• 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021) 1
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021) 2
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021) 3
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021) 4
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021) 5

10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021)

Apakah Anda ingin mendapatkan tubuh atletis, tetapi latihan yang Anda lakukan belum menunjukkan hasil maksimal? Salah satu solusinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen pembentuk otot. Kini suplemen pembentuk dan penambah massa otot tidak hanya digunakan oleh atlet, tetapi juga masyarakat umum.


Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen pembentuk otot yang bagus. Kami juga membagikan rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti BPI Sport, Twinlab, dan Ultimate Nutrition. Jangan lewatkan juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy di bawah ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2021
  • 67.070 Views
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Perbedaan anabolic steroid dan suplemen pembentuk otot

Perbedaan anabolic steroid dan suplemen pembentuk otot
Muscle enhancer atau disebut juga anabolic steroid sering dianggap sebagai obat untuk meningkatkan otot yang efektif. Namun, perlu Anda pahami bahwa sebenarnya anabolic steroid sangat berbeda dengan suplemen pembentuk otot.

Senyawa anabolic steroid merupakan senyawa yang dibuat menyerupai hormon testosteron di tubuh manusia. Hormon testosteron adalah hormon yang berperan dalam pertumbuhan otot dan kekuatan pada tubuh manusia. Anabolic steroid (testoteron) tidak dapat Anda dapatkan dalam makanan sehari-hari.


Lain halnya dengan itu, kandungan dalam suplemen bisa Anda dapatkan dalam makanan yang Anda makan sehari-hari. Sebagai contoh suplemen yang sering digunakan adalah susu protein. Anda bisa mendapatkan mendapatkan protein dari ayam, daging, dan ikan.


Namun, penggunaan anabolic steroid diatur oleh BPOM karena efeknya cukup signifikan, termasuk efek samping yang ditimbulkan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan anabolic steroid tanpa adanya saran dokter karena sangat berbahaya. Anablic steroid juga banyak dijual di internet. Namun, sebaiknya, pilihlah suplemen pembentuk otot yang tidak menimbulkan efek samping.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ada dua alasan mengapa anabolic steroid bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Pertama-tama, anabolic steroid mengubah cara kerja tubuh dan organ pada badan Anda. Anabolic steroid memaksa badan Anda untuk keluar dari zona aman dan mempercepat pertumbuhan otot. Ketika Anda memaksa tubuh untuk bekerja di luar zona aman, banyak efek samping yang dapat ditimbulkan. 


Hal ini ibarat mobil dengan kecepatan maximal 100 km/jam. Jika Anda memaksakan berkendara dengan kecepatan 200 km/jam, mesinnya pasti akan kepanasan dan mobilnya lama-lama akan rusak. Hal ini sama dengan badan Anda ketika memakai anabolic steroid.


Hal kedua yang membuat anabolic steroid berbahaya adalah adanya efek ketergantungan. Tubuh kita itu pintar. Jika Anda memiliki kadar hormon testosteron yang lebih dari normal, respon tubuh adalah berhenti memproduksi hormon tersebut. 


Jika Anda mengonsumsi anabolic steroid dalam waktu yang lama, tubuh akan berhenti memproduksi hormon tersebut. Alhasil, ketika Anda berhenti memakai anabolic steroid, tubuh Anda akan kehilangan testosteronnya dan ini bisa menyebabkan infertilitas atau mandul.

Ketahui bahan-bahan aktif dalam suplemen pembentuk otot

Penggunaan suplemen pembentuk otot bertujuan untuk membantu meningkatkan massa otot. Lalu, komponen macam apa yang bisa membantu Anda mendapatkan otot yang Anda inginkan? Umumnya, ada tiga bahan utama yang digunakan dalam suplemen penambah otot.

Essential Amino Acid (EAA) / Branched-Chain Amino Acid (BCAA)

Essential Amino Acid (EAA) / Branched-Chain Amino Acid (BCAA)

Seperti diketahui bahwa sekitar 80% komposisi otot adalah protein. Jika Anda ingin melatih kekuatan otot dan memperbesar otot, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam tubuh, protein akan diubah menjadi asam amino untuk menyintesis otot baru sekaligus sebagai sumber energi. Protein adalah komponen yang harus diutamakan jika ingin melatih otot.


EAA adalah istilah untuk sembilan asam amino esensial yang tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. Karena itu, tubuh memerlukan asupan EAA tersebut melalui makanan yang dikonsumsi. Daripada mengonsumsi protein sebagaimana adanya, mengonsumsi asam amino dalam bentuk suplemen akan lebih efektif. Suplemen tersebut dapat diserap secara efisien ke dalam tubuh dan bekerja untuk sintesis otot.


Di antara sembilan asam amino esensial, valine sangat berperan dalam pembentukan otot. Zat ini dapat mencegah degradasi otot yang rusak akibat latihan dan meningkatkan pemulihan otot. Valine bersama leucine dan isoleucine membentuk branched-chain amino acid atau BCAA.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Untuk pembentukan otot yang optimal, Anda butuh mengonsumsi protein sekitar 1,52 gram protein per kilogram berat badan. Jika berat badan Anda 70 kg dan Anda ingin mengoptimalkan pertumbuhan otot, konsumsilah 105140 gram protein setiap harinya.

HMB

HMB
Di antara komposisi BCAA, leucine berperan paling penting dalam pembentukan otot. Leucine akan terpecah secara alami di dalam tubuh menjadi HMB (β-hydroxy-β-methylbutyric acid). Leucine akan diserap lebih efisien ke dalam tubuh setelah diproses menjadi HMB.

Mengonsumsi EAA dan BCAA membuat serabut otot yang rusak akibat latihan akan pulih dan menjadi lebih kuat dalam waktu singkat. Namun, HMB menekan proses perusakan serabut otot dan mampu memulihkan otot lebih cepat dibanding BCAA.

Creatine

Creatine
Creatine terdiri dari tiga jenis asam amino, yakni arginine, glycine, dan methionine. Creatine ini diproduksi oleh hati, ginjal, pankreas, serta sekitar 95% terdapat pada skeletal muscle, otak, dan sel saraf. Fungsinya adalah menghasilkan energi secara konstan untuk menggerakkan tubuh.

Mengonsumsi creatine dapat menggantikan energi yang digunakan selama latihan. Efeknya adalah memulihkan energi dengan cepat dan membuat Anda bisa berlatih lebih lama dengan intensitas tinggi. Jadi, creatine dapat meningkatkan tenaga dengan instan, meningkatkan daya tahan, meningkatkan massa otot, dan mempercepat pemulihan otot.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Creatine merupakan salah satu suplemen yang paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin membentuk otot. Zat creatine ini terkandung dalam daging-daging sapi dan steak. Namun, kadar kandungannya sangatlah rendah dalam makanan sehari-hari. Maka dari itu, konsumsilah suplemen creatine 35 gram per hari.


Ada tiga tipe creatine yang dijual di pasaran. Semuanya memiliki kandungan yang relatif sama, hanya saja cara konsumsinya berbeda. Untuk mengetahuinya, silakan cek di bawah ini:


  • Tipe kapsul: Bisa diminum dengan air seperti biasa.
  • Tipe bubuk tanpa rasa: Anda harus mencampurnya dengan minuman lain, misalnya dengan BCAA ataupun whey protein.
  • Tipe bubuk dengan rasa: Anda bisa langsung mencampurkannya dengan air putih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen pembentuk otot

Kriteria apa saja yang harus diperhatikan saat memilih suplemen pembentuk otot? Kali ini, kami akan memperkenalkan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih suplemen pembentuk otot.

Hindari produk yang dijual di situs impor pribadi

Anabolic steroid memiliki fungsi untuk meningkatkan massa otot. Di sisi lain, anabolic steroid juga memiliki efek samping, seperti peningkatan tekanan darah, disfungsi hati, ketidakstabilan emosi, dan sebagainya. Selain itu, anabolic steroid tidak bisa didapatkan tanpa rujukan dokter atau tenaga medis. Jadi, sebaiknya Anda periksa dengan teliti kandungannya sebelum dikonsumsi.

Penjualan anabolic steroid di situs online lokal belum bisa dicegah

Penjualan anabolic steroid di situs online lokal belum bisa dicegah
Di beberapa negara termasuk Indonesia, penjualan anabolic steroid tidak bisa sembarangan dan dilarang menyimpannya dalam jumlah banyak. Maka dari itu, anabolic steroid lebih banyak dijual di situs impor pribadi daripada di pasar lokal.

Tidak semua suplemen penguat otot yang dijual di situs impor pribadi mengandung anabolic steroid. Namun, bisa saja Anda tidak sengaja membeli produk suplemen otot yang mengandung anabolic steroid. Jika demikian, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi suplemen tersebut.

Pilihlah berdasarkan tujuan latihan atau bahan aktif dalam suplemen

Kandungan pada suplemen menentukan hasil akhir pada pembentukan otot Anda. Jadi, Anda perlu memilih suplemen dengan kandungan yang sesuai tujuan dan intensitas latihan yang ingin Anda lakukan.

BCAA, membangun otot atau kekuatan fisik

BCAA, membangun otot atau kekuatan fisik

Pilihlah BCAA jika Anda ingin memulai latihan otot, meningkatkan massa otot, atau berlatih untuk meningkatkan kekuatan fisik. Asam amino, seperti BCAA dan EAA, memiliki fungsi mengembangkan otot. 


Selain itu, keduanya juga diserap ke dalam tubuh untuk pembentukan sel kulit, tulang, otot, dan bagian tubuh lainnya. Mula-mula, BCAA menekan dan menguraikan otot-otot yang rusak akibat latihan. BCAA bekerja dengan menyeimbangkan tiga asam amino esensial yang sudah disebutkan sebelumnya.


BCAA juga memiliki efek meningkatkan daya tahan dengan menekan konsentrasi asam laktat dalam darah yang menyebabkan nyeri. Hal ini Anda butuhkan agar dapat melanjutkan latihan dalam waktu yang lama.

HMB, jika Anda ingin berlatih lebih intens

HMB, jika Anda ingin berlatih lebih intens
HMB merupakan hasil lanjutan dari proses dekomposisi leucine yang terkandung dalam BCAA. HMB yang sudah dalam bentuk terpecah-pecah lebih cepat diserap dan disampaikan ke otak dibandingkan dengan BCAA. Hasilnya, efek suplemen dalam pembentukan otot akan makin optimal. Selain itu, mengonsumsi HMB secara rutin juga membantu menjaga massa dan kekuatan otot.

Creatine, meningkatkan daya tahan dan pasokan energi

Creatine, meningkatkan daya tahan dan pasokan energi
Creatine adalah zat yang biasanya disimpan sebagai energi cadangan di dalam otot. Ketika dibutuhkan, creatine akan diubah menjadi energi yang dapat menggerakkan tubuh untuk menggantikan creatine yang hilang selama latihan. 

Dengan mengonsumsi creatine, kekuatan dan daya tahan tubuh Anda akan meningkat. Jika Anda ingin melakukan latihan aerobik, seperti lari dan berenang, mengonsumsi creatine sangat dianjurkan. Creatine juga berfungsi meningkatkan metabolisme dan membuat lemak lebih mudah terbakar sehingga cocok untuk diet.

Periksalah bahan tambahan lainnya

Periksalah bahan tambahan lainnya

Ada suplemen otot yang hanya mengandung salah satu bahan aktif, seperti BCAA saja, HMB saja, atau creatine saja. Namun, ada juga produk suplemen otot yang mengandung ketiga bahan tersebut sekaligus. 


Selain ketiga bahan tersebut, ada berbagai bahan lain yang berguna untuk memaksimalkan pembentukan otot. Harga suplemen akan makin tinggi seiring dengan banyaknya kandungan bahan di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, Anda perlu menyertainya dengan latihan otot rutin. 

Temukan bentuk suplemen yang mudah Anda konsumsi

Temukan bentuk suplemen yang mudah Anda konsumsi

Suplemen pembentuk otot umumnya berbentuk bubuk atau tablet. Suplemen berbentuk bubuk terlihat lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun, ada data yang menyebutkan bahwa tingkat penyerapan suplemen bubuk dan tablet sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi manufaktur.


Suplemen asam amino, seperti BCAA dan HMB memiliki rasa protein yang khas. Saat Anda mengonsumsi jenis bubuk, tentu rasa khas tersebut akan langsung menyebar di dalam mulut. Berbeda dengan tablet, suplemen bubuk sulit dikonsumsi di jalan karena Anda harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air. 


Suplemen otot bubuk harganya lebih murah dibandingkan dengan suplemen jenis tablet. Selain itu, pada dosis yang sama, suplemen bubuk biasanya memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi daripada tablet. Meskipun hanya mengonsumsi sedikit, Anda akan merasakan manfaat dari berbagai bahan yang terkandung di dalamnya.


Jika Anda lebih suka mengonsumsi suplemen di perjalanan setelah olahraga, Anda dapat memilih jenis tablet. Namun, jika Anda lebih suka mengonsumsinya di rumah, pilihlah jenis bubuk.

10 Rekomendasi suplemen pembentuk otot terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen pembentuk otot terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Widjaja.

10
Isi60 kapsul
Bahan aktifCreatine
Bahan tambahanGelatin, potato starch, dan cellulose
BentukKapsul
9
Isi250 kapsul/tablet dan 325 tablet
Bahan aktifEAA/BCAA
Bahan tambahanWhey protein hydrolysate, magnesium stearate, dan microcrystalline cellulose
BentukKapsul/tablet
8
Isi300 g dan 600 g
Bahan aktifCreatine
Bahan tambahanx
BentukBubuk
7
Isi16 oz dan 32 oz
Bahan aktifEAA/BCAA
Bahan tambahanvitamin B complex, choline, inositol, dan L-carnitine.
BentukCair
6
Isi160 tablet
Bahan aktifHMBCa, creatine, EAA/BCAA
Bahan tambahanGround black ginger, L-carnitine, L-ornithine hydrochloride, L-carnitine tartrate, cinnamon bark extract/crystalline fiber vegetarian, L-glutamine, ca stearic acid
BentukTablet
5
Isi180 kaplet, 345 kaplet, dan 500 kaplet
Bahan aktifEAA/BCAA
Bahan tambahanMilk protein, whey protein, casein, dan calcium
BentukKaplet
4
Isi270 g
Bahan aktifBCAA
Bahan tambahanCaffeine anhydrat, green tea leaf extract, panax ginseng root powder
BentukBubuk
3
Isi50 kapsul dan 100 kapsul
Bahan aktifCreatine
Bahan tambahanGelatin dan magnesium stearate
BentukKapsul
2
Isi900 g dan 1800 g
Bahan aktifCreatine dan BCAA
Bahan tambahanSodium dan pottasium
BentukBubuk
1
Isi300 g
Bahan aktifEAA/BCAA
Bahan tambahanSafflower oil, avocado oil, coconut oil, CLA, agmatine
BentukBubuk

Tabel perbandingan produk suplemen pembentuk otot terbaik

Gambar produk
1
BPI Sports Best BCAA™ 1

BPI Sports

2
MuscleMeds Carnivor  1

MuscleMeds

3
Universal Creatine Capsules 1

Universal

4
Musclepharm® BCAA 3:1:2 Energy 1

Musclepharm®

5
Dymatize Super Protein Amino 6000 1

Dymatize

6
Beaute et Sante HMB2380 1

Beaute et Sante

7
Twinlab  Amino Fuel Liquid  1

Twinlab

8
bpi Sports Micronized Creatine 1

bpi Sports

9
Ultimate Nutrition Amino Gold® 1

Ultimate Nutrition

10
Twinlab Creatine Fuel® Caps 1

Twinlab

Nama produk

Best BCAA™

Carnivor

Creatine Capsules

BCAA 3:1:2 Energy

Super Protein Amino 6000

HMB2380

Amino Fuel Liquid

Micronized Creatine

Amino Gold®

Creatine Fuel® Caps

Keunggulan

Kandungan CLA Matrix membuat tubuh lebih lean dan tampil lebih maco!

Suplemen otot bubuk dengan rasa yang enak

Kandungan pure creatine membuat Anda tidak mudah lelah saat berlatih!

Kandungan caffeine anhydrat dan panax ginseng siap membantu Anda tetap fokus

Asupan asam amino tinggi dan lengkap dalam bentuk kaplet

Jahe hitamnya ampuh menjaga stamina dan memperbaiki otot yang rusak

Berwujud cair! Makin praktis untuk dikonsumsi

Hadir dengan micronized creatine yang lebih mudah diserap tubuh

Tinggi asam amino untuk membentuk otot dengan cepat

Maksimalkan kekuatan dan kinerja otot

Harga mulai dariRp 350.000,00Rp 650.000,00Rp 350.000,00Rp 395.450,00Rp 798.000,00Rp 499.000,00Rp 520.000,00Rp 299.000,00Rp 500.000,00Rp 375.000,00
Isi300 g900 g dan 1800 g50 kapsul dan 100 kapsul270 g180 kaplet, 345 kaplet, dan 500 kaplet160 tablet16 oz dan 32 oz300 g dan 600 g250 kapsul/tablet dan 325 tablet60 kapsul
Bahan aktifEAA/BCAACreatine dan BCAACreatineBCAAEAA/BCAAHMBCa, creatine, EAA/BCAAEAA/BCAACreatineEAA/BCAACreatine
Bahan tambahanSafflower oil, avocado oil, coconut oil, CLA, agmatineSodium dan pottasiumGelatin dan magnesium stearateCaffeine anhydrat, green tea leaf extract, panax ginseng root powderMilk protein, whey protein, casein, dan calciumGround black ginger, L-carnitine, L-ornithine hydrochloride, L-carnitine tartrate, cinnamon bark extract/crystalline fiber vegetarian, L-glutamine, ca stearic acidvitamin B complex, choline, inositol, dan L-carnitine.xWhey protein hydrolysate, magnesium stearate, dan microcrystalline celluloseGelatin, potato starch, dan cellulose
BentukBubukBubukKapsulBubukKapletTabletCairBubukKapsul/tabletKapsul
Tautan produk

Ketahui mekanisme pembentukan otot

Untuk membentuk otot di tubuh, Anda membutuhkan latihan otot yang rutin. Mengapa Anda perlu melakukan latihan otot agar dapat membentuk otot di dalam tubuh? Dengan mekanisme latihan yang tepat, Anda akan menyadari bahwa latihan rutin akan lebih efektif untuk membentuk otot. Banyak orang menyebutnya "membentuk otot" tetapi pernyataan yang tepat adalah "menebalkan serat otot".

Fase perusakan otot (muscle destruction)

Fase perusakan otot (muscle destruction)

Otot terdiri dari serabut otot tipis yang bergabung menjadi kumpulan serabut-serabut otot. Ketika serabut otot menerima beban melalui latihan otot, sel-sel serabut otot pun terpengaruh dan terjadilah kerusakan struktur serabut-serabut otot. 


Fase ini disebut perusakan serabut otot (muscle destruction). Meski disebut sebagai fase perusakan serabut otot, kerusakan yang dimaksud berbeda dengan kerusakan otot akibat cedera. Jadi, jangan bingung dengan istilah tersebut, ya!

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Kemampuan paling hebat dari tubuh manusia adalah adaptasi. Tubuh kita dapat beradaptasi dengan apa pun yang kita berikan. Ketika Anda memberikan stimulus untuk merusak otot (dengan latihan beban), tubuh akan beradaptasi dengan stimulus tersebut dan membangun otot yang lebih besar dan kuat.

Fase recovery membuat serabut otot lebih tebal (supercompensation)

Fase recovery membuat serabut otot lebih tebal (supercompensation)
Serabut otot yang rusak akibat latihan akan pulih secara alami. Saat serabut otot yang rusak pulih dengan sendirinya, otot tersebut menjadi lebih kuat dan tebal dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini disebut supercompensation.

Latihan otot memanfaatkan kemampuan supercompensation ini dengan cara memberikan beban pada otot-otot secara rutin. Dengan begitu, otot Anda akan mengalami perusakan dan pemulihan secara terus menerus untuk membuat otot makin kuat. Tugas dari suplemen pembentuk otot adalah membantu pembentukan sel-sel baru saat serabut otot mengalami fase supercompensation.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Hal penting yang sering dilupakan orang ketika membangun otot adalah recovery. Otot dibangun bukan saat Anda latihan beban di dalam gym. Ketika latihan Anda justru sedang menghancurkan dan merusak otot tersebut. 


Fase pembangunan otot adalah ketika Anda istirahat dan recovery setelah latihan. Maka dari itu, fase recovery setelah latihan sangatlah penting. Jika fase recovery-nya tidak optimal, istirahat tidak cukup, nutrisi tidak cukup, dan Anda over-training, pembangunan otot tentu saja tidak akan optimal.

Baca juga rekomendasi suplemen protein lainnya di sini

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, sumber makanan utama untuk pembentukan otot adalah protein. Untuk itu, silakan baca rekomendasi suplemen protein di sini. 

Kesimpulan

Dalam memilih suplemen pembentuk otot, perhatikanlah kandungan bahan-bahan aktif di dalamnya. Selain itu, Anda perlu mengingat juga bahwa suplemen pembentuk otot hanyalah pelengkap. Anda tetap harus berlatih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Di antara produk-produk rekomendasi kami, apakah Anda telah menemukan satu yang tepat? Kami harap artikel ini dapat membantu memberikan informasi yang berguna untuk Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    155.458 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    340.394 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    141.828 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    124.377 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
    135.232 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    338.319 Views
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
    73.230 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori