• 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saus tiram adalah salah satu jenis bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram yang dikondensasikan. Saus serbaguna ini bukan hanya digunakan untuk berbagai Chinese food yang bersifat tumis, tetapi juga dapat ditemukan di dalam masakan yang direbus seperti kari dan oden. Jika kita menggunakannya sedikit pada masakan, rasanya akan menyebar sempurna dan memberi sentuhan rasa yang menambah sedap masakan.

Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih saus tiram yang enak agar Anda dapat menemukan yang sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk saus tiram untuk membantu Anda memilih saus tiram terbaik sebagai penyedap masakan. Anda dapat menemukan produk saus tiram terbaik seperti Saori dan Lee Kum Kee di sini. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 12 Mei 2020
  • 23.576 Views
Daftar isi

Apa itu saus tiram?

Apa itu saus tiram?
Saus tiram adalah bumbu masakan Cina dengan rasa umami yang kaya dan dibuat dari tiram sebagai bahan utamanya. Pada tahun 1888, pendiri produsen bumbu Lee Kum Kee di Hong Kong sedang membuat sup tiram untuk disajikan di restorannya. Ketika itu, ia lupa mematikan api sehingga proses pemasakan berlangsung lebih lama dan terbentuklah saus tiram secara tidak sengaja. Meskipun sejarah saus tiram dinilai lebih dangkal daripada sejarah miso, shouyu, dan lainnya, tetapi sekarang saus tiram adalah salah satu bumbu yang digemari di dunia.
Biasanya saus tiram tidak hanya digunakan untuk hidangan Cantonese, tetapi juga menjadi bumbu penting untuk masakan Cina. Hal yang wajar jika di setiap rumah di Cina memiliki persediaan saus tiram, sama halnya seperti rumah di Jepang yang memiliki persediaan shouyu dan miso.
Dikarenakan memiliki cita rasa umami yang kaya, saus tiram dapat menjadi bumbu utama untuk menumis hidangan sayuran dan daging. Saus tiram bisa juga ditambahkan saat Anda merebus mi dan sayuran. Oleh sebab itu, saus tiram ini dapat ditambahkan untuk berbagai hidangan tergantung keperluan Anda.

Cara memilih saus tiram

Semua saus tiram terlihat sama, tetapi adakah perbedaannya? Mari kita simak bersama cara memilih saus tiram di bawah ini.

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram
Semua produk saus tiram mungkin terlihat sama. Akan tetapi, jika dapat merasakan semuanya, Anda akan menemukan perbedaan rasa tergantung produsen dan produknya. Ada yang memiliki rasa asin yang kuat, ada juga yang memiliki rasa manis menyegarkan. Beberapa produk juga memiliki tingkat kekentalan yang berbeda.
Meskipun demikian, sulit mengetahui rasanya jika belum mencicipinya, bukan? Anda dapat melihat kandungan yang ada pada produk saus tiram dari tabel komposisinya. Produsen harus mengungkapkan dengan jelas komposisi produk tersebut, seperti bahan baku, bahan aditif makanan, allergen, dan tanggal kedaluwarsa.
Bahan baku dan bahan aditif makanan ditampilkan dari urutan proporsi yang tertinggi hingga yang terendah. Jika Anda ingin rasa asli tiram yang dominan, Anda dapat memilih produk saus tiram yang persentase tiramnya tinggi. Namun, jika menginginkan rasa yang lebih manis, Anda dapat mempertimbangkan produk dengan persentase gula yang lebih banyak dibandingkan produk saus tiram lainnya.

Pilih saus tiram dengan jumlah yang sesuai kebutuhan Anda

Pilih saus tiram dengan jumlah yang sesuai kebutuhan Anda
Sama seperti bumbu lainnya, pada saus tiram juga dicantumkan tanggal kedaluwarsanya. Tanggal kedaluwarsa ini bukan untuk menyatakan bahwa saus tiram dapat digunakan sampai tanggal yang tercantum. Tanggal kedaluwarsa yang tertera berlaku jika produk belum dibuka segelnya. Oleh sebab itu, setelah segel kemasan dibuka, kami sarankan Anda untuk menyimpan saus tiram di dalam lemari pendingin agar lebih tahan lama.
Untuk ketahanan dari saus tiram ini mungkin akan berbeda antara satu produk dan produk lainnya. Ada produk yang dapat bertahan hingga 1-2 bulan bahkan hingga setengah tahun, hal ini tergantung produsen dan produknya. Penilaian ini harus Anda perhatikan terlebih karena rasa dan kekentalannya mungkin akan menurun setelah kemasannya dibuka. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih saus tiram dengan jumlah yang sesuai kebutuhan agar tidak perlu disimpan berlama-lama.

10 Rekomendasi saus tiram terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk saus tiram terbaik. Pilihlah produk yang sesuai berdasarkan poin yang sudah kami jelaskan sebelumnya.
10

AAASubur Jaya Abadi Food AAA Premium Saus Tiram

Rp 30.000,00

9
8
7
6
5
4
3

Lee Kum KeeGolden Vegetarian Oyster Flavoured Sauce with Mushroom

Rp 42.500,00

2
1

Tabel perbandingan produk saus tiram terbaik

Gambar produk
1
Ajinomoto Horeka Ajinomoto Saori Saus Tiram 1

Ajinomoto

2
Lee Kum Kee Panda Brand Oyster Flavored Sauce 1

Lee Kum Kee

3
Lee Kum Kee Golden Vegetarian Oyster Flavoured Sauce with Mushroom 1

Lee Kum Kee

4
Wan Ja Shan Vegetarian Oyster Mushroom Sauce 1

Wan Ja Shan

5
Heinz ABC Saus Tiram 1

Heinz ABC

6
Raozen Bumbu Saos Tiram 1

Raozen

7
Kobe Boga Utama Selera Saus Tiram 1

Kobe

8
Knorr Unilever Knorr Saus Tiram 1

Knorr

9
Maggi Nestle Indofood Maggi Saus Tiram 1

Maggi

10
AAA Subur Jaya Abadi Food AAA Premium Saus Tiram 1

AAA

Nama produk

Horeka Ajinomoto Saori Saus Tiram

Panda Brand Oyster Flavored Sauce

Golden Vegetarian Oyster Flavoured Sauce with Mushroom

Vegetarian Oyster Mushroom Sauce

Saus Tiram

Bumbu Saos Tiram

Boga Utama Selera Saus Tiram

Unilever Knorr Saus Tiram

Nestle Indofood Maggi Saus Tiram

Subur Jaya Abadi Food AAA Premium Saus Tiram

KeunggulanTanpa tambahan perisa tiram...Kualitas terjaga sejak dahu...Saus tiram dengan potongan ...Bukan tiram, tetapi berbaha...Saus tiram lokal yang dipro...Dilengkapi kandungan rempah...Anda menyukai makanan asin ...Perpaduan rasa manis dan um...Aromanya yang kuat akan men...Kemasan praktis dengan tutu...
HargaRp 43.000,00Rp 36.000,00Rp 42.500,00Rp 31.000,00Rp 15.500,00Rp 17.500,00Rp 7.000,00Rp 51.500,00Rp 9.900,00Rp 30.000,00
Tautan produk

Cara memanfaatkan saus tiram

Beberapa orang mungkin masih bingung dalam penggunaan saus tiram. Oleh sebab itu, kami akan memperkenalkan beberapa kombinasi saus tiram untuk berbagai metode memasak.

Cocok untuk masakan tumis

Cocok untuk masakan tumis
Saus tiram adalah salah satu jenis saus yang mudah untuk digunakan. Bahan masakan yang cocok dikombinasikan dengan saus tiram salah satunya adalah sayuran, daging, jamur, dan tahu. Penggunaan saus tiram dapat menggantikan penggunaan kecap asin, lalu sempurnakan rasa masakan dengan sedikit garam. Anda juga dapat menambahkan bawang putih untuk membuat masakan Anda lebih kaya rasa dan memiliki cita rasa serupa dengan masakan Cina.
Sayuran seperti kubis, paprika hijau, taoge, dan bawang merupakan sayuran yang biasanya digunakan untuk tumisan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan saus tiram untuk menumis terung, selada, bok choy, labu, kacang hijau, brokoli, dan kentang.
Anda dapat menambahkan saus tiram bersamaan saat menumis bumbu, seperti bawang putih, gula, dan garam. Setelah itu, barulah tambahkan jenis sayuran yang akan Anda tumis dan masak dengan api kecil sampai saus tiramnya sedikit mengering.

Menambah kelezatan untuk masakan yang dipanggang

Menambah kelezatan untuk masakan yang dipanggang
Saus tiram juga dapat ditambahkan pada masakan yang sederhana, seperti daging panggang dan tahu saus tiram. Namun, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya yang cocok untuk dikombinasikan. Untuk masakan Cina, tidak hanya jenis tahu biasa yang digunakan, tetapi dapat juga dapat diganti dengan egg tofu atau yang dikenal dengan tahu Jepang. Jenis tahu ini dapat disajikan dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang.
Cara yang mudah adalah dengan memanggang di frying pan hingga kecokelatan, lalu tambahkan garam. Kemudian, Anda dapat mulai memasukkan sayap ayam dan bahan masakan lainnya. Menambahkan saus tiram ke masakan sudah dilakukan banyak orang. Selain itu, Anda dapat menambahkan saus tiram dengan minyak wijen sebagai bumbu untuk daging atau sayuran.

Jangan sampai rasa saus tiramnya mendominasi

Jangan sampai rasa saus tiramnya mendominasi
Yang terbaik adalah rasa saus tiram pada masakan tidak mendominasi karena penambahan saus tiram ditujukan hanya untuk menambah rasa umami pada masakan. Salah satu cara untuk membuat rasa saus tiramnya tidak dominan adalah mengombinasikannya dengan makanan berkuah seperti kari dan oden.
Saus tiram mungkin paling cocok saat dipadukan dengan daging. Namun, Anda dapat menambahkan sedikit saus tiram sebagai bumbu untuk siomay, dumpling, hamburger steak, dan lainnya.

Pelengkap kreasi masakan lainnya

Pelengkap kreasi masakan lainnya
Saus tiram juga dapat Anda racik menjadi saus. Anda dapat memadukannya dengan sayuran yang sudah direbus, seperti selada dan chingensai. Saus ini juga cocok dipadukan dengan asparagus.
Selain itu, saus tiram juga cocok untuk telur goreng sebagai pengganti kecap, mayones, saus sambal, atau saus tomat.

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi saus tiram yang telah kami berikan, apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda cari? Setiap produk memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda. Jadi, Anda harus cermat membacanya agar Anda tidak salah memilih produk sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk saus tiram yang tepat. Selamat memilih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang tepat. Merek mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak selengkapnya dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Makanan & minuman
    85.314 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    21.014 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    35.866 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    59.754 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    60.794 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    87.685 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Tapioka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Tapioka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tepung tapioka, sering juga disebut sebagai tepung kanji, adalah bahan baku makanan khas nusantara yang terbuat dari pati singkong. Cakwe yang lezat, cilok yang kenyal, dan pempek favorit, semuaya adalah makanan berbahan dasar tepung tapioka.Mungkin Anda tertarik menggunakan tepung tapioka untuk membuat hidangan di rumah, tetapi bingung memilih produk yang tepat. Ada beragam merek yang dijual di pasaran, mulai dari Rose Brand, Ladang Lima, hingga Tjap Pak Tani. Mana yang sebaiknya dipilih? Agar Anda tidak bingung, bacalah artikel ini karena kami akan memberikan tips memilih beserta rekomendasi produk terbaik.
    Makanan & minuman
    4.556 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori