• 10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Alat pel yang sanggup menyerap kotoran dengan kuat dan efektif merupakan sahabat yang menguntungkan bagi penggunanya. Saat ini, alat pel yang beredar di pasaran memiliki bermacam-macam perbedaan dilihat dari ukuran dan jenisnya. Permasalahan yang kerap ditemukan adalah beberapa orang masih bingung dengan beragam produk yang ada. Tak jarang mereka memilih alat pel yang kurang sesuai dengan kebutuhan.

Agar terhindar dari masalah serupa, kami akan membagikan tips cara memilih alat pel yang ideal untuk Anda. Setelah penjelasan tersebut, kami akan merekomendasikan beberapa produk alat pel terbaik yang telah kami himpun. Anda dapat memilih produk-produk yang bagus dan sesuai dengan pilihan hati Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.824 Views
Daftar isi

Cara memilih alat pel

Bukan sekadar alat untuk membersihkan kotoran di lantai, melainkan alat pel yang Anda beli pun sebaiknya sesuai dengan cara memilih berikut ini. Poin-poin yang telah kami rangkum ini dapat Anda jadikan referensi ke depannya.

Pilihlah jenis yang cocok dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan

Alat pel secara garis besar dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan penggunaan kainnya yakni kain pel yang dapat diganti dan kain pel yang dapat dicuci. Mari bandingkan kelebihan masing-masing jenis dan mengecek jenis mana yang pas untuk kebutuhan Anda.

Kain pel yang dapat diganti: tidak merepotkan dan penggunaan luwes

Kain pel yang dapat diganti: tidak merepotkan dan penggunaan luwes
Jenis ini terbilang praktis karena setelah digunakan, kain pel yang kotor dapat dibuang. Kain pel pengganti dapat dengan mudah dibeli di pasar, supermarket, atau tempat perbelanjaan lain. Harganya juga relatif murah. Jenis ini lebih luwes karena Anda dapat memilih kain yang sesuai dengan kondisi ruangan yang ada di rumah Anda.
Satu hal yang perlu diingat, jika Anda menggunakan lembaran kain pel yang tidak bersih, kotoran yang menempel pada kain pel akan menyebar lagi di lantai. Oleh karena itu, gantilah kain pel sebisa mungkin setelah kinerja pel mulai menurun.
Pemilihan kain juga penting untuk diperhatikan. Gunakanlah kain kering untuk membersihkan area yang basah. Apabila hendak mengepel ruangan yang sedikit basah, seperti dapur, teras, atau sebagainya, sebaiknya Anda menyapu ruangan terlebih dahulu hingga bersih. Jika Anda mempunyai binatang peliharaan atau anak yang sering beraktivitas di lantai, Anda dapat mempertimbangkan adanya kain pel yang memiliki kandungan wax oil pada permukaan kainnya.

Kain pel yang dapat dicuci: dapat digunakan berulang dan ekonomis

Kain pel yang dapat dicuci: dapat digunakan berulang dan ekonomis
Alat pel jenis ini merupakan pel yang ekonomis karena Anda dapat menggunakannya berulang kali. Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang memperhatikan pengeluaran rutin.
Berbicara mengenai mana yang lebih mudah digunakan, tentu kain pel yang dapat diganti akan lebih menguntungkan. Alat pel ekonomis ini tidak kami sarankan untuk mereka yang merasa kerepotan jika harus mencuci atau membersihkan kain setelah pemakaian.
Jenis kain pel yang dapat dicuci ini kami rekomendasikan untuk keluarga yang perlu membersihkan lantai setelah terkena kotoran atau basah dengan segera. Terlebih untuk keluarga dengan anak kecil atau binatang peliharaan di dalamnya.
Produk ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda hendak menggunakan satu alat pel saja untuk membersihkan setiap sudut rumah. Biasanya, kain pel yang dapat diganti hanya digunakan untuk satu ruangan saja seperti dapur hingga kain tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Pilih ukuran, bentuk, dan berat kepala alat pel yang pas dengan kebutuhan

Setelah memilih satu dari dua jenis alat pel yang tersedia, selanjutnya Anda perlu mengecek ukuran, bagian belakang, serta berat dari kepala alat pel. Berikut ini uraian selengkapnya.

Ukuran kepala alat pel: 25 cm untuk ruang tamu, 15 cm untuk toilet

Ukuran kepala alat pel: 25 cm untuk ruang tamu, 15 cm untuk toilet
Menggunakan alat pel yang ukuran kepalanya ideal dengan ukuran ruangan yang akan dibersihkan dapat mengurangi waktu dan tenaga yang Anda perlukan. Pilih kepala pel yang memiliki lebar sekitar 25 cm untuk ruangan seperti ruang tamu atau kamar tidur. Sementara itu, ukuran kepala alat pel yang lebih kecil dengan lebar sekitar 15 cm cocok untuk membersihkan sisi rumah yang lebih sempit, misalnya toilet atau bagian celah furnitur di rumah Anda.
Dengan kepala alat pel yang berukuran kecil, Anda dapat juga menggunakannya untuk membersihkan langit-langit kamar. Disarankan agar Anda memiliki dua alat pel dengan ukuran kecil dan besar sekaligus agar sudut-sudut hunian dapat dibersihkan dengan maksimal.
Jika Anda ingin membersihkan sudut-sudut sempit dengan mudah, kami menyarankan Anda mengatur furnitur agar mudah dijangkau oleh alat pel. Dengan memberikan jarak antara furnitur dan dinding, Anda dapat mengepel debu yang ada di bagian tersebut sehingga memudahkan proses pembersihannya.

Kepala alat pel dengan tonjolan akan memudahkan kerja Anda

Kepala alat pel dengan tonjolan akan memudahkan kerja Anda
Jika Anda ingin membersihkan lantai dengan lancar, pilihlah produk yang memiliki tonjolan di bagian permukaan kepala alat pel. Tonjolan ini dapat membantu kerja alat pel walaupun menggunakan kain pel yang harganya murah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih saat mengepel karena kain dapat membersihkan kotoran dengan baik tanpa mudah selip.
Gunakanlah alat pel yang sisi bagian belakangnya menggembung supaya kain pel meluncur dengan mulus di lantai yang kotor. Bentuk tersebut dapat dengan optimal menempel di lantai, jadi Anda dapat mengatasi kotoran yang tercecer di lantai tanpa harus mengeluarkan tenaga lebih.
Produk yang beredar di pasaran dijual dengan rentang harga yang beragam. Sebaiknya Anda tidak memilih produk yang terlalu murah jika Anda ingin menggunakan alat pel dalam kurun waktu yang lama. Biasanya produk yang terlalu murah akan cepat rusak di bagian kepalanya. Selain itu, bagian ujung kepalanya sering tidak simetris sehingga menyebabkan kotoran-kotoran yang telah terkumpul di kain menyebar melalui celah tersebut. Sayangnya, alat pel dengan bagian kepala yang menonjol ini jarang ditemukan di toko online Indonesia.

Pilih berat kepala alat pel yang sesuai, 350 gram tergolong ringan

Pilih berat kepala alat pel yang sesuai, 350 gram tergolong ringan
Umumnya, barang rumah tangga yang lebih ringan adalah barang yang lebih baik, tetapi hal ini sedikit berbeda dengan alat pel. Beberapa orang menganggap jika terlalu ringan, bagian kepala alat pel membuat mereka merasa tidak nyaman saat menggunakannya karena alat pel seperti tidak menyentuh lantai. Jadi, sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing apakah Anda lebih suka menggunakan alat pel dengan kepala berbobot berat atau sebaliknya.
Alat pel dengan bobot kepala 350 gram tergolong sebagai produk yang ringan. Anda dapat menggunakan bobot angka tersebut sebagai acuan dalam memilih produk yang pas. Sebenarnya, alat pel dengan bagian kepala yang ringan dapat menapak dengan baik di lantai. Begitu pun dengan bagian kepalanya yang berat masih terbilang luwes untuk digerakkan. Jadi, hampir tidak ada perbedaan kinerja dari dua jenis tersebut.
Bagi Anda yang memiliki alat pel dengan bobot yang ringan, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan langit-langit dan dinding. Selain itu, alat pel yang ringan sangat nyaman untuk membersihkan kamar mandi.

Perhatikan bagian gagang alat pelnya

Agar nyaman ketika digunakan untuk membersihkan lantai, Anda juga perlu memperhatikan bagian gagang alat pel. Poin-poin yang perlu dicek ulang antara lain tipe, tinggi, dan permukaan pegangan gagang alat pelnya.

Pilih gagang teleskopik atau gagang sambung?

Pilih gagang teleskopik atau gagang sambung?
Terdapat dua tipe gagang pada alat pel yaitu jenis gagang teleskopik dan gagang sambung. Dari dua tipe tersebut yang lebih nyaman digunakan adalah jenis sambung. Awalnya, mungkin Anda berpikir bahwa tipe teleskopik tampak lebih menarik digunakan karena panjang gagang dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, bagian tersebut rawan longgar terlebih lagi jika Anda hendak menggunakan alat pel dalam jangka waktu lama. Untuk mendapatkan produk yang stabil dan mudah digunakan, silakan Anda mempertimbangkan alat pel dengan gagang sambung terlebih dahulu.
Pemilihan produk pada poin ini harus menyesuaikan juga dengan tinggi badan Anda. Alat pel dengan gagang sambung cocok digunakan oleh orang yang memiliki tinggi badan sekitar 160 cm. Jika ukurannya tidak sesuai dengan tinggi badan, Anda patut untuk mempertimbangkan produk lain.
Apabila Anda hendak membeli alat pel untuk digunakan sehari-hari, kami merekomendasikan Anda memilih alat pel dengan gagang sambung. Di sisi lain, alat pel yang gagangnya berukuran kecil sangat baik dalam hal penyimpanan serta dapat diringkas menjadi lebih kecil.

Idealnya tinggi gagang dalam posisi datar 3 cm atau kurang

Idealnya tinggi gagang dalam posisi datar 3 cm atau kurang
Seberapa tinggi sambungan antara kepala pel dan gagang saat posisinya sejajar dengan lantai merupakan poin yang sangat penting untuk dicek. Pilihlah alat pel yang sambungan kepala dan gagang pelnya memiliki tinggi 3 cm atau kurang ketika diposisikan mendatar. Hal ini dapat memudahkan Anda saat mengakses atau membersihkan kolong-kolong sempit, seperti bawah sofa, tempat tidur, dan perabotan-perabotan lainnya.
Ukuran tinggi tersebut biasanya tercantum dalam kemasan produk. Apabila tinggi gagang posisi datar tidak tercantum pada kemasan produk, sebaiknya Anda memastikannya dengan melihat ukuran ulir pada sambungan gagang alat pel yang Anda beli tersebut. Sebaiknya Anda juga membeli furnitur yang memiliki kolong atau celah. Bukan hanya memudahkan pergerakan alat pel, Anda pun dapat membersihkan seluruh ruangan dengan mudah karena antara lantai dan furnitur memiliki celah sekitar 3 cm atau lebih.

Pilihlah pegangan gagang yang tebal atau pas di tangan

Pilihlah pegangan gagang yang tebal atau pas di tangan
Sebaiknya Anda tidak mengabaikan kenyamanan pegangan dari gagang alat pel yang Anda pilih. Saran kami agar Anda memilih pegangan yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Pilihlah pel dengan pegangan yang pas di tangan Anda.
Alat pel yang pegangannya memiliki grip akan lebih mudah untuk digenggam bahkan ketika tangan Anda basah sekalipun. Selain itu, grip juga berfungsi agar gagang pel tidak mudah lepas dari tangan dan menambah kenyamanan dalam pemakaian.

10 Rekomendasi alat pel terbaik

Setelah membaca penjelasan di atas, kami akan memperkenalkan beberapa produk yang sekiranya dapat dijadikan senjata untuk membersihkan debu sekaligus kotoran yang membandel di lantai rumah Anda. Pilihlah mana produk yang sesuai dengan kebutuhan.

7. Refill Pel Microfiber Teleskopik Scotch-Brite™

Rp 200.000,00

4. Neohaus 2 in 1 Don’t Touch Mop

Rp 278.000,00

2. IDEALIFE Flat Mop Alat Pel Pembersih Lantai (IL – 101)

Rp 250.000,00

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa produk yang telah kami himpun khusus untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda minati?
Sebenarnya ada beberapa bentuk alat pel yang beredar di pasaran, selain alat pel berbentuk flat seperti yang telah kami jelaskan di atas. Tentunya kami berharap penjelasan kami tersebut dapat mempermudah Anda mencari alat pel yang pas sesuai kebutuhan. Tetap semangat menjaga kebersihan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    72.923 Views
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Humidifier adalah alat yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Humidifier juga efektif menangkal virus dan debu yang menyebabkan alergi. Terdapat beberapa tipe dari desk humidifier, yaitu tipe steam, ultrasonik, hibrida, dan vaporisasi (paper humidifier). Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Untuk membantu Anda menemukan yang cocok, kami akan menjelaskan cara memilih desk humidifier kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk Anda dari merek Taffware, Smart Frog, dan lainnya. Mari ciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman untuk Anda dan keluarga!
    Kebutuhan rumah tangga
    30.116 Views
  • 10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Lantai Bersih Bebas Kuman (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karbol Terbaik untuk Lantai Bersih Bebas Kuman (Terbaru Tahun 2020)
    Karbol merupakan cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan dan mampu membunuh kuman. Selain untuk mengepel lantai, karbol juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, kandang hewan peliharaan, serta bagian rumah yang mengeluarkan bau tak sedap.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai fungsi karbol dan cara memilihnya agar Anda bisa mendapatkan lantai bersih bebas kuman. Tidak itu saja, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik seperti Wipol, Super Sol, S.O.S, hingga Super Mom. Silakan dibaca hingga tuntas!
    Kebutuhan rumah tangga
    36.043 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Produsen pensil warna, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Maped mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna?Kali ini kami akan membahas hal tersebut untuk Anda. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca.
    Kebutuhan rumah tangga
    18.298 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    23.982 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    18.840 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda merasa baju tetap bau bahkan setelah dicuci dengan menggunakan mesin cuci? Bisa jadi ini menandakan adanya tumpukan kotoran atau bakteri pada drum mesin cuci Anda! Untuk mengatasi hal itu, saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai produk pembersih mesin cuci dengan keunggulannya masing-masing.Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih produk yang tepat untuk mesin cuci Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa contoh produk yang direkomendasikan, serta menjelaskan cara menggunakannya pada mesin cuci top loading, front loading, maupun tipe dua tabung. Rawatlah mesin cuci Anda agar senantiasa bersih setiap saat!
    Kebutuhan rumah tangga
    12.311 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori