• 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
  • Pembaharuan terakhir: 10 Desember 2019
  • 99.208 Views
Daftar isi

Cara memilih suplemen kolagen

Sebelum membeli, Anda harus cermat dalam memilih produk. Jangan sampai suplemen kolagen yang dikonsumsi ternyata tidak memberi manfaat apapun pada tubuh Anda. Agar tidak salah pilih, simaklah cara memilih suplemen kolagen berikut ini!

Pilih jenis kolagen berdasarkan fungsinya

Berdasarkan fungsinya, secara umum suplemen kolagen dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk mempertahankan kecantikan kulit dan menjaga kesehatan sendi. Berbeda fungsi suplemen, maka berbeda pula jenis kolagen yang dikandungnya. Mari pahami kelebihan setiap jenis kolagen melalui paparan berikut ini!

Kolagen tipe I untuk mempertahankan kecantikan kulit

Kolagen tipe I untuk mempertahankan kecantikan kulit
Pilihlah kolagen jenis ini bila Anda ingin mempertahankan kecantikan, elastisitas, dan kelembapan kulit. Sebenarnya, kolagen tipe I adalah komposisi kolagen terbesar di dalam tubuh manusia. Di dalam tubuh, kolagen jenis ini termasuk dalam kolagen yang berperan dalam pembentukan kulit, tulang, dan lainnya.
Namun, keterangan mengenai kandungan kolagen tipe I jarang dicantumkan pada kemasan suplemen kolagen. Solusinya, lihatlah manfaat yang ditawarkan suatu produk suplemen kolagen. Pilihlah suplemen kolagen yang diklaim bermanfaat untuk kecantikan kulit, seperti membuat kulit lebih lembap, elastis, bercahaya, cantik, dan sebagainya.

Kolagen tipe II untuk menjaga kesehatan sendi

Kolagen tipe II untuk menjaga kesehatan sendi
Apabila Anda ingin menjaga kesehatan sendi, kolagen tipe II tepat menjadi pilihan. Kolagen tipe II terbuat dari ekstrak tulang ikan salmon dan berbagai sumber kolagen tipe II lainnya. Jenis ini ideal untuk mengurangi nyeri sendi karena faktor usia dan peradangan sendi akibat aktifitas olahraga yang berlebihan. Kandungan kolagen tipe II umumnya tertulis jelas di kemasan suplemen sehingga Anda hanya perlu mengeceknya dengan teliti.
Terlepas dari fungsinya, bila dilihat dari proses pembuatannya, kolagen terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolagen yang mengalami proses denaturasi dan yang tidak mengalami proses denaturasi. Proses denaturasi akan membuat nutrisi dari kolagen berkurang selama proses ekstrasi dan merusak struktur asli kolagen. Hal ini akan membuat kolagen sulit diserap oleh tubuh. Sedangkan struktur kolagen yang tidak mengalami proses denaturasi tidak akan berubah sehingga kolagen akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa memilih kolagen tipe II yang tidak mengalami proses denaturasi.

Pilih berdasarkan ukuran molekul pada kolagen

Pilih berdasarkan ukuran molekul pada kolagen
Bila menginginkan kolagen yang berdaya serap tinggi, Anda dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan kolagen berwujud collagen peptide atau low molecular weight collagen. Untuk hasil lebih optimal, wujud tripeptide dapat menjadi pilihan karena memiliki susunan molekul yang lebih sederhana. Namun, harganya tentu akan sedikit lebih mahal dibandingkan wujud kolagen lainnya.
Ukuran molekul kolagen biasanya tidak dicantumkan dalam kemasan suplemen. Agar lebih pasti, Anda dapat memilih produk yang mencantumkan keterangan mengenai wujud kolagen yang digunakan.
Sebenarnya, konsumsi kolagen secara rutin belum terbukti secara medis dapat mempertahankan kecantikan kulit atau menjaga kesehatan sendi. Namun, sudah banyak produsen suplemen kesehatan yang melakukan riset sendiri pada produknya. Anda bisa mencari informasi lebih lengkap dengan mengecek official website atau membaca review konsumen produk bersangkutan.

Pilih berdasarkan bahan baku yang digunakan

Pilih berdasarkan bahan baku yang digunakan
Berdasarkan bahan bakunya, kolagen dibedakan menjadi kolagen dari hewan darat dan kolagen dari hewan air. Penting untuk mengetahui hal ini karena berbeda bahannya, maka berbeda pula daya serapnya. Produk berbahan baku hewan darat biasanya berharga lebih terjangkau. Bagi Anda yang ingin berhemat, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini.
Sedangkan produk berbahan dasar hewan air memiliki daya serap yang lebih tinggi karena ukuran molekulnya yang lebih kecil. Bagi Anda yang ingin segera merasakan manfaat suplemen kolagen yang Anda konsumsi, pilihlah suplemen kolagen dengan bahan yang bersumber dari hewan air.
Akan lebih baik lagi bila kolagen tersebut terbuat dari kulit ikan, bukan sisik ikan. Pengolahan kolagen berbahan sisik ikan umumnya menggunakan asam klorida karena tekstur sisik ikan yang keras. Meskipun tetap aman untuk dikonsumsi, ada kemungkinan ikatan peptida kolagennya telah rusak. Akibatnya, Anda tidak akan mendapat manfaat kolagen meski kolagen telah diserap tubuh.
Sekarang ini, banyak juga produk suplemen kolagen dengan bahan baku hewan darat yang memiliki molekul halus dan berdaya serap tinggi. Jadi, perlu Anda catat bahwa tidak semua kolagen berbahan dasar hewan air adalah yang paling berkhasiat. Sebelum membeli, silakan baca review dari konsumen sebagai bahan pertimbangan.

Pilih berdasarkan bahan pendukung di dalamnya

Pilih berdasarkan bahan pendukung di dalamnya
Saat memilih suplemen kolagen, tidak hanya bahan bakunya saja yang perlu Anda perhatikan. Bahan pendukung di dalamnya merupakan poin yang perlu Anda amati selanjutnya. Pertama-tama, mari periksa kandungan vitamin C dan zat besi sebagai bahan pembantu pembentukan ulang kolagen di dalam tubuh.
Di dalam tubuh, kolagen akan dipecah menjadi asam amino untuk didistribusikan ke seluruh bagian tubuh. Setelah itu, asam amino akan kembali dibentuk menjadi kolagen dengan bantuan vitamin C dan zat besi. Karena itu, suplemen kolagen dengan kandungan vitamin C dan zat besi memiliki khasiat yang lebih baik.
Periksa juga bahan pendukung lainnya sesuai manfaat yang ingin Anda dapatkan. Jika Anda ingin mempertahankan kecantikan kulit, pilihlah yang mengandung vitamin C dan kelompok vitamin B. Fungsi vitamin C adalah menekan pembentukan melanin penyebab bintik hitam pada kulit. Sedangkan vitamin B berfungsi menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Selain itu, berbagai bahan tambahan seperti polyphenol untuk mencerahkan kulit, ceramide dan royal jelly untuk melembapkan kulit, hyaluronic acid untuk memperhalus gerakan sendi dan sebagainya, bisa Anda dapatkan melalui suplemen kolagen. Untuk hasil sesuai harapan, pilihlah kandungan pendukung kolagen sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan kemudahan dalam mengonsumsinya

Pilih berdasarkan kemudahan dalam mengonsumsinya
Suplemen kolagen yang banyak beredar di pasaran berwujud tablet, kaplet, kapsul, cair, dan bubuk. Kelebihan dari suplemen kolagen berwujud tablet, kaplet, dan kapsul adalah mudah dikonsumsi dan praktis untuk dibawa-bawa. Kekurangannya adalah kuantitas kolagen yang dikandung tidak banyak karena ukurannya yang kecil.
Suplemen kolagen berbentuk cair atau minuman juga praktis karena dapat langsung dikonsumsi setiap saat Anda membutuhkannya. Akan tetapi, suplemen kolagen dalam bentuk minuman tidak cukup ramah lingkungan karena umumnya dikemas dalam botol plastik atau kaca.
Selanjutnya adalah suplemen kolagen berwujud bubuk. Kelebihannya adalah dapat dicampur dengan berbagai makanan atau minuman. Jadi, Anda tidak akan merasa bosan dengan rasanya. Kekurangannya adalah merepotkan untuk dibawa ke mana-mana. Terutama apabila Anda termasuk orang dengan mobilitas yang tinggi.
Pilihlah wujud suplemen kolagen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila merasa ragu, Anda dapat membeli suplemen kolagen dalam berbagai wujud untuk dikonsumsi sesuai dengan situasi dan kondisi.

Pilih dengan mempertimbangkan harga agar konsumsi dapat berkelanjutan

Pilih dengan mempertimbangkan harga agar konsumsi dapat berkelanjutan
Perlu Anda perhatikan bahwa harga suplemen kolagen yang mahal tidak hanya karena kandungan kolagen yang tinggi atau bahan baku yang berkualitas. Selain kandungan kolagen itu sendiri, bahan pendukung seperti hyaluronic acid dan royal jelly juga dapat mempengaruhi harga. Bila Anda menginginkan suplemen kolagen dengan harga ramah di kantong, pilihlah produk berkandungan kolagen dan bahan pendukungnya saja.
Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen kolagen, yaitu saat perut kosong. Sama halnya seperti cara kerja obat, suplemen akan diserap oleh tubuh saat perut kosong. Anda dapat mengonsumsinya sebelum sarapan atau beberapa saat setelah makan malam, apabila Anda lupa mengonsumsinya di pagi hari.

Pilih berdasarkan sajian per porsi sesuai kebutuhan kolagen tubuh

Pilih berdasarkan sajian per porsi sesuai kebutuhan kolagen tubuh
Rata-rata kandungan kolagen per sajian dalam suplemen kolagen adalah 5.000 mg, tetapi kuantitas ini tentu akan berbeda-beda tergantung pada produk suplemennya. Meski begitu, kuantitas ini dapat juga Anda jadikan sebagai acuan.
Banyak orang menganggap semakin tinggi kandungan kolagen pada sebuah produk suplemen, maka semakin baik. Namun, sebenarnya tidak ada takaran pasti mengenai kuantitas konsumsi kolagen yang ideal karena kebutuhan harian kolagen setiap orang berbeda-beda.
Daripada memperhatikan kuantitas kolagen, akan lebih baik jika Anda menitikberatkan pada daya serap suplemen kolagen dan kandungan bahan pendukung di dalamnya. Nah, bagi Anda yang menginginkan suplemen kolagen dengan banyak kandungan pendukung, pilihlah suplemen kolagen berwujud minuman.

10 Rekomendasi suplemen kolagen terbaik

Setelah Anda tahu cara memilih suplemen kolagen yang baik, sekarang saatnya kami memperkenalkan sepuluh produk suplemen kolagen terbaik yang dapat Anda beli melalui online shop. Pastikan produk pilihan Anda mampu memenuhi kebutuhan kolagen harian Anda!
10
Sajian per porsi250 mg
Bahan bakuFish collagen
Bahan pendukungAstaxanthin, natural vitamin E, beta carotene, vitamin C
Jenis molekulTidak disebutkan
WujudKaplet
Kisaran harga per hari± Rp 2.000
9
Sajian per porsi1000 mg
Bahan bakuKolagen dari elastin ikan
Bahan pendukungVitamin A & E, selenium, pomegranate, acai, acerola, grape seed
Jenis molekulElastin peptide
WujudCair
Kisaran harga per hari± Rp 17.250
8
Sajian per porsi600 mg
Bahan bakuSari pati ayam
Bahan pendukungBoswellia extract, cinnamon extract, turmeric extract, quercetin dihydrate
Jenis molekulHydrolyzed collagen
WujudTablet
Kisaran harga per hari± Rp 10.816
7
Sajian per porsi1000 mg
Bahan bakuFish collagen
Bahan pendukungHyaluronic acid, ceramide, GABA, ornithine, royal jelly, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E
Jenis molekulLow molecular weight collagen
WujudTablet
Kisaran harga per hari± Rp 11.142
6

Puritan’s Pride Hydrolyzed Collagen 1000 mg

Rp 234.000,00

Sajian per porsi1000 mg
Bahan bakuTidak disebutkan
Bahan pendukungVitamin C, vegetable cellulose, silica, vegetable magnesium stearate
Jenis molekulHydrolyzed collagen
WujudKaplet
Kisaran harga per hari± Rp 10.400
5
Sajian per porsi5300 mg
Bahan bakuIkan
Bahan pendukungPerilla seed extract, silk protein, soy isoflavone, apple, lemon, lychee condensed juice
Jenis molekulCollagen peptide
WujudCair
Kisaran harga per hari ± Rp 13.316
4
Sajian per porsi5000 mg
Bahan bakuFish collagen
Bahan pendukungCoenzyme Q10, hyaluronic acid, ceramide, amino acid, glucosamine, vitamin C
Jenis molekulLow molecular weight collagen
WujudBubuk
Kisaran harga per hari± Rp 15.000
3
Sajian per porsi5000 mg
Bahan bakuHydrolized marine collagen
Bahan pendukungWater, coconut sugar, lemon juice, cardamom, chitosan, sorbic acid
Jenis molekulHydrolized collagen
WujudCair
Kisaran harga per hari± Rp 30.000
2
Sajian per porsi5000 mg
Bahan bakuIkan laut
Bahan pendukungGreen caviar sea grape extract, formosa ruby djulis extract, vitamin C
Jenis molekulLow molecular weight collagen
WujudBubuk
Kisaran harga per hari± Rp 11.333
1
Sajian per porsi6.600 mg
Bahan bakuGrass fed bovine
Bahan pendukungOrganic natural flavors, citric acid, stevia leaf extract, dan beet root
Jenis molekulBioActive NeoCell collagen
WujudBubuk
Kisaran harga per hari± Rp 8.000

Tabel perbandingan produk suplemen kolagen terbaik

Gambar produk
1
Neocell  Super Collagen Powder 1

Neocell

2
Kinohimitsu  Marine Collagen Powder 1

Kinohimitsu

3
The Beauty Bites  Infused Collagen 1

The Beauty Bites

4
Meiji  Amino Collagen Premium 1

Meiji

5
Kinohimitsu  Collagen Diamond 5300 Drink 1

Kinohimitsu

6
Puritan’s Pride  Hydrolyzed Collagen 1000 mg 1

Puritan’s Pride

7
Shiseido The Collagen Tablet 1

Shiseido

8
Youtheory  Joint Collagen 1

Youtheory

9
Kalbe  Diva Beauty Drink 1

Kalbe

10
Hemaviton  Collagen Asta Advanced 1

Hemaviton

Nama produk

Super Collagen Powder

Marine Collagen Powder

Infused Collagen

Amino Collagen Premium

Collagen Diamond 5300 Drink

Hydrolyzed Collagen 1000 mg

The Collagen Tablet

Joint Collagen

Diva Beauty Drink

Collagen Asta Advanced

KeunggulanKandungan kolagen tinggi ya...Cegah tanda-tanda penuaan d...Sensasi minum buah menyegar...Tak perlu lagi perawatan ku...Kembalikan lagi kesegaran k...Kembalikan kekuatan dan fle...Rasakan manfaat kombinasi b...Dukung aktivitas olahraga d...Bantu kurangi kerusakan dan...Jaga kesehatan kulit dari d...
HargaRp 240.000,00Rp 340.000,00Rp 32.550,00Rp 450.000,00Rp 399.500,00Rp 234.000,00Rp 234.000,00Rp 649.000,00Rp 138.000,00Rp 20.000,00
Sajian per porsi6.600 mg5000 mg5000 mg5000 mg5300 mg1000 mg1000 mg600 mg1000 mg250 mg
Bahan bakuGrass fed bovineIkan lautHydrolized marine collagenFish collagenIkanTidak disebutkanFish collagenSari pati ayamKolagen dari elastin ikanFish collagen
Bahan pendukungOrganic natural flavors, citric acid, stevia leaf extract, dan beet rootGreen caviar sea grape extract, formosa ruby djulis extract, vitamin CWater, coconut sugar, lemon juice, cardamom, chitosan, sorbic acidCoenzyme Q10, hyaluronic acid, ceramide, amino acid, glucosamine, vitamin CPerilla seed extract, silk protein, soy isoflavone, apple, lemon, lychee condensed juiceVitamin C, vegetable cellulose, silica, vegetable magnesium stearateHyaluronic acid, ceramide, GABA, ornithine, royal jelly, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin EBoswellia extract, cinnamon extract, turmeric extract, quercetin dihydrateVitamin A & E, selenium, pomegranate, acai, acerola, grape seedAstaxanthin, natural vitamin E, beta carotene, vitamin C
Jenis molekulBioActive NeoCell collagenLow molecular weight collagenHydrolized collagenLow molecular weight collagenCollagen peptideHydrolyzed collagenLow molecular weight collagenHydrolyzed collagenElastin peptideTidak disebutkan
WujudBubukBubukCairBubukCairKapletTabletTabletCairKaplet
Kisaran harga per hari± Rp 8.000± Rp 11.333± Rp 30.000± Rp 15.000 ± Rp 13.316± Rp 10.400± Rp 11.142± Rp 10.816± Rp 17.250± Rp 2.000
Tautan produk

Kesimpulan

Berbagai macam wujud dan merek produk suplemen kolagen telah kami perkenalkan berikut dengan tips memilih suplemen kolagen. Dengan asupan kolagen yang cukup, tubuh pun menjadi lebih sehat. Bonusnya, kulit Anda akan lebih kencang dan halus.
Pilihlah suplemen kolagen sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda ingin mencampurkannya dengan resep favorit Anda, pilihlah bentuk bubuk yang praktis. Suplemen dalam bentuk minuman juga praktis bila Anda butuh asupan kolagen on the go. Nah, apakah Anda sudah menentukan suplemen kolagen pilihan Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    105.187 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    186.485 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, artikel ini akan mengulas tentang cara memilih obat sembelit beserta cara memilihnya. Silakan simak ulasannya berikut ini!
    Kosmetik & kesehatan
    146.329 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    263.287 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    152.963 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    210.585 Views
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jumlah pengguna sikat gigi elektrik semakin banyak karena karena produsen sikat gigi elektrik menjanjikan kemudahan bagi konsumen dibandingkan menggunakan sikat gigi biasa. Banyaknya jumlah pemesan, membuat produsen bersaing untuk menciptakan berbagai produk sikat gigi elektrik untuk menarik konsumen. Tetapi karena hal itu pula, banyak orang kebingungan menentukan produk mana yang sebaiknya dibeli.Kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih sikat gigi elektrik dengan cara yang mudah dimengerti. Dengan membaca artikel ini, Anda dapat membandingkan produk sikat gigi elektrik mulai dari jenis, desain, cara penggunaan, perawatan, dan pada akhirnya Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    5.749 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori