• 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saus tiram merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram. Selain banyak digunakan pada Chinese food, saus serbaguna ini juga sering ditambahkan pada masakan Jepang dan western. Saat ini, telah banyak merek saus tiram di pasaran seperti Lee Kum Kee, Saori, dan lainnya.

Nah, untuk mencegah kebingungan saat Anda berbelanja, kami akan menjelaskan cara memilih saus tiram yang enak. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk saus tiram yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam membeli. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 40.855 Views
Daftar isi

Apa itu saus tiram?

Apa itu saus tiram?
Saus tiram adalah bumbu masakan Cina yang terbuat dari tiram dan kaya akan rasa umami. Awalnya, pada tahun 1888 di Hong Kong, pendiri brand saus Lee Kum Kee sedang membuat sup tiram. Beliau berniat untuk menyajikan sup tersebut di restorannya. Ketika itu, beliau lupa mematikan api sehingga proses pemasakan sup tiram berlangsung lebih lama. Dari situlah secara tidak sengaja terbentuk saus tiram. Sejarah saus tiram ini dinilai lebih dangkal daripada sejarah miso dan shoyu. Meski begitu, saat ini, saus tiram merupakan salah satu bumbu yang digemari di dunia.

Tidak hanya digunakan untuk hidangan Cantonese, saus tiram juga menjadi bumbu penting pada masakan Cina. Oleh karena itu, hal yang wajar jika setiap rumah di Cina memiliki persediaan saus tiram. Hal itu sama seperti rumah di Jepang yang selalu memiliki persediaan shoyu dan miso.


Karena kaya akan cita rasa umami, saus tiram dapat menjadi bumbu utama untuk menumis sayuran dan daging. Anda pun dapat menambahkan saus tiram pada rebusan sayur dan mi. Bisa dibilang, saus tiram cocok ditambahkan pada berbagai hidangan. Anda hanya perlu menyesuaikan cara penggunaannya.


Cara memilih saus tiram

Meski semua saus tiram terlihat sama, ternyata setiap saus memiliki perbedaan. Untuk mengetahui keunikannya masing-masing, mari simak bersama poin-poin dalam memilih saus tiram di bawah ini.

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram

Periksa bahan baku yang terkandung dalam produk saus tiram
Tergantung pada produsen dan jenis produknya, setiap saus tiram memiliki perbedaan rasa. Ada yang memiliki rasa asin yang kuat, ada juga yang memiliki rasa manis menyegarkan. Tidak hanya itu, tingkat kekentalan setiap saus tiram biasanya juga berbeda.

Namun, sulit mengetahui rasa setiap saus tiram jika belum mencicipinya secara langsung. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengecek kandungan bahan dalam produk saus tiram melalui tabel komposisinya. Produsen berkewajiban untuk mengungkapkan dengan jelas komposisi suatu produk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi seperti bahan baku, bahan aditif makanan, allergen, dan tanggal kedaluwarsa.


Bahan baku dan bahan aditif makanan ditampilkan dari urutan proporsi yang tertinggi hingga terendah. Jika Anda ingin rasa asli tiram yang dominan, silakan memilih saus tiram yang persentase tiramnya tinggi. Namun, bila menginginkan rasa yang lebih manis, Anda dapat mempertimbangkan produk dengan persentase gula yang lebih banyak.

Pilih ukuran saus tiram yang sesuai kebutuhan Anda

Pilih ukuran saus tiram yang sesuai kebutuhan Anda
Sama seperti bumbu lainnya, pada saus tiram juga dicantumkan tanggal kedaluwarsanya. Tanggal kedaluwarsa ini bukan untuk menyatakan bahwa saus tiram dapat digunakan sampai tanggal yang tercantum. Tanggal kedaluwarsa yang tertera berlaku jika kemasan produk belum dibuka. Sebelum kemasannya dibuka, saus tiram biasanya disimpan di lemari pendingin. Nah, setelah segel kemasan dibuka, Anda sebaiknya segera menghabiskan saus tiram tersebut. 

Saus tiram sendiri memiliki ketahanan yang berbeda antara satu produk dengan produk lainnya. Ada produk yang dapat bertahan selama 1-2 bulan, ada yang mencapai 6 bulan. Lagi-lagi, hal ini sangat bergantung pada produsen dan jenis produknya. Poin ini harus Anda perhatikan karena rasa dan kekentalan saus tiram mungkin akan menurun setelah kemasannya dibuka. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih saus tiram dengan ukuran isi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyimpannya terlalu lama setelah dibuka.

10 Rekomendasi saus tiram terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk saus tiram terbaik. Pilihlah produk yang paling sesuai untuk Anda berdasarkan poin yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

10
Bahan bakuGula, garam, pengelmusi nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa, ekstrak tiram
Varian isi150 gr, 350 gr
9
Bahan bakuGula, garam, penguat rasa, ekstrak tiram, ekstrak seafood, pati, pewarna karamel
Varian isiSachet : 25 gr・Botol : 170 gr, 250 gr
8
Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, ekstrak kecap, pengental, ekstrak ragi, bumbu rasa sapi, pewarna karamel, adas, pekak, kayu manis
Varian isi23 gr, 130 ml, 260 ml
7
Bahan bakuGula, garam, pengental nabati, penguat rasa, protein nabati, pewarna karamel, ekstrak tiram
Varian isi1000 gr
6
Bahan bakuTidak disebutkan
Varian isi195 ml, 425 ml
5
Bahan bakuSirop jagung tinggi fruktosa, hasil fermentasi kedelai, pengental nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa sintetik tiram
Varian isi300 gr
4

Lee Kum KeeGolden Vegetarian Oyster Flavoured Sauce with Mushroom

Rp 43.100,00

Bahan bakuSoy sauce, gula, corn starch, garam, jamur kering, pewarna karamel, perisa
Varian isi510 gr
3
Bahan bakuGula, sirop jagung, ekstrak tiram, garam, pengental, kecap asin, penguat rasa, kecap ikan, udang bubuk
Varian isi23 gr, 130 ml, 260 ml
2
Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, perisa, pengental, tepung terigu, pewarna karamel alami
Varian isiSachet: 30 gr・Botol: 145 gr, 255 gr, 510 gr, 770 gr, 907 gr
1
Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, penguat rasa, pengental, pewarna karamel
Varian isi133 ml, 270 ml, 1000 ml

Tabel perbandingan produk saus tiram terbaik

Gambar produk
1
Ajinomoto Saori Saus Tiram 1

Ajinomoto

2
Lee Kum Kee Panda Brand Oyster Sauce 1

Lee Kum Kee

3
MamaSuka Delisaos Saus Udang dan Jamur 1

MamaSuka

4
Lee Kum Kee Golden Vegetarian Oyster Flavoured Sauce with Mushroom 1

Lee Kum Kee

5
Kikkoman Oyster Flavored Sauce 1

Kikkoman

6
Heinz ABC Saus Tiram 1

Heinz

7
Unilever Food Solutions Knorr Saus Tiram 1

Unilever Food Solutions

8
MamaSuka Delisaos Saus Tiram Manis 1

MamaSuka

9
Kobe Boga Utama Selera Saus Tiram 1

Kobe Boga Utama

10
Nestle Indofood Maggi Saus Tiram 1

Nestle Indofood

Nama produk

Saori Saus Tiram

Panda Brand Oyster Sauce

Delisaos Saus Udang dan Jamur

Golden Vegetarian Oyster Flavoured Sauce with Mushroom

Oyster Flavored Sauce

ABC Saus Tiram

Knorr Saus Tiram

Delisaos Saus Tiram Manis

Selera Saus Tiram

Maggi Saus Tiram

Keunggulan

Tanpa tambahan perisa tiram untuk rasa tiram yang lebih alami

Penggunaan ekstrak tiram hingga 11% untuk rasa yang authentic

Hasilkan tumisan nikmat dengan cepat

Saus tiram dengan potongan jamur di dalamnya? Ada!

Tambahan fermentasi kedelai untuk menambah rasa

Paling pas dengan lidah orang Indonesia

Perpaduan rasa manis dan gurihnya membuat siapa pun ketagihan

Jadikan masakan sederhana terasa lebih lezat

Hasilkan masakan lezat ala resto

Siap pesta barbeku tanpa repot

HargaRp 9.590,00Rp 45.000,00Rp 9.500,00Rp 43.100,00Rp 20.000,00Rp 15.500,00Rp 49.200,00Rp 9.700,00Rp 8.700,00Rp 8.900,00
Bahan bakuGula, ekstrak tiram, garam, penguat rasa, pengental, pewarna karamelGula, ekstrak tiram, garam, perisa, pengental, tepung terigu, pewarna karamel alamiGula, sirop jagung, ekstrak tiram, garam, pengental, kecap asin, penguat rasa, kecap ikan, udang bubukSoy sauce, gula, corn starch, garam, jamur kering, pewarna karamel, perisaSirop jagung tinggi fruktosa, hasil fermentasi kedelai, pengental nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa sintetik tiramTidak disebutkanGula, garam, pengental nabati, penguat rasa, protein nabati, pewarna karamel, ekstrak tiramGula, ekstrak tiram, garam, ekstrak kecap, pengental, ekstrak ragi, bumbu rasa sapi, pewarna karamel, adas, pekak, kayu manisGula, garam, penguat rasa, ekstrak tiram, ekstrak seafood, pati, pewarna karamelGula, garam, pengelmusi nabati, penguat rasa, pewarna karamel, perisa, ekstrak tiram
Varian isi133 ml, 270 ml, 1000 mlSachet: 30 gr・Botol: 145 gr, 255 gr, 510 gr, 770 gr, 907 gr23 gr, 130 ml, 260 ml510 gr300 gr195 ml, 425 ml1000 gr23 gr, 130 ml, 260 mlSachet : 25 gr・Botol : 170 gr, 250 gr150 gr, 350 gr
Tautan produk

Cara menggunakan saus tiram dalam masakan

Saus tiram merupakan bumbu yang dapat diolah ke berbagai masakan. Namun, beberapa orang mungkin masih bingung dalam penggunaan saus tiram. Oleh sebab itu, kami akan memperkenalkan beberapa kombinasi saus tiram untuk berbagai metode memasak.

Cocok untuk masakan tumis

Cocok untuk masakan tumis

Masakan tumis merupakan jenis masakan yang paling mudah diolah menggunakan saus tiram. Beberapa jenis bahan makanan yang cocok dikombinasikan dengan saus tiram antara lain sayuran, daging, jamur, dan tahu. Penggunaan saus tiram dapat menggantikan kehadiran kecap asin. Anda tinggal menyempurnakan rasa masakan dengan sedikit garam. Agar masakan lebih kaya rasa, Anda dapat menambahkan bawang putih. Keberadaan bawang putih juga membuat masakan memiliki cita rasa yang serupa dengan masakan Cina.


Untuk sayuran yang akan ditumis, Anda bisa menggunakan kubis, paprika hijau, taoge, dan bawang. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan terung, selada, pakcoy, labu, kacang hijau, brokoli, dan kentang.


Saus tiram dapat dituangkan bersamaan saat menumis bumbu seperti bawang putih, gula, dan garam. Setelah itu, barulah tambahkan jenis sayuran yang akan Anda tumis. Pastikan untuk memasaknya dengan api kecil sampai saus tiramnya sedikit mengering.

Menambah kelezatan untuk masakan yang dipanggang

Menambah kelezatan untuk masakan yang dipanggang
Saus tiram dapat ditambahkan pada masakan yang sederhana seperti daging panggang dan tahu saus tiram. Anda juga bisa mengolah bahan makanan lain untuk dikombinasikan dengan saus tiram. Untuk masakan Cina, selain jenis tahu biasa, Anda bisa menggunakan jenis egg tofu. Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai tahu Jepang. Jenis tahu ini dapat disajikan dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang. Perbedaan jenis tahu dan cara pengolahannya akan memberi sensasi rasa yang berbeda.

Untuk ayam, cara paling mudah mengolahnya adalah dengan memanggangnya di frying pan hingga kecokelatan, lalu tambahkan saus tiram. Anda juga bisa mencoba membuat tahu panggang. Setelah dipanggang, taburkan dengan tumisan daging dan sayur, kemudian bumbui dengan saus tiram. Rasanya pasti lezat!

Jangan sampai rasa saus tiramnya mendominasi

Jangan sampai rasa saus tiramnya mendominasi
Idealnya, saus tiram digunakan untuk menambahkan rasa umami pada masakan. Oleh karena itu, jangan sampai rasa saus tiram mendominasi masakan Anda. Salah satu cara untuk menekan rasa saus tiram adalah mengombinasikannya dengan makanan berkuah seperti kari dan capcai kuah.

Saus tiram juga paling cocok saat dipadukan dengan daging. Selain itu, Anda bisa menambahkan sedikit saus tiram sebagai bumbu untuk siomai, dumpling, hamburger, steak, dan lainnya.

Pelengkap kreasi masakan lainnya

Pelengkap kreasi masakan lainnya
Saus tiram dapat diracik menjadi saus untuk menambah kenikmatan. Anda tinggal memadukannya dengan sayuran yang sudah direbus seperti selada, pakcoy, dan asparagus.

Selain itu, saus tiram juga nikmat saat disajikan dengan telur goreng. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti kecap, mayones, saus sambal, atau saus tomat.

Baca juga rekomendasi saus lainnya di sini

Selain saus tiram, masih banyak jenis saus lain yang nikmat untuk diolah dengan berbagai masakan. Ada saus sambal, saus tomat, saus kimchi Korea, saus teriyaki, saus barbeque, dan masih banyak lagi. Tentu sangat disayangkan bila Anda melewatkan berbagai info tentang saus-saus yang menarik tersebut. Oleh sebab itu, mari cek artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Setiap saus tiram memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda. Cara pengolahan yang berbeda juga bisa menghasilkan rasa yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus cermat saat membaca komposisinya agar tidak salah dalam memilih produk.


Dari sepuluh rekomendasi saus tiram yang telah kami berikan, apakah Anda sudah menemukan produk yang dicari? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk saus tiram yang tepat. Selamat memilih dan menyajikan masakan nikmat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    125.751 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap bebas MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    15.011 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    70.368 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    65.304 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    117.423 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    116.571 Views
  • 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baking soda atau soda kue adalah bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan kue agar hasilnya mengembang sempurna. Meski dikenal sebagai bahan untuk kue, baking soda kian populer di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang luas. Ada beragam merek yang tersedia di pasaran, seperti Koepoe Koepoe, Asahi, dan Nonik. Namun, produk manakah yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips praktis dalam memilih baking soda. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi baking soda terbaik yang bisa dijadikan referensi. Simak terus informasinya dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    89 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori