• 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)

Otot adalah bagian terpenting di tubuh Anda. Otot bersinergi dengan tulang untuk menunjang tubuh Anda. Membentuk otot tidak hanya untuk para fitness freak, tetapi juga orang biasa. Massa otot sayangnya akan makin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, penting sekali untuk meningkatkan massa otot sedini mungkin.


Pada artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih suplemen pembentuk otot yang bagus. Kami juga membagikan rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti L-Men, Evolene, dan Ultimate Nutrition. Jangan lewatkan juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy, di bawah ini.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
Grace Mulyani
  • Pembaharuan terakhir: 13 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT
Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Pada waktu luangnya ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya @theindophysio.

Perbedaan anabolic steroid dan suplemen pembentuk otot

Perbedaan anabolic steroid dan suplemen pembentuk otot
Untuk meningkatkan massa otot, Anda bisa mengonsumsi suplemen fitness yang umum dijual di pasaran ataupun anabolic steroidMuscle enhancer atau disebut juga anabolic steroid sering dianggap sebagai obat untuk meningkatkan otot yang efektif. Namun, perlu Anda pahami bahwa sebenarnya anabolic steroid sangat berbeda dengan suplemen pembentuk otot.

  • Anabolic steroid

Senyawa anabolic steroid merupakan senyawa yang dibuat menyerupai hormon testosteron di tubuh manusia. Hormon testosteron adalah hormon yang berperan dalam pertumbuhan otot dan kekuatan pada tubuh manusia. Anabolic steroid (testoteron) tidak dapat Anda dapatkan dalam makanan sehari-hari.


Namun, penggunaan anabolic steroid diatur oleh BPOM karena efeknya cukup signifikan, termasuk efek samping yang ditimbulkan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan anabolic steroid tanpa adanya saran dokter karena sangat berbahaya. Anabolic steroid memiliki efek samping, seperti peningkatan tekanan darah, disfungsi hati, ketidakstabilan emosi, dan sebagainya.


Anabolic steroid banyak dijual di situs impor pribadi. Demi keamanan Anda, sebaiknya hindari menggunakan anabolic steroid tanpa pengawasan dokter, ya. Periksa kembali komposisi suplemen yang Anda beli di situs impor pribadi agar tidak salah membeli.


  • Suplemen fitness pembentuk otot
Asupan protein yang dibutuhkan untuk membentuk massa otot adalah sekitar 1,5–2 gram protein per kilogram berat badan tanpa lemak. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda perlu mengonsumsi sekitar sepuluh butir telur atau 100 gram dada ayam tiap kali makan.

Tidak semua orang punya waktu untuk menyediakan makanan tersebut ataupun sanggup mengonsumsi makanan sebanyak itu. Karena itu, suplemen fitness pembentuk otot sangat dibutuhkan. Di dalam satu takaran suplemen pembentuk otot biasanya mengandung lebih dari 20 gram protein murni.


Suplemen fitness pembentuk otot tergolong aman untuk dikonsumsi karena nutrisinya juga dapat Anda temui di dalam makanan sehari-hari. Jadi, suplemen fitness pembentuk otot adalah pilihan teraman untuk meningkatkan massa otot. Tentu saja suplemen fitness yang Anda konsumsi harus sudah memiliki sertifikasi BPOM ataupun FDA, ya.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ada dua alasan mengapa anabolic steroid bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Pertama-tama, anabolic steroid mengubah cara kerja tubuh dan organ pada badan Anda. Anabolic steroid memaksa badan Anda untuk keluar dari zona aman dan mempercepat pertumbuhan otot. Ketika Anda memaksa tubuh untuk bekerja di luar zona aman, banyak efek samping yang dapat ditimbulkan.


Hal ini ibarat mobil dengan kecepatan maksimal 100 km/jam. Jika Anda memaksakan berkendara dengan kecepatan 200 km/jam, mesinnya pasti akan kepanasan dan mobilnya lama-lama akan rusak. Hal ini sama dengan badan Anda ketika memakai anabolic steroid.


Hal kedua yang membuat anabolic steroid berbahaya adalah adanya efek ketergantungan. Tubuh kita itu pintar. Jika Anda memiliki kadar hormon testosteron yang lebih dari normal, respons tubuh adalah berhenti memproduksi hormon tersebut.


Jika Anda mengonsumsi anabolic steroid dalam waktu yang lama, tubuh akan berhenti memproduksi hormon tersebut. Alhasil, ketika Anda berhenti memakai anabolic steroid, tubuh Anda akan kehilangan testosteronnya dan ini bisa menyebabkan infertilitas atau mandul.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen pembentuk otot

Kriteria apa saja yang harus diperhatikan saat memilih suplemen pembentuk otot? Kami akan memperkenalkan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih suplemen pembentuk otot.

Ketahui bahan-bahan aktif dalam suplemen pembentuk otot

Penggunaan suplemen pembentuk otot bertujuan untuk membantu meningkatkan massa otot. Lalu, komponen macam apa yang bisa membantu Anda mendapatkan otot yang Anda inginkan? Berikut ini adalah tiga bahan utama yang dapat membantu menambah massa otot.

BCAA, komponen paling umum yang ada dalam suplemen pembentuk otot

BCAA, komponen paling umum yang ada dalam suplemen pembentuk otot

Sekitar 80% komposisi dari otot adalah protein. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan massa otot, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Di dalam tubuh protein akan dipecah menjadi asam amino. Berikutnya, asam amino akan menyintesis protein baru di dalam tubuh, membantu membangun otot, hormon, sekaligus menjadi sumber energi.


Ada dua jenis asam amino, yaitu essential amino acid (EAA) dan non-essential amino acid. Non-essential amino acid adalah asam amino yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Sebaliknya, EAA tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga Anda akan memperolehnya dari makanan dan suplemen.


Ada sembilan EAA, yaitu histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine. Tiga asam amino tersebut, yaitu valine, leucine, dan isoleucine, akan membentuk branched-chain amino acid atau BCAA.


BCAA adalah salah satu komposisi pembentuk otot yang paling umum Anda temui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari BCAA untuk tubuh Anda:


  • BCAA digunakan tubuh sebagai building blocks pembentukan otot dan protein lainnya.

  • BCAA juga memiliki efek meningkatkan daya tahan dengan menekan konsentrasi asam laktat dalam darah yang menyebabkan nyeri.

  • BCAA membantu mengatur kadar gula di dalam darah.

Apabila Anda secara spesifik mencari suplemen BCAA, langsung saja cek artikel kami berikut ini. Temukan berbagai suplemen fitness BCAA terbaik dan aman untuk dikonsumsi!

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Untuk pembentukan otot yang optimal, Anda butuh mengonsumsi protein sekitar 1,52 gram protein per kilogram berat badan. Jika berat badan Anda 70 kg dan Anda ingin mengoptimalkan pertumbuhan otot, konsumsilah 105140 gram protein setiap harinya.

Creatine, meningkatkan energi saat berolahraga

Creatine, meningkatkan energi saat berolahraga

Creatine menjadi salah satu suplemen yang cukup terkenal di kalangan olahragawan. Creatine dibuat oleh tubuh di hati dan ginjal dari asam amino arginineglycine, dan methionine. Sebanyak 95% creatine terdapat pada skeletal muscle, otak, dan sel saraf dalam bentuk phosphocreatine untuk diubah menjadi ATP.


Anda bisa mendapatkan creatine dari mengonsumsi daging merah dan seafood. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan creatine yang memberikan beberapa manfaat untuk tubuh.


  • Mengonsumsi suplemen creatine dapat membantu meningkatkan level phosphocreatine di dalam otot. Alhasil, energi dan performa Anda ikut meningkat untuk berolahraga.

  • Creatine dapat membantu meningkatkan massa otot dengan meningkatkan persinyalan antarsel dan hidrasi sel.

  • Creatine juga membantu menekan tingkat myostatin, protein yang menekan pertumbuhan otot. Dengan begitu, mengonsumsi suplemen creatine dapat membantu meningkatkan massa otot Anda selama berolahraga.

  • Menariknya lagi, mengonsumsi suplemen creatine dapat meningkatkan phosphocreatine di dalam otak. Dengan kata lain, mengonsumsi creatine juga dapat menjaga kesehatan otak serta membantu mengatasi gejala penyakit saraf.

Meningkatkan stamina dalam berolahraga memang sangat penting. Temukan berbagai suplemen creatine yang aman untuk dikonsumsi dalam tautan berikut ini, ya.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Creatine merupakan salah satu suplemen yang paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin membentuk otot. Zat creatine ini terkandung dalam daging-daging sapi dan steak. Namun, kadar kandungannya sangatlah rendah dalam makanan sehari-hari. Maka dari itu, konsumsilah suplemen creatine 35 gram per hari.


Ada tiga tipe creatine yang dijual di pasaran. Semuanya memiliki kandungan yang relatif sama, hanya saja cara konsumsinya berbeda. Untuk mengetahuinya, silakan cek di bawah ini:


  • Tipe kapsul: Bisa diminum dengan air seperti biasa.
  • Tipe bubuk tanpa rasa: Anda harus mencampurnya dengan minuman lain, misalnya dengan BCAA ataupun whey protein.
  • Tipe bubuk dengan rasa: Anda bisa langsung mencampurkannya dengan air putih.

HMB, meningkatkan massa otot pada lansia

HMB, meningkatkan massa otot pada lansia

Beta-hydroxy beta-methylbutyric acid (HMB) adalah hasil dekomposisi leucine, salah satu asam amino pembentuk BCAA. Dengan begitu, HMB menjadi salah satu pembentuk otot yang lebih cepat diserap di dalam tubuh.


HMB telah diteliti dapat meningkatkan massa otot untuk orang yang tidak rutin berolahraga dan para lansia. Namun, ada penelitian juga yang menyatakan bahwa HMB tidak terlalu efektif menambah massa otot pada orang yang rutin melakukan olahraga weight training.


HMB sebetulnya sudah ada secara alami di dalam tubuh, tetapi jumlahnya tidak banyak. Karena itu, Anda bisa mengonsumsi HMB dari suplemen. Dosis standar HMB per harinya adalah sekitar 3 gram. Meski begitu, mengonsumsi HMB dengan kombinasi creatine, vitamin D, serta asam amino lainnya akan memberikan efek yang lebih baik.


Suplemen yang mengandung HMB sayangnya cukup jarang ditemui di Indonesia. Selain itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dari HMB.

Periksalah bahan tambahan lainnya

Periksalah bahan tambahan lainnya

Ada suplemen otot yang hanya mengandung salah satu bahan aktif, seperti BCAA saja, HMB saja, atau creatine saja. Namun, ada juga produk suplemen otot yang mengandung perpaduan bahan tersebut. Perhatikan bahan tambahan lainnya di dalam suplemen pembentuk otot untuk hasil yang maksimal.


  • Kebanyakan suplemen pembentuk otot menambahkan beberapa vitamin dan mineral di dalamnya, terutama vitamin D dan B kompleks. Perpaduan vitamin, mineral, serta asam amino akan membantu pembentukan otot dengan lebih maksimal.

  • Bahan lainnya yang biasa ada di dalam suplemen pembentuk otot adalah L-carnitine. L-carnitine memproduksi energi dengan mengantarkan asam lemak ke dalam mitokondria di dalam sel. Manfaat L-carnitine adalah untuk mengurangi delayed onset muscle soreness (DOMS) setelah berolahraga.

Temukan bentuk suplemen yang mudah Anda konsumsi

Temukan bentuk suplemen yang mudah Anda konsumsi

Suplemen pembentuk otot umumnya berbentuk bubuk atau tablet. Keduanya memiliki tingkat penyerapan yang tidak terlalu berbeda jauh tergantung pada teknologi manufakturnya. Namun, Anda bisa mempertimbangkan poin berikut ini dalam memilih suplemen pembentuk otot.


  • Suplemen bubuk
Suplemen bubuk dapat dijadikan sebagai meal replacement karena teksturnya yang kental setelah dilarutkan akan memberikan rasa kenyang. Suplemen bubuk dengan kandungan BCAA memang sering dijadikan sebagai meal replacement bagi orang yang menjalankan defisit kalori. Rasa yang beragam menjadi daya tariknya. Meski begitu, beberapa orang merasa enek ketika mengonsumsi jenis suplemen ini.

  • Suplemen tablet
Suplemen bentuk tablet memang lebih mudah dikonsumsi tanpa mouthfeel. Jika Anda sering travelling, suplemen pembentuk otot dalam bentuk tablet sangat praktis dibawa. Anda tak perlu repot menakar dan melarutkannya untuk dikonsumsi.

Berhati-hatilah saat membeli suplemen fitness secara online

Berhati-hatilah saat membeli suplemen fitness secara online

Kebanyakan suplemen fitness merupakan produk impor dan harganya tidak dapat dikatakan murah. Tentu saja tidak semua suplemen cocok untuk Anda konsumsi karena ada beberapa suplemen yang memberikan efek samping. Sayang sekali jika Anda membeli suplemen impor tersebut jika hasilnya tidak sesuai harapan, bukan?


Kini ada banyak penjual yang menawarkan produk suplemen fitness impor dalam bentuk repack atau ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, Anda bisa membelinya dengan harga yang lebih murah untuk dicoba terlebih dahulu. Meski begitu, ada banyak penjual suplemen yang memalsukan produk tersebut. Hal ini tentu sangat merugikan dan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.


Jika Anda ingin membeli suplemen fitness kemasan repack, kami sarankan agar Anda membaca review dari pembelinya terlebih dahulu. Periksa lagi apakah isinya sama dengan suplemen asli dari segi warna dan rasa agar Anda tidak tertipu. Apabila Anda pembeli yang menyatakan perbedaan suplemen repack dengan produk aslinya, sebaiknya Anda lebih berhati-hati.


Apabila Anda memiliki budget yang terbatas, Anda bisa memilih suplemen fitness lokal. Kini sudah banyak merek suplemen fitness lokal yang bagus dan sudah tersertifikasi BPOM. Harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan suplemen fitness impor dan kualitasnya terjamin aman. Suplemen fitness lokal pun ada yang dijual dalam kemasan kecil atau saset agar Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

10 Rekomendasi suplemen pembentuk otot terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen pembentuk otot terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 12 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, BPI Sports Best BCAA menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Evolene Evomass memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Widjaja.

Gambar produk
1
Evolene Evomass 1

Evolene

2
Muscle First Gold Series Pro Isolate 1

Muscle First

3
Ultimate Nutrition Amino 2002 1

Ultimate Nutrition

4
Puro WPRO Whey Concentrate 1

Puro

5
L-Men Platinum 1

L-Men

6
FITLife POWR 1

FITLife

7
Optimum Nutrition Micronized Creatine Capsules 1

Optimum Nutrition

8
Abbott Ensure Life 1

Abbott

9
BSN Syntha-6 Isolate  1

BSN

10
Applied Nutrition Vegan-Pro Plant Based Protein 1

Applied Nutrition

Nama produk

Evomass

Gold Series Pro Isolate

Amino 2002

WPRO Whey Concentrate

Platinum

POWR

Micronized Creatine Capsules

Ensure Life

Syntha-6 Isolate

Vegan-Pro Plant Based Protein

Keunggulan

Meningkatkan massa otot dan berat badan tanpa perut buncit

Suplemen pembesar otot dengan kandungan BCAA dan serat yang tinggi

Suplemen tablet dengan asam amino dari 100% whey protein

Whey protein bebas laktosa dan gluten, aman di perut!

Suplemen fitness yang lengkap dengan BCAA, creatine, dan L-carnitine

Creatine dengan rasa lemon, suplemen pre-workout yang menyegarkan

Suplemen creatine tanpa kalori dan karbohidrat

Susu Ensure dengan HMB untuk menjaga massa otot 40 tahun ke atas

Produk suplemen pembentuk otot tanpa aspartam dan gula tambahan

Susu protein vegan yang tinggi protein, rendah lemak, dan rendah gula

Harga mulai dariRp 250.000,00Rp 430.000,00Rp 303.000,00Rp 99.000,00Rp 127.600,00Rp 120.000,00Rp 480.000,00Rp 585.000,00Rp 1.648.000,00Rp 850.000,00
Isi912 gram, 4,5 kg900 gram, 2,3 kg100 tablet, 330 tablet300 gram, 1,2 kg, 2,4 kg231 gram, 800 gram15 sachet x 5 gram100 kapsul, 200 kapsul, 300 kapsul400 gram, 850 gram1,82 kg, 2,27 kg450 gram, 2,1 kg
Bahan aktifBCAABCAABCAABCAABCAA, creatineCreatine CreatineHMBEAA (termasuk BCAA)BCAA
BentukBubukBubukTabletBubukBubukBubukKapsulBubukBubukBubuk
Pilihan rasaChocolateMango, Taro, Chocolate, Guava, Banana, Banoffee, StrawberryChoco Eclairs Mocha, Choco Malt, Vanilla, Strawberry Yoghurt, Milk Tea, Banana YoghurtChoco Latte, Vanilla Caramel, Bubble Gum, Ketan Hitam, Kacang HijauLemonVanilla, Strawberry, Chocolate, WheatChocolate, Strawberry, Vanilla, Chocolate Peanut Butter, Cookies n Cream, BananaChocolate, Strawberry, Vanilla
Tautan produk
10

Applied NutritionVegan-Pro Plant Based Protein

Mulai dari Rp 850.000,00

Isi450 gram, 2,1 kg
Bahan aktifBCAA
BentukBubuk
Pilihan rasaChocolate, Strawberry, Vanilla
9
Isi1,82 kg, 2,27 kg
Bahan aktifEAA (termasuk BCAA)
BentukBubuk
Pilihan rasaChocolate, Strawberry, Vanilla, Chocolate Peanut Butter, Cookies n Cream, Banana
8
Isi400 gram, 850 gram
Bahan aktifHMB
BentukBubuk
Pilihan rasaVanilla, Strawberry, Chocolate, Wheat
7

Optimum NutritionMicronized Creatine Capsules

Mulai dari Rp 480.000,00

Isi100 kapsul, 200 kapsul, 300 kapsul
Bahan aktifCreatine
BentukKapsul
Pilihan rasa
6
Isi15 sachet x 5 gram
Bahan aktifCreatine
BentukBubuk
Pilihan rasaLemon
5
Isi231 gram, 800 gram
Bahan aktifBCAA, creatine
BentukBubuk
Pilihan rasaChoco Latte, Vanilla Caramel, Bubble Gum, Ketan Hitam, Kacang Hijau
4
Isi300 gram, 1,2 kg, 2,4 kg
Bahan aktifBCAA
BentukBubuk
Pilihan rasaChoco Eclairs Mocha, Choco Malt, Vanilla, Strawberry Yoghurt, Milk Tea, Banana Yoghurt
3
Isi100 tablet, 330 tablet
Bahan aktifBCAA
BentukTablet
Pilihan rasa
2
Isi900 gram, 2,3 kg
Bahan aktifBCAA
BentukBubuk
Pilihan rasaMango, Taro, Chocolate, Guava, Banana, Banoffee, Strawberry
1
Isi912 gram, 4,5 kg
Bahan aktifBCAA
BentukBubuk
Pilihan rasaChocolate

Ketahui mekanisme pembentukan otot

Mengapa Anda perlu melakukan latihan otot agar dapat membentuk otot di dalam tubuh? Dengan mekanisme latihan yang tepat dan rutin, Anda akan menyadari bahwa latihan rutin akan lebih efektif untuk membentuk otot. Banyak orang menyebutnya "membentuk otot", tetapi pernyataan yang tepat adalah "menebalkan serat otot".

Fase perusakan otot (muscle destruction)

Fase perusakan otot (muscle destruction)

Otot terdiri dari serabut otot tipis yang bergabung menjadi kumpulan serabut-serabut otot. Ketika serabut otot menerima beban melalui latihan otot, sel-sel serabut otot pun terpengaruh dan terjadilah kerusakan struktur serabut-serabut otot.


Fase ini disebut perusakan serabut otot (muscle destruction). Meski disebut sebagai fase perusakan serabut otot, kerusakan yang dimaksud berbeda dengan kerusakan otot akibat cedera. Jadi, jangan bingung dengan istilah tersebut, ya!

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Kemampuan paling hebat dari tubuh manusia adalah adaptasi. Tubuh kita dapat beradaptasi dengan apa pun yang kita berikan. Ketika Anda memberikan stimulus untuk merusak otot (dengan latihan beban), tubuh akan beradaptasi dengan stimulus tersebut dan membangun otot yang lebih besar dan kuat.

Fase recovery membuat serabut otot lebih tebal (supercompensation)

Fase recovery membuat serabut otot lebih tebal (supercompensation)
Serabut otot yang rusak akibat latihan akan pulih secara alami. Saat serabut otot yang rusak pulih dengan sendirinya, otot tersebut menjadi lebih kuat dan tebal dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini disebut supercompensation.

Latihan otot memanfaatkan kemampuan supercompensation dengan cara memberikan beban pada otot-otot secara rutin. Alhasil, otot Anda akan mengalami perusakan dan pemulihan secara terus-menerus untuk membuat otot makin kuat. Fungsi suplemen pembentuk otot adalah membantu pembentukan sel-sel baru saat serabut otot mengalami fase supercompensation.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Hal penting yang sering dilupakan orang ketika membangun otot adalah recovery. Otot dibangun bukan saat Anda latihan beban di dalam gym. Ketika latihan, Anda justru sedang menghancurkan dan merusak otot tersebut.


Fase pembangunan otot adalah ketika Anda istirahat dan recovery setelah latihan. Maka dari itu, fase recovery setelah latihan sangatlah penting. Jika fase recovery tidak optimal, tanpa istirahat dan nutrisi yang cukup, serta over-training, pembangunan otot tidak akan optimal.

Baca juga rekomendasi suplemen protein lainnya di sini

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, sumber makanan utama untuk pembentukan otot adalah protein. Ada beragam suplemen protein, seperti whey dan casein. Cari tahu perbedaan serta produk terbaiknya dalam artikel kami yang lainnya!

Kesimpulan

Suplemen fitness dapat membantu Anda membangun otot sampai mendapatkan tubuh yang lebih lean. Ada banyak pilihan suplemen fitness yang bagus dan aman untuk dikonsumsi. Tak hanya untuk gym freak saja, Anda juga bisa memilih suplemen pembentuk otot untuk lansia.


Selain mengonsumsi suplemen fitness dan rutin berolahraga, perhatikan pula asupan nutrisi dan waktu istirahat Anda. Perpaduan hal-hal tersebut akan membantu Anda membangun otot dengan maksimal.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti VectorLabs, Evolene, dan Optimum Nutrition juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Creatine Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk mengiringi sesi workout dan latihan fisik, konsumsi suplemen perlu dipertimbangkan. Salah satu suplemen untuk fitness dan olahraga yang banyak dikonsumsi adalah suplemen creatine. Secara medis, suplemen creatine juga memberikan banyak manfaat bagi Anda.Kali ini kami akan memaparkan lebih jauh tentang cara memilih suplemen creatine terbaik untuk Anda. Setelahnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek yang bagus, seperti GNC, Muscle First, atau Evolene. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Mari simak pembahasannya dari kami hingga tuntas!
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Ikan (Fish Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Bukan rahasia lagi bahwa kandungan DHA, EPA, dan omega 3 pada minyak ikan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Saat ini, minyak ikan atau fish oil sudah sangat digemari masyarakat Indonesia. Anda dapat menemukan varian fish oil dengan mudah di apotik atau farmasi.Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih fish oil terbaik. Temukan rekomendasi suplemen minyak ikan terbaik untuk dewasa dan anak dari berbagai merek, seperti Blackmores, Puritan’s Pride, dan lainnya. Baca juga tips dari biotechnologist, Marceline Noviani, agar Anda dapat memilih produk yang bagus.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Suplemen zinc banyak digunakan untuk meringankan gejala flu, mengurangi radang jerawat, bahkan pengobatan COVID-19. Ada pula penelitian yang menghubungkan suplementasi zinc dengan tingkat keparahan pasien COVID-19 beserta terapinya. Akibatnya, suplemen zinc banyak dicari pada masa pandemi.Redoxon, Natures Plus, dan Fitkom adalah beberapa merek suplemen zinc yang bagus. Sebelum Anda membeli, bacalah dahulu artikel ini agar tak bingung memilih suplemen zinc untuk anak-anak sampai orang dewasa. Rekomendasi produk terbaiknya pun tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori