10 Rekomendasi Cream Cheese / Krim Keju Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cream Cheese / Krim Keju Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cream cheese atau krim keju merupakan salah satu produk olahan susu yang banyak digemari. Cream cheese umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan, bahkan dalam bakery. Namun, tahukah Anda bahwa berbeda jenis cream cheese, maka berbeda pula kegunaannya?

Berbagai cream cheese dari beragam merek, seperti Philadelphia, Elle&Vire, Tatura, dan sebagainya, kini banyak dijual di pasaran. Kali ini kami akan membahas mengenai produk cream cheese dan tips memilih cream cheese. Di akhir artikel ini, kami juga akan membahas mengenai tips mengolah dan menyimpan cream cheese.

Daftar isi

Cara memilih cream cheese / krim keju

Beragam faktor dapat memengaruhi cita rasa dari cream cheese. Untuk mendapatkan cream cheese yang enak dan sesuai selera Anda, Anda perlu mengetahui faktor-faktor tersebut terlebih dahulu. Apa sajakah faktor-faktornya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pilihlah cream cheese berdasarkan bahan dasarnya: natural cheese atau processed cheese

Pilihlah cream cheese berdasarkan bahan dasarnya: natural cheese atau processed cheese

Umumnya, bahan dasar cream cheese terbagi menjadi 2 macam, yaitu natural cheese (keju alami) dan processed cheese (keju hasil pemrosesan). Cream cheese berbahan dasar natural cheese lebih sering dijumpai. Lantas, apa perbedaan dari kedua jenis keju tersebut?

Natural cheese merupakan hasil fermentasi dari susu dengan karakteristik berupa kultur bakteri hidup, yaitu bakteri asam laktat. Keberadaan bakteri asam laktat hidup di dalamnya berpengaruh terhadap pembentukan rasa keju. Seiring dengan proses pematangan keju, rasa keju pun terus berubah. Cream cheese dengan cita rasa yang baik biasanya terbuat dari keju yang belum lama matang. Maka dari itu, bila Anda menginginkan cream cheese alami yang lezat, pastikan Anda memilih produk yang terbuat dari keju yang masih segar dan belum terlalu matang.

Processed cheese juga merupakan produk fermentasi susu. Namun, pembuatan keju ini melibatkan proses pemanasan yang bertujuan untuk menghentikan proses fermentasi. Akibatnya, cita rasa dari processed cheese tidak mudah berubah. Akan tetapi, produk keju ini biasanya memiliki kandungan pengawet yang lebih tinggi dibandingkan dengan natural cheese. Apabila Anda termasuk orang yang peduli akan penggunaan pengawet pada makanan, kami sarankan Anda untuk mengecek komposisi cream cheese pilihan Anda terlebih dahulu.

Pilihlah cream cheese berdasarkan pilihan rasa

Pilihlah cream cheese berdasarkan pilihan rasa

Salah satu yang menjadi daya tarik cream cheese adalah banyaknya variasi rasa yang tersedia. Cream cheese sendiri sudah memiliki rasa yang lezat sehingga tambahan rasa yang beraneka ragam ini pun akan menambah kelezatannya. Anda dapat memilih rasa tambahan yang berbahan dasar kacang atau buah, seperti apel dan stroberi. Untuk penyuka manis, tersedia pula varian rasa cokelat. Bila Anda bukan penggemar makanan manis, cream cheese dengan rasa berbahan dasar rempah pun tersedia, seperti lada hitam atau bumbu lainnya.

Pilihlah cream cheese berdasar cara mengonsumsinya

Pilihlah cream cheese berdasar cara mengonsumsinya

Cream cheese sudah banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak atau membuat kue dan roti. Setiap produk memiliki rasa dan tekstur yang berbeda sehingga penggunaannya sebaiknya dibedakan menurut masakan atau kue yang Anda buat. Dengan begitu, hasilnya tentu lebih terasa lezat.

Selain sebagai bahan dasar, tak jarang juga cream cheese dikonsumsi sebagai camilan, misalnya untuk dinikmati bersama dengan wine. Bila Anda ingin mengonsumsinya bersama dengan wine, pilihlah cream cheese dengan rasa yang gurih, seperti rempah. Namun, Anda juga dapat memilih varian rasa lain tergantung dari jenis wine yang Anda nikmati. Sementara itu, cream cheese dengan rasa yang manis, seperti buah dan kacang, akan lebih cocok dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Beberapa produk cream cheese juga dijual dalam bentuk pasta. Cream cheese jenis ini sering digunakan sebagai olesan pada roti. Karena tidak semua rasa cream cheese akan cocok di segala situasi, pilihlah rasa dan jenis cream cheese sesuai dengan cara Anda mengonsumsinya.

10 Rekomendasi cream cheese/krim keju terbaik

Jenis dan rasa cream cheese akan mempengaruhi cara yang tepat untuk mengonsumsinya. Berikutnya kami akan membahas 10 produk cream cheese terbaik yang telah kami rangkum di bawah ini. Simak dan temukan cream cheese pilihan Anda!

10. Calf Processed Cream Cheese

10. Calf Processed Cream Cheese

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Tahap pemrosesan khusus untuk cream cheese lebih tahan lama dan mudah disimpan

Daya tahan yang singkat serta keharusan untuk menyimpan produk pada suhu dingin menjadi kendala kebanyakan produk cream cheese. Calf mengeluarkan produk processed cream cheese dengan daya tahan lebih lama dan dapat disimpan di suhu ruang. Meskipun disimpan pada suhu ruang, kesegarannya tetap terjaga karena produk sudah melewati proses pemanasan.

Dengan keunggulannya tersebut, produk ini dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan produk yang lebih tahan lama. Selain dapat disimpan dalam jangka waktu lama, produk cream cheese ini juga tidak mudah rusak. Dengan cita rasa ala natural cheese, Anda bisa mengolahnya sebagai bahan tambahan kue, roti, pastry, bahkan saus pasta.

9. Arla Cream Cheese-Pineapple

9. Arla Cream Cheese-Pineapple

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 76.000

Sensasi rasa baru, cream cheese dengan potongan nanas!

Umumnya, keju oles bercita rasa manis yang mengusung varian buah-buahan akan diberi buah jenis beri sebagai pelengkapnya. Berbeda dari varian cream cheese manis lainnya, Arla menggunakan potongan buah nanas. Gurihnya keju dipadukan dengan buah tropis? Mengapa tidak! Hasilnya, cream cheese tidak terasa enek berkat sensasi asam, manis, dan segar dari buah nanas.

Cream cheese dari natural cheese ini diproses secara alami sehingga sebaiknya disimpan di tempat bersuhu rendah. Berbentuk pasta, Anda bisa mengoleskannya pada roti jika Anda bosan dengan selai buah. Alternatif lainnya, Anda bisa mencocolnya pada crackers sebagai teman minum teh atau kopi. Jangan lewatkan produk ini bila Anda menginginkan sensasi baru dari cream cheese.

8. Yummy Cream Cheese Neufchatel

8. Yummy Cream Cheese Neufchatel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Produk lokal yang bebas dari bahan pengawet

Yummy merupakan merek lokal yang terkenal dengan produk olahan susunya. Cream cheese dari natural cheese ini mengusung produk keju neufchatel khas Perancis, dengan kadar lemak 30% atau sedikit lebih rendah cream cheese biasa yang sebesar 33%. Tanpa tambahan perasa, Anda dapat memanfaatkan aroma dan rasa gurihnya untuk membuat berbagai macam kue.

Karena merupakan cream cheese alami yang tidak menggunakan bahan pengawet, daya tahannya hanya 10 minggu. Agar kualitasnya tetap terjaga, sebaiknya produk selalu disimpan di dalam lemari pendingin dan cepat dihabiskan setelah kemasan dibuka. Produk yang aman untuk kesehatan ini cocok bagi Anda yang ingin mengontrol kualitas bahan tambahan pangan keluarga Anda.

7. Tatura Royal Victoria Cream Cheese

7. Tatura Royal Victoria Cream Cheese

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 170.000

Tekstur lembut dan creamy yang dapat membuat Anda ketagihan

Produk selanjutnya kami rekomendasikan bagi Anda pencinta cream cheese dengan tekstur super lembut dan creamy. Agar cream cheese dari natural cheese ini memiliki tekstur lembut dan creamy, Tatura menggunakan bahan susu segar dari peternak sapi yang langsung dikirim ke pabrik setiap harinya. Susu tersebut diseleksi agar memenuhi kualitas yang sesuai dengan standar Tatura.

Produk cream cheese ini dapat dijadikan sebagai campuran bahan makanan, seperti saat Anda membuat dessert bercita rasa manis atau asin. Bahkan, karena tekstur krimnya ini, Anda dapat mengonsumsinya sebagai dipping sauce. Tatura juga memiliki fasilitas produksi dan produk yang terlah bersertifikat halal. Anda yang seorang muslim pun dapat menikmatinya dengan tenang.

6. Philadelphia Cream Cheese Block – Original

6. Philadelphia Cream Cheese Block - Original

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 157.500

Rasa dan tekstur lebih pekat, pilihan tepat untuk no-bake cheesecake

Produk cream cheese Philadelphia memiliki rasa dan tekstur yang lebih kental dan pekat dibanding produk sejenis lainnya. Alhasil, produk ini pas sekali untuk Anda yang hobi membuat no-bake cheesacake. Tekstur dari cream cheese ini dapat membuat cheesecake lebih padat, konsisten, dan stabil. Ditambah lagi, rasa krim dan keju yang kuat akan menambah kelezatan cheesecake.

Dibuat di Australia, Philadelphia merupakan natural cream cheese. Agar tetap segar, sebaiknya produk ini disimpan di dalam lemari pendingin. Seperti moto produk, yaitu a cheesecake without Philly is like a gardener with his shirt on-disappointing, Anda dijamin tak akan kecewa memilih Philadelphia untuk bahan dasar cheesecake, topping kue, atau isian pastry buatan Anda.

5. Arla Cheesy Spread

5. Arla Cheesy Spread

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.500

Lezat dan bergizi dengan kandungan kalsium dan vitamin A

Produk pangan yang baik tidak hanya harus enak tetapi juga harus bernutrisi. Bila Anda berpegang pada prinsip tersebut, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda. Arla tidak hanya menawarkan produk yang lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Komposisi susu sapi yang mencapai 90% membuat produk Arla tinggi akan kandungan kalsium dan vitamin A.

Terbuat dari processed cheese dan dikemas dalam jar kedap udara, penyimpanan produk ini cukup pada tempat bersuhu ruangan saja. Untuk dapat menikmati kelezatan yang penuh nutrisi, Anda dapat menyajikannya sebagai pelengkap isian sandwich atau dinikmati dengan biskuit. Kandungan susu tinggi, tekstur lembut, dan rasa gurihnya akan menjadi favorit keluarga Anda.

4. Yummy Krakatau Chili Cheese

4. Yummy Krakatau Chili Cheese

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.000

Rasakan sendiri lezatnya cream cheese spread yang pedas dan gurih!

Selain mengeluarkan produk cream cheese untuk bahan dasar kue atau roti, Yummy juga mengeluarkan cream cheese spread. Salah satu produknya adalah cream cheese Krakatau ini. Cream cheese Krakatau memiliki rasa keju yang gurih dengan tambahan sensasi pedas. Pilihan tepat untuk Anda penyuka topping keju gurih dengan sensasi yang membuat ketagihan.

Yummy selalu memastikan produknya terbuat dari susu segar dengan proses alami. Alhasil, produk berbahan dasar natural cheese ini memiliki daya tahan singkat dan sebaiknya disimpan di tempat bersuhu rendah. Sekadar saran, Anda juga dapat membeli produk cream cheese Yummy dengan berbagai varian rasa lain, melakukan mix and match, dan menemukan paduan rasa favorit Anda!

3. Elle&Vire Professionnel Cream Cheese Portions 26% Fat

3. Elle&Vire Professionnel Cream Cheese Portions 26% Fat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.500

Kemasan individual praktis yang memudahkan penakaran sajian

Merek Elle&Vire memang sudah tak asing lagi di kalangan produk berbasis susu. Cream cheese dari produsen asal Perancis ini berwujud pasta. Terbuat dari natural cheese, Anda dapat menggunakan produk sebagai olesan pada roti. Pas untuk 1 porsi, Anda pun tak khawatir kelebihan takaran saji. Tentunya, perpaduan rasa keju yang kuat dan krim yang kental akan semakin menambah kelezatan.

Bila Anda tipe orang dengan mobilitas tinggi, kemasan produk seperti ini akan menguntungkan Anda. Dengan kemasan yang praktis, Anda bisa membawanya kemana-mana tanpa takut berantakan ketika mengoleskannya pada roti atau biskuit Anda. Di samping itu, Anda dapat menikmati cream cheese dalam kondisi terbaik karena selalu habis terpakai dalam 1 waktu.

2. Anchor Cream Cheese Traditional Style

2. Anchor Cream Cheese Traditional Style

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 102.000

Cream cheese pilihan untuk tekstur kue panggang yang lebih stabil

Pembuatan kue yang melibatkan proses pemanggangan umumnya membutuhkan perhatian khusus, terutama dari segi bahan baku. Salah satu keunggulan cream cheese Anchor adalah teksturnya yang padat dapat membuat hasil pemanggangan lebih optimal. Karena itu, cream cheese ini kami rekomendasikan bagi Anda yang mengutamakan tampilan pada kue-kue buatan Anda.

Dibuat dari natural cheese, Anchor dapat tahan disimpan hingga 12 bulan di dalam lemari pendingin. Selain memperbaiki tampilan hasil panggangan, perpaduan rasa keju yang kuat dengan tekstur yang lembutnya, membuat produk ini ideal digunakan dalam pembuatan roti atau kue. Di samping itu, rasa kejunya yang begitu kentara pun akan menambah kelezatannya.

1. Yummy Cream Cheese Light

 

1. Yummy Cream Cheese Light

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Cream cheese sehat dengan kandungan lemak yang lebih rendah

Sama-sama berbasis natural cheese, produk ini berbeda dari produk-produk Yummy lainnya dilihat dari kandungan lemaknya. Bila Anda sedang menjaga pola makan atau sedang diet dan menginginkan produk less fat yang lebih sehat, kami menganjurkan Anda untuk memilih produk ini. Yummy mengurangi kandungan lemaknya hingga setengah dari produk lainnya, yaitu 14%.

Tanpa tambahan perasa, produk ini telah memiliki cita rasa keju yang cukup kuat. Anda bisa mengolahnya menjadi kue atau makanan pencuci mulut lainnya. Kandungan lemaknya yang lebih sedikit membuat produk memiliki masa tahan yang lebih singkat, yaitu 6 minggu. Untuk menjaga kesegarannya, jangan lupa selalu simpan cream cheese di dalam lemari pendingin.

Tips mengonsumsi dan menyimpan cream cheese

Setelah membaca pembahasan dari kami, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai cream cheese yang sesuai dengan selera Anda? Bila sudah, selanjutnya kami akan memberikan bahasan lebih lanjut mengenai cara mengonsumsi cream cheese.

Tips konsumsi cream cheese untuk Anda yang sedang diet

Tips konsumsi cream cheese untuk Anda yang sedang diet

Bagi Anda yang sedang menjaga pola makan atau melakukan diet, tentunya nutrisi dan kalori yang terkandung dalam cream cheese menjadi perhatian penting. Umumnya, produk cream cheese mengandung 340 kkal (kilo kalori) per 100 gram. Kandungan kalori ini menunjukkan bahwa cream cheese bukanlah produk yang rendah kalori. Maka dari itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsinya. Setiap produk cream cheese umumnya disertai dengan label nutrisi yang menunjukkan jumlah penyajian yang disarankan. Biasanya untuk cream cheese, jumlah yang disarankan tidak melebihi 50 gram per sajian.

Karena cream cheese terbuat dari susu, tentunya produk ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada makanan manis, seperti kue. Dengan jumlah kalori 60 kkal per 80 gramnya, daripada memuaskan nafsu makan Anda dengan makanan manis, tentu lebih sehat bila Anda mengonsumsi cream cheese.

Terlebih lagi, umumnya cream cheese memiliki kandungan gula yang rendah, yaitu 2,3 gram setiap 100 gramnya. Bila Anda tidak memakannya secara berlebihan atau memakannya bersama dengan makanan tinggi kalori lain, dapat dikatakan cream cheese aman untuk diet Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan produk seperti Elle&Vire Professionnel Cream Cheese Portions 26% Fat yang dikemas dalam kemasan individu. Kemasan individu akan memudahkan Anda dalam menakar porsi cream cheese yang Anda konsumsi.

 Tips mengolah dan menyimpan sisa cream cheese 

Walaupun ada produk cream cheese yang dikemas dalam kemasan sekali makan, kebanyakan cream cheese dikemas dalam kemasan yang cukup besar. Bagaimana kalau cream cheese tidak habis dikonsumsi setelah kemasan dibuka? Tak perlu khawatir, berikut akan kami paparkan tips dalam mengolah dan menyimpan cream cheese.

Tips mengolah cream cheese untuk lauk atau camilan

Tips mengolah cream cheese untuk lauk atau camilan

Cream cheese sebaiknya tidak disimpan terlalu lama sehingga bila tersisa, kami sarankan untuk mengolahnya menjadi lauk atau camilan. Anda bisa mengombinasikan cream cheese bersama dengan isian steamboat, seperti chikuwa, untuk membuat camilan yang lezat. Anda juga dapat mencampurkan susu, air, bumbu sup, dan tumisan bawang bombai pada cream cheese untuk menghasilkan cheese soup yang nikmat.

Alternatif lainnya, Anda bisa mengolahnya sebagai lauk. Dengan menambahkan cream cheese pada telur, Anda dapat membuat omelet yang super creamy. Cara membuatnya pun mudah. Anda cukup mengocok lepas telur, membumbuinya dengan garam dan lada. Selanjutnya, siapkan teflon yang telah dipanaskan, kemudian lelehkan mentega di atasnya. Masukkan telur dan tambahkan potongan cream cheese di atasnya. Masak telur hingga tingkat kematangan yang Anda inginkan, kemudian gulung telurnya. Cheese omelette pun siap disajikan. Bila Anda menyukai rasa keju yang kuat, Anda juga bisa menambahkan taburan keju diatasnya.

Untuk Anda pencinta makanan western, Anda bisa menambahkan cream cheese pada daging ayam atau sapi kemudian memanggang atau menumisnya. Menjadikannya sebagai saus untuk teman makan ayam goreng juga pilihan tepat.

Tips menyimpan cream cheese agar lebih tahan lama

Tips menyimpan cream cheese agar lebih tahan lama

Meskipun dapat memperpanjang masa simpan, menyimpan cream cheese di dalam freezer kurang disarankan. Hal ini dikarenakan komponen dan air dalam cream cheese akan membeku sehingga membutuhkan teknik pencairan yang tepat. Teknik pencairan yang tidak tepat dapat menyebabkan tekstur cream cheese menjadi kasar, bahkan merusak cita rasanya.

Kami akan memberikan tips pencairan yang tepat agar Anda dapat menyimpan cream cheese lebih lama. Tips ini dapat dilakukan dengan mudah. Agar proses pencairan berjalan dengan baik dan sempurna, pencairan sebaiknya dilakukan di dalam lemari pendingin yang bersuhu lebih tinggi dari freezer, yaitu 4 °C (rak pada bagian bawah freezer). Biarkan cream cheese mencair secara perlahan.

Akan lebih baik bila Anda menyimpan cream cheese dalam bentuk potongan-potongan kecil untuk menyesuaikan jumlah penggunaan. Dengan demikian, Anda hanya perlu mencairkan cream cheese sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga rekomendasi keju mozzarella untuk salad dan snack di sini

Bila Anda penggemar berat keju, kemungkinan besar Anda pasti juga penggila keju mozzarella. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang mantap membuat jenis keju ini digemari juga sebagai campuran salad dan snack. Selain itu, keju mozzarella juga ternyata bermanfaat untuk diet dan kecantikan. Simak selengkapnya di sini!

Kesimpulan

Pada artikel kali ini kami telah membahas mengenai beragam cream cheese berdasarkan jenis dan anjuran kegunaannya. Setiap jenisnya memiliki karakter berbeda yang dapat berpengaruh pada ketahanan, rasa, tekstur, dan kegunaan cream cheese.

Dengan jajaran rekomendasi produk-produk cream cheese yang telah kami paparkankami harap Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk selalu menyimpan cream cheese sesuai dengan prosedur yang benar. Selamat berkreasi menggunakan cream cheese pilihan Anda!