10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Alat pel yang sanggup menyerap kotoran dengan kuat dan efektif merupakan sahabat yang menguntungkan bagi penggunanya. Saat ini, alat pel yang beredar di pasaran memiliki bermacam-macam perbedaan dilihat dari ukuran dan jenisnya. Permasalahan yang kerap ditemukan adalah beberapa orang masih bingung dengan beragam produk yang ada. Tak jarang mereka memilih alat pel yang kurang sesuai dengan kebutuhan.

Agar terhindar dari masalah serupa, kami akan membagikan tips cara memilih alat pel yang ideal untuk Anda. Setelah penjelasan tersebut, kami akan merekomendasikan beberapa produk alat pel terbaik yang telah kami himpun. Anda dapat memilih produk-produk yang bagus dan sesuai dengan pilihan hati Anda.

Daftar isi

Cara memilih alat pel

Bukan sekadar alat untuk membersihkan kotoran di lantai, melainkan alat pel yang Anda beli pun sebaiknya sesuai dengan cara memilih berikut ini. Poin-poin yang telah kami rangkum ini dapat Anda jadikan referensi ke depannya.

Pilihlah jenis yang cocok dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan

Alat pel secara garis besar dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan penggunaan kainnya yakni kain pel yang dapat diganti dan kain pel yang dapat dicuci. Mari bandingkan kelebihan masing-masing jenis dan mengecek jenis mana yang pas untuk kebutuhan Anda.

Kain pel yang dapat diganti: tidak merepotkan dan penggunaan luwes

Kain pel yang dapat diganti: tidak merepotkan dan penggunaan luwes

Jenis ini terbilang praktis karena setelah digunakan, kain pel yang kotor dapat dibuang. Kain pel pengganti dapat dengan mudah dibeli di pasar, supermarket, atau tempat perbelanjaan lain. Harganya juga relatif murah. Jenis ini lebih luwes karena Anda dapat memilih kain yang sesuai dengan kondisi ruangan yang ada di rumah Anda.

Satu hal yang perlu diingat, jika Anda menggunakan lembaran kain pel yang tidak bersih, kotoran yang menempel pada kain pel akan menyebar lagi di lantai. Oleh karena itu, gantilah kain pel sebisa mungkin setelah kinerja pel mulai menurun.

Pemilihan kain juga penting untuk diperhatikan. Gunakanlah kain kering untuk membersihkan area yang basah. Apabila hendak mengepel ruangan yang sedikit basah, seperti dapur, teras, atau sebagainya, sebaiknya Anda menyapu ruangan terlebih dahulu hingga bersih. Jika Anda mempunyai binatang peliharaan atau anak yang sering beraktivitas di lantai, Anda dapat mempertimbangkan adanya kain pel yang memiliki kandungan wax oil pada permukaan kainnya.

Kain pel yang dapat dicuci: dapat digunakan berulang dan ekonomis

Kain pel yang dapat dicuci: dapat digunakan berulang dan ekonomis

Alat pel jenis ini merupakan pel yang ekonomis karena Anda dapat menggunakannya berulang kali. Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang memperhatikan pengeluaran rutin.

Berbicara mengenai mana yang lebih mudah digunakan, tentu kain pel yang dapat diganti akan lebih menguntungkan. Alat pel ekonomis ini tidak kami sarankan untuk mereka yang merasa kerepotan jika harus mencuci atau membersihkan kain setelah pemakaian.

Jenis kain pel yang dapat dicuci ini kami rekomendasikan untuk keluarga yang perlu membersihkan lantai setelah terkena kotoran atau basah dengan segera. Terlebih untuk keluarga dengan anak kecil atau binatang peliharaan di dalamnya.

Produk ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda hendak menggunakan satu alat pel saja untuk membersihkan setiap sudut rumah. Biasanya, kain pel yang dapat diganti hanya digunakan untuk satu ruangan saja seperti dapur hingga kain tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Pilih ukuran, bentuk, dan berat kepala alat pel yang pas dengan kebutuhan

Setelah memilih satu dari dua jenis alat pel yang tersedia, selanjutnya Anda perlu mengecek ukuran, bagian belakang, serta berat dari kepala alat pel. Berikut ini uraian selengkapnya.

Ukuran kepala alat pel: 25 cm untuk ruang tamu, 15 cm untuk toilet

Ukuran kepala alat pel: 25 cm untuk ruang tamu, 15 cm untuk toilet

Menggunakan alat pel yang ukuran kepalanya ideal dengan ukuran ruangan yang akan dibersihkan dapat mengurangi waktu dan tenaga yang Anda perlukan. Pilih kepala pel yang memiliki lebar sekitar 25 cm untuk ruangan seperti ruang tamu atau kamar tidur. Sementara itu, ukuran kepala alat pel yang lebih kecil dengan lebar sekitar 15 cm cocok untuk membersihkan sisi rumah yang lebih sempit, misalnya toilet atau bagian celah furnitur di rumah Anda.

Dengan kepala alat pel yang berukuran kecil, Anda dapat juga menggunakannya untuk membersihkan langit-langit kamar. Disarankan agar Anda memiliki dua alat pel dengan ukuran kecil dan besar sekaligus agar sudut-sudut hunian dapat dibersihkan dengan maksimal.

Jika Anda ingin membersihkan sudut-sudut sempit dengan mudah, kami menyarankan Anda mengatur furnitur agar mudah dijangkau oleh alat pel. Dengan memberikan jarak antara furnitur dan dinding, Anda dapat mengepel debu yang ada di bagian tersebut sehingga memudahkan proses pembersihannya.

Kepala alat pel dengan tonjolan akan memudahkan kerja Anda

Kepala alat pel dengan tonjolan akan memudahkan kerja Anda

Jika Anda ingin membersihkan lantai dengan lancar, pilihlah produk yang memiliki tonjolan di bagian permukaan kepala alat pel. Tonjolan ini dapat membantu kerja alat pel walaupun menggunakan kain pel yang harganya murah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih saat mengepel karena kain dapat membersihkan kotoran dengan baik tanpa mudah selip.

Gunakanlah alat pel yang sisi bagian belakangnya menggembung supaya kain pel meluncur dengan mulus di lantai yang kotor. Bentuk tersebut dapat dengan optimal menempel di lantai, jadi Anda dapat mengatasi kotoran yang tercecer di lantai tanpa harus mengeluarkan tenaga lebih.

Produk yang beredar di pasaran dijual dengan rentang harga yang beragam. Sebaiknya Anda tidak memilih produk yang terlalu murah jika Anda ingin menggunakan alat pel dalam kurun waktu yang lama. Biasanya produk yang terlalu murah akan cepat rusak di bagian kepalanya. Selain itu, bagian ujung kepalanya sering tidak simetris sehingga menyebabkan kotoran-kotoran yang telah terkumpul di kain menyebar melalui celah tersebut. Sayangnya, alat pel dengan bagian kepala yang menonjol ini jarang ditemukan di toko online Indonesia.

Pilih berat kepala alat pel yang sesuai, 350 gram tergolong ringan

Pilih berat kepala alat pel yang sesuai, 350 gram tergolong ringan

Umumnya, barang rumah tangga yang lebih ringan adalah barang yang lebih baik, tetapi hal ini sedikit berbeda dengan alat pel. Beberapa orang menganggap jika terlalu ringan, bagian kepala alat pel membuat mereka merasa tidak nyaman saat menggunakannya karena alat pel seperti tidak menyentuh lantai. Jadi, sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing apakah Anda lebih suka menggunakan alat pel dengan kepala berbobot berat atau sebaliknya.

Alat pel dengan bobot kepala 350 gram tergolong sebagai produk yang ringan. Anda dapat menggunakan bobot angka tersebut sebagai acuan dalam memilih produk yang pas. Sebenarnya, alat pel dengan bagian kepala yang ringan dapat menapak dengan baik di lantai. Begitu pun dengan bagian kepalanya yang berat masih terbilang luwes untuk digerakkan. Jadi, hampir tidak ada perbedaan kinerja dari dua jenis tersebut.

Bagi Anda yang memiliki alat pel dengan bobot yang ringan, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan langit-langit dan dinding. Selain itu, alat pel yang ringan sangat nyaman untuk membersihkan kamar mandi.

Perhatikan bagian gagang alat pelnya

Agar nyaman ketika digunakan untuk membersihkan lantai, Anda juga perlu memperhatikan bagian gagang alat pel. Poin-poin yang perlu dicek ulang antara lain tipe, tinggi, dan permukaan pegangan gagang alat pelnya.

Pilih gagang teleskopik atau gagang sambung?

Pilih gagang teleskopik atau gagang sambung?

Terdapat dua tipe gagang pada alat pel yaitu jenis gagang teleskopik dan gagang sambung. Dari dua tipe tersebut yang lebih nyaman digunakan adalah jenis sambung. Awalnya, mungkin Anda berpikir bahwa tipe teleskopik tampak lebih menarik digunakan karena panjang gagang dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, bagian tersebut rawan longgar terlebih lagi jika Anda hendak menggunakan alat pel dalam jangka waktu lama. Untuk mendapatkan produk yang stabil dan mudah digunakan, silakan Anda mempertimbangkan alat pel dengan gagang sambung terlebih dahulu.

Pemilihan produk pada poin ini harus menyesuaikan juga dengan tinggi badan Anda. Alat pel dengan gagang sambung cocok digunakan oleh orang yang memiliki tinggi badan sekitar 160 cm. Jika ukurannya tidak sesuai dengan tinggi badan, Anda patut untuk mempertimbangkan produk lain.

Apabila Anda hendak membeli alat pel untuk digunakan sehari-hari, kami merekomendasikan Anda memilih alat pel dengan gagang sambung. Di sisi lain, alat pel yang gagangnya berukuran kecil sangat baik dalam hal penyimpanan serta dapat diringkas menjadi lebih kecil.

Idealnya tinggi gagang dalam posisi datar 3 cm atau kurang

Idealnya tinggi gagang dalam posisi datar 3 cm atau kurang

Seberapa tinggi sambungan antara kepala pel dan gagang saat posisinya sejajar dengan lantai merupakan poin yang sangat penting untuk dicek. Pilihlah alat pel yang sambungan kepala dan gagang pelnya memiliki tinggi 3 cm atau kurang ketika diposisikan mendatar. Hal ini dapat memudahkan Anda saat mengakses atau membersihkan kolong-kolong sempit, seperti bawah sofa, tempat tidur, dan perabotan-perabotan lainnya.

Ukuran tinggi tersebut biasanya tercantum dalam kemasan produk. Apabila tinggi gagang posisi datar tidak tercantum pada kemasan produk, sebaiknya Anda memastikannya dengan melihat ukuran ulir pada sambungan gagang alat pel yang Anda beli tersebut. Sebaiknya Anda juga membeli furnitur yang memiliki kolong atau celah. Bukan hanya memudahkan pergerakan alat pel, Anda pun dapat membersihkan seluruh ruangan dengan mudah karena antara lantai dan furnitur memiliki celah sekitar 3 cm atau lebih.

Pilihlah pegangan gagang yang tebal atau pas di tangan

Pilihlah pegangan gagang yang tebal atau pas di tangan

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan kenyamanan pegangan dari gagang alat pel yang Anda pilih. Saran kami agar Anda memilih pegangan yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Pilihlah pel dengan pegangan yang pas di tangan Anda.

Alat pel yang pegangannya memiliki grip akan lebih mudah untuk digenggam bahkan ketika tangan Anda basah sekalipun. Selain itu, grip juga berfungsi agar gagang pel tidak mudah lepas dari tangan dan menambah kenyamanan dalam pemakaian.

10 Rekomendasi alat pel terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, kami akan memperkenalkan beberapa produk yang sekiranya dapat dijadikan senjata untuk membersihkan debu sekaligus kotoran yang membandel di lantai rumah Anda. Pilihlah mana produk yang sesuai dengan kebutuhan.

10. Destec Micro Fiber MF-210

10. Destec Micro Fiber MF-210

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 73.500

Bagian kepalanya dapat berputar 360 derajat!

Jika selama ini Anda membersihkan celah-celah dan kolong di bawah furnitur dengan alat pel yang tidak fleksibel dan kaku, berarti sudah saatnya membeli alat pel baru dari produk ini. Dengan memakai produk ini, Anda tidak perlu lagi kesulitan membersihkan bagian yang sempit tersebut. Kepala alat pel ini dapat Anda putar hingga 360 derajat sampai menjangkau kotoran.

Selain itu, apabila kain pel yang Anda gunakan sudah kotor, Anda hanya perlu menariknya dengan mudah dari bagian bawah untuk dicuci, kemudian dapat Anda pasang kembali dengan mudah. Dengan harga yang dinilai cukup terjangkau, Anda sudah dapat membuktikan sendiri kelebihan-kelebihan dari produk ekonomis ini.

9. Lazy MOP Ultra

9. Lazy MOP Ultra

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 108.000

Kain pel dapat dibolak-balik! Enggak perlu repot ganti kain basah & kering

Merepotkan memang jika harus memakai pel yang kering dan basah secara bergantian. Apabila Anda sering berada dalam situasi seperti ini, kami merekomendasikan Lazy Mop Ultra. Produk ini akan membuat kerja Anda semakin efektif karena baik sisi atas maupun sisi bawah kain pel dapat difungsikan sekaligus. Anda hanya perlu memilih sisi mana yang akan dijadikan pel kering atau pel basah.

Apabila kain pel sudah tidak dapat berfungsi lagi, Anda dapat menggantinya dengan kain pel yang baru. Berbicara soal nilai ekonomis, tentunya Anda tidak perlu membuang uang lebih banyak karena dua sisi kain pel ini dapat digunakan dan tidak perlu sering menggantinya. Fitur antibakteri di bagian kepala pelnya pasti menambah daya tarik Anda untuk memilih produk ini.

8. Bagus Micromate Chenille Mop Set

8. Bagus Micromate Chenille Mop Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 104.600

Menyerap air dan mengikat debu secara kilat!

Sangat disayangkan jika waktu Anda terbuang percuma karena harus mengepel ulang lantai yang tak kunjung bersih dikarenakan alat pembersih yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik. Pilihlah alat pel yang kainnya mampu menyerap air dan mengikat debu dengan cepat. Bagus Micromate Chenille Mop merupakan salah satu produk yang dapat Anda pilih.

Kelebihan alat pel ini berasal dari bahan microfiber yang digunakan sebagai material kain pel. Apabila daya serap sudah menurun, barulah Anda perlu mengganti bagian kain pelnya saja dengan yang baru. Produk yang memiliki keseluruhan berat 490 gram ini adalah pilihan bagi Anda yang tidak terlalu suka menggunakan alat pel yang berbobot ringan.

7. Refill Pel Microfiber Teleskopik Scotch-Brite™

7. Refill Pel Microfiber Teleskopik Scotch-Brite™

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 200.000

Ingin dipakai untuk menyapu atau mengepel? Semua bisa!

Pasti Anda kesal karena sapu Anda yang terbuat kayu sangat mudah rusak dan rontok jika dipakai menyapu. Mungkin kami bisa memberi saran kepada Anda agar memakai alat yang tidak biasa ini. Memang ini merupakan alat pel, tetapi Anda pun dapat menggunakannya untuk menyapu. Dengan memiliki alat ini, Anda pun tidak perlu membeli sapu biasa lagi.

Selain itu, Anda pun dapat menyimpan alat pel ini menjadi ringkas dengan memendekkan gagang produk ini yang didesain teleskopik. Untuk membuat rumah lebih rapi, Anda dapat menggantungkannya ke dinding tanpa perlu memakan banyak tempat. Warna hijaunya yang mencolok mata sangat terlihat segar di mata.

6. Graphix Spray Mop

6. Graphix Spray Mop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 129.000

Tinggalkan ember, langsung semprot saja!

Ada kalanya kita membutuhkan pel yang tidak terlalu kering, tetapi juga tidak terlalu basah untuk membersihkan lantai. Di saat seperti itulah dibutuhkan alat pel seperti Graphix Spraying Mop. Produk ini dilengkapi dengan tabung air yang dapat diisi dengan cairan pembersih dan air sehingga Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada ember berat saat mengepel lantai.

Selain itu, karena cara kerja alat pel ini dengan cara spray atau semprot membuat Anda menjadi lebih hemat air dan cairan pembersih. Tentu ini menjadi daya tarik bagi Anda yang ingin lebih hemat, tetapi tetap maksimal membersihkan lantai. Sementara itu, bagian gagang produk ini menggunakan bahan stainless steel yang tahan terhadap karat.

5. Homme HM-Z1 Flat Mop

5. Homme HM-Z1 Flat Mop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 285.000

Buat tangan Anda tetap bersih dengan tidak perlu memeras kain pel lagi

Apabila Anda pernah menggunakan alat pel konvensional, pasti Anda pernah merasakan pengalaman memeras kain pel setelah dipakai untuk mengepel. Aktivitas tersebut pasti membuat tangan menjadi kotor. Bagi Anda yang ingin menghindari hal yang demikian, sebaiknya Anda memilih produk cantik dari Homme ini.

Homme HM-Z1 memiliki satu tuas pembersih yang didesain khusus menempel pada ember. Pada tuas tersebut, terdapat tiga media pembersih kain pel yang kerjanya menyemprotkan air, menyikat, dan memeras kain pel. Anda hanya perlu menempelkan kepala pel di bagian tuas tersebut, kemudian menggerakkan naik turun sehingga kain pel akan menjadi lebih bersih.

4. Neohaus 2 in 1 Don’t Touch Mop

4. Neohaus 2 in 1 Don't Touch Mop

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 278.000

Kepala pel lebih lebar, lebih cepat selesai!

Bagi Anda yang memiliki rumah lebar dan luas, tentu Anda merasa lelah harus membersihkan seluruh bagian rumah dengan alat pel yang kecil. Jangan menunggu terlalu lama, gantilah alat pel Anda dengan produk yang mungkin dapat mengatasi masalah Anda tersebut! Produk asal Korea ini memiliki lebar 42 cm di kepala pelnya yang akan membuat pekerjaan Anda cepat selesai.

Selain itu, Anda pun tak perlu repot membersihkan kain pelnya menggunakan tangan. Produk ini sudah didesain dengan slide knob bergerigi seperti sikat guna membersihkan kotoran. Tekan slide knob tersebut di bawah air yang mengalir dan kain pel akan bersih seketika. Serat kain yang digunakan pun sangat lembut dan lebih efektif saat mengepel lantai.

3. Bolde Super MOP X ECO

3. Bolde Super MOP X Eco

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 189.000

Ember pembersihnya dilengkapi dua sekat terpisah. Air kotor dan air bersih enggak tercampur lagi!

Apakah Anda biasa membawa satu ember berisi cairan pembersih saat mengepel lantai? Jika ya, pasti saat air sudah kotor Anda harus menggantinya dengan air bersih dan kembali mengepel, bukan? Produk dari Bolde ini mungkin sedikit meringankan beban Anda karena sudah dilengkapi dengan sekat. Dengan demikian, air bersih untuk membilas tidak akan tercampur dengan air yang sudah kotor.

Satu sekat digunakan untuk membilas dan sekat lainnya untuk menampung air kotor. Apabila sekat untuk air kotor sudah penuh, Anda hanya perlu membuka lubang drainase di bagian bawah dan Anda pun tak perlu repot membalik ember untuk membuang air. Produk ini tersedia dalam tiga varian warna pilihan untuk Anda antara lain, pink, hijau, dan beige.

2. IDEALIFE Flat Mop Alat Pel Pembersih Lantai (IL – 101)

2. IDEALIFE Flat Mop Alat Pel Pembersih Lantai (IL - 101)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga: Rp 250.000

Terobos celah terkecil di rumah Anda dengan kepala pel setebal jari tangan

Apabila celah di bawah sofa, lemari, atau tempat tidur terlalu sempit sehingga Anda terlalu malas membersihkannya, jangan menyesal jika celah-celah tersebut menjadi sarang kecoak yang menjijikkan. Segera bersihkan area yang susah dijangkau menggunakan produk ini. Alat pel ini memiliki tinggi hanya 12 mm saat posisinya mendatar sehingga mudah masuk ke dalam celah-celah tersempit.

Produk ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki perabotan rumah dengan celah yang sempit. Membeli satu produk ini, Anda akan mendapatkan free satu kepala pel yang dapat digunakan sebagai cadangan. Gagang pelnya merupakan jenis gagang sambung yang kokoh dan tidak mudah longgar saat digunakan. Seluruh lantai Anda bersih dan bebas kecoak, serta proses mengepel lantai pun menjadi lebih mudah.

1. Verimark Floorwiz Ecofibre Mop

1. Verimark Floorwiz Ecofibre Mop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 268.500

Bahan ecofiber-nya mengikat kotoran seperti magnet. Tak perlu lagi pakai bahan kimia!

Apakah Anda masih mengepel lantai dengan menggunakan cairan pembersih lantai dari bahan kimia yang tidak jelas keamanannya? Gunakan produk ini untuk membersihkan lantai, niscaya Anda tidak perlu lagi membeli cairan pembersih. Cukup membasahinya dengan air saja, bahan ecofiber pada kain pelnya mampu membersihkan kotoran. Kotoran bekas krayon, goresan, dan lainnya mudah hilang dengan produk ini.

Setelah selesai digunakan, Anda dapat membersihkan kain pelnya menggunakan mesin cuci atau mencucinya secara manual. Karena kain pel dapat digunakan kembali setelah dicuci, tentu menjadi lebih hemat daripada harus menggantinya dengan yang baru. Produk ini cocok untuk Anda yang yang mementingkan kebersihan, tetapi tetap memperhatikan keamanan bagi keluarga dan kantong Anda.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa produk yang telah kami himpun khusus untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda minati?

Sebenarnya ada beberapa bentuk alat pel yang beredar di pasaran, selain alat pel berbentuk flat seperti yang telah kami jelaskan di atas. Tentunya kami berharap penjelasan kami tersebut dapat mempermudah Anda mencari alat pel yang pas sesuai kebutuhan. Tetap semangat menjaga kebersihan!