1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sabun Zaitun Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dari banyak jenis sabun di pasaran, sabun zaitun dianggap memiliki manfaat kecantikan dan melembapkan kulit. Berbagai khasiat dari zaitun menjadikannya sangat populer di kalangan wanita. Namun, banyaknya varian yang beragam dari sabun zaitun mungkin membuat Anda kebingungan dalam memilih.


Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun zaitun yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi sabun zaitun terbaik dari berbagai merek, seperti Purbasari, Mustika Ratu, dan The Body Shop. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Sabun zaitun efektif untuk membuat kulit cantik!

Sabun zaitun efektif untuk membuat kulit cantik!

Saat membahas tentang sabun zaitun, sering kali muncul pertanyaan tentang apa manfaat sabun zaitun. Sebagaimana yang sering Anda dengar, sabun zaitun dikenal sangat baik untuk kulit. Hal ini karena kandungan utama sabun zaitun adalah minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan kandungan polifenol, vitamin A, vitamin E, dan kekuatan antioksidan yang tinggi.


Selain itu, minyak zaitun juga dapat merangsang pergantian sel kulit mati sehingga cocok untuk perawatan antiaging. Di sisi lain, asam oleat pada minyak zaitun sama seperti kandungan nutrisi dalam kulit manusia. Oleh karena itu, asam oleat cocok untuk kulit dan memiliki efek melembapkan yang tinggi.


Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering atau penuaan, kandungan pada minyak zaitun ini bisa membantu mengatasinya. Jadi, bagi Anda yang ingin mengatasi masalah kulit kering, flek, dan keriput, cobalah gunakan sabun zaitun.

Cara memilih sabun zaitun

Dalam memilih sabun zaitun, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan. Berikut ini kami akan membahasnya dengan lebih detail.

① Cermati kadar minyak zaitun dan kandungan lainnya

Cermati kadar minyak zaitun dan kandungan lainnya

Sabun zaitun biasanya mengandung 4060% minyak zaitun sebagai bahan bakunya. Namun, ada juga beberapa produk yang mengandung 100% minyak zaitun. Jadi, periksalah kadar minyak zaitun dan kandungan lain yang digunakan dalam suatu produk.


Sabun zaitun bisa jadi mengandung minyak lain selain minyak zaitun. Efek sinergis minyak zaitun dengan minyak kecantikan lainnya, seperti minyak argan dan minyak jojoba, dikenal bagus untuk kulit.


Namun, jika tertulis "minyak dan lemak", berhati-hatilah karena Anda tidak tahu jenis minyak apa yang digunakan. Jika Anda mengutamakan efek kecantikan, pilihlah kandungan minyak yang jelas memiliki efek bagi kecantikan.

② Hindari bahan iritan untuk Anda yang berkulit sensitif

Hindari bahan iritan untuk Anda yang berkulit sensitif

Salah satu ciri sabun zaitun adalah menghasilkan sedikit busa. Secara khusus, makin tinggi kandungan minyak zaitun, maka makin sedikit busanya. Banyaknya busa tidak berhubungan langsung dengan kemampuan detergency. Jadi, permasalahannya adalah pada kenyamanan saat pemakaian. Jika Anda kurang nyaman dengan busa yang sedikit, Anda bisa coba untuk menggunakan foaming net.


Beberapa sabun juga menggunakan sodium lauryl sulfate (SLS) untuk membuat sabun zaitun lebih berbusa. Namun, zat ini dapat menyebabkan masalah kulit bagi sebagian orang. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari zat ini.


Selain SLS, pemilik kulit sensitif juga sebaiknya menghindari sabun yang mengandung phthalates, parfum sintetik, dan paraben. Zat-zat tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

③ Pilihlah berdasarkan cara pembuatan sabun

Sabun zaitun memiliki kandungan bahan dan efek kenyamanan yang berbeda tergantung pada metode pembuatannya. Ada dua macam metode yang biasa digunakan, yakni metode pemanasan tradisional dan metode cold pressed. Silakan simak perbedaannya berikut ini.

Metode hot process, tekstur yang menarik dan unik khas buatan tangan

Metode hot process, tekstur yang menarik dan unik khas buatan tangan
Pembuatan sabun zaitun dengan metode pemanasan tradisional disebut juga hot process. Pada metode ini, lemak dan minyak alami dicampur dengan soda kaustik, dipanaskan, dan dihidrolisis. Karena tidak ada proses pembuangan kadar garam, bahan pelembap seperti gliserin tetap terkandung di dalamnya. Gliserin ini dapat memberikan sensasi lembut pada kulit.

Selain itu, ada banyak sabun berkualitas tinggi yang dibuat oleh pengrajin dengan teknik hot process. Salah satu daya tariknya adalah Anda dapat menikmati tekstur yang unik khas buatan tangan. Sabun dengan metode ini juga biasanya memiliki ciri busa yang halus.

Metode cold pressed, mengandung banyak bahan pelembap

Metode cold pressed, mengandung banyak bahan pelembap

Metode cold pressed adalah metode yang mencampurkan minyak, lemak alami, dan soda kaustik. Kemudian, bahan tersebut perlahan-lahan dikeringkan tanpa pemanasan untuk menghasilkan sabun. Karena tidak melalui proses pemanasan, berbagai bahan yang terkandung di dalam sabun tidak rusak.


Hasilnya, terdapat lebih banyak kandungan pelembap dan bahan kecantikan lainnya dibandingkan sabun yang dibuat dengan hot process. Namun, proses pendinginan dan pemadatan sabun dengan metode ini memakan waktu lama. Oleh karena itu, produksi massal dengan metode cold pressed sulit dilakukan dan biayanya tinggi.


Metode ini juga membuat sabun tidak berbusa dengan baik dan mudah meleleh karena mengandung banyak gliserin. Saat menggunakan sabun yang dibuat dengan metode cold pressed, pastikan untuk menjaganya tetap kering setelah digunakan.

④ Periksalah reaksi penggunaan pada kulit berjerawat

Periksalah reaksi penggunaan pada kulit berjerawat

Sabun zaitun mengandung bahan aktif yang melimpah. Namun, ada teori yang menyatakan bahwa asam oleat yang melimpah dalam minyak zaitun merupakan nutrisi bagi bakteri penyebab jerawat. Bakteri jerawat inilah yang dapat menyebabkan jerawat di kulit Anda. Oleh karena itu, sabun zaitun tidak dianjurkan untuk orang dengan kulit berjerawat.


Perlu diketahui juga bahwa perawatan kulit berbasis minyak dapat memberikan lemak yang merupakan sumber nutrisi untuk jerawat. Jika Anda memiliki jerawat, atau jika Anda mencoba sabun zaitun dan merasa tidak nyaman, segeralah berhenti menggunakannya.

⑤ Pilihlah sesuai penggunaan, untuk wajah, seluruh tubuh, atau sebagai shampo

Pilihlah sesuai penggunaan, untuk wajah, seluruh tubuh, atau sebagai shampo

Ada dua jenis sabun zaitun menurut penggunaannya, untuk wajah dan untuk seluruh tubuh. Jenis untuk wajah relatif lebih mahal, tetapi mengandung bahan kecantikan selain minyak zaitun. Anda pun bisa mendapatkan kulit wajah yang cantik dan indah. Di sisi lain, jenis untuk seluruh tubuh biasanya juga bisa digunakan untuk sampo. Dari segi harga, jenis ini cenderung lebih murah.


Keduanya sama-sama memiliki efek membersihkan, melembapkan, serta melembutkan kulit. Namun, karena harga tiap jenis produk berbeda, sebaiknya pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi sabun zaitun terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun zaitun terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Avoskin

Naufa Pure Olive Oil Bar Soap

Avoskin Naufa Pure Olive Oil Bar Soap 1枚目

Dengan kandungan madu yang bantu atasi jerawat

2

Purbasari

Sabun Mandi Zaitun

Purbasari Sabun Mandi Zaitun 1枚目

Tidak hanya melembapkan, tetapi juga mencerahkan

3

K-Selaras

Sabun Zaitun Collagen

K-Selaras Sabun Zaitun Collagen 1枚目

Kulit wajah yang halus dan mulus bukan lagi impian

4

Herborist

Sabun Zaitun

Herborist Sabun Zaitun 1枚目

Lindungi kulit dari polusi dan radikal bebas

5

Tazakka

Zaitun Ekstrak Sabun Mandi Batang

Tazakka Zaitun Ekstrak Sabun Mandi Batang  1枚目

Dapatkan kulit glowing dengan kandungan coconut oil dan palm oil

6

Mustika Ratu

Body Soap Zaitun

Mustika Ratu Body Soap Zaitun 1枚目

Mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara menyeluruh

7

Duru

Natural Olive With Olive Oil Extract & Olive Leaf

Duru Natural Olive With Olive Oil Extract & Olive Leaf 1枚目

8

The Body Shop®

Olive Soap

The Body Shop®  Olive Soap 1枚目

Aroma Mediterania yang khas dan menyegarkan

9

Syuga

Sabun Zaitun + Vitamin E

Syuga Sabun Zaitun + Vitamin E  1枚目

Diperkaya vitamin E untuk perawatan kulit yang maksimal

10

Ecolaiv

True Castile Soap - Pure Olive Soap

Ecolaiv True Castile Soap - Pure Olive Soap 1枚目

Sabun zaitun untuk seluruh anggota keluarga, bahkan untuk bayi!

Perincian produk
Close
No.1

AvoskinNaufa Pure Olive Oil Bar Soap

Mulai dari Rp22.000,00

Dengan kandungan madu yang bantu atasi jerawat

Kelebihan:
  • Bebas alkohol, aman untuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Sabunnya cepat meleleh

Jika wajah Anda berjerawat, tetapi tetap ingin memakai sabun zaitun, produk Avoskin ini bisa Anda coba. Selain minyak zaitun, produk ini juga mengandung madu yang berfungsi sebagai antibakteri. Jadi, produk ini sangat baik untuk perawatan dan mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. Selain itu, produk ini juga bebas alkohol sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

No.2

PurbasariSabun Mandi Zaitun

Mulai dari Rp4.800,00

Tidak hanya melembapkan, tetapi juga mencerahkan

Kelebihan:
  • Wanginya lembut dan enak
  • Melembapkan kulit dengan baik

Kekurangan:

  • Perlu waktu untuk merasakan efek brightening-nya

Jika Anda mencari sabun zaitun yang memiliki efek mencerahkan kulit, Purbasari Sabun Mandi Zaitun adalah jawabannya! Sabun ini diformulasikan dengan whitening agent dan ekstrak bengkuang yang mampu mencerahkan kulit.


Dengan sabun ini, kulit tubuh tidak hanya lembap tetapi juga makin cerah. Nah, agar hasilnya maksimal, usapkan sabun dan diamkan dahulu selama dua menit sebelum dibilas. Tujuannya agar kandungan nutrisi pada sabun bisa terserap dengan lebih baik.
No.3

K-SelarasSabun Zaitun Collagen

Mulai dari Rp5.800,00

Kulit wajah yang halus dan mulus bukan lagi impian

Kelebihan:

  • Banyak kandungan lainnya yang baik untuk kulit

Kekurangan:

  • Belum ada official seller, harga terlalu bervariatif

Sabun Zaitun Collagen dari K-Selaras ini sedang ramai di pasaran. Bagaimana tidak? Sabun zaitun yang satu ini juga telah dilengkapi dengan collagen, honey, propolis, dan juga Aloe vera. Jadi, sabun ini sangat baik untuk menjadikan wajah Anda mulus, halus, dan tetap lembap.


Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan produk ini. Produk ini telah terdaftar di BPOM. Jadi, Anda bisa menggunakannya dengan tenang. Selamat mencoba!

No.4

Lindungi kulit dari polusi dan radikal bebas

Kelebihan:
  • Bisa dipakai di area wajah juga

Kekurangan:

  • Ada kandungan SLS dan parfum, pemilik kulit sensitif harap berhati-hati

Penggunaan ekstrak zaitun alami membuat produk ini kaya akan vitamin E dan antioksidan. Kulit Anda akan terlindungi dari polusi dan radikal bebas sehingga mencegah penuaan pada kulit.


Sabun zaitun yang diperuntukkan bagi pemakaian pada wajah dan seluruh tubuh ini juga mampu melembapkan dan menjaga elastisitas alami kulit. Jadi, bagi Anda yang menginginkan kulit lembut dan kenyal meski sering beraktivitas di luar, pilihlah produk ini.
No.5

TazakkaZaitun Ekstrak Sabun Mandi Batang

Mulai dari Rp13.200,00

Dapatkan kulit glowing dengan kandungan coconut oil dan palm oil

Kelebihan:

  • Diklaim bisa mengurangi tampilan stretchmark

Kekurangan:

  • Mengandung parfum yang mungkin bisa memicu iritasi pada kulit sensitif

Meski ditawarkan dengan harga yang ekonomis, produk ini memiliki khasiat yang tidak kalah hebat dengan produk lainnya. Sabun ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merawat tubuh tanpa mengeluarkan bujet terlalu besar.


Sabun mandi herbal ini mampu membersihkan sel-sel kulit mati sehingga kulit Anda akan tampak lebih segar. Selain itu, kandungan minyak lainnya seperti coconut oil dan palm oil mampu menutrisi kulit Anda. Hasilnya, kulit menjadi lembap dan glowing.
No.6

Mustika RatuBody Soap Zaitun

Mulai dari Rp22.600,00

Mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara menyeluruh

Kelebihan:
  • Ada kandungan glycerin dan propylene glycol, melembapkan dengan baik

Kekurangan:

  • Bentuk sabunnya membuatnya mudah selip saat digunakan

Mustika Ratu Body Soap Zaitun merupakan sabun zaitun yang bermanfaat untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh. Sabun ini mampu mengangkat tumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel.


Selain minyak zaitun, sabun ini juga mengandung glycerin dan propylene glycol yang dikenal baik sebagai bahan pelembap. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit tubuh yang lebih sehat, lembut, dan bersih, produk ini bisa jadi jawabannya!
No.7

DuruNatural Olive With Olive Oil Extract & Olive Leaf

Mulai dari Rp16.800,00

Kelebihan:

  • Diperkaya vitamin A, C, dan E

Kekurangan:

  • Masih minim review, jadi untuk mengetahui hasil pemakaiannya harus dicoba sendiri

Produk asal Malaysia ini tengah banyak diburu di tanah air. Hal ini karena produk ini dibuat dari bahan-bahan natural. Selain itu, produk ini juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Bagi Anda yang ingin mendapatkan nutrisi lain untuk kulit Anda, pilihlah produk ini.

No.8

The Body Shop® Olive Soap

Mulai dari Rp79.000,00

Aroma Mediterania yang khas dan menyegarkan

Kelebihan:

  • Menggunakan metode cold-pressed sehingga khasiatnya lebih maksimal

Kekurangan:

  • Harganya cukup mahal dibandingkan merek lainnya

Sabun zaitun yang memiliki aroma segar dan lembut ini mengandung minyak zaitun dari Italia. Rasakan aroma khas Mediterania yang hangat pada seluruh tubuh Anda dengan menggunakan produk ini saat mandi.


Selain wanginya yang segar, sabun ini juga sangat baik dalam melembapkan kulit. Formulasinya dapat mengatasi kulit yang sangat kering sekalipun. Bagi Anda yang sering merasa gatal, eksim, bersisik, cobalah atasi dengan sabun keluaran The Body Shop® ini.

No.9

SyugaSabun Zaitun + Vitamin E

Mulai dari Rp17.500,00

Diperkaya vitamin E untuk perawatan kulit yang maksimal

Kelebihan:

  • Diperkaya vitamin E dan B3

Kekurangan:

  • Cepat meleleh dan habis

Sabun zaitun dari Syuga tidak hanya mengandung olive oil dan coconut oil, tetapi juga diperkaya vitamin E dan B3. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengencangkan dan merawat kulit Anda.


Sabun zaitun ini juga diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak. Jadi, produk ini pas sekali dijadikan sabun favorit untuk seluruh keluarga di rumah.

No.10

EcolaivTrue Castile Soap - Pure Olive Soap

Mulai dari Rp130.000,00

Sabun zaitun untuk seluruh anggota keluarga, bahkan untuk bayi!

Kelebihan:
  • Sabun alami dengan 100% extra virgin olive oil
  • Aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi

Kekurangan:

  • Hanya ada dalam kemasan 500 ml, sulit dibawa bepergian

Ecolaiv True Castile Pure Olive merupakan sabun pembersih alami yang terbuat dari 100% extra virgin olive oil. Produk ini diformulasikan dengan lembut sehingga aman bagi semua jenis kulit. Termasuk untuk kulit sensitif, mudah terkena alergi, atau eczema, produk ini sangat direkomendasikan.


Bagi Anda yang mencari sabun untuk seluruh anggota keluarga, silakan pilih produk ini. Tidak hanya untuk dewasa dan anak-anak, sabun ini bahkan dapat digunakan untuk bayi. Selamat mencoba!

Tips penyimpanan sabun dengan kandungan 100% minyak zaitun

Tips penyimpanan sabun dengan kandungan 100% minyak zaitun

Sabun dengan kandungan 100% minyak zaitun dikatakan sangat lembap dan kecil kemungkinannya menyebabkan masalah kulit. Sabun ini sangat populer karena kandungan bahan aktif minyak zaitun yang melimpah di dalamnya. Namun, saat menggunakannya, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan.


Produk dengan kandungan 100% minyak zaitun rentan terhadap ruangan yang lembap. Jika Anda meletakkannya di kamar mandi, sabun akan cepat meleleh dan mengecil dalam sekejap. Agar efektif digunakan, harap simpan sabun di tempat kering segera setelah selesai digunakan.

Baca juga rekomendasi produk kecantikan untuk kelembapan kulit lainnya di sini

Selain menggunakan sabun yang tidak membuat kulit kering, perawatan kulit lainnya setelah mandi juga sangat diperlukan. Misalnya, Anda dapat menggunakan lotion atau cream untuk memberikan efek melembapkan pada kulit lebih lama. Untuk itu, silakan baca artikel produk kecantikan lainnya yang bisa memberikan dan menjaga kelembapan kulit di sini.

Kesimpulan

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun memang tidak bisa dimungkiri. Wajar saja jika produk kecantikan yang mengandung zaitun sangat laris di pasaran, termasuk sabun zaitun.


Temukanlah sabun zaitun sesuai preferensi Anda dan selamat memiliki kulit yang lembap serta sehat. Selain itu, jika Anda membeli sabun dengan 100% kandungan minyak zaitun, pastikan Anda menyimpannya dengan baik, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer