mybest
Saus

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik [Ditinjau oleh Chef]
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 1
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 2
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 3
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 4
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 5

10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

Saus tiram atau oyster sauce merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram. Selain banyak digunakan pada Chinese food, saus serbaguna ini juga sering ditambahkan pada masakan Jepang dan western. Telah banyak merek saus tiram terbaik di pasaran, seperti Lee Kum Kee, Saori, dan Kikkoman.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus tiram yang enak dan memberikan rekomendasi produknya. Tips memilihnya disusun bersama dengan pemilik restoran dan chef kami, Laire Siwi Mentari. Setelah menyimaknya, Anda tidak akan salah dalam membeli saus tiram terenak. Selamat membaca!
Diperbaharui 27/11/2023
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 10 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum dan telah menerbitkan buku berjudul "Kelana Lidah Jawa", sebuah bunga rampai fiksi sejarah kuliner yang diterbitkan oleh Ambarrukmo.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu saus tiram?

Apa itu saus tiram?
Saus tiram atau oyster sauce adalah bumbu masakan Cina dari tiram dengan rasa gurih asin manis yangumami. Awalnya, pada 1888 di Hong Kong, pendiri brand saus Lee Kum Kee sedang membuat sup tiram. Beliau berniat untuk menyajikan sup tersebut di restorannya. Ketika itu, beliau lupa mematikan api sehingga proses pemasakan sup tiram berlangsung lebih lama. 

Dari situlah secara tidak sengaja terbentuk saus tiram. Pada dasarnya saus tiram yang kini diproduksi massal adalah kaldu tiram yang mengental dan dikaramelisasi dengan gula. Lalu, kaldu tiram tersebut diberi campuran larutan maizena dan kecap agar rasanya makin sedap.


Saat ini, saus tiram merupakan salah satu bumbu yang digemari di dunia. Tidak hanya digunakan untuk hidangan Cantonese, saus tiram juga menjadi bumbu penting pada masakan Cina. Selain itu, saus tiram cocok ditambahkan pada berbagai hidangan.


Cara memilih Saus Tiram

Meski semua saus tiram terlihat sama, ternyata setiap saus memiliki perbedaan. Untuk mengetahui keunikannya masing-masing, mari simak bersama poin-poin dalam memilih saus tiram di bawah ini.
1

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram

Sebelum membeli saus tiram, Anda dapat mengecek kandungan bahan dalam produk saus tiram melalui tabel komposisinya. Produsen berkewajiban untuk mengungkapkan dengan jelas komposisi suatu produk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi seperti bahan baku, bahan aditif makanan, alergen, dan tanggal kedaluwarsa.


Bahan baku dan bahan aditif makanan ditampilkan dari urutan proporsi yang tertinggi hingga terendah. Jika Anda ingin rasa asli tiram yang dominan, silakan memilih saus tiram yang persentase tiramnya tinggi. Namun, bila menginginkan rasa lebih manis, Anda dapat mempertimbangkan produk dengan persentase gula lebih banyak.


Memerhatikan kandungan apa saja yang ada pada saus tiram botolan sangat penting. Saus produksi pabrikan kerap kali memberikan bahan zat pengawet yang banyak sehingga akan mengurangi khasiat dan kandungan baiknya. Zat pengawet yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat memicu beberapa penyakit.

2

Pertimbangkan rasa dan kekentalan saus sesuai selera

Pertimbangkan rasa dan kekentalan saus sesuai selera

Tergantung pada produsen dan jenis produknya, tiap saus tiram memiliki perbedaan rasa. Umumnya, rasa saus tiram mirip perpaduan kecap dan saus barbeque. Ada yang memiliki rasa asin yang kuat, ada juga yang memiliki rasa manis dominan. Rasa asin diperoleh dari garam tiram, sedangkan rasa manis muncul dari karamelisasi gula. 


Tidak hanya itu, tingkat kekentalan setiap saus tiram juga bisa berbeda. Saus tiram yang cenderung encer dapat digunakan bagi pemula atau Anda yang baru mencobanya. Untuk saus tiram yang lebih kental, cocok untuk cocolan atau ketika Anda ingin rasa tiram yang dominan. Cobalah untuk menemukan rasa dan kekentalan saus tiram yang paling sesuai selera.


Namun perlu diketahui, baik yang kental maupun agak cair, rasa saus tiram umumnya sangat kuat. Karena itu, selain menjadi bumbu dasar, saus tiram sebaiknya dicampur bahan lain jika akan digunakan sebagai saus atau cocolan

3

Pilih ukuran dan kemasan saus tiram sesuai kebutuhan

Pilih ukuran dan kemasan saus tiram sesuai kebutuhan
Anda akan menemukan produk saus tiram dalam berbagai kemasan dan ukuran tergantung mereknya. Selain itu, ketahanan saus tiram juga bervariasi. Ada produk yang dapat bertahan selama 1–2 bulan, ada yang mencapai 6 bulan

Tanggal kedaluwarsa yang tertera berlaku jika kemasan produk belum dibuka. Nah, setelah segel kemasan dibuka, Anda sebaiknya segera menghabiskan saus tiram tersebut. Poin ini harus Anda perhatikan karena rasa dan kekentalan saus tiram mungkin akan menurun setelah kemasannya dibuka. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih saus tiram dengan ukuran isi yang sesuai dengan kebutuhan.


Bila Anda baru ingin mencoba saus tiram atau untuk memasak porsi sedikit, cobalah kemasan sachet. Namun, jika Anda memilih kemasan sachet dan masih terdapat sisa, sebaiknya segera pindahkan sisa saus tiram ke dalam wadah yang rapat. Kemudian, masukkan sisa saus tersebut ke kulkas. Hal ini perlu Anda lakukan agar sisa saus tiram tidak berubah kualitasnya dan lebih awet.


Untuk penggunaan sehari-hari, Anda dapat mempertimbangkan kemasan botol berukuran 130–270 ml. Bagi Anda yang sering menggunakan saus tiram, misalnya untuk usaha restoran, silakan pilih ukuran lebih besar.

4

Cari saus tiram halal, rendah gula, atau vegan? Cek informasinya lebih lanjut

Cari saus tiram halal, rendah gula, atau vegan? Cek informasinya lebih lanjut

Seiring meningkatnya peminat saus tiram, produsen pun giat berinovasi terkait produknya. Pasalnya, setiap konsumen memiliki kebutuhannya sendiri-sendiri sesuai dengan referensinya. Bila Anda membutuhkan saus tiram dengan spesifikasi lebih khusus, cobalah mencari informasinya lebih lanjut. 


Jika Anda adalah konsumen muslim, mengecek logo halal di kemasan wajib dilakukan karena terdapat produk saus tiram yang mengandung bahan non-halal. Saat ini banyak produk saus tiram yang sudah tersertifikasi halal. Karena itu, Anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir mencoba saus tiram.


Begitu pun dengan konsumen yang vegetarian, perlu teliti memilih saus tiram berbahan dasar jamur. Ada juga produk saus tiram yang cocok dikonsumsi penganut vegetarian dan vegan. Sebagai pengganti tiram, produsen menggunakan jamur yang dipercaya memiliki rasa mirip tiram asli


Namun, jika Anda masih ragu mengenai kandungan saus tiram vegetarian pabrikan, Anda dapat membuatnya sendiri dari jamur shitake kering. Blender jamur shitake kering yang telah direndam air selama kurang lebih 3 jam. Lalu, masukkan jamur yang telah halus tersebut ke air gula yang telah mengalami pengaramelan. Terakhir, tambahkan kecap manis, kecap asin, serta larutan tepung maizena ke dalam campuran tersebut.


Adapun bagi penderita diabetes atau hipertensi, usahakan memilih produk dengan klaim rendah garam serta gula.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Saus Tiram Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Saus Tiram terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 08 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Ajinomoto

Saori Saus Tiram

Ajinomoto Saori Saus Tiram 1

Rp10.000

Agak Murah

Tanpa tambahan perisa tiram untuk rasa tiram yang lebih alami

Air, gula, ektrak tiram, garam, penguat rasa, pengental, dll

Saset, botol plastik

23 ml, 133 ml, 270 ml, 1.000 ml

2

Unilever

Royco saus tiram

Unilever Royco saus tiram 1

Rp11.000

Agak Murah

Tidak amis dan irit! Cukup satu sendok untuk 350 g sayuran

Air, gula, garam, pengemulsi nabati, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat, dan gualinat), protein nabati terhidrolisa, pewarna alami karamel, ekstra tiram bubuk (mengandung cumi, ikan dan gluten), pengatur keasaman laktat, pengawet kalsium sorbat

Botol plastik

135 ml, 275 ml

Tidak diketahui

3

Lee Kum Kee

Panda Brand Oyster Sauce

Lee Kum Kee Panda Brand Oyster Sauce 1

Rp15.933

Menengah

Penggunaan ekstrak tiram hingga 11% untuk rasa yang autentik

Air, Gula, Ekstrak Tiram (Tiram, Air, Garam), Garam, Pati Jagung Modifikasi, Penguat Rasa (E621), Tepung Terigu, Pewarna (E150a)

Botol kaca

30 g, 145 g, 255 g, 510 g, 770 g, 907 g, 2.200 g

4

Nutrifood Indonesia

Tropicana Slim Saus Tiram

Nutrifood Indonesia Tropicana Slim Saus Tiram 1

Rp32.300

Agak Mahal

Lebih rendah garam dan bebas gula, tetapi tetap nikmat

Tidak disebutkan

Botol plastik

200 g

5

Heinz

ABC Saus Tiram

Heinz ABC Saus Tiram 1

Rp13.800

Agak Murah

Rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia

Air, gula, garam, ekstrak ragi (4.91%), penstabil nabati, ekstrak tiram (1.6%), penguat rasa (mononatrium glutamat dan dinatrium inosinat), pewarna alami karamel iii, pengatur keasaman, perisa sintetik, pengawet

Botol plastik

135 ml, 195 ml, 420 ml

6

Unilever Food Solutions

Knorr Oyster Sauce

Unilever Food Solutions Knorr Oyster Sauce 1

Rp52.200

Lebih Mahal

Ukurannya cocok untuk memasak porsi besar

Air, gula garam, pengental nabati, penguat rasa, ekstrak tiram 0,3%, dll

Botol plastik

1.000 g

7

Kikkoman

Saus Bumbu Rasa Tiram

Kikkoman  Saus Bumbu Rasa Tiram 1

Rp25.000

Agak Mahal

Sajikan hidangan selezat restoran ternama di rumah

Tidak disebutkan

Botol kaca, jeriken

300 g, 2.000 g

8

Kobe Boga Utama

Saus Tiram Selera

Kobe Boga Utama Saus Tiram Selera  1

Rp9.200

Agak Murah

Lebih kental dan pekat untuk hasilkan masakan kaya rasa

Air, gula, garam, penguat rasa, ekstrak tiram, ekstrak seafood, pati termodifikasi, pewarna karamel

Saset, botol plastik

20 g, 170 g

9

Bumbu Bunda by Elia

Saos Tiram Non-MSG

Bumbu Bunda by Elia Saos Tiram Non-MSG 1

Rp20.000

Menengah

Saos tiram non-MSG yang aman untuk MPASI

Air, Gula, Garam, Pati, Asam, Ekstra Tiram & Karamel

Botol plastik

150 ml

10

Wan Ja Shan

Vegetarian Mushroom Oyster Sauce

Wan Ja Shan Vegetarian Mushroom Oyster Sauce 1

Rp27.900

Agak Mahal

Menggunakan jamur dan perisa tiram, cocok untuk vegetarian

Air, sirup gula, kedelai, gandum, garam, ekstrak yeast, sodium benzoat, bubuk jamur

Botol kaca

300 ml, 1.000 ml

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AjinomotoSaori Saus Tiram

Saori Saus Tiram 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp10.000
Agak Murah

Tanpa tambahan perisa tiram untuk rasa tiram yang lebih alami

Saori Saus Tiram dari Ajinomoto terbuat dari tiram asli tanpa tambahan perisa tiram. Hasilnya, produk ini menawarkan cita rasa gurih dan asin yang sangat pas! Bahkan, Anda tidak perlu menambahkan banyak garam saat memasak dengan saus ini.


Bila Anda merupakan pemula di dapur, kehadiran saus tiram ini tentunya akan membantu. Teksturnya cenderung lebih encer sehingga lebih mudah digunakan. Di samping itu, produk ini tergolong mudah ditemukan di warung, toko kelontong, hingga supermarket besar.

Komposisi utamaAir, gula, ektrak tiram, garam, penguat rasa, pengental, dll
KemasanSaset, botol plastik
Berat bersih23 ml, 133 ml, 270 ml, 1.000 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

UnileverRoyco saus tiram

Harga referensi
Rp11.000
Agak Murah

Tidak amis dan irit! Cukup satu sendok untuk 350 g sayuran

Beberapa orang, terutama anak-anak, mungkin kurang menyukai aroma amis yang keluar saat menggunakan saus tiram. Alhasil, makan pun jadi kurang lahap. Nah, kami punya solusinya untuk Anda. Royco Saus Tiram ini terbuat dari ekstrak tiram asli yang aroma amisnya tidak kuat. Masakan pun jadi lebih gurih tanpa aroma amis yang mengganggu.


Selain itu, penggunaannya juga irit. Anda cukup menambahkan satu sendok makan Royco Saus Tiram untuk 350 g sayuran atau setara dengan tiga ikat kangkung. Anak dan keluarga lebih lahap, anggaran belanja pun aman.

Komposisi utamaAir, gula, garam, pengemulsi nabati, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat, dan gualinat), protein nabati terhidrolisa, pewarna alami karamel, ekstra tiram bubuk (mengandung cumi, ikan dan gluten), pengatur keasaman laktat, pengawet kalsium sorbat
KemasanBotol plastik
Berat bersih135 ml, 275 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.3

Lee Kum KeePanda Brand Oyster Sauce

Harga referensi
Rp15.933
Menengah

Penggunaan ekstrak tiram hingga 11% untuk rasa yang autentik

Sebagai brand pelopor saus tiram, tentu kualitas produk Lee Kum Kee tidak perlu diragukan lagi. Untuk menjaga rasa saus tiram yang autentik, produk ini memanfaatkan ekstrak tiram hingga 11%. Selain itu, saus tiram ini dibuat tanpa MSG dan termasuk non-GMO.


Terlebih lagi, saus tiram Cap Panda ini merupakan produk yang diproduksi khusus untuk pasar Indonesia. Bila Anda ingin menghasilkan rasa masakan Asia yang sempurna, silakan menambahkan saus tiram ini. Anda juga dapat mencoba varian Saus Tiram Premium Cap Panda bila ingin rasa yang lebih kuat.

Komposisi utamaAir, Gula, Ekstrak Tiram (Tiram, Air, Garam), Garam, Pati Jagung Modifikasi, Penguat Rasa (E621), Tepung Terigu, Pewarna (E150a)
KemasanBotol kaca
Berat bersih30 g, 145 g, 255 g, 510 g, 770 g, 907 g, 2.200 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.4

Nutrifood IndonesiaTropicana Slim Saus Tiram

Harga referensi
Rp32.300
Agak Mahal

Lebih rendah garam dan bebas gula, tetapi tetap nikmat

Gurihnya saus tiram dengan perpaduan rasa manis asin kini tetap bisa dinikmati penderita hipertensi dan diabetes. Nutrimart menawarkan Tropicana Slim Saus Tiram yang diklaim lebih rendah garam dan bebas gula. Selain aman bagi penderita hipertensi dan diabetes, saus tiram ini juga cocok untuk Anda yang sedang diet. Meskipun demikian, rasa yang dihasilkan pun tetap nikmat. 

Komposisi utamaTidak disebutkan
KemasanBotol plastik
Berat bersih200 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.5

HeinzABC Saus Tiram

Harga referensi
Rp13.800
Agak Murah

Rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia

Heinz ABC, salah satu produsen saus terkenal di Indonesia, memproduksi saus tiram dengan tekstur kental. Tekstur kental ini didapat dari proses perebusan tiram secara perlahan. Selain itu, rasanya tergolong unik karena memiliki rasa manis yang cenderung lebih dominan. 


Jadi, Anda perlu menambahkan garam dan penyedap lain sesuai selera bila ingin rasa masakannya lebih gurih. Bagi Anda yang gemar olahan masakan dengan cita rasa manis, produk dari Heinz ini layak dicoba.

Komposisi utamaAir, gula, garam, ekstrak ragi (4.91%), penstabil nabati, ekstrak tiram (1.6%), penguat rasa (mononatrium glutamat dan dinatrium inosinat), pewarna alami karamel iii, pengatur keasaman, perisa sintetik, pengawet
KemasanBotol plastik
Berat bersih135 ml, 195 ml, 420 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.6

Unilever Food SolutionsKnorr Oyster Sauce

Harga referensi
Rp52.200
Lebih Mahal

Ukurannya cocok untuk memasak porsi besar

Anda pengusaha restoran atau sering memasak menggunakan saus tiram? Produk ini merupakan pilihan tepat karena memiliki ukuran kemasan yang besar. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membelinya terus-menerus.


Knorr Oyster Sauce menggunakan bahan baku tiram asli yang diperoleh dari Laut Pasifik. Cita rasa manis dan asinnya diklaim seimbang sehingga komposisi masakan Anda tidak ada yang terlampau dominan.

Komposisi utamaAir, gula garam, pengental nabati, penguat rasa, ekstrak tiram 0,3%, dll
KemasanBotol plastik
Berat bersih1.000 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.7

Kikkoman Saus Bumbu Rasa Tiram

Harga referensi
Rp25.000
Agak Mahal

Sajikan hidangan selezat restoran ternama di rumah

Bagi Anda yang ingin menyajikan hidangan selezat buatan restoran ternama di rumah, cobalah produk ini. Saus tiram dari Kikkoman telah digunakan oleh banyak restoran dan hotel-hotel besar di Indonesia. Sushi Tei, Yoshinoya, dan Shangri-La pun disebut telah menjadi pengguna setia merek saus ini. 


Rasa saus ini dominan asin dengan sentuhan manis yang dihasilkan dari bahan-bahan berkualitas premium. Teksturnya kental dan pekat sehingga bisa digunakan tanpa penambahan bumbu lain. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba saus tiram ini ke dalam masakan Anda?

Komposisi utamaTidak disebutkan
KemasanBotol kaca, jeriken
Berat bersih300 g, 2.000 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.8

Kobe Boga UtamaSaus Tiram Selera

Harga referensi
Rp9.200
Agak Murah

Lebih kental dan pekat untuk hasilkan masakan kaya rasa

Merek Kobe menawarkan saus tiram dengan cita rasa gurih alami dari tiram asli. Saus Tiram Selera diproses dengan teknologi tinggi sehingga saus dapat segar lebih lama. Produk ini juga diklaim tidak menggunakan bahan pengawet ataupun pewarna buatan. Saus tiram ini memiliki tekstur lebih kental dan pekat sehingga rasanya kuat. Bila Anda ingin menyajikan masakan nikmat yang lebih kaya rasa, jangan lupa tuangkan saus tiram ini, ya!
Komposisi utamaAir, gula, garam, penguat rasa, ekstrak tiram, ekstrak seafood, pati termodifikasi, pewarna karamel
KemasanSaset, botol plastik
Berat bersih20 g, 170 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.9

Bumbu Bunda by EliaSaos Tiram Non-MSG

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Saos tiram non-MSG yang aman untuk MPASI

IDAI menyarankan pemberian makanan menu lengkap bagi bayi mulai usia enam bulan. Bukan hanya gizinya yang harus seimbang, melainkan rasanya pun harus lezat agar si kecil lahap. Saus tiram dari Bumbu Bunda ini wajib ada di dapur kalau Anda ingin memberikan MPASI lezat bergizi untuk anak. Selain bebas MSG, saus tiram ini juga bebas pengawet. Jadi, Anda tak perlu khawatir, deh, akan keamanannya untuk buah hati tercinta.

Komposisi utamaAir, Gula, Garam, Pati, Asam, Ekstra Tiram & Karamel
KemasanBotol plastik
Berat bersih150 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.10

Wan Ja ShanVegetarian Mushroom Oyster Sauce

Harga referensi
Rp27.900
Agak Mahal

Menggunakan jamur dan perisa tiram, cocok untuk vegetarian

Saus tiram ini memanfaatkan jamur sebagai pengganti tiram sehingga dapat dikonsumsi oleh Anda yang vegan dan vegetarian. Anda juga tak perlu khawatir soal rasa karena perisa tiram yang digunakan berkualitas tinggi, bahkan menyerupai tiram asli. Produk ini termasuk saus tiram non-MSG serta tidak menggunakan pewarna karamel tambahan. Teksturnya pun pekat dengan aroma yang tidak kalah harum dengan saus tiram asli.

Komposisi utamaAir, sirup gula, kedelai, gandum, garam, ekstrak yeast, sodium benzoat, bubuk jamur
KemasanBotol kaca
Berat bersih300 ml, 1.000 ml
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all

Cara menggunakan saus tiram dalam masakan

Saus tiram merupakan bumbu yang dapat diolah ke berbagai masakan. Namun, beberapa orang mungkin masih bingung dalam penggunaan saus tiram. Oleh sebab itu, kami akan memperkenalkan beberapa kombinasi saus tiram untuk berbagai metode memasak.

Cocok untuk masakan tumis

Cocok untuk masakan tumis

Masakan tumis merupakan jenis masakan yang paling mudah diolah menggunakan saus tiram. Beberapa jenis bahan makanan yang cocok dikombinasikan dengan saus tiram antara lain sayuran, daging, jamur, dan tahu. Penggunaan saus tiram dapat menggantikan kehadiran kecap asin. 


Saus tiram dapat dituangkan bersamaan saat menumis bumbu seperti bawang putih, gula, dan garam. Setelah itu, barulah tambahkan jenis sayuran yang akan Anda tumis. Untuk tumisan sayur atau daging ala Nusantara, saus tiram biasanya dibuat kering dengan campuran bumbu-bumbu atau rempah lain. Pastikan untuk memasaknya dengan api kecil sampai saus tiramnya sedikit mengering. 


Namun di hidangan ala China, saus tiram dibuat sedikit basah. Bahkan, masakan ditambah sedikit kuah yang kemudian dikentalkan dengan larutan maizena. Keberadaan bawang putih juga membuat masakan memiliki cita rasa yang serupa dengan masakan Cina.

Menambah kelezatan masakan yang dipanggang dan berkuah

Menambah kelezatan masakan yang dipanggang dan berkuah

Anda juga bisa menjadikan saus tiram sebagai bumbu marinasi hidangan panggang seperti daging sapi, ayam, dan tahu. Anda cukup mengoleskan saus tiram secukupnya di hidangan yang akan dipanggang. Sebagai alternatif, Anda dapat menambahkan saus tiram setelah bahan makanan menjadi kecokelatan saat dipanggang.


Berhubung rasa saus tiram sangatlah dominan, sebaiknya perhatikan takaran penggunaan, terutama untuk masakan yang dipanggang. Jika tidak, bumbu lain yang dicampur akan kalah dengan rasa saus tiram.


Idealnya, saus tiram digunakan untuk menambahkan rasa umami pada masakan. Namun, seperti disebutkan sebelumnya, rasa tiram yang cenderung dominan dapat terasa menonjol di tiap masakan. Salah satu cara untuk menekan rasa saus tiram adalah mengombinasikannya dengan makanan berkuah seperti kari dan capcai kuah.

Pelengkap kreasi masakan lainnya

Pelengkap kreasi masakan lainnya
Saus tiram dapat diracik menjadi saus untuk menambah kenikmatan. Anda tinggal memadukannya dengan sayuran yang sudah direbus seperti selada, pakcoy, dan asparagus.

Selain itu, saus tiram juga nikmat saat disajikan dengan telur goreng. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti kecap, mayones, saus sambal, atau saus tomat. Dijadikan saus cocolan pun tidak kalah sedap!


Selain sebagai saus siraman berbagai sayuran dan telur, saus tiram juga cocok digunakan sebagai bahan tambahan untuk cocolan, seperti cocolan lumpia. Penambahan saus tiram pada cocolan lumpia akan menambah rasa gurih dan tekstur kental.

5 Rekomendasi Saus Tiram terbaik

No. 1: AjinomotoSaori Saus Tiram

No. 2: UnileverRoyco saus tiram

No. 3: Lee Kum KeePanda Brand Oyster Sauce

No. 4: Nutrifood IndonesiaTropicana Slim Saus Tiram

No. 5: HeinzABC Saus Tiram

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.