• 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.

Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.

  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2021
  • 338.762 Views
Daftar isi

Cara memilih suplemen kolagen

Sebelum membeli, Anda harus cermat dalam memilih produk. Jangan sampai suplemen kolagen yang dikonsumsi ternyata tidak memberi manfaat apapun pada tubuh Anda. Agar tidak salah pilih, simaklah cara memilih suplemen kolagen berikut ini!

Sesuaikan jenis kolagen dengan fungsi yang Anda butuhkan

Berdasarkan fungsinya, secara umum suplemen kolagen dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk mempertahankan kecantikan kulit dan menjaga kesehatan sendi. Berbeda fungsi suplemen, maka berbeda pula jenis kolagen yang dikandungnya. Mari pahami kelebihan setiap jenis kolagen melalui paparan berikut ini!

Kolagen tipe I untuk mempertahankan kecantikan kulit

Kolagen tipe I untuk mempertahankan kecantikan kulit
Pilihlah kolagen jenis ini bila Anda ingin mempertahankan kecantikan, elastisitas, dan kelembapan kulit. Sebenarnya, kolagen tipe I adalah komposisi kolagen terbesar di dalam tubuh manusia. Di dalam tubuh, kolagen jenis ini termasuk dalam kolagen yang berperan dalam pembentukan kulit, tulang, dan lainnya.

Namun, keterangan mengenai kandungan kolagen tipe I jarang dicantumkan pada kemasan suplemen kolagen. Solusinya, lihatlah manfaat yang ditawarkan suatu produk suplemen kolagen. Pilihlah suplemen kolagen yang diklaim bermanfaat untuk kecantikan kulit, seperti membuat kulit lebih lembap, elastis, bercahaya, cantik, dan sebagainya.

Kolagen tipe II untuk menjaga kesehatan sendi

Kolagen tipe II untuk menjaga kesehatan sendi

Apabila Anda ingin menjaga kesehatan sendi, kolagen tipe II tepat menjadi pilihan. Tidak sulit menemukan kolagen tipe II sebab umumnya tertulis jelas di kemasan sehingga Anda hanya perlu mengeceknya.

 
Cara lainnya, Anda bisa memperhatikan komposisinya. Biasanya, kolagen tipe II terbuat dari ekstrak tulang ikan salmon. Jenis ini ideal untuk mengurangi nyeri sendi karena faktor usia dan peradangan sendi akibat aktivitas olahraga berlebihan

Pilih berdasarkan ukuran molekul pada kolagen

Pilih berdasarkan ukuran molekul pada kolagen

Ukuran molekul kolagen biasanya tidak dicantumkan dalam kemasan suplemen. Karena itu, Anda dapat memilih produk yang mencantumkan keterangan mengenai wujud kolagen yang digunakan. Suplemen dengan kandungan collagen peptide atau low molecular weight collagen merupakan jenis yang daya serapnya tinggi


Untuk hasil lebih optimal, wujud tripeptide dapat menjadi pilihan karena memiliki susunan molekul yang lebih sederhana. Namun, kolagen dengan wujud molekul sederhana harganya relatif lebih tinggi dibandingkan molekul kolagen lainnya.

Ketahui bahan baku yang digunakan

Berdasarkan bahan bakunya, kolagen dibedakan menjadi kolagen dari hewan darat dan kolagen dari hewan air. Bahan baku juga turut menentukan kemampuan kolagen meresap ke dalam jaringan. Maka dari itu, mari kenali karakteristik kolagen berdasarkan bahan bakunya!

Bahan hewan darat, relatif lebih ekonomis

 Bahan hewan darat, relatif lebih ekonomis

Produk berbahan baku hewan darat biasanya dijual dengan harga lebih terjangkau. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin berhemat, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini. Namun, kolagen yang bersumber dari hewan darat membutuhkan waktu relatif lama untuk diserap oleh jaringan tubuh


Untuk menyiasati hal tersebut, sekarang banyak produsen suplemen kolagen yang menghasilkan produk dengan molekul halus. Tujuannya agar suplemen tetap bisa diserap cepat oleh jaringan tubuh meskipun bahan bakunya dari hewan darat. Jadi, Anda bisa memperoleh suplemen kolagen dengan harga lebih ekonomis dan kecepatan penyerapan yang bersaing.  

Bahan hewan laut, penyerapannya lebih cepat

Bahan hewan laut, penyerapannya lebih cepat

Sementara itu, produk berbahan dasar hewan air memiliki daya serap lebih tinggi karena ukuran molekulnya lebih kecil. Produk ini sesuai untuk Anda yang ingin segera merasakan manfaat suplemen kolagen yang dikonsumsi. Kebanyakan suplemen kolagen ini diambil dari ikan, baik kulit maupun sisiknya


Sebaiknya Anda memilih kolagen yang terbuat dari kulit ikan. Alasannya, pengolahan sisik ikan umumnya melibatkan bahan asam klorida untuk melunakkan tekstur sisik yang keras. Proses tersebut berisiko merusak ikatan peptida kolagennya. Hal yang dikhawatirkan adalah Anda tidak memperoleh manfaat optimal dari kolagen akibat perubahan struktur collagen peptide tersebut.

Periksa bahan pendukung di dalamnya

Saat memilih suplemen kolagen, tidak hanya bahan bakunya saja yang perlu Anda perhatikan. Bahan pendukung di dalamnya merupakan poin yang perlu Anda amati selanjutnya.

Vitamin C dan zat besi, untuk pembentukan ulang kolagen

Vitamin C dan zat besi, untuk pembentukan ulang kolagen

Layaknya jenis protein lain, kolagen juga disusun dari berbagai asam-amino. Seperti yang telah disebutkan, secara alami tubuh dapat memproduksi kolagen. Sayangnya, asupan bahan pembentuk kolagen yang terbatas dalam makanan membuat tubuh kita tidak bisa membentuk cukup kolagen.


Agar kolagen pada tubuh dibentuk optimal, Anda membutuhkan vitamin C dan zat besi. Kedua bahan ini akan mendorong pembentukan asam-asam amino menjadi kolagen yang Anda butuhkan. Karena itu, suplemen kolagen dengan kandungan vitamin C dan zat besi dianggap lebih baik. 

Vitamin B serta C, mendukung kecantikan kulit

Vitamin B serta C, mendukung kecantikan kulit

Sudah bukan rahasia lagi, kolagen merupakan jenis protein yang mampu menjaga elastisitas serta fleksibilitas kulit. Namun, tahukah Anda, kulit bisa lebih sehat bila suplemen yang Anda konsumsi mengandung vitamin B dan C?


Selain mendukung pembentukan kembali kolagen, vitamin C berperan menekan produksi melanin agar flek hitam berkurang. Sementara itu, vitamin B adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh kulit dan rambut. Karena itu, mengonsumsi suplemen kolagen dengan tambahan vitamin B serta C dapat mempercantik kulit sekaligus rambut Anda. 

Ceramide dan royal jelly, menjadikan kulit lebih lembap

Ceramide dan royal jelly, menjadikan kulit lebih lembap

Berikutnya, Anda bisa mempertimbangkan suplemen kolagen yang dilengkapi dengan ceramide dan royal jelly. Kedua bahan tambahan ini bekerja sangat optimal untuk melembapkan kulit. Jadi, kulit Anda diharapkan menjadi lebih lembap serta plump. 


Untuk tujuan memberikan kelembapan optimal, kandungan hyaluronic acid juga dapat menjadi andalan. Selain itu, bahan yang satu ini juga memperhalus gerakan sendi. Dengan begitu, kulit yang kenyal serta sendi yang sehat pun bukan lagi sekadar impian. 

Cari bentuk yang mudah dikonsumsi

Terdapat berbagai bentuk suplemen kolagen yang beredar di pasaran, mulai dari tablet hingga bubuk. Dari aneka bentuk tersebut, Anda bisa memilih yang paling nyaman untuk Anda konsumsi. 

Bentuk tablet, kaplet, atau kapsul, praktis diminum saat bepergian

Bentuk tablet, kaplet, atau kapsul, praktis diminum saat bepergian

Kelebihan dari suplemen kolagen berbentuk tablet, kaplet, dan kapsul adalah praktis untuk dibawa-bawa. Anda bisa mengonsumsinya dengan mudah saat bepergian. Di samping itu, kadar kolagen yang Anda konsumsi pun lebih stabil karena Anda tidak perlu menakar sendiri. Sayangnya, jumlah kolagen yang terkandung menjadi terbatas sebab tablet atau kapsul tentu ukurannya tidak bisa terlalu besar.

Bentuk cair, sesuai untuk Anda yang sulit menelan tablet atau kapsul

Bentuk cair, sesuai untuk Anda yang sulit menelan tablet atau kapsul

Terlepas dari kepraktisannya, tidak semua orang dapat meminum suplemen dalam bentuk tablet atau kapsul. Sebagian di antara Anda mungkin kesulitan menelan tablet. Bila Anda termasuk salah satunya, suplemen kolagen berbentuk cair bisa menjadi pilihan. 


Karena bentuknya yang cair, tentu Anda lebih mudah menelan suplemen yang satu ini. Akan tetapi, Anda yang peduli lingkungan mungkin akan kurang nyaman sebab produknya banyak dikemas dalam botol plastik.

Bentuk bubuk, bisa dicampur dengan aneka makanan atau minuman

Bentuk bubuk, bisa dicampur dengan aneka makanan atau minuman

Jika Anda merasa kurang cocok dengan kedua bentuk suplemen di atas, masih tersedia bentuk bubuk. Kelebihannya adalah dapat dicampur dengan berbagai makanan atau minuman. Karena dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, Anda pun tidak akan cepat bosan.


Namun, bentuk bubuk cenderung merepotkan untuk dibawa bepergian, terutama apabila Anda termasuk orang dengan mobilitas yang tinggi. Jadi, pastikan Anda memilih bentuk suplemen kolagen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10 Rekomendasi suplemen kolagen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen kolagen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
10

Tempo Scan Pacific Hemaviton Collagen Asta Advanced

Mulai dari Rp 108.500,00

Jenis molekulTidak disebutkan
Bahan pendukungAstaxanthin, natural vitamin E, beta carotene, vitamin C
Bahan bakuFish collagen
BentukKaplet
9

Kinohimitsu C-D Drink (Minuman Sari Buah Campuran Dengan Kolagen)

Mulai dari Rp 570.000,00

Jenis molekulCollagen peptide
Bahan pendukungPerilla seed extract, silk protein, soy isoflavone, apple, lemon, lychee condensed juice
Bahan bakuIkan
BentukCair
8
Jenis molekulType 1 & 3 hydrolyzed collagen
Bahan pendukungCoconut oil, wheat, dan lainnya
Bahan bakuTidak disebutkan
BentukTablet hisap (gummy)
7
Jenis molekulHydrolyzed type II collagen
Bahan pendukungVitamin C, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, ginger extract, glucosamine
Bahan bakuTidak disebutkan
BentukTablet
6
Jenis molekulTidak disebutkan
Bahan pendukungVitamin C
Bahan bakuTidak disebutkan
BentukTablet hisap (gummy)
5

Realfood Winta Asia Realfood Up Peach & Collagen

Mulai dari Rp 190.000,00

Jenis molekulTidak disebutkan
Bahan pendukungPeach
Bahan bakuSarang burung walet
BentukCair
4

Vit-Best NutritionNature's Health Collagen Complex

Mulai dari Rp 315.000,00

Jenis molekulHydrolyzed collagen
Bahan pendukungVitamin C, grape seed extract, wheat grass, billbery
Bahan bakuTulang rawan ayam, ikan tuna
BentukKapsul
3

GRA Herbalindo Utama Joju Collagen Drink by Aimi

Mulai dari Rp 118.000,00

Jenis molekulTidak disebutkan
Bahan pendukungBlueberry extract, vitamin C, glutathione
Bahan bakuIkan laut dalam
BentukBubuk
2
Jenis molekulElastin peptide
Bahan pendukungVitamin A & E, selenium, pomegranate, acai, acerola, grape seed
Bahan bakuKolagen dari elastin ikan
BentukCair
1

Anugerah Ori Bionatura Indonesia Byoote Collagen

Mulai dari Rp 350.000,00

Jenis molekulTripeptide collagen
Bahan pendukungGlutathione, vitamin C, hyaluronic acid, vitamin B complex, dan lainnya
Bahan bakuTumbuhan laut
BentukBubuk

Tabel perbandingan produk suplemen kolagen terbaik

Gambar produk
1
Anugerah Ori Bionatura Indonesia  Byoote Collagen 1

Anugerah Ori Bionatura Indonesia

2
Kalbe  Diva Beauty Drink 1

Kalbe

3
GRA Herbalindo Utama  Joju Collagen Drink by Aimi 1

GRA Herbalindo Utama

4
Vit-Best Nutrition Nature's Health Collagen Complex  1

Vit-Best Nutrition

5
Realfood Winta Asia  Realfood Up Peach & Collagen 1

Realfood Winta Asia

6
YOU Indonesia  YOUVIT x ERHA Collagen Pouch 1

YOU Indonesia

7
Vitabiotics   Jointace Collagen 1

Vitabiotics

8
Nature's Way Beauty Collagen Gummies  1

Nature's Way

9
Kinohimitsu  C-D Drink (Minuman Sari Buah Campuran Dengan Kolagen)  1

Kinohimitsu

10
Tempo Scan Pacific  Hemaviton Collagen Asta Advanced 1

Tempo Scan Pacific

Nama produk

Byoote Collagen

Diva Beauty Drink

Joju Collagen Drink by Aimi

Nature's Health Collagen Complex

Realfood Up Peach & Collagen

YOUVIT x ERHA Collagen Pouch

Jointace Collagen

Beauty Collagen Gummies

C-D Drink (Minuman Sari Buah Campuran Dengan Kolagen)

Hemaviton Collagen Asta Advanced

Keunggulan

Cegah tanda-tanda penuaan dengan bahan dasar murni dari laut

Bantu kurangi kerusakan dan tingkatkan jumlah kolagen dalam tubuh

Formula lengkap untuk menjaga kecantikan kulit sampai kesehatan tubuh

Hindari keriput dengan mempertahankan keseimbangan jaringan kulit

Sensasi minum buah menyegarkan sambil mencegah timbulnya tanda penuaan

Nutrisi kulit dari dalam untuk Anda, para generasi milenial!

Dukung aktivitas olahraga dengan menjaga kesehatan tulang dan sendi Anda

Cara enak meningkatkan asupan kolagen dan menyehatkan kulit

Kembalikan lagi kesegaran kulit, terutama bagi Anda yang sering bergadang

Jaga penurunan kondisi kulit dari faktor internal ataupun eksternal

Harga mulai dariRp 350.000,00Rp 138.000,00Rp 118.000,00Rp 315.000,00Rp 190.000,00Rp 59.000,00Rp 249.900,00Rp 275.000,00Rp 570.000,00Rp 108.500,00
Jenis molekulTripeptide collagenElastin peptideTidak disebutkan Hydrolyzed collagenTidak disebutkan Tidak disebutkan Hydrolyzed type II collagenType 1 & 3 hydrolyzed collagenCollagen peptideTidak disebutkan
Bahan pendukungGlutathione, vitamin C, hyaluronic acid, vitamin B complex, dan lainnyaVitamin A & E, selenium, pomegranate, acai, acerola, grape seedBlueberry extract, vitamin C, glutathioneVitamin C, grape seed extract, wheat grass, billberyPeach Vitamin CVitamin C, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, ginger extract, glucosamineCoconut oil, wheat, dan lainnyaPerilla seed extract, silk protein, soy isoflavone, apple, lemon, lychee condensed juiceAstaxanthin, natural vitamin E, beta carotene, vitamin C
Bahan bakuTumbuhan lautKolagen dari elastin ikanIkan laut dalam Tulang rawan ayam, ikan tunaSarang burung walet Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan IkanFish collagen
BentukBubukCairBubuk KapsulCair Tablet hisap (gummy)TabletTablet hisap (gummy)CairKaplet
Tautan produk

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Kami telah memaparkan berbagai hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli suplemen kolagen. Jika Anda juga membutuhkan rekomendasi suplemen lain, silakan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Berbagai macam bentuk dan merek produk suplemen kolagen telah kami perkenalkan berikut dengan tips memilihnya. Harapannya, Anda bisa menemukan suplemen kolagen yang dibutuhkan agar tubuh dan kulit Anda lebih sehat.

 
Bila Anda ingin mencampur suplemen kolagen dengan resep favorit Anda, pilihlah bentuk bubuk. Sementara itu, bentuk minuman atau tablet hisap yang praktis bisa dipilih untuk asupan kolagen on the go. Nah, apakah Anda sudah menentukan suplemen kolagen andalan?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    153.345 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    140.298 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak maupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    123.109 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    337.351 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
    134.233 Views
  • 10 Koyo Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Koyo Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    Koyo atau transdermal patch adalah obat luar yang berbentuk plester. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkannya di kulit bagian luar. Koyo juga sering dipakai untuk meredakan rasa nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.Terdapat beberapa merk koyo yang tersebar di pasaran, seperti Salonpas, Koyo Cabe, dan Hansaplast. Setiap produk memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Di artikel kali ini, kami akan mengulasnya satu per satu. Namun, sebelumnya bacalah cara memilih koyo yang bagus. Kami juga berkolaborasi dengan ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy. Simak sampai akhir, ya!
    Vitamin & suplemen
    12.863 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori