1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Vitamin & suplemen
  6. >
  7. 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.

Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.

Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen kolagen

Kolagen merupakan protein yang menyambungkan 70–80% jaringan pada tubuh manusia dan tersebar di seluruh organ tubuh. Penyebarannya meliputi area otot, kulit, pembuluh darah, kuku, lutut, dan tendon. Kolagen sendiri berperan penting untuk elastisitas kulit, membentuk struktur pada sendi, serta menjaga organ-organ dalam tubuh.

Nah, dalam memilih suplemen kolagen, Anda tentu harus cermat. Jangan sampai suplemen kolagen yang dikonsumsi ternyata tidak memberi manfaat apa pun pada tubuh Anda. Agar tidak salah pilih, simaklah cara memilih suplemen kolagen berikut ini!

① Sesuaikan jenis kolagen dengan fungsi yang Anda butuhkan

Pada dasarnya, terdapat enam belas tipe kolagen. Namun, dalam artikel ini kami akan secara khusus membahas kolagen tipe I dan II. Mari pahami kelebihan kolagen tipe I dan II melalui paparan berikut ini!

Kolagen tipe I, untuk mempertahankan kecantikan kulit

Kolagen tipe I, untuk mempertahankan kecantikan kulit
Pilihlah kolagen tipe I bila Anda ingin mempertahankan kecantikan, elastisitas, dan kelembapan kulit. Sebenarnya, kolagen tipe I adalah komposisi kolagen terbesar di dalam tubuh manusia, bahkan membentuk 90% dari kolagen alami.

Kolagen tipe ini termasuk dalam kolagen yang berperan dalam pembentukan struktur kulit, tulang tendon, tulang rawan, dan gigi. Kolagen ini juga membantu proses penyembuhan luka dan meningkatkan elastisitas kulit.


Namun, keterangan mengenai kandungan kolagen tipe I jarang dicantumkan pada kemasan produk. Solusinya, lihatlah manfaat yang ditawarkan. Pilihlah suplemen kolagen yang diklaim bermanfaat untuk kecantikan kulit, seperti membuat kulit lembap, elastis, bercahaya, cantik, dan sebagainya.

Kolagen tipe II, untuk menjaga kesehatan sendi

Kolagen tipe II, untuk menjaga kesehatan sendi

Berbeda dengan kolagen tipe I yang terbuat dari serat padat, kolagen tipe II terbuat dari serat yang lebih longgar. Kolagen ini lebih banyak ditemukan di tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan sendi.


Kolagen tipe II berperan dalam pembentukan tulang rawan dan kesehatan sendi. Jadi, apabila Anda ingin menjaga kesehatan sendi, kolagen tipe II tepat menjadi pilihan. Tidak sulit menemukan kolagen tipe II sebab umumnya tertulis jelas di kemasan sehingga Anda hanya perlu mengeceknya.

 
Cara lainnya, Anda bisa memperhatikan komposisinya. Biasanya, kolagen tipe II terbuat dari ekstrak tulang ikan salmon. Tipe ini ideal untuk mengurangi nyeri sendi karena faktor usia dan peradangan sendi akibat aktivitas olahraga berlebihan.

② Pilih berdasarkan ukuran molekul pada kolagen

Pilih berdasarkan ukuran molekul pada kolagen

Ukuran molekul kolagen biasanya tidak dicantumkan dalam kemasan suplemen. Karena itu, Anda dapat memilih produk yang mencantumkan keterangan mengenai wujud kolagen yang digunakan. Suplemen dengan kandungan collagen peptide atau low molecular weight collagen merupakan jenis yang daya serapnya tinggi.


Untuk hasil lebih optimal, wujud tripeptide dapat menjadi pilihan karena memiliki susunan molekul yang lebih sederhana. Namun, kolagen dengan wujud molekul sederhana harganya relatif lebih tinggi dibandingkan molekul kolagen lainnya.

③ Ketahui bahan baku yang digunakan

Berdasarkan bahan bakunya, kolagen dibedakan menjadi kolagen dari hewan darat dan kolagen dari hewan air. Bahan baku juga turut menentukan kemampuan kolagen meresap ke dalam jaringan. Maka dari itu, mari kenali karakteristik kolagen berdasarkan bahan bakunya!

Bahan hewan darat, relatif lebih ekonomis

Bahan hewan darat, relatif lebih ekonomis

Hewan darat, seperti sapi, babi, domba, dan unggas, umum dijadikan bahan baku suplemen kolagen. Produk berbahan baku hewan darat biasanya dijual dengan harga lebih terjangkau. Jika Anda ingin berhemat, tidak ada salahnya mencoba produk ini. Namun, kolagen dari hewan darat membutuhkan waktu relatif lama untuk diserap tubuh.


Untuk menyiasatinya, banyak produsen yang membuat produk dengan molekul halus. Tujuannya agar suplemen tetap bisa diserap cepat oleh jaringan tubuh meskipun bahan bakunya dari hewan darat. Jadi, Anda bisa memperoleh suplemen kolagen dengan harga lebih ekonomis dan kecepatan penyerapan yang bersaing.

Bahan hewan laut, penyerapannya lebih cepat

Bahan hewan laut, penyerapannya lebih cepat

Secara umum, kolagen berbahan dasar hewan air bermanfaat untuk membentuk tulang, mencegah infeksi, dan mencukupi kebutuhan protein. Kolagen yang dihasilkan memiliki daya serap lebih tinggi karena ukuran molekulnya lebih kecil. Produk ini sesuai untuk Anda yang ingin segera merasakan manfaat suplemen kolagen yang dikonsumsi.


Kebanyakan suplemen kolagen yang berbahan dasar hewan air, biasanya ikan tuna, berasal dari bagian kulit atau sisik ikan. Sebaiknya Anda memilih kolagen yang terbuat dari kulit ikan. Alasannya, pengolahan sisik ikan umumnya melibatkan bahan asam klorida untuk melunakkan tekstur sisik yang keras.


Proses tersebut berisiko merusak ikatan peptida kolagennya. Hal yang dikhawatirkan adalah Anda tidak memperoleh manfaat optimal dari kolagen akibat perubahan struktur collagen peptide tersebut.

④ Periksa bahan pendukung di dalamnya

Saat memilih suplemen kolagen, tidak hanya bahan bakunya saja yang perlu Anda perhatikan. Bahan pendukung di dalamnya merupakan poin yang perlu Anda amati karena dapat meningkatkan kinerja kolagen.

Vitamin C dan zat besi, untuk pembentukan ulang kolagen

Vitamin C dan zat besi, untuk pembentukan ulang kolagen

Layaknya jenis protein lain, kolagen juga disusun dari berbagai asam amino. Seperti yang telah disebutkan, secara alami tubuh dapat memproduksi kolagen. Sayangnya, asupan bahan pembentuk kolagen yang terbatas dalam makanan membuat tubuh kita tidak bisa membentuk cukup kolagen.


Agar kolagen pada tubuh dibentuk optimal, Anda membutuhkan vitamin C dan zat besi. Kedua bahan ini akan mendorong pembentukan asam-asam amino menjadi kolagen yang Anda butuhkan. Karena itu, suplemen kolagen dengan kandungan vitamin C dan zat besi dianggap lebih baik.

Vitamin B serta vitamin C, mendukung kecantikan kulit

Vitamin B serta vitamin C, mendukung kecantikan kulit

Sudah bukan rahasia lagi, kolagen merupakan jenis protein yang mampu menjaga elastisitas serta fleksibilitas kulit. Namun, tahukah Anda, kulit bisa lebih sehat bila suplemen yang Anda konsumsi mengandung vitamin B dan vitamin C?


Selain mendukung pembentukan kembali kolagen, vitamin C berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dibutuhkan untuk membantu melindungi kulit dari radikal bebas serta mencegah kerusakan sel dan jaringan kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga mampu menekan produksi melanin agar flek hitam berkurang.


Sementara itu, vitamin B berperan dalam memperbaiki lapisan kulit yang rusak. Dengan begitu, vitamin ini akan membantu menghilangkan bekas jerawat atau luka, serta meratakan warna kulit. Di samping itu, vitamin B adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh kulit dan rambut.

Ceramide dan royal jelly, menjadikan kulit lebih lembap

Ceramide dan royal jelly, menjadikan kulit lebih lembap

Berikutnya, Anda bisa mempertimbangkan suplemen kolagen yang dilengkapi dengan ceramide dan royal jelly. Kedua bahan tambahan ini bekerja sangat optimal untuk melembapkan kulit. Jadi, kulit Anda diharapkan menjadi lebih lembap serta plump. Berikut ini penjelasannya.


  • Ceramide merupakan lapisan lemak dalam kulit. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

  • Royal jelly memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B, zinc, dan acetylcholine. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melembapkan kulit dan menjaga kulit dari bakteri serta jamur.


Untuk memberikan kelembapan optimal, kandungan hyaluronic acid juga dapat menjadi andalan. Bahan yang satu ini juga memperhalus gerakan sendi. Dengan begitu, kulit yang kenyal serta sendi yang sehat pun bukan lagi sekadar impian.

⑤ Cari bentuk yang mudah dikonsumsi

Terdapat berbagai bentuk suplemen kolagen yang beredar di pasaran, mulai dari tablet hingga bubuk. Dari aneka bentuk tersebut, Anda bisa memilih yang paling nyaman untuk Anda konsumsi.

Bentuk tablet, kaplet, atau kapsul: Praktis diminum saat bepergian

Bentuk tablet, kaplet, atau kapsul: Praktis diminum saat bepergian

Kelebihan dari suplemen kolagen berbentuk tablet, kaplet, dan kapsul adalah praktis untuk dibawa-bawa. Anda bisa mengonsumsinya dengan mudah saat bepergian. Di samping itu, kadar kolagen yang Anda konsumsi pun lebih stabil karena Anda tidak perlu menakar sendiri.


Sayangnya, jumlah kolagen yang terkandung menjadi terbatas sebab tablet atau kapsul tentu ukurannya tidak bisa terlalu besar. Suplemen kolagen dalam bentuk ini juga biasanya memiliki tidak mudah diserap tubuh.

Bentuk cair: Sesuai untuk Anda yang sulit menelan tablet atau kapsul

Bentuk cair: Sesuai untuk Anda yang sulit menelan tablet atau kapsul

Terlepas dari kepraktisannya, tidak semua orang dapat meminum suplemen dalam bentuk tablet atau kapsul. Sebagian di antara Anda mungkin kesulitan menelan tablet. Bila Anda termasuk salah satunya, suplemen kolagen berbentuk cair bisa menjadi pilihan.


Karena bentuknya cair, tentu Anda lebih mudah menelan suplemen yang satu ini. Selain itu, suplemen ini lebih mudah diserap tubuh.


Akan tetapi, Anda yang peduli lingkungan mungkin akan kurang nyaman sebab produknya banyak dikemas dalam botol plastik. Tak hanya itu, botol juga membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar dibandingkan suplemen kolagen berbentuk tablet atau kapsul.

Bentuk bubuk: Bisa dicampur dengan aneka makanan atau minuman

Bentuk bubuk: Bisa dicampur dengan aneka makanan atau minuman

Jika Anda merasa kurang cocok dengan kedua bentuk suplemen di atas, masih tersedia bentuk bubuk. Kelebihannya adalah dapat dicampur dengan berbagai makanan atau minuman. Karena dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, Anda pun tidak akan cepat bosan.


Daya serap suplemen bubuk tergantung dari pelarutnya. Jika Anda mencampurkannya pada minuman, daya serapnya tidak jauh berbeda dengan suplemen cair. Namun, jika Anda mencampurkannya dengan makanan, perlu beberapa saat untuk mencernanya.


Kekurangan suplemen bubuk adalah cenderung merepotkan untuk dibawa bepergian, terutama apabila Anda termasuk orang dengan mobilitas tinggi. Jadi, pastikan Anda memilih bentuk suplemen kolagen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

10 Rekomendasi suplemen kolagen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen kolagen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Noera

Collagen Drink With Birdnest and Saffron Extract

Noera Collagen Drink With Birdnest and Saffron Extract  1枚目

Jaga penurunan kondisi kulit dari faktor internal ataupun eksternal

2

Beaudelab

Collagen Powder Drink

Beaudelab Collagen Powder Drink 1枚目

Hempas kulit belang, kusam, dan berjerawat dengan produk ini!

3

GRA Herbalindo Utama

Aimi JOJU Collagen Drink

GRA Herbalindo Utama  Aimi JOJU Collagen Drink 1枚目

Formula lengkap untuk menjaga kecantikan kulit sampai kesehatan tubuh

4

Anugerah Ori Bionature Indonesia

Byoote Collagen

Anugerah Ori Bionature Indonesia  Byoote Collagen 1枚目

Cegah tanda-tanda penuaan dengan bahan dasar murni dari laut

5

Yupi Indo Jelly Gum

YOUVIT x Erha Collagen

Yupi Indo Jelly Gum YOUVIT x Erha Collagen 1枚目

Nutrisi kulit dari dalam untuk Anda, para generasi milenial!

6

Solcare

Collagen Beauty Drink Blackcurrant Mix Lechy

Solcare Collagen Beauty Drink Blackcurrant Mix Lechy 1枚目

Hindari keriput dengan mempertahankan keseimbangan jaringan kulit

7

Realfood

Up Peach & Collagen

Realfood Up Peach & Collagen 1枚目

Sensasi minum buah menyegarkan sambil mencegah timbulnya tanda penuaan

8

Kinohimitsu

Collagen Diamond

Kinohimitsu  Collagen Diamond  1枚目

Kembalikan lagi kesegaran kulit, terutama bagi Anda yang sering bergadang

9

Tempo Scan Pacific

hemaviton C-1000+Collagen Less Sugar

Tempo Scan Pacific hemaviton C-1000+Collagen Less Sugar 1枚目

Bantu kurangi kerusakan dan tingkatkan jumlah kolagen dalam tubuh

10

Nature's Way

Beauty Collagen Gummies

Nature's Way Beauty Collagen Gummies  1枚目

Cara enak meningkatkan asupan kolagen dan menyehatkan kulit

Perincian produk
Close
No.1

NoeraCollagen Drink With Birdnest and Saffron Extract

Mulai dari Rp195.000,00

Jaga penurunan kondisi kulit dari faktor internal ataupun eksternal

Kondisi kulit yang menurun bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, seperti penuaan dan sinar ultraviolet. Jika Anda begitu perhatian pada kesehatan kulit, tidak ada salahnya mencoba produk ini. Suplemen kolagen ini memiliki kandungan yang lengkap, mulai dari vitamin, glutathione, hingga kolagen itu sendiri.

Semua kandungan tersebut saling bersinergi dalam mempertahankan tampilan kulit agar tampak cerah, halus, dan lembap. Konsumsi dengan teratur agar Anda merasakan manfaat optimalnya, ya.

No.2

BeaudelabCollagen Powder Drink

Mulai dari Rp299.000,00

Hempas kulit belang, kusam, dan berjerawat dengan produk ini!

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang memiliki masalah warna kulit tidak merata, kusam, dan berjerawat. Dengan kandungan vitamin C konsentrasi tinggi di dalamnya, kulit Anda akan tampak lebih cerah tanpa perlu suntik putih.


Ditambah lagi, produk ini mengandung L-glutathione yang merupakan jenis glutathione yang paling cepat sekaligus paling mudah diserap tubuh. Sebagai informasi, glutathione berperan penting dalam proses regenerasi sel dan jaringan tubuh yang rusak. Artinya, dengan mengonsumsi produk ini, jerawat dan bekas jerawat bisa diatasi lebih cepat.

No.3

GRA Herbalindo Utama Aimi JOJU Collagen Drink

Mulai dari Rp110.000,00

Formula lengkap untuk menjaga kecantikan kulit sampai kesehatan tubuh

Masih bingung menentukan suplemen yang mampu menjaga kecantikan kulit sekaligus kesehatan tubuh? Inilah jawabannya. Dibekali dengan kolagen dari ikan laut dalam, produk ini akan mengencangkan kulit serta menjaga kesehatan tulang dan sendi. Adanya blueberry extract membuat produk ini terasa segar dan tinggi antioksidan.

 

Tidak hanya itu, tambahan vitamin C akan membantu mencerahkan kulit dan menjaga stamina tubuh Anda. Pada saat bersamaan, glutathione akan berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta kelembapan kulit. Manfaatnya lengkap sekali, bukan?
No.4

Anugerah Ori Bionature Indonesia Byoote Collagen

Mulai dari Rp350.000,00

Cegah tanda-tanda penuaan dengan bahan dasar murni dari laut

Manfaat kolagen alami yang mudah diserap tubuh dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi Byoote Collagen ini. Karena terbuat dari berbagai tanaman laut, produk ini sesuai untuk Anda yang ingin memperlambat proses penuaan kulit.

Dengan merangsang pembentukan sel kulit baru, produk ini akan menjadikan kulit Anda lebih kencang dan elastis, serta bebas keriput. Selain itu, kandungan glutathione di dalamnya akan ini membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Jadi, wajah Anda akan tampak cerah serta bersih.
No.5

Yupi Indo Jelly GumYOUVIT x Erha Collagen

Mulai dari Rp59.900,00

Nutrisi kulit dari dalam untuk Anda, para generasi milenial!

Apakah Anda termasuk generasi milenial yang kini sudah berusia di atas 25 tahun? Jika jawabannya adalah iya, produk suplemen kolagen yang satu ini untuk Anda. YOUVIT x Erha Collagen ini akan menjaga kulit Anda tetap kenyal dan halus seiring pertambahan usia.


Dengan kandungan kolagen 1000 mg serta vitamin C, produk ini akan menutrisi kulit Anda dari dalam. Jadi, elastisitas kulit akan tetap terjaga dan garis-garis halus tanda penuaan pun makin samar. Tidak hanya itu, suplemen yang satu ini juga akan membantu menjaga kesehatan tulang, otak, kuku, dan rambut.

No.6

SolcareCollagen Beauty Drink Blackcurrant Mix Lechy

Mulai dari Rp119.000,00

Hindari keriput dengan mempertahankan keseimbangan jaringan kulit

Supaya tetap sehat dan tampak cantik, komposisi penyusun jaringan kulit perlu dijaga agar tetap dalam kondisi seimbang. Salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan adalah kolagen. Nah, produk ini dapat Anda konsumsi sebagai upaya menyeimbangkan jumlah kolagen dalam tubuh. Menjaga kadar kolagen dalam jaringan kulit berarti mempertahankan elastisitas kulit serta merangsang regenerasi kulit.

Karena itu, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin menunda timbulnya keriput. Selain itu, di dalam suplemen ini terkandung ekstrak blackcurrant dan leci yang dapat menjaga metabolisme tubuh dan membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan kulit kenyal yang Anda idam-idamkan!

No.7

RealfoodUp Peach & Collagen

Mulai dari Rp110.000,00

Sensasi minum buah menyegarkan sambil mencegah timbulnya tanda penuaan

Penting bagi Anda memenuhi asupan kolagen, terlebih bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Agar lebih praktis, pilihlah produk sekali minum dalam kemasan botol seperti produk ini. Kolagen yang terkandung di dalamnya akan mencegah munculnya tanda penuaan dini akibat faktor eksternal.

Lebih dari itu, kulit Anda juga akan beregenerasi dengan baik berkat adanya kandungan sarang burung walet. Sarang burung walet mengandung kolagen dan antioksidan yang tinggi. Di samping unggul dalam manfaat, rasa buah peach yang menyegarkan membuat pengalaman minum suplemen ini makin menyenangkan.

No.8

Kinohimitsu Collagen Diamond

Mulai dari Rp570.000,00

Kembalikan lagi kesegaran kulit, terutama bagi Anda yang sering bergadang

Kelelahan dan kurang tidur memengaruhi kesehatan kulit. Akibatnya, wajah tampak lesu, timbul kantung mata, bahkan kerutan. Agar keremajaan kulit selalu terjaga, cobalah konsumsi Kinohimitsu Collagen Diamond. Suplemen kolagen dalam formula konsentrat cair ini mengandung 5300 mg collagen peptide ikan di setiap botol.

Produk ini dapat membantu mengembalikan keelastisan jaringan kulit dan mempertahankan kelembapan kulit. Anda pun tak perlu khawatir lagi kulit kering karena bekerja di ruangan ber-AC (air conditioner) sampai larut malam. Tentunya suplemen ini aman dikonsumsi karena telah diuji bebas kandungan hormon, steroid, dan bahan kimia.

No.9

Tempo Scan Pacifichemaviton C-1000+Collagen Less Sugar

Mulai dari Rp40.800,00

Bantu kurangi kerusakan dan tingkatkan jumlah kolagen dalam tubuh

Bila Anda menginginkan suplemen kolagen dengan tambahan vitamin yang baik untuk tubuh, hemaviton C-1000+Collagen Less Sugar jawabannya. Kandungan vitamin C dalam produk ini berperan sebagai antioksidan. Jadi, produk ini akan membantu mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas.


Selain diperkaya antioksidan, produk dengan rasa buah segar ini dapat membantu mengurangi kerusakan kolagen dalam tubuh. Lebih dari itu, suplemen ini mampu meningkatkan jumlah kolagen dalam kulit berkat kandungan kolagen 1000 mg yang dimilikinya. Dengan mengonsumsi secara rutin, kulit Anda akan makin elastis, kencang, lembap, dan halus.

No.10

Nature's WayBeauty Collagen Gummies

Mulai dari Rp275.000,00

Cara enak meningkatkan asupan kolagen dan menyehatkan kulit

Jika Anda mencari suplemen kolagen yang praktis serta enak, produk dari Nature's Way ini bisa menjadi solusi. Hadir dalam bentuk gummy, Beauty Collagen Gummies sangat mudah dikonsumsi dan pastinya lebih enak juga.


Seperti yang sudah diketahui, kadar kolagen dalam tubuh seseorang terus menurun sejak menginjak usia 20-an awal. Nah, suplemen ini akan meningkatkan asupan kolagen sehingga kulit menjadi sehat dan bercahaya seperti seharusnya.

Pertanyaan umum seputar suplemen kolagen

Pertanyaan umum seputar suplemen kolagen

Setelah menjelaskan cara memilih dan membagikan rekomendasi produk terbaiknya, kami juga akan menjawab pertanyaan populer seputar suplemen kolagen. Silakan dibaca agar Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen dengan lebih tenang.

Apa efek samping dari meminum kolagen?

Secara umum, kolagen aman untuk dikonsumsi dan memiliki minim efek samping. Namun, efek samping berupa alergi, gatal-gatal, sakit perut, sakit kepala ringan juga bisa terjadi.


Jika Anda mengalami gejala efek samping yang tidak diinginkan, segeralah berhenti mengonsumsi suplemen kolagen. Setelah itu, berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional.

Apakah ibu hamil boleh meminum suplemen kolagen?

Peran kolagen dalam tubuh manusia adalah membantu pembentukan jaringan kulit, tulang, otot, persendian, dan organ tubuh lainnya. Kolagen sendiri bisa dihasilkan oleh tubuh dan bentuk dasarnya berupa protein.


Oleh karena itu, seharusnya konsumsi kolagen bukan menjadi masalah untuk ibu hamil. Namun, ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Kami telah memaparkan berbagai hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli suplemen kolagen. Jika Anda juga membutuhkan rekomendasi suplemen lain, silakan baca tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Berbagai macam bentuk dan merek produk suplemen kolagen telah kami perkenalkan lengkap dengan tips memilihnya. Harapannya, Anda bisa menemukan suplemen kolagen yang dibutuhkan agar tubuh dan kulit Anda lebih sehat.

 
Bila Anda ingin mencampur suplemen kolagen dengan resep favorit Anda, pilihlah bentuk bubuk. Sementara itu, bentuk minuman atau tablet isap yang praktis bisa dipilih untuk asupan kolagen on the go. Nah, apakah Anda sudah menentukan suplemen kolagen andalan?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer