• 10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Saus Tiram Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Saus tiram atau oyster sauce merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram. Selain banyak digunakan pada Chinese food, saus serbaguna ini juga sering ditambahkan pada masakan Jepang dan western. Saat ini, telah banyak merek saus tiram di pasaran seperti Lee Kum Kee, Saori, dan Kikkoman.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tiram yang enak dan memberikan rekomendasi produknya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pemilik restoran dan chef kami, Laire Siwi Mentari. Dengan menyimaknya, Anda tidak akan salah dalam membeli. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.

Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Apa itu saus tiram?

Apa itu saus tiram?
Saus tiram atau oyster sauce adalah bumbu masakan Cina dari tiram dengan rasa gurih asin manis yangumami. Awalnya, pada 1888 di Hong Kong, pendiri brand saus Lee Kum Kee sedang membuat sup tiram. Beliau berniat untuk menyajikan sup tersebut di restorannya. Ketika itu, beliau lupa mematikan api sehingga proses pemasakan sup tiram berlangsung lebih lama. 

Dari situlah secara tidak sengaja terbentuk saus tiram. Pada dasarnya saus tiram yang kini diproduksi massal adalah kaldu tiram yang mengental dan dikaramelisasi dengan gula. Lalu, kaldu tiram tersebut diberi campuran larutan maizena dan kecap agar rasanya makin sedap.


Saat ini, saus tiram merupakan salah satu bumbu yang digemari di dunia. Tidak hanya digunakan untuk hidangan Cantonese, saus tiram juga menjadi bumbu penting pada masakan Cina. Selain itu, saus tiram cocok ditambahkan pada berbagai hidangan.


Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saus tiram

Meski semua saus tiram terlihat sama, ternyata setiap saus memiliki perbedaan. Untuk mengetahui keunikannya masing-masing, mari simak bersama poin-poin dalam memilih saus tiram di bawah ini.

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram

Sebelum membeli saus tiram, Anda dapat mengecek kandungan bahan dalam produk saus tiram melalui tabel komposisinya. Produsen berkewajiban untuk mengungkapkan dengan jelas komposisi suatu produk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi seperti bahan baku, bahan aditif makanan, alergen, dan tanggal kedaluwarsa.


Bahan baku dan bahan aditif makanan ditampilkan dari urutan proporsi yang tertinggi hingga terendah. Jika Anda ingin rasa asli tiram yang dominan, silakan memilih saus tiram yang persentase tiramnya tinggi. Namun, bila menginginkan rasa lebih manis, Anda dapat mempertimbangkan produk dengan persentase gula lebih banyak.


Memerhatikan kandungan apa saja yang ada pada saus tiram botolan sangat penting. Saus produksi pabrikan kerap kali memberikan bahan zat pengawet yang banyak sehingga akan mengurangi khasiat dan kandungan baiknya. Zat pengawet yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat memicu beberapa penyakit.

Pertimbangkan rasa dan kekentalan saus sesuai selera

Pertimbangkan rasa dan kekentalan saus sesuai selera

Tergantung pada produsen dan jenis produknya, tiap saus tiram memiliki perbedaan rasa. Umumnya, rasa saus tiram mirip perpaduan kecap dan saus barbeque. Ada yang memiliki rasa asin yang kuat, ada juga yang memiliki rasa manis dominan. Rasa asin diperoleh dari garam tiram, sedangkan rasa manis muncul dari karamelisasi gula. 


Tidak hanya itu, tingkat kekentalan setiap saus tiram juga bisa berbeda. Saus tiram yang cenderung encer dapat digunakan bagi pemula atau Anda yang baru mencobanya. Untuk saus tiram yang lebih kental, cocok untuk cocolan atau ketika Anda ingin rasa tiram yang dominan. Cobalah untuk menemukan rasa dan kekentalan saus tiram yang paling sesuai selera.


Namun perlu diketahui, baik yang kental maupun agak cair, rasa saus tiram umumnya sangat kuat. Karena itu, selain menjadi bumbu dasar, saus tiram sebaiknya dicampur bahan lain jika akan digunakan sebagai saus atau cocolan

Pilih ukuran dan kemasan saus tiram sesuai kebutuhan

Pilih ukuran dan kemasan saus tiram sesuai kebutuhan
Anda akan menemukan produk saus tiram dalam berbagai kemasan dan ukuran tergantung mereknya. Selain itu, ketahanan saus tiram juga bervariasi. Ada produk yang dapat bertahan selama 1–2 bulan, ada yang mencapai 6 bulan

Tanggal kedaluwarsa yang tertera berlaku jika kemasan produk belum dibuka. Nah, setelah segel kemasan dibuka, Anda sebaiknya segera menghabiskan saus tiram tersebut. Poin ini harus Anda perhatikan karena rasa dan kekentalan saus tiram mungkin akan menurun setelah kemasannya dibuka. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih saus tiram dengan ukuran isi yang sesuai dengan kebutuhan.


Bila Anda baru ingin mencoba saus tiram atau untuk memasak porsi sedikit, cobalah kemasan sachet. Namun, jika Anda memilih kemasan sachet dan masih terdapat sisa, sebaiknya segera pindahkan sisa saus tiram ke dalam wadah yang rapat. Kemudian, masukkan sisa saus tersebut ke kulkas. Hal ini perlu Anda lakukan agar sisa saus tiram tidak berubah kualitasnya dan lebih awet.


Untuk penggunaan sehari-hari, Anda dapat mempertimbangkan kemasan botol berukuran 130–270 ml. Bagi Anda yang sering menggunakan saus tiram, misalnya untuk usaha restoran, silakan pilih ukuran lebih besar.

Cari saus tiram halal, rendah gula, atau vegan? Cek informasinya lebih lanjut

Cari saus tiram halal, rendah gula, atau vegan? Cek informasinya lebih lanjut

Seiring meningkatnya peminat saus tiram, produsen pun giat berinovasi terkait produknya. Pasalnya, setiap konsumen memiliki kebutuhannya sendiri-sendiri sesuai dengan referensinya. Bila Anda membutuhkan saus tiram dengan spesifikasi lebih khusus, cobalah mencari informasinya lebih lanjut. 


Jika Anda adalah konsumen muslim, mengecek logo halal di kemasan wajib dilakukan karena terdapat produk saus tiram yang mengandung bahan non-halal. Saat ini banyak produk saus tiram yang sudah tersertifikasi halal. Karena itu, Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir mencoba saus tiram.


Begitu pun dengan konsumen yang vegetarian, perlu teliti memilih saus tiram berbahan dasar jamur. Ada juga produk saus tiram yang cocok dikonsumsi penganut vegetarian dan vegan. Sebagai pengganti tiram, produsen menggunakan jamur yang dipercaya memiliki rasa mirip tiram asli


Namun, jika Anda masih ragu mengenai kandungan saus tiram vegetarian pabrikan, Anda dapat membuatnya sendiri dari jamur shitake kering. Blender jamur shitake kering yang telah direndam air selama kurang lebih 3 jam. Lalu, masukkan jamur yang telah halus tersebut ke air gula yang telah mengalami pengaramelan. Terakhir, tambahkan kecap manis, kecap asin, serta larutan tepung maizena ke dalam campuran tersebut.


Adapun bagi penderita diabetes atau hipertensi, usahakan memilih produk dengan klaim rendah garam serta gula.

10 Rekomendasi saus tiram terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saus tiram terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

Gambar produk
1
Ajinomoto Saori Saus Tiram 1

Ajinomoto

2
Kikkoman  Saus Bumbu Rasa Tiram 1

Kikkoman

3
Heinz ABC Saus Tiram 1

Heinz

4
Kobe Boga Utama Saus Tiram Selera  1

Kobe Boga Utama

5
Lee Kum Kee Panda Brand Oyster Sauce 1

Lee Kum Kee

6
Mamasuka Delisaos Saus Tiram 1

Mamasuka

7
Nutrimart Tropicana Slim Saus Tiram 1

Nutrimart

8
Nestle Maggi Saus Tiram 1

Nestle

9
Wan Ja Shan Vegetarian Mushroom Oyster Sauce 1

Wan Ja Shan

10
Unilever Food Solutions Knorr Oyster Sauce 1

Unilever Food Solutions

Nama produk

Saori Saus Tiram

Saus Bumbu Rasa Tiram

ABC Saus Tiram

Saus Tiram Selera

Panda Brand Oyster Sauce

Delisaos Saus Tiram

Tropicana Slim Saus Tiram

Maggi Saus Tiram

Vegetarian Mushroom Oyster Sauce

Knorr Oyster Sauce

Keunggulan

Tanpa tambahan perisa tiram untuk rasa tiram yang lebih alami

Sajikan hidangan selezat restoran ternama di rumah

Rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia

Lebih kental dan pekat untuk hasilkan masakan kaya rasa

Penggunaan ekstrak tiram hingga 11% untuk rasa yang authentic

Coba uniknya rasa saus tiram yang dimodifikasi, yuk!

Lebih rendah garam dan bebas gula tetapi tetap nikmat

Berikan rasa dan aroma khas tiram tanpa bau amis

Menggunakan jamur dan perisa tiram, cocok untuk vegetarian

Ukurannya cocok untuk memasak porsi besar

Harga mulai dariRp 10.000,00Rp 21.000,00Rp 9.300,00Rp 7.500,00Rp 30.100,00Rp 10.750,00Rp 33.000,00Rp 8.900,00Rp 26.000,00Rp 52.200,00
Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, penguat rasa, pengental, pewarna karamel, dllSirop jagung tinggi fruktosa, hasil fermentasi kedelai, pengental nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa sintetik tiram, dllTidak disebutkanGula, garam, penguat rasa, ekstrak tiram, ekstrak seafood, pati, pewarna karamel, dllGula, ekstrak tiram, garam, perisa, pengental, tepung terigu, pewarna karamel alami, dllGula, sirop jagung, ekstrak tiram, garam, pengental, kecap asin, penguat rasa, kecap ikan, udang bubuk, dllGaram NaCl dan KCl, bubuk kecap (3.01%) (mengandung pewarna alami karamel I, penguat rasa dinatrium inosinat dan dinatrium guanilat) (mengandung kedelai), pewarna alami karamel IV, dan pengawet kalium sorbatGula, garam, pengelmusi nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa, ekstrak tiram, dllSirup gula, kedelai, gandum, garam, ekstrak ragi, sodium benzoate, dan bubuk jamurGula, garam, pengental nabati, penguat rasa, protein nabati, pewarna karamel, ekstrak tiram, dll
Varian isiSaset: 23 g・Botol: 133 ml, 270 ml, 1000 mlBotol: 300 g, 2000 g135 ml, 195 ml, 425 mlSaset: 25 g・Botol : 170 g, 250 gSaset: 30 g・Botol: 145 g, 255 g, 510 g, 770 g, 907 gSaset: 23 g・Botol: 130 ml, 260 ml200 mlSaset: 30 g・Botol: 150 g, 350 g300 ml, 1000 ml1000 gr
Tautan produk
10
Bahan bakuGula, garam, pengental nabati, penguat rasa, protein nabati, pewarna karamel, ekstrak tiram, dll
Varian isi1000 gr
9

Wan Ja ShanVegetarian Mushroom Oyster Sauce

Mulai dari Rp 26.000,00

Bahan bakuSirup gula, kedelai, gandum, garam, ekstrak ragi, sodium benzoate, dan bubuk jamur
Varian isi300 ml, 1000 ml
8
Bahan bakuGula, garam, pengelmusi nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa, ekstrak tiram, dll
Varian isiSaset: 30 g・Botol: 150 g, 350 g
7
Bahan bakuGaram NaCl dan KCl, bubuk kecap (3.01%) (mengandung pewarna alami karamel I, penguat rasa dinatrium inosinat dan dinatrium guanilat) (mengandung kedelai), pewarna alami karamel IV, dan pengawet kalium sorbat
Varian isi200 ml
6
Bahan bakuGula, sirop jagung, ekstrak tiram, garam, pengental, kecap asin, penguat rasa, kecap ikan, udang bubuk, dll
Varian isiSaset: 23 g・Botol: 130 ml, 260 ml
5

Lee Kum KeePanda Brand Oyster Sauce

Mulai dari Rp 30.100,00

Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, perisa, pengental, tepung terigu, pewarna karamel alami, dll
Varian isiSaset: 30 g・Botol: 145 g, 255 g, 510 g, 770 g, 907 g
4
Bahan bakuGula, garam, penguat rasa, ekstrak tiram, ekstrak seafood, pati, pewarna karamel, dll
Varian isiSaset: 25 g・Botol : 170 g, 250 g
3
Bahan bakuTidak disebutkan
Varian isi135 ml, 195 ml, 425 ml
2
Bahan bakuSirop jagung tinggi fruktosa, hasil fermentasi kedelai, pengental nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa sintetik tiram, dll
Varian isiBotol: 300 g, 2000 g
1
Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, penguat rasa, pengental, pewarna karamel, dll
Varian isiSaset: 23 g・Botol: 133 ml, 270 ml, 1000 ml

Cara menggunakan saus tiram dalam masakan

Saus tiram merupakan bumbu yang dapat diolah ke berbagai masakan. Namun, beberapa orang mungkin masih bingung dalam penggunaan saus tiram. Oleh sebab itu, kami akan memperkenalkan beberapa kombinasi saus tiram untuk berbagai metode memasak.

Cocok untuk masakan tumis

Cocok untuk masakan tumis

Masakan tumis merupakan jenis masakan yang paling mudah diolah menggunakan saus tiram. Beberapa jenis bahan makanan yang cocok dikombinasikan dengan saus tiram antara lain sayuran, daging, jamur, dan tahu. Penggunaan saus tiram dapat menggantikan kehadiran kecap asin. 


Saus tiram dapat dituangkan bersamaan saat menumis bumbu seperti bawang putih, gula, dan garam. Setelah itu, barulah tambahkan jenis sayuran yang akan Anda tumis. Untuk tumisan sayur atau daging ala Nusantara, saus tiram biasanya dibuat kering dengan campuran bumbu-bumbu atau rempah lain. Pastikan untuk memasaknya dengan api kecil sampai saus tiramnya sedikit mengering. 


Namun di hidangan ala China, saus tiram dibuat sedikit basah. Bahkan, masakan ditambah sedikit kuah yang kemudian dikentalkan dengan larutan maizena. Keberadaan bawang putih juga membuat masakan memiliki cita rasa yang serupa dengan masakan Cina.

Menambah kelezatan masakan yang dipanggang dan berkuah

Menambah kelezatan masakan yang dipanggang dan berkuah

Anda juga bisa menjadikan saus tiram sebagai bumbu marinasi hidangan panggang seperti daging sapi, ayam, dan tahu. Anda cukup mengoleskan saus tiram secukupnya di hidangan yang akan dipanggang. Sebagai alternatif, Anda dapat menambahkan saus tiram setelah bahan makanan menjadi kecokelatan saat dipanggang.


Berhubung rasa saus tiram sangatlah dominan, sebaiknya perhatikan takaran penggunaan, terutama untuk masakan yang dipanggang. Jika tidak, bumbu lain yang dicampur akan kalah dengan rasa saus tiram.


Idealnya, saus tiram digunakan untuk menambahkan rasa umami pada masakan. Namun, seperti disebutkan sebelumnya, rasa tiram yang cenderung dominan dapat terasa menonjol di tiap masakan. Salah satu cara untuk menekan rasa saus tiram adalah mengombinasikannya dengan makanan berkuah seperti kari dan capcai kuah.

Pelengkap kreasi masakan lainnya

Pelengkap kreasi masakan lainnya
Saus tiram dapat diracik menjadi saus untuk menambah kenikmatan. Anda tinggal memadukannya dengan sayuran yang sudah direbus seperti selada, pakcoy, dan asparagus.

Selain itu, saus tiram juga nikmat saat disajikan dengan telur goreng. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti kecap, mayones, saus sambal, atau saus tomat. Dijadikan saus cocolan pun tidak kalah sedap!


Selain sebagai saus siraman berbagai sayuran dan telur, saus tiram juga cocok digunakan sebagai bahan tambahan untuk cocolan, seperti cocolan lumpia. Penambahan saus tiram pada cocolan lumpia akan menambah rasa gurih dan tekstur kental.

Baca juga rekomendasi saus lainnya di sini

Selain saus tiram, masih banyak jenis saus lain yang nikmat untuk diolah dengan berbagai masakan. Ada saus lada hitam, saus teriyaki, dan saus barbeque. Tentu sangat disayangkan bila Anda melewatkan berbagai info tentang saus-saus tersebut. Oleh sebab itu, mari cek artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Setiap saus tiram memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda. Cara pengolahan yang berbeda juga bisa menghasilkan rasa yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus cermat saat membaca komposisinya agar tidak salah dalam memilih produk.


Dari sepuluh rekomendasi saus tiram yang telah kami berikan, apakah Anda sudah menemukan produk yang dicari? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk saus tiram yang tepat. Selamat memilih dan menyajikan masakan nikmat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Garam Beryodium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Garam beryodium adalah garam yang sudah melalui proses fortifikasi penambahan yodium. Garam ini baik dikonsumsi karena dapat memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh dan perkembangan otak anak. Namun, tidak semua garam yang dijual di pasaran mengandung yodium. Karena itu, Anda harus memperhatikan setiap garam yang akan dibeli.Kami akan membantu Anda menemukan garam beryodium yang bagus untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya adalah dari merek Refina, Cap Kapal, dan Nutrisalin. Sebelum masuk pada ulasan produk, akan dipaparkan terlebih dahulu bagaimana cara memilih garam beryodium yang tepat. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori