh dan digunakan untuk pembentukan otot dengan lebih efisien ketimbang saat masih dalam bentuk protein.

Di antara sembilan asam amino esensial, valine berperan untuk mencegah degradasi otot yang rusak akibat latihan dengan cara meningkatkan pemulihan otot. Leucine sangat berperan dalam pembentukan otot. Bersama isoleucine, ketiganya membentuk branched-chain amino acid atau BCAA.

HMB, memperbaiki otot lebih cepat dan efisien dibanding BCAA

HMB, memperbaiki otot lebih cepat dan efisien dibanding BCAA

Di antara komposisi BCAA , asam amino leucine berperan paling penting dalam pembentukan otot dan akan terpecah secara natural di dalam tubuh menjadi HMB (β-hydroxy-β-methylbutyric acid). Leucine akan diserap lebih efisien ke dalam tubuh setelah diproses dan menjadi HMB.

Saat Anda mengonsumsi EAA dan BCAA, serabut otot yang rusak akibat latihan beban akan pulih dan menjadi lebih kuat dalam waktu yang lebih singkat atau disebut juga super recovery. Namun, HMB menekan proses perusakan serabut otot dan mampu memulihkan otot lebih cepat dibanding BCAA.

Creatine, memberikan pasokan energi tambahan

Creatine, memberikan pasokan energi tambahan

Creatine terdiri dari tiga jenis asam amino, yakni arginine, glycine, dan methionine. Creatine ini diproduksi oleh hati, ginjal, pankreas, serta sekitar 95% terdapat di otot skeletal, otak, dan sel saraf. Fungsinya adalah menghasilkan energi secara konstan untuk menggerakkan tubuh.

Mengonsumsi creatine dapat menggantikan energi yang digunakan selama latihan. Efeknya adalah memulihkan energi dengan cepat dan membuat Anda bisa berlatih lebih lama dengan intensitas tinggi. Jadi, creatine dapat meningkatkan tenaga dengan instan, meningkatkan daya tahan, meningkatkan massa otot, dan mempercepat pemulihan otot.

Cara memilih suplemen pembentuk otot

Kriteria apa saja yang harus diperhatikan saat memilih suplemen pembentuk otot? Kali ini kami akan memperkenalkan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih suplemen pembentuk otot.

Pilih yang tak dijual di situs impor pribadi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anabolic steroid atau muscle enhancer memiliki fungsi untuk meningkatkan massa otot, tetapi pada saat yang sama memberikan efek samping berbahaya seperti meningkatkan tekanan darah, disfungsi hati, mengakibatkan ketidakstabilan emosi, dan sebagainya. Seperti yang sudah dilaporkan, mustahil untuk mendapatkan anabolic steroid tanpa rujukan dokter atau tenaga medis.

Namun, beberapa produk penguat otot asing yang mengandung anabolic steroid sekaligus BCAA, HMB, atau bahan lainnya dijual secara bebas di pasaran sebagai suplemen. Obat-obatan seperti testosteron, oxymetholone, atau obat-obatan lainnya mungkin mengandung anabolic steroid sehingga sebaiknya Anda periksa dengan teliti kandungannya sebelum mengonsumsi.

Penjualan anabolic steroid di situs online lokal belum bisa dicegah

Penjualan anabolic steroid di situs online lokal belum bisa dicegah

Di beberapa negara termasuk Indonesia, penjualan anabolic steroid tidak bisa sembarangan dan dilarang untuk menyimpannya dalam jumlah banyak. Maka dari itu, anabolic steroid lebih banyak dijual di situs impor pribadi daripada di pasar lokal.

Meskipun tidak semua suplemen penguat otot yang dijual di situs impor pribadi mengandung anabolic steroid, bisa saja Anda tidak sengaja membeli produk suplemen otot yang mengandung anabolic steroid. Lebih baik Anda menahan diri untuk tidak menggunakannya.

Pilih berdasarkan tujuan latihan atau bahan aktif dalam suplemen

Suplemen pembentukan otot bertujuan untuk menunjang peningkatan otot melaui kegiatan latihan otot. Meskipun sekilas terlihat mirip-mirip, tetapi sedikit saja perbedaan kandungan pada tiap suplemen menentukan hasil akhir pada pembentukan otot Anda. Jadi, Anda perlu memilih suplemen dengan kandungan sesuai tujuan dan intensitas latihan yang ingin Anda lakukan.

Pilih suplemen yang mengandung BCAA untuk strength training

Pilih suplemen yang mengandung BCAA untuk strength training

Jika Anda ingin memulai latihan otot, meningkatkan massa otot, atau Anda ingin berlatih untuk meningkatkan kekuatan fisik dasar, suplemen yang kami rekomendasikan adalah suplemen dengan kandungan BCAA. Asam amino seperti BCAA dan EAA memiliki fungsi mengembangkan otot dan diserap ke dalam tubuh untuk pembentukan sel kulit, tulang, otot, dan bagian tubuh lainnya. Mula-mula, BCAA bekerja dengan menyeimbangkan tiga asam amino esensial yang sudah disebutkan sebelumnya. Lalu, BCAA menekan dan menguraikan otot-otot yang rusak akibat latihan. Kemudian, BCAA meningkatkan pemulihan ototnya. 

BCAA juga memiliki efek meningkatkan daya tahan dengan menekan konsentrasi asam laktat dalam darah yang menyebabkan kelelahan. Hal tersebut membuatnya sangat cocok bagi Anda yang ingin melanjutkan latihan untuk waktu yang lama.

Pilih suplemen HMB untuk latihan intensif dan peningkatan kemampuan anaerobik

Pilih suplemen HMB untuk latihan intensif dan peningkatan kemampuan anaerobik

HMB merupakan hasil lanjutan dari proses dekomposisi leucine yang terkandung dalam BCAA. HMB yang sudah dalam bentuk terpecah-pecah lebih cepat diserap dan disampaikan ke otak dibandingkan dengan BCAA sehingga bisa memperbesar efeknya dalam meningkatkan otot.

BCAA lebih cocok untuk latihan jangka panjang, sedangkan HMB diklaim bisa membantu meningkatkan massa otot ketika melakukan latihan beban berat dalam jangka waktu pendek. Bisa dibilang HMB lebih cocok untuk latihan anaerobik.

Pilih creatine untuk meningkatkan daya tahan dan pasokan energi

Pilih creatine untuk meningkatkan daya tahan dan pasokan energi

Creatine adalah salah satu zat yang biasanya disimpan sebagai energi cadangan di dalam otot dan baru akan diubah menjadi energi yang dapat menggerakkan tubuh untuk menggantikan creatine yang hilang selama melakukan strength training atau latihan lainnya. Dengan mengonsumsi creatine, kekuatan dan daya tahan tubuh Anda akan meningkat. Jika Anda ingin melakukan latihan aerobik, seperti lari dan berenang, mengonsumsi creatine sangat dianjurkan. Creatine juga berfungsi meningkatkan metabolisme basal dan membuat lemak lebih mudah terbakar sehingga cocok untuk diet.

Pilih berdasarkan adanya bahan tambahan lainnya

Pilih berdasarkan adanya bahan tambahan lainnya

Anda akan menemukan suplemen otot yang mengandung BCAA, HMB, dan creatine yang dijual terpisah. Sementara itu, Anda juga akan menemukan BCAA, creatine, HMB, atau bahan pembentuk otot lainnya yang digabungkan dan dijual dalam satu suplemen yang sama.

Selain ketiga bahan tersebut, ada berbagai bahan lain yang berguna untuk membantu pembentukan otot. Semakin mahal harga suplemennya, biasanya semakin banyak pula kandungan bahannya. Namun, perlu diingat untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, perlu diikuti dengan latihan otot rutin.

Ketika memilih suplemen, ketahui kandungan bahannya dan sesuaikan dengan tujuan Anda membeli suplemen tersebut. 

Pilih bentuk suplemen sesuai kemudahan mengonsumsinya

Pilih bentuk suplemen sesuai kemudahan mengonsumsinya

Suplemen pembentuk otot umumnya berbentuk bubuk atau tablet. Meskipun suplemen berbentuk bubuk terlihat lebih mudah diserap oleh tubuh, tetapi ada juga data yang menyebutkan bahwa tingkat penyerapan keduanya ke dalam tubuh tidak terlalu jauh berbeda. Hal ini disebabkan semakin canggihnya teknologi manufaktur.

Suplemen asam amino, seperti BCAA dan HMB memiliki rasa protein yang khas. Saat Anda mengonsumsi jenis bubuk, tentu rasa khas tersebut akan langsung menyebar di mulut sehingga Anda harus memilih produk sesuai preferensi Anda. Selain itu, tipe bubuk sulit diminum di jalan karena Anda harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air. Di sisi lain, suplemen jenis tablet lebih unggul dari sisi kemudahan konsumsinya.

Kelebihan suplemen otot jenis bubuk adalah harganya lebih murah dibandingkan dengan suplemen jenis tablet. Selain itu, biasanya suplemen jenis bubuk tingkat kemurniannya lebih tinggi daripada tablet pada jumlah yang sama. Meskipun hanya mengonsumsi sedikit, Anda akan merasakan manfaat dari berbagai bahan yang terkandung di dalamnya.

Jika Anda lebih suka mengonsumsi suplemen langsung setelah olahraga dan di mana saja, Anda dapat memilih jenis tablet. Namun, untuk Anda yang lebih suka mengonsumsinya di rumah, pilihlah jenis bubuk.

10 Rekomendasi suplemen pembentuk otot terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh produk suplemen pembentuk otot terbaik yang bisa membantu Anda membentuk otot. Produk yang kami rekomendasikan ini tidak mengandung anabolic steroid. Simak, ya!

10. Ultimate Nutrition Ultra Ripped Premium Fat Burner

10. Ultimate Nutrition Ultra Ripped Premium Fat Burner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 284.000

Bakar lemak secara maksimal untuk meningkatkan otot Anda!

Anda sudah berlatih keras, tetapi otot yang terbentuk belum terlihat? Mungkin kadar lemak dalam tubuh Anda masih terlalu tinggi. Untuk mendapatkan badan yang lebih lean, produk ini cocok untuk Anda. Ultimate Nutrition Ultra Ripped mengandung bahan-bahan alami yang bekerja secara sinergis untuk meningkatkan pembakaran lemak.

Bahan alami seperti citrus aurantium bisa meningkatkan pelepasan lemak yang tertimbun dalam tubuh sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Produk ini juga membuat nafsu makan Anda menurun dan terjadi penyusutan bobot tubuh. Pembentukkan otot yang lebih lean akan optimal jika Anda kombinasikan dengan olahraga teratur.

9. Ultimate Nutrition Amino Gold Formula

9. Ultimate Nutrition Amino Gold Formula

Lihat produk di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 275.000

Tinggi asam amino untuk membentuk otot kuat dengan cepat

Untuk Anda yang ingin membentuk otot dengan cepat dan kuat, Anda perlu pasokan asam amino yang cukup. Produk Ultimate Nutrition Amino Gold ini cocok bagi Anda karena mengandung asam amino esensial dan non-essential dalam jumlah optimal untuk menunjang aktivitas fisik Anda.

Produk yang terbuat dari whey protein hydrolysate ini bisa menjadi bahan baku utama untuk pertumbuhan sel otot baru dengan cepat. Kandungan BCAA di setiap 3 kapsul produk ini mencapai lebih dari 700 mg. Produk ini juga diformulasikan dalam bentuk kapsul sehingga mudah dipecah dan cepat diserap tubuh.

8. Twinlab Amino Fuel Liquid Orange

8. Twinlab Amino Fuel Liquid Orange

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 320.000

Berwujud cair! Makin praktis untuk dikonsumsi

Bagi Anda yang sering mengalami kendala saat mengonsumsi suplemen dalam bentuk tablet, sebaiknya pilih suplemen otot dalam bentuk cair. Produk Twinlab Amino Fuel ini merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang susah minum tablet. Dengan bentuk cair, suplemen ini jadi sangat praktis dan mudah ditelan.

Pada produk ini terdapat 15 gram asam amino per serving yang menawarkan suplai amino esensial dalam jumlah besar dengan kualitas penyerapan yang baik. Anda bisa mengonsumsinya kapan pun Anda inginkan, baik sebelum atau sesudah makan maupun sebelum atau sesudah latihan otot.

7. bpi Sports Best Creatine

7. bpi Sports Best Creatine

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 550.000

Produk suplemen creatine yang tidak bikin kembung

Seperti produk creatine pada umumnya, Best Creatine dari bpi Sports ini mampu mengurangi kelelahan otot dan mempercepat proses pemulihan dengan cepat. Namun, kelebihan produk ini adalah tidak menyebabkan kembung di perut sehingga Anda bisa tetap merasa nyaman sepanjang hari.

Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang tidak ingin merasa begah atau mual saat mengonsumsi suplemen pembentuk otot. Suplemen ini baik dikonsumsi satu hari sekali dengan cara dicampur dengan air. Tentu kandungan kombinasi creatine terbaik yang ada pada produk ini akan semakin mempercepat Anda memiliki otot tubuh yang Anda inginkan.

6. Beaute et Sante Wild Build Muscle HMB

6. Beaute et Sante Wild Build Muscle HMB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 429.000

Black ginger-nya ampuh menjaga stamina dan memperbaiki otot yang rusak 

Saat berlatih angkat beban atau olahraga lainnya, otot akan rusak dan membentuk lapisan otot baru yang lebih kuat dengan volume yang lebih besar. Peran dari produk HMB ini adalah melindungi otot agar tidak cedera dan mempercepat perbaikan otot sehingga tubuh ideal Anda akan terlihat memesona dalam waktu yang lebih singkat.

Produk ini dijual dalam kemasan kantong dengan zipper lock yang berisi 160 tablet di setiap kemasannya. Selain asam amino, produk ini juga dilengkapi oleh black ginger untuk menjaga stamina Anda. Cocok untuk Anda yang mencari suplemen post workout dengan kualitas terpercaya!

5. Universal Creatine Capsules

5. Universal Creatine Capsules

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 247.500

Kandungan pure creatine membuat Anda tidak mudah lelah saat berlatih!

Produk Universal Creatine Capsules ini memiliki kandungan pure creatine sebanyak 150 mg. Pure creatine ini berperan untuk meningkatkan energi dan mengurangi terbentuknya asam laktat dalam tubuh. Dengan rendahnya konsentrasi asam laktat dalam tubuh, Anda bisa berlatih lebih lama sehingga hasilnya lebih optimal.

Kandungan lainnya adalah sodium phosphate dan sodium bicarbonate yang juga turut membantu peran creatine dalam menghasilkan energi tambahan. Produk ini kami rekomendasikan untuk pelatih kebugaran, guru bela diri, atau Anda yang memiliki kesibukan tinggi setiap harinya.

4. Musclemeds Carnivor Beef Protein

4. Musclemeds Carnivor Beef Protein

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 650.000

Menutrisi tubuh dengan 29 g beef protein per takaran saji

Suplemen ini menjadi pionir di bidang suplemen 100% terbuat dari daging sapi sehingga menjadikan produk ini sangat diburu oleh para binaragawan untuk membentuk massa otot. Produk ini dipercaya bisa meningkatkan pembentukan massa otot Anda 2 kali lipat lebih baik dibanding hanya latihan saja tanpa mengonsumsi suplemen.

Meskipun berasal dari daging sapi, suplemen ini bebas lemak dan kolesterol jahat sehingga aman bagi kesehatan dan tidak menyebabkan penimbunan lemak. Produk ini juga bebas gluten, laktosa, dan susu sehingga membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Cocok untuk Anda yang mencari suplemen protein hewani bebas kolesterol!

3. Dymatize Super Protein Amino 6000

3. Dymatize Super Protein Amino 6000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 385.000

Asupan asam amino tinggi dan lengkap dalam bentuk taplet

Produk berikut merupakan salah satu suplemen yang terpercaya dalam meningkatkan massa otot bagi atlet binaraga di berbagai negara. Kandungan utamanya adalah BCAA dengan perbandingan leucine, isoleucine, dan valin 2:1:1, serta dilengkapi juga dengan glutamin dan arginine.

Dengan kandungan protein tinggi dan asam amino lengkap, pembentukan otot Anda menjadi lebih maksimal. Selain itu, produk ini memiliki bentuk kaplet yang lebih mudah ditelan daripada tablet. Untuk Anda yang mencari produk pembentuk otot kaya asam amino dan mudah dikonsumsi di mana pun, ini jawabannya!

2. Musclepharm BCAA Energy

2. Musclepharm BCAA Energy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Kandungan caffeine anhydrat dan panax ginseng siap membantu Anda tetap fokus!

Salah satu kendala dalam mengejar tubuh ideal adalah Anda sudah lelah karena aktivitas harian serta mengantuk sehingga tidak fokus latihan. Produk ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin rutin melatih otot tanpa kehilangan fokus saat beraktivitas. Hal itu disebabkan adanya kandungan senyawa caffeine anyhdrat, panax ginseng, dan ekstrak teh hijau.

Bahan-bahan alami ini mampu meningkatkan stamina Anda, menyegarkan mental akibat rasa penat, dan membantu tetap fokus dengan cara mengurangi rasa mengantuk. Dengan menggunakan produk ini, sintesis protein di dalam tubuh meningkat sehingga risiko otot cedera bisa diperkecil dan otot menjadi lebih cepat pulih.

1. bpi Sports Best BCAA

1. bpi Sports Best BCAA

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 335.000

Kandungan CLA Matrix membuat tubuh lebih lean dan tampil lebih macho!

BPI Sports Best BCAA merupakan suplemen pembentuk otot dengan kandungan utama BCAA dan CLA Matrix. Produk ini tidak hanya mengandung asam amino yang mudah diserap oleh tubuh, tetapi CLA Matrix-nya juga berperan sebagai trans fat yang bisa menghilangkan lemak tubuh sekaligus meningkatkan massa otot yang lean.

CLA Matrix-nya sendiri terdiri dari campuran CLA (conjugated linoleic acid), minyak alpukat, dan minyak kelapa. Produk suplemen bubuk ini disajikan dalam beberapa varian rasa, salah satunya adalah watermelon ice yang menyegarkan. Cocok untuk Anda yang ingin cutting massa otot dan mendapatkan otot yang lean.

Ketahui mekanisme pembentukan otot

Untuk membentuk otot di tubuh, Anda membutuhkan latihan otot yang rutin. Lalu, mengapa Anda melatih otot untuk mendapatkan otot lagi? Dengan mengetahui mekanisme pembentukan otot melalui latihan yang tepat, Anda akan menyadari bahwa latihan rutin lebih efektif. Kebanyakan orang sering menyebut “menambahkan otot”, tetapi sebenarnya istilah “melatih serabut-serabut otot” lebih akurat.

Perusakan serabut-serabut otot akibat olahraga

Perusakan serabut-serabut otot akibat olahraga

Otot terdiri dari serabut otot tipis yang bergabung menjadi kumpulan serabut-serabut otot. Ketika serabut otot menerima beban melalui latihan otot, sel-sel serabut otot pun terpengaruh dan terjadilah kerusakan struktur serabut-serabut otot. Fase ini disebut “perusakan serabut otot”.

Jika ini disebutkan sebagai fase “perusakan serabut otot”, gambarannya seperti merusak serabut otot secara keseluruhan. Namun, sebenarnya tidak semua serabut otot dirusak. Jadi, jangan bingung dengan istilah tersebut, ya!

Proses super recovery membuat otot lebih tebal

Proses super recovery membuat otot lebih tebal

Serabut-serabut otot yang rusak akibat latihan akan pulih secara alami karena manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Pada kasus ini, saat serabut otot yang rusak pulih dengan sendirinya, otot tersebut menjadi lebih kuat dan tebal dibandingkan dengan kondisi awalnya. Kondisi ketika jaringan otot semakin kuat dan tebal dari kondisi sebelum terjadi kerusakan ini disebut “super recovery“.

Latihan otot memanfaatkan kemampuan super recovery ini dengan cara memberikan beban pada otot-otot secara rutin. Dengan begitu, akan terjadi perusakan dan pemulihan serabut-serabut otot terus menerus untuk membuat otot semakin kuat. Tugas dari suplemen pembentuk otot adalah membantu pembentukan sel-sel baru saat serabut otot melakukan super recovery.

Kesimpulan

Dalam memilih suplemen pembentuk otot, kandungan bahan-bahan aktifnya perlu Anda perhatikan. Terutama yang mengandung protein seperti BCAA, creatine, dan HBM. Namun, perlu Anda ingat suplemen pembentuk otot hanya sebagai pelengkap, jadi Anda tetap harus berlatih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Di antara produk-produk rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan satu yang tepat? Kami harap artikel ini dapat membantu memberikan informasi yang berguna untuk Anda.